Berita YLSA Juni - Juli 2020

Editorial

Sahabat dan Pendukung YLSA yang terkasih,

Apa kabar? Kami berharap Sahabat dan Pendukung YLSA dalam keadaan baik. Masih dalam masa pandemi COVID-19, masyarakat Indonesia diajak untuk menjalani masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) demi pencegahan penyebaran virus corona. Bagaimana dengan gereja selama masa pandemi ini? Apakah gereja juga mengadaptasi kebiasaan baru dalam melayani demi terlaksananya panggilan Tuhan bagi gereja? Yayasan Lembaga SABDA, dalam pelayanannya selama lebih dari 25 tahun ini, terus membuka diri bagi gereja untuk menjadi partner dalam memperlengkapi dan melayani tubuh Kristus.

Karena itu, YLSA dengan cermat mengikuti perkembangan teknologi supaya dapat terus relevan dalam pelayanan dan membawa banyak orang menemukan dan menikmati Tuhan. Mari, Sahabat dan Pendukung YLSA, manfaatkanlah berbagai bahan pelayanan dan sarana-sarana belajar yang kami sediakan untuk memperlengkapi jemaat dan memajukan gereja. Amin.

Santi

Santi
Staf Redaksi Berita YLSA

Berita dan Pokok Doa

1. SABDA Live Juni -- Juli 2020 via Zoom Meeting

SABDA Live Juni -- Juli 2020 via Zoom Meeting

Selama Juni -- Juli 2020, SABDA Live via Zoom Meeting melangsungkan program #VISION TALKS, #FUN TALKS, dan #BIBLE TALKS! Pada Juni 2020, ada dua seri #Vision Talks, yaitu "New Church"? Quo Vadis? dan SABDA for the "New Church". Dua seri ini mengajak kita untuk belajar dan bergumul bersama tentang gereja pada masa depan dan apa saja hal-hal dari SABDA yang bisa dimanfaatkan untuk pelayanan GEREJA ke depannya, terutama saat pandemi dan pascapandemi COVID-19. Pada Juli 2020, program SABDA Live yang berlangsung adalah #FUN TALKS yang mengangkat berbagai topik praktis dalam berbagai bidang pelayanan Kristen maupun marketplace. Pada bulan Juli juga, SABDA Live mengadakan seri #Bible Talks Kidz Ministry dalam rangka Hari Anak Nasional (21 -- 24 Juli 2020) dan #Bible Talks Studi Alkitab (28 Juli -- Agustus 2020). Mari terus bergabung dalam program-program SABDA Live. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap seputar SABDA Live dan arsip-arsipnya di situs SABDA Live. Hubungi WA 08812979100 atau email live@sabda.org untuk informasi lebih lengkap.

 

2. Staf YLSA Kembali Work From Office (WFO)

Work From Home (WFH)

Pada akhir Maret 2020, sejak dinyatakan bahwa dunia mengalami pandemi COVID-19, sebagian besar staf YLSA harus bekerja dari rumah (WFH). Kami bersyukur kepada Tuhan karena proses ini dapat kami lewati dengan baik sampai Juni 2020. Pada 22 Juni 2020, seluruh staf kembali bekerja dari kantor (WFO), tentunya dengan menaati protokol kesehatan yang benar dan mengikuti aturan-aturan dalam kondisi adaptasi baru. Mohon dukung doa supaya staf YLSA tetap dapat bekerja dengan efektif dan efisien di tengah perkembangan kasus COVID-19 yang belum kondusif. Doakan pula agar seluruh staf dan keluarga ada dalam perlindungan Tuhan. Kiranya Tuhan memberikan hikmat kepada staf untuk menjaga diri dan lingkungannya agar tetap sehat untuk mengerjakan pelayanan dari Tuhan di tengah masa pandemi ini.

 

3. Pendalaman Alkitab di YLSA ala "PSBB"

PA PSBB

Sejak Juni 2020 sampai sekarang, staf YLSA melakukan pendalaman Alkitab dengan cara baru. PA ini kami namai dengan PA Praktis Sharing Berkat Bersama (PSBB) yang kami lakukan di Grup WhatsApp. Setiap hari, setiap staf membaca satu pasal dari kitab yang sudah disepakati. Pada Juni 2020, kami menggali kitab Kisah Para Rasul. Lalu, pada Juli 2020 ini, kami melakukan PA dari kitab Amsal. Prosesnya adalah setiap staf membagikan satu pelajaran penting dari satu pasal setiap hari. Lalu, kami juga membagikan aplikasi dari PA hari itu. Selain membagikan pelajaran, kami juga bisa merespons sharing dari teman yang lain. Pada Juli 2020, prosesnya sama, tetapi mulai Amsal 10, tiap hari kami juga membagikan "amsal/hikmat hari ini" versi kami masing-masing. Ini bisa diperoleh dari firman yang dibaca, pengalaman hari itu, dan sebagainya. Mohon dukungan doa supaya PA PSBB ini dapat berjalan lancar, membawa kami makin mengerti firman Tuhan, dan melakukannya.

 

4. Rapat Kerja YLSA dalam Masa Pandemi

Biasanya pada setiap Juni, YLSA mengadakan RAKER untuk laporan dan evaluasi tengah tahun. Melihat kondisi saat ini, kami memutuskan untuk melakukan RAKER "Bulanan" untuk mengantisipasi cepatnya perubahan yang terjadi. Mohon doakan agar kami terus mengandalkan Tuhan sehingga semua persiapan pelayanan dapat kami jalankan sesuai dengan kehendak-Nya walaupun situasi sangat tidak menentu.

Mengenal YLSA

Perkembangan SABDA Live Mei -- Juli 2020

Dalam kolom Mengenal YLSA kali ini, kami akan melaporkan perkembangan pelayanan SABDA Live via Zoom dan YouTube Streaming sejak Mei -- Juli 2020. Puji Tuhan! Ada banyak pencapaian dari sisi program, pengembangan produk, dan penggunaannya. Ini juga merupakan pencapaian besar Yayasan Lembaga SABDA pada masa pandemi yang membuktikan bahwa meski semuanya serba terbatas karena pandemi, tetapi penggunaan teknologi yang tepat justru mempercepat penyampaian Kabar Baik tanpa dibatasi ruang dan waktu.

1. SABDA Live Zoom Meeting dan YouTube Streaming

Zoom

Sejak Mei 2020, SABDA sudah melaksanakan 4 program SABDA Live via Zoom Meeting dan YouTube Streaming dengan 46 presentasi sampai Juli 2020. Berikut ini adalah rinciannya:

  • SABDA Live #Vision Talks: 22 presentasi [Arsip]
  • SABDA Live #Fun Talks: 11 presentasi [Arsip]
  • SABDA Live #Bible Talks (per Juli 2020): 7 presentasi [Arsip]
  • SABDA Live +ED Talks: 6 presentasi [Arsip]

Selain pengembangan program SABDA Live, staf YLSA juga makin meningkat kemampuannya secara teknis, public speaking, relasi, manajemen, dan sebagainya. Dengan begitu, setiap program/presentasi bisa diatur dan dilaksanakan semakin baik.

2. Situs SABDA Live

Situs SABDA Live

Untuk mendapatkan informasi mengenai SABDA Live, Sahabat dan Pendukung YLSA dapat mengaksesnya di situs SABDA Live. Situs ini menjadi halaman utama untuk mendapatkan jadwal, arsip, dan informasi lain seputar program SABDA Live. Jika Anda ingin menonton program SABDA Live secara langsung via YouTube Streaming, silakan masuk dalam situs ini setiap pkl. 10.00 -- 12.00 pada Selasa -- Jumat. Kami berharap, bahan-bahan dalam situs ini dapat digunakan oleh Sahabat dan Pendukung YLSA untuk memajukan pelayanan digital di gereja atau komunitas Anda.

3. Playlist SABDA Live di YouTube SABDA Alkitab

YouTube

Jika Anda lebih sering mengakses YouTube, tim Multimedia SABDA juga telah menyusun playlist SABDA Live dalam kanal YouTube SABDA Alkitab. Silakan subscribe dan klik tanda lonceng di YouTube SABDA Alkitab untuk mendapatkan setiap update dari SABDA Live.

4. Podcast SABDA Live di Spotify dan Google Podcasts

Spotify dan Google Podcasts

Pada Juli 2020, telah tersedia Podcast SABDA Live bagi Anda yang lebih suka mendengarkan audionya melalui Spotify dan Google Podcasts dengan akun SABDA Live. Dengan begitu, Anda dapat mendengarkannya sambil melakukan kegiatan Anda sehari-hari.

5. Penggunaan Bahan-Bahan SABDA Live

Kami juga bersyukur karena bahan-bahan SABDA Live dapat digunakan oleh Sahabat dan Pengguna SABDA dalam pelayanan di gereja atau komunitas mereka. Ada yang sudah menggunakan materi presentasinya untuk dipresentasikan ulang dalam zoominar di gerejanya. Ada pula yang membagikan link video-video dalam arsip dalam grup sebagai bahan diskusi. Jangan segan untuk menggunakan setiap bahan yang ada. Pastikan Anda masuk dalam situs SABDA Live untuk informasi lebih lengkap.

6. Kolaborasi dan Relasi

Sepanjang Mei -- Juli ini baik dari YLSA maupun pengguna/peserta SABDA Live sungguh dapat merasakan kemajuan relasi dan kolaborasi yang selama ini belum dapat dilakukan secara maksimal. Tujuan SABDA mengadakan SABDA Live ini memang ingin makin meningkatkan engagement dengan pengguna SABDA, berjejaring dengan lebih banyak orang/organisasi, dan saling bertukar pikiran tentang bagaimana teknologi dapat digunakan lebih maksimal untuk pengembangan pelayanan di bidang Alkitab dan digital ministry. Anda dapat melihat bahwa narasumber SABDA Live bukan dari SABDA saja, tetapi juga dari sahabat/mitra SABDA. Puji Tuhan! Peserta pun mendapatkan berkat yang melimpah dari setiap relasi/kolaborasi dalam SABDA Live ini.

Suara Sahabat YLSA

Kesaksian Peserta SABDA Live Vision Talks

Kesaksian Peserta SABDA Live Vision Talks

"Saya dapat wawasan luas tentang perkembangan terkini dari SABDA dalam Digital IT untuk kaum awam seperti saya, dan memperlengkapi saya untuk pelayanan di tempat kami. Pembawa materi bagus dan komunikatif. Host serta admin bagus semua, cepat merespons dan tanggap. Tuhan Yesus memberkati. Saya menemukan beberapa solusi untuk saya bisa terapkan nanti dalam pelayanan anak di gereja lokal kami juga. Terima kasih banyak SABDA Live!"
[Melce Yonatan Lomi]

"Pelajaran penting bagi saya adalah ternyata saya tidak sendiri yang sedang berjuang untuk mengadakan PA, baik online maupun offline. Jadi, memotivasi saya untuk tetap semangat."
[Dedy Yanuar]

"Pertama, SABDA adalah salah satu dari bagian tubuh Kristus yang terpanggil menjadi mitra misi dan ikut memperlengkapi perorangan/organisasi gereja/lembaga Kristen yang sevisi dan semisi memberitakan Injil Kerajaan Allah & pengajaran tentang Tuhan Yesus Kristus dengan menggabungkan media/tools konvensional dengan digital kepada jiwa-jiwa (termasuk para Digital Native) yang sedang haus dan mencari-cari kebenaran yang hanya didapatkan dalam Kristus. Kedua, memohon kepada Roh Kudus, kiranya berkenan memimpin dan memberikan hikmat kepada perorangan/organisasi gereja/lembaga Kristen untuk membuat atau menggunakan perangkat dan tools digital pelayanan pemberitaan Injil & pengajaran tentang Tuhan Yesus Kristus, baik atau tidak baik waktunya (misalkan: pada waktu dan pascapandemi atau nanti katanya endemi COVID-19 dan krisis-krisis lainnya pada masa depan). Ketiga, pembawa materi menguasai materi yang padat dan sesuai dengan trend dunia sekitar yang menjadi masukan untuk pelayanan misi gereja-gereja kini dan ke depan."
[Julius Manullang]

"Sebagai yang baru memulai untuk melayani, saya sangat terbantu dengan mengikuti kegiatan SABDA Live, khususnya materi-materi di Zoom Meeting sejak Mei 2020. Saya sudah menerapkannya dalam pelayanan, khususnya pada era COVID-19 ini, dengan fasilitas yang ada. Perlu belajar dan aktif buka situs-situs SABDA untuk menambah pengetahuan lebih lagi agar mengerti dan tidak salah dalam memberitakan kebenaran Injil."
[Hendrik Setlight]

"Terus terang waktu saya diundang oleh Ibu Fero untuk ikut SABDA Live, saya ragu. Saya sudah tahu dan kenal SABDA karena saya bergabung dalam PESTA yang diadakan SABDA sejak 2014, dan sudah mengikuti semua pelajaran teologi yang disediakan. Namun, ada satu rasa penasaran yang terus mengganggu dalam hati saya yang akhirnya membuat saya mengambil keputusan untuk ikut daftar. Hari pertama, terus terang kepala saya sakit. Sepertinya materinya sulit dicerna dan berlangsung dalam durasi yang lama. Saya tidak sabaran dan mulai malas mengikuti. Namun, setelah coba ikut lagi pada hari-hari berikutnya, saya baru mulai merasa tertarik. Oleh sebab itu, saya ikut memberi komentar-komentar. Kemudian, saya juga berterima kasih karena ditunjuk dan diberi kesempatan untuk sharing dalam diskusi itu. Saya juga ditunjuk untuk memimpin doa. Semua itu membuat saya semakin bersemangat meskipun sharing saya belum tentu menarik bagi rekan-rekan peserta yang lain, tapi ada sukacita yang muncul dalam hati saya.

Saya merasa semua materi yang diberikan sangat bermanfaat bagi kita semua untuk bisa kita bagikan di gereja kita masing-masing. Terus terang, gereja-gereja pada era digital seperti saat ini belum semuanya dapat menjalankan pelayanan digitalnya dengan baik. Nah, pelajaran yang saya dapat dalam SABDA Live ini dapat membantu gereja-gereja menambah wawasan dan mulai menerapkannya. Dengan demikian, gereja Tuhan dapat semakin solid untuk menjangkau jiwa-jiwa baru ... Saya rasa SABDA adalah salah satu wadah yang Tuhan sediakan untuk melayani gereja-gereja yang ada melalui anggota-anggotanya seperti saya ini. Itulah yang menjadi satu kebahagiaan buat saya. Kiranya SABDA boleh semakin solid, kompak, semakin diberkati, dan dipakai Tuhan. Tuhan Yesus memberkati."
[Eveline Tay]

"SABDA sangat mendukung dalam perjalanan iman Kristen secara umum, tapi terkhusus juga buat saya. Menemani saya dalam belajar untuk lebih mengenal firman-Nya dengan lebih baik. Dan, sekarang dengan adanya masa pandemi COVID-19 ini, SABDA juga sudah membuka wawasan kita lebih jauh tentang dunia online atau dunia digital. Bahan-bahan SABDA yang ada di SABDA.org juga setara dengan materi S1 Teologi. Terima kasih juga sudah menjadi teman saya dalam membantu belajar firman Tuhan dengan lebih baik. Saya juga belajar menulis karena SABDA. Ternyata Tuhan menumbuhkan passion ini semakin besar dan sekarang saya juga membantu tim di gereja untuk menulis renungan harian bagi jemaat. Maju terus SABDA dalam core ministry yang sudah Tuhan tetapkan untuk menjadi berkat bagi kekristenan pada umumnya."
[Rudhy Handoko]

"Materi dan fitur-fitur SABDA sangat lengkap dan isinya mendalam. Sangat berguna untuk memperlengkapi orang percaya dalam bertumbuh dan melayani. Ada banyak aplikasi SABDA untuk memperlengkapi kita secara efektif dan optimal. Cara penggunaan aplikasinya sederhana, tidak terlalu sulit. Tim SABDA cukup menguasai materi-materi yang dipresentasikan. Kerja sama tim cukup baik. Orang-orangnya kompeten, kreatif, inovatif, dan rendah hati. Menurut saya, regenerasi di SABDA berjalan dengan sangat baik. Di balik program-program SABDA, ada motor penggeraknya yang sangat menyadari siapa 'Tuan-nya' dan mempunyai motivasi yang sangat kuat, kompetensi yang andal, visi yang jelas, dan strategi yang baik untuk mencapai sasaran sehingga dihasilkan program-program yang bermutu untuk dapat mengarahkan orang kepada Kristus. Secara pribadi, saya sangat salut dengan tim SABDA dan terutama motor penggeraknya. Tadinya saya hanya tahu sedikit sekali tentang SABDA, dan hanya kadang-kadang menggunakannya. Dengan mengikuti Zoominar dari SABDA Live, saya memperoleh informasi yang lebih lengkap tentang program SABDA dan tim SABDA sehingga ingin mencoba memakai berbagai fitur dan aplikasi SABDA. Perlu publikasi yang lebih banyak tentang program dan aplikasi SABDA sehingga semakin banyak orang yang terberkati melalui SABDA. Selamat melayani buat tim SABDA. Tuhan Yesus memberkati."
[Xandra Sigalingging]

Laporan Keuangan

Mei dan Juni 2020

Total Sumbangan Mei 2020 : Rp56.394.159,00
Total Pengeluaran Mei 2020 : Rp68.707.176,00

Perincian Laporan Keuangan Mei 2020

Total Sumbangan Juni 2020 : Rp45.202.825,00
Total Pengeluaran Juni 2020 : Rp66.398.216,00

Perincian Laporan Keuangan Juni 2020

Mari turut mendukung pelayanan YLSA agar dampaknya semakin luas bagi tubuh Kristus pada era digital ini. Kemajuan pekerjaan Tuhan di YLSA tak lepas dari campur tangan Tuhan melalui Sahabat dan Pendukung YLSA yang memberikan persembahan dana dan doa. Kami sangat bersyukur atas hal ini. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments