Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs YLSA.org

Loading

Kamu ada diBerita YLSA / Berita YLSA April -- Mei 2017

Berita YLSA April -- Mei 2017


Daftar Berita: 


[Dari YLSA!]
[Blog YLSA!] : 1. Akhirnya, SABDA di Kupang
  : 2. Perayaan Paskah YLSA dan +TED@SABDA Tim Pembinaan: Passion for The Christ
  : 3. Yang Terbuang Namun Pahlawan
  : 4. Sudahkah kita “Memiliki Hati Seperti Hati Tuhan Yesus”?
[Berita dan Doa YLSA!] : 1. Pelayanan YLSA di Kupang dan Pontianak
  : 2. Proyek-Proyek Tim ITS YLSA April 2017
  : 3. Publikasi 40 Hari Doa dari Tim Pembinaan YLSA
  : 4. Tim Penjangkauan YLSA Melangsungkan Diskusi Online "Pemimpin pada Era Digital"
  : 5. Tim Pendidikan Kristen YLSA Membuka Pendaftaran Kelas PESTA KRP dan PKS
[Mengenal YLSA!] : Perayaan Paskah YLSA dan +TED @SABDA Tim Pembinaan: Passion for The Christ
[Surat Sahabat YLSA!] : Kesaksian Peserta Roadshow SABDA di Kupang dan Pontianak
[Laporan Keuangan YLSA!] : Laporan Keuangan YLSA Bulan April 2017

Editorial: 

Salam sejahtera,

Dari awal tahun 2017, tepatnya Februari, Yayasan Lembaga SABDA banyak melakukan perjalanan (roadshow) ke beberapa kota yang cukup jauh untuk melakukan pelatihan Software SABDA maupun #Ayo_PA. Walaupun cukup melelahkan, tetapi kami sangat bersukacita karena bisa bertemu dengan banyak jemaat Tuhan, khususnya mereka yang telah mengenal pelayanan SABDA. Melalui pertemuan-pertemuan itu, kami sangat disemangati karena mereka merasakan berkat besar dari bahan-bahan yang disebarkan oleh YLSA. Bagi yang baru mengenal pelayanan YLSA, produk-produk pelayanan YLSA yang mereka dapat juga telah menjadi berkat bagi kemajuan pelayanan mereka. Kami yakin ada banyak kota lain yang menantikan pelayanan YLSA. Karena itu, doakan supaya pada masa mendatang tim SABDA bisa membuat rencana sehingga pelayanan YLSA semakin merata ke banyak tempat. Mari kita bekerja melayani Dia selama hari masih siang.

Yulia

Yulia Oeniyati
Pemimpin YLSA
yulia(at)in-christ.net
http://blog.sabda.org


Blog YLSA: 
Berita dan Doa YLSA: 

  1. Pelayanan YLSA di Kupang dan Pontianak

    Roadshow Kupang dan Pontianak

    Pada 22 -- 28 April 2017, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mendapat kesempatan untuk melayani di Kupang dan Pontianak. Selama di Kupang pada 22 -- 25 April 2017, YLSA memberikan pelatihan penggunaan Software SABDA, pelatihan PA dengan Gadget (#Ayo_PA!), dan pelatihan bagi guru sekolah Minggu. Pelatihan tersebut diadakan di GMIT Kotabaru dan Gereja Kemah Injil Indonesia, Kupang. Selain itu, YLSA juga membuka booth dan memberikan presentasi singkat tentang pelayanan YLSA dalam acara Indonesia for God's Glory Vision Exploration Conference (IVEC) Kupang. Pada 26 -- 28 April 2017, YLSA melanjutkan pelayanan ke Pontianak dengan memberikan pelatihan Software SABDA dan #Ayo_PA! di STT Pontianak dan Gereja Kristen Nasional Indonesia (GKNI). YLSA juga membuka booth dan memberikan presentasi Misi pada Era Digital dalam acara IVEC Pontianak. Bersyukur kepada Tuhan Yesus atas pelayanan-pelayanan tersebut. Kiranya setiap peserta mendapat banyak berkat dan membagikan kembali berkat-berkat yang mereka dapatkan. Kesaksian beberapa peserta mengenai pelayanan di Kupang dan Pontianak dapat Anda ikuti dalam kolom Suara Sahabat YLSA.

  2. Proyek-Proyek Tim ITS YLSA April 2017

    App Publikasi SABDA

    Pada April 2017, tim ITS YLSA mengerjakan beberapa proyek yang sudah dapat digunakan oleh Sahabat dan Pendukung YLSA. Proyek-proyek tersebut antara lain aplikasi Publikasi SABDA, Software SABDA 5 versi 5.10, dan Update data tafsiran MHC kitab Galatia -- Filemon. Untuk aplikasi Publikasi SABDA, Anda sudah dapat mengunduh versi betanya melalui Google Play. Dengan aplikasi Publikasi SABDA, Anda dapat semakin mudah mengakses bahan-bahan kekristenan dari YLSA melalui gadget Android Anda. Sementara itu, Software SABDA 5.10 sudah dapat Anda unduh pula melalui situs SABDA.net untuk memudahkan Anda mempelajari Alkitab melalui PC/laptop Anda. Kami mengajak Sahabat YLSA untuk mengunduh app Publikasi SABDA dan Software SABDA versi 5.10 dan memberikan masukan agar kedua proyek ini dapat menjadi lebih baik lagi. Referensi lain untuk belajar Alkitab adalah tafsiran dari Matthew Henry yang dapat Anda akses melalui situs Alkitab SABDA dan aplikasi MHC di Google Play. Kiranya seluruh proyek yang sudah dikerjakan dan masih akan terus dikembangkan ini menjadi berkat bagi masyarakat Kristen Indonesia dan nama Tuhan dimuliakan.

  3. Publikasi 40 Hari Doa dari Tim Pembinaan YLSA

    40 Hari Doa

    Pada 15 Mei 2017, tim Pembinaan YLSA mulai menyebarkan publikasi 40 Hari Mengasihi Bangsa dalam Doa edisi 2017. Publikasi yang didukung YLSA sejak tahun 2002 ini merupakan program doa bersama selama 40 hari dan dikirimkan setiap hari kepada para pelanggan, dimulai dengan 10 hari sebelum Ramadan sampai hari terakhir Ramadan. Melalui publikasi 40 Hari Mengasihi Bangsa dalam Doa, kami mengajak komunitas Kristen dan seluruh orang percaya di Indonesia untuk menjadi penggerak doa agar tangan Tuhan bekerja bagi mereka yang belum mengenal Injil. Selain berisi pokok-pokok doa bagi suku-suku di Indonesia yang belum terjangkau oleh Injil, terdapat pula pokok-pokok doa bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia dan beberapa artikel yang terkait dengan misi dan penginjilan. Kiranya melalui publikasi ini, kita akan semakin melihat tangan Tuhan berkarya di antara umat-Nya sehingga mereka beroleh jalan kepada kebenaran sejati. Bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang ingin mendapatkan publikasi ini, silakan menghubungi redaksi di doa@sabda.org.

  4. Tim Penjangkauan YLSA Melangsungkan Diskusi Online "Pemimpin pada Era Digital"

    Bulan ini, salah satu fokus tim Penjangkauan adalah diskusi online di Facebook Grup dengan topik Pemimpin pada Era Digital. Pada era digital ini, teknologi sudah banyak memengaruhi cara kita belajar, berkomunikasi, dan berelasi. Selain pengaruhnya yang cukup besar pada cara hidup orang masa kini, teknologi juga berpotensi sebagai sarana bagi seseorang untuk melakukan hal yang baik atau jahat. Bagaimana pemimpin Kristen menyikapi hal ini? Bagaimana seharusnya pemimpin Kristen memanfaatkan teknologi dalam konteks pelayanan/pemuridan? Kami berharap diskusi ini tidak hanya membuka/menambah wawasan, tetapi juga membangkitkan hati para peserta untuk menggunakan teknologi bagi kepentingan Kerajaan Allah. Diskusi ini dilaksanakan pada 15 -- 29 Mei 2017 di Facebook Grup Kepemimpinan Kristen. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA untuk kelancaran pelaksanaannya.

  5. Tim Pendidikan Kristen YLSA Membuka Pendaftaran Kelas PESTA KRP dan PKS

    Pada Juni/Juli 2017, tim Pendidikan Kristen akan membuka dua kelas diskusi lanjutan bagi peserta PESTA yang sudah memberikan konfirmasi di situs e-Learning PESTA (moodle). Dua kelas tersebut adalah kelas Kisah Rasul Paulus (KRP) yang mempelajari dan mendiskusikan tentang pelayanan Rasul Paulus, dan kelas Pernikahan Kristen Sejati (PKS) yang akan mempelajari tentang hidup dalam pernikahan Kristen yang alkitabiah. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA agar banyak alumni PESTA yang mengikuti kedua kelas ini dan diskusi bisa berlangsung dengan baik. Saat ini, pendaftaran sudah dibuka dan peserta yang sudah mendaftarkan diri mulai mengerjakan tugas-tugas tertulis. Kiranya peserta dapat mengerjakan dengan baik. Doakan pula para moderator yang akan menolong jalannya diskusi kiranya diberi hikmat oleh Tuhan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kiranya pelayanan PESTA semakin baik dan menjadi berkat bagi banyak orang awam yang rindu belajar teologi.

Mengenal YLSA: 

Perayaan Paskah YLSA dan +TED @SABDA Tim Pembinaan: Passion for The Christ

TED April 2017

Ada yang berbeda dari acara Paskah YLSA tahun ini. Jika pada tahun-tahun sebelumnya acara Paskah YLSA hanya dirayakan oleh staf YLSA beserta tamu undangan saja, tahun ini acara Paskah YLSA dirangkai bersama dengan acara +TED @SABDA untuk dirayakan bersama-sama mitra dan Sahabat YLSA. Mengangkat tema Passion for The Christ, tim Pembinaan yang menjadi penyelenggara acara berharap peserta yang hadir akan semakin bergairah mengasihi dan melayani Tuhan dan sesama dengan waktu, tenaga, pemikiran, dan talenta yang mereka miliki. Kristus sudah mati bagi kita, mari kita hidup bagi Dia.

Acara berlangsung sedikit terlambat sore itu karena hujan yang turun semenjak pukul setengah empat sore. Peserta yang tadinya diperkirakan akan hadir sekitar 50 orang menyusut menjadi sekitar 40 orang, khususnya peserta dari luar kota. Acara dimulai pada pukul 17.15. Tim Pembinaan yang diwakili oleh saya sebagai Koordinator membuka acara dengan sambutan dan perkenalan panitia, MC, dan moderator, lalu disambung dengan pemutaran video profil tim Pembinaan. Acara yang dipandu oleh MC, yaitu Ayub, memulai dengan pujian dan doa pembukaan. Sesudah itu, moderator pertama, Tika, memulai +TED sesi satu dengan pemutaran video kesaksian Jim Caviezel, aktor utama dalam film Passion of The Christ. Walaupun saya sudah pernah menonton video ini sebelumnya, saya tidak pernah menjadi bosan karena video ini sangat memberi dorongan untuk saya semakin menghargai dan memaknai karya pengorbanan Kristus yang begitu berharga.

Sesudah menyaksikan video, acara dilanjutkan dengan mendengar presentasi dari dr. Yudhie Chandra yang membawakan materi Sisi Medis Penyaliban Tuhan Yesus serta presentasi kedua dari Pdt. Andi Halim mengenai Teologi Reformed. Setelah tanya jawab dengan kedua presenter dan penyerahan kenang-kenangan dari panitia, acara kemudian beralih pada ibadah Paskah, yang diisi dengan pujian, renungan, dan doa Paskah. Renungan Paskah yang berjudul sama dengan tema acara, Passion for The Christ, dibawakan oleh Wahyu Kriscahyanto. Beliau adalah sahabat YLSA yang juga mengambil bagian sebagai panitia sie acara pada +TED@SABDA ini dan pernah mengisi acara +TED Oktober 2016. Sesudah ibadah Paskah selesai, kami rehat sejenak untuk makan malam bersama.

Peserta TED April 2017

+TED sesi dua, yang dimoderatori oleh Odysius, lebih banyak membahas tentang materi pembinaan sebagai wujud aplikasi dari panggilan Allah bagi orang-orang percaya. Bapak Arie Saptaji, seorang penulis Kristen dari Yogyakarta, tampil untuk membawakan presentasi yang berjudul Proses Kreatif Menulis Renungan. Sesudah itu, Ibu Yulia, ketua YLSA, mempresentasikan materi Misi pada Era Digital. Presentasi ditutup dengan materi Pemuridan abad 21 yang dibawakan oleh Santi, koordinator tim Penjangkauan. Setelah acara tanya jawab dan pemberian kenang-kenangan dari panitia, acara kemudian ditutup dengan doa dan foto bersama dengan seluruh peserta.

Ada banyak pembelajaran yang saya dapatkan melalui acara Paskah dan +TED @SABDA kali ini. Pertama, saya jadi banyak tahu tentang seluk beluk mengatur acara setelah terlibat dalam sie acara. Kedua, saya belajar banyak dari sisi membuat strategi dan perencanaan untuk melangsungkan acara, dimulai dari menentukan tema acara, menentukan kepanitiaan, menentukan tugas-tugas untuk kepanitiaan, menghubungi pembicara, membuat konsep video, brosur, dan rundown acara, dengan memperhatikan detail-detailnya, dan juga belajar dari kesalahan-kesalahan yang ada. Yang ketiga, saya mendapat berkat melalui materi-materi yang disampaikan oleh para pembicara, yang memberikan wawasan serta pertanyaan bahkan pergumulan baru di benak saya. Di atas semua itu, saya sungguh bersyukur untuk acara perayaan Paskah dan +TED @SABDA yang sudah terselenggara. Kiranya acara +TED yang menjadi media membagikan ide-ide kristiani bagi pelebaran Kerajaan Allah ini akan terus menjadi berkat bagi banyak orang, dan menghasilkan dampak nyata bagi kemajuan Kerajaan Allah.

Sampai jumpa dalam +TED @SABDA pada 28 Juli 2017. Solus Christus!

Surat untuk YLSA: 
Kesaksian Peserta Roadshow SABDA di Kupang dan Pontianak

Berikut ini adalah beberapa kesaksian peserta roadshow SABDA di Kupang dan Pontianak 22 -- 28 April. Kiranya menjadi berkat!

Pelayanan di Kupang (22 -- 25 April 2017):

Hijayas Uthan Mode

Shalom, saya Hijayas Uthan Mode, salah satu pelayan anak dan remaja di GMIT Kotabaru Kupang. Saya juga adalah moderator e-SH. Bersyukur, saya bisa bertemu dengan teman-teman dari SABDA di Kupang selama kurang lebih 2 hari. Secara pribadi, saya tertolong dengan berbagai informasi lewat pertemuan dua hari ini. Yang utama bagi saya, melalui kegiatan ini, saya bisa memperoleh begitu banyak referensi untuk membaca ALkitab, baik untuk keperluan pelayanan pribadi maupun untuk menopang tugas pelayanan, salah satunya dalam group e-SH sebagai moderator. Saya berharap SABDA akan terus meningkatkan pelayanan yang serupa dengan ini, memperluas cakupan pelayanan di daerah yang juga butuh informasi seperti ini. Selama ini, kita lebih banyak menggunakan teknologi untuk hal-hal di luar pelayanan. Secara pribadi, saya juga lebih sering menggunakan HP Android saya untuk kepentingan pribadi saja. Lewat pengetahuan dua hari ini, ternyata lewat handphone kita bisa berkomunikasi dan berdialog dengan Tuhan maupun sesama melalui referensi dan teknologi yang telah disediakan. Terima kasih. (Hijayas Uthan Mode)

Agusta

Shalom, nama saya Agusta. Selama ini, saya tergabung dalam PERKANTAS. Saat ini, PERKANTAS tidak hanya menjangkau mahasiswa, tetapi juga adik-adik di SMA. Ketika SMA, saya juga bergabung dalam KTB. Setelah lulus dari SMA, saya memimpin kelompok PA. Hari ini, saya bersyukur atas pelatihan #Ayo_PA! Saya sadar bahwa teknologi yang Tuhan anugerahkan bisa digunakan untuk melayani Tuhan dan sesama. Selama ini, saya ragu dan kesulitan dalam memimpin PA. Saya takut kalau salah dalam mengambil referensi. Ada banyak sumber internet, tetapi takut kalau tidak terpercaya. Melalui pelatihan ini. saya bersemangat dan yakin bahwa ada sumber terpercaya. Terima kasih untuk tim SABDA. (Agusta)

Pelayanan di Pontianak (26 -- 28 April 2017):

Gloria

Perkenalkan, nama saya Gloria Nabuk. Saya bersyukur kepada Tuhan karena pelayanan dari YLSA. Selama ini, saya rindu mendapatkan dukungan bahan-bahan, seperti untuk pelayanan PA, bahan tafsiran Alkitab, dan Alkitab dalam berbagai versi. Selama ini, saya terberkati karena lewat online saya mendapat bahan ini dari SABDA. Hari ini, saya bisa bertemu langsung dengan pendirinya dan mendapatkan banyak hal lagi melalui media yang sudah dimulai oleh YLSA. Saya menyampaikan terima kasih banyak karena melalui pertemuan ini saya diberkati. Kiranya Tuhan memberkati pelayanan SABDA agar menjadi berkat bagi Indonesia dan dunia. Tuhan memberkati. (Gloria Nabuk)

Marthin

Saya mahasiswa STT Pontianak, Martin Roni. Saya mengikuti kegiatan YLSA yang memberikan banyak hal. Yang kami bahas adalah produk Software SABDA. Banyak hal yang kami pelajari. Pertama, di dalamnya ada tafsiran, kamus, peta, buku, dan masih banyak lagi yang mempermudah kami sebagai mahasiswa teologi untuk belajar firman Tuhan. Saya terberkati dan punya wawasan baru. Bagi saya, ini adalah hal yang inovatif bagi mahasiswa teologi agar kami dapat menjadi mahasiswa yang unggul dan berintegritas ke depannya. Terima kasih. (Martin Roni)

Laporan Keuangan YLSA: 
Laporan Keuangan YLSA Bulan April 2017

Total Sumbangan April 2017: Rp60.186.072,00

Total Pengeluaran April 2017: Rp72.933.747,00

Puji Tuhan, para Sahabat dan Pendukung YLSA telah dipakai Tuhan untuk menjadi saluran berkat sehingga kebutuhan dana YLSA dapat dipenuhi. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan dan memuliakan nama-Nya.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

a.n. Yulia Oeniyati/ Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo

No. Rekening: 0790266579

atau

Yayasan Lembaga SABDA/ Bank Panin Solo

No. Rekening: 3005063355

 By admin - Posted on 29 May 2017

Komentar