Berita YLSA Oktober -- November 2018

Editorial

Salam sejahtera,

Perayaan ulang tahun Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) berlangsung dengan sederhana, tetapi meriah. Melewati satu tahun ini, Tuhan mengajarkan kepada kami untuk terus bekerja keras dan memberikan yang terbaik bagi kemuliaan Tuhan. Walaupun tidak sedikit kesulitan yang muncul, tetapi secara keseluruhan kami bersukacita karena Tuhan senantiasa menyertai kami, terutama saat kami hampir hilang akal. Terpujilah Tuhan karena Dia hidup dan terus mengintervensi untuk memimpin kami. Soli Deo gloria!

Menjelang akhir pelayanan tahun 2018, kami melihat tantangan pelayanan YLSA tahun 2019 yang cukup besar. Di satu pihak, Tuhan terus menambah-nambahkan tanggung jawab kepada YLSA sehingga semakin banyak yang kami kerjakan. Namun, di pihak lain, wadah/struktur organisasi YLSA yang ada menjadi semakin kurang memadai. Oleh karena itu, pemikiran-pemikiran baru mendesak untuk diusahakan agar struktur organisasi YLSA bisa menampung perkembangan yang ada. Doakan agar kami menangkap pimpinan Tuhan dan menjalankan apa yang menjadi kehendak-Nya bagi YLSA. Dukungan doa, ide, dan dana dari para Sahabat dan Pendukung YLSA sungguh kami harapkan. Mari kita menantikan apa yang Tuhan ingin kerjakan bagi YLSA. Terpujilah nama Tuhan.

Yulia

In Christ,
Ketua YLSA,
Yulia Oeniyati
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

1. Perkembangan Proyek Natal dari Tim SABDA Media

Komik Kristus

Sejak Oktober 2018, tim SABDA Media bekerja sama untuk mempersiapkan bahan-bahan komik dan video Natal. Seperti yang kami beritakan sebelumnya, ada empat komik Natal, dua video animasi komik Natal, video Natal seri Tetelestai, dan video Natal seri Lumo yang sedang dipersiapkan. Semua bahan Natal ini diharapkan dapat memeriahkan perayaan Natal, khususnya supaya anak-anak dapat lebih mengenal Tuhan Yesus Kristus sebagai Juru Selamat manusia. Mohon dukungan doanya agar Tuhan menolong tim yang bekerja keras ini agar bisa menyelesaikan semua tugas sebelum Desember 2018.

2. Perkembangan Proyek AYT Oktober -- November 2018

AYT iOS

Bersyukur kepada Tuhan untuk perkembangan proyek AYT sampai saat ini. Baru-baru ini, kami telah melakukan pembaruan untuk teks AYT dalam aplikasi Alkitab SABDA (Android). Kabar gembira lainnya, bagi Anda yang menggunakan perangkat iOS, Alkitab Yang Terbuka dan AYT Bergambar sudah dapat diunduh melalui App Store. Hal ini tentu menjawab kerinduan Sahabat dan Pendukung YLSA yang ingin mengakses AYT melalui perangkat iOS yang dimiliki. Terus doakan tim AYT yang sedang menyelesaikan editing tahap release candidate untuk teks AYT Perjanjian Baru. Kami juga sedang mengembangkan sistem agar pembaca AYT dapat berkontribusi untuk menjadikan teks AYT lebih baik. Tolong doakan agar proses ini berjalan dengan baik dan dapat digunakan secara efektif untuk pengembangan AYT ke depannya. Terima kasih.

3. YLSA Mempersiapkan Rapat Kerja Akhir Tahun 2018

Planning

Sepanjang November 2018 ini, seluruh staf YLSA mulai mempersiapkan rencana kerja 2019 dan laporan kerja 2018. Ada banyak rencana baru yang sudah didoakan dan mulai disiapkan untuk tahun depan. Tugas-tugas rutin Publikasi YLSA, misalnya, sudah mulai kami kerjakan sejak sekarang supaya kami bisa lebih banyak mengerjakan tugas-tugas baru nantinya. Mohon dukungan doa dari para Sahabat YLSA supaya Tuhan memberi hikmat dalam mempersiapkan setiap tim. Doakan juga supaya Tuhan menolong setiap staf YLSA untuk terus mengembangkan kemampuan dan kompetensi yang ada agar Tuhan bisa memakai kami lebih lagi. Kemuliaan hanya bagi Dia yang ditinggikan!

4. Majalah Publikasi Edisi Khusus Natal dari Tim Pembinaan YLSA

Situs Natal Indonesia

Pada Desember 2018, tim Pembinaan YLSA akan menerbitkan majalah publikasi gabungan edisi khusus Natal yang berisi bahan-bahan Natal dari publikasi e-Doa, e-JEMMi, dan e-Reformed. Majalah publikasi ini merupakan edisi gabungan kedua yang diterbitkan oleh tim Pembinaan pada tahun ini. Pada Maret yang lalu, kami menerbitkan edisi khusus Paskah. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan edisi Natal ini, silakan kirimkan alamat email Anda ke redaksi e-Doa, e-JEMMi, atau, e-Reformed. Selain itu, jangan lupa untuk mengunjungi Situs Natal Indonesia guna mendapatkan berbagai bahan Natal yang menarik dan bermutu yang akan memperlengkapi perayaan Natal Anda tahun ini. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas Natal kami di Facebook dan Twitter untuk memperluas relasi dengan rekan-rekan seiman serta berbagi berkat Natal. Melalui bahan-bahan dan komunitas Natal ini, kiranya pelayanan Sahabat YLSA akan semakin diperlengkapi untuk menjadi berkat.

5. Tim PESTA Mengaktifkan Kembali Milis Alumni PESTA

Alumni PESTA

PESTA (Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam) memiliki wadah untuk memelihara komunikasi antaralumni PESTA di beberapa media sosial, yaitu Facebook Grup Alumni PESTA dan Milis Alumni PESTA (email). Namun, beberapa waktu yang lalu, Milis Alumni PESTA sempat berhenti. Melihat pentingnya milis ini sebagai sarana untuk memperkuat persaudaraan di antara alumni PESTA, kami pun memperbaiki masalah-masalah teknis yang ada sehingga saat ini milis Alumni PESTA sudah berjalan sebagaimana mestinya. Setiap anggota milis ini dapat saling mengirim informasi, salam/kabar, pokok doa, kesaksian, dan berbagi berkat firman Tuhan. Puji Tuhan! Kiranya milis ini menjadi sarana komunikasi yang efektif antaralumni PESTA. Harapan kami, semakin banyak alumni PESTA baru yang bergabung dalam milis ini dan saling memberkati sebagai satu keluarga dalam Kristus.

6. Mahasiwa UKSW Menyelesaikan Masa Magang di YLSA

Magang UKSW

Pada 9 November 2018, empat mahasiswa magang dari UKSW telah mengakhiri masa magang mereka selama dua bulan di YLSA. Kami bersyukur karena Venna, Dinda, Fanya, dan Thessa dapat mengaplikasikan ilmu mereka dalam pelayanan di YLSA. Selain belajar banyak dalam hal penerjemahan, mereka juga belajar melayani Tuhan dalam ladang pelayanan digital. Kiranya apa yang sudah dikerjakan di YLSA dapat menjadi dampak dalam hidup mereka secara pribadi dan membawa kemuliaan bagi nama Tuhan. Doa kami, mereka makin mencintai firman Tuhan dan memahami arti takut akan Tuhan dalam hidup mereka. Terima kasih Vena, Dinda, Fanya, dan Thessa! Setialah melayani Tuhan.

Mengenal YLSA

Seminar Kecerdasan Digital (Digital Quotient) dalam Rangka HUT ke-24 YLSA

Seminar DQ

Dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang ke-24, Yayasan Lembaga SABDA menggelar seminar bertajuk DQ (Digital Quotient) atau Kecerdasan Digital pada Senin, 22 Oktober 2018, lalu. Seminar ini dihadiri oleh sekitar 90 peserta dari kota Solo dan sekitarnya, dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube SABDA Alkitab. Kegiatan ini digelar sebagai wujud ungkapan syukur YLSA kepada Tuhan atas penyertaan dan karya-Nya dalam pelayanan YLSA selama 24 tahun ini sekaligus menjadi sarana untuk membagikan buah-buah berkat dari pelayanan YLSA berupa wawasan dan pengetahuan yang sangat relevan untuk pelayanan tubuh Kristus pada era digital ini.

Seperti halnya IQ (Intelligence Quotient) dan EQ (Emotional Quotient) mengukur kecerdasan umum dan emosional seseorang yang dapat menentukan kesuksesan orang tersebut, DQ (Digital Quotient) mengukur kemampuan dan literasi digital seseorang. DQ menjadi penting pada masa kini karena segala sesuatu digerakkan oleh teknologi, khususnya teknologi digital. Karena itu, penguasaan teknologi tidak hanya akan menentukan kesuksesan seseorang, tetapi juga bagaimana dia bisa memanfaatkan teknologi itu untuk kepentingan yang lebih besar. Bagi orang Kristen, kepentingan itu adalah menjalankan Amanat Agung dan memajukan Kerajaan Allah di muka bumi.

Terdapat empat pembahasan utama yang dipaparkan dalam seminar tersebut, yaitu:

  1. Perkembangan Teknologi pada Era Digital (juga mencakup dampak positif dan negatifnya),
  2. DQ (Digital Quotient),
  3. CDQ (Christian Digital Quotient) dan BQ (Bible Quotient), dan
  4. Tantangan dan Harapan untuk Pelayanan Tubuh Kristus ke Depan.

Seminar DQ Talkshow

Menariknya, penyampaian materi dikemas dengan cara yang sedikit berbeda dari seminar-seminar YLSA sebelumnya, yaitu dengan memadukan konsep seminar satu arah dengan tiga pembicara utama dan talk show berupa diskusi dengan tujuh narasumber pendamping. Melalui setiap materi yang telah dibagikan, setiap peserta diharapkan dapat merenungkan apa yang sudah mereka lihat dan dengar dalam konteks kehidupan dan pelayanan masing-masing, lalu mengambil tindakan nyata sebagai respons terhadap perenungan tersebut.

Tayangan ulang seminar Digital Quotient ini bisa Anda simak lewat YouTube melalui tautan berikut:

⁎) Terjadi masalah koneksi internet saat pengambilan video sehingga ada bagian yang hilang di antara video 1 dan video 2.

Slide PowerPoint berisi materi yang dipresentasikan dalam seminar pun bisa Anda unduh dari SlideShare melalui tautan berikut:

  1. Teknologi Era Digital
  2. Kecerdasan Digital (Bagaimana agar Kita Tetap Sehat secara Digital)
  3. Pelayanan Digital untuk Generasi Digital -- CDQ
  4. Produk SABDA

Liputan lebih lengkap terkait seminar ini bisa Anda simak melalui publikasi PA21 Edisi 20 / Oktober 2018.

Diambil dari:
Nama situs : Apps4God
Alamat situs : http://apps4god.org/app-train/app-train-hut-ke-24-yayasan-lembaga-sabda-menggelar-seminar-dq-digital-quotient
Penulis : Odysius
Tanggal akses : 5 November 2018
Suara Sahabat YLSA

Kesaksian Peserta Seminar Kecerdasan Digital (DQ)

Berikut ini adalah beberapa kesaksian dari peserta seminar Kecerdasan Digital (DQ) yang diselenggarakan YLSA pada 22 Oktober 2018. Kiranya menjadi berkat.

Filemon

"Shalom, nama saya Filemon. Saya melayani di Gereja Bethel Tabernakel, Karanganyar. Malam hari ini, saya mengucap syukur kepada Tuhan karena dapat mengikuti HUT ke-24 YLSA. Banyak hal saya dapatkan tentang perkembangan SABDA. Dari komputer lama hingga teknologi digital zaman sekarang, ada perkembangan yang luar biasa. Yang menarik adalah karena saya pendeta, saya masih terpaku pada hal-hal yang lalu/lama. Saya masih sedikit mengekang anak muda di gereja saya untuk menggunakan HP di gereja. Kalau saya menekan mereka, berarti saya salah, sebab itu adalah salah satu kebutuhan mereka. Karena dari HP mereka, ada firman yang menuntun mereka untuk menggunakan teknologi dengan benar. Oleh karenanya, saya akan mengizinkan mereka menggunakannya dalam ibadah. Suatu hari nanti, saya berharap ada pencerahan dari SABDA untuk memotivasi anak muda di gereja kami mengenai hal ini."

[Pdt. Filemon, GBT Sinongko, Karanganyar]

Heri

"Shalom, selamat malam. Saya Heri Kristiandi, mahasiswa dari STT AIMI, Solo. Saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada SABDA yang sudah bekerja keras dari tahun 1990-an sampai 2018, selama 24 tahun. Menurut saya, pelayanan ini adalah pelayanan yang luar biasa karena membutuhkan proses dan perjuangan yang sangat matang, dan perlu dukungan dari dalam dan luar. Ketika mengikuti seminar ini, saya bersyukur karena mendapat pencerahan. Ketika menggunakan aplikasi dalam gadget, anggota jemaat perlu introspeksi diri ketika menggunakannya dalam ibadah. Apakah mereka sudah menggunakan HP sebagaimana mestinya untuk Tuhan? Terus maju untuk SABDA! Berkembanglah lebih dahsyat karena melakukan pekerjaan Tuhan yang memerlukan kerja keras. Terima kasih."

[Heri Kristiandi, STT AIMI, Solo]

Ardi

"Pelajaran yang saya terima adalah orang tua harus bijak dalam menggunakan HP pada zaman sekarang. Anak-anak sudah melek teknologi, bahkan ada orang tua yang memberi HP kepada anaknya ketika anaknya masih di bawah umur. Lalu, orang tua tidak mengawasi mereka dalam menggunakannya. Saya juga belajar agar orang tua dan pihak-pihak lain tidak mencari cara yang gampang untuk mendidik anak ketika menggunakan HP, tetapi harus pakai cara yang efektif, yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kecerdasan digital untuk hidup pada era sekarang sangatlah perlu. Sebagai orang Kristen, kita yang sudah diselamatkan harus punya tata nilai yang berbeda dalam menghadapi era digital. Selamat untuk SABDA! Semakin maju dan terus bertumbuh."

[Ardy, Solo]

Iwan

"Shalom. Setelah mengikuti acara ini, saya diingatkan tentang pentingnya DQ dalam kehidupan generasi saat ini (milenial), yaitu dalam segala kreativitasnya. Hal ini penting agar mereka dapat membawa diri untuk menjadi seperti yang Tuhan inginkan pada era digital ini. Saya juga belajar tentang pentingnya DBQ ketika kita menggunakan teknologi untuk belajar firman Tuhan. Produk-produk SABDA sangat berguna untuk tujuan ini. Teruslah belajar dan mencintai firman Tuhan dari produk-produk yang disediakan oleh SABDA agar semakin cerdas pada era digital. Selamat ulang tahun ke-24 untuk YLSA. Kiranya Tuhan semakin memakai YLSA dengan cara yang ajaib pada era milenial ini untuk memberitakan firman Allah."

(Iwan, Solo)

Blog SABDA

Oktober -- November 2018

Berikut blog-blog pelayanan, peristiwa, dan informasi dari balik layar Yayasan Lembaga SABDA yang ditulis pada Oktober -- November 2018.

  1. Pengalaman Menerjemahkan Komik Alkitab di YLSA
  2. Pelajaran dari Seminar Digital Quotient di YLSA
  3. Pelajaran dari Artikel: Gandrung Menumpuk Barang
Laporan Keuangan

Oktober 2018
Total Sumbangan Oktober 2018 : Rp136.438.180,00
Total Pengeluaran Oktober 2018 : Rp76.532.567,00

Rincian Laporan Keuangan Oktober 2018

Kami bersyukur karena Tuhan telah menggerakkan para Sahabat dan Pendukung YLSA untuk menjadi saluran berkat bagi pelayanan YLSA. Kiranya pelayanan bersama Tuhan terus-menerus memberikan semangat kepada kita untuk bisa melayani lebih baik lagi pada masa mendatang. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments