Berita YLSA Juni -- Juli 2018

Editorial

Salam sejahtera,

Pada awal semester II 2018, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) disibukkan dengan berbagai tugas rutin dan juga proyek-proyek baru. Penambahan proyek baru berarti penambahan tugas-tugas baru juga, padahal saat ini, jumlah staf yang ada di YLSA masih dirasa sangat kurang. Karena itu, kami terus berdoa agar Tuhan mengirimkan lebih banyak pekerja ke YLSA, khususnya programmer, supaya banyak pekerjaan yang belum sempat terjamah bisa diselesaikan. Sementara itu, kami juga terus memikirkan bagaimana menerapkan sistem kerja yang efisien dan koordinasi yang lebih baik supaya semua tugas dapat tetap tertangani walaupun dengan jumlah tenaga yang terbatas. Kami sungguh berterima kasih jika para Sahabat dan Pendukung YLSA juga turut memohon kepada Tuhan agar Dia berkenan mengirimkan lebih banyak pekerja untuk melayani di ladang-Nya ini.

Kami juga ingin mengajak para Sahabat dan Pendukung YLSA untuk bersyukur melihat buah-buah pelayanan YLSA Semester I 2018 (Januari - Juni). Buah-buah pelayanan ini dapat dilihat dari hasil raker YLSA yang kami selenggarakan pada awal Juli yang lalu. Selain mengucap syukur, kami juga terus waspada dan berdoa agar buah-buah itu terpelihara dengan baik dan tidak ada yang terbengkalai sehingga nama Tuhan terus diluaskan dan ditinggikan. Terpujilah nama-Nya selalu!

Yulia

In Christ,
Ketua YLSA,
Yulia Oeniyati
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

1. Perkembangan Pengerjaan Proyek AYT pada Juni 2018

AYT

Kami bersyukur kepada Tuhan Yesus karena sebanyak 36 kitab Perjanjian Lama Alkitab Yang Terbuka (AYT) telah masuk ke tahap release candidate dan di beberapa jalur produk pelayanan YLSA, teks AYT sudah diperbarui, seperti situs Alkitab SABDA, Alkitab Mobile, aplikasi AYT, dsb.. Saat ini, tim AYT maju ke langkah berikutnya, yaitu mengerjakan data-data seputar teks AYT yang akan mendukung sistem belajar Alkitab yang terbuka. Data-data yang kami kerjakan antara lain: ringkasan setiap pasal Alkitab, judul perikop, pengantar kitab, dan tema kunci dalam Alkitab. Lalu, kami juga mempersiapkan proyek derivatif AYT, seperti AYT bergambar, pustaka terbuka, audio AYT, dsb.. Semua ini sedang dalam pengerjaan awal. Masih cukup banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan agar seluruh ekosistem AYT menjadi lengkap. Ada banyak pergumulan yang Tuhan izinkan terjadi di tengah-tengah pengerjaan proyek AYT ini. Namun, kami bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada Sahabat dan Pendukung YLSA yang terus mendukung kami dalam doa sehingga proyek AYT dapat terus berjalan dengan baik. To God be the glory!

 

2. YLSA Melangsungkan Rapat Kerja Tengah Tahun 2018

Raker

Puji Tuhan! Pada 2 -- 3 Juli 2018, seluruh staf YLSA dapat mengikuti rapat kerja tengah tahun (raker mini) dengan baik. Setiap tim telah menyampaikan laporan dan evaluasi pelayanan semester I/2018. Kami sungguh bersyukur melihat buah-buah yang dihasilkan selama satu semester pertama ini. Walaupun ada kegagalan di sana-sini, tetapi kami percaya bahwa hal itu mendorong kami untuk lebih bersungguh-sungguh lagi melayani pada semester II/2018. Selain itu, kami juga menyampaikan rencana kerja semester II/2018. Penjelasan lebih lengkap mengenai arah pelayanan YLSA ke depan dapat Anda ikuti dalam kolom Mengenal YLSA. Mohon doakan agar Tuhan Yesus menolong pelaksanaan program kerja semester kedua ini sehingga kami dapat bekerja sebaik mungkin dan siap untuk fleksibel sesuai dengan kehendak-Nya.

3. Reorientasi Tugas

Untuk menyesuaikan jumlah staf dengan tugas-tugas yang ada di SABDA, maka pada semester II 2018 ini, beberapa staf YLSA mengalami penyesuaian tugas. Karena itu, beberapa pelatihan mulai diberikan kepada beberapa staf agar ada peningkatan kompetensi demi kelancaran tugasnya yang baru. Mohon terus dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA agar Tuhan menolong masa training dan reorientasi tugas yang ada. Doakan pula agar Tuhan mengirimkan staf baru karena banyak tugas dan proyek yang masih mengantre untuk dikerjakan, khususnya tugas-tugas untuk programmer. Bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang mengetahui ada jemaat Tuhan yang rindu berkarier dalam dunia pelayanan, silakan menginformasikan situs lowongan SABDA kepada mereka.

Mengenal YLSA

Highlight Pelayanan YLSA Semester I / 2018: "AIM"

AIM

Pada raker YLSA Juli 2018 yang lalu, kami membicarakan tentang proyek Alkitab yang selama ini sudah dikerjakan oleh YLSA. Secara singkat, kami menyebutnya "AIM". Kata Aim dalam bahasa Inggris didefinisikan sebagai tujuan atau sasaran. Namun, "AIM" yang dimaksud di sini adalah singkatan untuk menjelaskan tentang pencapaian yang telah dilakukan YLSA sejak bertahun-tahun yang lalu, khususnya beberapa tahun terakhir. Singkatan apakah AIM itu?

A: Alkitab Yang Terbuka (AYT)

AYT

Secara tidak langsung, sejak 2009, YLSA sudah diarahkan Tuhan untuk terjun ke dalam pelayanan penerjemahan Alkitab. Alkitab yang dikerjakan oleh YLSA adalah "Alkitab Yang Terbuka" (AYT). Namun, bukan hanya teks AYT yang dikerjakan, tetapi perlahan dan pasti, YLSA juga mengerjakan seluruh ekosistemnya karena tujuan utama YLSA bukan hanya menyelesaikan teks Alkitab, tetapi juga bagaimana teks ini dapat digunakan secara luas untuk studi Alkitab yang mendalam. Selama semester I dan awal semester II 2018, YLSA telah menyelesaikan proses penyuntingan teks AYT Perjanjian Lama. Usaha selanjutnya adalah mengerjakan derivatif proyek AYT, seperti diaglot, AYT bergambar, AYT Studi Alkitab, interlinear, leksikon, dll..

I: Integrated Bible Study System/Platforms

Integrasi

Selain dikenal sebagai yayasan penyedia Alkitab digital dalam berbagai versi, bahasa, dan bahasa suku, YLSA juga merupakan penyedia sumber-sumber bahan biblika yang mendukung pembelajaran Alkitab yang terintegrasi. Sumber-sumber bahan biblika yang dimaksud, seperti kamus Alkitab, tafsiran, peta, pengantar kitab-kitab, dll., diintegrasikan ke dalam sistem dan kepada alat-alat yang sangat berguna untuk penggalian Alkitab yang bertanggung jawab. Selain itu, YLSA tidak hanya menyediakan Alkitab dan sumber-sumber bahan biblika dalam situs (daring), tetapi juga dalam platform lain, seperti software Alkitab (luring), aplikasi-aplikasi Android, dst.. Salah satu alat biblika istimewa yang dikerjakan oleh YLSA (dan terbaik di dunia saat ini) adalah interlinearisasi (ITL) Alkitab. Interlinear yang ada saat ini telah tersedia dalam lima Alkitab, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

M: Media First

AlkiMEDIA

Dengan berkembangnya teknologi informasi, khususnya dalam dunia yang serba multimedia, YLSA juga melihat kebutuhan besar pembelajaran Alkitab bagi generasi digital abad ke-21 dengan menggunakan sumber-sumber biblika yang bersifat visual. Karena itu, YLSA mulai memikirkan strategi Media First sebagai cara untuk mengembangkan sistem belajar Alkitab yang terintegrasi dengan bahan-bahan media Alkitab. Untuk memungkinkan hal ini, YLSA tidak dapat bekerja sendiri karena sudah ada organisasi lain yang berkecimpung dalam dunia multimedia. Kerja sama dan kemitraan terus digalang selama beberapa tahun terakhir, di antaranya: Alkitab Proyek Indonesia (The Bible Project), komik Alkitab (Kingstones), Alkitab bergambar PL dan PB, Alkitab audio (FCBH, GR, dll..), dan banyak lagi. Dengan gembira, YLSA sebentar lagi juga akan meluncurkan aplikasi AlkiMEDIA, sebuah alat studi yang sarat dengan muatan bahan-bahan media yang visual.

Sebagai ucapan syukur kepada Tuhan, sampai semester I 2018 ini, kami telah melihat dengan lebih jelas:

- Teks AYT tahap ini akan segera selesai [A].
- Sistem studi Alkitab yang terintegrasi sangat menolong pembelajaran Alkitab yang bertanggung jawab [I].
- Untuk memperkaya cara pembelajaran Alkitab abad ke-21, bahan-bahan media Alkitab yang visual sudah dan akan terus ditambahkan [M].

Arah pelayanan YLSA selanjutnya setelah AIM adalah "MAGICS". Penjelasan lebih lengkap mengenai "MAGICS" akan kami paparkan dalam Berita YLSA edisi 143 / Juli -- Agustus 2018. Terima kasih.

Suara Sahabat YLSA

Pesan untuk Staf YLSA dari Badan Pembina YLSA

Berikut ini adalah sedikit cuplikan kata sambutan dari Badan Pembina YLSA saat membuka Raker Mini YLSA pada 2 Juli 2018. Kiranya menjadi berkat pula bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang selama ini terlibat dan mendukung pelayanan YLSA.

Surat Sahabat YLSA

"Konteks yang paling hakiki dari pekerjaan SABDA adalah kita mengerjakan pekerjaan yang kekal, sesuatu yang tidak terbandingkan. Dalam kesementaraan kita, kita mengerjakan hal-hal yang bersifat kekal. Kita menikmati anugerah Tuhan, tetapi kita juga ada dalam dunia untuk mengerjakan pekerjaan-Nya. Tidak ada pemisahan antara pekerjaan rohani atau pekerjaan sekuler. Pekerjaan Tuhan itu sangat indah, tetapi kalau dikerjakan dengan sembarangan, Tuhan akan pukul kita dengan keras. Kalau Tuhan sudah mengkhususkan kita untuk melakukan pekerjaan-Nya, ini adalah kebanggaan ....

Kemajuan teknologi saat ini melesat naik. SABDA mengerjakan bagiannya dalam kemajuan itu. Kita menangkapnya dan memakainya untuk pekerjaan Tuhan. Hal ini harus dapat dipahami oleh semua staf yang melayani di YLSA. Kerjakanlah semua tugas di SABDA dengan kesungguhan karena kita melakukan pekerjaan Tuhan (Kolose 3:23). Meskipun SABDA pada awalnya dipakai oleh orang-orang biasa, tetapi sekarang, pekerjaan SABDA sudah semakin tersebar luas di seluruh masyarakat Kristen Indonesia. Saya mendengar kesaksian bahwa ada banyak orang yang memakai produk-produk pelayanan SABDA. Sebab itu, mari kerjakan pekerjaan di SABDA dengan kebanggaan, bukan karena gaji, melainkan untuk Bapa kita di surga. Kalau ada pergumulan pribadi, berdoalah memohon pertolongan Tuhan agar kita tetap dapat mengerjakan pekerjaan kita dengan baik. Ada momen-momen yang Tuhan berikan, yang sudah disiapkan bagi kita. Kita harus peka untuk menangkapnya. Kesempatan hanya bisa ditangkap oleh mereka yang siap. Dibutuhkan hikmat dari Tuhan untuk menangkap momen itu. Saat ini, saya diberi momen oleh Tuhan untuk mengambil bagian dalam pekerjaan SABDA, yaitu dengan menyediakan developer untuk pengembangan Bible Engine bagi YLSA. Bekerja bagi Tuhan adalah suatu privilege. Saya akan puas sekali jika pekerjaan ini pada akhirnya selesai. Tidak kebetulan jika kita semua saat ini sedang mengerjakan pekerjaan ini ....

Kita memiliki Bapa di surga yang memberikan tugas untuk kita kerjakan. Mari kita kerjakan [dengan] sungguh-sungguh, belajar terus dengan penuh semangat. Kita mengerjakan pekerjaan yang kekal dan banyak menolong orang dengan teknologi yang begitu maju, sampai ke pelosok, bahkan dengan bahasa yang berbeda. Di mata Tuhan, ini sangat berharga!"

Blog SABDA

Juni -- Juli 2018

Berikut blog-blog pelayanan, peristiwa, dan informasi dari balik layar Yayasan Lembaga SABDA yang ditulis pada Juni -- Juli 2018.

  1. Raker Mini YLSA 2018 — Melayani dan Mengasihi Lebih Sungguh
  2. Pengalaman Mengerjakan Komik Alkitab di SABDA
  3. SABDA dalam Kegiatan Bible Fellowship di Yayasan Berita Hidup
Laporan Keuangan

Juni 2018
Saldo awal : Rp30.312.166,00
Total Sumbangan Juni 2018 : Rp32.437.031,00
Total Pengeluaran Juni 2018 : Rp68.966.605,00
Defisit Juni 2018 : Rp-6.288.806,00

Rincian Laporan Keuangan Juni 2018

Kami bersyukur karena Tuhan telah menggerakkan para Sahabat dan Pendukung YLSA untuk menjadi saluran berkat bagi pelayanan YLSA. Kiranya pelayanan bersama Tuhan terus-menerus memberikan semangat kepada kita untuk bisa melayani lebih baik lagi pada masa mendatang. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments