Berita YLSA Mei -- Juni 2019

Editorial

Salam sejahtera,

Juni merupakan bulan sibuk bagi staf Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) karena hampir semua staf terlibat dalam pembuatan laporan tengah tahun (semester). Bagaimana dengan para Sahabat dan Pendukung YLSA? Apakah kesibukan pekerjaan/pelayanan Anda juga menumpuk pada Juni? Kami doakan supaya Anda semua tetap bisa menikmati kesibukan dengan sukacita dari Tuhan. Tetap semangat, Teman!

Selain kesibukan membuat laporan tengah tahun yang dilaporkan pada acara raker (rapat kerja) tengah tahunan, staf YLSA juga terus berfokus mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rutin dan proyek-proyek yang masih harus diselesaikan. Kami bersyukur karena di tengah kesibukan itu, Tuhan benar-benar nyata memimpin dan menuntun kami untuk mempersiapkan diri dengan kejutan-kejutan baru yang datang dari dunia teknologi. Perkembangan teknologi tidak menunjukkan tanda-tanda untuk melambat, malah kelihatannya sebaliknya, semakin cepat. Kami mohon dukungan doa dari para Sahabat dan Pendukung YLSA agar Tuhan memberi kami hikmat untuk memakai teknologi terbaru bagi perluasan Kerajaan-Nya. Tuhan terus membuka kesempatan untuk memakai hasil kerja manusia ini agar manusia boleh kembali kepada Tuhan. Karena itu, mari kita terus bekerja bagi Dia. Selama hari masih siang, mari kita terus melayani Dia dan menyenangkan hati-Nya.

Tidak lupa, kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur YLSA. Kiranya setiap persembahan kasih yang Anda kirimkan kepada kami dipakai Tuhan dengan berlipat ganda. Soli Deo gloria!

Yulia

Dalam anugerah-Nya,
Ketua Badan Pembina YLSA,
Yulia Oeniyati
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

1. Persiapan Raker YLSA untuk Tengah Tahun 2019

Raker Mini

Pada awal Juli 2019, YLSA melangsungkan rapat kerja tengah tahun (Raker Mini) untuk mengevaluasi hasil kerja semester I dan mematangkan rencana kerja semester II 2019. Beberapa masalah tentang visi, struktur, strategi, dan sistem kerja juga dibahas dalam raker ini. Harapan kami, setiap tim membuat laporan dan rencana kerjanya dengan baik. Mohon dukungan doa agar melalui raker ini, kami bisa terus berfokus pada visi dan rencana yang Tuhan inginkan.

2. Tim ITS YLSA Mengembangkan Algoritme untuk Program Interlinear

ITL

Kami bersyukur karena program Interlinear (ITL) yang dibuat oleh YLSA dapat terus dikembangkan dan digunakan untuk berbagai versi Alkitab. Awalnya, kami membuat program ini untuk interlinearisasi Alkitab Yang Terbuka (AYT), tetapi dalam perkembangannya, program ini dapat digunakan secara lebih luas lagi. Setelah digunakan untuk proyek Alkitab versi bahasa India dan Alkitab dalam bahasa Malaysia/Alkitab Versi Borneo (AVB), saat ini Tim ITS sedang mengerjakan proyek ITL untuk Alkitab bahasa Uzbekistan. Proyek ini kami kerjakan sebagai salah satu wujud nyata dari SABDA Go Global yang dicanangkan YLSA pada 2018 lalu. Mohon dukungan doa dari para Sahabat SABDA agar Tuhan Yesus menolong Tim ITS dalam mengembangkan algoritme untuk program ini sehingga dapat digunakan lebih maksimal lagi bagi kepentingan firman-Nya di seluruh dunia.

3. Refactoring Situs Komik.APP

Seri Kisah Kasih Abadi

Pada Mei 2019, Tim ITS mulai melakukan refactoring situs Komik.APP untuk memudahkan proses maintenance situs ini ke depannya. Bersamaan dengan itu, beberapa bahan media studi Alkitab untuk Komik Zone juga sedang diproses agar dapat segera ditambahkan ke dalam situs Komik.APP. Situs Komik.APP adalah infrastruktur untuk ekosistem SABDA Komik, sedangkan Komik Zone merupakan salah satu bagian dari ekosistem SABDA Komik untuk menolong orang percaya melakukan studi Alkitab dengan memakai komik Alkitab. Mohon dukungan doanya agar Tuhan menolong Tim ITS maupun Tim SABDA Komik untuk menyelesaikan proses ini dengan baik dan cepat.

4. Diskusi-Diskusi Artikel dalam Media Sosial YLSA Sepanjang Juli 2019

Diskusi Online

Kesempatan untuk belajar dan bertumbuh bersama disediakan oleh YLSA melalui diskusi-diskusi yang diadakan melalui platform media sosial yang ada. Untuk Juli mendatang, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Sahabat bisa mengikuti diskusi dari artikel pilihan yang berjudul Anak dan Alkitab di Fan Page Facebook e-BinaAnak (17 Juli 2019) dan Mengapa Kita Mendidik Anak-Anak Perempuan Kita di Fan Page Facebook e-Wanita (25 Juli 2019). Pada gilirannya nanti, komunitas-komunitas lain, seperti: e-Penulis, e-Konsel, e-BinaSiswa, e-Leadership, e-Doa, e-Reformed, KISAH, Bio-Kristi, dan e-MISI juga akan menyajikan bahan-bahan untuk didiskusikan sesuai dengan topik pilihan. Mari bergabung di komunitas-komunitas YLSA dan saling berbagi dan bertumbuh dalam Tuhan bersama saudara-saudari seiman yang lain! Kami berharap kita semua juga akan mendukung dalam doa supaya komunitas-komunitas YLSA bisa menjadi berkat bagi masyarakat Kristen di Indonesia.

Mengenal YLSA

Mari Berbagi Tulisan Melalui Situs-Situs YLSA!

Selama ini, YLSA dikenal memiliki banyak situs Kristen yang menjadi sumber-sumber bahan digital (artikel, modul, buku, dll.) sesuai dengan bidang-bidang pelayanan Kristen yang ada (anak, konseling, wanita, penulis, dll.). Semua bahan yang sekarang ada merupakan akumulasi dari arsip bahan publikasi yang diterbitkan YLSA selama puluhan tahun. Bahan-bahan tersebut ada yang ditulis sendiri oleh staf YLSA dan ada juga yang dikutip dari buku-buku. Satu per satu bahan tersebut diproses sedemikian rupa untuk memberikan kualitas konten yang bagus dan alkitabiah.

Situs-Situs YLSA

Seiring berjalannya waktu dan zaman, YLSA juga membuka kesempatan bagi para pelanggan publikasi dan pengguna/pengunjung situs untuk dapat berkontribusi memberikan tulisannya guna dipasang dalam situs-situs YLSA. Bahan-bahan yang diberikan tentu saja harus menjalani seleksi dan penyuntingan isi demi menjamin standar kualitas konten yang diharapkan. Untuk itu, kami terus mendorong pelanggan dan pengunjung untuk berbagi tulisan dan berbagi berkat sehingga melalui situs-situs sumber bahan ini, terbentuk komunitas digital yang hidup karena saling memberi dan menerima. Salah satu usaha yang dilakukan untuk menggalakkan kerinduan untuk berbagi tersebut adalah dengan menyediakan fitur "Blog" atau "Kesaksian" di sebagian besar situs YLSA. Fitur ini disediakan untuk menjadi wadah berbagi tulisan/opini di antara para pengunjung situs. Harapan kami, tulisan-tulisan para pengunjung dapat menjadi berkat bagi pengunjung lainnya. Syarat utama agar tulisan bisa lolos untuk dimuat adalah memiliki konten yang baik, alkitabiah, dan tidak menyalahi prinsip firman Tuhan serta enak dibaca.

Berikut adalah situs-situs YLSA yang menyediakan fitur untuk pengguna/pengunjung dapat mengirimkan tulisannya. Untuk mengetahui prosedur pengiriman tulisan, Anda dapat mengontak para admin situs melalui email.

1. Situs Online Teologi Reformed Injili (SOTERI): Tersedia fitur blog untuk tulisan tentang pengajaran Kristen yang alkitabiah.
Kontak: reformed@sabda.org

2. e-MISI: Tersedia fitur blog untuk tulisan opini/cerita seputar pelayanan misi supaya pembaca ikut ambil bagian dalam pekerjaan misi.
Kontak: misi@sabda.org

3. Bio-Kristi: Tersedia fitur blog untuk tulisan inspirasi atau pelajaran tentang tokoh-tokoh yang memengaruhi hidup Anda, baik tokoh Alkitab maupun tokoh Kristen.
Kontak: bio-kristi@sabda.org

4. Penulis Literatur Kristen dan Umum (PELITAKU): Tersedia fitur blog untuk menulis seputar dunia tulis-menulis, khususnya sebagai penulis Kristen.
Kontak: pelitaku@sabda.org

5. Situs Paskah Indonesia dan Situs Natal Indonesia: Tersedia fitur blog untuk menuliskan pengalaman/kisah/opini seputar Paskah atau Natal.
Kontak: paskah@sabda.org / natal@sabda.org

6. Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen (PEPAK): Menerima tulisan yang berisi kesaksian sebagai pembina/pelayan anak yang dapat mendorong dan menginspirasi rekan-rekan pelayan anak lainnya.
Kontak: pepak@sabda.org

7. e-Doa: Tersedia fitur blog untuk menulis kesaksian atau pengalaman dalam berdoa.
Kontak: doa@sabda.org

8. Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam (PESTA): Tersedia fitur blog/kesaksian/tulisan bagi para peserta PESTA untuk menuliskan pengalaman mengikuti kelas diskusi atau pengalaman mempelajari modul-modul PESTA.
Kontak: pesta@sabda.org

Anda juga dapat memasang tulisan ke situs komunitas blogger YLSA, yaitu:

1. SABDA Space: Wadah komunitas bagi para blogger Kristen dari berbagai latar belakang gereja untuk berbagi tulisan (blog) tentang kekristenan, pengalaman menjangkau orang lain bagi Kristus, penerapan iman Kristen, atau persaudaraan dalam Kristus serta untuk berbagi wawasan pengetahuan.

2. SABDA Space Teens: Wadah untuk para remaja Kristen dari berbagai wilayah di Indonesia untuk berbagi berkat dan kreativitas melalui tulisan.

Ayo, jadilah pengunjung yang memiliki semangat berbagi. Kirimkan tulisan Anda ke situs-situs YLSA di atas. Kami berdoa agar Tuhan memberkati tulisan Anda sehingga setiap tulisan dapat menjadi berkat bagi pengunjung/pembaca yang lain! Tuhan Yesus memberkati!

Suara Sahabat YLSA

Tanggapan dari Pengguna Aplikasi Android Alkitab SABDA

Logo App Alkitab SABDA

Berikut ini adalah tanggapan dari para pengguna aplikasi Android Alkitab SABDA yang kami ambil dari Google Play. Kiranya menjadi penyemangat bagi kita untuk terus belajar firman Tuhan dengan teknologi yang telah Tuhan berikan. Amin!

“Saya suka dengan aplikasi ini karena di mana pun, saya bisa membaca tanpa harus membuka buku Alkitab. Orang pikir saya sedang 'chating-an'. Namun, rupanya tidak. Saya sedang membaca Alkitab. Dan, ada saat di mana saya membagikan renungan ke medsos. 'Kan teman-teman yang lain bisa membacanya.”

[Yuliana Mara]

“Terima kasih untuk yang membuat aplikasi Alkitab ini. Sangat membantu saya dalam membaca Alkitab. Awalnya, saya belum tahu aplikasi ini sehingga ke mana-mana saya selalu membawa Alkitab di tas saya. Sekarang, saya sudah tahu kalau aplikasi ini sangat bermanfaat dan akhirnya saya dapat membaca Alkitab di HP saya sekarang. Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati!”

[Ridemsy Oky]

“Saya senang menggunakan aplikasi ini karena bisa offline. Jika boleh, mohon ditambahkan di bagian kidung untuk lagu-lagu misa, jadi bermanfaat pula bagi yang beragama Katolik .... Aplikasi ini bersifat offline sehingga mempermudah masyarakat dalam menggunakannya. Tidak harus memiliki kuota yang berkelanjutan dan hanya sekali unduh langsung bisa dipakai terus-menerus. Saya suka karena aplikasi ini sudah termasuk lengkap bagi saya, dan saya senang menggunakannya. Terima kasih 'Alkitab'.”

[Boby Heru]

“Aplikasi ini bermanfaat bagi umat manusia yang tidak bisa jauh dari teknologi digital, apalagi HP. Alkitab dalam bentuk teknologi ini sangat membantu umat kristiani maupun di luar kristiani untuk mempelajari tentang Allah dan untuk mengenal siapa Allah Tritunggal. Kebanyakan manusia itu sendiri malas membaca Alkitab karena banyak alasan. Sekarang, sudah dipermudah dengan adanya Alkitab berbasis teknologi, jadi jangan ada banyak alasan lagi untuk kita bermalas-malasan dan tidak ada waktu untuk membaca firman Tuhan. Waktu Tuhan makin dekat, jangan sampai kita tertidur dalam kehidupan di dunia ini. Amin! ”

[Stanley Kumendong]

Laporan Keuangan

Mei 2019
Total Sumbangan Mei 2019 : Rp66.581.983,00
Total Pengeluaran Mei 2019 : Rp71.619.401,00

Rincian Laporan Keuangan Mei 2019

Kami tidak dapat melakukan pekerjaan Tuhan di YLSA ini sendirian! Kami membuka pintu bagi para Sahabat dan Pendukung YLSA yang rindu mendukung YLSA dalam doa maupun dana. Kiranya Tuhan terus mencukupkan dana yang diperlukan untuk kebutuhan pelayanan YLSA. Biarlah pelayanan bersama Tuhan terus-menerus memberikan semangat kepada kita untuk bisa melayani lebih baik lagi. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments