Berita YLSA - Oktober 2006

Daftar Berita
[Editorial]    
[Latest News] : 1. RSS di Situs-Situs YLSA
: 2. Situs e-Artikel dengan CMS Drupal
: 3. Pencarian di Situs SOTeRI
: 4. Rencana Peluncuran Publikasi Baru YLSA
[Gratis!]: Ngeblog Gratis di SABDA Space
[Prayer Request!] :  
[Inside YLSA!]: Rencana Kerja YLSA Hingga Akhir Tahun 2006
[Appreciation] : 1. Ulang Tahun Gedung YLSA
: 2. Ulang Tahun Staf YLSA
: 3. Staf Baru YLSA
[Financial Report]: Laporan Keuangan September 2006

Editorial

Para Sahabat YLSA yang terkasih dalam Kristus,

Tak terasa kita telah memasuki bulan November. Pengujung tahun sudah di ambang pintu. Sudahkah rencana-rencana Anda tahun ini terlaksana dengan baik? Jika belum semuanya, Anda masih memiliki waktu 2 bulan untuk bisa menyelesaikannya. Kami doakan agar Tuhan memberi kekuatan sehingga rencana-rencana Anda bisa terlaksana dengan baik tahun ini.

Membicarakan tentang rencana-rencana, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) juga ingin memberikan laporan bahwa selain rencana-rencana YLSA yang sudah terlaksana, ada juga rencana-rencana yang belum terlaksana sampai akhir tahun 2006 ini. Nah, melalui Berita YLSA bulan ini kami ingin memberikan laporan kepada para Sahabat dan Pendukung YLSA tentang rencana YLSA sampai akhir tahun 2006. Kiranya Anda semua dapat mendukungnya dalam doa.

Doakan juga untuk YLSA yang merencanakan untuk mengadakan retret di akhir tahun 2006 ini. Melalui retret tersebut diharapkan YLSA bisa mulai menyusun garis besar rencana kerja tahun 2007 agar pelayanan YLSA 2007 bisa tertata dengan baik.

To God be the glory!

In Christ, Yulia Oeniyati Pimpinan YLSA


Berita dan Pokok Doa

  1. Ucapan Syukur
    • Mengucap syukur untuk penyertaan Allah bagi pelayanan YLSA. Sungguh kami terus melihat tangan-Nya dengan setia menggandeng dan menopang YLSA hingga saat ini. Bersyukur juga atas fasilitas gedung kantor YLSA yang Tuhan percayakan kepada kami sehingga dapat dipakai menjadi tempat melayani yang baik. Terpujilah nama Tuhan.
    • Mengucap syukur untuk pengembangan pelayanan div. web yang telah menambahkan fasilitas RSS di situs SABDA Space, GUBUK Online, GEMA, dan Pelitaku. Demikian juga penambahan fasilitas pencarian di situs SOTeRI dan di-upgrade-nya situs e-Artikel. Kiranya pengembangan ini semakin memaksimalkan pelayanan YLSA melalui situs-situsnya.
    • Mengucap syukur untuk Lanny, staf baru YLSA dan Sdr. Ari yang berulang tahun. Berdoalah agar mereka terus memberikan yang terbaik bagi Allah melalui pelayanan di YLSA.
  2. Rencana Kegiatan Pelayanan YLSA Desember 2006
    (Penjelasan: lihat di kolom Inside YLSA!)
    • BC: Doakan untuk Proyek ITL, agar bisa terus dikerjakan secara konsisten dan tekun.
    • DP: Situs PESTA Online, e-MISI dan SABDAweb sedang dalam proses upgrade. Ini merupakan proyek utama YLSA akhir tahun ini, yang akan memakan tenaga dan waktu yang sangat banyak. Mohon dukungan Anda semua.
    • DP: Rencana YLSA untuk menerbitkan publikasi baru yang bertemakan kesaksian, mohon didoakan agar semua persiapan dan promosi bisa berjalan dengan lancar.
    • DL: Doakan pembukaan kelas diskusi PESTA kursus "Siapakah Yesus Kristus?" Kami berharap melalui kelas ini para peserta akan belajar lebih banyak tentang Tuhan Yesus Kristus dan semakin mengagungkan nama-Nya.
    • DX: Doakan untuk rencana pembangunan infrastruktur jaringan komunitas Kristen bagi masyarakat Kristen Indonesia melalui situs I-KAN dan SABDA Space. Kiranya semakin memperkokoh kesatuan umat Kristen Indonesia.
    • YLSA berencana untuk mengadakan retret tahun di bulan Nopember 2006. Doakan agar melalui retret ini kami bisa mulai menyusun rencana-rencana kerja tahun 2007.
    • Doakan untuk kebutuhan staf dan fasilitas yang memadai untuk perkembangan pelayanan YLSA tahun 2007. Hanya Tuhan yang menjadi andalan kami.
  3. Untuk Para Sahabat dan Pendukung YLSA
    • Kami mengucap syukur untuk sahabat-sahabat dan pendukung YLSA yang setia. Kiranya Allah yang penuh kasih memelihara hati dan tangan kita untuk terus bahu-membahu mengerjakan pekerjaan-Nya.
    • Mengucap syukur untuk para sahabat dan pendukung YLSA yang mendukung dalam hal dana. Setiap berkat materi yang Anda berikan kiranya menjadi alat untuk YLSA semakin jauh mengepakkan sayapnya bagi pelayanan Tuhan.

 


Mengenal YLSA

RENCANA KERJA YLSA HINGGA AKHIR TAHUN 2006

Biblical Computing (BC)

Sudah sejak beberapa tahun yang lalu YLSA memiliki mimpi untuk membuat alat Interlinier (ITL) Bidirectional, dalam bentuk elektronik, untuk menolong masyarakat Kristen Indonesia memahami Alkitab secara lebih akurat dan tepat sesuai dengan bahasa asli Alkitab, yaitu bahasa Ibrani (PL) dan Yunani (PB).

Mimpi YLSA ini kami sebut sebagai proyek SABDA ITL (Interlinier SABDA). Proyek Interlinier SABDA ini sebenarnya telah mulai dikerjakan sejak waktu yang lalu, tapi secara intensif baru mulai dikerjakan 2 tahun terakhir, terutama beberapa bulan terakhir ini. Harapan kami sebelum tahun 2006 berakhir, alat Interlinier SABDA sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia lewat situs SABDAweb.

Digital Publishing (DP)

Puji Tuhan, tahun ini sudah ada 5 situs lama milik YLSA yang bisa di-upgrade. Namun, sebelum akhir tahun 2006 ini, kami masih berharap ada 2 situs YLSA lagi yang bisa diupgrade; situs-situs tersebut adalah: PESTA Online dan e-MISI. Selain akan ditambahkan fasilitas-fasilitas baru, struktur data situs-situs ini juga diubah agar lebih mudah dirawat dan dikembangkan di masa yang akan datang.

Selain 2 situs di atas, ada satu situs lagi yang akan dipikirkan untuk mulai di-upgrade pada akhir tahun 2006 ini. Situs tersebut adalah situs SABDAweb; situs Alkitab Online terbesar dalam bahasa Indonesia. Walaupun situs ini sudah menjadi berkat yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia, namun situs ini sudah cukup lama tidak di-upgrade. Untuk meng-upgrade situs ini YLSA harus memberikan waktu, tenaga dan pemikiran yang sangat besar serta dukungan yang intensif, karena sesuai dengan naturnya, untuk dikerjakan dengan baik situs ini memerlukan teknologi yang sangat canggih. Karena rencana upgrade baru akan dilaksanakan pada akhir tahun ini, maka penyelesaiannya mungkin baru bisa terwujud di tahun 2007.

Selain lewat situs-situs, pelayanan YLSA dalam bidang Digital Publishing adalah termasuk penerbitan publikasi-publikasi elektronik. Saat ini YLSA telah memiliki 15 publikasi Kristen terbesar di Indonesia. Puji Tuhan, pada akhir tahun 2006 ini, YLSA akan menyiapkan diri untuk menambahkan satu publikasi baru lagi, yang bertemakan tentang kesaksian Kristen.

Digital Learning (DL)

Kelas-kelas PESTA (Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam) tahun 2006 telah berjalan dengan baik. Ada 5 kelas virtual yang telah berhasil diselenggarakan. Kelas terakhir tahun ini, yang baru saja dimulai awal November adalah kelas "Siapakah Yesus Kristus?". Kelas ini diikuti oleh 24 peserta dan diharapkan akan berakhir pada pertengahan Desember 2006.

Christian Community (XC)

Salah satu kerinduan pelayanan YLSA adalah membangun komunitas Kristen di dunia cyber. Lahirnya situs Christian Writers` Club dan SABDA Space serta milis alumni PESTA merupakan wujud dari keberhasilan kerinduan tersebut. Namun, ini masih dirasa kurang, karena itu pada akhir tahun ini YLSA akan menyiapkan infrastruktur yang lebih baik agar perkembangan bidang XC ini bisa lebih luas di tahun 2007. Berangkat dari rencana ini maka pada akhir tahun ini situs I-KAN (Internet -- Komputer Alkitab Network), sebagai wadah jaringan milis-milis diskusi YLSA, akan di-upgrade untuk membuka peluang yang lebih besar bagi berkembangnya komunitas Kristen di dunia cyber, khususnya untuk menampung komunitas pengguna SABDA.

Retret YLSA

Sebelum menutup akhir tahun ini, YLSA ingin mengadakan retret untuk seluruh staf. Tujuan retret ini selain untuk penyegaran rohani juga untuk membuat garis besar rencana kerja pelayanan YLSA tahun 2007. Kami ingin memohon pimpinan Tuhan agar pelayanan YLSA di tahun 2007 dapat ditata dengan baik sehingga dapat semakin strategis sesuai dengan kehendak Tuhan. Hanya karena kehendak Tuhanlah pelayanan YLSA ada, karena itu harapan kami untuk meneruskan pelayanan ini sepenuhnya hanyalah pada Tuhan saja.

SDM (Sumber Daya Manusia) dan Fasilitas YLSA

Berkembangnya pelayanan YLSA di tahun 2006 sangat menggembirakan. Oleh karena itu, kami tidak hentinya bersyukur untuk kepercayaan yang semakin besar yang Tuhan percayakan kepada kami. Namun, hal ini juga berarti bahwa tanggung jawab kami akan bertambah, terutama dalam memenuhi kebutuhan staf yang berkualitas dan fasilitas gedung dan komputer yang memadai untuk pelayanan yang indah di tahun mendatang. Tapi dengan pertolongan Tuhan, kerjasama dan dukungan dari para Sahabat YLSA, baik dalam doa dan dana, kami yakin kita bisa semakin bertumbuh, dan semakin efektif dalam melayani Tuhan dan umat-Nya di Indonesia tercinta ini.


Blog SABDA

  1. RSS di Situs-Situs YLSA

    Ada kabar gembira bagi Anda yang gemar berselancar dan mengutamakan efektivitas dalam berselancar di dunia maya. Sebagian situs-situs YLSA telah memakai Content Management System Drupal, seperti situs SABDA Space, GUBUK Online, GEMA, dan Pelitaku. Situs-situs tersebut saat ini sudah ditambah dengan fasilitas Really Simple Syndication (RSS). Apa itu RSS? Menurut artikel oleh Donald Latumahina, S.Kom., RSS adalah suatu cara untuk mengambil berita-berita terbaru secara otomatis. Dengan keberadaan RSS di sebuah situs, maka Anda hanya perlu menggunakan RSS reader untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang benar-benar ingin Anda ketahui tanpa harus mengunjungi situs terkait. Apabila Anda tidak memiliki RSS reader, silakan unduh toolnya dari:
    ==> http://www.codeproject.com/jscript/TinyRSS.asp
           (bagi Anda yang menggunakan browser Internet Explorer)
    ==> https://addons.mozilla.org/firefox/424/
           (bagi Anda yang menggunakan browser Mozilla Firefox)

    atau silakan online di alamat http://en.bitacle.org/ dan masukkan alamat RSS yang ingin Anda dapatkan.
    ==> http://www.sabdaspace.org/rss.xml
    ==> http://gubuk.sabda.org/rss.xml
    ==> http://gema.sabda.org/rss.xml
    ==> http://pelitaku.sabda.org/node/feed/

    RSS ini jelas akan sangat mengefektifkan waktu berselancar Anda. Untuk memperoleh keterangan lebih lengkap tentang RSS dan bagaimana cara menggunakannya, silakan mengakses Publikasi ICW Edisi 1061:

    ==> http://www.sabda.org/publikasi/icw/1061/

    Dengan adanya RSS ini diharapkan Anda akan semakin mudah mendapatkan bahan-bahan dan berita terbaru dari YLSA.

  2. Situs e-Artikel dengan CMS Drupal

    Situs e-Artikel kini telah berbenah dan melakukan "upgrade", baik dari segi tampilan maupun sistem/teknologi yang digunakan. Dengan memakai teknologi Drupal (CMS: Content Management System), e-Artikel kini tampil dengan fitur-fitur yang membuatnya lebih interaktif. Keberadaan sistem keanggotaan akan membuat Anda lebih mudah mengirimkan artikel-artikel. Anda juga bisa memberi komentar untuk artikel-artikel yang ada. Tentu saja setelah melewati proses moderasi yang harus dilakukan untuk menghindari SPAM atau hal-hal yang mengganggu lainnya. Pencarian artikel juga telah dipermudah dengan tersedianya "tags" atau kata kunci yang akan memberikan hasil pencarian yang lebih spesifik. Dari segi kuantitas, jumlah artikel yang ada saat ini telah mencapai lebih dari empat ratus (400+) judul dan akan terus bertambah. Partisipasi aktif Anda untuk mengirimkan bahan-bahan artikel Kristen bermutu yang Anda miliki untuk memberkati orang lain tentu akan sangat membantu situs ini lebih berkembang lagi. Kami tunggu partisipasi Anda di situs e-Artikel yang baru!

    ==> http://artikel.sabda.org/

  3. Pencarian di Situs SOTeRI

    Berbagai perubahan terus kami lakukan untuk memaksimalkan pelayanan virtual Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Kini giliran para pengunjung SOTeRI yang dimanjakan dengan fasilitas pencarian yang lebih luas. Bila sebelumnya fasilitas ini hanya bisa digunakan untuk mencari artikel berdasarkan judul, kini para pengunjung situs dapat memanfaatkannya untuk mencari bahan-bahan bermutu yang mereka butuhkan berdasarkan isi artikel. Masukan kata yang ingin Anda cari di kotak pencarian, maka Anda akan mendapatkan daftar semua judul artikel yang mengandung kata yang Anda cari tersebut. Silakan mencoba.

    ==> http://reformed.sabda.org/

  4. Pemutakhiran (Update) Situs LINKS

    Ada kabar gembira buat Anda yang aktif menggunakan situs direktori Kristen LINKS sebagai gerbang mencari informasi seputar situs Kristen. Saat ini isi situs LINKS telah diupdate dengan menambahkan data lebih dari tujuh puluh alamat situs baru dalam "database" situs LINKS. Situs-situs tersebut terbagi dalam kategori misi, kaum muda/remaja, anak, konseling, dan gereja. Harapan kami penambahan ini akan memperkaya referensi Anda dalam mencari data situs-situs Kristen. ==> http://links.sabda.org/

  5. Rencana Peluncuran Publikasi Baru YLSA

    Sebagai gebrakan awal tahun 2007, YLSA berencana untuk menerbitkan satu publikasi baru, yaitu publikasi yang akan berisi tentang kesaksian. Tim Redaksi sudah dibentuk dan saat ini sedang menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk penerbitan publikasi ini. Harapan kami, melalui publikasi kesaksian ini banyak orang terinspirasi oleh kasih Tuhan dan menjadi berkat untuk kemuliaan nama-Nya. Bagi sahabat YLSA yang tertarik untuk berlangganan publikasi ini bisa mulai mendaftarkan diri dengan mengirimkan pendaftarannya ke alamat:


Appreciation

  1. Ulang Tahun Gedung YLSA

    Suasana yang berbeda terlihat di kantor YLSA pada tanggal 2 Oktober 2006 yang lalu, karena pada hari itu keluarga besar YLSA mengadakan acara khusus untuk memuji Tuhan atas kebaikan-Nya. Tepat dua tahun yang lalu kami mulai menempati gedung baru yang sekarang menjadi kantor YLSA. Kami semua mengucap syukur, terutama saat melihat bahwa melalui kantor ini pekerjaan Tuhan dapat terlaksana dengan lebih baik.

    Oleh karena itu pada kesempatan ini, izinkan kami sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada semua rekan dan sahabat YLSA yang telah ikut memberi bantuan dana sehingga gedung kantor YLSA ini dapat dibangun. Bantuan Anda telah memungkinkan kami melayani Tuhan dengan lebih baik.

    Sekarang tugas kami adalah terus melanjutkan pelayanan yang Tuhan percayakan dengan lebih giat lagi. Biarlah kantor YLSA boleh terus kami pelihara dengan baik sehingga pekerjaan-pekerjaan besar yang Tuhan kehendaki boleh terjadi di tempat ini. Karena pelayanan YLSA terus berkembang, ada kemungkinan kami akan memerlukan tempat lebih besar di masa yang akan datang. Mohon dukungan doa Anda untuk kebutuhan ini. Puji syukur kami naikkan hanya kepada Tuhan saja.

  2. Ulang Tahun Staf YLSA

    Puji Tuhan untuk pertolongan dan pemeliharaan yang Dia anugerahkan kepada Ari Saryanto, staf divisi web YLSA yang genap berusia 24 tahun pada tanggal 12 Oktober 2006 yang lalu. "Selamat ulang tahun Ari, kiranya sukacitamu bertambah-tambah dan pengenalanmu akan Tuhan semakin dalam."

  3. Staf Baru YLSA

    Setelah tiga bulan masa percobaan, Lanny Kusumawati, akhirnya resmi menjadi staf tetap YLSA untuk membantu tugas-tugas publikasi dan administrasi proyek. Kiranya Lanny dapat dipakai Tuhan dengan semangat yang menyala-nyala untuk melayani Dia.

    Kebutuhan YLSA untuk mendapat tambahan staf yang mampu dan kompeten masih diperlukan. Karena itu doakan untuk 4 orang calon staf yang saat ini sedang dalam masa percobaan agar mereka bisa belajar tentang visi dan misi YLSA dan juga bagaimana mengerjakan tugas- tugas yang diberikan dengan baik.


Laporan Keuangan

LAPORAN AKTIVITAS KEUANGAN YLSA SEPTEMBER 2006
A. SUMBANGAN      BOM (BCA)Rp.200.000,009/1/2006  Kurniadi (BCA)Rp.6.526.800,009/1/2006  Catur Wahyu (BCA)Rp.100.750,009/3/2006  Kornelius (BCA)Rp.600.000,009/4/2006  Kristina & Gunawan (BCA)Rp.1.000.000,009/4/2006  Hapsari (BCA)Rp.300.000,009/4/2006  Bowo (BCA)Rp.150.000,009/6/2006  NN Jakarta (BCA)Rp.200.000,009/7/2006  TELAGA (BCA)Rp.500.000,009/11/2006  Emanuel Cahyanto (BCA)Rp.350.000,009/11/2006  Tony WS (BCA)Rp.200.000,009/19/2006  Grace Emilia (BCA)Rp.200.000,009/27/2006  Bunga Bank Rp.23.004,00   Sumbangan lain-lain Rp.299.000,00         Total SumbanganRp.10.649.554,00   
B. PENGELUARAN      Peralatan kantor Rp.358.500,00  Beban Internet Rp.367.000,00  Produksi CD Rp.3.611.700,00  HRD Rp.12.000,00  Konsumsi Staf Rp.566.100,00  Administrasi Bank Rp.15.137,00  Beban Kantor Rp.580.600,00  Kas Kecil Rp.32.200,00  Beban Utility/Sumber Daya Rp.1.061.500,00  Beban Perpustakaan Rp.1.210.000,00  Komputer Rp.50.000,00  Biaya Kepegawaian Rp.10.315.000,00        Total PengeluaranRp.15.913.000,00 

 

Ucapan Terima Kasih

Ucapan syukur kami naikkan kepada Tuhan atas berkat yang dilimpahkan-Nya bagi pelayanan YLSA melalui para Sahabat YLSA. Kami percaya kerja sama yang kita lakukan ini akan membuahkan hasil bagi kemuliaan bagi nama Tuhan. Terpujilah nama Tuhan.

Bagi Anda yang tergerak untuk terlibat dalam pelayanan YLSA dengan memberikan sumbangan dana, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA
a.n. Yulia Oeniyati
- Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579


Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi: Yulia, Evi, Ary, Ari, Puji, Elly
Alamat berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.hub.xc.org
Untuk berhenti berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.hub.xc.org
Untuk kirim bahan/pertanyaan :Kirim e-mail ke staf Redaksi <berita-ylsa(at)sabda.org>
Arsip Berita YLSA: http://www.sabda.org/ylsa/berita-YLSA/

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA. Didistribusikan melalui sistem network I-KAN. Copyright(c) Berita YLSA 2006 YLSA -- http://www.sabda.org/ylsa/
http://katalog.sabda.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati

Comments