Berita dan Doa YLSA

BERITA & POKOK DOA

1. Rapat Visi YLSA 2020

Rapat Visi YLSA 2020

Untuk menajamkan visi Yayasan Lembaga SABDA (YLSA), pada Januari/Februari 2020, kami akan mengadakan rapat visi. Kiranya melalui rapat ini, setiap tim dapat menjalankan visi yang Tuhan berikan kepada YLSA. Kerinduan kami adalah setiap program yang kami jalankan berorientasi pada bagaimana tubuh Kristus dapat menggunakannya secara efektif untuk pertumbuhan rohani mereka (SABDA for The Churches). Mohon doakan agar Tuhan memberikan kesehatian kepada kami untuk menjalankan program yang tepat sasaran guna memperlengkapi tubuh Kristus dalam melayani Tuhan dan untuk menjangkau banyak jiwa agar mengenal Tuhan.

 

2. Urgently Required: Programmer Kristen untuk YLSA!

Programmer Kristen untuk YLSA

Sebagai yayasan yang berfokus pada pelayanan Biblical Computing, YLSA sangat membutuhkan tenaga-tenaga programmer Kristen. YLSA selalu mencari terobosan-terobosan baru untuk memanfaatkan teknologi terbaru demi perluasan Kerajaan Allah. Banyak proyek yang mengantre, tetapi tenaga yang mampu mengerjakannya hanya sedikit. Karena itu, kami terus memohon kepada Tuhan agar mengirimkan anak-anak Tuhan yang berkompetensi dalam bidang IT untuk melayani, bertumbuh, dan bergabung bersama kami. Kami juga mengajak Sahabat dan Pendukung YLSA untuk menyebarkan informasi lowongan YLSA ini. Kualifikasi umum untuk programmer di YLSA adalah memiliki kemampuan logika, analisis, dan problem solving yang baik. Untuk mengetahui kualifikasi khusus dan informasi mengenai lowongan lainnya, silakan kunjungi situs Lowongan SABDA. Terima kasih banyak atas doa dan partisipasi Anda.

 

3. Daftar Bahan dari YLSA di "RESOURCE?.sabda?.org"

RESOURCE.sabda.org

YLSA memiliki begitu banyak bahan pelayanan. Untuk memudahkan Anda mendapatkan daftar pustaka dan media sesuai dengan kebutuhan maupun bidang pelayanan, Anda dapat mengunjungi halaman RESOURCE.sabda.org. Daftar pustaka/media ini terdiri dari berbagai bidang pelayanan, mulai bidang pelayanan kepemimpinan Kristen, doa, pelayanan remaja, pemuridan, pelayanan anak, konseling, pelayanan misi, sampai bahan-bahan seputar komik Alkitab. Sahabat dan Pendukung YLSA dapat memanfaatkan serta membagikannya untuk kepentingan pelayanan dan pertumbuhan rohani Anda.

 

4. Persiapan Paket Paskah dari YLSA

Paket Paskah dari YLSA

Setelah Natal berlalu, seluruh tim di YLSA beralih mempersiapkan Paskah. Kami tidak hanya mempersiapkan bahan, tetapi juga Paket Paskah agar seluruh bahan dapat efektif menolong tubuh Kristus dalam memaknai sengsara, kematian, dan kebangkitan Kristus. Paket Paskah yang kami siapkan, antara lain: Paket Life of Jesus, Paket Paskah SABDA ME+DIA, program Baca Dengar Nonton Bersama (BaDeNo) Paskah, dsb.. Kami juga rindu agar pada masa pra-Paskah sampai Paskah, kami dapat berelasi lebih banyak dengan gereja untuk menggunakan bahan-bahan tersebut dengan efektif. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian.

 
Berita dan Pokok Doa

1. Laporan Pelayanan YLSA 2019

Laporan YLSA 2019

Pada 17 Desember 2019, seluruh staf YLSA kembali merayakan karya Tuhan di YLSA dengan memberikan laporan pelayanan 2019. Setiap laporan adalah pertanggungjawaban atas semua tugas yang Tuhan berikan. Selanjutnya, kami mengevaluasi laporan itu guna pengembangan dan perbaikan ke depan untuk tahu bagaimana Tuhan akan memimpin kami selanjutnya. Inilah persembahan tutup tahun kami bagi kemuliaan Tuhan. Sahabat dan Pendukung YLSA, Anda telah ambil bagian dalam pelayanan YLSA melalui doa, dana, dan daya. Kami sungguh mengapresiasi dukungan Sahabat sekalian. Untuk itu, mohon dukungan doanya agar kami terus setia melakukan apa yang Tuhan tunjukkan pada 2020. Doakan pula, pada Januari 2020, kami akan melakukan Rapat Visi (RaVi) untuk berdoa agar kami jelas dengan visi yang Tuhan berikan dan mewujudkannya dalam program-program pelayanan 2020. Kiranya Tuhan menolong!

2. Natal YLSA 2019

Natal YLSA 2019

Pada 20 Desember 2019, YLSA menyelenggarakan Natal internal secara sederhana. Memang kadang kami mengadakan perayaan Natal dengan mengundang para Sahabat YLSA untuk hadir. Namun, tahun ini, kami tidak melakukannya karena kami merayakannya bersama masyarakat Kristen Solo dalam KKR Natal yang disampaikan oleh Pdt. Dr. Stephen Tong. Doa kami, Natal tahun ini menolong kita semua makin memaknai kelahiran Kristus yang memberi semangat untuk terus melayani Sang Raja yang turun ke dunia sebagai Sang Juru Selamat. Puji Tuhan!

3. Berita YLSA 2020

Berita YLSA 2020

Berita YLSA edisi ini adalah edisi terakhir untuk 2019. Karena itu, kami mengucapkan terima kasih banyak atas kesetiaan Sahabat dan Pendukung YLSA untuk terus mengikuti informasi pelayanan YLSA. Mohon dukungan doanya agar kami terus memberikan sarana komunikasi dan informasi bagi para Sahabat agar dapat makin mendukung YLSA. Kiranya Tuhan memberikan hikmat agar kami semakin efektif menyuarakan pekerjaan Tuhan di YLSA. Sekali lagi, terima kasih. Tuhan Yesus memberkati!

Berita dan Pokok Doa

1. Paket Natal Istimewa dari Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)

Paket Natal SABDA

Natal akan segera tiba! YLSA rindu memperlengkapi masyarakat Kristen Indonesia dengan bahan-bahan multimedia bertema Natal yang alkitabiah. Paket Natal (Christmas Kit) kami sajikan dalam dua jenis: Paket Natal Kingstone Indonesia dan Paket Natal SABDA ME+DIA.

Paket Natal Kingstone Indonesia berisi komik set (The Story: Kisah Abadi, Kristus 01: Kelahiran, Kristus 02: Masa Kecil) dilengkapi dengan panduan pendalaman Alkitab (PA), kurikulum studi Alkitab dengan komik, daftar bahan SABDA Komik, video-video bertema Natal (Kisah Kasih Abadi, Nubuat, Pengumuman, Inkarnasi), berbagai merchandise (poster, mug, kaos), dan bahan-bahan bonus lainnya. Selain itu, ada juga Paket Natal SABDA ME+DIA yang berisi berbagai video/film/animasi/klip bertema Natal (Animasi The Bible Project, Alkitab Bergambar, Animasi Gracelink, Animasi Raja Kemuliaan, Film LUMO, Film Tetelestai, dll.), berbagai bahan audio (audio Alkitab, artikel, himne, program belajar Alkitab), grafis (GIF, Infografik, Quote), dan buku-buku (Alkitab, renungan Natal, bundel bahan Natal, komik Alkitab, traktat). Semua paket Natal ini bisa Sahabat SABDA dapatkan di Situs Natal Indonesia.

Khusus untuk komik set cetak dan merchandise Kingstone Indonesia, Sahabat SABDA bisa memesannya dengan mengisi formulir di https://komik.app/pesan. Tunggu apa lagi? Temukan paket Natalnya, dalami kisah kelahiran-Nya, dan bagikan juga kepada rekan-rekan Anda yang lainnya!

2. Grup Diskusi November -- Desember 2019 dari Digital Resources dan Digital Learning

Diskusi Learning

Pada November dan Desember 2019, Tim Digital Resources (DR) bekerja sama dengan Tim Digital Learning (DL) YLSA mengadakan beberapa diskusi komunitas online. Diskusi yang diadakan adalah diskusi: Klub Buku SABDA, grup Facebook Wanita Kristen, komunitas Natal, serta Grup e-Konsel. Kami bersyukur banyak peserta antusias mengikuti diskusi online secara rutin sepanjang tahun 2019. Dukung kami dalam doa agar melalui diskusi online yang diadakan, setiap peserta boleh mendapatkan berkat dari topik yang diangkat, dan mereka dapat mengaplikasikannya dalam pelayanan dan kehidupan sehari-hari. Doakan pula agar Tim DR bersama Tim DL dapat semakin berhikmat dalam meningkatkan strategi dan cara pembelajaran digital supaya semakin banyak orang dapat dijangkau dan mengalami pertumbuhan rohani yang sehat.

3. Persiapan Evaluasi Pelayanan YLSA 2019 dan Rencana Kerja 2020

Persiapan Raker

Tahun 2020 sudah menjelang. YLSA pun ikut bersiap menyambut tahun yang baru dengan semangat yang terus membara untuk melayani Tuhan. Namun, tentu saja, kami juga harus mengevaluasi pelayanan sepanjang tahun 2019 ini. Mohon doanya agar melalui evaluasi pelayanan 2019 ini, tiap tim dalam YLSA dapat semakin jelas merencanakan program-program pelayanan tahun depan. Kiranya Tuhan Yesus memberikan hikmat dan ketajaman, terutama visi misi Allah bagi YLSA untuk 2020.

Berita dan Pokok Doa

1. Perayaan Ulang tahun #SABDA25

Ultah ke-25 Tahun SABDA

Dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang ke-25, YLSA mengadakan "reuni akbar" bagi para pengguna, sahabat, mitra, dan mantan staf SABDA. Acara meriah ini kami isi dengan pameran dan seminar yang bertajuk "Alkitab dan Teknologi". Selain disaksikan oleh hampir 600 orang, acara ini juga dapat diikuti langsung (secara streaming) melalui kanal YouTube SABDA Alkitab. Pameran pelayanan SABDA menampilkan banyak booth, di antaranya YLSA, SABDA Kiosk, Museum SABDA, Alkitab Kuno, Komik Kingstone, SABDA ME+DIA, dan juga booth mitra TELAGA dan Scripture Union Indonesia. Kami senang melihat peserta bisa menyaksikan betapa teknologi telah mengubah wajah pelayanan di Indonesia. Acara seminar pertama dibawakan oleh Bpk. Sri Hastjarjo yang berjudul Dampak Teknologi kepada Cara Berinteraksi dengan Alkitab. Materi lengkap presentasi Pak Has ini dapat di-download dari sabda25.sabda.org. Lalu, seminar berikutnya adalah presentasi dari masing-masing divisi YLSA untuk menyajikan pelayanan YLSA Now, New, dan Next. Kami bersyukur acara telah berjalan dengan lancar dan masing-masing kami pulang dengan membawa goody bag #SABDA25. Puji syukur kepada Tuhan yang memampukan semua ini bisa terjadi. Foto-foto lengkap perayaan #SABDA25 dapat dilihat dalam sabda25.sabda.org.

2. Timeline Pelayanan YLSA dan Timeline Sejarah Alkitab Indonesia

Timeline

Pameran/booth produk/proyek pelayanan YLSA menjadi salah satu daya tarik perayaan #SABDA25. Ada tiga booth yang secara khusus ingin kami soroti di sini, yaitu YLSA, Museum SABDA, dan Alkitab Kuno. Dari dua booth pertama, peserta bisa melihat perjalanan pelayanan SABDA selama 25 tahun, khususnya melalui Timeline YLSA yang dipajang di booth YLSA dan produk-produk pelayanan SABDA di booth Museum SABDA. Fokus pelayanan YLSA adalah Alkitab, karena itulah secara khusus kami menyiapkan satu booth untuk peserta dapat melihat versi-versi Alkitab yang ada di Indonesia dan juga timeline Sejarah Alkitab Indonesia. Harapan kami, peserta dapat semakin terbuka wawasannya untuk melihat betapa kayanya versi-versi Alkitab yang pernah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia (kuno dan modern).

3. Peresmian Kingstone Indonesia dalam #SABDA25

Kingstone Indonesia

Puji Tuhan!! Seluruh seri komik digital Kisah Kasih Abadi (PL dan PB) dari Kingstone Indonesia sudah siap Anda dapatkan dalam situs Komik.APP! Inilah yang menjadi milestone peluncuran Kingstone Indonesia. Wow! Sungguh satu setengah tahun yang penuh pergumulan, tetapi Tuhanlah yang memberi kekuatan dan semangat. Perjuangan Komik.APP adalah untuk menyediakan cara belajar firman Tuhan yang baru bagi generasi now. Yosua Setyo Yudo, koordinator tim #SABDAKomik, dengan penuh ucapan syukur mengumumkan peluncuran tersebut sebagai pembuka rangkaian seminar Alkitab dan Teknologi. Mohon dukungan doa karena masih banyak tugas yang harus diselesaikan, terutama untuk terus mengembangkan Integrated Bible Comic Study System dalam Komik Zone. Komik Alkitab yang terintegrasi dengan teknologi adalah cara efektif untuk menjangkau generasi milenial.

Berita dan Pokok Doa

1. Menjelang Celebrating God's Works dalam 25 Tahun YLSA

Ultah 25 Tahun SABDA

Kabar gembira! Pada 14 Oktober 2019, YLSA akan menggelar acara Celebrating God's Works dalam rangka ulang tahun yang ke-25. Acara ini diharapkan menjadi "kopdar" akbar bagi sahabat, pendukung, mitra, pengguna, pendoa, alumni, dan siapa pun yang selama ini sudah/ingin mengenal, mendukung, dan/atau memakai produk-produk pelayanan YLSA. Dalam acara ini, kami akan mengadakan berbagai kegiatan, yaitu menggelar berbagai booth SABDA berisi 25 tahun karya Allah dalam pelayanan YLSA dan beberapa seminar bertema Alkitab dan Teknologi. Kami mengundang Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian untuk hadir dan merayakan kebaikan Allah bersama kami. Silakan informasikan kehadiran Anda ke ylsa@sabda.org. Mohon doakan untuk persiapan acara, pembicara, dan peserta yang akan hadir. Sampai bertemu pada 14 Oktober 2019, ya!

2. #SABDAKOMIK: Perkembangan Proyek Komik Kisah Kasih Abadi (Kingstone Indonesia)

Komik PL

Pada Agustus -- September 2019, tim #SABDAKOMIK terus berusaha untuk menyelesaikan Komik Kisah Kasih Abadi Perjanjian Lama. Puji Tuhan, sudah ada 33 buku komik PL, yaitu Volume 5 (Raja-Raja I), Volume 6 (Raja-Raja II), Volume 7 (Pengasingan), dan Volume 8 (Nabi-Nabi) yang saat ini bisa Anda baca dan download dari Komik.APP. Harapan kami, sebelum 14 Oktober 2019, Komik Kisah Kasih Abadi seluruh Alkitab (PL dan PB) sudah dapat dibaca melalui situs Komik.APP. Sementara itu, mohon dukungan doanya untuk persiapan distribusi versi cetak dari Komik Kristus 1: Kelahiran dan Kristus 2: Masa Kecil dalam rangka menyambut perayaan Natal. Mulai sekarang, kami sudah bisa menerima pesanan untuk kami kirimkan pada November nanti. Jika Anda tertarik, silakan menghubungi via email: ylsa@sabda.org atau WA: 08812979100, dan kami akan mengirimkan informasi lebih lengkap.

3. #SABDAKOMIK: Aplikasi Komik "Singa Yehuda" untuk iOS dan Animasi "Siapakah Dia?"

Yesus Mesias

Puji Tuhan! Tim ITS dan tim Multimedia YLSA kembali meluncurkan satu aplikasi iOS untuk komik Alkitab, yaitu Komik Singa Yehuda. Komik ini berisi kisah Yesus yang diambil dari Injil Markus yang tersedia dalam tiga versi, yaitu versi Alkitab Yang Terbuka, Alkitab Mudah Dibaca, dan Alkitab Versi Borneo. Anda dapat membacanya pula secara online melalui situs Komik.APP. Sementara itu, kami juga hampir menyelesaikan animasi untuk Komik Siapakah Dia? (Yesus Mesias). Mohon doakan agar pengerjaan animasi tersebut dapat segera diselesaikan. Komik Siapakah Dia? ini juga dapat dibaca secara online melalui situs Komik.APP. Kiranya penambahan jalur untuk mengakses komik-komik Alkitab makin membuka kesempatan bagi generasi abad ke-21 untuk membaca dan belajar Alkitab dalam media yang relevan dengan mereka.

4. Mahasiswa Magang dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Periode 2019

Komik Kristus 1 & 2

Pada September sampai November 2019, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) menerima beberapa staf magang dari Fakultas Bahasa dan Seni UKSW, Salatiga, yaitu Gabriel, Nike, Maya, dan Senda. Selama magang, mereka tidak hanya diberikan tugas penerjemahan sesuai dengan jurusan mereka, tetapi juga bermacam-macam tugas lain untuk menambah wawasan maupun kompetensi mereka dalam bidang literatur. Harapan kami, selama masa magang ini, mereka dapat belajar melayani Tuhan, khususnya dalam bidang teknologi, dan bertumbuh secara rohani. Doakan juga agar mereka dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan baik sehingga dapat menjadi kontribusi bagi pekerjaan Tuhan di YLSA.

5. Pengembangan Bahan-Bahan Artikel dari Digital Resources

Bahan DR

Selama bulan Agustus dan September 2019, tim Digital Resources (DR) bekerja sama dengan tim Multimedia mengadakan pelatihan internal untuk mengembangkan bahan-bahan teks menjadi bahan multimedia. Tujuannya supaya setiap penanggung jawab bidang pelayanan dapat membuat konsep, caption, serta produk-produk multimedia berupa GIF, IG Swipe, PPT, dan Infografik dengan baik. Selain hasilnya menjadi feed bagi Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest YLSA, melalui pelatihan ini, kami juga semakin pintar mengelola tulisan-tulisan kami. Dukung Tim DR dalam doa agar kami dapat berkreasi membuat produk-produk multimedia dengan baik sehingga membawa inspirasi dan berkat bagi banyak orang.

1. Tim ITS Mengerjakan Proyek The New SABDA.org

Ultah 25 Tahun SABDA

Menyambut ulang tahun ke-25 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA), tim ITS YLSA bekerja keras untuk mengerjakan "The New SABDA.org". Ini akan menjadi pintu/hub rumah digital kekinian yang akan menolong tubuh Kristus mengakses berbagai bahan kekristenan dan untuk lebih menjangkau generasi digital. Semoga "The New SABDA.org" dapat menjadi cermin perkembangan, proyek-proyek, resources, dan pelayanan YLSA yang ada sekarang. Mohon doakan agar Tuhan menolong seluruh tim YLSA untuk bersama-sama mengerjakan proyek ini dengan baik dan menyelesaikannya sesuai target yang sudah ditetapkan.

2. Proyek Raja Kemuliaan -- King of Glory

Raja Kemuliaan

Situs Raja Kemuliaan (King of Glory) sudah siap untuk Anda! Dapatkan 70 klip kisah Alkitab berbahasa Indonesia yang dikelompokkan ke dalam 15 episode dengan total durasi 222 menit. Raja Kemuliaan berisi film yang mengisahkan tentang Allah, rencana-Nya untuk menyelamatkan manusia, Isa, Injil, dan gereja mula-mula. Dengan narasi yang menggugah pikiran dan perpaduan yang serasi antara gambar bergerak, animasi diam, dan video yang memukau, film ini pasti akan disukai oleh pemirsa dari segala usia. Proyek ini merupakan kerja sama antara YLSA dengan yayasan Rock International, dan kami mencoba untuk menyelesaikannya sebelum Oktober 2019 supaya bisa menjadi kado ulang tahun ke-25 YLSA. Kami bersyukur karena beberapa tahun belakangan ini, Tuhan memberi kesempatan kepada YLSA untuk bermitra dengan lembaga-lembaga pelayanan internasional dengan mengerjakan bahan-bahan multimedia, seperti proyek Raja Kemuliaan ini. Mohon dukungan doanya agar situs ini dapat dikembangkan dan dilengkapi untuk menjadi alat studi Alkitab yang lengkap.

3. Situs Bahan Khotbah -- Khotbah.Co

Khotbah.Co

Kabar gembira bagi para pengkhotbah Indonesia! Tim Digital Learning dan tim ITS YLSA melakukan upgrade untuk situs Khotbah.Co. Situs ini menyediakan berbagai perlengkapan, referensi, dan panduan untuk para pengkhotbah, sekaligus bagaimana aplikasinya dalam pelayanan khotbah. Bahan-bahan baru pun masih akan terus ditambahkan. Doakan agar Tuhan memakai situs Khotbah.Co untuk menolong para pengkhotbah menyiapkan pelayanan firman dengan baik seturut kehendak Tuhan. Berkaitan dengan bahan-bahan khotbah, kami juga sedang mempersiapkan situs Pendeta.Co yang kami harap bisa mendampingi para pendeta untuk semakin bersemangat dalam menjalankan panggilannya.

4. Proses Cetak Komik Kisah Abadi untuk Perayaan Natal

Komik Kristus 1 & 2

Apakah Anda masih ingat berita yang kami pasang beberapa bulan yang lalu tentang Komik Kisah Kasih Abadi hasil kerja sama antara YLSA dan Kingstone International? Untuk menyiapkan perayaan Natal, yang tinggal dalam hitungan bulan ini, tim SABDA Komik tengah memproses Komik Kisah Kasih Abadi Kristus 1: Yesus Lahir dan Kristus 2: Masa Kecil untuk dicetak dan dijadikan hadiah Natal yang menyenangkan. Kedua kisah yang dipilih ini adalah narasi dari peristiwa agung kedatangan Kristus ke dunia dan masa kecil-Nya sesuai dengan yang dikisahkan dalam Alkitab. Ini adalah Alkitab dalam versi komik untuk menolong generasi digital membaca Alkitab dengan cara yang cocok bagi mereka. Buku komik Kristus Lahir dan Masa Kecil edisi cetak ini bisa Anda dapatkan secara berbayar. Untuk informasi pemesanannya, Sahabat dan Pendukung YLSA dapat menghubungi ylsa@sabda.org. Mohon dukungan doanya agar proses cetak dapat selesai sesuai jadwal yang kami tetapkan. Untuk versi digitalnya, seri Komik Kisah Kasih Abadi Perjanjian Baru (22 buku) sudah bisa Anda baca dengan berkunjung ke Komik.APP!

5. Diskusi Buku Menemukan Kehendak Allah di Klub e-Buku SABDA

Diskusi Buku Menemukan Kehendak Allah

YLSA akan kembali melangsungkan diskusi buku dengan sarana Facebook Grup Klub e-Buku SABDA (KBS). Buku yang dipilih untuk didiskusikan kali ini berjudul Menemukan Kehendak Allah karya Sinclair B. Ferguson yang diterbitkan oleh Momentum. Kami membuka pendaftaran bagi para peserta yang berminat mulai sekarang. Diskusi ini akan berlangsung pada 28 Oktober -- 29 November 2019. Sahabat dan Pendukung YLSA dapat menghubungi admin di penulis@sabda.org untuk mendaftarkan diri menjadi peserta diskusi. Mari segera mendaftar karena kelas ini dibatasi hanya untuk 30 peserta. Tingkatkan kegiatan literasi Anda untuk bertumbuh dalam Tuhan!

1. Rapat Kerja Tengah Tahun YLSA 2019

Raker Mini 2019

Rapat Kerja (raker) tengah tahun YLSA telah diselenggarakan pada 1 -- 2 Juli 2019. Kami bersyukur karena penyertaan Tuhan sungguh luar biasa dalam pelayanan YLSA selama semester I 2019. Berdasarkan hasil evaluasi kerja pada raker ini, ada beberapa tugas dari semester lalu yang masih harus diperbaiki dan diteruskan sehingga menjadi rencana kerja semester II. Secara menyeluruh, kami melihat perlunya penyesuaian, baik dari struktur organisasi, bidang-bidang pelayanan, maupun tugas masing-masing staf. Proyek-proyek Alkitab yang mengutamakan multimedia dan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) adalah fokus pelayanan YLSA saat ini. Mohon doakan agar Tuhan Yesus menolong kami untuk bergerak sesuai dengan kehendak-Nya. Doakan juga agar Tuhan mencukupkan segala kebutuhan pelayanan YLSA untuk semester depan. Cerita mengenai raker ini dapat Anda baca di kolom Mengenal YLSA.

2. Roadshow SABDA Komik di STT Berita Hidup, Surakarta

Roadshow SABDA Komik di Berita Hidup

Bersyukur kepada Tuhan Yesus atas kesempatan bagi Tim SABDA Komik untuk melayani para peserta Bible Fellowship di Berita Hidup, Surakarta, yang dilakukan pada Rabu, 10 Juli 2019, pukul 10.00. Tim SABDA Komik yang dibagi menjadi tiga kelompok melayani peserta dari kelompok anak-anak, remaja, dan orang tua (pendamping/pengasuh dan panitia). Pelayanan yang kami lakukan berupa presentasi pelayanan SABDA Komik (untuk kelompok orang tua) dan penayangan video The Story yang dilengkapi dengan aktivitas seperti mewarnai gambar (untuk kelompok anak-anak) dan berdiskusi (untuk kelompok remaja). Kami bersyukur melihat antusiasme peserta dalam mengikuti acara ini. Hal ini membuat kami makin bersemangat, dan kami berdoa agar kiranya komik Alkitab ini dapat menjadi salah satu media yang relevan untuk menolong generasi milenial belajar firman Tuhan. Mohon dukung dalam doa supaya setiap peserta juga dapat membagikan informasi ini kepada orang-orang di sekitar mereka.

3. Pembaruan Teks AYT di Situs Alkitab SABDA dan Alkitab Mobile

Logo Alkitab Yang Terbuka

Saat ini, teks Alkitab Yang Terbuka (AYT) yang terbaru sudah tersedia secara daring di situs Alkitab SABDA dan Alkitab Mobile. Hal ini menjadi jawaban bagi para Sahabat SABDA yang menanyakan mengenai pembaruan teks AYT untuk platform web. Untuk aplikasi, pembaruan sudah dilakukan pada April 2019 lalu. Bagi Anda yang ingin mengikuti informasi terbaru terkait perkembangan proyek AYT, baik dari segi teks, bahan-bahan derivatif, maupun komunitas, silakan mengikutinya melalui situs AYT.Co dan Facebook AYT (profile dan fan page). Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian agar pengembangan proyek AYT dapat terus dijalankan dengan lancar dalam pimpinan Tuhan. Terima kasih.

4. Menjelang Peringatan Ulang Tahun YLSA ke-25

SABDA 25 Tahun

Tahun 2019 adalah "tahun perak" bagi YLSA. Selama 25 tahun, Tuhan menuntun kami untuk melayani di ladang pelayanan digital. Semua terjadi hanya karena anugerah-Nya. Ada "kado-kado" yang sedang kami rencanakan dan kerjakan dalam rangka ulang tahun perak YLSA ini. Misalnya beberapa proyek media (audio, video, komik, dll.), pembaruan situs SABDA.org, proyek ITL Builder, aplikasi-aplikasi baru, proyek Alkitab kuno, program-program digital learning, dsb.. Kerinduan kami, dalam usianya yang makin bertambah, pelayanan YLSA juga makin menjangkau generasi digital untuk kemuliaan Tuhan. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian.

1. Persiapan Raker YLSA untuk Tengah Tahun 2019

Raker Mini

Pada awal Juli 2019, YLSA melangsungkan rapat kerja tengah tahun (Raker Mini) untuk mengevaluasi hasil kerja semester I dan mematangkan rencana kerja semester II 2019. Beberapa masalah tentang visi, struktur, strategi, dan sistem kerja juga dibahas dalam raker ini. Harapan kami, setiap tim membuat laporan dan rencana kerjanya dengan baik. Mohon dukungan doa agar melalui raker ini, kami bisa terus berfokus pada visi dan rencana yang Tuhan inginkan.

2. Tim ITS YLSA Mengembangkan Algoritme untuk Program Interlinear

ITL

Kami bersyukur karena program Interlinear (ITL) yang dibuat oleh YLSA dapat terus dikembangkan dan digunakan untuk berbagai versi Alkitab. Awalnya, kami membuat program ini untuk interlinearisasi Alkitab Yang Terbuka (AYT), tetapi dalam perkembangannya, program ini dapat digunakan secara lebih luas lagi. Setelah digunakan untuk proyek Alkitab versi bahasa India dan Alkitab dalam bahasa Malaysia/Alkitab Versi Borneo (AVB), saat ini Tim ITS sedang mengerjakan proyek ITL untuk Alkitab bahasa Uzbekistan. Proyek ini kami kerjakan sebagai salah satu wujud nyata dari SABDA Go Global yang dicanangkan YLSA pada 2018 lalu. Mohon dukungan doa dari para Sahabat SABDA agar Tuhan Yesus menolong Tim ITS dalam mengembangkan algoritme untuk program ini sehingga dapat digunakan lebih maksimal lagi bagi kepentingan firman-Nya di seluruh dunia.

3. Refactoring Situs Komik.APP

Seri Kisah Kasih Abadi

Pada Mei 2019, Tim ITS mulai melakukan refactoring situs Komik.APP untuk memudahkan proses maintenance situs ini ke depannya. Bersamaan dengan itu, beberapa bahan media studi Alkitab untuk Komik Zone juga sedang diproses agar dapat segera ditambahkan ke dalam situs Komik.APP. Situs Komik.APP adalah infrastruktur untuk ekosistem SABDA Komik, sedangkan Komik Zone merupakan salah satu bagian dari ekosistem SABDA Komik untuk menolong orang percaya melakukan studi Alkitab dengan memakai komik Alkitab. Mohon dukungan doanya agar Tuhan menolong Tim ITS maupun Tim SABDA Komik untuk menyelesaikan proses ini dengan baik dan cepat.

4. Diskusi-Diskusi Artikel dalam Media Sosial YLSA Sepanjang Juli 2019

Diskusi Online

Kesempatan untuk belajar dan bertumbuh bersama disediakan oleh YLSA melalui diskusi-diskusi yang diadakan melalui platform media sosial yang ada. Untuk Juli mendatang, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Sahabat bisa mengikuti diskusi dari artikel pilihan yang berjudul Anak dan Alkitab di Fan Page Facebook e-BinaAnak (17 Juli 2019) dan Mengapa Kita Mendidik Anak-Anak Perempuan Kita di Fan Page Facebook e-Wanita (25 Juli 2019). Pada gilirannya nanti, komunitas-komunitas lain, seperti: e-Penulis, e-Konsel, e-BinaSiswa, e-Leadership, e-Doa, e-Reformed, KISAH, Bio-Kristi, dan e-MISI juga akan menyajikan bahan-bahan untuk didiskusikan sesuai dengan topik pilihan. Mari bergabung di komunitas-komunitas YLSA dan saling berbagi dan bertumbuh dalam Tuhan bersama saudara-saudari seiman yang lain! Kami berharap kita semua juga akan mendukung dalam doa supaya komunitas-komunitas YLSA bisa menjadi berkat bagi masyarakat Kristen di Indonesia.

1. Asisten Alkitab SABDA Versi Beta Hadir di Google Assistant!

Asisten Alkitab SABDA

Dalam rangkaian perayaan ulang tahun ke-25, YLSA meluncurkan Alkitab SABDA di Google Assistant. Hadirnya Alkitab dalam Google Assistant diharapkan mempermudah pengguna dalam mencari, mendengar, bahkan melakukan studi Alkitab. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur-fitur lain, seperti: renungan harian, pokok doa, humor, dan lainnya. Asisten Alkitab ini, yang dipanggil dengan nama "Alkitab SABDA", dapat dipakai oleh pengguna dalam perangkat yang sudah diatur dalam bahasa Indonesia. Untuk beralih ke percakapan dengan Alkitab SABDA, silakan memberikan perintah kepada Google Assistant dengan mengucapkan, "Bicara dengan Alkitab SABDA." Setelah dialihkan ke percakapan dengan Alkitab SABDA, pengguna dapat memanfaatkan semua fitur yang telah disediakan. Mohon dukungan doa sekaligus masukan dari Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian terkait pengerjaan proyek ini. Kiranya Tuhan menolong Tim ITS YLSA mengembangkan aplikasi ini dengan fitur-fitur yang lebih baik.

2. Sudah Lengkap! Perjanjian Baru dalam Aplikasi Tafsiran Matthew Henry

Logo MHC

Puji Tuhan! Catatan penjelasan teks Alkitab dalam Tafsiran Matthew Henry (MHC) untuk Perjanjian Baru telah lengkap, mulai dari Matius sampai Wahyu. Silakan menginstal atau memperbarui aplikasi Tafsiran atau Tafsiran Matthew Henry melalui perangkat Android Anda untuk mendapatkannya. Selain lewat aplikasi, kami juga sudah menambahkan bahan ini ke situs Alkitab SABDA. Bersamaan dengan itu, kami juga menambahkan catatan untuk kitab Yeremia dan Ratapan dalam bagian Perjanjian Lama. Masih ada teks dari beberapa kitab PL yang kami tunggu untuk diproses versi digitalnya. Mohon dukungan doa agar kiranya Tuhan menolong Tim ITS untuk dapat mengerjakannya dengan baik. Doakan pula mitra kami yang terkait dengan proyek ini, yaitu Friends of Matthew Henry dan Penerbit Momentum, kiranya Tuhan menolong mereka sehingga bahan-bahan MHC ini dapat menjadi berkat untuk menguatkan tubuh Kristus di Indonesia.

3. Tim SABDA Komik Mengerjakan Kisah Kasih Abadi Perjanjian Lama

Seri Kisah Kasih Abadi

Setelah bergumul selama hampir 6 bulan lebih, Seri Komik Kisah Kasih Abadi seri Perjanjian Baru akhirnya bisa diselesaikan. Tim SABDA Komik mulai bergerak untuk mengerjakan seri Perjanjian Lama. Proses penerjemahan komik PL sudah selesai, tetapi teks masih dalam tahap pengecekan final dan proses entering dan lettering (proses memasukkan kata-kata ke dalam kotak/balon percakapan pada halaman-halaman komik). Kami bersyukur karena ada staf magang yang turut membantu tim ini. Mohon dukungan doa agar Tuhan memberikan ketekunan dan ketelitian agar seluruh proses dapat dikerjakan dengan maksimal. Doakan juga untuk rencana mencetak komik-komik ini karena membutuhkan dana yang cukup besar yang tidak bisa kami tanggung sendiri. Kiranya Tuhan mengirimkan donatur-donatur yang terbeban dalam proyek SABDA Komik ini. Terima kasih.

1. Tim SABDA Komik Menyelesaikan Kisah Kasih Abadi Volume 9 (Kristus)

Kisah Kasih Abadi

Pada akhir Maret 2019, tim SABDA Komik selesai mengerjakan Kisah Kasih Abadi volume 9 (Kristus) yang terdiri dari dua belas buku. Seluruh buku Kristus sudah dapat dibaca secara daring melalui situs Kingstone Indonesia. Puji Tuhan! Kami juga sudah menerbitkan versi cetak dari buku Kristus 11 (Anak Domba Allah) dan Kristus 12 (Sang Raja). Saat ini, Sahabat dan Pendukung YLSA dapat memesan versi cetak tersebut. Silakan kontak kami melalui email untuk pemesanan. Selain itu, tim SABDA Komik juga telah menyusun panduan untuk melakukan pendalaman Alkitab dengan komik Kisah Kasih Abadi. Panduan tersebut sudah dapat Anda baca secara daring di Komik Zone. Mohon dukungan doa agar Roh Kudus menerangi hati setiap orang yang membaca komik Kisah Kasih Abadi dan melakukan PA untuk dapat menjalani hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

2. YLSA Meluncurkan Situs Tetelestai Indonesia dan Kingstone Indonesia

Tetelestai Indonesia

Dalam rangka menyambut ulang tahun ke-25, YLSA meluncurkan dua situs baru sebagai pendukung beberapa proyek media SABDA, yaitu situs Tetelestai Indonesia dan situs Kingstone Indonesia. Situs pertama adalah Situs Tetelestai Indonesia, yang memuat informasi seputar proyek video Tetelestai. Selain sebelas episode video seri Tetelestai, Anda juga bisa mendapatkan panduan studi Alkitab untuk masing-masing episode. Informasi lebih lengkap mengenai proyek Tetelestai Indonesia dapat Anda simak dalam kolom Mengenal YLSA. Situs yang kedua adalah situs Kingstone Indonesia yang dibuat agar masyarakat Kristen Indonesia dapat membaca komik dari seri Kisah Kasih Abadi dan mengikuti kegiatan seputar Kingstone Indonesia. Melalui situs-situs ini, Sahabat dan Pendukung YLSA juga dapat berinteraksi dan memberikan masukan untuk kemajuan yang lebih baik. Mohon dukungan doa agar Tuhan menolong tim Tetelestai Indonesia dan tim Kingstone Indonesia menyelesaikan seluruh proyek yang sedang dikerjakan. Kiranya situs yang sudah diluncurkan ini memberi manfaat yang besar bagi tubuh Kristus di Indonesia.

3. Aplikasi iOS terbaru dari SABDA (CAT, CIA, dan Alkitab Karaoke)

Ios sabda

Beberapa waktu lalu, Tim ITS SABDA berhasil menyelesaikan dan meluncurkan tiga aplikasi baru untuk platform iOS, yaitu: Cerita Alkitab Terbuka (CAT), Cerita INJIL Audio (CIA), dan Alkitab Karaoke, yang semuanya sudah tersedia di App Store. Silakan mengunduh dan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut serta membagikannya kepada keluarga dan rekan-rekan yang lain. Sahabat dan Pendukung YLSA dapat melihat aplikasi iOS lainnya dari SABDA melalui situs Apps SABDA. Kiranya menjadi berkat.

4. Pengembangan Komunitas Penulis Kristen YLSA

Penulis Kristen

Setiap orang kristen tentunya ingin memancarkan kasih Allah dalam segala hal. Dalam bidang penulisan, orang Kristen juga tidak boleh ketinggalan. Kita harus dapat menyajikan tulisan yang berkualitas, memberkati banyak orang, dan menjalankan misi untuk memuliakan Tuhan. Sehubungan dengan ini, komunitas e-Penulis akan mengadakan "Training Menulis Daring -- PKB" (Penulis Kristen yang Bertanggung Jawab) yang diselenggarakan pada 6 -- 31 Mei 2019 di Grup Facebook Penulis Kristen. Dalam pelatihan ini, peserta akan belajar tentang panggilan seorang penulis Kristen dan bagaimana bertanggung jawab menghasilkan karya bagi kemuliaan-Nya. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan praktik menulis (1 -- 7 Juni 2019). Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA supaya kegiatan ini dapat menjadi berkat bagi orang-orang yang rindu menjadi penulis Kristen yang bertanggung jawab. Kiranya akan semakin banyak penulis memiliki misi untuk menjadi berkat bagi banyak orang!

 

1. Roadshow Tim SABDA Komik di PPA Air Hidup, Surakarta

Roadshow

Bersyukur kepada Tuhan Yesus atas kesempatan untuk mengajak kurang lebih 30 anak remaja dari PPA Air Hidup, Surakarta, untuk melakukan pendalaman Alkitab (PA) dengan memakai seri Komik Kisah Kasih Abadi dari Kingstone Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sebanyak dua kali. Pada 28 Februari 2019, Tim SABDA Komik memperkenalkan proyek pelayanan SABDA Komik dan komunitasnya. Setelah itu, seluruh peserta diajak menonton video The Story yang merupakan rangkuman seluruh seri Kisah Kasih Abadi, yang merupakan benang merah seluruh pengajaran Alkitab dari Perjanjian Lama sampai Perjanjian Baru. Setelah itu, seluruh peserta diajak untuk melakukan PA berdasarkan bahan yang sudah disediakan. Lalu, pada 5 Maret 2019, tim SABDA Komik kembali memfasilitasi PA dengan menyajikan bacaan buku Kristus 12: Sang Raja. Kali ini, para mentor PPA Air Hidup diminta untuk memimpin PA sesuai dengan bahan yang sudah disiapkan oleh Tim SABDA Komik. Testimoni peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat Anda simak dalam kolom Suara Sahabat YLSA.

2. Proses ITL untuk AYT Perjanjian Lama

Proses ITL untuk AYT Perjanjian Lama

Setelah selesai melakukan proses interlinear (ITL) teks AYT Perjanjian Baru, Tim AYT melanjutkan proses yang sama untuk teks AYT Perjanjian Lama. Saat ini, data dan sistem sudah disiapkan oleh Tim ITS untuk pengerjaan yang lebih efektif. Oleh karena itu, Tim AYT telah melakukan training untuk beberapa staf yang akan mengerjakannya. Proses ITL ini merupakan salah satu metode untuk memeriksa ketepatan antara hasil teks Alkitab terjemahan dengan teks bahasa asli Alkitab. Selain memproses teks AYT, nantinya kami juga akan melakukannya untuk teks-teks terjemahan Alkitab lainnya. Mohon doakan agar Tim AYT dapat mengerjakannya dengan baik, teliti, dan penuh hikmat dari Tuhan.

3. Tim ITS YLSA Memulai Proses Upgrade Situs-Situs YLSA Berbasis Drupal

Upgrade Drupal

Banyak situs YLSA yang dahulu dibangun dengan CMS Drupal, terutama situs-situs sumber bahan pelayanan. Sekarang, CMS Drupal telah mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan perkembangan teknologi web. Versi CMS Drupal terbaru saat ini adalah versi 8, dan banyak situs YLSA perlu ditingkatkan karena masih menggunakan versi yang lebih rendah. Oleh karena itu, mulai Januari 2019, di tengah kesibukan yang banyak itu, Tim ITS perlahan-lahan melakukan proses upgrade situs ke CMS Drupal versi 8. Proses ini sangat penting agar keamanan situs terus terjaga dan bahan-bahan dapat diakses dengan mudah, dengan fitur-fitur yang semakin lengkap untuk berbagai platform, termasuk untuk memberikan tampilan yang lebih menarik. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian agar Tuhan memberikan kekuatan sehingga Tim ITS dapat mengerjakan tugas ini dengan sebaik dan secepat mungkin.

4. YLSA Menyediakan Bahan Paskah dalam Komunitas Paskah

Bahan Paskah dalam Komunitas Paskah

Penderitaan, kematian, dan kebangkitan Kristus menjadi rangkaian peristiwa Paskah yang harus dimaknai dengan benar oleh orang-orang Kristen supaya iman kita kepada Kristus semakin dikuatkan. Yayasan Lembaga SABDA rindu untuk mengambil bagian mempersiapkan dan memperlengkapi masyarakat Kristen Indonesia supaya bisa menyambut Paskah dengan hikmat dan sukacita seturut apa yang dikatakan Kitab Suci. Melalui Situs Paskah Indonesia, YLSA menyediakan berbagai bahan bertema Paskah, mulai dari artikel, puisi, lagu, infografik, renungan, blog, hingga audio Paskah. Kami berharap agar bahan-bahan ini bisa menjadi berkat bagi masyarakat Kristen di Indonesia. Selain itu, Sahabat dan Pendukung YLSA juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas SABDA Paskahsupaya kita, sebagai satu tubuh Kristus, dapat saling berdiskusi, berbagi pergumulan seputar Paskah, ataupun menulis kesaksian menjelang dan selama Paskah untuk bisa menjadi berkat bagi orang lain.

1. Restrukturisasi Pelayanan YLSA 2019

Raker YLSA 2019

Menjelang Rapat Kerja YLSA 2018/2019, seluruh staf YLSA didorong untuk berpikir banyak tentang restrukturisasi. Sudah saatnya struktur YLSA diubah agar lebih relevan dengan kebutuhan 2019. Agenda utama pertemuan adalah untuk menajamkan visi dan fokus pelayanan YLSA 2019. Dari sosialisasi restrukturisasi pelayanan YLSA untuk 2019, kami semakin melihat adanya kebutuhan untuk menambah, melebur, bahkan mengganti beberapa pelayanan. Pada 2019 ini, kami akan berfokus pada bagaimana membawa pengguna SABDA untuk lebih berinteraksi dengan bahan-bahan yang kami sediakan, khususnya Alkitab (Bible Engagement). Oleh karena itu, seluruh tim menyelaraskan kegiatan dan proyeknya dengan fokus ini. Salah satu penyesuaian yang cukup besar adalah melebur tim-tim pelayanan YLSA (Tim Penjangkauan, Tim Pembinaan, Tim Pendidikan, dan Tim Biblika) untuk menjadi tim Komunitas YLSA. Tolong doakan agar hasil raker YLSA 2018/2019 menolong kami untuk mengikuti pimpinan Tuhan sehingga pelayanan kami bisa lebih efektif dan efisien di tengah keterbatasan staf yang ada.

2. YLSA Menerbitkan Newsletter Suara SABDA

Suara SABDA Januari/1

Mulai Januari 2019, YLSA secara resmi menghentikan penerbitan 11 publikasi yang biasa terbit secara berkala. Hal ini dilakukan karena pelayanan YLSA ingin lebih berfokus pada pengembangan komunitas agar para pelanggan lebih berinteraksi dengan Alkitab dan bahan-bahan pelayanan yang ada. Sebagai penggantinya, pelanggan publikasi YLSA akan menerima newsletter Suara SABDA, yang terbit sebulan dua kali dan memuat informasi terbaru terkait bahan-bahan pelayanan yang kami perbarui. Doakan agar dengan Suara SABDA ini, setiap pelanggan publikasi bisa melihat pelayanan SABDA dengan lebih utuh karena dikemas dalam satu publikasi. Untuk melihat arsip Suara SABDA, silakan mengakses URL berikut ini: http://sabda.org/publikasi/suara_sabda/. Jika ada Sahabat dan Pendukung YLSA yang ingin berlangganan Suara SABDA, silakan mengirimkan email ke berlangganan@sabda.org.

3. Tim ITS YLSA Membuat Aplikasi OLB (OnLine Bible) Reader

OLB Reader

Selama ini, pengguna Software SABDA (OnLine Bible versi Indonesia) hanya dapat mengakses bahan-bahan yang terdapat dalam software tersebut melalui komputer desktop. Kerinduan kami adalah bahan-bahan tersebut dapat diakses dengan lebih luas oleh masyarakat Kristen Indonesia melalui ponsel pintar. Oleh karena itu, tim ITS YLSA dengan tekun telah membangun aplikasi OLB Reader yang nantinya akan dapat diakses melalui ponsel pintar Android maupun iOS. Kiranya Tuhan menolong tim ITS dalam penyelesaian aplikasi OLB Reader ini supaya segera menjadi berkat bagi banyak pengguna.

4. YLSA Menerima Staf Magang dari Universitas Kristen PETRA untuk Januari/Februari 2019

Isak dan Fransisco

Selama 2 Januari -- 1 Maret 2019, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) menerima dua staf magang dari Universitas Kristen PETRA, Surabaya. Mereka adalah Isak dan Fransisco. Selama magang di YLSA, mereka mengerjakan beberapa proyek penting, salah satunya yang terkait dengan SABDA Komik dan AYT.co. Selain menjalankan kewajiban dari kampus dan tugas dari YLSA, mereka juga dapat belajar arti melayani Tuhan selama masa magang mereka. Doakan juga agar mereka dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan baik sehingga dapat menjadi kontribusi bagi pekerjaan Tuhan melalui YLSA.

Comments