Berita YLSA - Februari-Maret 2016

Daftar Berita

  [Dari YLSA!]    
  [Berita dan Doa YLSA!] : 1. Seminar The Digital Word for The Digital World di JICF
    : 2. Klip Video dan Infografis Paskah dari Divisi Multimedia
    : 3. Penyusunan Program Kerja YLSA Kuartal II Tahun 2016
    : 4. Tim PESTA Menyelesaikan Kelas Diskusi Manusia dan Dosa
  [Blog YLSA!] : 1. Seminar SABDA di Jakarta International Christian Fellowship
    : 2. Perpisahan dengan Staf Magang
    : 3. Belajar Melayani dan Bekerja di YLSA
    : 4. Penyertaan Tuhan dalam Proses Magang
    : 5. Bertumbuh dan Berkembang di SABDA
    : 6. Pengalaman Magang di SABDA: Indah Pada Waktunya
  [Mengenal YLSA!] : Diskusi Buku Secara Online di Klub e-Buku SABDA
  [Surat Sahabat YLSA!] : Kesaksian Peserta Facebook Grup Konseling
  [Laporan Keuangan YLSA!] : Laporan Keuangan YLSA Bulan Februari 2016
Editorial

Berita YLSA 115/Februari-Maret 2016

Salam sejahtera dalam Tuhan Yesus Kristus,

Melihat perkembangan teknologi digital saat ini, kita perlu waspada karena jika tidak hati-hati, kita akan tenggelam di dalamnya. Dunia informasi sudah tidak lagi menjajakan informasi saja, tetapi juga hiburan yang membuat kita terlena dan tidak lagi memikirkan kebutuhan kerohanian yang harus didahulukan. Karena itu, tak henti-hentinya Yayasan Lembaga SABDA mendorong orang-orang Kristen untuk memakai gawai-gawai kita dengan benar. Selain sebagai alat komunikasi, gawai kita bisa kita pakai untuk menjadi alat yang memberi makan kebutuhan rohani kita.

Nah, Sahabat dan Pendukung YLSA, kita perlu menyadari bahwa teknologi adalah dari Tuhan. Karena itu, mari kita pakai untuk menjadi alat pelayanan yang akan memuliakan nama-Nya. Beberapa informasi di edisi Berita YLSA kali ini akan menolong Anda melihat bagaimana teknologi dapat dipakai bagi kepentingan kebutuhan kerohanian kita. Selamat menyimak.

Berita dan Pokok Doa
 

Pada tanggal 6 Maret 2016, Yayasan Lembaga SABDA mendapat undangan untuk menjadi pembicara dalam seminar yang bertema "The Digital Word for The Digital World" di Jakarta International Christian Fellowship. Salah satu hal penting yang disampaikan Ibu Yulia Oeniyati (Ketua YLSA) adalah setiap orang percaya/gereja harus menyadari bahwa saat ini kita hidup dalam era digital dan harus menjangkau generasi digital yang hidup di dalamnya. Bersyukur kepada Tuhan karena banyak peserta yang terbuka wawasannya tentang penjangkauan generasi digital. Selama ini, mereka tidak menyadari keberadaan dan urgensi memenangkan generasi tersebut. Bahan-bahan digital yang disediakan dalam booth SABDA sangat menolong peserta untuk mulai menjangkau anak-anak muda sesuai dengan kebutuhan mereka saat ini. Berdoalah kepada Tuhan Yesus agar setiap peserta dapat membagikan berkat yang mereka terima dalam seminar kepada lebih banyak orang. Kiranya Tuhan memberikan hikmat bijaksana bagi gereja untuk menggunakan teknologi dengan lebih optimal dalam ladang misi modern saat ini.

  1. Seminar The Digital Word for The Digital World di JICF

  2. Klip Video dan Infografis Paskah dari Divisi Multimedia

  3. Pada awal Maret 2016, divisi Multimedia YLSA meluncurkan sebuah video klip Paskah yang berjudul "Kasih Ilahi yang Penuh Pengorbanan". Video klip ini sudah dapat diakses dan diunduh melalui YouTube. Selain itu, divisi Multimedia juga sudah menyelesaikan infografis Paskah yang berjudul "Jalan Salib Yesus Kristus". Infografis ini bisa diperoleh dalam situs Paskah Indonesia. Kiranya Tuhan memakai video klip dan infografis ini sebagai alat untuk membawa orang percaya memaknai dengan benar arti pengorbanan Tuhan kita dan dapat menggunakannya sebagai alat untuk menyebarkan Kabar Baik kepada lebih banyak orang.
  4. Penyusunan Program Kerja YLSA Kuartal II Tahun 2016

  5. Pada bulan Maret ini, Tim Pelayanan dan Divisi ITS di YLSA sedang menyusun rincian program kerja untuk awal kuartal II tahun 2016. Kiranya Tuhan menolong setiap tim dan divisi dalam menyusun rencana kerja ini agar sejalan dengan visi dan kehendak Tuhan. Doakan juga agar staf YLSA semakin jeli melihat apa yang Tuhan tunjukkan supaya kami dapat mementingkan yang penting dan tidak mementingkan yang tidak penting.
  6. Tim PESTA Menyelesaikan Kelas Diskusi Manusia dan Dosa

    image: Diskusi MDD 2016
  7. Puji Tuhan! Kelas diskusi Manusia dan Dosa (MDD) yang diselenggarakan oleh PESTA pada Januari/Februari 2016 sudah resmi ditutup. Kami mengucap syukur kepada Tuhan karena Tuhan menuntun jalannya diskusi dan mendorong semua peserta untuk belajar. Di kelas ini terdapat 16 peserta dan seluruh peserta lulus mengikuti kelas ini. Kami berharap kiranya di kelas-kelas yang lain semakin banyak peserta yang Tuhan kirimkan dan PESTA dapat menjadi perpanjangan Tuhan untuk memberikan pengajaran alkitabiah kepada masyarakat luas.
Mengenal YLSA
Diskusi Buku Secara Online di Klub e-Buku SABDA
Ditulis oleh: Santi Titik Lestari
image: Cover KBS

Kesadaran akan pentingnya membaca menjadi kerinduan Yayasan Lembaga SABDA untuk terus mendorong orang-orang Kristen gemar membaca buku-buku Kristen. Tak hanya mendorong, YLSA pun menyediakan wadah bagi orang-orang Kristen yang gemar membaca buku-buku Kristen untuk saling berbagi berkat, berdiskusi tentang isi buku-buku tersebut, dan belajar pengertian iman Kristen dengan lebih dalam. Melalui platform media sosial Facebook, YLSA membuka Grup Klub e-Buku SABDA pada tahun 2011. Sejak awal mula dibuka hingga sekarang, Klub e-Buku SABDA sudah mendiskusikan delapan buku, dan tiga artikel sebagai bahan selingan diskusi, dengan rata-rata 25 peserta dalam setiap kelas diskusi.

image: Diskusi KBS

Kelas diskusi ini sangat disiplin, mulai dari penerimaan peserta yang harus mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu, adanya peringatan-peringatan bagi peserta yang kurang aktif di sela-sela berlangsungnya diskusi, sampai adanya pengumuman kelulusan kelas diskusi. Dalam diskusi ini, ada seorang moderator yang bertugas memandu jalannya diskusi sehingga diskusi bisa tetap terarah dan fokus. Walau sistemnya seperti kelas pada umumnya, diskusi berlangsung dengan lancar dan asyik karena para peserta boleh membagikan hasil pembelajaran, perenungan, pemikiran, dan pergumulan mereka terhadap isi buku yang sedang didiskusikan.

Puji Tuhan, kami merasakan dampak yang positif dari adanya diskusi buku secara online ini. Selain dapat menumbuhkan kemampuan orang Kristen untuk saling mempertajam pengertian iman Kristen yang alkitabiah, grup ini juga menjadi wadah bagi komunitas orang Kristen yang dapat secara rutin bertemu untuk menularkan budaya membaca dan hidup iman Kristen yang sehat. Kami juga bersyukur karena bisa merasakan penyertaan Tuhan terhadap semua peserta selama masa-masa diskusi berlangsung. Mulai dari diskusi buku berhalaman tipis sampai yang tebal, para peserta bisa bertahan untuk membaca, belajar, dan berbagi sampai diskusi selesai. Beberapa diskusi buku pernah kami lakukan sampai berbulan-bulan dan para peserta terus aktif mengikutinya. Kini, kami mengajak Anda untuk menjadi bagian dari komunitas kami. Silakan bergabung di Klub e-Buku SABDA dan nantikanlah diskusi buku selanjutnya!

Suara Sahabat YLSA
Kesaksian Peserta Facebook Grup Konseling

Puji Tuhan! Pada tanggal 15 -- 26 Februari 2016, tim Penjangkauan YLSA telah melangsungkan diskusi di Grup e-Konsel yang membahas artikel berjudul "Kemerdekaan Kasih". Berikut ini adalah kesaksian dari beberapa peserta. Kiranya menjadi berkat.

image: Eveline Tay

Eveline Tay: Saya sungguh senang dan sangat bersyukur mempunyai kesempatan untuk ikut grup ini sehingga saya bisa ada kesempatan untuk lebih memahami firman Tuhan yang diajarkan tentang "KASIH". Saya juga mempunyai kesempatan berbagi. Harapan saya, firman Tuhan dan teladan dari Tuhan boleh menjadi suatu dorongan bagi saya untuk tetap maju melayani lebih baik lagi. Tuhan Yesus memberkati.

image: Young Joseph

Young Joseph Xie: Bagi saya, pengalaman kali ini ikut diskusi di e-konsel adalah semakin nyata perbedaan antara arti kemerdekaan kasih dan kasih yang legalistik. Harapannya, kasih kita semakin bertumbuh menjadi lebih sesuai dengan kehendak-Nya.

image: Henny Lodia Foes

Henny Lodia Foes: Kesan yang saya dapatkan adalah saya diingatkan lagi untuk lebih mengasihi. Sebab, hari-hari yang kita lewati bukan semakin baik, tetapi semakin sulit. Saya diingatkan untuk tetap belajar mengasihi walau dalam keadaan yang sukar dan sulit, tidak menjadi orang yang mengasihi diri sendiri. Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih karena telah mengizinkan saya mengikuti grup ini sehingga saya dapat belajar bagaimana bisa menerapkan kasih. GBU

image: Poedjo Sutrisno

Poedjo Soetrisno: Kesan saya terhadap diskusi e-Konsel tentang "Kemerdekaan Kasih": materi ini merupakan materi yang sangat baik bagi kita orang percaya untuk berubah setelah Kristus memerdekakan kita dan menebus dosa kita. Dengan begitu, oleh pertolongan Roh Kudus kita diubah menjadi manusia baru yang berangsur-angsur menjadi serupa dengan Tuhan Yesus.

image: Djan Sian

Djan Sian: Saya senang bisa ikut dalam diskusi ini karena banyak mendapat berkat dari pendapat teman-teman, banyak belajar dari kesaksian teman-teman yang menyadarkan dan memicu saya untuk bisa mempraktikkan kasih itu dalam banyak hal.

Blog SABDA
Februari -- Maret 2016

Blog SABDA adalah situs yang memuat tulisan mengenai pelayanan, peristiwa, dan informasi dari balik layar Yayasan Lembaga SABDA. Berikut ini beberapa blog yang ditulis pada Februari -- Maret 2016.

  1. Seminar SABDA di Jakarta International Christian Fellowship
  2. Perpisahan dengan Staf Magang
  3. Belajar Melayani dan Bekerja di YLSA
  4. Penyertaan Tuhan dalam Proses Magang
  5. Bertumbuh dan Berkembang di SABDA
  6. Pengalaman Magang di SABDA: Indah Pada Waktunya
Laporan Keuangan
Februari 2016
Total Sumbangan Februari 2016: Rp 39.266.133,-
Total Pengeluaran Februari 2016: Rp 51.521.883,-

Puji Tuhan, para Sahabat YLSA telah menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menyalurkan dana yang YLSA butuhkan. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan. Berkat Tuhan menyertai kita semua.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

a.n. Yulia Oeniyati/ Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo

No. Rekening: 0790266579

Comments