Berita YLSA - Maret 2013

Daftar Berita

  [Dari YLSA!]    
  [Blog YLSA!] : 1. Staf SABDA Mengikuti Seminar Terang vs Gelap (Oleh: Yusak)
    : 2. SABDA di Gereja Kristen Kalam Kudus Bandung (Oleh: Ade)
    : 3. Mimpi yang Menjadi Nyata: SABDA di Toraja (Oleh: Evie)
    : 4. Belajar Kerja Sama Tim Melalui "West Wing" (Oleh: Yegar)
  [Berita dan Doa YLSA!] : 1. Proyek Alkitab Mudah Dibaca (AMD)
    : 2. Bahan Matthew Henry dan DVD Library SABDA Anak
    : 3. Ibadah dan Perayaan Paskah YLSA 2013
    : 4. Ucapan Syukur untuk Roadshow SABDA di Yogyakarta dan Klaten
    : 5. Staf Baru YLSA
  [Surat untuk YLSA!]    
  [Laporan YLSA!] : Laporan Februari 2013
Editorial

Salam sejahtera kepada para Sahabat dan Pendukung Yayasan Lembaga SABDA (YLSA),

Selamat bertemu lagi di Berita YLSA edisi Maret 2013. Kesibukan kantor YLSA bulan Maret masih banyak diwarnai dengan pengerjaan proyek Alkitab Mudah Dibaca (AMD). Seperti yang telah kami beritakan sebelumnya, Tuhan memberikan kesempatan indah kepada Tim SABDA untuk ambil bagian dalam pengeditan Alkitab versi Mudah Dibaca. Melalui proyek AMD ini, diharapkan akan muncul sebuah Alkitab versi baru sehingga masyarakat Indonesia semakin diperlengkapi dengan kekayaan sumber bahan untuk belajar Alkitab dengan lebih baik. Dukungan para Sahabat dan Pendukung YLSA sangat kami harapkan agar Tuhan terus menyertai pekerjaan kami di kantor YLSA.

Selain itu, dengan hati yang penuh ucapan syukur, kami juga ingin menginformasikan bahwa Tuhan telah menganugerahi kami dengan sebuah kantor baru untuk YLSA (saat ini masih dalam renovasi). Ada beberapa donatur yang telah digerakkan Tuhan untuk memungkinkan hal ini terjadi. Karena itu, kemuliaan hanya bagi Tuhan saja. Biarlah kekuatan Tuhan terus menolong kami mempertanggungjawabkan pemberian-Nya.

Melalui kesempatan yang indah ini, kami segenap pengurus dan staf YLSA juga ingin mengucapkan: "Selamat Hari Paskah 2013." Biarlah pengorbanan Tuhan Yesus Kristus di atas kayu salib terus mengingatkan kita bahwa kita adalah manusia berdosa yang telah mendapat anugerah untuk dilepaskan dari hukuman maut. Sekarang, marilah kita menggunakan hidup baru yang telah Tuhan berikan untuk memuliakan dan membesarkan nama Tuhan. Amin!

In Christ, Yulia Oeniyati Pemimpin YLSA < yulia(at)in-christ.net > < http://blog.sabda.org >


Berita dan Pokok Doa
  1. Proyek Alkitab Mudah Dibaca (AMD)
  2. Bahan Matthew Henry dan DVD Library SABDA Anak
  3. Ibadah dan Perayaan Paskah YLSA 2013
  4. Ucapan Syukur untuk Roadshow SABDA di Yogyakarta dan Klaten
  5. Staf Baru YLSA
  1. Proyek Alkitab Mudah Dibaca (AMD)

    Saat ini, Tim SABDA masih terus berjuang melakukan penyempurnaan teks Perjanjian Baru dan terus mengedit teks Perjanjian Lama untuk Proyek AMD. Seluruh staf YLSA ikut dilibatkan dalam pengerjaan proyek ini dan menetapkan hari Selasa dan Kamis sebagai hari khusus untuk mengerjakan AMD.

    Pokok doa:
    Doakan supaya Tuhan terus menambahkan kemampuan sehingga setiap Tim SABDA mampu mengerjakan proyek AMD ini dengan ketelitian yang maksimal dan ketekunan yang tinggi. Doakan juga supaya kegairahan kami dalam mengerjakan ini datang dari Tuhan sehingga kami semakin mencintai firman Tuhan.

  2. Bahan Matthew Henry dan DVD Library SABDA Anak

    Tim ITS sedang mengerjakan dua tugas penting bulan ini. Pertama, memproses bahan Matthew Henry Bahasa Indonesia untuk menjadi modul baru di Software SABDA. Kedua, mengembangkan DVD Library SABDA Anak, termasuk di antaranya menambah bahan dan membuat kategori isi supaya dapat menolong penggunanya. Di tengah keterbatasan staf yang ada, Tim ITS masih terus berjuang untuk melakukan yang terbaik bagi Tuhan.

    Pokok doa:
    Berdoa, kiranya Tuhan menolong setiap anggota Tim ITS dengan memberikan kekuatan sehingga semua pekerjaan bisa dikerjakan dengan baik. Doakan untuk penambahan programmer yang dibutuhkan, kiranya Tuhan memanggil lebih banyak pekerja untuk melayani Dia di dunia IT.

  3. Ibadah dan Perayaan Paskah YLSA 2013

    Peringatan Paskah telah tiba. Banyak orang disibukkan dengan berbagai persiapan untuk merayakan Paskah. YLSA juga sudah bersiap untuk mengadakan Ibadah dan Perayaan Paskah YLSA yang rencananya akan diadakan pada tanggal 5 April 2013.

    Pokok doa:
    Kiranya hati kita semua disiapkan Tuhan untuk terus menyadari dan menghargai arti pengurbanan Tuhan Yesus Kristus di atas kayu salib. Dengan pertolongan-Nya, biarlah hidup kita semakin menghasilkan buah Roh bagi kemuliaan-Nya.

  4. Ucapan Syukur untuk Roadshow SABDA di Yogyakarta dan Klaten

    Pada tanggal 20 dan 21 Maret, SABDA mendapat kesempatan untuk memberikan pelatihan kepada hamba-hamba Tuhan di Yogyakarta dan Klaten. Pelatihan berjalan dengan baik, dan menjadi berkat bagi para pesertanya.

    Pokok doa:
    Bersyukur untuk penyertaan Tuhan selama pelatihan SABDA di Yogyakarta dan Klaten. Melalui pelatihan ini, kiranya Tuhan menolong setiap peserta agar bisa menggunakan Software SABDA untuk menggali kebenaran firman Tuhan secara bertanggung jawab.

  5. Staf Baru YLSA

    Bersyukur kepada Tuhan karena Sdri. Adiana Yunita telah menyelesaikan masa percobaan selama dua bulan, dan resmi menjadi staf tetap di YLSA dalam divisi Humas.

    Pokok doa:
    Puji Tuhan untuk kebaikan-Nya mengirimkan staf baru untuk melayani bersama-sama di ladang Tuhan. Doakan untuk Adiana supaya Tuhan yang memurnikan motivasinya dan memberikan panggilan yang semakin jelas di YLSA.


ARTIKEL

ALASAN ALLAH MENGAPA KRISTUS MENDERITA DAN MATI: "UNTUK MENDAMAIKAN KITA DENGAN ALLAH"

"Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!" (Roma 5:10)

Perdamaian yang perlu terjadi antara manusia berdosa dan Allah memiliki dua arah. Sikap kita terhadap Allah harus berubah, dari sikap melawan menjadi beriman. Sikap Allah terhadap kita harus berubah, dari murka menjadi belas kasih. Namun, kedua perubahan tersebut tidak setara. Saya memerlukan pertolongan Allah untuk bisa berubah, tetapi Allah tidak memerlukan pertolongan saya. Perubahan kita berasal dari luar, tetapi perubahan Allah berasal dari natur Allah sendiri. Artinya, hal tersebut tidak bisa disebut sebagai suatu perubahan. Allah sendiri yang berencana untuk berhenti dari murka-Nya terhadap kita dan mulai berbelas kasih.

Frasa penting dalam ayat di atas adalah "ketika [kita] masih seteru". Inilah kondisi kita ketika kita "diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya" (Roma 5:10): 'kita masih 'seteru'. Dengan kata lain, 'perubahan' pertama terjadi pada pihak Allah, bukan kita. Kita masih berseteru dengan-Nya. Ini tidak berarti kita menyadari perseteruan ini. Sebagian besar manusia tidak menyadari perseteruannya dengan Allah. Perseteruannya ini memiliki bentuk yang halus berupa ketidaktaatan dan ketidakpedulian. Alkitab menggambarkannya seperti ini: "Sebab keinginan daging adalah perseteruan dengan Allah, karena ia [keinginan daging itu] tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya" (Roma 8:7).

Saat kita masih berada dalam kondisi demikian, Allah telah lebih dahulu mengirim Kristus untuk menanggung murka-Nya akibat dosa kita sehingga memungkinkan Dia berbelas kasih kepada kita. Tindakan pertama Allah untuk memperdamaikan kita dengan diri-Nya adalah dengan menyingkirkan halangan yang merintangi perdamaian tersebut, yaitu dosa kita yang meremehkan Allah. "Sebab, Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka." (2 Korintus 5:19)

Saat wakil-wakil Kristus membawa berita ini ke dalam dunia, mereka berkata, "Dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah." (2 Korintus 5:20) Apakah artinya hanya "Ubahlah sikapmu terhadap Allah?" Tidak, lebih dari itu, artinya adalah "Terimalah karya Allah yang telah terlebih dahulu berinisiatif untuk memperdamaikan diri-Nya dengan engkau melalui Kristus."

Renungkan kisah tentang perdamaian di antara manusia ini. Yesus berkata, "Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu." (Matius 5:23-24) Saat Dia berkata, "Berdamai dahulu dengan saudaramu," perhatikan, saudaramulah yang harus menyingkirkan penghukumannya. Saudaramulah yang memiliki 'sesuatu ... dalam hati[nya] terhadap engkau," seperti Allah memiliki sesuatu terhadap kita. "Berdamai ... dengan saudaramu" berarti melakukan apa yang harus kita lakukan agar hukuman saudaramu terhadap engkau bisa disingkirkan.

Tetapi, ketika kita mendengar Injil Kristus, kita menemukan bahwa Allah telah melakukannya: Dia telah bertindak, suatu tindakan yang tidak bisa kita lakukan, yaitu menyingkirkan hukuman-Nya. Dia mengirim Kristus untuk menderita menggantikan kita. Perdamaian yang menentukan ini terjadi "ketika [kita] masih seteru". Perdamaian di pihak kita hanyalah menerima apa yang telah Allah lakukan ketika kita menerima anugerah agung.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul asli buku : The Passion of Jesus Christ
Judul buku terjemahan : Penderitaan Yesus Kristus
Penulis : John Piper
Penerjemah : Stevy Tilaar
Penerbit : Momentum, Surabaya 2005
Halaman : 50 -- 51


Suara Sahabat YLSA

SURAT UNTUK YLSA

  1. Elly Amalya Situmorang < via Facebook YLSA)

    Saya berterima kasih sekali buat DVD Library SABDA Anak 1.2 yang sudah dikirim ke gereja tempat kami melayani di Tanah Karo, Sumatera Utara. Kami merasa sangat diberkati, khususnya dalam pelayanan guru Sekolah Minggu dan anak-anak Sekolah Minggu. Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati dan tetaplah memberkati banyak gereja di tanah air Indonesia ini.

    Redaksi:Kami akan berdoa kiranya Tuhan terus memberkati pelayanan teman-teman di Sumatera Utara. Semoga semakin banyak orang yang diberkati melalui pelayanan kita bersama. Tuhan Yesus sangat baik!

  2. Yadi < raknarock_di77(at)xxxxxx >

    Melalui situs bio-Kristi saya bisa mengetahui banyak hal tentang tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan kekristenan. Tuhan memberkati.

    Redaksi:Kiranya teladan dari para tokoh kekristenan di situs Bio-Kristi dapat menjadi teladan dalam kita melayani Tuhan. Tuhan memberkati.

  3. Sien Hien < a_hien1970(at)xxxxx >

    Terima kasih Bapa, banyak hal di dalam situs ini yang memberkati, dan atas kasihNya saya boleh membaca kesaksian-kesaksian anak-anak-Mu di website ini. Terima kasih. JBU.

    Redaksi:Puji Tuhan. Semoga situs KEKAL boleh memberkati lebih banyak orang lagi. Tuhan Yesus memberkati.


Blog SABDA
Laporan Keuangan

LAPORAN KEUANGAN YLSA -- FEBRUARI 2013

 

  Bambang W. Rp 50.000,00 01/02/13
  Patikkos S. Rp 75.000,00 01/02/13
  Budiharto S. Rp 50.001,00 04/02/13
  Margiman Rp 1.500.000,00 04/02/13
  NN (Jakarta) Rp 7.000.000,00 04/02/13
  NN (Jakarta) Rp 2.000.000,00 04/02/13
  Liauw Boen Kian Rp 1.000.000,00 04/02/13
  Gianawati W. Rp 1.000.000,00 05/02/13
  Sandy H. Rp 2.000.000,00 05/02/13
  Rudhy H. Rp 21.000,00 05/02/13
  Harjanto Rp 150.000,00 05/02/13
  Candra W. Rp 1.000.000,00 05/02/13
  Purdihwan Rp 400.000,00 06/02/13
  9 USB STTB Rp 495.000,00 06/02/13
  NN (Solo) Rp 100.000,00 06/02/13
  Harjanto Rp 150.000,00 06/02/13
  Donny Eleazar Rp 150.000,00 06/02/13
  Telaga Rp 500.000,00 08/02/13
  Sentrosel P. Rp 500.000,00 11/02/13
  Thessalonica Rp 20.000.000,00 12/02/13
  Lukas H. Rp 2.500.000,00 12/02/13
  Lukas H. Rp 2.500.000,00 12/02/13
  JK Mauliate M. Rp 1.000.000,00 15/02/13
  Tjahjadi Rp 10.000.000,00 19/02/13
  Yay. Gloria Rp 13.702.500,00 19/02/13
  Timotius A. Rp 50.000,00 20/02/13
  Junus J. Rp 2.000.000,00 21/02/13
  Basuki T. Rp 300.000,00 22/02/13
  Yay. Gloria Rp 1.000.000,00 25/02/13
  Fatimah Rp 350.000,00 26/02/13
  NN Rp 500.000,00 27/02/13
  Lidia S. Rp 2.000.000,00 27/02/13
  17 USB dan 1 Parakaleo Rp 980.000,00 27/02/13
  GKKK Bandung Rp 2.000.000,00 27/02/13
  NN (Bandung) Rp 50.000,00 27/02/13
  Daniel Liman Rp 100.000,00 28/02/13
  Pembelian buku "Murid yg Radikal Rp 50.000,00  
  Sumbangan lain Rp 195.500,00  
  Bunga Bank Rp 26.910,00  
         
  Total Sumbangan Rp 77.445.911,00  
 
 
 

PENGELUARAN

  Beban admin Rp 412.800,00
  Kas kecil Rp 198.400,00
  Telp, listrik, dll Rp 2.426.800,00
  Beli kabel VGA,baterai pointer Rp 110.000,00
  Beli USB Rp 2.650.000,00
  Beli & pasang AC Rp 2.680.000,00
  Buku perpustakaan Rp 148.000,00
  Pelunasan sertifikat PESTA Rp 100.000,00
  Seminar Progsif Rp 165.000,00
  Tiket ke Jakarta & Bandung Rp 2.070.500,00
  Tiket Yegar Rp 302.000,00
  Tansportasi staf Rp 400.000,00
  Kirim pos, paket Rp 201.100,00
  JAMSOSTEK Rp 618.300,00
  Kepegawaian Rp 30.735.000,00
  AMD Rp 2.500.000,00
  Lemari, rak, buffet & aquarium Rp 2.750.000,00
  Konsumsi staf Rp 2.889.000,00
  Persembahan kasih Rp 1.000.000,00
  Admin bank Rp 17.043,00
         
  Total Pengeluaran Rp 52.373.943,00  
 

Terima kasih untuk partisipasi para Sahabat dan Pendukung YLSA dalam mendukung pelayanan YLSA. Mari kita terus bekerja selama hari masih siang. Terpujilah Tuhan selama-lamanya.

Bagi pembaca lain yang mendapat berkat dari pelayanan YLSA dan tergerak untuk mendukung dengan memberikan sumbangan dana bagi pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA a.n. Yulia Oeniyati Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo No. Rekening: 0790266579
Stop Press

STOP PRESS: PEMBUKAAN KELAS PESTA GURU SEKOLAH MINGGU (GSM) PERIODE JULI/AGUSTUS 2013

Apakah Anda seorang guru sekolah minggu atau terlibat dalam pelayanan anak? Anda rindu diperlengkapi untuk mengembangkan kemampuan dan menajamkan visi Anda dalam mengemban tugas sebagai pelayan anak?

Ikutilah kelas Guru Sekolah Minggu (GSM) periode Juli/Agustus 2013 melalui program Pendidikan Studi Teologi Awam (PESTA)! Kelas ini diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org > khusus bagi Anda yang terlibat dan terbeban dalam pelayanan anak. Diskusi akan dilakukan melalui milis diskusi (e-mail) dan berlangsung mulai tanggal 15 Juli -- 23 Agustus 2013.

 

Daftarkanlah diri Anda sekarang juga ke Admin PESTA di < kusuma(at)in-christ.net >. Pendaftaran ditutup tanggal 10 Juni 2013. Jangan lewatkan kesempatan ini karena kelas terbatas untuk dua puluh peserta saja. Tidak dipungut biaya (Gratis)!

 

Untuk melihat materi yang akan dipelajari dalam kelas PESTA GSM ini, silakan mengakses URL: < http://pesta.sabda.org/gsm_sil >


Redaksi Berita YLSA

(c) Berita YLSA 2013 http://www.ylsa.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo; No. 0790266579 a.n. Yulia Oeniyati

Kontak: : beritaylsa(at)sabda.org
Redaksi : Yulia, Ade, dan Elly
Berlangganan : subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Berhenti : unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Arsip : http://sabda.org/publikasi/berita_ylsa/arsip
Blog SABDA : http://blog.sabda.org/
Facebook YLSA : http://fb.sabda.org/ylsa

Comments