Berita YLSA - November-Desember 2016

Daftar Berita

  [Dari YLSA!]    
  [Blog YLSA!] : 1. Rapat Kerja YLSA 2016: Penyertaan dan Pemeliharaan Tuhan bagi SABDA
    : 2. Pengalaman Mengikuti KKR Natal Pdt. Stephen Tong
    : 3. Thanksgiving: God is Good
    : 4. Pengantar PA Kisah Para Rasul
  [Berita dan Doa YLSA!] : 1. YLSA Melangsungkan Rapat Kerja 2016/2017
    : 2. Tim ITS Menambah Tujuh Belas Bahan Alkitab Audio dalam Situs SABDAaudio
    : 3. Tim Pendidikan Kristen Mengikuti Pelatihan Panggung Boneka dan Animasi Power Point
    : 4. Bahan-Bahan Natal dari Tim Pembinaan YLSA Melalui Situs Natal Indonesia
    : 5. Tim Penjangkauan YLSA Menyediakan Sumber Referensi Bahan Pelayanan Penjangkauan
    : 6. Pelayanan dan Kegiatan YLSA pada Akhir Tahun 2016
  [Mengenal YLSA!] : Rapat Kerja YLSA 2016: Penyertaan dan Pemeliharaan Tuhan bagi SABDA
  [Surat Sahabat YLSA!] : Kesaksian Pengguna Apps e-RH PSM
  [Laporan Keuangan YLSA!] : Laporan Keuangan YLSA Bulan November 2016
Editorial

Salam sejahtera,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami segenap pengurus dan staf Yayasan Lembaga SABDA mengucapkan: "SELAMAT HARI NATAL 2016 DAN TAHUN BARU 2017". Damai surgawi kiranya menyertai kita semua dan terang-Nya bercahaya melalui hidup kita sehingga kita dapat menjadi saluran berkat-Nya.

Renungan
Renungan Natal: Allah Turut Bekerja (Lukas 2:1-7)

Bagaimana saudara menghadapi Natal tahun ini? Penuh masalah dan ketidaklancaran? Mungkin saudara bertanya mengapa Tuhan mengizinkan semua itu terjadi. Mari belajar dari peristiwa Natal pertama bagaimana Tuhan berkarya di dalamnya. Allah berkarya memakai dekret Kaisar Augustus dalam menetapkan sensus di seluruh daerah kekuasaannya, untuk tujuan militer maupun pajak. Dengan jalan demikian, nubuat dan janji-Nya dalam Perjanjian Lama, bahwa Anak-Nya akan lahir di kota Betlehem (Mikha 5:1), digenapi. Maria dan Yusuf mungkin tidak menyadari hal tersebut saat menaati pemerintah dengan pulang ke kampung halaman untuk mengikuti sensus, padahal perjalanan dari Nazaret di Galilea ke kota Betlehem (kira-kira 120 km) merupakan perjalanan yang jauh dan melelahkan, mengingat saat itu Maria sedang hamil tua.

gambar: Maria dan Yusuf

Ternyata, perjalanan yang melelahkan bagi seorang wanita yang hamil tua, menghadapi penolakan dari tuan rumah untuk kamar tempat berteduh dan melahirkan, sampai harus melahirkan di kandang binatang pun ada di dalam pengaturan Allah. Maria harus melahirkan di kandang binatang, bayinya dibungkus dengan lampin kasar dan diletakkan di palungan yang kotor dan hina. Semua ini melambangkan Anak Allah yang mulia dan agung, tetapi rela mengosongkan diri-Nya dengan datang menjadi manusia, bahkan lahir di tempat yang hina. Kasih-Nya membuat Ia rela menjadi miskin supaya kita boleh menjadi kaya dalam segala hal. Ia memang tidak memiliki tempat di dunia karena dunia menolak Dia. Tempat yang layak bagi Dia hanya di atas kayu salib. Ia rindu lahir di dalam hati setiap orang yang mau membuka hati untuk menyambut Dia. Namun, sayang, orang-orang menolak Dia karena lebih tertarik pada hiruk pikuk dunia dan kenikmatannya.

Mari kita belajar bahwa Allah turut bekerja dalam segala hal dalam kehidupan serta untuk kebaikan setiap orang yang berkenan kepada-Nya. Marilah kita belajar memercayai Dia serta menaati kehendak-Nya dan mempersilakan Tuhan Yesus lahir dalam hidup kita agar Ia bebas memimpin hidup kita. Selamat merayakan Natal.

Diambil dari:
Nama situs : SABDA.org
Alamat URL : http://sabda.org/publikasi/e-sh/2010/12/25/
Penulis renungan : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 8 Desember 2016
Berita dan Pokok Doa

  1. YLSA Melangsungkan Rapat Kerja 2016/2017

    Puji nama Tuhan! Pada 2 -- 3 Desember 2016, pemimpin dan seluruh staf YLSA telah melaksanakan rapat kerja (raker) untuk mengevaluasi hasil pelayanan 2016 dan menyusun rencana kerja 2017. Kami bersyukur kepada Tuhan karena selama satu tahun ini banyak pencapaian yang berhasil diraih berdasarkan program kerja 2016 walaupun ada juga beberapa kegagalan yang masih harus dibenahi. Sungguh luar biasa tangan Tuhan bekerja dalam setiap pencapaian tersebut. Secara khusus, kami bersyukur karena sudah satu tahun ini YLSA bekerja dalam pembagian bidang-bidang pelayanan. Setelah dievaluasi, hasilnya cukup baik dan kami bisa lebih fokus dalam memperlengkapi Tubuh Kristus di Indonesia. Tentunya, evaluasi tentang kekurangan dari pelayanan masing-masing tim harus kami perhatikan supaya lebih dimaksimalkan pada tahun berikutnya. Tulisan mengenai raker ini dapat Anda simak dalam kolom Mengenal YLSA.

  2. Tim ITS Menambah Tujuh Belas Bahan Alkitab Audio dalam Situs SABDAaudio

    gambar: SABDAaudio

    Menjelang akhir tahun 2016, tim ITS YLSA telah menambah beberapa bahan Alkitab audio dalam situs SABDAaudio. Bahan-bahan yang ditambahkan, di antaranya lima belas versi Alkitab audio dalam bahasa suku dan dua versi bahasa Indonesia. Alkitab audio bahasa suku yang baru ditambahkan, antara lain Batak Karo, Aralle Tabulahan, Ledo-Kaili, Toraja, Yawa, dan Iban. Sementara itu, versi bahasa Indonesia adalah Alkitab Suara dan Alkitab bahasa Indonesia nondrama Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Silakan mengunduh Alkitab audio yang Anda butuhkan. Kiranya menjadi berkat bagi lebih banyak orang dan firman Tuhan dapat didengar ke dalam berbagai bahasa-ibu suku-suku di Indonesia.

  3. Tim Pendidikan Kristen Mengikuti Pelatihan Panggung Boneka dan Animasi Power Point

    Untuk mengembangkan pelayanan di bidang anak, beberapa staf YLSA mengikuti pelatihan panggung boneka dan juga membuat animasi dengan Power Point di GKA Abdi SABDA, Surakarta. Pelatihan yang dipimpin oleh Bpk. Michael Sanders dari Jakarta ini diadakan mulai pertengahan Oktober 2016. Kelas panggung boneka berlangsung 10 jam, dan kelas animasi dengan Power Point hanya tiga kali pertemuan. Targetnya, pada akhir pertemuan akan dibuat sebuah proyek panggung boneka, baik "live" maupun rekaman audio. Doakan agar dengan mengikuti pelatihan-pelatihan ini, staf YLSA dan peserta-peserta lain makin diperlengkapi dan dapat menerapkan hasil pelatihan ini di ladang pelayanan masing-masing.

  4. Bahan-Bahan Natal dari Tim Pembinaan YLSA Melalui Situs Natal Indonesia

    gambar: Situs Natal Indonesia

    Memasuki masa Natal, banyak bahan yang sudah ditambahkan di situs Natal Indonesia oleh tim Pembinaan YLSA untuk memperlengkapi tubuh Kristus. Bahan-bahan yang ditambahkan, antara lain artikel, kumpulan puisi, lagu-lagu Natal, video, infografis, audio, dan renungan. Harapan kami, situs Natal Indonesia yang sudah banyak menyediakan bahan-bahan Natal dapat semakin memperlengkapi para pelayan dan jemaat Tuhan untuk menyambut Natal dan melayani dengan sebaik mungkin. Jika Anda memiliki bahan-bahan Natal yang bermutu dan alkitabiah, silakan kirimkan kepada kami supaya bisa dipasang di situs Natal Indonesia dan menjadi berkat bagi banyak orang. Selain itu, Anda juga dapat bergabung dalam komunitas Natal Indonesia melalui Fan Page NATAL. Doakan supaya Kabar Baik dapat tersebar dan menjangkau banyak jiwa melalui bahan-bahan Natal yang tersedia. Tuhan Yesus memberkati.

  5. Tim Penjangkauan YLSA Menyediakan Sumber Referensi Bahan Pelayanan Penjangkauan

    gambar: Situs-situs Mini YLSA

    Dalam memperlengkapi para pelayan Tuhan yang terlibat dalam pelayanan penjangkauan, YLSA melalui tim Penjangkauan menyediakan situs-situs mini. Situs-situs mini ini berfungsi khusus sebagai sumber referensi bahan-bahan kekristenan yang alkitabiah, yang sudah dikurasi berdasarkan kualitas bahannya dari berbagai sumber di internet. Situs-situs mini yang dikelola oleh tim Penjangkauan YLSA, antara lain penulis.co, konseling.co, saksi.co, bahasa.co, dan e-buku.co. Situs ini akan sangat menolong kita untuk mendapatkan bahan-bahan bertopik penulisan, informasi buku, bahasa, kesaksian, dan konseling dari berbagai sumber tepercaya. Silakan berkunjung dan perluas wawasan Anda dengan bahan-bahan seputar penulisan, kesaksian, konseling, dll.!

  6. Pelayanan dan Kegiatan YLSA pada Akhir Tahun 2016

    Kami bersyukur, sebelum tahun 2016 berlalu, Tuhan terus membuka kesempatan pelayanan bagi YLSA. Pada tanggal 2 Desember 2016, staf YLSA bisa terlibat dalam pelayanan KKR Natal Dr. Stephen Tong yang diadakan di Solo. Kami juga melayani roadshow #Ayo_PA! di Solo, yang difasilitasi oleh FGBMFI, pada tanggal 13 Desember 2016. Lalu, pada 16 Desember 2016, tim YLSA menyampaikan seminar parenting di SMP Kristen Widya Wacana, Kartasura. Pada tanggal 21 Desember 2016, keluarga besar YLSA akan merayakan Natal bersama dengan Sahabat dan Pendukung YLSA dengan tema "Video Night Natal". Doakan untuk semua kegiatan ini, kiranya Tuhan menolong kami menikmati akhir tahun bersama Tuhan.


Mengenal YLSA
Rapat Kerja YLSA 2016: Penyertaan dan Pemeliharaan Tuhan bagi SABDA

Oleh: Danang Dwi Kristiyanto

gambar: Rapat Kerja YLSA

Saya sudah lama mengenal pelayanan SABDA, bahkan sudah menggunakan software SABDA sejak versi 2.0, yang termasuk software pertama yang saya kenal sebagai pengganti Alkitab versi cetak. Software tersebut mempercepat melakukan PA karena ada fitur pencari, kamus, dsb.. Akhir November 2016, saya bergabung menjadi staf SABDA di bagian IT dan saya melihat cukup banyak program kerja yang dilakukan, di antaranya digitalisasi buku-buku, pemeliharaan beragam situs, proyek penerjemahan Alkitab Yang Terbuka (AYT), pengembangan aplikasi-aplikasi studi Alkitab untuk HP, pengelolaan puluhan media sosial, dan lain-lain. Semua hal itu saya ketahui ketika untuk pertama kalinya saya mengikuti rapat kerja YLSA pada 2 -- 3 Desember 2016. Dalam setiap laporan tim, saya melihat sistem kerja yang bagus dan terukur untuk memelihara proyek-proyek tersebut. Cukup menarik melihat perkembangan SABDA sampai sejauh ini.

SABDA sudah melayani selama 22 tahun, berarti dimulai sebelum masa internet menjadi konsumsi publik secara luas. Sejak awal, SABDA sudah melihat tren masa depan, yaitu umat manusia akan semakin aktif di dunia maya. Penggunaan komputer dan gawai semakin dominan. Ke mana-mana orang membawa gawai untuk melakukan akses ke jaringan internet. Karena hidup manusia tidak bisa lepas dari gawai, maka Sabda Tuhan harus dibawa ke dunia digital supaya generasi digital terus bisa mendengar suara-Nya yang berseru-seru, memanggil manusia untuk bertobat, dan mengenal Tuhan yang sejati itu. Itulah panggilan Tuhan bagi tim SABDA.

gambar: Staf SABDA

Untuk ini, diperlukan orang-orang yang berdedikasi untuk melakukan panggilan Tuhan ini. Dan, Tuhan banyak mengirim pelayan-pelayan-Nya ke SABDA. Tuhan yang memanggil, Tuhan juga yang akan memperlengkapi, itu salah satu prinsip kebenaran yang diterapkan SABDA. Dalam rapat kerja yang saya ikuti, selain pencapaian yang sudah diraih, saya juga melihat tantangan dan persoalan yang dihadapi. Salah satu hal yang menjadi pergumulan SABDA dari sisi SDM ialah intensitas pergantian staf yang tinggi sehingga menimbulkan kesulitan dalam menetapkan orang untuk proyek-proyek jangka panjang. Untuk itulah, perlunya komitmen kerja dua tahun untuk menjadi staf penuh waktu di SABDA. Saya turut bersyukur karena di tengah-tengah kondisi yang mungkin kurang mendukung tersebut, proyek-proyek SABDA bisa dijalankan dengan baik.

Rapat kerja menjadi agenda tahunan untuk melakukan evaluasi kerja dan perbaikan dari kegagalan sebelumnya. Ada banyak hal yang dievaluasi, secara umum trennya adalah positif. Makin banyak orang memanfaatkan produk-produk SABDA untuk belajar Alkitab. Orang mudah mengakses beragam versi kitab suci, beragam bahasa, beserta semua bahan lain untuk belajar Alkitab, seperti kamus, ensiklopedia, ilustrasi, bahan-bahan renungan, dan peta. Di samping itu, telah dibuat juga beragam kelompok diskusi di media sosial yang menarik banyak orang untuk aktif terlibat. Jadi, ketika budaya manusia berpindah ke digital, ada banyak orang yang terjangkau supaya mengenal Sabda Tuhan. Hal ini adalah tren pelayanan yang perlu diperhatikan, pelayanan-pelayanan yang tidak mau beradaptasi berkaitan dengan metode akan kesulitan menjalankan visi Amanat Agung. Ada juga komunitas-komunitas digital lain selain SABDA yang juga menangkap visi yang sama. Ada beragam perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan supaya orang mudah belajar Sabda Tuhan, demikian pula banyak usaha dari SABDA yang masih berlangsung untuk melakukan digitalisasi buku-buku, kitab-kitab, dan bahan-bahan lain sehingga dengan mudah diakses semua orang dan dibagikan secara gratis. Apa yang diterima dari Tuhan, dibagikan secara terbuka supaya orang tidak kesulitan memperolehnya, ini visi yang surgawi. Sebab, orang-orang miskin pun harus bisa memperoleh kebenaran. Bagi orang miskin, memiliki akses kepada gawai pun merupakan sesuatu yang luar biasa, dan akan menjadi persoalan besar apabila mereka masih harus membayar untuk belajar Alkitab.

Raker SABDA ini bisa menjadi cara Tuhan menyatakan pemeliharaan dan penyertaan-Nya dalam pelayanan SABDA. Tuhan tidak meninggalkan SABDA, Dia terus menyertai dan memimpin. Hal ini menjadi pokok kebenaran yang dipegang SABDA untuk terus melayani umat-Nya. Terpujilah Tuhan yang sudah memanggil SABDA dan biarlah segala sesuatu yang dilakukan SABDA memberikan hormat dan kemuliaan bagi nama-Nya. Amin. Haleluya.


Suara Sahabat YLSA

Shalom,

gambar: Renungan PSM

Puji Tuhan! Sebelumnya, saya sangat bersyukur bisa bertemu/berkenalan dengan SABDA yang bisa menjawab kerinduan saya untuk saya bisa lebih mengerti/memahami tentang isi Alkitab yang sebenarnya. Saya bersyukur kepada Tuhan Yesus yang sudah menyelamatkan saya dari kegelapan dosa. Saya dulu belum percaya Tuhan Yesus dan menikah dengan pasangan saya. Singkat cerita, saya ditangkap oleh Tuhan Yesus, dan saya menjadi orang yang percaya dan menyembah DIA sampai sekarang. Banyak mukjizat yang telah dinyatakan dalam hidup saya. Lain waktu, ada kesaksian-kesaksian hidup kami sekeluarga. Yang penting, saya mau belajar firman Allah, terutama tentang penafsiran. Terima kasih banyak karena saya bisa bergabung di SABDA. (David)

Redaksi: Terima kasih Pak David untuk suratnya. Kiranya mukjizat Tuhan menjadi alat untuk memberitakan nama Tuhan yang besar dan patut ditinggikan!


Blog SABDA
Laporan Keuangan
November 2016
Total Sumbangan November 2016: Rp 43.746.940,00
Total Pengeluaran November 2016: Rp 44,799,554,00

Puji Tuhan, para Sahabat YLSA telah menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menolong kebutuhan dana yang YLSA butuhkan. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan dan memuliakan nama-Nya.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

a.n. Yulia Oeniyati/ Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo

No. Rekening: 0790266579

Comments