Berita YLSA September -- Oktober 2018

Editorial

Salam sejahtera,

Merayakan ulang tahun Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) adalah merayakan kebaikan dan keajaiban Tuhan. Dialah yang memimpin dan Dialah yang berkarya bagi kami. Doa kami, kiranya Tuhan terus memberi kekuatan sehingga segenap pemimpin, koordinator, dan staf SABDA dapat terus menjalankan visi dan misi yang telah Tuhan taruh dalam hati kami masing-masing.

Untuk menyambut bulan Natal, YLSA sedang mempersiapkan beberapa komik Natal yang diambil dari seri komik Alkitab Kingstone. Selain menerjemahkan teksnya ke dalam bahasa Indonesia, kami juga menyiapkan video animasi dan juga format PDF-nya. Doakan agar kiranya melalui komik Alkitab ini, masyarakat Kristen Indonesia bisa semakin menghayati Natal dan menjadikannya cara untuk memberitakan Kabar Baik kepada mereka yang belum mengenal kasih Kristus. Komik Alkitab ini sangat menarik dan merupakan hasil seni yang kreatif. Tunggu tanggal mainnya!

Bagi para Sahabat YLSA, kami sangat bersyukur kepada Tuhan atas kesetiaan Anda mendukung pelayanan YLSA hingga saat ini. Biarlah doa dan dukungan dana Anda dapat terus memberi semangat bagi kami dalam menjalankan pelayanan di YLSA. Terima kasih. Terpujilah nama Tuhan.

Yulia

In Christ,
Ketua YLSA,
Yulia Oeniyati
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

1. YLSA Merayakan Ulang Tahun ke-24

Ultah YLSA ke-24

Puji Tuhan! Pada 1 Oktober 2018, pelayanan YLSA memasuki tahun yang ke-24. Pada hari itu, pemimpin, seluruh staf YLSA, termasuk staf magang, berkumpul untuk melaksanakan ibadah doa ucapan syukur bersama. Laporan lengkap mengenai kegiatan ini dapat Anda ikuti dalam kolom Mengenal YLSA. Selain ibadah doa ucapan syukur, pada 22 Oktober 2018, YLSA juga menyelenggarakan seminar Digital Quotient (Kecerdasan Digital). YLSA juga ingin mempersembahkan beberapa pembaruan/peluncuran produk baru seperti proyek kerja sama dengan Alkitab Versi Borneo, aplikasi-aplikasi iOS dari SABDA, pembaruan teks AYT di Alkitab SABDA Android, ITL AYT/AVB, dan sebagainya. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA semuanya agar pada usia yang ke-24 tahun ini, SABDA makin dipakai Tuhan untuk mewujudkan visi-Nya dalam pelayanan digital secara global.

2. Roadshow SABDA di Solo, Depok, Karawaci, dan Bandung

#Ayo_PA! Jakarta - Bandung

Dalam bulan ulang tahun YLSA yang ke-24, tim SABDA mendapat kesempatan untuk melakukan beberapa roadshow di Solo, Depok, Karawaci, dan Bandung. Pada 4 Oktober 2014, kami menuntaskan presentasi materi Studi Alkitab pada Era Digital yang dilaksanakan di STT AIMI. Pada 6 Oktober 2018, kami mendapat undangan untuk melakukan pelatihan #Ayo_PA! di GKI Depok. Lalu, pada 7 Oktober 2018, SABDA juga menyampaikan sharing misi dan juga memberikan pelatihan #Ayo_PA! di GRII Karawaci. Pada 8 Oktober 2018, kami bersyukur bisa melanjutkan perjalanan ke Bandung untuk memberikan pelatihan kepada hamba-hamba Tuhan dan mahasiswa di STT Baptis Bandung tentang penggunaan Software SABDA. Tim SABDA yang mengikuti roadshow ini sangat merasakan sukacita dalam setiap pelayanan yang dikerjakan karena bisa melihat tangan Tuhan yang bekerja dan memimpin dalam semua kegiatan. Beberapa testimoni dapat Anda simak dalam kolom Suara Sahabat YLSA.

3. Perkembangan Proyek AYT September -- Oktober 2018

AYT Update

Pada September -- Oktober 2018, tim AYT mulai mengerjakan kembali editing Perjanjian Baru tahap Release Candidate. Pada tahap ini, kami melakukan pengecekan ulang untuk ketepatan terjemahan dan teknis penulisannya. Selain itu, teman-teman magang dari UKSW juga menolong untuk melakukan pengecekan korelasi ayat dan kata dalam AYT dengan bahasa aslinya (interlinear). Bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang selama ini membaca AYT dalam aplikasi Alkitab SABDA, kami juga sudah melakukan pembaruan AYT dalam aplikasi tersebut. Jika versi AYT dalam aplikasi Alkitab SABDA Anda masih AYT 2015, silakan memperbarui versinya dengan Alkitab Yang Terbuka (AYT). Terus doakan tim AYT yang juga masih bergumul dalam mempersiapkan bahan-bahan derivatif dan bahan-bahan seputar AYT. Kiranya Tuhan memberikan hikmat dan kebijaksanaan agar kami dapat mengatur waktu dan pekerjaan sebaik-baiknya demi kemajuan proyek AYT ini.

4. Proyek-Proyek Alkitab dari SABDA dalam Platform iOS

Saat ini, tim ITS SABDA sedang mengembangkan lebih dari sepuluh aplikasi seputar Alkitab dalam platform iOS. Aplikasi yang sudah selesai adalah aplikasi Renungan Oswald Chambers (ROC) dan yang terbaru adalah aplikasi Alkitab dari SABDA, Alkitab Yang Terbuka (AYT), Alkitab AYT Bergambar, dan Renungan e-SH/Santapan Harian. Saat ini, Sahabat dan Pendukung YLSA pengguna iOS dapat mengunduh aplikasi Alkitab iOS dari SABDA ini melalui App Store. Aplikasi ini adalah aplikasi Alkitab yang multiversi sehingga pengguna dapat melakukan studi Alkitab dengan membandingkan ayat dari versi-versi Alkitab yang sudah disediakan. Beberapa aplikasi lainnya yang sedang dikebut untuk diselesaikan adalah Alkitab Karaoke, Kidung, Doa Sedunia (OW), Komik Alkitab Bergambar, Komik Kitab Suci, Komik Yesus Hidup, Yesus -- Hidup-Nya, dan Tafsiran Matthew Henry. Kiranya Tuhan menolong tim ITS agar proyek ini dapat diselesaikan pada secepatnya sebagai persembahan ulang tahun dari SABDA untuk masyarakat Kristen Indonesia.

5. Perkembangan Proyek Komik SABDA

Komik Natal

Pada Oktober 2018, tim proyek komik SABDA berfokus untuk mempersiapkan materi-materi komik Natal. Ada empat komik dari Super Bible yang akan dipersembahkan untuk menyambut Natal 2018. Setelah menyelesaikan terjemahannya, kami akan membuat versi PDF dan juga animasi videonya. Semoga menjelang Natal nanti, semua ini sudah bisa diluncurkan dan bisa dinikmati hasilnya melalui situs Komik.app. Puji Tuhan, sejak September 2018, sistem kerja dan administrasi proyek komik SABDA bisa dibenahi sehingga diharapkan bisa memperlancar penyelesaiannya. Saat ini, komunitas untuk Komik SABDA juga sedang disiapkan agar masyarakat Kristen Indonesia dapat mendukung, menikmati, dan mengikuti perkembangan proyek komik SABDA dan komik-komik seputar Alkitab lainnya. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA.

Mengenal YLSA

Selamat Ulang Tahun SABDA!

Oleh: Evie

SABDA 24 Tahun

Pada 1 Oktober 2018, semua staf berkumpul untuk ibadah doa ucapan syukur dalam rangka ulang tahun YLSA ke-24. Acara ibadah ini merupakan awal dari rangkaian acara yang dipersiapkan untuk merayakan ulang tahun YLSA sepanjang Oktober 2018. Untuk itu, setiap staf diminta untuk membagikan tentang arti SABDA menurut mereka dan ucapan syukur kepada Tuhan dalam kesaksian doa. Saya sudah membayangkan bahwa suasana akan penuh dengan sukacita bercampur haru karena masing-masing staf akan menyaksikan kebaikan Tuhan dalam pelayanan di YLSA. Jika berbicara tentang kebaikan Tuhan di YLSA, tidak mungkin tidak, kami akan merasakan kasih-Nya yang besar sehingga rasa haru, bahkan air mata, tidak dapat disembunyikan lagi. Namun, satu hal yang pasti, hati penuh sukacita.

Pada hari H, acara dibuka dengan doa dan pujian riang gembira yang menceritakan tentang kebaikan Tuhan ketika membawa umat Israel keluar dari tanah perbudakan. Saya memilih lagu "Tabuh Gendang" dari Kidung Jemaat No. 292 karena lagu ini selalu membangkitkan ucapan syukur yang tidak terhingga dalam hati saya karena sudah dilepaskan dari dosa dan bisa menjadi umat-Nya. Dan, karena itu, saya pun bisa menjadi hamba-Nya dan melayani Dia di YLSA hingga saat ini. Teman-teman yang lain juga membagikan ucapan syukur mereka melalui kesaksian dan pujian. Berikut ini beberapa sharing dari teman-teman staf SABDA, kiranya dapat menjadi berkat bagi Pembaca semuanya.

Mei Margowati

SABDA bukan hanya tempat untuk bekerja, tetapi tempat untuk beribadah; setiap pagi PA bersama, belajar skill baru, belajar hal baru bersama, dan berbagi. Di sini, saya mendapat pengetahuan baru dari training dan buku-buku yang melimpah. (Mei, Tim Pendidikan Kristen)

Yudo

SABDA adalah ladang pelayanan. Di ladang ini, kita sama-sama capek, berkeringat, menjadi bagian dari mengalami kasih Tuhan. Ketika di SABDA, saya bertemu dengan saudara seiman yang baru, belajar melayani di ladang yang panas. (Yudo, Tim Multimedia)

Rostika

SABDA adalah training center bagi orang-orang untuk bertumbuh, dibekali, dan bergabung dalam keluarga untuk menjadi berkat. (Tika, ITS)

Indah

SABDA adalah tempat bertumbuh dan mengenal pribadi Kristus. Saat masuk, saya dipaksa untuk belajar Alkitab, saling membentuk sebagai tubuh Kristus (1 Timotius 1:12). Saya yakin dan percaya [bahwa saya] dipanggil untuk melakukan pelayanan ini, sekalipun dari segi skill, [saya] masih perlu didorong untuk menjadi lebih lagi. (Indah, Tim Penjangkauan)

Ariel

SABDA adalah sekolah yang membentuk saya. Di sekolah, kita pasti menghadapi masalah. Kita dapat saling menerima pelajaran dari teman-teman, dan pelajaran itu perlu diterapkan dalam kehidupan. (Ariel, Tim Pendidikan Kristen)

Ody

SABDA adalah semacam "purgatory", tempat saya menempa skill yang masih harus terus dikembangkan, dan memiliki karakter untuk menjadi lebih baik lagi. Ketika sudah mulai bertumbuh dan iman bertambah, saya akan dibenturkan lagi supaya tambah maju lagi. Semua bukan untuk kepentingan sendiri, tetapi untuk Tuhan! (Ody, Tim ApTek)

Tessa

SABDA adalah tempat magang dan alat yang dipakai dan dipilih Tuhan untuk mewartakan firman dan menumbuhkan iman. (Thesa, Magang UKSW)

Okti

SABDA adalah media bertumbuh bagi kerohanian saya, seperti Kawah Candradimuka dalam kisah pewayangan. Gatotkaca, sebelum menjadi sakti, dibentuk terlebih dahulu. Saya dibentuk menjadi [seperti] sekarang di SABDA. Saya bukan orang dari Solo, tetapi SABDA adalah keluarga dan pendukung yang mendampingi saya. (Okti, Tim Pembinaan)

Yulia

SABDA adalah "love". Di sinilah, cinta saya bertumbuh kepada Tuhan. Saya melihat Tuhan dan kasih-Nya yang besar dan luar biasa. "His love for us" bertumbuh dari kecil menjadi besar, dari tidak bisa menjadi bisa. "Love is also a commitment" ..., komitmen terhadap pekerjaan Tuhan dalam segala keadaan. SABDA adalah kita semua. Melalui kita, Tuhan bekerja; kita, yang bukan siapa-siapa, tetapi Tuhan berkenan memberikan hak istimewa untuk melakukan tugas yang luar biasa dan memberikan dampak. Apa yang dianggap bodoh oleh manusia, ternyata Tuhan pakai untuk pekerjaan-Nya. SABDA [adalah] segalanya bagi saya, pemberian Tuhan yang sangat berharga." (Yulia, Ketua YLSA)

Setiap sharing di atas sungguh menorehkan rasa syukur dan sukacita tersendiri dalam hati kami semua, bahkan ada pula yang menitikkan air matanya. Tuhan sungguh baik!

Selain mendengarkan sharing dari teman-teman, kami juga merenungkan firman Tuhan yang diambil dari Yosua 1:5-9. Dari kisah mengenai perjalanan Yosua memimpin umat Israel memasuki tanah perjanjian ini, kami belajar untuk kuat dan lebih berani karena Tuhan akan terus memimpin kami kepada janji-Nya. Akan ada banyak tantangan pada tahun-tahun ke depan, tetapi kami harus lebih berani lagi untuk melakukan tugas-tugas yang Tuhan percayakan kepada kami ke depan. Kami juga belajar untuk selalu menjalani pelayanan ini dengan bertindak sesuai hukum Tuhan dan taat melakukannya sesuai dengan firman-Nya. Yosua 1:5-9 mengingatkan kami mengenai calling (panggilan), capacity (kapasitas), character (keberanian), serta companion (komunitas orang percaya). Semua itu menjadi dasar yang menguatkan kami melewati tahun ke-24 dengan penuh iman dan pengharapan dalam Tuhan.

Roti Ultah

Keesokan harinya, kami semua juga mendapat kejutan dengan kiriman roti tar yang sangat cantik dan enak dari salah seorang Sahabat SABDA, yaitu Stefani. Awalnya, kami enggan memotong kuenya karena sangat cantik, tetapi ya pasti akan lebih enak kalau dimakan. Terima kasih ya, Stefani, atas tanda kasihnya kepada keluarga besar YLSA di Solo. Tuhan memberkati.

Ibadah ucapan syukur ini adalah pembukaan dari rangkaian kegiatan peringatan ulang tahun ke-24 YLSA. Pada 7 Oktober 2018, YLSA juga menyampaikan sharing misi di GRII Karawaci mengenai pelayanan YLSA dan mendorong jemaat untuk memakai IT bagi Tuhan. Pada momen ulang tahun ini, YLSA juga rindu mendorong tubuh Kristus untuk makin serius menggarap ladang misi pada era digital ini dengan menjangkau generasi digital melalui program-program pelayanan digital dalam gereja. Beberapa pembaruan/produk baru juga sedang dikebut untuk diselesaikan, seperti beberapa proyek kerja sama YLSA dengan Alkitab Versi Borneo (AVB), aplikasi-aplikasi iOS dari SABDA, pembaruan teks AYT di Alkitab SABDA Android, ITL AYT/AVB, dan sebagainya. Lalu, pada 22 Oktober 2018, YLSA juga menyelenggarakan seminar Digital Quotient (Kecerdasan Digital) di Griya SABDA. Semua rangkaian peringatan ulang tahun ini bukan untuk menambah kesibukan, melainkan untuk menyatakan ucapan syukur kami kepada Tuhan dan kerinduan kami untuk membagikan berkat Tuhan melalui pelayanan digital yang telah dipercayakan Tuhan kepada YLSA selama 24 tahun ini. Kiranya semua yang kami kerjakan dapat menjadi berkat bagi Sahabat dan Pendukung YLSA semuanya. Selamat ulang tahun, YLSA! Kemuliaan hanya bagi Tuhan Yesus Kristus yang Mahabaik!

Suara Sahabat YLSA

Kesaksian Peserta Roadshow SABDA di Depok, Karawaci, dan Bandung

Berikut ini beberapa kesaksian dari mereka yang telah mendengarkan sharing misi di GRII Karawaci dan pelatihan #Ayo_PA! di GKI Depok, GRII Karawaci, dan STT Baptis Bandung. Kiranya menjadi berkat!

"Terima kasih untuk email presentasi (pelatihan #Ayo_PA!) yang Ibu kirimkan. Saya sudah membuat beberapa presentasi untuk jemaat gereja dan responsnya sungguh sangat baik. Hari Kamis ini, saya ada tugas presentasi di hadapan majelis gereja dalam rapat pleno yang diadakan. Saya berharap semakin banyak orang menggunakan software ini agar menjadi berkat bagi dirinya dan orang lain. Tuhan memberkati pelayanan Ibu dan SABDA." (Agung Budi C. -- Pelatihan #Ayo_PA! GKI Depok)

"Salam hangat dari Jerman. Kemarin ini (7 Oktober 2018), saya menonton Live Streaming GRII Karawaci dan ada sebuah sharing oleh Ibu Yulia dari SABDA yang sangat bagus sekali, very informative, sehingga membuka wawasan saya. Saya ingin menyarankan alangkah baiknya kalau presentasi tersebut juga di-upload di YouTube sehingga lebih banyak lagi orang yang boleh terberkati dengan mendapatkan informasi tersebut. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati." (Shirley -- via Live Streaming GRII Karawaci)

"Kemarin, saya belajar mengenai PA Digital .... Saat ini, saya mau praktik PA-nya .... Biasanya, saya hanya merenungkan dan menafsirkan sendiri, atau liat tafsiran. Sekarang, saya mau belajar lebih terarah dan bisa lebih mengerti dengan benar." (Ibu Lulu -- Pelatihan #Ayo_PA! GRII Karawaci)

"Saya seperti dapat mimpi .... Saya sangat bersukacita dengan apa yang saya dapat semalam melalui pemaparan tim SABDA. Saya bersukacita karena menemukan tools yang pas untuk menumbuhkan rasa cinta akan firman Tuhan di kalangan anak dan orang dewasa. Terima kasih sekali lagi untuk apa yang sudah dirintis, dilakukan, dan ditekuni melalui SABDA. Tuhan memberkati dengan berlimpah!" Jenny -- Pelatihan Software SABDA, Bandung

Laporan Keuangan

Laporan Keuangan YLSA September 2018
Saldo Agustus 2018 : Rp45.609.770,00
Total Sumbangan September 2018 : Rp90.765.002,00
Total Pengeluaran September 2018 : Rp71.160.136,00

Rincian Laporan Keuangan September 2018

Kami bersyukur karena Tuhan telah menggerakkan para Sahabat dan Pendukung YLSA untuk menjadi saluran berkat bagi pelayanan YLSA. Kiranya pelayanan bersama Tuhan terus-menerus memberikan semangat kepada kita untuk bisa melayani lebih baik lagi pada masa mendatang. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments