Berita YLSA - Oktober 2011

Daftar Berita
[Dari YLSA!]
[Blog YLSA!] :1. State of SABDA 2011 (Oleh: Kusumanegara)
 : 2. YLSA Mengadakan Seminar Teologi (Oleh: Tatik)
 : 3. Roadshow YLSA — Jakarta "Marathon" (Oleh: Billy)
 : 4. YLSA Menyelenggarakan Seminar Siklus Spiritual (Oleh: Setya)
[Mengenal YLSA!] :Flashdisk (USB) SABDA
[Berita dan Doa YLSA!] :1. Training Penggunaan Software SABDA
 : 2. Follow Up Pelayanan YLSA
 : 3. Pelatihan Penulis Kristen
 : 4. Optimizing Situs
 : 5. Laporan Tahunan Divisi Komunitas
 : 6. Kelas Diskusi Natal PESTA
[Surat untuk YLSA!]
[Laporan YLSA!] :Laporan September 2011
[Stop Press YLSA!]

Editorial

Salam sejahtera,

Dua bulan terakhir ini, Tim SABDA banyak melakukan perjalanan untuk pelatihan software SABDA -- ke Cawas, Jakarta, Bogor, Yogya, dan Solo. Di satu pihak kami senang, karena bisa berjumpa dengan banyak pengguna SABDA, baik yang lama maupun yang baru. Tapi di lain pihak, kami juga jadi kewalahan karena kalau pergi keluar kantor artinya pekerjaan di kantor harus ditinggal. Karena itu, mohon dukungan doa para Sahabat dan Pendukung YLSA, agar Tuhan memberi bijaksana sehingga kami bisa mengatur waktu dan sumber daya manusia yang ada dengan baik dan semua tugas tetap bisa kami kerjakan. Jika Tuhan menghendaki, kami rindu Tuhan mengirim lebih banyak orang untuk bersama-sama melayani Tuhan di YLSA, sehingga beban bisa dibagikan dengan seimbang.

Melalui edisi Berita YLSA kali ini, para Sahabat dan Pendukung YLSA dapat mengikuti laporan perjalanan (roadshow) Jakarta dan 2 seminar yang diselenggarakan oleh YLSA. Selain itu, secara khusus kami menyajikan artikel tentang Flashdisk SABDA, agar Anda mengenal produk YLSA yang terbaru ini. Melalui tulisan-tulisan ini, kami sangat berharap Anda semakin terbeban untuk berdoa bagi pelayanan YLSA.

Tak terasa umur YLSA di tahun 2011 ini sudah mencapai 17 tahun. Banyak pencapaian dan pergumulan yang kami lalui. Ucapan syukur kepada Tuhan terus meluap dari hati kami dan ucapan terima kasih juga harus kami sampaikan kepada para Sahabat dan Pendukung YLSA, karena tanpa dukungan Anda semua pelayanan YLSA tidak akan bisa maju seperti sekarang ini. Kiranya Tuhan terus melimpahi kita dengan berkat yang dari atas yang memberi kemuliaan bagi Nama Tuhan.

Selamat melayani.

In Christ, Yulia Oeniyati Pimpinan YLSA http://blog.sabda.org >


Berita dan Pokok Doa
  1. Training Penggunaan Software SABDA.

    YLSA telah melakukan training penggunaan software SABDA di Cawas, Jakarta, Bogor, Yogya, dan juga Solo. Semua pelatihan ini terselenggara berkat kerja sama dengan beberapa orang yang juga memiliki kerinduan yang sama untuk bisa berbagi berkat melalui Software SABDA.

    Pokok doa: Ucapan syukur kami naikan bagi Allah yang menyediakan partner pelayanan. Hanya oleh kebaikan-Nya saja semua pelatihan ini bisa terselenggara dengan baik. Doakan agar berkat yang diterima para peserta menjadi berlipat ganda ketika mereka membagikannya kepada teman-teman yang lain.

  2. Tindak Lanjut Pelayanan YLSA.

    Dari berbagai pelayanan keluar yang dilakukan YLSA, ada banyak relasi dan kemitraan baru yang dibuat. Karena itu, banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk menindaklanjuti hubungan-hubungan baru tersebut.

    Pokok doa: Doakan agar Tuhan memberkati relasi dan kemitraan baru yang dibuat YLSA. Biarlah tindak lanjut yang dilakukan dapat membuat jangkauan pelayanan YLSA menjadi semakin luas dan banyak orang dapat diberkati.

  3. Pelatihan Penulis Kristen.

    Pada tanggal 9 -- 10 November 2011 yang lalu, YLSA telah menyelenggarakan pelatihan penulis Kristen di Solo. Pelatihan ini bertujuan untuk mendorong kecintaan masyarakat Kristen Solo pada literatur dan meningkatkan jumlah penulis-penulis Kristen. Untuk melaksanakan pelatihan yang dihadiri oleh 70 orang ini YLSA bekerja sama dengan Tim School of Writing Ministry whit Exellency (ShoW ME).

    Pokok doa: Berdoa untuk 70 orang yang telah mengikuti Pelatihan Penulisan Kristen. Kiranya Tuhan terus menumbuhkan kerinduan mereka pada menulis yang dapat dipakai menjadi kemuliaan nama Tuhan. Doakan juga untuk usulan membentuk Klub Penulis Kristen Solo. Biarlah Tuhan yang menuntun langkah selanjutnya.

  4. "Optimizing" Situs-Situs YLSA.

    Tim Web akan melakukan "optimizing" situs untuk mengurangi "bounce rates". Beberapa cara telah dilakukan agar pengunjung bisa lebih senang berada di situs-situs YLSA dan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan lebih mudah.

    Pokok doa: Doakan agar Tuhan memberkati para pengunjung situs-situs YLSA, sehingga mereka dapat diperlengkapi untuk dapat melayani Tuhan dengan lebih efektif. Doakan tim Web, agar Tuhan memberikan hikmat bijaksana dalam mengambil keputusan-keputusan.

  5. Laporan Tahunan Divisi Komunitas.

    Pada tahun 2011 ini, ada banyak produk pelayanan YLSA yang berupa jaringan sosial/komunitas di internet yang dikelola oleh Div. Komunitas YLSA. Semakin lama jumlah komunitas YLSA ini semakin banyak. Oleh karena itu, pada akhir tahun ini perlu dibuat laporan pencapaian sebagai pertanggungjawaban Div. Komunitas.

    Pokok doa: Berdoa agar Div. Komunitas bisa mengelola semua komunitas Kristen YLSA dengan baik dan banyak orang dapat dilayani sesuai dengan kebutuhannya. Lebih dari itu, doakan juga rencana pembuatan laporan akhir tahun supaya bisa dipakai untuk membuat rencana tahun depan.

  6. Kelas Diskusi Natal PESTA.

    Kelas diskusi Natal PESTA telah dibuka awal November 2011 yang lalu. Doakan agar semua peserta dapat berdiskusi dengan baik dan dapat belajar secara maksimal. Biarlah melalui kelas ini semua peserta semakin siap menyambut Natal dan memahami arti Natal dengan lebih baik.

    Pokok doa: Berdoa untuk para peserta diskusi kelas Natal PESTA. Semoga apa yang dipelajari melalui kelas ini dapat memberi sukacita yang besar sehingga para peserta dapat lebih memaknai Natal dengan hati yang penuh ucapan syukur.


Suara Sahabat YLSA
  1. Faduhusa Lombu (Via Facebook SABDA)

    Kami dari STT Pelita Bangsa mengucapkan terima kasih buat Tim SABDA yang telah merelakan seminar di kampus kami. Kami sangat diberkati dan kami tidak bisa membalas kebaikan kalian. Kiranya Tuhan Yesus yang memberkati Tim SABDA. GBU

    Redaksi:

    Terima kasih untuk kesempatan yang diberikan sehingga Tim SABDA bisa membagikan berkat di STT Pelita Bangsa. Selamat melayani.

  2. Pastor Ding Emang

    Terima kasih kepada pasukan SABDA yang telah memberkati saya, sebagai hamba Tuhan, ketika mempersiapkan khotbah-khotbah dan pelajaran-pelajaran. Tuhan memberkati Anda yang bekerja keras dalam pelayanan ini.

    Redaksi:


    Terima kasih untuk dukungannya. Doakan agar SABDA dipakai Tuhan untuk menolong orang semakin mengasihi firman-Nya.
  3. Victor Pantow

    Saat saya memberi tugas, sering mahasiswa beralasan literatur tidak ada, namun mereka kuajak selalu mengunjungi sabda.net sebagai jalan keluarnya. Terima kasih karena telah membantu saat aku melayani jemaat dan mahasiswa.

    Redaksi:

    Puji Tuhan! Kemuliaan hanya bagi Dia!

  4. John Joannes

    Melalui SABDA pewahyuan terbuka, wawasan terbuka sangat membantu untuk belajar firman Tuhan. Semoga SABDA jadi berkat bagi semua anak Tuhan. JBU.

    Redaksi:

    Amin.


Blog SABDA
  1. Judul Blog: State of SABDA 2011 (Oleh: Kusumanegara)

    Ibarat seorang yang sudah berumur 17 tahun, maka ia dianggap dewasa dan akan diserahi tanggung jawab dan kepercayaan yang lebih besar, contohnya sudah bisa mendapat SIM. Demikian pula yang saya lihat dengan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Di usianya yang ke-17 ini, saya merasakan sendiri bagaimana Tuhan semakin memercayakan pekerjaan-pekerjaan yang besar kepada YLSA. Melalui tulisan ini, saya mencoba untuk meringkas pencapaian YLSA sejak awal tahun kemarin (Oktober 2010). ...

    Baca selengkapnya tulisan Kusumanegara: http://blog.sabda.org/2011/10/10/state-of-sabda/

  2. Judul Blog: YLSA Mengadakan Seminar Teologi (Oleh: Tatik)

    YLSA menyelenggarakan seminar lagi! Kali ini adalah seminar teologi yang berlangsung selama 2 hari dengan pembicara Pdt. Joseph Tong. Seminar ini diadakan pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 21 dan 22 Oktober 2011, bertempat di GKIm Anugerah, Solo. Selama seminar berlangsung, YLSA membuka "Booth SABDA", supaya para peserta bisa mendapatkan produk-produk YLSA — CD Alkitab Audio berbagai versi/bahasa, Software SABDA, dan Alkitab Mobile. Puji Tuhan! Kali ini YLSA menyajikan produk baru berupa "Flasdisk SABDA" yang berisi 8 GB "harta karun (bahan-bahan) SABDA". Para peserta banyak yang mendatangi booth SABDA ini pada saat "break", dan setelah selesai seminar. ...

    Baca selengkapnya tulisan Tatik: http://blog.sabda.org/2011/10/25/ylsa-mengadakan-seminar-teologi/

  3. Judul Blog: Roadshow YLSA — Jakarta "Marathon" (Oleh: Billy)

    Pada tanggal 14-16 Oktober 2011 yang lalu, tim SABDA — saya, Hadi, dan Ibu Yulia berangkat ke Jakarta. Tujuan utama perjalanan kami ini adalah untuk memenuhi undangan untuk memberikan kesaksian tentang pelayanan YLSA di GRII Karawaci dan juga memberikan beberapa pelatihan SABDA -- di STT Pelita Bangsa, di Gereja New Wine, dan di GKI Samanhudi. ...

    Baca selengkapnya tulisan Billy: http://blog.sabda.org/2011/10/28/roadshow-ylsa-jakarta-marathon/

  4. Judul Blog: YLSA Menyelenggarakan Seminar Siklus Spiritual (Oleh: Setya)

    Pada bulan September 2011, YLSA kembali menyelenggarakan seminar rohani di kota Solo, yang berjudul Siklus Spiritual yang dibawakan oleh Pdt. Yohan Candawasa. Saya pun sangat bersyukur kepada Tuhan, karena bisa ikut terlibat dalam kepanitiaan. Lebih dari itu, momen ini sangat menyejukkan jiwa saya, karena ketika saya merasakan "kekeringan" secara rohani, Dia memberi semangat baru melalui siraman firman dalam seminar ini. ...

    Baca selengkapnya tulisan Setya: http://blog.sabda.org/2011/10/29/ylsa-menyelenggarakan-seminar-siklus-spiritual/


FLASHDISK (USB) SABDA

Penulis: Santi Titik L.
Sumber : http://blog.sabda.org/2011/10/31/flashdisk-usb-sabda/

Pelayanan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat Kristen. Salah satu dampak perkembangan teknologi adalah meningkatnya penggunaan gadget-gadget produk IT untuk mendukung segala macam aktivitas manusia, termasuk yang dilakukan orang-orang Kristen. Hal inilah yang mendorong YLSA menggunakan gadget-gadget tersebut sebagai kemudahan dalam memperlengkapi masyarakat Kristen. Salah satunya adalah dengan flashdisk. YLSA sekarang menyediakan sarana flashdisk untuk membagikan berbagai sumber-sumber bahan. Flashdisk tersebut bisa didapatkan dengan mudah, yaitu hanya dengan mengganti biaya flashdisknya saja, sedangkan isinya gratis.

Mengapa menggunakan flashdisk (USB)?

Pertama, karena alasan praktis. Untuk mengcopy bahan-bahan sebesar 8 GB akan butuh waktu, apalagi kalau banyak orang meminta pada saat yang sama. Kalau mereka bisa langsung mendapatkan dalam bentuk flashdisk yang sudah diisi bahan-bahan sebelumnya, maka akan sangat mudah sekali melayaninya. Tapi alasan yang lebih penting adalah dengan flashdisk yang sudah diisi berbagai bahan ini, penyebaran bahan-bahan kekristenan menjadi semakin luas.

Kedua, karena alasan kemajuan teknologi. Dulu YLSA memakai alat CD untuk membagikan program/software SABDA, yang dapat memuat 500 MB data. Tapi sekarang, YLSA sudah memunyai jauh lebih banyak bahan selain program SABDA, yang tidak bisa dimuat dalam CD atau DVD. Apalagi, saat ini banyak orang yang memakai netbook yang sudah tidak lagi dilengkapi dengan diskdrive, maka mentransfer data menggunakan flashdisk menjadi solusi yang mudah. Perkembangan teknologi yang semakin maju juga menjanjikan flashdisk dalam kapasitas yang besar untuk memuat banyak data. Namun demikian, kendalanya adalah harga flashdisk yang masih cukup tinggi, sehingga belum bisa dibagikan secara gratis.

Flashdisk apa saja yang disediakan YLSA?

Karena dari hari ke hari bahan-bahan yang dikumpulkan YLSA semakin banyak, maka kami telah menyediakan beberapa flashdisk untuk beberapa keperluan yang berbeda-beda.

  1. Flashdisk SABDA.
  2. Flashdisk Anak.
  3. Flashdisk Penulis.
  4. Flashdisk Alkitab Audio.
  5. Flashdisk Mandarin.

Apa saja yang ada dalam flashdisk-flashdisk tersebut?

Berikut adalah daftar isinya:

  1. Flashdisk SABDA.

    A. SABDA (Software Alkitab, Biblika dan Alat-Alat) [1 GB]

    B. Materi Biblika [3 GB]

    C. Materi Anak [3 GB]

    D. Materi Mobile [1 GB]

  2. Flashdisk Anak.

    A. SABDA (Software Alkitab, Biblika dan Alat-Alat) [1 GB]

    B. Materi Anak [4,5 GB]

    C. Materi Biblika [2,5 GB]

  3. Flashdisk Penulis.

    A. SABDA (Software Alkitab, Biblika dan Alat-Alat) [600 MB]

    B. Materi Penulis [550 MB]

    C. Materi Biblika [3 GB]

    D. Materi Anak [3,2 GB]

  4. Flashdisk Alkitab Audio.

    A. Materi Alkitab Audio CD dan HP Quality [7,3 GB]

    B. Aplikasi HP [103 MB]

  5. Flashdisk Mandarin.

    A. Bahan-Bahan Multimedia Chinese (Video dan Audio) [3,5 GB]

    B. Materi Mandarin Lainnya [658 MB]

RINCIAN ISI:

  1. Software Alkitab SABDA (1 GB)

    A. 70+ versi terjemahan Alkitab

    B. 25+ catatan dan tafsiran Alkitab

    C. Kamus bahasa dan kamus Alkitab

    D. 9 Leksikon Ibrani dan Yunani

    E. Ratusan buku Kristen

  2. Materi Biblika (3 GB)

    A. Alkitab untuk HP

    B. Alkitab Audio MP3, versi Terjemahan Baru (Kualitas HP)

    C. Sekolah Alkitab Audio Mini (427 Sesi, 130 Jam)

    D. Alkitab Video

    E. e-Books [494 MB]

    F. Lain-Lain

  3. Materi Anak (4,5 GB)

    A. 100+ Alkitab Cerita Bergambar

    B. 8 Film Alkitab

    C. 80+ Animasi untuk Anak

    D. 4 Klip Yesus

    E. 22 Cerita Alkitab

    F. 6 Ilustrasi Video

    G. 3000 Gambar Ilustrasi Alkitab

    H. Bahan-bahan KTB

    I. Bundel e-BinaAnak dan Komik Alkitab

    J. Lain-Lain

  4. Materi Penulis (550 MB)

    A. Bundel PDF e-Penulis (2004 -- 2010)

    B. Bundel PDF e-Renungan Harian dan e-Santapan Harian (1997 -- 2010)

    C. Kamus SABDA offline

    D. Kamus Alkitab offline

    E. Materi-Materi Pelatihan Penulis

    F. Sumber Bahan Pelayanan Penulis Kristen

    G. Situs-Situs Offline Kepenulisan Kristen

    H. Materi Parakaleo

  5. Materi Mobile (1 GB):

    A. Alkitab untuk berbagai "Operating System" HP

        (Blackberry, Android, iOS, Palm OS, Symbian, Java, Windows)

    B. Alkitab PDF

  6. Materi Alkitab Audio (7,3 GB)

    A. 6 Versi Alkitab Audio CD Quality (3,4 GB)

    B. 18 Versi Alkitab Audio HP Quality (3,9 GB)

  7. Aplikasi HP (103 MB)

    A. App Indonesia-GoBible (59 MB)

    B. App Kidung-GoBible (1 MB)

    C. App Suku-GoBible (43 MB)

  8. Bahan-Bahan Multimedia Chinese (3,5 GB)

    A. Video Bible (130 MB)

    B. Audio Bible (850 MB)

    C. Audio Mini Bible College Classes (2 GB)

    D. The Bible Basically Power Point (560 MB)

  9. Materi Mandarin Lainnya (658 MB)

    A. Aplikasi Alkitab-GoBible (7 MB)

    B. Compiled HTML Chinese Bible (1 MB)

    C. Chinese Treasures 5.0 (650 MB)

Saat ini usaha menyediakan bahan-bahan kekristenan yang baik bagi masyarakat Kristen adalah penting, bahkan kalau boleh dibilang sangat mendesak. Walaupun banyak orang menganggap ada kemajuan pertumbuhan kekristenan di Indonesia, namun pertumbuhan itu tidak disertai dengan kedalaman akar ("growth without depth"). Suatu ketika akan roboh karena tidak ada esensi dalam pertumbuhan tersebut. Firman Tuhan harusnya menjadi dasar yang kokoh bagi pertumbuhan gereja. Oleh karena itu, mari kita tumbuhkan kecintaan untuk belajar firman Tuhan dengan alat-alat yang baik, supaya kekristenan di Indonesia menjadi kuat dan tidak mudah diombang-ambingkan angin pengajaran yang sesat.

"To God be the glory!"


Laporan Keuangan

Berikut kami sampaikan laporan keuangan YLSA bulan September 2011.

Laporan September 2011

A. Sumbangan
Garth I. (SS) Rp. 44.000,00 02/09/2011
Bambang W. Rp. 50.000,00 02/09/2011
Lukas H. Rp.2.500.000,00 05/09/2011
TELAGA Rp. 500.000,00 05/09/2011
Harjanto Rp. 100.000,00 05/09/2011
NN Rp. 150.000,00 05/09/2011
Budiharto S. Rp. 200.001,00 05/09/2011
Sartijani Rp. 500.000,00 08/09/2011
Langham Rp.1.000.000,00 08/09/2011
NN (Jakarta) Rp.2.000.000,00 09/09/2011
NN Rp. 300.000,00 13/09/2011
Jonny A.P. Rp.1.000.000,00 13/09/2011
NN Rp.1.000.000,00 16/09/2011
Martina W. Rp. 100.000,00 26/09/2011
Peter C. Rp. 500.000,00 27/09/2011
Ruth Rp. 50.000,00 27/09/2011
Yohana Rp. 80.000,00 27/09/2011
NN Rp. 80.000,00 27/09/2011
Mey Fang Rp.1.000.000,00 27/09/2011
Yayasan GloriaRp.1.000.000,00 29/09/2011
Derni (Parakaleo)Rp. 50.000,00 29/09/2011
Indah (Parakaleo)Rp. 30.000,00 29/09/2011
EdyRp. 500.000,00 29/09/2011
Susanto R.Rp. 500.000,00 30/09/2011
Sumbangan lainRp. 120.000,00 30/09/2011
Bungan bankRp. 15.006,00 30/09/2011
TotalRp.13.369.007,00
B. Pengeluaran
Beban Admin Rp. 1.458.000,00
Kas Kecil Rp. 100.000,00
Telp, listrik Rp. 2.112.600,00
Beban Komputer Rp. 669.500,00
Perpustakaan Rp. 572.200,00
Kirim pos, paketRp. 75.000,00
Admin Bank Rp. 14.000,00
Kepegawaian Rp. 29.555.000,00
Seminar Staf Rp. 1.165.000,00
Konsumsi Staf Rp. 1.559.200,00
Biaya Kotak Pos Rp. 180.000,00
Pajak PBB Kantor Rp. 1.928.600,00
Admin bank Rp. 12.714,00
TotalRp. 39.401.814,00

Ucapan Terima Kasih

Terpujilah Tuhan yang telah mengirim tangan-tangan donatur untuk membantu pelayanan YLSA. Tuhan memberkati Anda yang telah memberi dengan sukacita.

Bagi pembaca lain yang tergerak untuk terlibat dalam pelayanan YLSA dengan memberikan sumbangan dana, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA a.n. Yulia Oeniyati Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo No. Rekening: 0790266579

Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi: Yulia, Santi, dan Elly
Untuk berlangganan: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Berhenti berlangganan: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Kirim bahan/pertanyaan: beritaylsa(at)sabda.org
Arsip Berita YLSA: http://www.sabda.org/publikasi/berita_ylsa/
Blog SABDA: http://blog.sabda.org/
In-Christ.Net: http://www.in-christ.net/
Facebook YLSA: http://fb.sabda.org/ylsa

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA Didistribusikan melalui sistem network I-KAN Copyright(c) Berita YLSA 2011 YLSA -- http://www.ylsa.org/ Situs Katalog -- http://katalog.sabda.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati


Comments