Berita YLSA Agustus -- September 2019

Editorial

Selamat bertemu lagi dalam kasih Tuhan Yesus Kristus,

Di tengah kesibukan pelayanan rutin, bulan ini, kami juga bergiat mempersiapkan perayaan ulang tahun ke-25 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) yang mengambil tema Celebrating God's Works. Kami sungguh bersyukur kepada Tuhan Yesus atas kebaikan yang telah Dia kerjakan dalam pelayanan SABDA dan dalam kehidupan setiap kita. Bagi Anda yang tinggal di Solo dan sekitarnya, kami sangat berharap Anda bisa ikut bergabung dengan kami untuk bersama-sama merayakan ulang tahun YLSA. Perayaan ini akan diselenggarakan pada 14 Oktober 2019 mulai pukul 16.00 -- 21.00 WIB di Convention Hall Orient, lantai 2. Acara ini gratis, tetapi Anda wajib mendaftarkan diri dengan memberikan nama dan nomor telepon/HP yang bisa dihubungi. Silakan mengisikannya pada formulir pendaftaran yang dapat diakses melalui situs sabda25.sabda.org.

Sebagai persiapan ulang tahun, ada beberapa produk pelayanan YLSA yang akan kami rilis, di antaranya: Komik Alkitab Kisah Kasih Abadi versi cetak bertema Natal, yaitu Kristus 1: Kelahiran dan Kristus 2: Masa Kecil. Pemilihan tema Natal ini sengaja kami lakukan untuk sekaligus menyambut Natal. Selain itu, ada juga peluncuran situs sabda25.sabda.org, DVD The Bible Project, dan produk-produk lainnya.

Nah, silakan datang ke perayaan ulang tahun untuk mendapatkan produk-produk SABDA terbaru. Segeralah mendaftar, dan sampai berjumpa!

Santi

Dalam anugerah-Nya,
Redaksi Berita YLSA,
Santi Titik Lestari
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

Berita dan Pokok Doa

1. Menjelang Celebrating God's Works dalam 25 Tahun YLSA

Ultah 25 Tahun SABDA

Kabar gembira! Pada 14 Oktober 2019, YLSA akan menggelar acara Celebrating God's Works dalam rangka ulang tahun yang ke-25. Acara ini diharapkan menjadi "kopdar" akbar bagi sahabat, pendukung, mitra, pengguna, pendoa, alumni, dan siapa pun yang selama ini sudah/ingin mengenal, mendukung, dan/atau memakai produk-produk pelayanan YLSA. Dalam acara ini, kami akan mengadakan berbagai kegiatan, yaitu menggelar berbagai booth SABDA berisi 25 tahun karya Allah dalam pelayanan YLSA dan beberapa seminar bertema Alkitab dan Teknologi. Kami mengundang Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian untuk hadir dan merayakan kebaikan Allah bersama kami. Silakan informasikan kehadiran Anda ke ylsa@sabda.org. Mohon doakan untuk persiapan acara, pembicara, dan peserta yang akan hadir. Sampai bertemu pada 14 Oktober 2019, ya!

2. #SABDAKOMIK: Perkembangan Proyek Komik Kisah Kasih Abadi (Kingstone Indonesia)

Komik PL

Pada Agustus -- September 2019, tim #SABDAKOMIK terus berusaha untuk menyelesaikan Komik Kisah Kasih Abadi Perjanjian Lama. Puji Tuhan, sudah ada 33 buku komik PL, yaitu Volume 5 (Raja-Raja I), Volume 6 (Raja-Raja II), Volume 7 (Pengasingan), dan Volume 8 (Nabi-Nabi) yang saat ini bisa Anda baca dan download dari Komik.APP. Harapan kami, sebelum 14 Oktober 2019, Komik Kisah Kasih Abadi seluruh Alkitab (PL dan PB) sudah dapat dibaca melalui situs Komik.APP. Sementara itu, mohon dukungan doanya untuk persiapan distribusi versi cetak dari Komik Kristus 1: Kelahiran dan Kristus 2: Masa Kecil dalam rangka menyambut perayaan Natal. Mulai sekarang, kami sudah bisa menerima pesanan untuk kami kirimkan pada November nanti. Jika Anda tertarik, silakan menghubungi via email: ylsa@sabda.org atau WA: 08812979100, dan kami akan mengirimkan informasi lebih lengkap.

3. #SABDAKOMIK: Aplikasi Komik "Singa Yehuda" untuk iOS dan Animasi "Siapakah Dia?"

Yesus Mesias

Puji Tuhan! Tim ITS dan tim Multimedia YLSA kembali meluncurkan satu aplikasi iOS untuk komik Alkitab, yaitu Komik Singa Yehuda. Komik ini berisi kisah Yesus yang diambil dari Injil Markus yang tersedia dalam tiga versi, yaitu versi Alkitab Yang Terbuka, Alkitab Mudah Dibaca, dan Alkitab Versi Borneo. Anda dapat membacanya pula secara online melalui situs Komik.APP. Sementara itu, kami juga hampir menyelesaikan animasi untuk Komik Siapakah Dia? (Yesus Mesias). Mohon doakan agar pengerjaan animasi tersebut dapat segera diselesaikan. Komik Siapakah Dia? ini juga dapat dibaca secara online melalui situs Komik.APP. Kiranya penambahan jalur untuk mengakses komik-komik Alkitab makin membuka kesempatan bagi generasi abad ke-21 untuk membaca dan belajar Alkitab dalam media yang relevan dengan mereka.

4. Mahasiswa Magang dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Periode 2019

Komik Kristus 1 & 2

Pada September sampai November 2019, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) menerima beberapa staf magang dari Fakultas Bahasa dan Seni UKSW, Salatiga, yaitu Gabriel, Nike, Maya, dan Senda. Selama magang, mereka tidak hanya diberikan tugas penerjemahan sesuai dengan jurusan mereka, tetapi juga bermacam-macam tugas lain untuk menambah wawasan maupun kompetensi mereka dalam bidang literatur. Harapan kami, selama masa magang ini, mereka dapat belajar melayani Tuhan, khususnya dalam bidang teknologi, dan bertumbuh secara rohani. Doakan juga agar mereka dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan baik sehingga dapat menjadi kontribusi bagi pekerjaan Tuhan di YLSA.

5. Pengembangan Bahan-Bahan Artikel dari Digital Resources

Bahan DR

Selama bulan Agustus dan September 2019, tim Digital Resources (DR) bekerja sama dengan tim Multimedia mengadakan pelatihan internal untuk mengembangkan bahan-bahan teks menjadi bahan multimedia. Tujuannya supaya setiap penanggung jawab bidang pelayanan dapat membuat konsep, caption, serta produk-produk multimedia berupa GIF, IG Swipe, PPT, dan Infografik dengan baik. Selain hasilnya menjadi feed bagi Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest YLSA, melalui pelatihan ini, kami juga semakin pintar mengelola tulisan-tulisan kami. Dukung Tim DR dalam doa agar kami dapat berkreasi membuat produk-produk multimedia dengan baik sehingga membawa inspirasi dan berkat bagi banyak orang.

Mengenal YLSA

Mengenal YLSA: Program Digital Learning YLSA: Training Menulis Online

DL

Digital Learning (DL) adalah salah satu fokus pelayanan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) pada 2019. Selama 25 tahun, YLSA sebenarnya telah membuat banyak sekali bahan pembelajaran digital yang bertujuan untuk memperlengkapi mereka yang terlibat dalam pelayanan, baik di gereja maupun di persekutuan. Namun, banyak kali, bahan-bahan yang kami sediakan tersebut sekadar dibaca dan tidak memberi dampak yang besar, bahkan kadang dilupakan. Padahal, kerinduan kami adalah bahan-bahan tersebut dapat dipelajari dengan mendalam sehingga memberi pertumbuhan. Oleh karena itu, mulai 2019, YLSA memakai cara yang lebih strategis agar bahan-bahan digital yang disediakan ini bisa dipelajari dengan lebih baik dan menghasilkan digital learning. Sementara itu, kami juga melihat bahwa sarana media sosial masih terus bertahan digandrungi oleh banyak orang. Nah, dengan alasan inilah kami memilih cara belajar menggunakan Grup Facebook karena dalam sehari, mereka selalu akan membuka Facebook dan dengan belajar bersama teman yang lain, semangat belajarnya juga menjadi semakin besar. Berikut ini salah satu contoh kegiatan DL yang sedang berlangsung dalam Grup Facebook Penulis Kristen.

Pada pertengahan Februari 2019, diawali dengan adanya obrolan ringan terkait bagaimana meningkatkan keterampilan menulis di Facebook e-Penulis (@sabdapenulis), banyak anggota mulai menyampaikan ide-ide segar untuk mewujudkan kerinduan ini. Singkat cerita, ada seorang anggota yang mengangkat topik training menulis online. Selama beberapa hari, diskusi ini makin ramai dan meruncing, yang akhirnya menyimpulkan bahwa mereka memang membutuhkan training menulis, yang sedapat mungkin bisa mengakomodasi minat dan bakat mereka nantinya. Beberapa anggota inti dari komunitas ini pun "menggodok" kembali ide ini, dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan modul Penulis Kristen yang Bertanggung Jawab (PKB) sebagai materi diskusi, dengan dilanjutkan praktik menulis dan bedah tulisan.

Modul PKB adalah salah satu modul praktika yang biasanya digunakan untuk kelas Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam (PESTA). Dan, pada tahun ini, kami mengembangkan jalur belajarnya, yaitu melalui Grup Facebook Penulis Kristen.

Pelaksanaan Diskusi

Diskusi PKB diikuti oleh 29 peserta dari berbagai latar belakang profesi dan daerah. Dalam pelaksanaannya, kelas ini dimoderatori oleh Santi Titik L., dan berlangsung selama sebulan. Dinamika diskusi cukup baik. Selain para peserta aktif dalam merespons, ada kedekatan relasi yang kami rasakan. Sekalipun para anggota belum pernah berjumpa secara langsung, tetapi ketika berkomunikasi, kami merasa seperti sudah saling kenal dan bertemu sebelumnya. Inilah salah satu sensasi dan hal baik yang ternyata juga bisa kami temukan dalam dunia media sosial.

PKB

Biasanya, kelas PKB dijalankan hanya sebatas pembahasan materi sampai pengumuman kelulusan anggotanya. Namun, kali ini, diskusi PKB dikembangkan lagi hingga ada tahapan praktik menulis dan bedah hasil tulisan peserta. Ini menarik! Setiap peserta yang lulus diskusi diwajibkan membuat tulisan berdasar prinsip-prinsip yang sudah dipelajari dalam kelas PKB. Setelah itu, hasil tulisan peserta akan dibedah dan dikoreksi bersama-sama sesuai dengan kriteria dalam bedah tulisan untuk mendapatkan tulisan yang lebih baik dan tajam.

Sekalipun sudah diusahakan secara maksimal, tetapi tidak semua peserta bisa memenuhi syarat lulus untuk bisa mengikuti tahap selanjutnya. Untuk tahap pertama, hanya 20 peserta yang bisa dikatakan lulus dan berkesempatan untuk mengikuti praktik menulis dan bedah tulisan. Namun, setelah praktik, hanya 10 peserta yang aktif terlibat hingga selesai.

Kolaborasi

Semangat awal dari kegiatan ini adalah kolaborasi dengan anggota-anggota penulis untuk bisa belajar bersama. Dalam kegiatan bedah tulisan, kolaborasi ini benar-benar diwujudkan. Bedah tulisan dilakukan selama seminggu dan ada tiga moderator yang saling bergantian memimpin, yakni Bapak Julius Manullang, Bapak Nicodemus Kaborang, dan Santi Titik L.. Masing-masing memimpin bedah tulisan selama seminggu, dan anggota-anggota yang lain aktif sebagai peserta dan admin (membantu untuk mencolek anggota-anggota yang belum muncul ketika kegiatan berlangsung). Waktu pelaksanaan bedah tulisan pun kita sepakati bersama, yaitu pukul 17.00 -- 22.00 WIB, sesuai dengan pertimbangan para anggota. Meskipun dilakukan pada sore hari sampai malam, ternyata komitmen anggota bisa diandalkan. Bahkan, melebihi pukul 22.00 pun, mereka masih aktif membedah tulisan. Hal ini yang membuat saya menyimpulkan bahwa teman-teman sudah punya rasa memiliki terhadap komunitas ini.

Tindak Lanjut Kegiatan

Setelah semua proses dijalani, setiap peserta akan memperbaiki tulisan mereka masing-masing dan mengirimkannya kembali ke tim e-Penulis. Setiap tulisan akan kami publikasikan di berbagai jalur penulis Kristen, seperti situs PELITAKU (Penulis Literatur Kristen dan Umum), Penulis.Co (Christian Online), e-Artikel (sesuai topik artikel), dan jalur-jalur publikasi lainnya yang relevan dengan tulisan tersebut. Yang lebih menggairahkan lagi, peserta yang lulus mendapatkan sertifikat. Selain itu, muncul kerinduan untuk bisa kopdar (kopi darat) dengan semua peserta PKB. Ada yang mengusulkan supaya kopdar diadakan di Bandung dan ada juga yang "ngikut" -- terserah mau diadakan di mana. Puji Tuhan, acara ulang tahun YLSA yang ke-25 bisa menjadi ajang kopdar jua. Karena itu, beberapa peserta PKB sudah mengiyakan untuk bisa datang ke acara ini supaya bisa kopdar bersama.

Puji syukur kepada Tuhan Yesus atas pengalaman berharga yang kami dapatkan dari rangkaian kegiatan diskusi PKB ini. Selain anggota bisa belajar bersama, mereka juga bisa saling berelasi dan merasakan indahnya persekutuan untuk saling melayani. Bersyukur untuk kesediaan beberapa anggota dalam mengambil bagian sebagai moderator dan admin dalam kegiatan bedah tulisan ini sehingga mereka bisa mencicipi indahnya belajar secara digital. Mari kita turut doakan supaya semua peserta bisa menjadi penulis Kristen yang bertanggung jawab dan menjadi terang di dunia ini melalui karya-karya mereka.

Suara Sahabat YLSA

Suara Sahabat YLSA: Kesaksian Peserta Program PESTA

PESTA

Pada Agustus 2019, Pendidikan Elektronik Studi Teologi Awam (PESTA) memasuki tahun pelayanan yang ke-20. Puji Tuhan! Kami bersyukur kepada Tuhan karena telah memakai PESTA sebagai sarana bagi orang Kristen awam untuk belajar teologi tanpa dibatasi tempat dan waktu. PESTA adalah kelas online pertama untuk orang Kristen awam di Indonesia. Dimulai dari milis diskusi (via email), saat ini PESTA membuka kelas di media sosial Facebook. Berikut beberapa kesaksian peserta PESTA. Kiranya mendorong Sahabat dan Pendukung YLSA untuk terus mendoakan pelayanan PESTA, bahkan bisa ikut bergabung menjadi peserta. Terima kasih.

Idul Y.K.

Mungkin banyak orang berpikir bahwa hanya mereka yang sekolah di STT yang dapat mendalami Alkitab. Namun, dengan mengikuti kelas PESTA, saya mengatakan pandangan seperti itu keliru. Melalui kelas PESTA, saya bisa belajar banyak hal. Pelajaran yang didapat di Sekolah Tinggi Teologi (STT) bisa dibahas secara menyenangkan dalam kelas ini. Saya berharap dan berdoa, kiranya kelas ini semakin menjadi berkat bagi banyak orang. Soli Deo Gloria.

[Idul Y.K.]

Patrisia

Saya mengikuti kelas PESTA ini karena saya ingin menambah pengetahuan teologi saya secara lebih luas dan mendalam. Tata laksana PESTA sejauh ini sangat baik, teratur, dan sistematis. Saya juga mempunyai kerinduan hati untuk membuat buku Renungan 30 hari. Puji Tuhan, berkat mengikuti PESTA ini, saya jadi mempunyai bahan renungan.

[Patrisia Ana]

Veronica

Syukur dan puji Tuhan kerana saya telah menemukan PESTA yang telah banyak membimbing saya secara rohani dalam bentuk teori. Semua pelajaran yang sudah saya ikuti sangat membantu saya dalam mempertingkatkan iman saya sendiri dan ilmu dalam pelayanan saya sebagai seorang Katekis (pembantu paderi di stasi-stasi luar mengendalikan ibadat Sabda). Mengikuti kelas PESTA menyadarkan saya bahwa semakin banyak saya belajar, semakin saya tahu bahwa masih lebih banyak yang saya perlu belajar. Inilah yang mendorong saya untuk terus mengikuti kelas di PESTA. Walau dalam usia emas, selagi saya masih boleh melihat tulisan di kertas, saya akan meneruskan pembelajaran saya untuk menimba sesuatu yang boleh saya kongsikan kepada sesama saya. Saya berharap dan berdoa semoga lebih ramai rakan-rakan kenalan saya dari Sabah Malaysia akan mengikuti kelas ini, dan semoga PESTA ini akan terus diberkati dan dapat terus berkembang demi pelayanan untuk kemuliaan Tuhan. Di PESTA, saya menimba ilmu dengan cuma-cuma, tidak menuntut waktu yang khas. Saya merasa sangat bertuah belajar di PESTA. Ayuh teman-teman seiman sertai kelas di PESTA.

[Veronica Saimon, Malaysia]

Blog SABDA

Blog #SABDA25: September 2019

Berikut ini adalah beberapa "25 Stories" yang ditulis oleh staf YLSA dalam rangka ulang tahun ke-25 SABDA. Cerita-cerita ini dimuat di situs sabda25.sabda.org. Pada Berita YLSA edisi 157/September -- Oktober 2019 mendatang, kami akan memuat sisanya. Kiranya Sahabat dan Pendukung YLSA bisa turut merasakan sukacita dan bersyukur kepada Tuhan melalui tulisan-tulisan kami berikut ini.

  1. Sejarah SABDA di Mata Saya
  2. Cerita Suara SABDA, Publikasi Digital yang Millenial Friendly
  3. PESTA, Kelas Teologi Online Awam untuk Orang Awam
  4. Mentoring Koordinator YLSA: Lead Down, Lead Across, Lead Up
  5. Biblical Computing di YLSA
  6. Satu Setengah Tahun, 2.000+ Halaman, Kasih Setia-Nya Tak Terhingga
  7. Dari Balik Rekaman Audio
  8. Mitra-Mitra SABDA
  9. Kasih Indah-Nya yang Diabadikan dalam Video
  10. Berburu Bahan-Bahan Digital Resources di Situs-Situs YLSA
  11. Menjadi Newbie Saat Ultah ke-25 SABDA
  12. Di Balik Foto-Foto Kenangan SABDA
Laporan Keuangan

Laporan Keuangan YLSA: Agustus 2019
Total Sumbangan Agustus 2019 : Rp68.084.769,00
Total Pengeluaran Agustus 2019 : Rp60.549.619,00

Rincian Laporan Keuangan Agustus 2019

Perkembangan pelayanan YLSA tidak terlepas dari campur tangan Tuhan dan dukungan dari para Sahabat dan Pendukung YLSA, baik dalam doa maupun dana. Kami sangat bersyukur atas hal ini. Kiranya Tuhan terus menyertai pelayanan YLSA dan mencukupkan dana yang diperlukan untuk kebutuhan pelayanan. Mari tingkatkan semangat kita untuk ambil bagian dalam pelayanan dana ini. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments