Berita YLSA Januari -- Februari 2018

Editorial

Salam sejahtera,

Seluruh staf Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) bersyukur dapat melewati awal tahun yang cukup berat ini. Selain dihadapkan dengan berbagai masalah internal staf, kami juga harus bergumul dengan masalah-masalah infrastruktur. Puji Tuhan, Dia selalu beserta dengan kami saat kami harus melewati masa-masa sulit ini. Tentu, hal ini tidak terlepas dari apa yang kami alami sebagai "peperangan rohani", terutama karena tugas berat yang sedang kami kerjakan, yaitu menyelesaikan proyek pengeditan Alkitab Yang Terbuka. Tidak ada cara lain yang bisa kami lakukan kecuali berseru kepada Tuhan agar Dia terus menopang dan menolong kami. Haleluya, pertolongan-Nya selalu datang tepat pada waktu-Nya. Kesetiaan-Nya sungguh sangat terbukti.

Untuk itu, kami, seluruh keluarga besar YLSA mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan doa-doa para Sahabat dan Pendukung YLSA. Tuhan sungguh mendengar doa kita. Terpujilah Dia, Allah yang peduli kepada anak-anak-Nya. Amin.

Yulia

Yulia Oeniyati
Pemimpin YLSA
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

1. Perkembangan Pengerjaan Proyek AYT Januari 2018

Logo AYT

Puji Tuhan! Sejak Januari 2018, Tuhan Yesus terus menolong kami untuk berfokus mengerjakan proyek AYT. Sampai akhir Januari yang lalu, tim AYT telah menyelesaikan pengeditan PL sebanyak 12 kitab sampai pada tahap baca cepat. Kitab-kitab yang sudah diedit oleh tim editor diserahkan kepada tim selanjutnya untuk dibaca dengan teliti setiap ayatnya secara cepat dan bersuara untuk mengetahui apakah teks sudah mudah dibaca dan mudah didengar. Tahap berikutnya adalah mengoreksi masukan-masukan dari tim pembaca cepat. Pada saat yang bersamaan, tim ITS telah melakukan pembaruan teks AYT PL di situs Alkitab SABDA, Alkitab Mobi, dan aplikasi Alkitab Yang Terbuka. Bersyukur atas kemajuan yang dicapai hingga Januari 2018. Kitab-kitab PL lainnya yang masih sedang dikerjakan berjumlah 12 kitab. Target kami, pada Maret 2018, seluruh kitab dapat selesai diedit. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA semua. Kiranya Tuhan senantiasa menyertai setiap langkah kami.

2. Tim ITS YLSA Mengerjakan Proyek Interlinear untuk AYT dan Alkitab Bahasa India

Salah satu proyek penting yang dikerjakan YLSA sehubungan dengan proyek AYT adalah proyek Interlinear. Proyek ini memungkinkan setiap ayat dan setiap kata yang ada di dalam ayat tersebut dapat dibandingkan secara otomatis dengan bahasa aslinya (Ibrani/Yunani). Selain proyek Interlinear Alkitab berbahasa Indonesia, tim ITS YLSA juga sedang mengerjakan proyek Interlinear yang akan digunakan untuk pengecekan penerjemahan Alkitab dalam 12 bahasa utama India. Di samping itu, kami juga menolong mempersiapkan platform digital Alkitab untuk bahasa-bahasa di India tersebut. Mohon dukungan doa agar kerja sama ini berjalan dengan lancar dan IT 4 God juga diwujudkan di seluruh dunia. Kiranya nama Tuhan dimuliakan.

3. Diskusi Daring dan Bahan-Bahan Paskah dari Tim Pembinaan YLSA

Situs Paskah

Pada Maret 2018, tim Pembinaan YLSA akan membuka diskusi grup daring bertema Paskah melalui Grup Facebook Teologi Reformed. Jika Anda tertarik untuk mengikuti diskusi yang bahannya bersumber dari artikel pengajaran Reformed ini, silakan mengontak redaksi e-Reformed melalui email dan mengisi formulir yang akan dikirimkan. Selain itu, pada bulan Maret, kami juga akan menerbitkan edisi perdana Majalah Publikasi Tim Pembinaan dengan tema Paskah. Jika Anda ingin mendapatkan majalah tersebut, silakan mengontak kami melalui email kepada redaksi. Jangan lupa, kunjungi Situs Paskah Indonesia untuk mendapatkan berbagai bahan Paskah terbaik dari kami. Kiranya para Sahabat semakin memaknai Paskah tahun ini dengan hikmat dan ucapan syukur.

4. Staf Magang dan Staf Masa Percobaan di YLSA

Staf Baru dan Magang

Pada Januari -- Februari 2018, YLSA menerima dua orang staf magang, yaitu Yoel dari UKSW Salatiga (Penerjemah bahasa Inggris) dan Nehemia dari SMK Bina Karya Karanganyar. Selain itu, kami juga sedang memberikan orientasi kepada staf masa percobaan, yaitu Lena dan Rode. Kiranya Tuhan Yesus menolong mereka untuk memiliki visi dari Tuhan dan motivasi pelayanan yang berkenan kepada Tuhan. Amin.

Mengenal YLSA

YLSA Meluncurkan Aplikasi Konseling (HE Cares) Oleh: Jeffrey Lim

Tidak dapat dimungkiri bahwa kebutuhan akan konseling makin bertambah seiring dengan bertambah banyaknya masalah dalam kehidupan manusia. Setelah manusia jatuh ke dalam dosa, permasalahan manusia selalu ada sepanjang zaman, bahkan cenderung semakin banyak dan semakin kompleks. Sebagai orang percaya, kita mengerti bahwa solusi permasalahan manusia ada di dalam firman Tuhan. Firman Tuhanlah yang merupakan jawaban atas permasalahan kehidupan manusia, dan konseling yang alkitabiah membawa manusia yang bergumul dengan masalahnya kepada firman Tuhan.

Logo HE Cares

Dalam konteks kebutuhan konseling, Yayasan Lembaga SABDA mengembangkan aplikasi konseling dengan nama HE Cares (DIA Peduli). Dengan satu praanggapan pemahaman bahwa Allah itu ada, Dia peduli, Dia masih mendengar, dan Dia berbicara kepada kita melalui firman-Nya, kami mengumpulkan bahan-bahan alkitabiah seputar masalah konseling di dalam aplikasi HE Cares ini.

Di dalam aplikasi HE Cares, Anda dapat menemukan hampir 160 kategori topik konseling dengan ayat-ayat Alkitab terkait sesuai topik dan bahan-bahan berupa artikel konseling serta audio konseling yang terkait dengan topik itu. Anda juga dapat menggunakan voice command (voice recognition) untuk menceritakan masalah Anda, dan aplikasi ini akan mencoba mencarikan bahan-bahan alkitabiah yang sesuai dengan pergumulan Anda.

Aplikasi ini bukan aplikasi untuk melakukan konseling secara peer-to-peer secara daring, melainkan lebih tepat adalah aplikasi yang mengumpulkan bahan-bahan konseling alkitabiah yang dikategorikan. Kami percaya bahwa ada tahapan-tahapan penyelesaian masalah pergumulan kehidupan. Ada tahapan ketika orang dapat menyelesaikan masalahnya sendiri bila dia menemukan wawasan dan bahan-bahan alkitabiah yang menjawab pergumulannya; ada tahapan ketika orang memerlukan rekan untuk mendoakan dan mendampinginya melewati pergumulannya; ada tahapan lebih lanjut ketika orang yang bergumul membutuhkan penanganan oleh hamba Tuhan atau konselor profesional. Aplikasi HE Cares ini lebih ditujukan untuk orang-orang yang membutuhkan bahan-bahan alkitabiah untuk menyelesaikan masalahnya dan orang-orang yang ingin membagikan bahan-bahan tersebut kepada teman-temannya yang sedang bergumul. Meski demikian, di dalam tahapan masalah apa pun, kita tentu membutuhkan terang firman Tuhan. Oleh karena itu, kami percaya bahwa aplikasi yang memuat bahan-bahan konseling alkitabiah ini akan sangat bermanfaat untuk orang-orang yang bergumul dengan berbagai masalah kehidupan.

Anda dapat mengunduh aplikasi HE Cares dengan melakukan pencarian di Google Play Store dengan kata kunci “Konseling SABDA” atau “Konseling”, atau dengan mengunjungi tautan berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.sabda.konseling

Kiranya aplikasi ini menjadi berkat bagi pergumulan Anda atau teman-teman/saudara-saudara Anda yang terkasih.

Suara Sahabat YLSA

Umpan Balik Mengenai Aplikasi Konseling (HE Cares)

Hilda

Senang akhirnya ada juga aplikasi konseling yang menggunakan Alkitab sebagai dasarnya! Topik yang disediakan sangat banyak dan fitur-fitur yang ada membantu saya untuk menemukan solusi dan renungan yang menolong saya mengatasi masalah saya bersama Tuhan. Saya akan bagikan aplikasi ini kepada teman-teman yang lain dan kiranya aplikasi ini juga bisa menjadi berkat bagi orang di luar sana.
(H. Debora)

Thanks for sharing, aplikasi ini sangat memuaskan!
(Mariani)

Arief

Puji Tuhan, semoga banyak orang terberkati dengan adanya aplikasi ini.
(Arief K.)

Tadi malam, saya mendengarkan aplikasi HE Cares bersama istri. Bersyukur, aplikasi ini bagus.
(Daniel)

Hendy

Dalam hidup ini, kita sering kali mengalami berbagai problematika dan menyelesaikan masalah itu dengan apa yang benar menurut pandangan kita saja. Terberkati dengan adanya konseling seperti ini.
(Masih Hendy)

Blog SABDA

Januari -- Februari 2018

Berikut blog-blog pelayanan, peristiwa, dan informasi dari balik layar Yayasan Lembaga SABDA yang ditulis pada Januari -- Februari 2018.

  1. Pengalaman Mengikuti Pelatihan Bahasa Ibrani
  2. Pengalaman Mengerjakan AYT: “Tuhan Menolong Kita”
  3. Pengalaman Baru Mengerjakan Tugas Membuat Gambar untuk Quote
Laporan Keuangan

Januari 2018

Saldo Desember 2017: Rp15.085.709,00
Total Sumbangan Januari 2018: Rp85.906.475,00
Total Pengeluaran Januari 2018: Rp60.702.274,00
Saldo Januari 2018: Rp40.289.910,00

Rincian Laporan Keuangan Januari 2018

Puji Tuhan, para Sahabat dan Pendukung YLSA telah dipakai Tuhan untuk menjadi saluran berkat sehingga kebutuhan dana YLSA dapat dipenuhi. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan dan memuliakan nama-Nya.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments