Berita YLSA - Januari 2005

Daftar Berita
[Editorial]
[Latest News] : 1. Update Data Situs LINKS
2. TELAGA
[Gratis] :Bahan Gratis untuk Bersaat Teduh
[Help]: Lowongan Web dan Penerjemah di YLSA
[Prayer Request] :
[Inside YLSA] :Pelayanan Biblical Computing YLSA
[Appreciation] : Terima Kasih untuk Para Sukarelawan YLSA
Terima Kasih untuk Penerbit dan Yayasan
[Financial Report]: Laporan Keuangan Bulan Desember 2004

Editorial
Kami sangat senang sekali bertemu lagi dengan para Sahabat YLSA, khususnya di awal tahun baru 2005 ini. Kami berharap, Anda memiliki semangat baru dan tinggi dalam memasuki tahun 2005 ini, karena tahun yang baru berarti kesempatan baru yang Tuhan berikan untuk berkarya bagi Kerajaan-Nya. Doa kami, kiranya rencana-rencana yang telah Anda susun untuk tahun 2005 dapat terlaksana dengan baik dan berkat Tuhan melimpah dalam hidup dan pelayanan Anda. Memasuki tahun yang baru ini, YLSA juga telah menyusun rencana- rencana besar untuk kemajuan pelayanan elektronik (komputer dan internet) di Indonesia. Untuk itu, beberapa pemikiran tentang visi dan misi YLSA akan kami bagikan dalam edisi Januari ini, khususnya yang berhubungan dengan salah satu fokus utama pelayanan YLSA, yaitu Biblical Computing. Harapan kami, para Sahabat YLSA dapat semakin mengenal pelayanan dan beban YLSA. Untuk itu, doa Anda sangat kami harapkan untuk mendukung visi dan misi YLSA, karena melalui doa-doa Andalah, Tuhan ikut bekerja menyatakan kuasa-Nya bagi pelayanan di YLSA. Silakan menyimak berita-berita lain dari YLSA, dan kami mengucapkan terima kasih untuk perhatian dan dukungan Anda yang sangat berarti bagi kami. In Christ,

Yulia Oeniyati
Pimpinan YLSA
Berita dan Pokok Doa
  1. Berdoa untuk penyelesaian CD SABDA versi 3.0 pada bulan Januari ini agar bisa berjalan dengan baik dan dicetak dengan cepat.
  2. Berdoa untuk planning program kerja YLSA tahun 2005.
  3. Doakan untuk kebutuhan SDM baru (web master dan penerjemah).
  4. Doakan untuk kebutuhan dana yang dibutuhkan YLSA.
  5. Doakan selalu para sukarelawan YLSA yang sudah dan masih membantu YLSA melakukan pelayanan bersama.

Mengenal YLSA
PELAYANAN BIBLICAL COMPUTING - DI YLSA Fokus Pelayanan YLSA Selama satu tahun terakhir ini, kami melihat pewujudan visi YLSA menjadi semakin jelas. Beberapa cara penjabaran baru kami coba terapkan untuk dapat mengakomodasi pemikiran-pemikiran baru dalam mencapai visi dan misi YLSA. Penjabaran baru ini kami kembangkan berdasarkan empat (4) fokus utama pelayanan YLSA, yang kami gambarkan dalam 4 lingkaran yang saling mendukung. Empat lingkaran ini adalah:
  1. Biblical Computing (BC)
  2. Digital Publishing (DP)
  3. Christian Community (XC)
  4. Digital Learning (DL)
Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan lingkaran utama I, yaitu pelayanan YLSA dalam bidang BIBLICAL COMPUTING. Tiga lingkaran utama lainnya akan kami jelaskan pada kesempatan lain. BIBLICAL COMPUTING Apakah yang dimaksud dengan BIBLICAL COMPUTING (selanjutnya disingkat BC)? Melihat kombinasi dua kata yang dipakai, yaitu "biblical" dan "computing", maka secara sederhana, BC dimengerti sebagai perpaduan antara Alkitab dan komputer. Namun penyederhanaan arti BC ini sebenarnya tidak tepat karena sering BC hanya dimengerti sebagai Alkitab yang dapat diakses melalui komputer. Arti "biblical" lebih dari hanya sekadar Alkitab, dan "computing" lebih dari sekadar komputer. Jadi, lebih tepat jika BC diartikan sebagai proses penyelidikan dan penggalian Alkitab (menyangkut semua aspek dari "biblical studies"), yang dilakukan dengan bantuan program komputer. Dari arti di atas, maka kita dapat melihat BC sebagai jendela yang memungkinkan semua aspek penggalian Alkitab, yang dulu tidak mungkin dilakukan, sekarang menjadi mungkin dilakukan karena kecanggihan komputer. Beberapa contoh bisa kami sebutkan misalnya:
  • membandingkan teks beberapa versi Alkitab secara bersama-sama,
  • menampilkan teks beberapa versi Alkitab secara paralel sekaligus termasuk Alkitab dalam beragam bahasa asli/daerah,
  • mengintegrasikan teks Alkitab dengan bahan-bahan lain seperti konkordansi, referensi silang, kamus Alkitab, peta Alkitab, dan alat-alat biblika lain yang berhubungan,
  • penganalisaan teks Alkitab terjemahan dengan bahasa asli Alkitab,
  • dan lain-lain.
Selain itu, komputer juga telah menjadi alat bantu yang sangat bermanfaat dalam memproses bahan-bahan biblika, khususnya untuk memberikan hasil dengan ketelitian dan kecermatan tinggi, dalam waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan cara manual (tanpa alat bantu komputer). Agar pekerjaan Biblical Computing dapat dilaksanakan, maka diperlukan beberapa hal mendasar, seperti:
  1. Pemrosesan teks dari berbagai versi Alkitab dan alat-alat biblika, yang meliputi: pengetikan (jika belum ada dalam bentuk elektronik/digital), pembuatan indeks, dan standardisasi format.
  2. Pembuatan program software Alkitab untuk memungkinkan pengaksesan bahan dan pengintegrasiannya dengan teks Alkitab dan bahan-bahan biblika lain.
Pelayanan YLSA dalam Bidang Biblical Computing YLSA (Yayasan Lembaga SABDA) adalah yayasan Kristen non-profit yang bergerak dalam bidang pelayanan literatur/Alkitab dengan menggunakan media komputer dan internet. Kerinduan YLSA adalah menjadi pusat sumber bahan kekristenan elektronik untuk melayani masyarakat Kristen Indonesia agar dapat memakai bahan-bahan biblika yang diperlukan untuk penyelidikan Alkitab tersebut dengan mudah. BC merupakan salah satu dari 4 fokus utama pelayanan YLSA sejak yayasan ini mulai didirikan. YLSA menyadari bahwa pelayanan di bidang BC adalah pelayanan yang sangat mendasar yang diperlukan untuk mendukung kesehatan gereja dan pelayanan Kristen pada umumnya. Melalui hasil pelayanan BC, maka masyarakat Kristen akan belajar bagaimana menggali dan menganalisa teks Alkitab, juga bahan-bahan biblika dan bahan kekristenan lainnya, dengan cara yang lebih bertanggung jawab dan lebih akurat. Teks Berbagai Versi Alkitab dan Bahan-bahan Biblika Selama hampir 10 tahun pelayanannya, YLSA telah berusaha membangun infrastruktur untuk memungkinkan pelayanan bidang BC ini dapat terwujud. Salah satu hal mendasar yang sangat penting dilakukan adalah penyediaan berbagai versi Alkitab, baik dalam bahasa Indonesia Kuno (Melayu)/Modern; bahasa daerah/suku (Jawa, Sunda); bahasa asli Alkitab (Yunani dan Ibrani) maupun bahasa asing lainnya (Inggris, Latin) dalam bentuk elektronik/digital. Penggalian informasi dan pengumpulan serta pemrosesan manuskrip- manuskrip Alkitab bahasa Indonesia, baik Bahasa Indonesia kuno maupun modern, merupakan tantangan pertama. Namun hal itu dapat teratasi oleh kejujuran, tekad, dan kerja keras dari setiap orang yang terlibat dalam pelayanan ini. Puji Tuhan! kerja keras ini membuahkan hasil yang luar biasa karena saat ini, YLSA telah berhasil memproses secara elektronik 10+ versi Alkitab bahasa Indonesia untuk disebarkan dan dipakai oleh masyarakat Indonesia secara luas. Keberhasilan inilah yang memantapkan YLSA untuk mengembangkan pelayanan yang disebut sebagai "e-Bible". Dalam melaksanakan "biblical studies", memiliki teks Alkitab saja sangatlah tidak cukup. Diperlukan bahan-bahan biblika lain untuk menjadi sumber referensi dan menunjang proses penggalian dan penyelidikan Alkitab. Untuk itu, dengan bekerjasama dengan lembaga penerbitan lain, YLSA mengumpulkan dan memproses bahan-bahan yang dianggap berguna untuk dibuat bentuk elektroniknya/digitalnya. Sebagai hasilnya adalah sebuah "rak buku elektronik" yang berisi:
  • berbagai bahan biblika (konkordansi, sistem referensi silang, sistem catatan ayat, kamus Alkitab, kamus bahasa/leksikon, peta Alkitab, dan masih banyak lagi.) dan
  • bahan-bahan pelayanan lain (bahan PA, buku-buku doktrin, buku-buku teologia praktis, dll.).
Program Software Alkitab -- Online Bible (versi Indonesia) Tantangan kedua yang dihadapi YLSA dalam pelayanannya adalah mencari kerjasama dengan pihak lain untuk pembuatan program software Alkitab yang mudah digunakan, cukup canggih, yang mempunyai koleksi bahan-bahan biblika yang luas, dan mempunyai komunitas pendukung untuk mengembangkan program tersebut, sekaligus bersifat gratis (open source). Setelah melakukan banyak penelitian dan pencarian, program software Alkitab "ONLINE BIBLE" (yang diciptakan dan di- manage oleh Larry Pierce) adalah yang menjadi pilihan untuk kemudian dikembangkan oleh YLSA. Setelah melakukan diskusi dengan Larry Pierce dan melakukan modifikasi serta penyesuaian di beberapa bagian, maka lahirlah sebuah program Alkitab yang disebut SABDA (singkatan dari Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat). Program inilah yang akan mengintegrasikan teks berbagai versi Alkitab, dalam beragam bahasa, termasuk bahasa asli Alkitab, dengan bahan-bahan biblika dan banyak bahan kekristenan lain, termasuk sumber-sumber bahan dari bahasa Indonesia. Keseluruhan dari paket Biblical Computing ini, kemudian dikemas dalam banyak floppy, sampai akhirnya menjadi sebuah CD-ROM, yang untuk seterusnya dikenal dengan nama CD SABDA -- atau Online Bible versi bahasa Indonesia. Peluncuran CD SABDA CD SABDA versi 1.0 telah selesai dikerjakan sebelum tahun 1995, yang berupa teks Alkitab versi TB dan BIS dari Lembaga Alkitab Indonesia (LAI), yang kemudian diberikan kembali ke LAI secara gratis. Versi ini masih memakai program asli dari Online Bible dengan bahan-bahan lain dalam bahasa Inggris. Namun kemudian mulailah dikembangkan interface dalam bahasa Indonesia dan sedikit demi sedikit penambahan bahan-bahan lain dalam bahasa Indonesia. Selang 4 tahun kemudian (tahun 2000), CD SABDA versi 2.0 secara lengkap selesai dikerjakan, dicetak, dan disebarkan dengan gratis kepada masyarakat Kristen Indonesia secara luas. CD SABDA versi 2.0 berisi program Online Bible dalam bahasa Indonesia yang merupakan pengembangan dari versi 1.0. Bahan-bahan biblika dan bahan-bahan pelayanan yang ada dalam versi 2.0 berjumlah puluhan ribu halaman -- sebagian besar dalam bahasa Indonesia -- merupakan terbitan dan kerjasama dari berbagai penerbit Kristen Indonesia. Namun, karena adanya keterbatasan bahan-bahan biblika dalam bahasa Indonesia yang tersedia, maka beberapa bahan-bahan biblika dalam bahasa Inggris yang diperlukan masih dipertahankan. Media Biblical Computing Sebelum media CD menjadi popular di Indonesia, YLSA telah menyediakan floppy/disket bagi mereka yang menginginkan SABDA. Selain dalam versi dos, tersedia juga versi Windows dan MacIntosh. Karena media internet mulai masuk ke Indonesia tahun 1997, maka jalur dan media penting ini pun dipakai agar masyarakat bisa mengakses SABDA -- mereka bisa downloading programnya atau bisa display dan memakai SABDA lewat Web. Ketika CD akhirnya tersedia dengan mudah, maka media CD menjadi pilihan untuk menyebarluaskan SABDA kepada masyarakat Kristen Indonesia secara luas. Dunia dan media elektronik berkembang terus-menerus, demikian juga Online Bible dan YLSA dalam bidang BC. Saat ini, selain bentuk CD, ada banyak variasi media/OS untuk melipat ganda, termasuk Audio, HTML, WEB, Linux, PDA, dan lain-lain. Pada tahap berikutnya, SABDA versi 3.0 (yang sedang disiapkan dan segera diluncurkan), YLSA siap mengembangkan BC untuk dapat tersedia semua bentuk media elektronik. CD SABDA Versi 3.0 Selama 5 tahun setelah peluncuran CD SABDA versi 2.0 tahun 2000, YLSA tidak puas dan berhenti sampai di situ saja, karena masih ada banyak sekali pekerjaan Biblical Computing yang belum dikerjakan, khususnya untuk melengkapi kekurangan-kekurangan jumlah versi Alkitab yang ada dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, sejak versi 2.0 diluncurkan, YLSA bekerja keras memproses bahan-bahan biblika baru hingga akhir tahun 2004 dan awal 2005. Saat ini versi Beta dari CD SABDA 3.0, sejumlah kira-kira 150 buah, sudah dibagikan kepada beberapa kelompok orang sejak bulan Nopember y.l. untuk diuji coba. Kerinduan kami adalah pada Pebruari tahun 2005, CD SABDA versi 3.0 dapat diluncurkan! Mohon Dukungan Doa dan Dana Sampai hari ini, seluruh staf YLSA masih bekerja keras untuk menyelesaikan seluruh pemrosesan bahan dan persiapan percetakan. Oleh karena itu, dukungan para Sahabat YLSA, khususnya dalam doa dan dana, sangat kami harapkan. Mari kita bergandeng tangan guna mendukung pelayanan Biblical Computing di Indonesia, yang sampai saat ini masih sangat kurang dikerjakan. Bagi Anda yang tergerak memberikan sumbangan untuk membantu penyelesaian proyek CD SABDA versi 3.0, silakan mengirimkannya ke: YAYASAN LEMBAGA SABDA a.n. Yulia Oeniyati BCA Cabang Pasar Legi Solo No. Rekening: 0790266579
Blog SABDA
  1. UPDATE DATA SITUS LINKS
    ==> http://links.sabda.org/ Seperti yang telah kami beritakan dua bulan yang lalu, YLSA telah meluncurkan Situs LINKS, yaitu situs ´directory services ´ Kristen yang nantinya diharapkan dapat menjadi pusat informasi kekristenan terlengkap di dunia internet. Ketika diluncurkan, baru ada 400 data di Situs LINKS, karena masih dalam status uji coba. Setelah dua bulan uji coba ternyata semua berjalan cukup baik, dan sebagai hasilnya, ada beberapa perbaikan di sana sini. Nah, sebagai tahap pengembangan berikutnya, secara perlahan-lahan, kami telah mulai menambahkan data-data baru. Dan, puji Tuhan, minggu lalu data-data baru telah dapat ditambahkan, dan data saat ini yang di-upload telah mencapai 1006 data. Dengan semakin banyaknya data di Situs LINKS, maka akan semakin mudahlah bagi pengunjung untuk menemukan informasi yang dicari. Selanjutnya, kami akan terus melakukan update serta checking untuk menjamin keterkinian data yang ada. Namun, kami tidak dapat melakukannya sendiri, oleh karena itu partisipasi pengunjung sangat kami harapkan. Jika ada di antara Sahabat YLSA yang mengetahui informasi terbaru tentang situs-situs yang belum kami muat di situs LINKS, silakan cepat-cepat mengirimkan informasi dengan mengisi Formulir yang tersedia di halaman berikut:
    ==> http://links.sabda.org/submit Atau mengirimkannya kepada Redaksi, maka kami akan menambahkan data yang Anda kirim tersebut ke Situs LINKS. Selamat berkunjung!
  2. TEGUR SAPA GEMBALA KELUARGA (TELAGA)
    ==> http://www.telaga.org/ Melalui kesempatan ini, kami ingin menyampaikan informasi bahwa beberapa waktu yang lalu, Situs TELAGA (salah satu situs Mitra YLSA) sempat mengalami gangguan teknis, sehingga banyak pengunjung tidak dapat mengakses halaman-halaman dalam Situs TELAGA. Jika ada dari Sahabat YLSA yang juga merasa kecewa karena tidak dapat mengakses data di situs TELAGA, maka atas nama pengurus pelayanan TELAGA, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Tapi puji Tuhan! gangguan tersebut telah dapat diatasi dan para netter bisa kembali menikmati Situs TELAGA. Pemberitahuan tentang hal ini telah kami sampaikan lewat beberapa milis publikasi YLSA. Mudah-mudahan tidak akan ada gangguan lagi untuk mengakses Situs TELAGA. Selain itu, kami juga ingin menyampaikan informasi yang mungkin berguna bagi Anda: Organisasi yang menaungi pelayanan TELAGA, yaitu Lembaga Bina Keluarga Kristen (LBKK), akan mengadakan kerjasama dengan Yayasan Lima Roti Dua Ikan (YLRDI), untuk menyelenggarakan:
    "CAMP BINA KELUARGA 2005"
    • HARI, TANGGAL : Jum ´at - Minggu, 11-13 Maret 2005
    • TEMPAT : Berlian Cottage, Ledug - Tretes
    • TEMA : "Aku Cinta Keluargaku"
    • PEMBICARA :
      1. Pdt.Dr. Paul Gunadi Ph.D.
      2. Pdt. Timotius Wibowo S.Th., M.K.
      3. Ev. Shierly Indrawati, M.K.
      4. Heman Elia, M.Psi.
      5. Esther Tjahja, M.A. in Counseling
      6. Shelfie Tjong, S.Psi., M.K.
      7. Para guru Joyful Kids - Surabaya
    • Biaya Akomodasi & Konsumsi untuk :
      2 orang dewasa (pasutri) = Rp. 500.000,00
      2 orang dewasa + 1 anak = Rp. 550.000,00
    Pendaftaran & keterangan lebih lanjut, bisa diperoleh di:
    (1) Sekretariat LBKK, Jl. Cimanuk 58 Malang
    Telp./Fax. (0341) 493645
    (Hubungi Ibu Melany atau Ibu Lilik)
    (2) Sekretariat YLRDI, Jl. Darmo Permai Utara I no.1 Surabaya,
    Telp./Fax. (031) 7342508;
    Sabtu pk.09.00 - 12.00 WIB (Hubungi Sdri. Kris)
    Pendaftaran ditutup selambat-lambatnya tanggal 28 Pebruari 2005 atau bila jumlah peserta sudah memenuhi target. Nah, jika berminat silakan mendaftar cepat-cepat.

Appreciation
Ucapan Terima Kasih untuk Para Sukarelawan Kemajuan pelayanan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) tentu tidak lepas dari bantuan para voulenteer (sukarelawan) yang dengan tulus telah memberikan pemikiran, tenaga, talenta, dan waktunya untuk pekerjaan Tuhan di YLSA. Melalui kesempatan ini, kami ingin menyampaikan rasa apresiasi kami kepada para voulenteer, baik yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif lagi. Kami sangat bersyukur kepada Tuhan dan mengucapkan terima kasih kepada Anda untuk semua bantuan dan kerjasama yang telah diberikan. YLSA rindu terus bergandeng tangan dengan Anda untuk melayani di ladang Tuhan ini dan menjadi berkat bagi bangsa Indonesia tercinta. [ Special to: Eddy J. Poernama MD dan Budi Lewiyanto (e-AyahBunda); Meilania (e-BinaGuru); Rudi Kurniadi (e-MISI); Robby I.C. (Consulting); Melany (TELAGA); Warner J. (Bahan Misi); Keith (Consulting); Aldo (e-SH, TechSupport, dll.); Hermina Usmany (40 Hari Doa); Valerian Z. P. (SBU); Billy (Konselor); Kristianto Y. (Consulting); Tantono S. (Pengacara); dan beberapa ] Bagi para voulenteer yang pernah melayani bersama-sama di YLSA, jerih payah Anda tidak pernah sia-sia. Kemajuan YLSA adalah juga hasil perjuangan Anda. Terima kasih untuk kepercayaan Anda pada visi dan misi YLSA. [ Special to: Dwi Malistyo (e-Software/GKP); Joas Adiprasetya, Kuntadi Sumadikarya, dan John Panuluh (CyberGKI); Valeria Iranova (e-Wanita); Stanislaus Tekman (e-WebAuthor); Handaka BM (e-Manajemen); Dra. Sylvia Anggraeni (e-PTKI) Henry Manulang dan Setyabudi (e-Mahasiswa); Rio Rinaldi dan Ayub Yahya (e-Siswa); Bambang Gunawan (Penabur); Hengkie Lie dan Pdt. Moody Ratu (e-Pantekosta); Christianto Tjahyadi dan Junaedi J. (GII); Wahyu Pramudya (PESTA); Novarius Gayus dan Topson Siagian (Majus); Ihan Martoyo (e-Reformed/PESTA); Ed, Bob, dan Mike (OLB); Ka Fung, Meilina dan Heru (Penerjemah e-Konsel); Dian (Bahan Situs e-BinaAnak); Jimmy Firmansyah dan Yanto (Penerjemah Bahan Misi); dan sukarelawan-sukarelawan lain yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu. ] Ucapan Terima Kasih untuk Para Penerbit dan Yayasan Kristen Pekerjaan Tuhan terlalu besar untuk dikerjaan hanya oleh seorang individu atau sebuah yayasan, oleh karena itu YLSA sangat menyadari bahwa pekerjaan Tuhan, khususnya dalam bidang pelayanan literatur, pasti merupakan hasil kerjasama antarindividu dan yayasan. Oleh karena itu, perkenankan kami untuk mengucapkan banyak terima kasih untuk para penerbit dan yayasan Kristen yang telah dan masih terus bekerjasama dengan YLSA (maaf kami tidak menyebutkannya satu per satu pada kesempatan ini). Kami percaya, dengan bergandeng tangan tujuan kita akan tercapai. Satu tujuan kami yang pasti dalam pelayanan ini, yaitu: TO GOD BE THE GLORY!
Laporan Keuangan
LAPORAN AKTIVITAS KEUANGAN YLSA - DESEMBER 2004
A. Pemasukan
Sumbangan Yohanes KorneliusRp. 800.000,00(06/12/'04)
Sumbangan LnG/Gunawan Rp.2.000.000.00(06/12/'04)
Sumbangan David Rp. 300.000,00(06/12/'04)
Sumbangan TELAGA (Melany) Rp. 500.000,00(13/12/'04)
Sumbangan Boyke Awidia Rp. 200.000,00(14/12/'04)
Sumbangan Yusak Rp. 250.000,00(20/12/'04)
Sumbangan Tantono S. Rp. 100.000,00(29/12/'04)
Bunga Bank Rp. 3.020,00
Sumbangan lain-lain Rp. 130.000,00
   
TOTAL PEMASUKAN Rp.4.283.020,00
B.Pengeluaran
1. Pengeluaran OperasionalRp.1.818.607,00
2. Pengeluaran KepegawaianRp.6.600.000,00

TOTAL PENGELUARANRp.(8.418.607,00)
DEFISIT -Rp.4.135.587,00


Ucapan Terima Kasih
Kami sangat bersyukur untuk Sahabat-sahabat YLSA yang telah mendukung kami dalam dana. Kami berdoa untuk kasih yang melimpah pada Anda dari Allah yang memberi berkat. Bagi Anda yang tergerak untuk berpartisipasi mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:
YAYASAN LEMBAGA SABDA
a.n. Yulia Oeniyati
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi: Yulia, Tessa, Dhono, Daniel, dan Elly
Berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Berhenti : Kirim e-mail kosong ke: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Kirim bahan : Kirim e-mail ke staf Redaksi <berita-ylsa(at)sabda.org>
Arsip Berita YLSA: http://www.ylsa.org/berita_ylsa

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA.
Didistribusikan melalui sistem network I-KAN.
Copyright(c) Berita YLSA 2004
YLSA -- http://www.ylsa.org/

Comments