Berita YLSA Maret -- April 2018

Editorial

Salam sejahtera,

Melayani Tuhan tidaklah tanpa halangan atau kesulitan. Pada bulan-bulan terakhir ini, kami yang melayani di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) sangat merasakan banyaknya serangan rohani yang dilancarkan Setan untuk menghalangi pelayanan Tuhan di YLSA. Mulai dari masalah pribadi/keluarga, gangguan kesehatan, sampai kerusakan fasilitas di kantor, semuanya kena, dan tidak ada yang terlewatkan. Kesulitan demi kesulitan terus datang seakan tidak ada hentinya. Puji Tuhan, Tuhan tidak menutup mata melihat semua kesulitan ini. Dia terus mendampingi dan memberi kekuatan kepada kami. Bahkan, Dia memakai semuanya itu untuk menguji iman kami, dan membuat kami semakin bergantung kepada Dia.

Jika sampai hari ini kami masih bertahan dan bisa bergantung kepada Tuhan, itu tidak lain dan tidak bukan adalah karena dukungan dari semua Sahabat dan Pendukung YLSA. Bukan hanya dukungan doa, tetapi juga dukungan dana dan tenaga yang terus mengalir bagi pelayanan YLSA. Untuk itu, kami sungguh bersyukur dan berterima kasih. Melalui kesatuan hati anak-anak Tuhan, kami melihat tangan Tuhan bekerja dengan luar biasa untuk mendewasakan kami. Terpujilah Dia, Tuhan yang memiliki alam semesta!

Yulia

Yulia Oeniyati
Pemimpin YLSA
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

1. Perkembangan Proyek AYT pada Maret 2018

AYT

Memasuki akhir kuartal I sampai awal kuartal II, kami bersyukur karena proyek Alkitab Yang Terbuka (AYT) mengalami perkembangan. Sampai saat berita ini ditulis, semua kitab sudah masuk ke dalam proses penyuntingan awal. Di tengah berbagai tantangan pengerjaan proyek AYT ini, beberapa Sahabat SABDA terus mengingatkan agar kami terus berdoa kepada Tuhan dan memohon pimpinan dan perlindungan-Nya. Tanpa penyertaan Tuhan, pekerjaan kami ini sia-sia. Kami sungguh bersyukur kepada Tuhan karena Dia juga menyediakan banyak Sahabat dan Pendukung YLSA yang mendukung kami dalam doa. Untuk itu, melalui kesempatan ini, kami tidak henti-hentinya mengucapkan terima kasih. Terpujilah Tuhan yang mengatur segala sesuatunya!

2. Proyek Media SABDA/Alkitab

Pada April 2018 ini, YLSA sedang menggarap beberapa proyek baru yang menjadi proyek derivatif/turunan dari Alkitab Yang Terbuka. Proyek-proyek tersebut sebagian besar adalah proyek multimedia, yaitu komik dan animasi Alkitab. YLSA mendapat izin dari beberapa mitra untuk melakukan penerjemahan dan penyuntingan naskah komik maupun animasi Alkitab yang mereka buat. Kami memohon kepada Tuhan Yesus agar bahan-bahan ini akan menjadi sarana dan sumber yang luar biasa untuk menolong generasi digital belajar firman Tuhan pada abad ini. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA semuanya agar Tuhan menyediakan SDM dan fasilitas yang memadai untuk menjalankan proyek media ini.

3. YLSA Menyusun Kurikulum Pelatihan Studi Alkitab pada Era Digital

STT AIMI

Puji Tuhan, mulai April tahun ini, YLSA kembali menerima beberapa undangan untuk melakukan roadshow #Ayo_PA!. Meski temanya sama, materi yang disampaikan semakin bervariasi. Salah satu pengembangan dari materi #Ayo_PA! adalah suatu kurikulum yang terdiri dari empat kali pertemuan untuk membahas tentang "Studi Alkitab pada Era Digital". Aplikasi dari kurikulum ini kami sampaikan di STT AIMI, Surakarta. Pertemuan I sudah dilaksanakan pada 5 April 2018, dan sudah berjalan dengan baik. Metode penyampaian sangat inovatif karena disampaikan oleh empat pembicara sekaligus, yaitu Ibu Yulia Oeniyati (materi: Pentingnya Pendalaman Alkitab), Odysius B. Temara (materi: Bahan-Bahan Studi Alkitab + Platform Digital), Abraham Aji (materi: Metode PA S.A.B.D.A.), dan Rostika Novantina (materi: Penjelasan Langkah SIMAK).

Dukunglah kami dalam doa agar tiga pertemuan pada tiga bulan berikutnya juga dapat berjalan dengan lancar sehingga menolong para peserta melakukan studi Alkitab secara maksimal dengan bantuan teknologi pada era digital ini. Doakan juga semoga kurikulum seperti ini juga bisa disampaikan ke sekolah-sekolah tinggi teologi lainnya.

4. Klub e-Buku SABDA Mei 2018: "Pencobaan"

Pencobaan

Salah satu pelayanan tim Penjangkauan adalah menyediakan sarana "Klub e-Buku SABDA" untuk berdiskusi buku secara daring. Pada periode pertama tahun ini, kami akan mengajak masyarakat Kristen untuk belajar dari buku yang berjudul "Pencobaan" karya John Owen, yang diterbitkan oleh Penerbit Momentum. Mungkin kita sering bertanya, mengapa ada pencobaan? Apa pentingnya pencobaan bagi manusia? Apa peran Allah dalam hal ini? Dan, masih banyak pertanyaan lain yang pernah kita gumulkan. Sekarang, saatnya untuk mengupas tuntas apa itu pencobaan dan hal-hal seputarnya melalui diskusi di Klub e-Buku SABDA.

Diskusi akan berlangsung mulai 21 Mei 2018 -- selesai. Bagi Anda yang ingin bergabung dalam diskusi buku ini, silakan mendaftar melalui penulis@sabda.org. Pendaftaran ditutup pada 7 Mei 2018, dengan batas peserta 30 orang. Karena ini merupakan diskusi buku, tentunya setiap peserta harus memiliki bukunya supaya bisa membaca dan mempelajarinya dengan maksimal. Anda bisa mendapatkan buku ini dengan membelinya di toko buku Kristen terdekat, atau dengan memesannya melalui SABDA. Mari gunakan kesempatan belajar dan bertumbuh secara rohani melalui diskusi di Klub e-Buku SABDA!

Mengenal YLSA

Slide Presentasi dari YLSA dalam SlideShare

Ketika melakukan roadshow maupun seminar, tidak jarang peserta bertanya kepada staf YLSA perihal bagaimana mereka bisa mendapatkan materi-materi PowerPoint (PPT) yang YLSA sajikan dalam roadshow atau seminar tersebut. Nah, berikut adalah penjelasan kami supaya semua Sahabat SABDA bisa mendapatkannya untuk dapat dibagikan kepada lebih banyak teman dan sahabat.

Sarana utama yang YLSA pakai untuk menyimpan materi-materi PPT adalah SlideShare. Pengguna tidak hanya dapat mengakses materinya, tetapi juga dapat mengunduhnya secara gratis melalui akun-akun SlideShare yang YLSA miliki. Ada tiga akun SlideShare YLSA, yaitu SABDA, Ayo PA, dan Apps4God.

SlideShare SABDA

SlideShare SABDA

Melalui SlideShare SABDA, pengguna dapat mengakses slide materi presentasi pelayanan YLSA, produk-produk YLSA, semua pelatihan dan seminar yang diadakan oleh YLSA, juga acara-acara +TED @SABDA. Saat ini, ada lebih dari 120 materi yang dapat Sahabat dan Pendukung YLSA unduh dari akun ini, antara lain:

  1. Software SABDA dalam 3 Menit
  2. Alkitab SABDA: Cari, Baca, dan Belajar Alkitab Online (dengan Narasi)
  3. Alkitab Yang Terbuka (AYT)
  4. Alkitab Pintar
  5. SABDA IT Ministry
  6. Bahan-bahan Audio untuk Lansia
  7. Digital Word for Digital World
  8. Bahan-bahan dari publikasi YLSA:

SlideShare #Ayo_PA!

SlideShare Ayo PA

Sejak gerakan #Ayo_PA! dicanangkan, berbagai roadshow dan pelatihan telah dilakukan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Namun, YLSA hanya bisa melakukan roadshow dan pelatihan ini di tempat-tempat yang terbatas. Oleh karena itu, YLSA membuat akun khusus untuk berbagi slide presentasi gerakan #Ayo_PA!, antara lain:

  1. Pendalaman Alkitab pada Era Digital
  2. PA dengan Metode S.A.B.D.A.
  3. Tutorial Alkitab SABDA
  4. Lagu #Ayo_PA!

SlideShare Apps4God

SlideShare Apps4God

Apps4God adalah gerakan untuk mengajak orang percaya menggunakan teknologi terkini bagi kemuliaan Tuhan. Sejak 2015, YLSA rindu mengajak orang-orang percaya, khususnya gereja untuk menggunakan teknologi/aplikasi terkini bagi kemajuan pelayanan Tuhan, dan menjangkau semakin banyak jiwa bagi Tuhan. Materi-materi mengenai gerakan Apps4God yang dapat diunduh dari akun ini, antara lain:

  1. Apps 4 God -- 5W+1H
  2. Apps 4 God -- Aksi dan Strategi
  3. Aplikasi Teknologi untuk Tuhan
  4. Apps 4 God: Komunitas Iman Masa Depan
  5. Menjangkau melalui Multimedia

Kiranya informasi ini bermanfaat bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang ingin mendapatkan berbagai materi presentasi dari SABDA dengan lebih mudah, dan membagikannya kepada lebih banyak orang.

Suara Sahabat YLSA

Ucapan Syukur Pengunjung Situs SABDA.Net

Situs SABDA.Net adalah situs utama untuk mengunduh Software SABDA dan modul-modulnya yang terbaru. Berikut ini adalah ucapan syukur dari para pengunjung situs SABDA.Net yang telah menggunakan Software SABDA.

Mudy

Terima kasih sudah membuat SABDA dan mengembangkan ke versi 5 ....
(Mudy Situmorang)

Saya bersyukur sekali. SABDA adalah yang terbaik, bisa dibanggakan apalagi basisnya bahasa Indonesia. Terima kasih atas dan penghargaan yang tinggi atas hasil karya tim SABDA.
(Hendro Susilo)

Royke

Mendalami Alkitab bersama-sama di dalam komunitas sosial media menjadi semakin mudah dan menarik ditopang oleh sumber yang tersedia setiap waktu di internet.
(Royke Jacob)

Semoga semua hamba TUHAN yang bekerja untuk SABDA diberkati. Karena dalam membantu pekerjaan TUHAN, jerih payahmu tidak sia-sia. Amin.
(Reyki Gantare)

Terima kasih atas dukungan SABDA yang mendorong pertumbuhan rohani kita. Tuhan Yesus memberkati pelayanan Bapak dan Ibu. Amin.
(Yunus Nobrihas)

Johanes

Asli buatan anak bangsa .... Thanks tim SABDA, saya sudah download [Software SABDA]. Tuhan Yesus memberkati!
(Johanes Fabou Koraag)

Laporan Keuangan

Laporan Keuangan YLSA Maret 2018

Saldo Awal Maret 2018: Rp38.531.581,00
Total Sumbangan Maret 2018: Rp61.537.110,00
Total Pengeluaran Maret 2018: Rp73.550.563,00
Saldo Akhir Maret 2018: Rp26.518.128,00

Rincian Laporan Keuangan Maret 2018

Puji Tuhan, para Sahabat dan Pendukung YLSA telah dipakai Tuhan untuk menjadi saluran berkat sehingga kebutuhan dana YLSA dapat dipenuhi. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan dan memuliakan nama-Nya.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments