Berita YLSA September -- Oktober 2017

Daftar Berita

  [Dari YLSA!]    
  [Berita dan Doa YLSA!] : 1. Merayakan Kebaikan Tuhan Selama 23 Tahun Pelayanan YLSA
    : 2. YLSA Meresmikan AYT Center
    : 3. YLSA Meluncurkan Wajah Baru Situs YLSA.org
    : 4. YLSA Meluncurkan Aplikasi Versi iOS Perdana
    : 5. Tim ITS Menyelesaikan Enam DVD Media Alkitab
    : 6. Tim Penjangkauan Menyelenggarakan Diskusi Online Konseling
    : 7. Tim Pembinaan Menyambut 500 Tahun Reformasi
  [Mengenal YLSA!] : Alkitab Pintar -- Perjalanan 23 Tahun Pelayanan YLSA
  [Surat Sahabat YLSA!] : Testimoni dan Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk YLSA
  [Blog YLSA!] : 1. Pengalaman Magang Mengerjakan Bagian dari Proyek “Alkitab Pintar”
    : 2. Persekutuan Staf yang Istimewa
    : 3. Pengalaman Membimbing Staf Magang dari UK PETRA
  [Laporan Keuangan YLSA!] : Laporan Keuangan YLSA September 2017
Editorial

Shalom,

ULTAH 23 Tahun SABDA

Yayasan Lembaga SABDA(YLSA) baru saja merayakan ulang tahun ke-23. Tidak dimungkiri, ada begitu banyak halangan dan rintangan yang harus dihadapi oleh YLSA di sepanjang perjalanan pelayanannya selama 23 tahun terakhir. Meski demikian, ada jauh lebih banyak hal yang patut disyukuri karena penyertaan Tuhan sangat nyata di tengah segala pergumulan tersebut. Ungkapan syukur itulah yang mewarnai acara +TED Ulang Tahun SABDA yang diselenggarakan pada 2 Oktober 2017 lalu. Melalui acara tersebut, YLSA mengajak para sahabat dan mitra untuk bersama-sama mengucap syukur atas segala hal yang sudah berhasil dikerjakan pada masa lampau, mendukung apa yang sedang dikerjakan pada saat ini, dan terus menggumulkan serta mendoakan apa yang akan dikerjakan ke depannya, secara khusus terkait dengan pengembangan Alkitab Pintar.

Karena itu, silakan menyimak sajian Berita YLSA yang memberikan berbagai informasi seputar ulang tahun YLSA dan pelaksanaan +TED Alkitab Pintar guna menolong Sahabat sekalian mengenal lebih banyak tentang YLSA dan pelayanannya. Kiranya setelah membaca sajian-sajian kali ini, Sahabat dan Pendukung YLSA tidak hanya semakin memahami proyek Alkitab Pintar, tetapi juga bisa merenungkan dan menggumulkan apa artinya dan signifikansinya bagi kehidupan kekristenan pada era digital ini.

Selamat menikmati sajian kami. Tuhan Yesus memberkati.

Odysius

Odysius
Redaksi Tamu Berita YLSA
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

1. Merayakan Kebaikan Tuhan Selama 23 Tahun Pelayanan YLSA

TED AP

Pada 2 Oktober 2017, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mengadakan presentasi dan diskusi Alkitab Pintar dalam rangka HUT yang ke-23. Dalam acara ini, seluruh peserta yang hadir dapat melihat karya Tuhan sejak 1994 agar teknologi terbaru dapat menjadi kemuliaan bagi nama Tuhan. Dalam kolom Mengenal YLSA, Anda dapat melihat lebih lengkap penjelasan tentang Alkitab Pintar yang selama ini dikerjakan oleh YLSA. Terima kasih banyak atas kehadiran serta dukungan Sahabat dan Pendukung YLSA sehingga acara ini berjalan dengan lancar.

2. YLSA Meresmikan AYT Center

Peresmian AYT Centre

Salah satu acara istimewa dalam ulang tahun YLSA pada 2 Oktober 2017 adalah peresmian kantor Alkitab Yang Terbuka -- AYT Center. Syukur kepada Tuhan atas berkat yang diberikan-Nya ini. Kiranya dengan AYT Center, proyek pengerjaan teks dan pengembangan ekosistem AYT makin maju dan jadi berkat bagi setiap orang percaya. Kami juga rindu Sahabat dan Pendukung YLSA "berkunjung" ke AYT Center melalui vlog Persemian Kantor AYT Center. Mohon terus dukungan doa dari Anda untuk proyek AYT ini. Terima kasih.

3. YLSA Meluncurkan Wajah Baru Situs YLSA.org

YLSA.Org

Salah satu rencana yang ingin dicapai oleh YLSA pada tahun ini adalah melakukan pemutakhiran terhadap situs YLSA.org. Puji Tuhan! Bertepatan dengan ulang tahun yang ke-23, keinginan itu dapat direalisasikan. Pada saat ini, situs YLSA.org sudah diluncurkan, dan silakan berkunjung dan melihat wajah baru situs YLSA.org. Kiranya dengan teknologi dan tampilan yang baru, setiap pengunjung dapat memperoleh informasi mengenai pelayanan YLSA dengan mudah dan semakin terlibat mendukungnya.

4. YLSA Meluncurkan Aplikasi Versi iOS Perdana

ROC

Kabar gembira! YLSA akhirnya meluncurkan aplikasi perdana untuk versi iOS, yaitu Renungan Oswald Chambers (ROC). Anda dapat mengunduhnya melalui Apps Store. Mohon dukungan doa agar Tuhan memakai aplikasi ini untuk membawa setiap pembacanya makin menikmati firman-Nya. Selanjutnya, tim ITS YLSA akan mengerjakan App iOS Alkitab multiversi. Doakan agar proyek ini dapat dikerjakan dengan baik, dalam perlindungan dan hikmat Tuhan.

5. Tim ITS Menyelesaikan Enam DVD Media Alkitab

DVD MEDIA

Satu persembahan lagi dari YLSA untuk masyarakat Kristen Indonesia, yaitu enam DVD berisi bahan-bahan media biblika. Keenam DVD tersebut adalah Alkitab Suara, The Bible Project -- Alkitab Proyek Indonesia, Video Alkitab Gambar PL, Video Alkitab Gambar PB, Sekolah Alkitab Audio, dan Tafsiran Audio Kebenaran Abadi. Doakan agar DVD-DVD ini menolong generasi digital untuk makin mencintai firman Tuhan dan belajar Alkitab dengan smart. Jika Sahabat dan Pendukung YLSA ingin mendapatkan DVD-DVD tersebut, silakan menghubungi kami di ylsa@sabda.org.

6. Tim Penjangkauan Menyelenggarakan Diskusi Online Konseling

Pada 23 Oktober -- 6 November 2017, tim Penjangkauan akan melangsungkan diskusi di Facebook Grup e-Konsel yang membahas artikel berjudul Tip-Tip Alkitabiah tentang Anugerah bagi Pertumbuhan Iman Kristen Konseli. Kiranya melalui diskusi konseling ini, peserta bertambah wawasannya dan makin diperlengkapi dalam pelayanan konseling alkitabiah. Apakah Anda berminat untuk mengikutinya? Bergabunglah dalam grup ini dengan menghubungi admin. Mohon dukungan doa agar pelayanan ini menjadi berkat bagi peserta.

7. Tim Pembinaan Menyambut 500 Tahun Reformasi

500 Tahun Reformasi

Sehubungan dengan peringatan 500 tahun Reformasi, tim Pembinaan YLSA akan membuka Facebook Grup Teologi Reformed yang akan mendiskusikan artikel Alkitab dan Reformasi. Rencananya, diskusi ini akan berjalan selama dua minggu, mulai akhir Oktober 2017, dengan target 20 peserta. Kiranya Tuhan menolong jalannya diskusi ini sehingga setiap peserta mendapatkan berkat dan wawasan baru. Selain itu, publikasi e-Reformed juga akan menerbitkan edisi khusus berjudul Mengenang Reformasi. Dapatkan edisi khususnya dengan mendaftar menjadi pelanggan publikasi e-Reformed. Mari kita rayakan momen 500 tahun Reformasi Gereja dengan hati yang terus mencintai firman Allah serta kebenaran-Nya. Soli Deo Gloria!

Mengenal YLSA

Alkitab Pintar -- Perjalanan 23 Tahun Pelayanan YLSA

+TED Alkitab Pintar

Pada 2 Oktober 2017, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) memperingati hari jadinya yang ke-23 tahun dengan mengadakan presentasi dan diskusi +TED Alkitab Pintar, sekaligus meresmikan AYT Center. Dalam +TED kali ini, YLSA memberi seminar kilat tentang perkembangan pelayanan Alkitab digital di Indonesia, khususnya Alkitab Pintar. Acara dibagi ke dalam empat sesi: Alkitab Pintar (Past), Alkitab Pintar (Present), Alkitab Yang Terbuka, dan Alkitab Pintar (Future).

Sesi pertama dibawakan oleh Yohanes Chandra (YoChan) dan Hadi Pramono. YoChan menjelaskan bahwa konsep Pintar yang dimaksud dalam Alkitab Pintar sebenarnya bukanlah hal baru bagi masyarakat Kristen Indonesia pada saat ini. Alkitab Pintar sudah ada sejak 21 tahun yang lalu (tahun 1996, software SABDA v.1). Hadi Pramono melanjutkan dengan membagikan pengalamannya dalam proyek Alkitab Pintar, baik dari sisi teknologi, proyek, magang, dan event.

Pembicara Sesi 2

Pada sesi kedua, acara diisi dengan sepuluh presentasi singkat (@3 menit) yang disampaikan oleh sembilan orang. Kesepuluh presentasi ini adalah proyek-proyek yang sedang dan akan terus dikerjakan Yayasan Lembaga SABDA untuk mendukung terwujudnya Alkitab Pintar bagi masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah sepuluh materi presentasi tersebut.

  1. Alkitab Pintar dalam Platform Mobile (Odysius Bio Temara)
  2. SABDA Bot (Elizabeth Nathania Witanto)
  3. Komunitas Alkitab (Santi Titik Lestari)
  4. Support and Training (Rostika Surya Novantina)
  5. Publikasi PA21 (Abraham Aji)
  6. Media DVD (Danang Dwi Kristiyanto)
  7. Biblical Recommendation System (Agus Setiawan)
  8. Media Alkitab (Hadi Pramono)
  9. Google Home - Bible Man (Jeffrey Lim)
  10. Talk 2 Me Bible (Jeffrey Lim)

Penjelasan tentang Alkitab Yang Terbuka (AYT) menjadi sesi selanjutnya yang disampaikan oleh Ibu Yulia, ketua Yayasan Lembaga SABDA. AYT adalah proyek penerjemahan Alkitab yang dikerjakan YLSA. Dengan prinsip setia, jelas, dan relevan, diharapkan AYT menjadi Alkitab untuk masyarakat Kristen pada abad ke-21 ini. Pada sesi ini, sekaligus juga diresmikan AYT Center.

Sesi terakhir adalah tentang Alkitab Pintar Masa Depan yang dikemas dalam bentuk diskusi panel. Pada kesempatan ini, peserta boleh mengajukan pertanyaan mengenai proyek Alkitab Pintar pada masa depan kepada beberapa pemateri sebelumnya. Diskusi berjalan cukup aktif dengan banyaknya pertanyaan yang masuk.

Berikut ini, kami akan mengajak Anda untuk menyimak ulasan mengenai Alkitab Pintar yang ditulis oleh Jeffrey (Programmer YLSA). Kiranya menolong Anda mendapat gambaran yang lebih jelas lagi mengenai Alkitab Pintar ini.

Jeffrey

Sejak 1994, Tuhan telah membimbing dan memimpin SABDA untuk memulai konsep Alkitab Pintar. Proyek-proyek awal SABDA, seperti digitalisasi teks-teks Alkitab dan bahan-bahan belajar Alkitab (biblika), software SABDA 1-5, multiversi, ITL, SOLR, konkordansi, peta-peta Alkitab, Universal Box, Discovery Box, Commentary, Ekspositori, Alkitab Karaoke, Visual Bible, Integrated Resources, Training & Tutorials, dan sebagainya, semua itu telah menjadi dasar Alkitab Pintar generasi berikutnya.

Pada abad ke-21 ini, Tuhan terus memimpin YLSA untuk melakukan berbagai eksperimen proyek, seperti Google Home, Alexa, BOT, Talk 2 Me Bible/ABBA, Elastic Search, SOLR Lucene, Indexing Technology, Intelligent Search, Sistem Topikal, Biblical Media Management System, Media Bible, Log Analysis, 1001 Tanya Jawab, Bible Form Assistant, Recommendation Engine, dsb.. Meskipun dalam beberapa eksperimen YLSA belum mendapat hasil yang optimal karena keterbatasan waktu dan sumber daya, tetapi paling tidak kami sudah memiliki roadmaps, cetak biru, dan rencana selanjutnya untuk Alkitab Pintar ke depannya. Selain beberapa eksperimen di atas, sejak 5 tahun lalu, Tuhan juga menolong YLSA untuk memulai proyek Alkitab Yang Terbuka (AYT) dan ekosistemnya. Proyek ini dibuat sebagai jawaban atas kebutuhan Alkitab yang jelas, setia, dan relevan untuk abad ke-21.

Alkitab Pintar adalah sebuah konsep dan proyek yang besar, yang jelas memerlukan hikmat Tuhan, pemikiran, tenaga, dan juga kerja keras. Ekosistem Alkitab Pintar yang saat ini dikerjakan YLSA adalah dekstop/software, web, apps, web apps, BOT, Google Home, API, bahan-bahan, komunitas, dan sebagainya. Semua itu YLSA kerjakan selama bertahun-tahun dalam perkenanan Tuhan untuk membangun orang Kristen yang "smart" dalam membaca dan belajar Alkitab sehingga firman Tuhan dapat tertanam di hati dan diaplikasikan dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari -- #Ayo_PA!

Kami bersyukur atas anugerah-Nya sejak 23 tahun yang lalu, yang memampukan YLSA dapat membangun prekursor Alkitab Pintar; dan juga bersyukur atas anugerah-Nya saat ini, yang memampukan YLSA untuk terus mengerjakan proyek Alkitab Pintar. Karena itu, kami terus berharap kepada anugerah Allah supaya dapat mengembangkan Alkitab Pintar generasi berikutnya. Mohon dukungan doa dari Pembaca PA21 sekalian agar Tuhan terus menolong dan memberikan hikmat kepada YLSA untuk setia mengerjakan apa yang Allah ingin kami kerjakan. (Jeffrey)

Suara Sahabat YLSA

Testimoni dan Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk YLSA

Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Sahabat dan Pendukung YLSA dalam presentasi dan diskusi Alkitab Pintar yang lalu. Terima kasih pula atas ucapan selamat dan doa yang disampaikan dalam ulang tahun SABDA, antara lain dari sahabat dan pendukung YLSA berikut ini.

Andy Zain

Selamat ya .... Semoga jadi berkat bagi lebih banyak orang lagi. Selamat ulang tahun untuk SABDA. (Andy Zain, Kejora, Jakarta)

Semoga SABDA semakin inovatif ke depan demi mendorong orang membaca firman Tuhan. (William, Solo)

Julia Ekajati

Dari SABDA, aku bertemu banyak orang yang cinta firman. Dari SABDA, aku suka belajar firman karena software-nya memudahkanku bertumbuh dalam pengenalan yang benar akan Allah. Thanks Yulia Oeniyati dan seluruh YLSA SABDA. (Julia Ekajati, Solo)

Saya berdoa agar AYT dapat jadi berkat, khususnya untuk jiwa-jiwa di Indonesia. (Lukito S., Sehati Prima, Jakarta)

Testimoni Widi Putra

Shalom, kami mengucap syukur boleh berada di tempat ini. Kami boleh bersama-sama Yayasan Lembaga SABDA merayakan cinta kasih Tuhan atas usia mereka yang ke-23 tahun. Kami dari Yayasan Gloria telah bekerja sama dengan Yayasan Lembaga SABDA, khususnya e-Renungan Harian, sehingga sampai saat ini kami merasakan cinta kasih Tuhan atas pelayanan Lembaga SABDA yang sangat mulia ini. Kiranya pelayanan yang kita kerjakan bisa terus bersinergi dan terus membawa kemuliaan bagi Tuhan. Selamat untuk SABDA atas 23 tahun usia yang sudah dilalui. Perjalanan waktu yang masih panjang ke depan yang masih Tuhan berikan bagi rekan-rekan di SABDA biarlah terus dikerjakan dengan sepenuh hati. Kiranya Tuhan memberi karunia-karunia yang cukup yang diperlukan untuk SABDA untuk boleh melanjutkan pelayanan ini hanya bagi hormat dan kemuliaan Tuhan. Tuhan memberkati. (Widi Putra, Yayasan Gloria)

Yudo

Bersyukur bisa ikut acara +TED yang ini. Banyak belajar, banyak tahu perkembangan SABDA. Bersyukur juga untuk ultah ke-23 tahun. Banyak kerjaan, terutama AYT, yang sangat-sangat saya tunggu update-nya. Bersyukur juga karena hari ini melihat satu perkembangan lagi dari SABDA, yaitu conversation interface. Sangat mengejutkan dan juga sangat-sangat menarik untuk ditunggu. Kiranya SABDA semakin mengikuti visi Tuhan dan juga semakin diberkati. Untuk AYT-nya juga maju terus. Terima kasih. (Yudo, Staf SABDA 2011 -- 2015)

Deny Adiyanta

Saya berterima kasih mengikuti acara ini. Saat ini, saya pelayanan sebagai pendeta di Gereja Kristen Jawa di Klasis Purwodadi. Saya bersyukur telah menggunakan Alkitab SABDA untuk membantu studi pemahaman Alkitab terutama dalam pelayanan. Saya merasa sangat terberkati dengan adanya pelayanan SABDA. Doa dan harapan saya kiranya semakin banyak pelayanan yang terus dikerjakan di tempat ini dengan teknologi-teknologi yang semakin canggih sehingga menolong banyak orang. Kiranya Tuhan memberkati pelayanan SABDA pada ulang tahun yang ke-23 ini. Terima kasih. Tuhan memberkati. (Pdt. Deni A., Gembala GKJ Sodo, Purwodadi)

Blog SABDA

September -- Oktober 2017

Berikut blog-blog pelayanan, peristiwa, dan informasi dari balik layar Yayasan Lembaga SABDA yang ditulis pada September -- Oktober 2017.

  1. Pengalaman Magang Mengerjakan Bagian dari Proyek “Alkitab Pintar”
  2. Persekutuan Staf yang Istimewa
  3. Pengalaman Membimbing Staf Magang dari UK PETRA
Laporan Keuangan

September 2017

Total Sumbangan September 2017: Rp109.645.145,00
Total Pengeluaran September 2017: Rp114.152.518,00

Puji Tuhan, para Sahabat dan Pendukung YLSA telah dipakai Tuhan untuk menjadi saluran berkat sehingga kebutuhan dana YLSA dapat dipenuhi. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan dan memuliakan nama-Nya.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA/ Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati/ Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments