Berita YLSA - April 2010

Daftar Berita
[Dari YLSA!]
[Berita YLSA!] :1. Divisi Publikasi: Dunia Penerjemahan di YLSA
 : 2. Divisi Umum (Pelayanan): Belajar Menggali Firman Tuhan di YLSA
 : 3. Divisi Umum (Pelayanan): Belajar Alkitab: Metode Meringkas Pasal
[Rencana & Pokok Doa!]:Rencana dan Pokok Doa -- Mei 2010
[Surat Anda!]
[Renungan!] :Agama Sejati
[Stop Press!] :Situs C3I
[Keuangan YLSA!] :Laporan Maret 2010

Editorial

Salam sejahtera,

Kami sungguh bersukacita atas setiap pemeliharaan Tuhan bagi pelayanan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) sampai hari ini. Di tengah kesulitan dan pergumulan yang kami hadapi, pertolongan Tuhan selalu nyata. Untuk kegiatan selama bulan April, kami juga bersyukur Tuhan telah campur tangan sehingga kami bisa terus melewati semua tantangan yang ada. Kami yakin, ini semua juga berkat dukungan serta doa para Sahabat dan Pendukung YLSA.

Pada awal bulan April yang lalu, YLSA juga mendapat undangan untuk bergabung dalam pertemuan Konsultasi Kabar Baik di Bogor yang diprakarsai oleh YAMARI dan YASUMA. Kami sangat bersyukur karena pada pertemuan itu YLSA bisa bertemu dengan banyak sekali wakil dari organisasi Kristen lain yang bekerja keras melayani Tuhan di bidang yang berbeda-beda. Kami sungguh merasa dipersatukan dalam Tubuh Kristus karena sekalipun kami melayani di tempat dan di bidang yang berbeda-beda, tapi kami memiliki semangat dan kasih yang sama untuk melayani Tuhan kita, Yesus Kristus.

Salah satu tujuan pertemuan tersebut adalah agar setiap organisasi Kristen bisa mengenal organisasi Kristen yang lain. Yang sangat diharapkan adalah kerja sama sehingga setiap organisasi dapat membantu organisasi lain, dengan demikian dapat terjadi sinergi yang akan memaksimalkan pelayanan yang sudah ada.

YLSA ternyata telah cukup dikenal oleh organisasi-organisasi Kristen yang hadir pada pertemuan itu karena produk pelayanan YLSA (CD SABDA, situs-situs, dan publikasi) telah banyak menjadi berkat bagi mereka. Selain berkesempatan untuk memberikan presentasi tentang YLSA, kami juga dapat membagikan CD Alkitab Audio kepada semua peserta dan juga menginstalkan program SABDA (Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat) kepada para peserta yang kebetulan membawa laptop/notebook/flashdisk. Kami berharap semua alat studi Alkitab yang telah mereka dapatkan menjadi berkat dan dapat menolong meningkatkan kualitas pelayanan. Untuk melihat foto-foto pertemuan tersebut, silakan berkunjung ke Facebook SABDA, atau salin tautan berikut: http://www.facebook.com/album.php?...

Dukungan doa para Sahabat YLSA sangat kami harapkan agar melalui pertemuan Konsultasi Kabar Baik ini, terjalin kerja sama yang menghasilkan pelayanan-pelayanan yang berkenan bagi Tuhan. Doakan juga agar kita semua, yang adalah anggota tubuh Kristus, bisa terus bergandeng tangan dan saling membantu sehingga pekerjaan Tuhan di Indonesia bisa menjadi semakin efektif dan menjangkau banyak jiwa.

In Christ, Yulia Oeniyati Pimpinan YLSA http://www.ylsa.org http://fb.sabda.org/ylsa


Berita dan Pokok Doa

Selama bulan Mei, YLSA berencana mengerjakan tugas-tugas yang telah disusun berikut ini.

  1. Tim YLSA yang menghadiri pertemuan Konsultasi Kabar Baik telah membagikan CD Alkitab Audio kepada semua peserta dan menginstal program SABDA -- program pembelajaran Alkitab -- untuk beberapa peserta. Puji Tuhan, terjalin pula beberapa kerja sama dengan organisasi-organisasi lain.

    ==> http://www.facebook.com/album...

    Pokok doa: Doakan agar CD-CD yang dibagikan YLSA dan program SABDA yang telah diinstal menjadi berkat bagi banyak orang. Kiranya pula rencana kerja sama dengan organisasi lain dapat terlaksana dengan baik.

  2. Tim SABDA masih sibuk menyelesaikan proyek CD SABDA 4.0, khususnya untuk pengoreksian dan penambahan modul baru, juga pengecekan program dan pengintegrasian semua modul yang ada.

    Pokok doa: Kami rindu agar CD SABDA 4.0 segera bisa dinikmati oleh masyarakat Kristen Indonesia. Doakan agar semua proses pengoreksian bisa berjalan sesuai dengan yang dijadwalkan.

  3. PESTA akan membuka kelas Pengantar Perjanjian Baru pada bulan Mei/Juni. Saat ini peserta kelas PPB yang sudah mendaftar sebanyak 22 orang.

    ==> http://www.pesta.org

    Pokok doa: Doakan agar 22 peserta yang telah terdaftar dapat terlibat secara aktif dan mendapat berkat berlimpah dari diskusi yang akan berlangsung.

  4. Seiring perkembangan teknologi, divisi Publikasi berencana untuk menggabungkan dua jejaring sosial: Facebook publikasi-publikasi YLSA dengan Twitter.

    ==> http://fb.sabda.org

    Pokok doa: Doakan untuk realisasi rencana penggabungan teknologi Facebook dan Twitter untuk kepentingan pelayanan YLSA, supaya lebih banyak orang mendapat informasi tentang produk pelayanan YLSA.

  5. Pada akhir bulan Mei ini semua staf Divisi Publikasi sudah harus selesai membuat laporan kegiatan tengah tahun 2010 dan juga membuat evaluasi untuk mengembangkan pelayanan selanjutnya.

    ==> http://www.sabda.org/publikasi

    Pokok doa: Doakan agar hikmat Tuhan menyertai semua staf dalam mengatur waktu menyelesaikan laporan tengah tahun yang perlu untuk perkembangan pelayanan selanjutnya.

  6. Divisi WEB bekerja sama dengan Divisi Publikasi akan melakukan pengembangan situs-situs YLSA terutama untuk mengintegrasikan semua pelayanan YLSA yang ada.

    ==> http://www.sabda.org

    Pokok doa: Mohon dukungan doanya supaya kerja sama antardivisi makin terbina dengan baik, sehingga semua pengguna produk YLSA dapat menikmati semua fasilitas yang ada untuk meningkatkan pelayanan mereka.

  7. Setelah selesai menyiapkan CD SABDA, Tim SABDA akan membuat evaluasi dan rencana sampai akhir tahun 2010. Semoga pelayanan tim ini bisa semakin fokus pada "biblical computing".

    ==> http://www.ylsa.org/pelayanan_biblical...

    Pokok doa: Doakan agar Tuhan memberi hikmat untuk pelayanan "biblical computing" di Indonesia sehingga Tim SABDA bisa fokus mengerjakan apa yang berkenan kepada Tuhan.


Suara Sahabat YLSA
1. Dari: Tri 

  >Saya sangat berterima kasih dan mengucap syukur
  >dengan adanya situs ini. Setiap saat ada waktu
  >saya bisa membaca, belajar tentang Alkitab, dan
  >mengenal Allah lebih dekat, yang selama ini tidak
  >mungkin saya lakukan di rumah di tengah keluarga saya,
  >karena kondisi. Tapi saya tetap bisa menyapa Tuhan dan
  >mengenalnya. Haleluya.

2. Dari: Rimson MT Simarmata 

  >Luar biasa sangat membantu saya untuk lebih mengenal
  >Tuhan kita Yesus Kristus.

3. Dari: Emanuel Triwibowo 

  >Shalom ...
  >Puji Tuhan, saya sudah menerima CD SABDA pada
  >tanggal 28 April 2010. Mohon maaf terlambat
  >memberi informasi karena sikon. Saya tidak bisa
  >setiap hari online, dan juga kadang hanya sekali
  >sebulan saya dapat ke kantor pos melihat kiriman surat.
  >Sekali lagi, terima kasih. Modul-modul tersebut sangat
  >berguna bagi pelayanan saya, mengingat di tempat saya
  >pelayanan sangat jauh dari toko buku (harus ke kota
  >Pontianak yang jaraknya 420 km).
  >Terima kasih juga karena dikirim secara gratis.
  >Tuhan berkati dan maju terus SABDA....

4. Dari: Alex Sasialang 

  >Terima kasih banyak, program ini sangat membantu
  >saya dan keluarga dalam pelayanan.

Redaksi:

Puji Tuhan! Terima kasih banyak untuk surat dari para Sahabat dan Pendukung YLSA yang sangat memberi dorongan kepada kami yang melayani di YLSA. Kiranya pelayanan YLSA semakin menjadi berkat bagi jemaat Tuhan di mana pun mereka berada. Segala kemuliaan hanya bagi Allah!


Renungan

Agama Sejati
"Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!" (Mazmur 34:9)

Ada orang yang ingin menguji kesucian agama Kristen melalui kesucian umat Kristen. Menurut saya, Anda tidak berhak mempertanyakan keabsahan pengujian seperti itu. Ujian yang tepat adalah dengan mengenakannya pada diri sendiri -- dengan "mengecap dan melihat bahwa Tuhan itu baik". Dengan mengecap dan melihat, Anda akan membuktikan kebaikan-Nya, dan dengan cara yang sama Anda harus membuktikan kesucian Injil-Nya. Tugas Anda adalah menemukan Kristus yang tersalib bagi diri Anda, bukannya mencari gambaran pada diri orang lain, yang Anda anggap memunyai kuasa anugerah untuk mengatasi kecurangan dan menyucikan hati.

Karena Allah telah memberikan Alkitab bagi Anda, Dia ingin Anda membacanya, dan tidak menjadi puas dengan melihat orang lain. Anda tidak boleh puas dengan perasaan yang meluap-luap karena perkataan orang lain. Satu-satunya kekuatan Anda untuk mengetahui agama yang sejati adalah dengan mempersilakan Roh Kudus-Nya bekerja di dalam hati Anda sehingga dapat mengalami kuasa agama itu. Anda tidak berhak menilai agama dari segi kelebihan atau sisi luarnya saja. Dan apabila Anda membenci agama sebelum mengujinya sendiri maka Anda menjadi orang bodoh di dunia ini dan orang jahat di kehidupan yang akan datang. Hal ini berlaku bagi sebagian besar umat manusia. Bila Anda mendengar seseorang mencemooh Alkitab biasanya Anda menyimpulkan bahwa ia tidak pernah membacanya.

Diambil dari:

Judul buku: Waktu Teduh bersama Charles Spurgeon
Penyusun : James S. Bell, Jr.
Penerjemah: Haniel Eko N.
Penerbit : Gloria Graffa, Yogyakarta 2004
Halaman: 58

Blog SABDA

Berikut ini adalah beberapa tulisan blog staf yang diambil dari situs Blog SABDA selama bulan April. Selamat menyimak.

DIVISI PUBLIKASI

  • Judul blog: Dunia Penerjemahan di YLSA (Oleh: Truly A. Pasaribu)

    .... Walaupun baru 3 bulan, tapi saya sudah mendapat banyak pelajaran berharga saat bergelut sebagai penerjemah. Bagaimana tidak, saya bekerja dengan editor-editor "perfeksionis" yang menantang saya untuk meningkatkan tata bahasa, diksi, dan komposisi, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Di universitas, saya mengenyam ilmu bahasa Inggris; tapi, untuk menjadi penerjemah, pemahaman bahasa asing saja belum cukup, penerjemah perlu lebih mengakrabkan diri dengan bahasa Indonesia agar bahasa terjemahan terdengar wajar. Untungnya, perpustakaan YLSA menyediakan berbagai macam bacaan yang "yahud" termasuk tentang dunia kebahasaan....

    Baca selengkapnya tulisan Uly:

    ==> http://blog.sabda.org/2010/04/21/

DIVISI UMUM (PELAYANAN)

  • Judul blog: Belajar Menggali Firman Tuhan di YLSA (Oleh: Yulia Oeniyati)

    Sejak awal tahun 2010 ini saya semakin sadar betapa pentingnya memiliki kebiasaan makan makanan rohani yang sehat secara teratur. Selain ingin memiliki hidup rohani yang sehat, saya juga ingin semakin peka melihat tuntunan Tuhan atas hidup saya melalui firman-Nya. Menurut saya, prinsip ini juga berlaku untuk kehidupan sebuah gereja atau yayasan Kristen, tempat anak-anak Tuhan bergabung beribadah dan melayani bersama. Pikiran inilah yang menginspirasi tema YLSA tahun ini, yaitu "Berakar, Bertumbuh, Berbuah". "Tanpa membangun akar yang kuat, maka tidak mungkin kita bisa membangun bangunan yang besar — BERAKAR dalam firman Tuhan menjadi kunci bagi kemajuan YLSA." Bagaimana mengaplikasikan kerinduan ini untuk YLSA? ....

    Baca selengkapnya tulisan Yulia:

    ==> http://blog.sabda.org/2010/04/19/

  • Judul blog: Belajar Alkitab: Metode Meringkas Pasal (Oleh: Kusuma Negara)

    Setelah minggu lalu kami belajar bagaimana belajar Alkitab dengan metode devosional, minggu ini kami belajar menggunakan cara meringkas. Secara singkat, dengan menggunakan metode ini kita diminta untuk membaca sebuah pasal di Alkitab paling tidak sebanyak lima kali, lalu kita menuliskan di catatan kita pokok-pokok pikiran yang ditemukan di pasal tersebut....

    Baca selengkapnya tulisan Kusuma Negara:

    ==> http://blog.sabda.org/2010/04/26/


Laporan Keuangan

Berikut adalah laporan keuangan YLSA bulan Maret 2010.

LAPORAN MARET 2010

A. Sumbangan
Garth Irawan (BCA) Rp. 50.000,0001/03/10
NN (BCA) Rp. 2.000.000,0001/03/10
Samuel Franklyn (BCA) Rp. 250.000,0001/03/10
Haryono dari Malang (BCA)Rp. 500.000,0002/03/10
Grace Emilia (BCA) Rp. 200.000,0003/03/10
Cahyadi Wanaharja (BCA) Rp. 50.000,0003/03/10
Mickey Felder (BCA) Rp. 100.000,0003/03/10
Lukas Haridjaja (BCA) Rp. 500.000,0005/03/10
Garth Irawan (BCA) Rp. 100.000,0005/03/10
TELAGA (BCA) Rp. 500.000,0008/03/10
Arif Saryoko (BCA) Rp. 500.000,0015/03/10
Lanita Cicilia (BCA) Rp. 2.000.000,0017/03/10
NN (BCA) Rp. 1.500.000,0022/03/10
NN (BCA) Rp. 203.095,0022/03/10
Indriana Chandrana (BCA) Rp. 1.000.000,0023/03/10
NN (BCA) Rp. 1.000.000,0023/03/10
Yayasan Gloria (BCA) Rp. 250.000,0025/03/10
Grace Emilia (BCA) Rp. 200.000,0025/03/10
Jap Aries Gunawan (BCA) Rp. 100.000,0025/03/10
Ai Kuntoro (BCA) Rp. 9.056.000,0031/03/10
Sumbangan lain-lain Rp. 291.000,00
Bunga Bank Rp. 53.335,00
   
Total Sumbangan Rp. 20.403.430,00
B. Pengeluaran
Beban Admin Rp. 2.212.400,00
Kas Kecil Rp. 150.000,00
Telp, listrik, dll. Rp. 2.466.100,00
Beban Komputer Rp. 5.924.000,00
Beban Perpustakaan Rp. 208.000,00
Produksi CD Rp. 236.000,00
Pengiriman pos, paket, dll.Rp. 46.500,00
Bank Rp. 20.172,00
Kepegawaian Rp. 22.460.000,00
Seminar Rp. 555.000,00
Konsumsi Staf Rp. 1.398.700,00
   
Total Pengeluaran Rp. 35.676.872,00

Ucapan Terima Kasih

-------------------

Dukungan para Sahabat YLSA sungguh membesarkan hati. Biarlah Tuhan yang akan memberkati Anda semua dengan kasih-Nya yang melimpah. Mari kita teruskan perjuangan kita untuk melaksanakan tugas kita masing-masing.

Bagi Sahabat YLSA yang belum terlibat dalam pelayanan YLSA dan ingin berpartisipasi memberikan sumbangan dana, silakan bergabung dengan mengirimkan bantuan Anda ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA a.n. Yulia Oeniyati Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo No. Rekening: 0790266579

Stop Press
Situs C3I

Situs Christian Counseling Center Indonesia (C3I) merupakan situs yang menaungi milis publikasi e-Konsel. Selain memberikan bahan-bahan konseling secara gratis, situs ini juga menyediakan layanan konseling melalui e-mail, informasi tempat-tempat konseling, dan situs-situs konseling Kristen lainnya. Melalui situs ini pula pengunjung bisa berlangganan gratis Publikasi e-Konsel ataupun mengunjungi arsip publikasi ini. Yang menarik, setiap bulan situs C3I selalu menampilkan Fokus C3I, yaitu topik khusus yang diangkat pada bulan tersebut dengan menyajikan artikel-artikel yang berkaitan dengan topik.

Pengunjung juga tidak perlu repot memilah-milah bahan yang disajikan karena sudah ada kategori khusus yang memudahkan pengunjung mencari bahan yang diinginkan. Selain itu, pengunjung juga bisa memberikan komentar atau tanggapan atas setiap bahan yang ada.

Jadi, bila ingin mendapatkan bahan-bahan konseling gratis, bermutu dan lengkap, kunjungi situs ini:

==> http://c3i.sabda.org


Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi: Yulia, Ami, Evie, dan Elly
Untuk berlangganan: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Berhenti berlangganan: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Kirim bahan/pertanyaan: beritaylsa(at)sabda.org
Arsip Berita YLSA: http://www.ylsa.org/berita_ylsa/
Blog SABDA: http://blog.sabda.org/
In-Christ.Net: http://www.in-christ.net/
Facebook YLSA: http://fb.sabda.org/ylsa

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA Didistribusikan melalui sistem network I-KAN Copyright(c) Berita YLSA 2010 YLSA -- http://www.ylsa.org/ http://katalog.sabda.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati


Comments