Berita YLSA - November 2004

Daftar Berita
[Editorial]
[Latest News] :1. Peluncuran Situs LINKS
: 2. Update Situs SABDAweb
:    dan tambah versi Alkitab BABA, KLINKERT
[Gratis] :SABDAweb Bible Online Gratis!
[Inside YLSA] : Sejarah YLSA
[Appreciation] : Donatur YLSA, Ultah Anky!
[Financial Report]: Laporan Keuangan Bulan Oktober 2004
[Help] : Lowongan Penerjemah di YLSA
[Prayer Request] :

Editorial

Salam dalam kasih Kristus,

Kami mengucapkan puji syukur kepada Tuhan atas terbitnya publikasi baru yang kami beri nama "BERITA YLSA" ini. Terbitnya publikasi ini merupakan wujud kesungguhan kami agar para Sahabat YLSA (donatur, relawan, mitra, ex-staf, teman-teman lama, dan khususnya para pendoa YLSA yang terkasih) dapat mengenal YLSA lebih baik dan mengetahui perkembangan yang terjadi di YLSA.

Dalam publikasi yang akan terbit sebulan sekali ini, Anda akan disuguhi dengan beberapa berita aktual (Latest News!), khususnya tentang apa yang terjadi di YLSA bulan ini. Selain itu, kami juga menampilkan berbagai pelayanan YLSA secara bergantian (Gratis!). Untuk bulan ini, ´produk´ pelayanan yang kami soroti adalah SABDA Bible Online. Sedangkan sajian khusus bulan ini adalah artikel pendek tentang sejarah YLSA (Inside YLSA!), supaya Anda bisa mengenal YLSA lebih dekat. Satu kolom istimewa kami sediakan untuk memberikan apresiasi bagi pribadi/yayasan yang selama ini telah mendukung YLSA, baik dalam hal dana, tenaga, doa, data, dll. (Appreciation!). Laporan Keuangan kami sajikan untuk menjadi bagian dari pokok doa Anda (Financial Report!). Kebutuhan YLSA juga ingin kami bagikan sebagai undangan agar Anda bisa terlibat membantu YLSA (Help!). Tidak lupa, kami juga cantumkan beberapa pokok doa untuk mengingatkan Anda agar berdoa bagi YLSA (Prayer Request!).

Demikian sambutan dari kami, selamat menikmati berita dari YLSA dan sampai bertemu di BERITA YLSA bulan Desember. Tuhan memberkati!

In Christ,
Yulia Oeniyati
Pimpinan YLSA


Berita dan Pokok Doa

  1. Bersyukur untuk Situs LINKS dan Update Situs SABDAweb.
  2. Doakan penyelesaian beberapa bahan-bahan baru untuk Situs SABDAweb.
  3. Bersyukur untuk Milis Publikasi e-Penulis yang sudah diluncurkan.
  4. Doakan untuk kebutuhan dana YLSA untuk akhir tahun 2004 ini.
  5. Juga berdoa untuk kebutuhan staf penerjemah yang berkualitas.

Mengenal YLSA

http://ylsa.org/tentang

SEJARAH YLSA
http://ylsa.org/tentang

Sebelas tahun bukanlah perjalanan yang singkat bagi Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk terus secara konsisten menggeluti bidang pelayanan elektronik di dunia internet. Ada banyak "buah" yang telah dihasilkan hingga saat ini dan masih ada banyak "buah" lagi yang direncanakan untuk dihasilkan di masa yang akan datang. Pada edisi resmi perdana "Berita YLSA" ini, Redaksi ingin mengajak para pendukung dan sahabat YLSA, yaitu para pendoa, donatur, ex-staf YLSA, mitra, dan teman-teman lama YLSA, untuk menapak tilas tahun- tahun pelayanan YLSA. Semoga informasi ini dapat menolong para sahabat YLSA untuk semakin mengenal YLSA lebih dekat.

Tahun 1993 - Lahirnya Sebuah Visi

Pada tahun 1993 pelayanan YLSA mulai dirintis dengan satu kerinduan untuk menyebarkan Kabar Baik (Alkitab) kepada masyarakat Kristen Indonesia melalui teknologi komputer. Realisasinya adalah dengan membuat OnLine Bible (software Alkitab yang dikembangkan oleh Larry Pierce (Canada)) ke dalam versi bahasa Indonesia.

Tahun 1994 - Yayasan Lembaga Alkitab Komputer (YLAK)

Organisasi mulai dibentuk dan diresmikan dengan nama Indonesian Society for Biblical Computing atau Yayasan Lembaga Alkitab Komputer (YLAK). Dua bahan pertama mulai diproses, yaitu teks Alkitab elektronik versi Terjemahan Baru (TB) dan Bahasa Indonesia Sehari- hari (BIS) atas kerjasama dengan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI).

Tahun 1995 - SABDA© dan YLSA

Nama "SABDA" (Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat) akhirnya dipilih untuk menjadi nama Software OLB versi bahasa Indonesia. Pada tahun ini pula, YLAK yang terdaftar di Pengadilan Negeri Daerah, diganti namanya menjadi Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Nama yang terus dipakai sampai sekarang. Modul-modul SABDA© Alkitab/data dan versi DOS sudah disiapkan dan mulai menyebar.

Tahun 1996 - SABDA© Tahap Pertama

SABDA©, yang merupakan Online Bible versi Bahasa Indonesia tahap pertama selesai (termasuk bahan-bahan tambahan), bukan hanya untuk versi Windows 3.1 dan DOS, tetapi juga versi Macintosh/Apple(tm).

Tahun 1997 - I-KAN (Internet - Komputer Alkitab Network)

Pada tahun ini, proyek SABDA© dikembangkan dalam versi Windows untuk CD. Ketika internet mulai dipakai secara umum di Indonesia, YLSA menggunakan kesempatan dengan bekerjasama dengan XC dan MAF membangun sistem mailing list I-KAN (Internet -- Komputer Alkitab Network) untuk dipakai menerbitkan tiga Publikasi Elektronik Kristen pertama lewat email, yaitu e-RH, e-SH, dan e-Humor dan membuka banyak Forum Diskusi Elektronik (Milis) Kristen.

Tahun 1998 - Situs-situs YLSA

YLSA meluncurkan beberapa situs-situs pertama, yaitu:

  1. Situs Muara Informasi Kristen (MIK)
  2. Situs YLSA
  3. Situs Internet -- Komputer Alkitab Network (I-KAN).
  4. SABDA© versi web (Alkitab format HTML).
Selain itu, Sistem I-KAN juga terus dikembangkan dengan menambah dua Publikasi Elektronik (e-JEMMi dan YBA).

Tahun 1999 - Prototipe CD SABDA©

Proyek-proyek yang selesai tahun ini:

  1. Prototipe Software SABDA© dalam bentuk CD.
  2. Peluncuran Situs e-MISI (Mengabarkan Injil ke seluruh Indonesia) dan Situs Web2000.
  3. Penambahan tiga Publikasi Elektronik (ICW, e-Reformed, dan 40 Hari Doa) dan 2 Milis Diskusi (e-Software dan e-WebAuthor).
  4. Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam (PESTA) yang merupakan kerja sama antara YLSA dan In-Christ.net.

Tahun 2000 - Peluncuran CD SABDA©

CD SABDA© berhasil diselesaikan, diluncurkan, dan dibagikan ke seluruh penjuru dunia. Selain itu YLSA juga menambah empat publikasi baru (SNOB, e-BinaAnak, e-SBU, dan Berita Jaffray), dan melayani puluhan Milis Diskusi dengan sistem I-KAN. Jumlah pelanggan semua publikasi tahun ini ada 12.000 pelanggan. Pada akhir tahun ini, perintisan Situs SABDAweb (situs yang baru mengupdate dan berbeda dengan SABDA-Web) juga dimulai.

Tahun 2001 - Proyek-proyek Baru

Proyek-proyek baru yang dikerjakan, adalah:

  1. CIEL (Christian Indonesian Electronic Library)- masih dikerjakan.
  2. Peluncuran Situs SABDA.org dan SABDAweb.
  3. Peluncuran milis Publikasi baru, yaitu e-KJDN dan e-Konsel.
  4. Perintisan Situs C3I (Christian Counseling Center Indonesia), Situs PEPAK (Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen), dan Situs TELAGA (TEgur Sapa GembaLA KeluarGA) yang merupakan kerja sama dengan Lembaga Bina Keluarga Kristen (LBKK).
  5. Pembuatan prototipe program SABDA versi 3.0 beserta bahan Alkitab audio.

Tahun 2002 - Tahap Pengembangan

Pada tahun ini, YLSA telah mengerjakan beberapa pengembangan dan membuat proyek penting, antara lain:

  1. Mengembangkan Situs SABDA.org untuk menjadi sistem Arsip I-KAN, juga menambahkan beberapa fungsi/fitur baru dalam Situs SABDAweb.
  2. Peluncuran Situs PEPAK (situs untuk guru Sekolah Minggu).
  3. Perilisan Program SABDA© versi Windows 2000/XP.
  4. Pembuatan prototipe program SABDA versi 3.0 beserta bahan Alkitab audio.
Selain proyek situs, YLSA juga melahirkan duu rangkaian proyek khusus, yaitu proyek digital library dan proyek Interlinier (ITL), untuk mengerjakan bahan-bahan teologia dan biblika yang belum dimiliki dalam bahasa Indonesia.

Tahun 2003 - Penambahan Situs-situs YLSA

Situs-situs yang dihasilkan tahun ini:

  1. Situs Christian Counseling Center Indonesia (C3I).
  2. Situs e-Reformed (situs kumpulan artikel teologia).
  3. Situs Tegur Sapa Gembala Keluarga (TELAGA).
  4. Situs Sejarah Alkitab Indonesia (SAI).
  5. Situs PESTA Online (situs pendidikan jarak jauh awam).
  6. Update Situs e-MISI (dengan stuktur dan tampilan baru).
  7. Perintisan Situs SABDAnet untuk mendukung rencana peluncuran CD SABDA versi 3.0 (yang masih belum selesai dikerjakan).

Tahun 2004 - Transisi untuk Suatu Babak Baru

Menyadari bahwa management kantor merupakan salah satu faktor penting untuk melebarkan sayap yayasan ini, maka langkah yang diambil pada awal tahun ini adalah pembenahan infrastruktur yayasan. Puji Tuhan hal itu sudah dapat dilaksanakan dengan baik, meskipun hasilnya masih belum maksimal. Selain itu, perluasan kantor YLSA juga merupakan proyek utama tahun ini. Puji Tuhan pada bulan Oktober 2004. YLSA akhirnya memiliki kantor baru yang lebih luas dan cocok untuk kebutuhan yayasan. Namun, bukan berarti tidak ada proyek baru yang lahir tahun ini. Ada 4 situs yang berhasil diselesaikan:

  1. Situs YLSA (situs profile yayasan)
  2. Situs LINKS (situs direktori Kristen).
  3. Situs i-Humor (situs kumpulan humor bersih dan membangun).
  4. Situs Komunitas CWC (situs Christian Writers´ Club))
-- Beberapa situs masih dalam penyelesaian hingga akhir tahun ini. Selain itu, dua publikasi baru juga diluncurkan, dan diterbitkan awal November 2004, yaitu:
  1. Publikasi e-Penulis (buletin untuk para penulis Kristen)
  2. Berita YLSA (buletin untuk para sahabat dan pendukung YLSA)
  • Tahun 2004 belum berakhir, YLSA masih terus menggerakkan kaki untuk melangkah ke depan dengan mata yang tertuju kepada Kristus. Kami berharap lebih banyak yang bisa kita lakukan di tahun 2005. Oleh karena itu kami percaya Tuhan telah menyediakan hal-hal besar bagi masyarakat Kristen Indonesia melalui YLSA. Untuk itu kami sangat bersyukur atas dukungan Anda semua, para pendukung dan Sahabat YLSA. Kami tahu kami tidak dapat bekerja sendiri, dukungan dan partisipasi Anda merupakan aset yayasan yang sangat berharga.

  • Blog SABDA

    LATES NEWS
    1. PELUNCURAN SITUS LINKS

      ==> http://links.sabda.org/

      Setelah ditunggu sekian lama, akhirnya proyek pembangunan situs LINKS berhasil diselesaikan. Kami sangat berharap situs LINKS, yang merupakan situs direktori Kristen Indonesia ini, dapat menjadi berkat besar bagi masyarakat Kristen Indonesia secara luas. Silakan Anda berkunjung dan melihat fasilitas yang tersedia di dalamnya.

      Situs LINKS adalah sebuah direktori Kristen. Secara kapasitas, situs ini akan dapat memuat sangat banyak data. Namun saat ini, baru ada kira-kira 400 alamat situs, jadi belum banyak data yang masuk di dalamnya. Sebenarnya banyak alamat situs yang sudah kami kumpulkan sejak beberapa tahun y.l., tapi tragisnya banyak alamat-alamat situs yang dulu ada sekarang sudah tidak ada lagi, alias mati.

      Sebagai sebuah direktori Kristen yang lengkap, Situs LINKS tidak hanya menampilkan alamat situs dan milis Kristen saja, tapi juga deskripsinya (reviewnya), baik secara singkat maupun lengkap. Dalam deskripsi lengkap akan dijelaskan secara detail tentang isi situs/milis tersebut, bahkan terdapat juga screenshot dari situs tersebut. Situs LINKS membagi situs-situs/milis-milis dalam kelompok kategori sebagai berikut (Dalam masing-masing kategori juga tersedia informasi jumlah situs yang berhasil dikumpulkan):

      • Alkitab
      • Anak
      • Christian Computing
      • Fasilitas
      • Gereja
      • Perayaan
      • Komunitas
      • Konseling
      • Kumpulan Bahan
      • Literatur
      • Misi
      • Musik
      • Organisasi Kristen
      • Pendidikan
      • Web Site
      • Situs dalam Kenangan

      Tersedia fasilitas pencarian yang akan menolong Anda menemukan situs yang Anda cari dengan cepat. Nah, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi untuk menemukan situs-situs Kristen Indonesia, karena melalui situs LINKS Anda tidak mungkin akan tersesat di belantara dunia cyber.

      Jika Anda mengetahui informasi tentang situs tertentu dan ternyata belum Anda temukan di Situs LINKS atau perlu dikoreksi, silakan cepat-cepat kirimkan informasi dengan mengisi Formulir yang tersedia di halaman:
      ==> http://links.sabda.org/submit/

      Selamat berkunjung!

    2. UPDATE SITUS SABDAweb

      ==> http://sabdaweb.sabda.org/

      Berita gembira bagi Anda yang gemar menggali, menyelidiki dan membanding-bandingan terjemahan Alkitab yang satu dengan terjemahan Alkitab yang lain, karena Situs SABDAweb, yang dikenal dengan sebutan "Situsnya Alkitab/Bible Online", telah menambah dua lagi versi Alkitab bahasa Indonesia pada akhir bulan Oktober 2004. Dua versi Alkitab yang ditambahkan tersebut adalah:

      Alkitab Perjanjian Baru "MELAYU BABA" terbit tahun 1913,
      Alkitab Perjanjian Baru "KLINKERT - MELAYU RENDAH" tahun 1863.
      Bagi Anda yang merasa asing dengan nama-nama di atas dan tidak pernah mendengar keberadaan dari versi-versi ini (atau lain), silakan berkunjung ke Situs SAI (Sejarah Alkitab Indonesia -- lihat alamat di bawah ini), karena di sana Anda bisa mendapat penjelasan yang lebih lengkap dan menarik tentang Alkitab MELAYU BABA, Alkitab KLINKERT MELAYU RENDAH, dan versi lain:

      ==> http://sejarah.sabda.org/sejarah/ver_melayu_baba.htm
      ==> http://sejarah.sabda.org/sejarah/ver_klinkert_melayu_rendah.htm
      ==> http://sejarah.sabda.org/

      Dengan bertambahnya versi Alkitab ini, maka sekarang Situs SABDAweb memiliki 13 macam versi Alkitab, dengan = 8 = versi Alkitab bahasa Indonesia:

      1. Alkitab Terjemahan Baru (TB)
      2. Alkitab Kabar Baik (BIS)
      3. Alkitab Terjemahan Lama (TL)
      4. Alkitab "Firman Allah Yang Hidup" (FAYH)
      5. Alkitab Kitab Suci Injil (Perjanjian Baru)
      6. Alkitab Shellabear 1912 (Perjanjian Baru)
      7. Alkitab Melayu Baba 1913 (Perjanjian Baru)
      8. Alkitab Klinkert 1863 (Perjanjian Baru)
      9. AV with Strong Numbers
      10. Bible in Basic English
      11. Interlinear Greek/Strong
      12. Westcott-Hort Greek Text
      13. Textus Receptus

      Selain itu, ada informasi tambahan, yaitu untuk Anda yang dulu pernah mengusulkan agar tampilan SABDAweb tidak "gitu-gitu terus", nah, sekarang tampilan Situs SABDAweb sudah diganti yang lebih cerah. Tetapi, jika Anda masih suka dengan desain yang lama, Anda tidak perlu kecewa karena Anda masih bisa memilihnya pada Themes di halaman Home dengan mengklik theme "Original".

      Sementara itu masih ada banyak bahan lagi yang rencananya akan ditambahkan di Situs SABDAweb sebelum tahun 2004 berakhir. Untuk itu mohon dukungan doanya.


    Appreciation

    Kami mengucapkan terima kasih banyak-banyak kepada para sahabat, donatur, mitra, relawan, ex-staf YLSA, teman-teman lama YLSA dan para pendoa YLSA yang terkasih, untuk semua bantuannya di masa lalu dan yang masih akan berlanjut di masa yang akan datang. Jerih payah Anda tidaklah sia-sia. Mari kita bergandengan tangan menghasilkan buah bagi kemuliaan nama-Nya.

    Terima kasih untuk Donatur Tetap YLSA

    Secara khusus kami ingin mengucapkan terima kasih atas bantuan dana yang secara rutin tiap bulan diberikan kepada kami oleh:

    1. Bp. Gunawan dan Kristina Santoso
    2. Bp./Ibu Yohanes Kornelius
    3. SYS
    Kami sangat bersyukur karena bantuan tersebut sangat menolong YLSA dalam menjalankan tugas sehari-hari. Tuhan memberkati pelayanan dan pekerjaan Anda.

    Ucapan Selamat Ulang Tahun

    Kami mengucapkan selamat ultah kepada Sdr. Anky (Franky Mamahit), ex-staf YLSA, yang pada tgl. 10 November ini berulang tahun :) Tuhan melimpahkan karunia bagi Anda dan keluarga. Selamat Melayani.


    Laporan Keuangan

    FINANCIAL REPORT

    LAPORAN AKTIVITAS KEUANGAN YLSA - OKTOBER 2004

    A.Pemasukan
    Sumbangan Rp1.840.000,00
    TOTAL PEMASUKAN Rp1.840.000,00
    B.Pengeluaran
     1. Pengeluaran OperasionalRp5.167.950
     2. Pengeluaran KepegawaianRp7.575.000
    TOTAL PENGELUARAN Rp(12.742.950,00)
    DEFISIT Rp- 10.902.000,00

    Bagi Anda yang tergerak untuk berpartisipasi mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

    Yayasan Lembaga SABDA
    a.n. Yulia Oeniyati, Th.M.
    Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
    No. Rekening: 0790266579

    Redaksi Berita YLSA
    Staf Redaksi: Yulia, Tessa, Dhono, Daniel, dan Elly
    Berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)xc.org
    Berhenti : Kirim e-mail kosong ke: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)xc.org
    Kirim bahan : Kirim e-mail ke staf Redaksi <berita-ylsa(at)sabda.org>
    Arsip Berita YLSA: http://ylsa.org/berita_ylsa

    Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA.
    Didistribusikan melalui sistem network I-KAN.
    Copyright(c) Berita YLSA 2004
    YLSA -- http://www.ylsa.org/

    Comments