Berita YLSA - Juni 2012

Daftar Berita

  [Dari YLSA!]    
  [Blog YLSA!] : 1. Kolam Ikan (Oleh: Maryadi)
    : 2. Seminar RBC Ministries -- "Percaya Penuh" (Mazmur 73) (Oleh: Santi)
    : 3. DVD SABDA Library Anak 1.2: Memperlengkapi Pelayan Anak Nusantara (Oleh: Yenni Krismawati)
    : 4. Pak Budi, Trainer Software SABDA (Oleh: Yulia)
    : 5. Kopdar PESTA Perdana di Bogor (Oleh: Ryan)
  [Berita dan Doa YLSA!] : 1. Media Center
    : 2. Situs SABDA_Care
    : 3. Teks-Teks Alkitab Baru
    : 4. Update Situs SABDA.net
    : 5. Aplikasi Android
    : 6. Backup Data
    : 7. Persiapan Publikasi Baru untuk Pelayanan Remaja
    : 8. Pembukaan Kelas e-Kalimera Basic
    : 9. Calon Peserta Kelas Apologetika Untuk Awam (AUA I)
  [Inside YLSA]   MENGENAL YLSA: PA ONLINE DI FACEBOOK
  [Surat untuk YLSA!]    
  [Laporan YLSA!] : Laporan Mei 2012
  [Stop Press YLSA!]   40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA

Editorial

Sahabat dan Pendukung YLSA yang terkasih,
Puji Tuhan, kita dapat bertemu lagi di Berita YLSA untuk melaporkan kegiatan-kegiatan yang telah kami lakukan selama bulan Juni. Terima kasih banyak untuk dukungan doa para Sahabat dan Pendukung YLSA karena selama bulan Juni ini Tim SABDA dapat melakukan pelatihan software Alkitab SABDA ke beberapa kota, yaitu Klaten, Bandung, dan Surabaya.

Kesempatan untuk memberikan pelatihan tatap muka ini sungguh menggembirakan karena kami bisa bertemu langsung dengan banyak pengguna software Alkitab SABDA. Dengan demikian, kita bisa tahu lebih jelas kebutuhan mereka dan kesulitan apa yang mereka hadapi ketika menggunakan software Alkitab SABDA, dan juga produk-produk pelayanan YLSA yang lain.

Sekali lagi, terima kasih untuk dukungan para Sahabat dan Pendukung YLSA. Mari kita terus maju melayani Tuhan.

In Christ, Yulia Oeniyati Pemimpin YLSA < yulia(at)in-christ.net > < http://blog.sabda.org >


Berita dan Pokok Doa

BERITA & DOA YLSA

  1. Media Center
  2. Situs SABDA_Care
  3. Teks-Teks Alkitab Baru
  4. Update Situs SABDA.net
  5. Aplikasi Android
  6. Backup Data
  7. Persiapan Publikasi Baru untuk Pelayanan Remaja
  8. Pembukaan Kelas e-Kalimera Basic
  9. Calon Peserta Kelas Apologetika Untuk Awam (AUA I)
  1. Media Center

    Seperti yang sudah kami beritakan di Berita YLSA yang lalu, tim ITS sedang mengerjakan Proyek Media Library Center. Selain menambah data-data baru, mereka secara khusus saat ini sedang mengerjakan fitur pencarian dan membuat sistem kategori yang lebih baik.

    Pokok doa:
    Doakan agar Tuhan memberi hikmat dan kepandaian, sehingga kesulitan-kesulitan programming dan pengaturan sistem dapat diatasi dengan pertolongan Tuhan.

  2. Situs SABDA_Care

    YLSA akan membuat situs SABDA_Care untuk memberi kemudahan bagi masyarakat Kristen dalam memperoleh materi kekristenan. Situs SABDA_Care ini akan dibuat oleh tim ITS dalam waktu dekat ini.

    Pokok doa:
    Dukung dalam doa agar situs SABDA_Care ini menjadi berkat bagi jemaat Tuhan, untuk mendapatkan bahan-bahan pelayanan yang dibutuhkan.

  3. Teks-Teks Alkitab Baru

    Tim ITS akan memproses teks-teks Alkitab dalam berbagai format, seperti GoBible, PDF, CHM, PDB, dll.. Teks Alkitab dalam berbagai format ini akan semakin memperlengkapi masyarakat Kristen sesuai dengan kebutuhan untuk belajar firman Tuhan.

    Pokok doa:
    Doakan agar proses pengerjaan teks-teks Alkitab ini bisa dilakukan dengan lancar, sehingga Alkitab dapat diakses sesuai dengan media yang dibutuhkan.

  4. Update Situs SABDA.net

    Situs SABDA.net akan diupdate dengan ditambahi modul-modul baru. Diharapkan situs ini dapat semakin memberkati sahabat SABDA, khususnya dalam memperoleh bahan-bahan kekristenan yang berkualitas.

    Pokok doa:
    Dukung dalam doa agar Tuhan menuntun dan memberi hikmat, sehingga proses update berjalan dengan lancar dan modul-modul yang ditambahkan bisa semakin memperlengkapi banyak orang.

  5. Aplikasi Android

    Perkembangan teknologi semakin memicu semangat YLSA untuk terus berkembang dalam pelayanan, khususnya mobile. Untuk itu, tim ITS akan melakukan uji coba aplikasi Android untuk bahan-bahan multimedia (gambar, video, animasi, dll.).

    Pokok doa:
    Mohon dukungan doa agar YLSA dapat menggunakan perkembangan teknologi dengan hikmat dari Tuhan. Kiranya proses uji coba aplikasi Android dapat berhasil dan semakin memajukan pelayanan Tuhan.

  6. Backup Data

    Pelayanan YLSA terus mengalami perkembangan dan memerlukan strategi khusus untuk menjaga data-data pelayanan YLSA. Untuk itu, setiap staf YLSA dituntut untuk rutin melakukan backup data agar proses pengerjaan dan pelayanan dapat berjalan dengan baik.

    Pokok doa:
    Doakan agar setiap staf YLSA semakin bertanggung jawab terhadap data-data pelayanan YLSA, dan dengan pertolongan Tuhan semua data dapat dibackup dan disimpan dengan baik.

  7. Persiapan Publikasi Baru untuk Pelayanan Remaja

    Divisi publikasi masih mengupayakan untuk menerbitkan publikasi baru (untuk pembina pelayanan remaja), yang sudah direncanakan sejak tahun 2011 lalu. Beberapa orang publikasi akan terlibat dalam penyusunan publikasi ini.

    Pokok doa:
    Doakan agar publikasi baru untuk pembina pelayanan remaja dapat diterbitkan tahun ini, dan menjadi berkat bagi setiap pelayan yang aktif dalam pembinaan remaja.

  8. Pembukaan Kelas e-Kalimera Basic

    YLSA kembali membuka kelas belajar bahasa Yunani (e-Kalimera Basic) di Grup Facebook. Kali ini, peserta yang tergabung dalam grup adalah para mahasiswa dan hamba Tuhan. Kelas dimulai awal bulan Juli dengan jumlah peserta 23 orang. Diharapkan melalui kelas ini setiap peserta dapat belajar bahasa Yunani dengan baik.

    Pokok doa:
    Dukung dalam doa untuk kelancaran diskusi di kelas bahasa Yunani. Kiranya kelas ini dapat menolong peserta untuk lebih memahami bahasa Yunani tingkat dasar.

  9. Calon Peserta Kelas Apologetika Untuk Awam (AUA I)

    Para calon peserta kelas Apologetika Untuk Awam (AUA I) saat ini sedang menyelesaikan tugas tertulis. Setelah menyelesaikan tugasnya, setiap peserta akan masuk proses diskusi.

    Pokok doa:
    Doakan agar hikmat Tuhan menolong calon peserta Kelas AUA I dapat menyelesaikan tugas tersebut, sebelum batas waktu yang ditentukan berakhir. Kiranya setiap peserta dapat mengikuti kelas diskusi yang akan segera dibuka.


Mengenal YLSA

MENGENAL YLSA: PA ONLINE DI FACEBOOK

Ditulis: Santi Titik Lestari

Pendalaman Alkitab (PA) sering dilakukan di gereja, persekutuan, kelompok sel, atau di persekutuan kantor. Biasanya PA seperti ini dilakukan dengan tatap muka. Nah, ada PA yang agak lain di YLSA -- PA secara online...? Ya, betul, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) telah memprakarsai dibukanya dua grup khusus untuk melakukan PA secara online di Facebook. Kedua grup tersebut adalah:

  1. Grup e-Santapan Harian (SH), bekerja sama dengan Persekutuan Pembaca Alkitab (PPA).
  2. Grup e-Renungan Harian (RH), bekerja sama dengan Yayasan Gloria.

Apa yang menarik dari PA online di Facebook?

  1. Setiap orang bisa mengikuti PA ini. Tidak terbatas pada gereja dan wilayah tertentu. PA ini menjadi ruang bagi setiap orang percaya dari semua kota di Indonesia (bahkan ada yang dari luar negeri) untuk belajar Alkitab dan saling berbagi berkat firman Tuhan.
  2. Waktu yang digunakan untuk PA bersama ini sangat fleksibel.
  3. YLSA menempatkan seorang moderator untuk memandu jalannya diskusi, yaitu memberikan pertanyaan-pertanyaan penggalian, supaya PA ini bisa berjalan dengan terarah dan sesuai dengan konteks dalam perikop yang sedang dibahas.

Apa yang dibahas dalam PA online di Facebook?

PA online ini menggunakan bahan renungan yang diterbitkan oleh mitra YLSA, yaitu Yayasan Gloria dan Scripture Union Indonesia. Tapi sebelum membahas bahan renungan, kami terlebih dahulu menggali perikop/ayat bacaan hari itu. Penggalian dipandu dari pertanyaan yang diajukan moderator, dan para anggota diminta untuk menjawab, atau memberikan komentar/menanggapi jawaban peserta lain. Setelah mendiskusikan perikop Alkitab tersebut, maka anggota baru boleh membaca bahan renungan yang diposting oleh Admin (Yayasan Lembaga SABDA). Setiap anggota boleh memberikan masukan apakah bahan renungan tersebut sesuai dengan isi perikop yang menjadi teks renungan.

Bagaimana Anda bisa bergabung dalam PA online di Facebook ini?

  1. Ada dua Group PA, yaitu Grup e-Santapan Harian dan e-Renungan Harian. Silakan pilih atau boleh juga ikut dua-duanya. Caranya:
    1. Silakan mengunjungi alamat berikut ini:
      Grup e-SH < http://fb.sabda.org/group/sh >
      Grup e-RH < http://fb.sabda.org/group/rh >
    2. Klik tombol "Join" dan permintaan Anda akan disetujui oleh Admin Grup.
    3. Setelah menjadi anggota, silakan Anda membaca guideline/petunjuk yang harus anggota grup ikuti.
  2. Anda bisa belajar dengan mengamati jalannya PA hari-hari sebelumnya. Setelah itu, ikutlah diskusi sesuai dengan panduan yang diberikan moderator yang bertugas hari itu.
  3. Untuk mendapat banyak berkat melalui PA online ini, Anda harus ikut aktif berkomentar dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh moderator. Selain itu, Anda juga diperbolehkan memberikan pertanyaan sehubungan dengan ayat/perikop yang dibahas hari itu.
  4. Silakan membagikan kesaksian atau berkat yang Anda dapat dari PA hari itu. Jangan lupa untuk mempelajari juga bahan renungan yang diposting oleh Admin (Yayasan Lembaga SABDA) dan berikan tanggapan Anda mengenai renungan hari itu.

PA online di Facebook ini dilakukan setiap hari Senin -- Jumat, mulai pukul 08.00 -- 17.00. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika Anda hanya bisa bergabung siang atau malam karena Anda masih tetap bisa mengikuti PA ini sepanjang hari. Bahan PA online juga dikirimkan pada hari Sabtu dan Minggu, dan Anda bisa ber-PA dengan anggota lain, tapi khusus untuk hari Sabtu dan Minggu tidak ada moderator yang mendampingi.

Nah, kami mengundang saudara-saudari semua untuk bergabung dan aktif ber-PA bersama. Kalau Anda terbeban, Anda pun bisa menjadi moderator dan ambil bagian dalam pelayanan melalui media ini.

Selain PA online di Facebook, YLSA juga mengajak Anda untuk mendapatkan bahan renungan setiap hari secara gratis. Silakan berlangganan dengan cara mengirimkan email kosong ke:

< subscribe-i-kan-akar-Santapan-Harian(at)hub.xc.org >, jika Anda ingin berlangganan e-Santapan Harian.
< subscribe-i-kan-akar-Renungan-Harian(at)hub.xc.org >, jika Anda ingin berlangganan e-Renungan Harian.

Atau SMS ke: 08812979100 (cantumkan nama renungan yang Anda inginkan).


Suara Sahabat YLSA

SURAT UNTUK YLSA

  1. Rebeka Megawati < rebekamegawati@xxxxxx >

    Shalom, saya sangat berterima kasih sekali buat pelatihan yang telah diberikan tim SABDA di GBIKA Solo karena sangat membantu dan melengkapi dalam menggali FT. Tuhan memberkati dengan limpah.

    Redaksi:Doa kami, Anda dapat semakin mencintai firman Tuhan dan menularkannya ke lebih banyak orang. Tuhan memberkati pelayanan Anda.

  2. Yusuf Handoko < yshandoko@xxxxxx >

    Saya mengucap syukur dan berterima kasih untuk pelatihan SABDA, kemarin malam di Bandung. Luar biasa sekali, berkat dan ilmu yang saya dapatkan. Terima kasih untuk Ibu Yulia dan Tim, serta bu Santi yang sudah membantu dalam pendaftarannya. Kiranya Tuhan Yesus yang memberkati dengan berlimpah. Amin.

    Redaksi:Terima kasih untuk keikutsertaan Bapak dalam pelatihan SABDA di Bandung. Kami doakan pelayanan Bapak semakin diberkati karena firman Tuhan semakin tersebar ke penjuru Bandung.

  3. Nirij Gnita < via Facebook Comments >

    Terima Kasih Team SABDA, Tuhan memberkati pelayanan Tim Anda yang sangat berkomitmen karena bahan, artikel, renungan dan perkongsian di ruangan ini. Sangat menyeluruh dan lengkap bagi semua golongan pembaca. Teruskan perjuangan kalian. G.b.us.

    Redaksi:Doakan agar melalui situs SABDA.org, banyak jemaat diperlengkapi dengan bahan-bahan untuk menjangkau banyak jiwa bagi Tuhan.


Blog SABDA
Laporan Keuangan

Berikut kami sampaikan laporan keuangan YLSA bulan Mei 2012.

  Jeane C. Rp 123.456,00 01/05/12
  Chandra W. Rp 1.000.000,00 01/05/12
  Bambang W. Rp 50.000,00 01/05/12
  Lukas H. Rp 2.500.000,00 01/05/12
  Andy Y. Rp 1.000.000,00 01/05/12
  Irwan O. S. Rp 100.000,00 02/05/12
  Harjanto Rp 100.000,00 02/05/12
  Rosa S. R. Rp 150.000,00 02/05/12
  Nugroho Rp 50.000,00 02/05/12
  Yunus W. S. H. Rp 200.000,00 03/05/12
  Tan R. Rp 200.000,00 04/05/12
  Suharyanto Rp 200.000,00 04/05/12
  Darius Rp 100.000,00 04/05/12
  Bertha C. Rp 50.000,00 07/05/12
  Soegiono W. Rp 50.000,00 07/05/12
  NN (Jakarta) Rp 2.000.000,00 07/05/12
  Tee P. L. Rp 100.050,00 07/05/12
  Hardi S. Rp 100.000,00 07/05/12
  Thomas H. Rp 100.000,00 08/05/12
  Luki F. H. Rp 500.000,00 08/05/12
  TELAGA Rp 500.000,00 09/05/12
  Persembahan USB di pelatihan Penulis Rp 260.000,00 09/05/12
  Thomas H. Rp 400.000,00 09/05/12
  Lucky H. Rp 500.000,00 10/05/12
  Donny E. P. Rp 100.000,00 10/05/12
  JK Mauliate M. Rp 100.000,00 11/05/12
  Bertha C. Rp 150.000,00 11/05/12
  NN Rp 105.000,00 11/05/12
  Kristin Rp 50.000,00 11/05/12
  Richard Rp 102.000,00 11/05/12
  Daniel R. C. S. Rp 500.000,00 11/05/12
  Soemartono P. Rp 100.000,00 14/05/12
  Hardi W. Rp 100.000,00 15/05/12
  Taqwa Tri G. Rp 50.000,00 15/05/12
  Persembahan USB di GBI Keluarga Allah Rp 650.000,00 16/05/12
  Persembahan di Roadshow GBI Keluarga Allah Rp 370.000,00 16/05/12
  Persembahan GBI Keluarga Allah Rp 500.000,00 16/05/12
  NN (Solo) Rp 3.000.000,00 16/05/12
  Roenadi A. Rp 50.000,00 21/05/12
  Wiseno A. P. Rp 300.000,00 21/05/12
  Sisa seminar Rp 1.003.900,00 22/05/12
  Persembahan USB Persekutuan Oikumene Rp 130.000,00 22/05/12
  Ray A. Rp 500.000,00 22/05/12
  Frederikus Rp 100.000,00 24/05/12
  Yay. Gloria Rp 1.000.000,00 25/05/12
  John S. L. Rp 100.000,00 28/05/12
  Bunga bank Rp 153.026,00
  Sumbangan lain Rp 234.500,00
         
  Total Sumbangan Rp 19.781.932,00  
 
 
 

PENGELUARAN

  Beban Admin Rp 225.900,00
  Kas Kecil Rp 209.400,00
  Telp, listrik, dll. Rp 2.169.700,00
  Pembelian USB & kabel ekstensi Rp 3.103.000,00
  Buku Perpustakaan Rp 871.000,00
  Copy Audio Rp 463.000,00
  Kirim pos, paket Rp 625.600,00
  Stiker, Brosur PUB, Brosur instal DVD, dll. Rp 950.800,00
  Kepegawaian Rp 24.265.000,00
  Seminar WPA (Jkt) Rp 931.000,00
  Roadshow Solo, Jakarta & Bogor Rp 2.301.500,00
  Konsumsi Staf Rp 1.692.000,00
  Bank Rp 39.965,00
         
  Total Pengeluaran Rp 37.847.865,00  
 

Ucapan Terima Kasih

Persembahan kasih yang telah para Sahabat dan Pendukung YLSA berikan bagi pelayanan YLSA sangat menjadi berkat bagi pelayanan kami. Biarlah pelayanan yang kita kerjakan bersama ini menjadi persembahan yang harum bagi nama Tuhan.

Bagi pembaca lain yang tergerak untuk terlibat dalam pelayanan YLSA dengan memberikan sumbangan dana, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA a.n. Yulia Oeniyati Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo No. Rekening: 0790266579

Stop Press

STOP PRESS: 40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA

Hal terbaik apakah yang bisa Anda berikan kepada mereka yang belum mengenal Kristus? Kami mengajak Anda untuk memberikan waktu terbaik Anda untuk berdoa bagi saudara-saudara kita, khususnya mereka yang akan melaksanakan ibadah puasa.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2012 ini Yayasan Lembaga SABDA akan kembali menyebarkan Publikasi tahunan "40 Hari Mengasihi Bangsa dalam Doa". Melalui publikasi ini, kita akan bersama-sama berdoa agar kasih Tuhan dicurahkan kepada mereka yang sedang menjalankan puasa sehingga mereka boleh menemukan kasih sejati dari Allah yang mengaruniakan Anak-Nya untuk menebus umat manusia. Jika Anda terbeban untuk berdoa, kami akan mengirimkan pokok-pokok doa dalam versi e-mail untuk menjadi pokok doa Anda selama bulan Ramadan.

Untuk berlangganan, silakan kirim e-mail ke: < subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org >. Anda juga bisa mendaftarkan teman-teman Anda dengan mengirimkan alamat e-mail mereka ke : < doa(at)sabda.org >


Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi : Yulia, Santi, dan Elly
Untuk berlangganan : subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Berhenti berlangganan : unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Kirim bahan/pertanyaan : beritaylsa(at)sabda.org
Arsip Berita YLSA : http://www.sabda.org/publikasi/berita_ylsa/
Blog SABDA : http://blog.sabda.org/
In-Christ.Net : http://www.in-christ.net/
Facebook YLSA : http://fb.sabda.org/ylsa

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA Didistribusikan melalui sistem network I-KAN Copyright(c) Berita YLSA 2012 YLSA -- http://www.ylsa.org/ Situs Katalog -- http://katalog.sabda.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati


Comments