Berita YLSA - November-Desember 2015

Editorial

Sahabat dan Pendukung YLSA terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus,

Pada penghujung tahun 2015, Tuhan seakan-akan mendorong YLSA untuk cepat-cepat mengejar ketinggalan dari dunia sekuler dalam memakai teknologi supaya pelayanan Tuhan semakin maju dan semakin banyak orang mendengar kebenaran firman Tuhan. Itu sebabnya, walaupun dengan tergopoh-gopoh, kami mencoba menyelesaikan proyek besar YLSA pada akhir tahun ini, yaitu SABDA Bot. Silakan membaca informasi lebih lanjut di edisi Berita YLSA ini.

Untuk semakin memberikan pelayanan yang maksimal, YLSA memajukan waktu penyelenggaraan raker supaya ketika mengawali tahun pelayanan 2016, kami semua sudah siap melayani dengan semangat baru. Karena itu, doakan agar hikmat Tuhan terus menyertai kami sehingga segala perubahan ini dipakai Tuhan untuk semakin memantapkan pelayanan YLSA di era digital ini.

Terima kasih untuk dukungan para Sahabat dan Pendukung YLSA, kiranya kerja sama kita dalam melayani Tuhan semakin menyenangkan hati Tuhan. Soli Deo gloria!

 

 


 

 

Berita dan Pokok Doa

Berita dan Pokok Doa

  1. YLSA Merayakan Hari Ucapan Syukur

    Pada tanggal 26 November 2015, seluruh staf YLSA bersama-sama merayakan suatu tradisi yang sudah lama dilakukan YLSA, yaitu merayakan hari Ucapan Syukur. Kali ini diisi dengan bersih-bersih kantor. Sesudah itu, kami mengadakan ibadah singkat dengan memuji Tuhan dan bersyukur atas segala kemurahan Tuhan dalam pelayanan SABDA. Sungguh, Tuhan Yesus itu baik! Mari kita bersama-sama bersyukur kepada Tuhan atas kebaikan-Nya dan makin giat melakukan pekerjaan Tuhan untuk kemuliaan nama-Nya.

  2. YLSA Mengadakan Rapat Kerja untuk Program Pelayanan YLSA 2016

    Laporan mengenai Rapat Kerja YLSA bisa dibaca dalam kolom Mengenal YLSA.

  3. Tim ITS Meluncurkan SABDA Bot

    Sebagai kado Natal dari YLSA, tim ITS SABDA meluncurkan SABDA Bot untuk masyarakat Kristen Indonesia. SABDA Bot (@sabdabot di Telegram) adalah bagian dari proyek besar SABDA yang memungkinkan Anda untuk melakukan studi Alkitab yang terintegrasi dengan aplikasi chatting Telegram. Dengan SABDA Bot, Anda dapat membaca Alkitab dalam berbagai terjemahan, renungan, tafsiran, kamus, ensiklopedia, leksikon, himne, dan literatur Kristen yang lain, termasuk berlangganan ayat harian, bacaan Alkitab harian, renungan harian, humor, pokok doa, kesaksian, dan publikasi Kristen YLSA yang lain.

     

     

    image: sabda bot natal

     

    Khusus untuk Natal ini, secara khusus kami menyediakan bahan-bahan Natal seperti ayat-ayat Natal, lagu Natal, renungan Natal, kutipan Natal, dan masih banyak lagi, lewat SABDA Bot. Mohon dukungan doa agar SABDA Bot dapat menjadi berkat bagi Indonesia. Doakan pula untuk pengembangan SABDA Bot ke depannya sehingga program ini terus menjadi berkat bagi orang-orang Kristen di zaman digital ini. Kemuliaan kiranya hanya bagi Tuhan.

    => SABDA Bot untuk Telegram (Dekstop/browser)

    => SABDA Bot untuk Telegram (Android, iOS, Windows Phone)

    => Support & Contact:

    => * SABDA Bot Support Group

    => * SABDA Bot di Facebook

    => Dokumentasi SABDA Bot

  4. Tim CE Melangsungkan Diskusi Natal di Facebook Group e-BinaAnak

    Sejak tanggal 7 -- 23 Desember 2015, Tim Christian Education (CE) telah menyelenggarakan diskusi Natal bagi para pelayan anak lewat FB. Group e-BinaAnak. Dalam group ini, peserta diberi tugas untuk membaca sebuah artikel yang berjudul "Lahir untuk Menderita", yang disarikan dari salah satu khotbah Pdt. Dr. Stephen Tong. Harapan kami, setelah mengikuti diskusi kelas ini, seluruh peserta semakin memahami makna Natal yang sejati dan dapat mengajarkannya pula kepada anak-anak layannya.


    image: fb e-binaanak

     

  5. YLSA Menyelenggarakan Perayaan Natal

     


    image: natal sabda

     

    Pada tanggal 18 Desember 2015, SABDA menyelenggarakan ibadah Natal dengan tema "Natal adalah Kristus". Ibadah Natal ini dihadiri oleh staf YLSA dan keluarga besarnya, serta mitra-mitra YLSA. Kami sungguh berdoa agar melalui perayaan Natal ini, Tuhan semakin memantapkan langkah kita semua untuk terus melayani Allah yang telah mengorbankan Anak-Nya untuk mendamaikan umat-Nya dengan Allah. Cerita lengkap mengenai perayaan Natal di SABDA dapat Anda lihat dalam blog Natal YLSA 2015: "Natal Adalah Kristus".

  6. Pelayanan SABDA dengan YMC di Wonogiri dan Semarang

     


    image: poster ymc

     

    Tim Apps4God mendapat kesempatan bersama untuk melayani para remaja dan pemuda di Wonogiri. Pada acara yang diselenggarakan pada 20 -- 22 Desember ini, tim Apps4God akan mengajak anak-anak muda untuk bisa memanfaatkan sosial media, digital, dan teknologi mobile sebagai sarana pelayanan untuk memuliakan nama Tuhan. Doakan agar setiap peserta yang mengikuti acara ini dapat belajar Firman melalui setiap acara sehingga mereka mengerti panggilan hidupnya sebagai orang Kristen. Doakan juga agar Tuhan memakai tim Apps4Goduntuk mendorong anak-anak muda semakin menyala-nyala melayani Tuhan dengan menggunakan teknologi terkini untuk memenangkan generasinya.

    Doakan pula agar kerja sama dengan YMC Nasional dapat terus dipererat sehingga pada bulan Januari 2016 kami dapat melayani lagi bersama dengan YMC bagi para pemuda di Semarang. Informasi lebih lanjut mengenai acara ini dapat dilihat dalam brosur.

  7. PESTA Membuat Modul Biblika Baru: Pengantar Injil Sinoptik

    Salah satu program kerja tim PESTA pada tahun 2016 adalah menambah modul pada kategori Teologi Biblika, yaitu modul Pengantar Injil Sinoptik (PIS). Bersyukur kepada Tuhan karena saat ini tim PESTA telah menyelesaikan proposal dan menyiapkan seluruh materi yang akan dipakai untuk membuat modul PIS tersebut. Pemakaian kata "Injil Sinoptik" merupakan kata yang belum familiar di kalangan orang Kristen awam. Oleh karena itu, kami rindu modul PIS ini dapat memperlengkapi peserta PESTA untuk mengupas tentang pengertian Injil Sinoptik, mengapa ada problematika Sinoptik, dan survei masing-masing kitab Sinoptik. Kami berharap peserta PESTA akan semakin rindu belajar pelajaran-pelajaran biblika sehingga mereka dapat semakin dalam mengerti isi Alkitab.
    To God be the glory!

Mengenal YLSA

Puji Tuhan! Rapat kerja (Raker) untuk membahas program pelayanan YLSA tahun 2016 telah diselenggarakan pada Kamis — Jumat, 10 &mdash, 11 Desember 2015. Raker yang diikuti oleh seluruh staf YLSA ini berbeda dari biasanya. Pada tahun-tahun kemarin, raker tahunan YLSA diadakan setiap bulan Januari. Keputusan untuk mengadakan raker pada Desember adalah keputusan yang bijaksana, sebab dengan sudah diselesaikannya pengajuan program kerja, seluruh staf siap bekerja dengan program yang baru pada bulan Januari 2016.

Saya dan teman-teman sudah mengalami kesibukan dalam mempersiapkan raker sejak bulan Oktober 2015. Para koordinator beserta anggota setiap tim pelayanan YLSA mempersiapkan semua transisi kerja, yang semula berdasarkan bidang keahlian (divisi) menjadi bidang-bidang pelayanan, dan ditambah dengan tim pendukung. Banyak pergumulan, diskusi, dan rapat diadakan untuk merumuskan visi dan misi setiap tim pelayanan yang baru. Lalu, kami mulai memilah-milah semua kegiatan untuk dapat menyusun program kerja tahun 2016. Selama persiapan ini, Ibu Yulia selaku pemimpin YLSA terus mengarahkan, memantau, dan mengoordinir penyusunan program kerja agar efektif dan sesuai dengan visi YLSA.

Raker YLSA selalu unik. Tidak seluruh waktu dihabiskan untuk membahas program kerja. Kami selalu memaksa diri untuk belajar hal-hal baru agar staf YLSA dibekali dengan pengetahuan, kompetensi, dan wawasan baru. Dalam raker tahun ini, kami memulai acara raker dengan melakukan pemahaman Alkitab dari Renungan Oswald Chambers. Dalam dua hari raker, melalui PA ini, kami diingatkan untuk tidak hanya menyerahkan kehidupan rohani, tetapi juga kehidupan alamiah kami kepada Allah, yaitu kehidupan jasmani, moral, dan mental, agar kehidupan pribadi kami sepenuhnya dipakai untuk melakukan kehendak Allah. Kami diajar untuk melepaskan diri dari cangkang individualitas agar dapat bertumbuh secara rohani sesuai dengan kehendak Allah. Setengah hari pertama dalam dua hari raker diisi dengan training singkat dari beberapa staf YLSA mengenai Bible Engagement, Tren Teknologi Tahun 2016, Berteknologi dalam Pelayanan, Emotional Quotient (Kecerdasan Emosi), Kristus Kosmik, Built to Last, Dampak dan Penanganan Kecanduan Pornografi, dan Sejarah SABDA. Banyak hal baru yang kami pelajari dari setiap training/presentasi yang bisa diterapkan dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan di YLSA.

Kegiatan raker siang hari diisi dengan pembahasan program kerja per tim pelayanan, yaitu dari tim Penjangkauan, Pembinaan, Christian Education, Biblika, Teknologi, dan PESTA. Sementara itu, tim pendukung adalah ITS, Multimedia, Infrastruktur, HRD, Humas, Admin, dan Keuangan. Tahun ini, seluruh program kerja dari setiap tim dibuat dalam format yang lebih rapi dan seragam. Setiap staf mendapat kopi cetaknya dan sudah diberikan sehari sebelumnya supaya bisa dipelajari di rumah terlebih dahulu. Memang tidak "paperless", tetapi dengan adanya kopi cetak program kerja diharapkan dapat menolong setiap tim untuk selalu membawa program kerja dalam pertemuan mentoring dan menjadikannya "buku suci" untuk mengawasi dan mengontrol pelaksanaan program kerja yang sudah dirumuskan bersama. Karena sebelum raker setiap staf sudah mempelajari program kerja dari masing-masing tim, maka diskusi saat raker untuk menajamkan setiap program kerja menjadi lebih hidup daripada tahun-tahun kemarin. Selain tugas-tugas rutin, setiap tim pelayanan akan membuat beberapa produk baru dan mencoba jalur baru untuk penyebaran bahan-bahan SABDA. Dalam raker tahun ini, seluruh anggota tim mendampingi koordinator mempresentasikan program kerja sehingga jika ada pertanyaan dari forum, mereka juga berkesempatan memberikan penjelasan, bukan hanya koordinatornya.

 

 


Tim Alkitab Yang Terbuka menyampaikan program pelayanan 2016.

 

Seluruh staf YLSA merasa bersyukur dengan raker yang sudah dilaksanakan. Sistem yang berbeda membuat acara raker berjalan lebih lancar, lebih hidup, dan lebih efektif. Meski masih ada kekurangan di sana-sini, hal tersebut kami jadikan evaluasi untuk pelaksanaan raker-raker berikutnya.

Berakhirnya raker bukanlah akhir dari perjuangan, sebab raker justru menjadi garis awal untuk mulai melaksanakan visi yang telah Tuhan berikan untuk pelayanan tahun 2016. Program kerja ini kami pakai hanya sebagai acuan bekerja, sebab keputusan terakhir apakah program ini akan terlaksana atau tidak adalah pada Tuhan, Sang Pemilik dan Pemimpin YLSA yang sesungguhnya. Jadi, jika di tengah jalan ada program yang tidak dilaksanakan atau ditunda untuk alasan yang kuat dan jelas, kami tahu itu adalah intervensi dari Tuhan, dan kami pun akan taat kepada Tuhan. Oleh karena itu, mohon dukungan doa dari Sahabat YLSA semua agar Tuhan memberikan kepekaan kepada kami dalam melaksanakan program kerja ini agar seturut dengan keinginan Sang Pemilik. Doakan agar setiap tim di YLSA dapat terus setia mempersembahkan teknologi bagi kemuliaan nama Tuhan. IT for GOD!

Suara Sahabat YLSA

Respons Sahabat-Sahabat YLSA Mengenai Roadshow SABDA

- Roadshow di PT Intan Pariwara, Klaten

Martin Setia: Terima kasih kepada Ibu Yulia yang telah berkenan mengirim tim SABDA untuk melayani kami pada acara Pembinaan Rohani Kristiani Karyawan/wati PT Intan Pariwara dan PT Apsara Tiyasa Sambada Klaten, Rabu 20 Mei 2015. Berbagai produk SABDA dalam paket yang kami terima secara cuma-cuma sudah langsung dirasakan manfaatnya sejak kami melihat lampiran Daftar Isinya. Sangat lengkap, sangat bermanfaat, sangat menjadi berkat! Doa kami, Tuhan semakin melimpahkan berkat kepada Yayasan Lembaga SABDA, pelayanannya, dan segenap tim pelayannya. Terima kasih ... Tuhan Yesus memberkati!

- Pelatihan Software SABDA di GKJ Wonosari

Lewi Eko Sugiharto: Yayasan Misi di Indonesia yang komplet pelayanannya dan didukung oleh tenaga-tenaga muda yang kreatif, disiplin, dan berdedikasi tinggi kepada Tuhan dan instansi. Bravo YLSA!

- Pelayanan dengan Youth Mission Conference di Lampung

Paulina Lomo Dana: Puji Tuhan! Tetap semangat Ibu Yulia dalam melayani Tuhan dengan segala potensi yang Tuhan anugerahkan. Kami bergabung dengan doa. Maju terus pantang mundur memperlengkapi pelayan-pelayan Tuhan untuk lebih mantap lagi dalam pengembangan pelayanan hamba-hamba Tuhan ke depan bagi kemuliaan nama-Nya. Tuhan Yesus memberkati.

- Roadshow SABDA untuk Hamba Tuhan di Pinggiran Kota Solo

Wira Budiman Wangsaatmaja: Maju terus SABDA, God bless you!

Andreas Christanday: Tuhan memberkati hamba-Nya yang setia dalam hal yang kecil, menjadi besar (Matius 25:23). Salut untuk pelayanan SABDA, firman-Nya tidak kembali dengan sia-sia (Yesaya 55:11).

Blog SABDA
Blog SABDA: November -- Desember 2015

Blog SABDA adalah situs yang memuat tulisan mengenai pelayanan, peristiwa, dan informasi dari balik layar Yayasan Lembaga SABDA. Berikut ini beberapa blog yang ditulis pada November -- Desember 2015.

  1. Mengucap Syukur Bersama di YLSA
  2. Pengalaman Magang di SABDA
  3. Pra-Raker 2015 ala YLSA
  4. Seminar: Pornografi, Dampak, dan Penanganannya
  5. Selamat Datang di Era Messaging
  6. Raker untuk Program Kerja YLSA 2016
Laporan Keuangan

Laporan Keuangan November 2015

SUMBANGAN: 
  Nama   Nominal (Rp) Tgl
  Stanly Sasialang Rp 50,000,00 02/11//15
  Daniel Liman Rp 150,000,00 02/11//15
  Lauw Mediana Rp 2,000,000,00 02/11//15
  NN (Jakarta) Rp 2,000,000,00 02/11//15
  Chandra Widjaja Rp 1,500,000,00 03/11//15
  Hari Prasetio Rp 100,633,00 03/11//15
  Harjanto Rp 200,000,00 05/11//15
  Nathanael Marvin S. Rp 300,000,00 05/11//15
  Sandy Hartono Rp 3,000,000,00 05/11//15
  Daniel Andrianto Rp 100,000,00 05/11//15
  Lukas Haridjaja Rp 5,000,000,00 06/11//15
  Agustinus Andianto Rp 1,000,030,00 06/11//15
  TELAGA Rp 500,000,00 09/11//15
  Mauliate Marganda Rp 200,000,00 09/11//15
  Freddijanto Sujana Rp 100,000,00 09/11//15
  NN Rp 2,000,000,00 09/11//15
  P.K. Staf Rp 620,000,00 10/11//15
  Danny Thendean Rp 1,000,000,00 11/11//15
  Pro-Int Dinamika Rp 10,000,000,00 12/11//15
  Kristina Florensia Rp 500,000,00 12/11//15
  NN Rp 1,545,000,00 13/11//15
  Valentina Jasmine Rp 1,000,000,00 16/11//15
  Horasmawati Saragi Rp 200,000,00 17/11//15
  Lukmin Kosasih Rp 2,000,000,00 19/11//15
  Richard Tejaatmaja Rp 325,000,00 19/11//15
  T. O. Acuanto (Palembang) Rp 500,000,00 20/11//15
  Hendar Tusmin Rp 50,000,00 23/11//15
  Bambang Widjaja Rp 150,000,00 24/11//15
  Bambang Sumanto Rp 50,000,00 24/11//15
  Yani Mariani Rp 100,000,00 25/11//15
  Lukman Purwanto Rp 1,300,000,00 26/11//15
  Hana Desriana Rp 400,000,00 26/11//15
  Steven Elf Sigar Rp 300,000,00 26/11//15
  Yayasan Gloria Rp 1,000,000,00 26/11//15
  Maya Malinda Rp 100,000,00 27/11//15
  Arief Simanjuntak Rp 25,000,00 27/11//15
  Karolus Japutra Rp 1,000,000,00 27/11//15
  P.K. Staf Rp 520,000,00 27/11//15
  Iwan Sugiharto Rp 100,000,00 30/11//15
         
  Total sumbangan Rp 40,985,663,00  
PENGELUARAN: 
  Admin Rp 329,814,00
  HRD Rp 649,600,00
  Kepegawaian Rp 35,249,250,00
  Konsumsi Rp 2,544,600,00
  Perpustakaan Rp 181,000,00
  Transportasi Rp 189,000,00
  Utility Rp 3,641,400,00
  Infrastruktur Rp 121,500,00
  Persembahan kasih untuk staf Rp 1,500,000,00
         
  Total pengeluaran Rp 44,406,164,00  

Comments