Berita YLSA April-- Mei 2018

Editorial

Salam sejahtera,

Kami bersyukur atas banyaknya kesempatan pelayanan yang Tuhan bukakan untuk dikerjakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Hal-hal baru dan teknologi baru terus Tuhan tambahkan untuk memperkaya pelayanan yang sudah ada. Walaupun terkadang kami mengeluh karena pelayanan YLSA saat ini juga sudah cukup banyak, sekarang pelayanan kami pun masih ditambah lagi. Meski demikian, di satu sisi, kami juga mengakui bahwa masih banyak jiwa yang belum mengenal Tuhan dan masih banyak pelayan Tuhan yang harus diperlengkapi untuk melayani jiwa-jiwa baru tersebut. Untuk itu, kami hanya bisa berseru agar Tuhan memberi kami kekuatan dan kepandaian sehingga setiap kesempatan yang diberikan oleh Tuhan tidak kami buang.

Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk setiap dukungan doa dari para Sahabat dan Pendukung YLSA yang berdoa agar Tuhan mengirim lebih banyak pekerja untuk mengerjakan setiap beban yang sudah Tuhan taruh dalam pundak kita bersama. Demikian juga, kami bersyukur untuk setiap persembahan dana yang dikirimkan sehingga mencukupi semua keperluan pelayanan. Tuhan sungguh sangat baik. Terpujilah Dia sekarang dan selama-lamanya.

Yulia

Yulia Oeniyati
Pemimpin YLSA
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

1. Perkembangan Proyek AYT pada April -- Mei 2018

AYT Komik

Kami bersyukur kepada Tuhan Yesus karena sampai saat ini, sebanyak delapan belas kitab PL versi Alkitab Yang Terbuka (AYT) sudah kami perbarui di Alkitab Mobile SABDA dan situs Alkitab SABDA. Saat ini, tim ITS sedang memproses segala sesuatu yang diperlukan agar dapat memperbarui teks AYT di aplikasi-aplikasi lain. Selain proses penyuntingan teks, proyek derivatif AYT berupa komik Alkitab pun mulai berjalan. Meskipun kami masih kekurangan SDM untuk mengerjakan semua proyek ini, tetapi kami sungguh merasakan Tuhan yang menggerakkan hati kami agar setia mengerjakan proyek ini sebaik mungkin. Mohon dukungan doa dari para Sahabat SABDA. Kiranya Tuhan menolong sehingga proyek ini bisa selesai dan menjadi berkat bagi masyarakat luas.

2. YLSA Memulai Proyek "BAKAT"

AYT

Pada Mei 2018, dengan hati yang penuh doa, YLSA merintis sebuah proyek baru yang kami namakan BAKAT. Proyek ini tidak muncul tiba-tiba, sebab sudah menjadi beban kami sejak 2017, berbarengan dengan beberapa proyek penerjemahan Alkitab dalam bahasa suku di Indonesia dengan menggunakan Alkitab Yang Terbuka (AYT) sebagai acuan penerjemahannya. Pada dasarnya, BAKAT (BAhasa/BAhan KATalog) adalah aplikasi yang dapat mengidentifikasi Alkitab/bahan kekristenan dalam bahasa-bahasa suku di Indonesia. Bahan-bahan tersebut bukan hanya teks Alkitab, tetapi ada pula audio Alkitab, cerita Yesus, film Yesus, dll.. Aplikasi ini juga menyediakan informasi tentang bahasa suku tersebut, seperti dialeknya, lokasinya di Indonesia, jumlah populasinya, nama lain bahasanya, dsb.. Dengan satu aplikasi, kita dapat berbagi bahan yang kita perlukan untuk menghubungkan seseorang kepada Injil, kapan pun dan di mana pun. Bahasa ibu adalah bahasa hati. Harapan dan doa kami, ketika seseorang mendengar firman Tuhan atau bahan-bahan lain dalam bahasa ibu mereka, hatinya akan terbuka mendengar kebenaran yang mereka terima itu. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian agar proyek ini dapat berjalan dengan baik dan diperkenan oleh Tuhan.

3. Persiapan Raker Mini YLSA 2018

Raker Mini Juni 2017

>Pada Mei 2018 ini, seluruh tim pelayanan di YLSA mulai mempersiapkan diri untuk mengadakan rapat kerja tengah tahun 2018, yang biasa kami sebut raker mini. Rencananya, raker mini ini akan dilaksanakan pada akhir Juni 2018. Mohon dukungan doanya agar Tuhan memberikan kemampuan kepada masing-masing anggota tim untuk menyelesaikan laporan/evaluasi semester I/2018 ini dan menyempurnakan rencana strategi program kerja semester II/2018. Kami merasa waktu berjalan dengan sangat cepat, dan kami harus mengejar apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Kristen supaya tidak ada satu kesempatan pun yang terhilang dan terbuang.

4. Gerakan Literatur Menjangkau Jiwa dari Tim Penjangkauan YLSA

Kemajuan era digital mempermudah kita meluaskan jangkauan pelayanan kepada jiwa-jiwa yang terhilang. Melalui dunia literatur, Tim Penjangkauan memfasilitasi orang-orang percaya untuk terlibat dalam pelayanan penjangkauan dan untuk menolong orang-orang yang belum percaya mendapatkan bahan-bahan yang bermutu dan alkitabiah. Kami sudah memulainya, dan Anda pun bisa terlibat bersama kami untuk menulis bahan-bahan kekristenan yang bermutu dan alkitabiah di beberapa jalur yang telah ada: komunitas blogger Kristen SABDA Space, situs e-Artikel, dan berbagai jalur blog di semua situs Tim Penjangkauan (e-Wanita, e-Penulis, Bio-Kristi, KISAH, e-Humor, e-Leadership, e-Konsel). Tulisan kita akan menjadi sarana bagi pembaca untuk mengenal kasih Tuhan dan membawa mereka lebih dekat kepada Tuhan. Siapkah Anda? Kami menantikan Anda melayani bersama kami dalam gerakan literatur untuk menjangkau jiwa. Silakan kirimkan tulisan Anda ke penulis@sabda.org.

Mengenal YLSA

Doa Semalam Ceria di YLSA

Semalam Ceria

Pada Jumat, 27 April 2018, seluruh staf YLSA melaksanakan program yang sudah direncanakan oleh Tim Pembinaan yang bekerja sama dengan HRD, yaitu Doa Semalam Ceria. Pada prinsipnya, melalui kegiatan ini, kami mengkhususkan diri dan memberikan waktu tidur kami untuk berdoa kepada Tuhan. Kesadaran bahwa kami tidak dapat melakukan semua tugas pelayanan ini dengan kekuatan kami sendiri menjadi dorongan terbesar untuk melakukan kegiatan ini. Inilah waktu untuk kami berhenti sejenak dari kegiatan rutin kami, dan berdoa kepada Tuhan untuk memohon pimpinan-Nya. Oleh karena itu, sejak pukul 20.00 hingga 04.30, kami berdoa bersama. Di YLSA sendiri, kegiatan doa semalam ceria ini sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali sejak tahun 2012. Kegiatan persekutuan doa rutin juga kami adakan setiap Senin pagi untuk mendoakan berbagai pokok doa, baik dari staf maupun pemimpin, baik berdoa untuk urusan kantor maupun untuk mitra-mitra dan Indonesia secara umum.

Rekaman dalam bentuk tulisan mengenai kegiatan Doa Semalam Ceria ini dapat Anda simak di Blog SABDA:

  1. Semalam Ceria di YLSA [2012]
  2. Doa Semalam Ceria YLSA [2013]
  3. Doa Semalam Ceria di SABDA -- Apart From Me, You Can Do Nothing! [2018]>

Berikut ini adalah cuplikan tulisan Romauli Marpaung yang baru pertama kali mengikuti kegiatan ini pada 27 April 2018 lalu.

Roma

Pada Jumat, 27 April 2018, untuk pertama kalinya, saya mengikuti Doa Semalam Ceria. Bukan hanya saya, melainkan juga seluruh staf YLSA dan pemimpin YLSA mengikuti kegiatan ini. Kegiatan tersebut dilakukan agar kami meletakkan segala mimpi, harapan, dan pekerjaan di atas doa. Doa adalah kebutuhan bagi setiap orang percaya. Tanpa doa, hidup kita ini akan terasa seperti zombie yang kelihatannya hidup, tetapi sebenarnya mati.

Doa semalam ceria tersebut dibagi menjadi tiga sesi. Dalam sesi pertama, kegiatan ini dimulai dengan ramah tamah. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dan doa pembukaan oleh HRD. Kemudian, ada puji-pujian yang dipandu oleh MC (Aji) dan sharing dari staf. Sharing ini juga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bernyanyi, kesaksian pribadi, dan berbagi quote .... Kemudian, ada pemutaran video tentang Doa dari David Platt dengan durasi sekitar 60 menit. Setelah itu, kami berdiskusi bersama mengenai video yang diputar. Dalam diskusi, kami mendapatkan sesuatu yang baru mengenai doa. Tuhan berkuasa atas setiap doa yang kita naikkan kepada-Nya. "Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu" (Markus 11:24) ....

Semalam Ceria

Lima belas menit terasa begitu cepat dan jam juga terus berputar .... Setelah itu, kami dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk menaikkan setiap pokok doa yang telah dipresentasikan oleh Hadi, Pioneer, Yudo, dan Evie. Secara khusus, pokok doa dalam sesi kedua ini adalah seputar proyek Alkitab di SABDA. Kami berdoa untuk setiap pokok doa yang disampaikan. Kemudian, Okti membagikan renungan dari sebuah artikel yang berhubungan dengan doa. Saya pribadi sangat diberkati lewat renungan tersebut. Renungan itu mengatakan bahwa semestinya hubungan yang kita jalin dengan Tuhan melalui doa merupakan doa yang rasional (realistis), bukan doa yang emosional. Setelah kami mendengar renungan, kami juga mendengar beberapa kesaksian lagi dari beberapa staf .... Beberapa kesaksian memberkati saya, baik itu berupa nyanyian, quote, maupun kesaksian pribadi dari staf YLSA. Saya merasa bahwa rencana dan jawaban Tuhan kadang tidak bisa dimengerti. Namun, dalam hidup setiap orang, Tuhan sering memberikan sesuatu yang menarik dan istimewa bagi tiap-tiap orang. Saya sadar bahwa Tuhan itu sangat teratur sehingga Ia ingin supaya kita, sebagai manusia, juga teratur dalam menjalani hidup ini.

.... Dan, doa semalam ceria memberi saya banyak hal baru yang harus saya lakukan untuk kemajuan saya ke depannya. Semua ini tidak akan bisa saya lakukan tanpa meletakkan harapan di atas doa. Ya, berdoa dan berusaha. Itu yang saya dapatkan sejak pkl. 20.00 -- 04.30 keesokan harinya dalam acara doa semalam ceria di SABDA. "Tetaplah berdoa." (1 Tesalonika 5:17)

Suara Sahabat YLSA

Ide Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Menggunakan Bahan Infografis Alkitab

Pdt. Yeruza

Shalom, beberapa bulan ini, saya sangat mengagumi karya-karya media yang diperkenalkan oleh SABDA karena bisa menjadi media yang sangat membantu anak autis dan ADHD memahami Alkitab. Malam ini, saya baru tahu kalau bahan infografis Alkitab dari The Bible Project (TBP) juga ada di SABDA. Informasi ini saya dapatkan dari publikasi PA21 yang dikirim ke email saya. Saya mohon izin untuk mencetak infografis ini dalam format A3 karena akan saya gunakan sebagai media belajar untuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) ketika mengajar tentang PA "inklusif", katekisasi, dan ibadah inklusif. Mereka akan memegang Alkitab dan infografisnya sebagai media untuk membantu mereka. Anak autis dan ADHD itu kemampuan membaca grafisnya luar biasa dibandingkan tulisan. Malam ini, saya mendapatkan inspirasi. Saya akan membagikan informasi ini kepada teman-teman yang lain dan akan memberikan linknya.

Apakah ada infografis lengkap dari Kejadian -- Wahyu? Saya juga ingin mengembangkan word card for special need menjadi flash card untuk cerita bagi ABK, khususnya anak-anak yang nonverbal. Kiranya SABDA semakin menjadi saluran berkat, ya. Jika DVD untuk seluruh proyek TBP ini sudah selesai, saya akan menyarankan agar bahan tersebut menjadi media belajar memahami Alkitab bagi anak ADHD dan autisme, seperti SD Card SABDA yang dapat dipakai oleh anak-anak tunanetra untuk belajar Alkitab. Tuhan Yesus memberkati!" (Pdt. Yeruza, Jakarta)

Blog SABDA

April -- Mei 2018

Berikut blog-blog pelayanan, peristiwa, dan informasi dari balik layar Yayasan Lembaga SABDA yang ditulis pada April -- Mei 2018.

  1. #Ayo_PA! di Kelompok Persekutuan di Karanganyar (1)
  2. Doa Semalam Ceria di SABDA — Apart from Me You Can Do Nothing!
  3. Roadshow SABDA di GKI Ngupasan, Yogyakarta
Laporan Keuangan

Laporan Keuangan YLSA April 2018
Saldo Maret 2018 : Rp26.518.128,00
Total Sumbangan April 2018 : Rp59.884.602,00
Total Pengeluaran April 2018 : Rp61.794.770,00
Saldo April 2018 : Rp24.607.960,00

Rincian Laporan Keuangan April 2018

Puji Tuhan, para Sahabat dan Pendukung YLSA telah dipakai Tuhan untuk menjadi saluran berkat sehingga kebutuhan dana YLSA dapat dipenuhi. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan dan memuliakan nama-Nya.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments