Berita YLSA Oktober -- November 2019

Editorial

Salam sejahtera,

Memasuki Desember, "gereget" Natal sudah mulai kita rasakan. Untuk menyambut Natal, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) menyajikan banyak paket bahan Natal untuk kita renungkan bersama, di antaranya 3 komik Natal Kingstone, 4 video seri Adven dari The Bible Project, dan banyak bahan SABDA ME+DIA lainnya yang dapat Anda pakai untuk merayakan Natal. Kami rindu Sahabat dan Pendukung YLSA mengalami damai, harapan, sukacita, dan kasih dari Tuhan di tengah-tengah perayaan Natal ini.

Natal juga menjadi pertanda bahwa sebentar lagi, tahun 2019 akan berakhir! Berita pelayanan YLSA sampai akhir tahun ini dapat Anda ikuti dalam kolom-kolom Berita YLSA berikut. Akhir kata, kami berdoa kiranya kita semua dapat menikmati damai Natal dengan hati yang penuh ucapan syukur.

Evie

Dalam anugerah-Nya,
Pemimpin Redaksi Berita YLSA,
Davida
evie@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa
Berita dan Pokok Doa

1. Paket Natal Istimewa dari Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)

Paket Natal SABDA

Natal akan segera tiba! YLSA rindu memperlengkapi masyarakat Kristen Indonesia dengan bahan-bahan multimedia bertema Natal yang alkitabiah. Paket Natal (Christmas Kit) kami sajikan dalam dua jenis: Paket Natal Kingstone Indonesia dan Paket Natal SABDA ME+DIA.

Paket Natal Kingstone Indonesia berisi komik set (The Story: Kisah Abadi, Kristus 01: Kelahiran, Kristus 02: Masa Kecil) dilengkapi dengan panduan pendalaman Alkitab (PA), kurikulum studi Alkitab dengan komik, daftar bahan SABDA Komik, video-video bertema Natal (Kisah Kasih Abadi, Nubuat, Pengumuman, Inkarnasi), berbagai merchandise (poster, mug, kaos), dan bahan-bahan bonus lainnya. Selain itu, ada juga Paket Natal SABDA ME+DIA yang berisi berbagai video/film/animasi/klip bertema Natal (Animasi The Bible Project, Alkitab Bergambar, Animasi Gracelink, Animasi Raja Kemuliaan, Film LUMO, Film Tetelestai, dll.), berbagai bahan audio (audio Alkitab, artikel, himne, program belajar Alkitab), grafis (GIF, Infografik, Quote), dan buku-buku (Alkitab, renungan Natal, bundel bahan Natal, komik Alkitab, traktat). Semua paket Natal ini bisa Sahabat SABDA dapatkan di Situs Natal Indonesia.

Khusus untuk komik set cetak dan merchandise Kingstone Indonesia, Sahabat SABDA bisa memesannya dengan mengisi formulir di https://komik.app/pesan. Tunggu apa lagi? Temukan paket Natalnya, dalami kisah kelahiran-Nya, dan bagikan juga kepada rekan-rekan Anda yang lainnya!

2. Grup Diskusi November -- Desember 2019 dari Digital Resources dan Digital Learning

Diskusi Learning

Pada November dan Desember 2019, Tim Digital Resources (DR) bekerja sama dengan Tim Digital Learning (DL) YLSA mengadakan beberapa diskusi komunitas online. Diskusi yang diadakan adalah diskusi: Klub Buku SABDA, grup Facebook Wanita Kristen, komunitas Natal, serta Grup e-Konsel. Kami bersyukur banyak peserta antusias mengikuti diskusi online secara rutin sepanjang tahun 2019. Dukung kami dalam doa agar melalui diskusi online yang diadakan, setiap peserta boleh mendapatkan berkat dari topik yang diangkat, dan mereka dapat mengaplikasikannya dalam pelayanan dan kehidupan sehari-hari. Doakan pula agar Tim DR bersama Tim DL dapat semakin berhikmat dalam meningkatkan strategi dan cara pembelajaran digital supaya semakin banyak orang dapat dijangkau dan mengalami pertumbuhan rohani yang sehat.

3. Persiapan Evaluasi Pelayanan YLSA 2019 dan Rencana Kerja 2020

Persiapan Raker

Tahun 2020 sudah menjelang. YLSA pun ikut bersiap menyambut tahun yang baru dengan semangat yang terus membara untuk melayani Tuhan. Namun, tentu saja, kami juga harus mengevaluasi pelayanan sepanjang tahun 2019 ini. Mohon doanya agar melalui evaluasi pelayanan 2019 ini, tiap tim dalam YLSA dapat semakin jelas merencanakan program-program pelayanan tahun depan. Kiranya Tuhan Yesus memberikan hikmat dan ketajaman, terutama visi misi Allah bagi YLSA untuk 2020.

Mengenal YLSA

Pendalaman Alkitab untuk Menyambut Natal di YLSA

Pada November 2019, seluruh staf YLSA melakukan PA untuk mempersiapkan diri menyambut Natal. Ya, setiap Selasa -- Kamis (selama 30 -- 45 menit), kami melakukan PA dengan menggunakan berbagai bahan, metode, dan alat yang YLSA buat. Dengan begitu, kami tidak sekadar memberikan sumber-sumber belajar Alkitab kepada pengguna SABDA, tetapi kami juga secara pribadi menikmati hasilnya.

Bekerja sama dengan berbagai mitra, ada banyak video yang sudah SABDA proses untuk menjadi bagian dari ekosistem studi Alkitab SABDA. Untuk PA persiapan Natal pada November ini, kami menggunakan video dari Alkitab Proyek Indonesia (API) -- The Bible Project (TBP). Berikut ini adalah PA yang sudah dan akan kami lakukan untuk PA menyambut Natal berdasarkan bahan media dari API-TBP tersebut.

1. Video: Kelahiran Yesus Kristus (Lukas 1 - 2)

Kelahiran Kristus Video ini bercerita mengenai kejadian luar biasa seputar kelahiran Yesus, Sang Mesias sekaligus Raja segala raja, dari sudut pandang Lukas. Penekanan yang kuat dalam video ini adalah Kristus datang sebagai Raja dalam keadaan yang bertolak belakang dengan status-Nya sebagai Raja di atas segala raja. Dia lahir dalam keluarga yang sederhana, dengan status yang rendah dalam masyarakat saat itu, dan disambut pertama kalinya oleh para gembala. Ini menunjukkan sifat Kerajaan Yesus yang bertolak belakang (terbalik) dengan kerajaan dunia.

2. Video: Infografik Lukas Bagian 1 (Lukas 1 - 9)

Infografik Lukas Video infografik ini membagi kitab Lukas ke dalam beberapa bagian berdasarkan cara penyampaian dan alur pikir sang penulis. Video ini merupakan bagian pertama dari dua video infografik yang menjelaskan tentang isi Injil Lukas. Tujuannya bukan hanya untuk membantu para penontonnya melihat keunikan sudut pandang Lukas terhadap keseluruhan karya keselamatan Yesus, tetapi juga bagaimana Injil Lukas terintegrasi ke dalam keseluruhan struktur Alkitab.

3. Video: Injil Kerajaan Allah

Injil Kerajaan Allah Video ini dibuka dengan pengungkapan Nabi Yesaya mengenai Injil Kerajaan. Di sini, Yesaya berbicara tentang seorang utusan yang berlari menuju kota Yerusalem yang dihancurkan. Dia memberitakan kabar baik bahwa Allah tetap menjadi Raja atas umat-Nya. Suatu hari, Allah sendiri akan kembali untuk mendirikan kerajaan-Nya dan membawa kedamaian, yang terwujud dalam kedatangan Kristus ke dunia. Yesus membawa pemerintahan Allah ke dalam dunia dengan cara yang berlawanan dengan prinsip-prinsip duniawi.

4. Video: Son of Man (Anak Manusia)

Son of Man Dalam keempat Injil, Yesus nyaris tidak pernah secara langsung menyebut diri-Nya "Kristus". Dalam video ini, kami menelusuri arti mendalam dari frasa "Anak Manusia" yang sering digunakan oleh Yesus untuk menyebut diri-Nya sendiri. Video ini juga menjabarkan mengenai nubuatan dalam Daniel yang digenapi oleh Yesus dengan kedatangan-Nya ke dunia sebagai "Anak Manusia".

5. Video: Peace (Damai Sejahtera)

Damai Yesus datang sebagai pembawa damai atau shalom (bahasa Ibrani). Shalom sendiri secara harfiah berarti melengkapi atau menyempurnakan menjadi sesuatu yang utuh. Kelahiran Yesus dalam PB diumumkan sebagai damai atau eirene (dalam bahasa Yunani). Dalam video ini, kami diajak untuk belajar mengenai makna damai (shalom) itu dan bagaimana hal tersebut dapat menuntun orang kepada Yesus sebagai Raja Damai. Video Peace (Damai) adalah video adven minggu pertama dalam seri Adven dari TBP. Selanjutnya adalah Hope (Pengharapan), Joy (Sukacita), dan Love (Kasih).

6. Video: Hope (Pengharapan)

Pengharapan Dalam Alkitab, orang yang berpengharapan berbeda dari orang yang optimis. Dalam video ini, kami belajar bagaimana pengharapan yang alkitabiah hanya tertuju pada karakter Allah sendiri sebagai landasan bagi orang percaya bahwa sekalipun keadaan kelihatannya tidak berpengharapan, tetapi dalam Dia, masa depan akan lebih baik daripada masa kini.

7. Video: Joy (Sukacita)

Sukacita Dalam video ini, kami diajak untuk melihat jenis sukacita unik yang dimiliki orang-orang yang dipilih-Nya. Sukacita ini tidak bergantung pada keadaan yang sedang terjadi di sekitar kita. Sukacita dari Tuhan lebih dari sekadar perasaan hati yang senang, tetapi juga sebuah komitmen pribadi untuk percaya bahwa Allah akan menepati semua janji-Nya kepada kita.

8. Video: Love (Kasih)

Kasih Kata "kasih" adalah salah satu kata yang paling mudah diselewengkan maknanya karena kata itu terutama merujuk pada perasaan yang terjadi pada seseorang. Dalam Perjanjian Baru, "kasih" mengacu pada cara memperlakukan orang yang didefinisikan oleh Yesus sendiri dengan mencari kesejahteraan untuk orang lain terlepas dari respons mereka.

Secara keseluruhan, PA dengan menggunakan bahan video dari API-TBP ini membuat kami menjadi lebih paham terhadap konsep-konsep alkitabiah yang mengiringi peristiwa kelahiran Yesus ke dunia, serta terhadap gambaran besar tentang pentingnya kelahiran Juru Selamat sebagai penggenapan nubuat para nabi Perjanjian Lama. Selain itu, video studi kata API-TBP juga membantu kami menelusuri makna kata-kata penting dalam Alkitab dalam bahasa aslinya dan menemukan benang merahnya dengan pribadi Yesus Kristus sendiri. Adanya video-video ini juga sangat membantu kami merefleksikan makna Natal tahun ini. Bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang tertarik menggunakan video-video ini sebagai bahan PA atau bahan pendamping khotbah, silakan mengakses bahan-bahan ini di https://project.sabda.org. Kiranya menjadi berkat! Tuhan memberkati.

Suara Sahabat YLSA

Pesan dan Kesan Pengguna Aplikasi-Aplikasi Renungan dari SABDA

Selain aplikasi Alkitab, SABDA juga membuat beberapa aplikasi (Android dan iOS) untuk membaca renungan firman Tuhan: e-Renungan PSM (Harian), ROC - Renungan Oswald Chambers, dan Renungan e-SH/Santapan Harian. Berikut adalah pesan dan kesan dari pengguna aplikasi-aplikasi tersebut. Jangan lupa instal renungannya juga, ya!

Aplikasi e-Renungan PSM (Harian)

e-RH PSM

Terima kasih dan puji syukur atas kreativitas insan-insan di YLSA sehingga berita sukacita dari Tuhan bisa diakses sewaktu-waktu dan kita menjadi terang maupun garam dunia. [Frankie N.]

Thanks God! Semoga kita semua diberkati dengan firman yang menjadi panduan hidup. Mereka yang bersusah payah sehingga renungan ini ada kiranya selalu menjadi berkat bagi semua. Kiranya kita dapat selalu memuliakan Dia dalam kehidupan kita. GBU all! [Johny Tjin]

Bagi saya, aplikasi ini sangat memberkati dalam pembacaan firman Tuhan secara pribadi setiap harinya. Mulai dari pagi hari ketika bangun tidur, siang hari saat tengah istirahat, dan juga malam hari saat sudah kembali di rumah. Terima kasih untuk teman-teman dari tim SABDA yang telah bekerja keras dalam menciptakan aplikasi ini. Tuhan Yesus memberkati. [Handy Suryanto]

Aplikasi ROC - Renungan Oswald Chambers

ROC

ROC sangat bagus dan mengupas prinsip firman Tuhan dengan dalam. Intinya, kita diajar untuk tahu bahwa hidup Kristen adalah semata-mata tentang DIA, bukan tentang kita. [NN]

ROC memang sangat memberkati! Sangat recommended lah! [Yoachan R.]

Pertama kali saya tertarik dengan ROC ketika membaca renungan tentang kesucian. Untuk mau melayani tidak harus menunggu hidup suci karena pada saat kita menerima Yesus dan menerima pengorbanan darah Yesus, saat itulah kita disucikan. Tinggal bagaimana kita mau melayani. Pengajaran yang sangat dalam dibandingkan dengan renungan yang lain. Ibaratnya, bukan sekadar minum susu, tetapi makanan yang lebih padat. Dengan ROC, saya bisa banyak bertumbuh, mengerti firman Tuhan dengan detail. Saya sangat merekomendasikan untuk anak-anak Tuhan lainnya, yang ingin bertumbuh dengan benar untuk membaca ROC ini. [Joseph T.S.]

Aplikasi e-SH/Santapan Harian

e-SH

Saya sangat diberkati dan terbantu dengan apps e-SH dan telah menggunakannya selama beberapa tahun. [Slamet Widodo]

Biarlah aplikasi ini membuat pelayanan kita berjalan dengan baik dan semakin memudahkan kita dalam mempersiapkan khotbah-khotbah dalam pelayanan kita. Tuhan Yesus memberkati pelayanan kita bersama. Soli Deo Gloria! [John Musa]

Laporan Keuangan

Oktober 2019
Total Sumbangan Oktober 2019 : Rp91.654.874,00
Total Pengeluaran Oktober 2019 : Rp97.494.001,00

Rincian Laporan Keuangan Oktober 2019

Perkembangan pelayanan YLSA tidak terlepas dari campur tangan Tuhan dan dukungan dari para Sahabat dan Pendukung YLSA, baik dalam doa maupun dana. Kami sangat bersyukur atas hal ini. Kiranya Tuhan terus menyertai pelayanan YLSA dan mencukupkan dana yang diperlukan untuk kebutuhan pelayanan. Mari tingkatkan semangat kita untuk ambil bagian dalam pelayanan dana ini. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments