Berita YLSA Agustus -- September 2017

Daftar Berita

  [Dari YLSA!]    
  [Berita dan Doa YLSA!] : 1. Menjelang Peringatan Ulang Tahun ke-23 YLSA
    : 2. Staf Magang Fakultas Bahasa dan Sastra UKSW
    : 3. Ucapan Syukur 18 Tahun Pelayanan Pendidikan Elektronik Studi Teologi Awam
    : 4. Belajar, Bertumbuh, dan Berkarya bagi Tuhan Bersama Tim Penjangkauan YLSA
  [Mengenal YLSA!] : Dua Puluh Tahun Publikasi YLSA
  [Surat Sahabat YLSA!] : Surat dari Pelanggan Publikasi YLSA
  [Blog YLSA!] : 1. Mereka yang Haus pun Mengantre – Testimoni Roadshow SABDA di Surabaya
    : 2. Staf YLSA Mengikuti Training Kepemimpinan: Talent is Never Enough
    : 3. Pengalaman Mengikuti Grand Concert Tour 2017
  [Laporan Keuangan YLSA!] : Laporan Keuangan YLSA Agustus 2017
Editorial

Salam hangat untuk para Sahabat dan Pendukung YLSA,

Puji Tuhan! Bulan berganti bulan dan kesetiaan Tuhan terus kita rasakan. Melalui edisi Berita YLSA September ini, kami ingin memperkenalkan salah satu pelayanan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) yang paling awal, yaitu publikasi elektronik YLSA. Kiranya pengenalan ini dapat menjadi pengingat bagi para Sahabat dan Pendukung SABDA untuk berdoa bagi pelayanan publikasi YLSA.

Kami juga bersyukur untuk rencana merayakan ulang tahun YLSA yang ke-23. Walaupun tidak akan ada pesta, kami akan bersorak-sorai dengan sukacita dan ucapan syukur karena Tuhan telah begitu baik menyertai pelayanan YLSA hingga saat ini. Ucapan syukur juga kami naikkan karena pelayanan YLSA bisa tetap berlangsung hingga saat ini karena Tuhan telah mengirim banyak relawan dan donatur yang dengan setia telah mendukung pelayanan YLSA. Untuk itu, kami mengajak para Sahabat dan Pendukung YLSA untuk semakin mengenal apa yang telah Tuhan kerjakan bagi Indonesia melalui YLSA supaya kita bisa bersorak-sorai akan kebaikan Tuhan bagi Indonesia. Soli Deo gloria!!

Yulia

Yulia Oeniyati
Pemimpin YLSA
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

1. Menjelang Peringatan Ulang Tahun ke-23 YLSA

TED AP

Oktober 2017 akan menjadi bulan yang istimewa bagi Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) karena akan memasuki usia yang ke-23 tahun. Berbagai persiapan untuk merayakan tengah dilakukan. Seperti biasa, YLSA akan merayakannya dengan "pesta ucapan syukur" kepada Tuhan. Bentuk-bentuk ucapan syukur tersebut akan kami wujudkan antara lain dengan meluncurkan produk baru DVD Media SABDA, aplikasi iOS untuk ROC, update aplikasi Tafsiran Matthew Henry (TMH) Perjanjian Baru, meresmikan kantor Alkitab Yang Terbuka, dan menyelenggarakan +TED "Alkitab Pintar" pada 2 Oktober 2017. Kiranya Tuhan menolong kami agar dapat mengerjakannya dengan sederhana, tetapi penuh dengan sukacita. Tidak lupa, kami mengundang Sahabat dan Pendukung YLSA untuk hadir dalam acara ulang tahun SABDA pada 2 Oktober 2017. Silakan hubungi kami di ylsa@sabda.org untuk informasi lebih lanjut. Mari bersama-sama kita merayakan kebaikan Tuhan!

2. Staf Magang Fakultas Bahasa dan Sastra UKSW

Magang UKSW

Pada 4 September -- 2 November 2017, lima orang mahasiswa dari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Kristen Satya Wacana (FBS UKSW) selama dua bulan akan melakukan kerja magang di YLSA. Kami mengucapkan selamat bergabung untuk Ryan, Manda, Lidya, Jessica, dan Dita. Selama dua bulan, mereka akan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dan belajar melayani Tuhan sesuai dengan talenta mereka untuk mewujudkan visi IT4GOD. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung SABDA agar Tuhan menolong kelima staf magang ini untuk dapat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sebaik mungkin dan bertumbuh dalam iman selama melayani di YLSA.

3. Ucapan Syukur 18 Tahun Pelayanan Pendidikan Elektronik Studi Teologi Awam

Ulang Tahun PESTA

Kami bersyukur kepada Tuhan karena pada Agustus 2017, pelayanan Pendidikan Elektronik Studi Teologi untuk Awam (PESTA) memasuki tahun yang ke-18. Seiring dengan berjalannya waktu, sistem pelayanan PESTA juga dipacu maju dengan mengikuti perkembangan teknologi yang ada; seperti sistem belajar dengan moodle e-Learning PESTA, sertifikat digital, e-book modul-modul PESTA, dan kelas diskusi melalui media sosial. Mari kita bergandengan tangan untuk bersama-sama berdoa dan mengambil peran dalam pelayanan PESTA. Mohon doakan agar Tuhan mengutus pekerja-pekerja-Nya untuk melayani dan menggembalakan jemaat peserta PESTA. Kiranya Tuhan juga menolong lebih banyak jemaat awam untuk menemukan PESTA dan bersama-sama belajar bertumbuh melalui kelas-kelas PESTA. Harapan kami, semakin banyak orang Kristen awam dididik, dibina, dan digembalakan dengan pendidikan teologi yang setia kepada Alkitab supaya mereka bertumbuh dalam kebenaran iman Kristen.

4. Belajar, Bertumbuh, dan Berkarya bagi Tuhan Bersama Tim Penjangkauan YLSA

Klub KBS

Salah satu bentuk pelayanan tim Penjangkauan (PJ) yang menolong orang percaya aktif belajar adalah pelayanan diskusi online yang diadakan secara berkala. Melalui diskusi ini, setiap peserta akan menerima bahan, baik berupa artikel untuk dibaca bersama-sama maupun buku. Nah, dalam waktu dekat ini, tim PJ akan membuka kembali klub diskusi online untuk membedah buku The Hole in Our Holiness karya Kevin DeYoung. Kami berharap pelayanan ini dapat memberi kesegaran baru bagi orang-orang percaya yang rindu belajar dan bertumbuh bersama dalam Tuhan. Selain diskusi buku, ada juga yang menggunakan artikel sebagai bahan diskusi. Jika para Sahabat tertarik, pada Oktober mendatang kami juga akan membuka diskusi konseling. Jika berminat, Anda dapat menghubungi kami. Mohon dukungan doanya agar pelayanan ini bisa berlangsung dengan lancar, menjadi berkat, dan berdampak baik bagi kehidupan rohani setiap peserta.

5. Tim Pelayanan YLSA Mempersiapkan Tema Publikasi 2018

Literatur Kristen telah menjadi salah satu media yang Tuhan pakai untuk menggemakan Kabar Baik supaya banyak orang boleh mengenal kasih-Nya dan bertumbuh dalam Dia. Berangkat dari pelajaran ini, YLSA dengan setia, selama hampir 20 tahun, menerbitkan berbagai bahan-bahan literatur Kristen dari berbagai bidang pelayanan untuk disebarkan kepada masyarakat Kristen Indonesia, di antaranya: e-BinaAnak, publikasi untuk bidang pelayanan sekolah minggu; publikasi e-Konsel, untuk bidang pelayanan konseling, dll.. Setiap publikasi, setiap tahun, dirancang untuk membahas tema-tema tertentu. Pada September, biasanya masing-masing bidang pelayanan akan merancang tema-tema untuk tahun berikutnya. Oleh karena itu, kami mohon dukungan para Sahabat untuk berdoa bagi persiapan tema-tema bahan publikasi yang akan ditentukan untuk tahun 2018. Kiranya Tuhan memberikan hikmat kepada seluruh redaksi publikasi sehingga tema-tema yang kami pilih untuk 2018 dapat sesuai dengan kebutuhan rohani masyarakat Kristen Indonesia. Terutama doakan agar kami memiliki kepekaan menangkap kehendak Tuhan bagi pelayanan literatur YLSA.

Mengenal YLSA
Dua Puluh Tahun Publikasi YLSA

Sungguh hal yang luar biasa kalau pada 2017 ini pelayanan publikasi YLSA memasuki tahun yang ke-20. Ketika teknologi internet mulai dipakai oleh masyarakat luas di Indonesia pada awal tahun 1997, YLSA menangkapnya sebagai kesempatan emas untuk menyebarkan bahan-bahan literatur Kristen secara digital yang dapat membangun iman masyarakat Kristen. Sebagai langkah awal, YLSA membangun sistem Internet -- Komputer Alkitab Network (I-KAN) -- untuk mewujudkan pelayanan literatur digital Kristen pertama di Indonesia. Publikasi e-Renungan Harian (e-RH) dan e-Santapan Harian (e-SH) menjadi dua publikasi pertama yang menggunakan sistem I-KAN ini untuk menyebarkan bahan-bahan renungan Alkitab setiap hari. Puji Tuhan! e-RH dan e-SH masih terus memberkati orang Kristen di seluruh dunia sampai hari ini melalui sistem I-KAN. Sejak itu, YLSA meluncurkan publikasi-publikasi baru lahir hingga sekarang berjumlah 21, yang membahas berbagai bidang pelayanan kekristenan. Pelanggan publikasi YLSA yang saat ini berjumlah kira-kira lebih dari 82.000 dan sebenarnya telah mencapai jumlah yang jauh lebih banyak karena telah silih berganti dengan banyak pelanggan baru. Sejak tahun 1997, jumlah arsip publikasi-publikasi YLSA telah mencapai jumlah yang sangat fantastis dan telah diindeks oleh mesin pencari Google dalam jumlah jutaan halaman. Dari jumlah arsip yang sangat banyak tersebut, semuanya telah menjadi konten untuk produk-produk pelayanan YLSA lainnya, seperti: situs-situs YLSA, aplikasi Android (e-SH, e-RH PSM, Publikasi SABDA), infografis, rekaman audio, PowerPoint, dsb..

Berikut ini adalah deskripsi singkat masing-masing publikasi YLSA yang saat ini kami terbitkan.

1. Berita YLSA

Berita YLSA

Berisi berita aktual perkembangan pelayanan YLSA yang disebarkan untuk para Sahabat dan Pendukung YLSA.

2. Berita PESTA

Berita PESTA

Berisi berita aktual kegiatan dan perkembangan pelayanan Pendidikan Elektronik Studi Teologi Awam (PESTA) Online yang disebarkan untuk para alumni dan simpatisan PESTA.

3. e-BinaAnak

e-BinaAnak

Berisi banyak bahan untuk memperlengkapi guru-guru sekolah minggu dan para pelayan anak agar dapat melayani dengan lebih baik dan kreatif.

4. e-BinaSiswa

e-BinaSiswa

Berisi banyak bahan seputar pelayanan remaja untuk para pembina/pembimbing siswa remaja dan pemuda.

5. e-Wanita

e-Wanita

Berisi banyak bahan tentang wanita dan dunianya untuk memperlengkapi wanita Kristen untuk hidup berkenan di mata Tuhan.

6. e-Konsel

e-Konsel

Berisi bahan pelayanan konseling ditinjau dari sudut pandang Alkitab untuk mendidik jemaat awam mengenal prinsip konseling Kristen yang benar.

7. e-Leadership

e-Leadership

Berisi bahan kepemimpinan Kristen guna mendukung para pelayan dan jemaat Tuhan yang menjadi pemimpin, baik di gereja maupun masyarakat umum.

8. e-Humor

e-Humor

Berisi bahan humor sehat (tidak mengandung muatan politis dan SARA) yang bernuansa Kristen dilengkapi dengan ayat-ayat Alkitab.

9. e-Penulis

e-Penulis

Berisi bahan bermutu seputar visi dan misi pelayanan literatur Kristen dan berbagai informasi untuk meningkatkan keterampilan tulis-menulis.

10. KISAH

KISAH

Berisi bahan kesaksian untuk menjangkau masyarakat luas yang membutuhkan inspirasi dan pengenalan yang benar akan kasih Allah.

11. e-Doa

e-Doa

Berisi bahan yang membahas tentang seluk beluk pelayanan doa sehingga semakin banyak orang Kristen yang rindu menjadi pendoa-pendoa yang benar.

12. Kalender Doa SABDA -- KADOS

KADOS

Berisi kalender Doa SABDA yang menyajikan pokok-pokok doa harian selama sepekan bagi Indonesia.

13. Buletin Doa Open Doors

Open Doors

Berisi pokok-pokok doa dari pelayanan Open Doors untuk berdoa bagi gereja dan orang-orang percaya di seluruh dunia yang berada dalam tekanan dan penganiayaan.

14. 40 Hari Doa

40 Hari Doa

Berisi bahan panduan "40 Hari Doa bagi Bangsa-bangsa" menjelang dan selama ramadan untuk mendorong orang Kristen berdoa bagi bangsa-bangsa di dunia yang belum mengenal Kristus.

15. e-JEMMi

e-JEMMi

Berisi bahan seputar kisah pekerjaan Allah di antara bangsa-bangsa di dunia dan bagaimana memobilisasi jemaat untuk menjadi orang-orang yang bermisi.

16. e-Reformed

e-Reformed

Berisi bahan artikel dan jurnal teologi yang alkitabiah dan Injili untuk mendukung majunya gerakan Reformed (yang Injili) di Indonesia.

17. e-Santapan Harian (e-SH)

e-SH

Berisi bahan saat teduh yang mementingkan penelusuran seluruh isi/pokok Alkitab secara berurutan. Santapan Harian juga menuntun orang Kristen mendalami arti Alkitab dan menemukan relevansinya untuk masa kini.

18. e-Renungan Harian (e-RH)

e-RH

Berisi bahan saat teduh harian yang ditulis oleh penulis-penulis Indonesia dan diterbitkan oleh Yayasan Gloria.

19. Bio-Kristi

Bio-Kristi

Berisi bahan seputar tokoh-tokoh Alkitab dan Kristen dari berbagai bidang kehidupan untuk menginspirasi masyarakat Kristen Indonesia bagaimana melayani dan hidup bagi Tuhan.

20. IT-4-GOD

IT4GOD

Berisi bahan seputar pelayanan dan pemanfaatan teknologi bagi kemuliaan Tuhan, terutama untuk gereja dan jemaat Tuhan agar pelayanan mereka menjadi relevan bagi zamannya.

21. PA21 -- Alkitab dan PA Abad ke-21

PA21

Berisi bahan seputar pendalaman Alkitab dan bagaimana alat-alat teknologi abad 21 dimanfaatkan bagi pembelajaran Alkitab, terutama melalui berbagai media yang tersedia saat ini.

Jika Sahabat dan Pendukung YLSA ingin berlangganan salah satu atau beberapa publikasi YLSA di atas, silakan mengirim email ke ylsa@sabda.org dengan menyebutkan publikasi apa yang Anda ingin berlangganan. Kami akan mendaftarkan Anda untuk menjadi pelanggan secara gratis.

Bagi Anda yang telah menjadi pelanggan publikasi-publikasi YLSA, mohon dukungan doanya agar Tuhan terus melimpahkan berkat dan semakin banyak masyarakat Kristen Indonesia memiliki kebiasaan membaca bahan-bahan kekristenan yang bermutu sehingga mereka dapat semakin dewasa dan menjadi murid Kristus yang produktif. Segala kemuliaan bagi Tuhan!

Suara Sahabat YLSA
Surat dari Pelanggan Publikasi YLSA

Berikut ini adalah surat dari pelanggan beberapa Publikasi YLSA. Melalui surat-surat mereka, kami bersyukur karena setiap publikasi yang dikirimkan menjadi berkat dan memperlengkapi mereka untuk melayani Tuhan. Segala kemuliaan bagi Dia!

e-BinaAnak

Salam sejahtera, saya sangat senang sekali menerima informasi untuk para pembina anak dalam artikel 'Menjadi Seorang Guru Sekolah Minggu'. Saya akan share dengan teman-teman pelayan anak di gereja kami karena saya rasa hal tsb. sangat bermanfaat bagi para pelayan (pengajar SM). -- Pelanggan e-BinaAnak: Elsye R. (elsyer@)

e-Konsel

Shalom, terima kasih untuk kiriman artikel (e-Konsel) yang mengesankan bagi saya. Sudah lama saya menunggu adanya sarana yang tepat untuk bisa berbagi berkat pelayanan konseling. Mereka yang ada di sekitar kita membutuhkan kasih-Nya. Saya bersyukur sekali dan ingin tetap dikirim berita dari tim redaksi. Selamat melayani, Tuhan memberkati. -- Pelanggan e-Konsel: Debbie Aritonang (debbieflora@)

e-Penulis

Terima kasih, Tuhan memberkati para staf e-Penulis. Inilah salah satu bentuk pelayanan yang lebih nyata. Berbagi pengetahuan, informasi, dll.. Semoga saya lebih giat lagi membuat tulisan yang akan memberikan manfaat kepada orang lain. Paradigma rekan saya (dulu) bahwa melayani dalam Tuhan itu adalah mampu berbicara menyampaikan firman Tuhan kepada orang lain yang menjadikan seseorang/orang banyak itu menjadi berubah. Ternyata melalui mem-forward artikel ini, orang sudah dan akan berubah, termasuk saya (cara, gaya penulisannya). GBU e-Penulis. -- Pelanggan e-Penulis: Tagor Saragih (gorsakolabadis@)

e-Leadership

Bersyukur, artikel (dari e-Leadership) ini sangat membantu saya menentukan pilihan untuk kepentingan pelayanan yang lebih besar dan lebih baik. Tuhan Yesus memberkati. -- Pelanggan e-Leadership: Yoyok Hezro (yoyokbapakehezro@)

e-BinaSiswa

Terima kasih redaksi e-BinaSiswa. Artikelnya sangat memberkati. -- Pelanggan e-BinaSiswa: Guncoon Saragih (guncoon@)

Blog SABDA
Agustus -- September 2017

Berikut blog-blog pelayanan, peristiwa, dan informasi dari balik layar Yayasan Lembaga SABDA yang ditulis pada Agustus -- September 2017.

  1. Mereka yang Haus pun Mengantre – Testimoni Roadshow SABDA di Surabaya
  2. Staf YLSA Mengikuti Training Kepemimpinan: Talent is Never Enough
  3. Pengalaman Mengikuti Grand Concert Tour 2017
Laporan Keuangan
Laporan Keuangan YLSA Agustus 2017

Total Sumbangan Agustus 2017: Rp55.470.480,00
Total Pengeluaran Agustus 2017: Rp64.097.539,00

Puji Tuhan, para Sahabat dan Pendukung YLSA telah dipakai Tuhan untuk menjadi saluran berkat sehingga kebutuhan dana YLSA dapat dipenuhi. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan dan memuliakan nama-Nya.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA/ Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati/ Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments