Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs YLSA.org

Loading

Kamu ada diBerita YLSA / Berita YLSA Tahun 2016 / Berita YLSA - Mei-Juni 2016

Berita YLSA - Mei-Juni 2016


Daftar Berita: 


[Dari YLSA!]
[Blog YLSA!] : 1. (Akhirnya) SABDA 5 ....
  : 2. Seminar: Be A Better Parent: Be a Better Dad and Be The Best Mom You Can Be
  : 3. Bukan Rencana-ku, Bukan Rencana-mu, tetapi Rencana Tuhan
  : 4. Melihat Kehidupan di Balik Kematian Kristus
  : 5. Satu Tahun yang Ajaib di YLSA
  : 6. #Ayo_PA! dalam Persekutuan Komisi Pemuda GKAI Betlehem Karanganyar
  : 6. Ulang Tahun Pertama di YLSA
[Berita dan Doa YLSA!] : 1. Software SABDA 5.1 (Beta) Sudah Dapat Diunduh Melalui Situs SABDA.Net
  : 2. Tim Penjangkauan Akan Melangsungkan Diskusi tentang "Martin Luther" di Facebook Group Bio-Kristi
  : 3. YLSA Melangsungkan PA Online di Komunitas #Ayo_PA!
  : 4. Alumni PESTA Melakukan PA Bersama Melalui WhatsApp
  : 5. Respons Pelanggan Publikasi 40 Hari Berdoa bagi Bangsa-Bangsa
[Mengenal YLSA!] : (Akhirnya) SABDA 5 ....
[Surat Sahabat YLSA!] : Respons Pembaca Alkitab Yang Terbuka (AYT)
[Laporan Keuangan YLSA!] : Laporan Keuangan YLSA Bulan Mei 2016

Editorial: 
Berita YLSA 118/Mei-Juni 2016

Salam sejahtera dalam Tuhan Yesus Kristus,

Senang sekali bisa bertemu lagi dengan para Sahabat dan Pendukung YLSA di Berita YLSA edisi Mei -- Juni 2016. Beberapa kegiatan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) akan memenuhi berita bulan ini. Untuk itu, kami sungguh mengharapkan dukungan doa para Sahabat dan Pendukung YLSA karena tanpa campur tangan Tuhan, kami tidak bisa berbuat hal yang berkenan kepada Tuhan. Terkhusus, kami ingin didoakan agar Tuhan mengirim anak-anak-Nya untuk melayani menjadi staf YLSA karena ada banyak sekali pekerjaan yang Tuhan percayakan di SABDA yang belum dapat kami selesaikan karena kurangnya SDM.

Doakan juga untuk rencana "Raker Mini" atau rapat kerja semesteran YLSA yang akan kami lakukan pada tanggal 23 -- 24 Juni 2016. Kiranya melalui raker ini, Tuhan menolong dan menuntun langkah-langkah kami selanjutnya. Terpujilah Dia yang memiliki ladang yang siap dituai. Amin!

Berita dan Doa YLSA: 

  1. Software SABDA 5.1 (Beta) Sudah Dapat Diunduh Melalui Situs SABDA.Net


    image: SABDA 5

    Puji Tuhan! Saat ini, Sahabat dan Pendukung SABDA sudah bisa mendapatkan starterpack Software SABDA 5.1 (Beta) di situs SABDA.Net. Karena masih versi Beta, Software SABDA 5.1 tidak akan otomatis memperbarui Software SABDA 4 yang mungkin sudah Anda instal sebelumnya dalam PC Anda. Bersamaan dengan diluncurkannya Software SABDA 5, YLSA juga meluncurkan modul-modul baru dan memperbarui beberapa modul lama, di antaranya: Alkitab Yang Terbuka (2016), Terjemahan Sederhana Indonesia (2013), Renungan Oswald Chambers, Tafsiran Matthew Henry, serta beberapa Alkitab dalam bahasa suku. Anda dapat menjadi beta-tester dan mencoba program SABDA 5 ini sebelum dirilis secara resmi. Kirimkan masukan dan laporan bug Anda ke sabdanet@sabda.org. Doakan agar SABDA 5 segera dapat dirilis dan digunakan oleh seluruh masyarakat Kristen Indonesia. Dapatkan informasi lengkap mengenai Software SABDA 5 dalam kolom Mengenal YLSA.

  2. Tim Penjangkauan Akan Melangsungkan Diskusi tentang "Martin Luther" di Facebook Group Bio-Kristi


    image: Diskusi Marthin Luther

    Setelah sukses dengan diskusi seputar tokoh "Dietrich Bonhoeffer" pada bulan Maret lalu, tim Penjangkauan kembali membuka diskusi tentang tokoh Kristen pada tanggal 20 Juni mendatang, dengan topik Martin Luther. Martin Luther adalah seorang tokoh Kristen yang 500 tahun yang lalu memakukan 95 dalilnya di pintu gereja Wittenberg untuk menentang praktik penjualan kartu Indulgensia dari gereja. Dukunglah dalam doa agar para peserta dan moderator diskusi bisa mempersiapkan diri dengan baik. Target peserta 20 orang, dan saat ini sudah ada 17 peserta yang mendaftar. Anda berminat? Anda pun boleh bergabung bersama kami.

  3. YLSA Melangsungkan PA Online di Komunitas #Ayo_PA!


    image: PA di FB Ayo PA

    Mulai bulan Juni 2016, Yayasan Lembaga SABDA melakukan PA kelompok dari kitab 1 Timotius. Selain diadakan secara offline untuk staf YLSA, kegiatan PA ini juga diadakan secara online melalui komunitas #ayo_PA!, yaitu melalui Facebook dan Twitter. Setiap hari, Admin Facebook Ayo PA mengumumkan perikop yang dipelajari hari itu, dan setiap anggota diharapkan melakukan proses S.A.B.D.A. (Simak, Analisa, Belajar, Doa/Diskusi, dan Aplikasi), baik secara pribadi maupun kelompok. Setelah selesai, masing-masing anggota dapat membagikan hasil berkat PA hari itu di Facebook Ayo PA atau Twitter @_ayo_pa. PA online ini juga bisa diikuti melalui Facebook Page YLSA dan Facebook Profil YLSA. Kami bersyukur karena kegiatan PA ini berjalan dengan baik. Dari setiap sharing di Facebook dan Twitter, dapat terlihat bahwa semuanya mendapat berkat yang luar biasa dari firman Tuhan. Doakan agar peserta juga memberikan komitmen untuk mengaplikasikan firman Tuhan itu dalam hidup sehari-hari. Kami mengajak Sahabat dan Pendukung YLSA untuk melakukan PA pula bersama kami dalam komunitas #ayo_PA!

  4. Alumni PESTA Melakukan PA Bersama Melalui WhatsApp

    image: PA di WA

    "Gadgetku untuk pertumbuhan rohaniku dan teman-temanku." Itulah motto yang diserukan YLSA melalui gerakan #ayo_PA! Kurang lebih selama tiga bulan terakhir, divisi PESTA juga membuat komunitas PA melalui WhatsApp. Dalam komunitas ini, diberikan jadwal membaca Alkitab sehari 5 pasal. Puji Tuhan, pada bulan ketiga, mereka telah sampai di kitab 2 Raja-Raja. Selain membaca perikop yang sudah dijadwalkan, mereka juga membagikan apa yang dipelajari. Terkhusus, jika ada ayat-ayat sukar, peserta akan ramai mendiskusikannya bersama-sama. Puji Tuhan, gadget yang ada di tangan kita dapat menjadi alat untuk belajar firman Tuhan, dan hasilnya setiap alumni merasakan pertumbuhan rohani lewat komunitas WA ini. Hal yang mereka temukan, ber-PA dengan menggunakan gadget adalah sangat menyenangkan. Media chatting tidak sebatas untuk berkomunikasi karena melalui media chatting kita bisa didorong untuk terus mengenal Tuhan dan firman-Nya. Sebagai bonus, ikatan kasih persaudaraan di antara alumni PESTA pun makin kuat.

  5. Respons Pelanggan Publikasi 40 Hari Berdoa bagi Bangsa-Bangsa

    Tim Pembinaan YLSA bersyukur karena 2 minggu sebelum Ramadan kami sudah terlibat dalam mempersiapkan, memublikasikan, dan mendoakan pokok-pokok doa yang terangkum dalam publikasi 40 Hari Berdoa bagi Bangsa-Bangsa. Tidak hanya kami dan pelanggan publikasi e-Doa yang terlibat dalam gerakan doa ini, teman-teman SABDA yang bergabung di komunitas telegram maupun jejaring sosial e-Doa pun juga turut ambil bagian di dalamnya. Kami juga menerima beberapa respons yang sangat baik dari pelanggan publikasi ini. Banyak pertanyaan dan juga komitmen yang diberikan untuk terus berdoa bagi suku-suku bangsa yang belum pernah mendengar Injil. Puji Tuhan, kiranya publikasi 40 hari doa ini dapat menjangkau lebih banyak lagi pendoa dan jiwa-jiwa bagi Kristus.

Mengenal YLSA: 
(Akhirnya) SABDA 5 ....

Pada 21 November 2015, saat kami mempersiapkan raker tahun 2015, kami mendengar kabar bahwa OLB (OnLine Bible) versi 5 sudah keluar! Hanya 2 hari setelah Drupal 8 keluar! Segera terbayang di mata saya bahwa tahun 2016 akan menjadi tahun yang sibuk. Sibuk sekali! Puji Tuhan, kesibukan itu membuahkan hasilnya pada akhir bulan Mei lalu, kami bisa merilis SABDA 5.1 Beta, berkat anugerah Tuhan Yesus.

SABDA 5.1 Beta Starterpack (92.4 MB) (1 Juni 2016)

image: SABDA 5

Bagi yang belum mengenal Software SABDA, berikut saya ceritakan sedikit latar belakang dan sejarahnya. SABDA adalah program Alkitab OnLine Bible (OLB) versi Indonesia. Awal pertama SABDA lahir (SABDA 'versi 1') adalah tahun 1993/4. Saat itu belum banyak orang yang memiliki dan memakai komputer, apalagi memikirkan untuk memakai program Alkitab. Software SABDA versi 1 hanya berupa 3 versi Alkitab digital dalam bahasa Indonesia yang disebarkan bersama dengan OnLine Bible Eropa (bahasa Inggris). Selama 5 tahun berikutnya, yaitu tahun 1999, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) berhasil mengembangkannya dalam versi bahasa Indonesia, baik dalam antarmukanya maupun sebagian besar isinya. YLSA memberi nama OLB versi bahasa Indonesia ini "SABDA" (Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat) dan SABDA versi 2 didistribusikan dalam CD (teknologi baru saat itu). Tahun-tahun berikutnya, YLSA terus mengembangkan SABDA menjadi SABDA versi 3 yang diluncurkan pada tahun 2004, dan SABDA versi 4 pada tahun 2010. SABDA 4 sudah tidak lagi disebarkan dalam CD, melainkan dengan teknologi penyimpanan baru, yaitu USB, DVD, dan SD Card. Pada tahun 2016, akhirnya SABDA versi 5 hadir di tengah-tengah kita.

Sebenarnya, sejak 2013, atau SABDA versi 4.30, kami tidak lagi sempat memperbarui program SABDA walaupun OLB masih terus mengembangkannya hingga versi 4.42. YLSA tidak mengembangkan lagi karena tidak ada staf yang memiliki kemampuan untuk melanjutkan pengembangan core Software SABDA. Jadi, yang dilakukan hanya menambah modul-modulnya saja.

Nah, menjelang raker atau memasuki tahun 2016, menjadi semakin jelas bahwa sayalah yang ditunjuk mewarisi proyek. Rencana pun disusun bersama dengan programmer ITS lain. Saya yang selama ini hanya sebatas pengguna Software SABDA kini dipercaya untuk mengembangkan SABDA versi berikutnya. Dengan berbekal dokumentasi dari para master sebelum saya, saya mulai menerjemahkan antarmukanya, yang menurut pengetahuan saya akan memakan waktu paling banyak. Benar saja, pertengahan Maret, antarmuka bahasa Indonesianya baru siap digunakan. Kemudian, saya mulai mendalami cara mengompilasi core, memperbarui halaman bantuan, serta meneliti apa saja fitur yang baru, dan akhirnya perlahan-lahan mulai menguasai cara memperbarui software dan modul SABDA.

Apa yang Baru di SABDA 5.1?

Perkembangan utama SABDA versi 5 adalah adanya SABDA Lite untuk peranti mobile, terutama bagi pengguna Windows Phone. Software SABDA sebenarnya sejak dahulu sudah mendukung Pocket PC, tetapi karena Pocket PC tidak berkembang, SABDA pun bergerak ke arah Android. Baru pada versi 4.40, OLB mendukung tablet Windows Intel. Kemudian, pada versi 5.00, OLB akhirnya menghentikan dukungan terhadap Pocket PC. Mungkin itulah satu-satunya perubahan yang signifikan terhadap para pengguna SABDA.

Bersamaan dengan peluncuran SABDA 5, kami pun tidak mau kehilangan momentum untuk membuat modul-modul baru atau memperbarui modul-modul yang sudah ada. Modul baru yang ditambahkan dalam Software SABDA 5.1 Beta ini, di antaranya adalah:

  1. i_AYT -- 2016 Alkitab Yang Terbuka:

    image: Logo AYT

    Alkitab dengan terjemahan modern yang mengusung prinsip: Setia - Jelas - Relevan. Alkitab ini disebut "terbuka" karena menyajikan suatu kondisi ketika orang-orang yang memiliki Alkitab ini akan selalu membukanya untuk dibaca dan dipelajari dengan lebih mudah. Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dilengkapi dengan catatan kaki (PB).

  2. i_TSI -- 2013 Alkitab Terjemahan Sederhana Indonesia:

    Alkitab Perjanjian Baru yang menggunakan terjemahan bahasa Indonesia sederhana yang cocok digunakan untuk penutur bahasa Indonesia di Indonesia bagian Timur.

  3. id_Matthew_Henry_Cat -- Tafsiran Alkitab Matthew Henry:

    Tafsiran Alkitab oleh Matthew Henry dalam bahasa Indonesia. Saat ini, tersedia empat kitab Injil dan Kisah Para Rasul, Kejadian, Mazmur, dan Amsal.

  4. id_Renungan_Oswald_Chambers:

    image: Logo AYT

    Renungan "My Utmost for His Highest" oleh Oswald Chambers yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Sebanyak 366 renungan Kristosentris terbit pertama kali pada tahun 1935 dan sangat disukai oleh banyak orang Kristen di seluruh dunia dan masuk menjadi sepuluh besar buku Kristen terlaris.

Saya bersyukur dapat mengambil bagian dalam pengembangan Software SABDA 5 ini. Doakan supaya SABDA 5 menjadi alat yang dapat digunakan untuk mempelajari firman Tuhan dengan lebih dalam lagi, dan menjadi sarana memperluas penyebaran firman-Nya, sama seperti kehendak Allah yang ditulis dalam surat Paulus kepada Timotius, "... (Kristus) menghendaki semua orang diselamatkan dan dapat mengerti pengetahuan akan kebenaran." (1 Timotius 2:4, AYT)

Surat untuk YLSA: 
Respons Pembaca Alkitab Yang Terbuka (AYT)

Berikut ini adalah respons dari pembaca AYT yang kami terima melalui berbagai sumber. Sahabat dan Pendukung YLSA juga bisa mengakses teks AYT dalam Situs Alkitab Mobi, Situs Alkitab SABDA, dan Aplikasi Alkitab Yang Terbuka.

image: Endah

Natalia Endah: Beberapa kali memakai Alkitab Yang Terbuka sungguh menolong untuk memudahkan pemahaman. Pagi ini, saya membahas Mazmur 73 .... Versi AYT lebih mudah dimengerti.

image: Dheka

Arsita Dheka Prakoso: AYT memiliki visi untuk mendorong setiap orang semakin mencintai Alkitab dengan membacanya, menyelidikinya serta membagikan kebenaran yang sudah diperoleh dari firman Tuhan.

image: Doni

Doni Kukuh: Lebih mudah dimengerti maknanya ....

Laporan Keuangan YLSA: 
Mei 2016

Total Sumbangan Mei 2016: Rp 43.660.633,-

Total Pengeluaran Mei 2016: Rp 47.184.179,-

Puji Tuhan, para Sahabat YLSA telah menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menyalurkan dana yang YLSA butuhkan. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan. Berkat Tuhan menyertai kita semua.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

a.n. Yulia Oeniyati/ Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo

No. Rekening: 0790266579

 By admin - Posted on 20 June 2016

Komentar