Berita YLSA Desember 2018 -- Januari 2019

Editorial

Kepada para Sahabat dan Pendukung Yayasan Lembaga SABDA (YLSA), kami mengucapkan "Selamat tahun baru 2019". Kiranya Tuhan memberi kekuatan baru pada tahun ini untuk terus berjuang bagi Kerajaan-Nya.

"Tak berkesudahan kasih Tuhan, selalu baru setiap hari." Demikianlah yang kami alami saat menapaki tahun baru 2019. Sekalipun kami memulai pelayanan 2019 dengan berbagai masalah dan tantangan, tetapi kasih Tuhan cukup untuk menolong kami terus menjalankan panggilan-Nya. Puji Tuhan!

Melalui Berita YLSA edisi Januari ini, Sahabat dan Pendukung YLSA kami suguhi dengan beberapa berita, khususnya tentang Raker (rapat kerja) YLSA. Untuk lebih lengkapnya, silakan mengikutinya di kolom Berita. Doakanlah kami, karena tanpa penyertaan Tuhan, semua pelayanan yang kami rencanakan tidak ada artinya. Biarlah kami terus belajar untuk rendah hati dan selalu mengakui otoritas Tuhan dalam setiap keputusan yang kami ambil. Kami juga akan terus berdoa bagi Sahabat dan Pendukung YLSA agar kuasa Tuhan nyata dalam hidup kita masing-masing. Amin! Soli Deo gloria!

Yulia

In Christ,
Ketua YLSA,
Yulia Oeniyati
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

1. Restrukturisasi Pelayanan YLSA 2019

Raker YLSA 2019

Menjelang Rapat Kerja YLSA 2018/2019, seluruh staf YLSA didorong untuk berpikir banyak tentang restrukturisasi. Sudah saatnya struktur YLSA diubah agar lebih relevan dengan kebutuhan 2019. Agenda utama pertemuan adalah untuk menajamkan visi dan fokus pelayanan YLSA 2019. Dari sosialisasi restrukturisasi pelayanan YLSA untuk 2019, kami semakin melihat adanya kebutuhan untuk menambah, melebur, bahkan mengganti beberapa pelayanan. Pada 2019 ini, kami akan berfokus pada bagaimana membawa pengguna SABDA untuk lebih berinteraksi dengan bahan-bahan yang kami sediakan, khususnya Alkitab (Bible Engagement). Oleh karena itu, seluruh tim menyelaraskan kegiatan dan proyeknya dengan fokus ini. Salah satu penyesuaian yang cukup besar adalah melebur tim-tim pelayanan YLSA (Tim Penjangkauan, Tim Pembinaan, Tim Pendidikan, dan Tim Biblika) untuk menjadi tim Komunitas YLSA. Tolong doakan agar hasil raker YLSA 2018/2019 menolong kami untuk mengikuti pimpinan Tuhan sehingga pelayanan kami bisa lebih efektif dan efisien di tengah keterbatasan staf yang ada.

2. YLSA Menerbitkan Newsletter Suara SABDA

Suara SABDA Januari/1

Mulai Januari 2019, YLSA secara resmi menghentikan penerbitan 11 publikasi yang biasa terbit secara berkala. Hal ini dilakukan karena pelayanan YLSA ingin lebih berfokus pada pengembangan komunitas agar para pelanggan lebih berinteraksi dengan Alkitab dan bahan-bahan pelayanan yang ada. Sebagai penggantinya, pelanggan publikasi YLSA akan menerima newsletter Suara SABDA, yang terbit sebulan dua kali dan memuat informasi terbaru terkait bahan-bahan pelayanan yang kami perbarui. Doakan agar dengan Suara SABDA ini, setiap pelanggan publikasi bisa melihat pelayanan SABDA dengan lebih utuh karena dikemas dalam satu publikasi. Untuk melihat arsip Suara SABDA, silakan mengakses URL berikut ini: http://sabda.org/publikasi/suara_sabda/. Jika ada Sahabat dan Pendukung YLSA yang ingin berlangganan Suara SABDA, silakan mengirimkan email ke berlangganan@sabda.org.

3. Tim ITS YLSA Membuat Aplikasi OLB (OnLine Bible) Reader

OLB Reader

Selama ini, pengguna Software SABDA (OnLine Bible versi Indonesia) hanya dapat mengakses bahan-bahan yang terdapat dalam software tersebut melalui komputer desktop. Kerinduan kami adalah bahan-bahan tersebut dapat diakses dengan lebih luas oleh masyarakat Kristen Indonesia melalui ponsel pintar. Oleh karena itu, tim ITS YLSA dengan tekun telah membangun aplikasi OLB Reader yang nantinya akan dapat diakses melalui ponsel pintar Android maupun iOS. Kiranya Tuhan menolong tim ITS dalam penyelesaian aplikasi OLB Reader ini supaya segera menjadi berkat bagi banyak pengguna.

4. YLSA Menerima Staf Magang dari Universitas Kristen PETRA untuk Januari/Februari 2019

Isak dan Fransisco

Selama 2 Januari -- 1 Maret 2019, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) menerima dua staf magang dari Universitas Kristen PETRA, Surabaya. Mereka adalah Isak dan Fransisco. Selama magang di YLSA, mereka mengerjakan beberapa proyek penting, salah satunya yang terkait dengan SABDA Komik dan AYT.co. Selain menjalankan kewajiban dari kampus dan tugas dari YLSA, mereka juga dapat belajar arti melayani Tuhan selama masa magang mereka. Doakan juga agar mereka dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan baik sehingga dapat menjadi kontribusi bagi pekerjaan Tuhan melalui YLSA.

Mengenal YLSA

Lowongan di YLSA: Does God Have an IT Ministry Career for You?

Lowongan YLSA

Kurangnya sumber daya manusia selalu menjadi pergumulan YLSA dari tahun ke tahun, padahal semakin banyak proyek yang dikerjakan YLSA. Ada banyak proyek yang sudah mengantre untuk dikerjakan, tetapi hanya sedikit pekerja yang mampu mengerjakannya. Karena itu, kami terus memohon kepada Tuhan agar mengirimkan anak-anak Tuhan yang memiliki kompetensi dalam bidang IT untuk melayani, bertumbuh, dan bergabung bersama kami. Selain berdoa, kami juga menyebarkan informasi lowongan YLSA, baik secara daring maupun luring. Pada kesempatan ini, kami ingin mengajak Sahabat dan Pendukung YLSA untuk turut membagikan informasi ini kepada rekan-rekan yang dikenal. Siapa tahu, ini dapat menjadi alat Tuhan untuk menggerakkan orang-orang yang tepat untuk mengerjakan panggilan yang dikehendaki-Nya.

Yayasan Lembaga SABDA adalah yayasan misi Kristen yang bergerak dalam bidang biblika dan pelayanan literatur digital. Produk utama SABDA adalah software Alkitab, situs-situs studi Alkitab, aplikasi-aplikasi biblika, bahan-bahan literatur kekristenan, kelas teologi daring, multimedia Kristen, dan komunitas media sosial Kristen. YLSA selalu mencari terobosan-terobosan baru untuk memanfaatkan teknologi terbaru demi perluasan Kerajaan Allah. Target utama pelayanan YLSA adalah menjalankan panggilan Amanat Agung untuk generasi digital. Moto YLSA adalah "IT4God", karena kami percaya teknologi adalah dari Tuhan dan harus kembali dipakai untuk memuliakan Tuhan.

Lowongan YLSA

Berikut adalah posisi yang sangat dibutuhkan saat ini di YLSA.

  • Core Programmer
  • Web Programmer
  • Mobile Programmer
  • Desainer dan Staf Multimedia
  • Pengajar Kelas Teologi Online
  • Penerjemah dan Editor (Penyunting)

Syarat umum: Memiliki kompetensi sesuai dengan posisi di atas, mengasihi Tuhan dan firman-Nya, senang belajar hal-hal baru, bisa bekerja dalam tim, dan bersedia ditempatkan di Solo selama minimal dua tahun (full-time). Jika Anda atau rekan Anda tertarik, kami mengajak Anda untuk bergabung melayani Tuhan bersama di YLSA! Mari kita mempersembahkan kemampuan dan talenta kita bagi Tuhan!

Kirimkan surat lamaran, CV, referensi/rekomendasi dari gereja, portofolio, dll. ke alamat:

Yayasan Lembaga SABDA - HRD
Kotak Pos 25 / SLONS
Surakarta, Jawa Tengah 57135

Atau, lewat email ke: cv@sabda.org

Informasi lebih lengkap dapat Anda peroleh melalui situs Lowongan SABDA. Terima kasih.

Suara Sahabat YLSA

Kesaksian Peserta Natal YLSA 2018 (Peluncuran Proyek SABDA Komik)

Bertepatan dengan perayaan Natal keluarga besar YLSA yang diselenggarakan pada 19 Desember 2018, YLSA secara resmi meluncurkan SABDA Komik untuk masyarakat Kristen Indonesia. Diharapkan, proyek ini menjadi suatu kabar gembira bagi generasi digital karena telah bertambah satu lagi media untuk belajar Alkitab yang menyenangkan dalam bahasa Indonesia. Berikut ini adalah kesaksian dari peserta Natal YLSA mengenai proyek SABDA Komik.

Pdt. Imanuel Manati Zega

“Menurut saya, acara Natal pada malam hari ini sangat berbeda dengan Natal yang diadakan oleh komunitas atau gereja lain. Kita tidak hanya disuguhi dengan khotbah. Pesan Natal disampaikan dalam bentuk literatur yang bertanggung jawab sehingga memudahkan kita untuk mengerti pesan Natal itu sendiri. Yang menarik adalah komik Kisah Kasih Abadi. Komik ini mengisahkan isi Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu yang dapat disampaikan dengan begitu jelas dan nyata sehingga bisa ditarik benang merahnya. Kedatangan Kristus merupakan agenda surgawi yang dirancang sedemikian rupa dalam kekekalan. Tentang kedatangan Kristus, hal tersebut diceritakan dengan lengkap dalam komik ini. Alkitab begitu luas, tetapi komik ini dapat merangkum dengan jelas. Saya merekomendasikan agar gereja, sekolah, dan rumah sakit mempertimbangkan penggunaan komik ini sebagai bahan edukasi. Masyarakat indonesia rugi jika tidak mempelajari komik ini. Ke depannya, kiranya komik seperti ini muncul kembali agar dapat dibagikan ke masyarakat Indonesia.”

[Pdt. Imanuel Manati Zega]

Hesti

“Saya sangat terkesan dengan Natal SABDA karena mendapatkan pelajaran yang luar biasa dari video yang diputar, yaitu animasi dari komik Kisah Kasih Abadi. Isi komik mengandung pembelajaran yang baik untuk diaplikasikan dalam sekolah minggu. Saya, yang masih bersekolah di salah satu STT, bisa mengajarkan tentang Kristus kepada anak sekolah minggu melalui komik Kisah Kasih Abadi ini.”

[Hesti]

Kristian

“Betapa pentingnya mengenal Yesus lebih dalam. Pada zaman sekarang, banyak anak muda yang hanya berlama-lama bermain ponsel daripada membaca Alkitab. Saya berharap, proyek SABDA komik ini bermanfaat bagi anak-anak dan orang tua karena dapat membuat anak-anak lebih nyaman dalam membaca Alkitab dan bisa mengenal Yesus lebih dalam.”

[Kristian]

Andi

“Saya bersyukur dapat mengikuti perayaan Natal di SABDA karena saya boleh mengingat kembali kelahiran Yesus Kristus. Saya juga belajar menyerahkan diri kepada Tuhan seperti Maria. Bersyukur untuk proyek SABDA Komik yang dapat menjangkau generasi anak-anak yang suka komik untuk memvisualkan Alkitab. Saya berharap SABDA tetap berkomitmen menjangkau anak-anak muda lewat media.”

[Andi]

Noviana

“Puji Tuhan! Saya dapat menikmati komik SABDA (melalui animasi komik Kisah Kasih Abadi) yang secara lengkap menceritakan kisah penciptaan hingga kelahiran Yesus. Animasi ini jelas, padat, dan berkesan bagi anak muda karena dibuat dengan konsep komik. Saya berharap proyek SABDA Komik bisa berkembang makin maju. Bila perlu, bukan hanya komik webtoon yang merajai, tetapi juga komik dari SABDA.”

[Noviana]

Anda dapat mengakses kesaksian peserta Natal YLSA 2019 dan berkas presentasi mengenai proyek SABDA Komik melalui tautan-tautan berikut ini:

Terima kasih banyak atas setiap kesaksian yang diberikan. Kami juga mengundang Sahabat dan Pendukung YLSA untuk bergabung dalam komunitas SABDA Komik (situs Komik.App, Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest) untuk mengikuti perkembangan proyek ini setiap saat. Terima kasih.

Blog SABDA
Laporan Keuangan

Desember 2018
Total Sumbangan Desember 2018 : Rp68.382.384,00
Total Pengeluaran Desember 2018 : Rp115.177.143,00

Rincian Laporan Keuangan Desember 2018

Kami bersyukur karena Tuhan telah menggerakkan para Sahabat dan Pendukung YLSA untuk menjadi saluran berkat bagi pelayanan YLSA. Kiranya pelayanan bersama Tuhan terus-menerus memberikan semangat kepada kita untuk bisa melayani lebih baik lagi pada masa mendatang. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments