Berita YLSA - Mei-Juni/2008

Daftar Berita
[Editorial!]
[Latest News!] : 1. Peluncuran Situs SABDAzoom
 : 2. Fasilitas Permohonan Doa di Situs KEKAL
 : 3. Unduh Bahan Audio Terbaru di In-Christ.Net dan SABDA.net
 : 4. Berita Terbaru Situs PESTA Online
[Gratis!]: Artikel Gratis di Situs TELAGA
[Prayer Request!]
[Inside YLSA]: Peningkatan Tiga Situs YLSA
[Appreciation!] : 1. Ulang Tahun Staf YLSA (Mei dan Juni)
 : 2. Berita Dukacita
 : 3. Staf Keluar
 : 4. Staf Baru
 : 5. Staf Sukarelawan Konseling
[Stop Press!]: Lowongan Pekerjaan Programmer dan Web Programmer
[Financial Report]: Laporan Keuangan YLSA April dan Mei 2008

Editorial

Para Sahabat YLSA yang terkasih dalam Kristus,

Puji Tuhan karena sampai saat ini Tuhan masih mengizinkan kita untuk berkarya bagi Kerajaan-Nya. Biarlah waktu dan kesempatan yang Dia berikan ini tidak kita sia-siakan, melainkan terus kita gunakan sebaik-baiknya.

Kehadiran Berita YLSA Mei -- Juni 2008 di hadapan para Sahabat dan Pendukung YLSA adalah untuk menyampaikan beberapa berita dari Tim Web, Tim Programmer, dan juga Tim PESTA. Kami sungguh bersyukur karena Tuhan senantiasa memberkati pelayanan kami dengan semangat dan sukacita untuk terus melayani Dia.

Apa yang telah dicapai hingga saat ini tentu tidak lepas dari dukungan para Sahabat dan Pendukung YLSA yang terus dengan setia berdoa bagi pelayanan YLSA. Kami sungguh-sungguh merasakan dukungan tersebut. Doa-doa yang Anda panjatkan memberi bau harum bagi pekerjaan Tuhan.

Selamat bertemu di Berita YLSA mendatang.

In Christ,

Yulia Oeniyati < yulia(at)in-christ.net > Pimpinan YLSA


Berita dan Pokok Doa
  1. Ucapan Syukur

    • Puji Tuhan atas peluncuran situs Alkitab SABDAzoom. Biarlah situs ini boleh dipakai Tuhan untuk menjadi alat yang memermudah pengunjung mempelajari firman Tuhan.

    • Kami mengucap syukur karena Tuhan yang telah memampukan Tim Web YLSA untuk terus melakukan peningkatan (upgrade) pada situs-situs milik YLSA (Situs PESTA, KEKAL, PEPAK, C3I, dan Indolead). Semoga peningkatan yang telah dilakukan ini dapat semakin memberkati para pengunjung situs-situs YLSA.

    • Bersyukur karena bahan-bahan audio pertemuan seminar konseling dan kepemimpinan di Solo beberapa waktu yang lalu dan audio khotbah Pdt. Rahmiati, yang kini sudah bisa diakses. Kiranya bisa menjadi berkat dan pelengkap pelayanan di Indonesia.

    • Mengucap syukur atas terlaksananya kelas diskusi Apologetika Untuk Awam I (AUA-I) periode Juni/Juli. Doakan agar jalannya kursus dapat berlangsung baik dan memberkati setiap peserta yang mengikutinya.

  2. Rencana Kegiatan YLSA Juli 2008

    Pada tanggal 1 Juli -- 31 Juli 2008, diselenggarakan lomba menulis di SABDA Space. Bersyukur karena proses persiapan telah berjalan dengan baik. Kiranya lomba ini dapat meningkatkan semangat menulis para peserta, khususnya menulis sesuatu yang berguna bagi kemuliaan nama Tuhan.

  3. Untuk Para Sahabat dan Pendukung YLSA

  4. Kami sangat bersyukur atas kebersamaan Sahabat dan Pendukung YLSA yang telah bergandeng tangan serta setia membantu pelayanan YLSA, khususnya dalam doa dan dana. Biarlah kasih Tuhan senantiasa menambah-nambahkan hikmat agar para Sahabat dan Pendukung YLSA semakin bertumbuh dalam pengenalan yang benar akan Tuhan kita Yesus Kristus.


Mengenal YLSA
PENINGKATAN TIGA SITUS YLSA

Setelah melewati proses pengerjaan selama tiga bulan, Maret -- Juni 2008, akhirnya peningkatan (upgrade) tiga situs besar YLSA dapat diselesaikan. Ketiga situs besar tersebut adalah Christian Counseling Center Indonesia (C3I), Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen (PEPAK), dan Indonesian Christian Leadership Training, Network and Resources Center (Indo Lead). Situs-situs ini dikatakan situs besar karena keseluruhan data situs ini besarnya lebih dari 4.93 GB. Selain itu, situs-situs ini juga termasuk situs- situs yang paling banyak dikunjungi -- 913.649 hits/bulan.

Ketiga situs ini bisa diakses dalam alamat-alamat berikut ini.

LATAR BELAKANG

Sebelum ini, situs PEPAK, C3I, dan Indo Lead masih menggunakan PHP dan HTML murni yang tidak mendukung untuk dihadirkannya unsur-unsur interaktivitas karena bersifat statis. Agar dapat menjadi situs komunitas yang dinamis dan interaktif, maka diputuskan untuk meningkatkan ketiga situs tersebut dengan menggunakan teknologi Drupal.

YLSA memiliki kerinduan untuk menghadirkan unsur komunitas di tiga situs ini untuk dapat meningkatkan kebersamaan dan juga untuk meningkatkan hasil karya tulisan dari para pengunjung. Dengan demikian, ketiga situs ini tidak hanya melengkapi pelayanan Anda dengan menyediakan bahan-bahan pelayanan anak, konseling, dan kepemimpinan saja, tetapi juga mengajak para penggunanya untuk saling membangun dan lebih menajamkan satu sama lain dalam sebuah komunitas.

TEKNOLOGI DAN FASILITAS YANG DIUNGGULKAN

Teknologi yang digunakan dalam peningkatan ketiga situs ini adalah CMS Drupal versi 5.7.0. Dengan teknologi tersebut, kami berhasil menambahkan beberapa fasilitas baru dengan tetap memertahankan fasilitas yang lama. Secara umum, fasilitas baru dalam ketiga situs ini adalah fasilitas kirim bahan (oleh pengguna), memberi komentar pada artikel yang ada, keanggotaan dan avatar, beritahu teman, fasilitas kirim pesan ke pengguna lain (private message), fasilitas berlangganan publikasi dari masing-masing situs, fasilitas kirim artikel ke e-mail ke pengguna, dan tampilan artikel untuk dicetak.

Selanjutnya ada juga fasilitas khusus "Reader`s Corner" (untuk Indo Lead) dan "Pojok Ceria" (untuk PEPAK) yang dapat dimanfaatkan untuk menyapa para pengguna yang sedang tersambung (online). Peningkatan ketiga situs ini masih akan terus kami kembangkan. Saat ini, kami juga sedang mempersiapkan fasilitas forum untuk ketiga situs tersebut.

Satu kemajuan lagi yang berhasil dicapai oleh Tim Web YLSA dalam pembangunan ketiga situs ini adalah penggunaan fasilitas "multisite drupal". Ketiga situs ini sebenarnya berada dalam satu situs. Meskipun tampilan dan alamat URL-nya berbeda-beda, namun ketiga situs menggunakan mesin dan database yang sama. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk dapat sekaligus mengakses data ketiga situs, walaupun pengguna sedang berada di salah situs saja.

MENJADI ANGGOTA

Untuk dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada di ketiga situs tersebut, kami mempersilakan Sahabat dan Pendukung YLSA untuk mendaftarkan diri menjadi anggota terlebih dahulu. Caranya mudah sekali. Hanya dengan "register" (mendaftarkan diri menjadi pengguna) melalui satu dari ketiga situs yang ada.

Karena ketiga situs ini sebenarnya ada di satu situs, maka pengunjung pun dimudahkan ketika mendaftarkan diri menjadi pengguna (register). Sekali mendaftarkan diri dalam salah satu situs, otomatis telah menjadi pengguna dalam dua situs yang lain.

Nah, Sahabat dan Pendukung YLSA, segeralah berkunjung ke alamat di atas dan mendaftarkan diri menjadi pengguna. Kami harap peningkatan yang telah dilakukan di ketiga situs ini akan semakin melengkapi dan mendukung pelayanan Anda. Segala kemuliaan hanya bagi Allah semata!

Disusun oleh: Kristina Dwi Lestari dan Eviriyanti Christina


Blog SABDA
  1. Peluncuran Situs SABDAzoom

    YLSA terus-menerus berusaha melakukan pembangunan situs-situs yang diharapkan semakin memerkaya sumber-sumber bahan kekristenan di Indonesia. Puji Tuhan, selama bulan Februari -- Maret 2008, Tim Programmer YLSA merancang sebuah prototipe situs Alkitab yang sementara ini diberi nama proyek SABDAzoom.

    SABDAzoom dibangun dengan menggunakan "toolkit" yang bernama "jQuery". Selain memberikan tampilan yang menarik, jQuery juga memiliki kelebihan dalam memberikan kemudahan mengakses kitab dengan "slider" kitab, membaca Alkitab berdasarkan perikop, serta menampilkan versi pararel dari suatu ayat dengan "popup" (jendela di atas jendela).

    SABDAzoom masih dalam tahap awal pengembangan dan masih jauh dari sempurna. Karena itu, kami mengundang partisipasi para Sahabat dan Pendukung YLSA untuk memberikan masukan melalui "Trac" yang disediakan di bagian bawah situs tersebut. Silakan Sahabat dan Pendukung YLSA berkunjung, lalu berikan masukan untuk pengembangan berikutnya.

    ==> http://www.sabda.org/sabdazoom/

  2. Fasilitas Permohonan Doa di Situs KEKAL

    Mulai bulan Mei 2008, Sahabat dan Pendukung YLSA dapat memanfaatkan fasilitas baru dalam situs Kesaksian Kasih Allah (KEKAL) -- situs yang berisi kesaksian-kesaksian akan karya Tuhan yang luar biasa dalam hidup anak-anak-Nya. Fasilitas baru ini adalah Permohonan Doa, di mana para pengunjung bisa mengisi sebuah formulir yang disediakan dengan permohonan doa yang dikehendaki. Rekan-rekan YLSA yang tergabung dalam Tim Pendoa YLSA akan berdoa bagi Anda. Sahabat dan Pendukung YLSA juga dapat mendaftarkan diri untuk bergabung menjadi Tim Pendoa dalam situs KEKAL ini. Mari bergabung untuk saling mendoakan!

    ==> http://kesaksian.sabda.org/
    [Situs KEKAL]
    ==> http://kesaksian.sabda.org/doa
    [Fasilitas Permohonan Doa]
    ==> email: < kekal(at)sabda.org >
    [Bergabung Menjadi Tim Pendoa]
  3. Unduh Bahan Audio Terbaru di In-Chris.Net dan SABDA.net

    Kini Sahabat dan Pendukung YLSA dapat memeroleh bahan-bahan audio berupa rekaman seminar dan rekaman khotbah dalam situs In-Christ.Net dan server SABDA.net. Bahan-bahan audio yang dapat Anda peroleh dalam situs In-Christ.Net adalah rekaman seminar konseling "Seni Pemulihan Diri", "Dasar-Dasar Konseling", dan "Intensive Counseling Workshop" yang dibawakan oleh Pdt. Julianto Simanjuntak di Solo, pada bulan November 2007 dan bulan April 2008 yang lalu. Terdapat pula rekaman seminar kepemimpinan "Seni Memimpin Diri" yang dibawakan oleh Pdt. Robby I. Chandra pada bulan Februari 2008. Semua rekaman tersebut tersedia dalam format MP3.

    Sedangkan dalam server SABDA.net, kami telah menyediakan rekaman khotbah Pdt. Rahmiati yang juga tersedia dalam format MP3. Judul-judul rekaman khotbah yang telah kami sediakan antara lain, "Apa Akibat Daripada Kemandirian Manusia?", "Pola Pikir Tuhan dan Pola Pikir Saya", serta "Kejatuhan Manusia ke Dalam Dosa". Selain judul yang telah kami tuliskan, masih ada 84 rekaman khotbah Pdt. Rahmiati lainnya yang dapat Anda peroleh dalam server SABDA.net tersebut. Kiranya seluruh bahan audio tersebut dapat menguatkan iman dan menjadi bekal pelayanan Anda. Silakan mengunduh bahan-bahan audio tersebut.

    ==> < http://www.in-christ.net/konseling >

    [Rekaman Seminar Konseling]
    ==> < http://www.in-christ.net/komunitas_solo_leadership >
    [Rekaman Seminar Kepemimpinan]
    ==> http://www.rahmiati.org/
    [Bahan Khotbah Rahmiati]
  4. Berita Terbaru Situs PESTA Online

    Beberapa waktu yang lalu, situs PESTA Online, yang merupakan sistem pendukung kursus teologi bagi kaum awam yang diselenggarakan oleh YLSA, telah mengalami "upgrade" mesin dengan menggunakan Drupal versi 5.7. (sebelumnya 4.7). Dari segi tampilan memang tidak terlihat perubahannya. Namun dengan peningkatan ini, situs PESTA memiliki tambahan fasilitas dan fitur baru untuk memerkaya interaksi para pengunjung situs. Kami sungguh mengucap syukur atas kemajuan ini.

    ==> http://www.pesta.org/

    Selain itu, saat ini PESTA juga telah menambah modul baru, yaitu "Apologetika Untuk Awam I" (AUA I). Bersamaan dengan itu, PESTA juga membuka kelas diskusi untuk modul AUA-I ini pada bulan Juni 2008. Kelas AUA-I termasuk kategori kelas lanjutan karena peserta yang boleh mengikuti adalah mereka yang telah lulus dari Kursus Dasar-Dasar Iman Kristen (DIK).

    Dalam kelas diskusi AUA-I ini, selain mempelajari bahan, peserta juga akan berdiskusi tentang berbagai topik seputar dasar-dasar apologetika Kristen (ilmu pembelaan iman Kristen).

    Bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang ingin mengetahui lebih banyak lagi informasi tentang PESTA dan bagaimana cara mengikuti kelas teologi awam secara tersambung (online), silakan hubungi Admin PESTA di:

    ==> < kusuma(at)in-christ.net >


Appreciation

  1. Ulang Tahun Staf YLSA (Mei dan Juni)
    • Seluruh keluarga besar Yayasan Lembaga Sabda (YLSA) mengucapkan selamat kepada rekan kami, Yohanna Prita Amelia (Divisi Publikasi) yang berulang tahun pada tanggal 9 Mei 2008. Semoga semakin bersemangat di dalam Tuhan dan senantiasa dimampukan dalam melaksanakan tugas pelayanan yang telah Dia percayakan. Selamat ulang tahun Yohanna!

    • Kami juga mengucapkan selamat berbahagia kepada Davida Welni Dana (Divisi Publikasi dan HRD) yang merayakan ulang tahunnya ke-30 pada tanggal 20 Juni 2008. Keluarga besar YLSA mendoakan agar Davida semakin luar biasa dipakai Tuhan untuk menjadi kawan sekerja-Nya.

  2. Berita Dukacita

    Pada tanggal 28 Mei 2008 yang lalu, ayah dari Lany Mulati (Divisi Administrasi), telah menyelesaikan segala tugasnya di dunia ini dan kembali ke rumah Bapa di surga. Keluarga besar Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) berdoa kiranya keluarga yang ditinggalkan selalu mendapat penghiburan dan kekuatan dari Tuhan.

  3. Staf Keluar

    Pada tanggal 31 Mei 2008, Puji Arya Yanti (Divisi Publikasi) telah mengundurkan diri sebagai Staf YLSA sehubungan dengan akan melahirkan putrinya yang pertama. Keluarga besar Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mengucapkan terima kasih kepada Puji Arya Yanti atas dedikasi yang diberikan selama melayani di YLSA. Kami terus mendukung dalam doa agar kehadiran putrinya ini dapat menjadi bagian dari tugas pelayanan yang Tuhan percayakan kepadanya. Amin.

  4. Staf Baru

    Setelah berhasil melewati masa percobaan selama dua bulan, Sri Setyawati telah resmi bergabung untuk melayani di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Saat ini Sri Setyawati bertugas sebagai penerjemah dan juga membantu pengerjaan proyek ITL (Interlinear). Kami mengucapkan selamat bergabung dan selamat memberikan yang terbaik bagi Tuhan melalui YLSA.

  5. Staf Sukarelawan Konseling

    Tuhan sungguh sangat baik, karena ketika YLSA membutuhkan orang-orang yang memiliki pendidikan konseling untuk menolong pelayanan konseling online, Tuhan mengirimkan dua orang relawan yang sungguh sangat memberkati pelayanan YLSA.

    Perkenankan kami melalui kesempatan ini memperkenalkan dua staf sukarelawan YLSA yang telah cukup lama membantu pelayanan konseling online YLSA:

    1. Ibu Esther Junita Rey (Lulusan dari SAAT, S-2 Magister Konseling)
    2. Ibu Neti Estin (Lulusan dari STTRII, MA Konseling)

    Pelayanan Anda berdua yang penuh kasih dan tak kenal lelah sangat luar biasa. Kiranya Tuhan terus memakai Anda berdua dan terus menjadikan Anda saluran berkat bagi banyak orang yang membutuhkan pertolongan. Tuhan memberkati keluarga dan pelayanan Anda berdua.


Laporan Keuangan
  1. Laporan Aktivitas Keuangan YLSA April 2008  
    A. SUMBANGAN
    Gunawan & Kristina (BCA) Rp 2.000.000,0007/04/08
    James Leopold Tite (BCA) Rp 100.000,0010/04/08
    TELAGA (BCA) Rp 500.000,0010/04/08
    Jusak E W M (BCA) Rp 500.000,0011/04/08
    Yenti(BCA) Rp 100.000,0017/04/08
    Awang Darmawan (BCA) Rp 200.000,0022/04/08
    Yayasan Gloria (BCA) Rp 250.000,0025/04/08
    Philip Manurung (BCA) Rp 430.000,0025/04/08
    Bambang SP Abedneg (BCA) Rp 100.000,0029/04/08
    Hendy Kasisi IR (BCA) Rp 200.000,0029/04/08
    Bunga Bank Rp 24.293,00
    Sumbangan lain-lain Rp 59.000,00
     
    Total Sumbangan Rp 4.463.293,00

    B. PENGELUARAN
    Kantor/Admin Rp 481.500,00
    Kas Kecil Rp 54.600,00
    Utility/Sumber daya Rp 2.026.900,00
    Komputer Rp 45.000,00
    Perpustakaan Rp 336.000,00
    Pengiriman/Distribusi Rp 14.900,00
    Admin Bank Rp 24.749,00
    Sewa Rumah kos putri 2 th. Rp11.000.000,00
    Kepegawaian Rp18.033.200,00
       
    Total PengeluaranRp 32.016.849,00
  2. Laporan Aktivitas Keuangan YLSA Mei 2008
    A. SUMBANGAN
    Gunawan & Kristina (BCA)Rp 2.000.000,00 5/5/08
    Widya Kristiani So (BCA) Rp 500.000,00 8/5/08
    TELAGA (BCA) Rp 500.000,00 8/5/08
    Slamet Amarta (BCA) Rp 250.000,00 8/5/08
    Boy Juana (BCA) Rp 3.000.000,00 15/05/08
    Dr.Novian wibowo (BCA) Rp 300.000,00 15/05/08
    Toni Polanco T (BCA) Rp 250.000,00 15/05/08
    Yayasan Gloria (BCA) Rp 250.000,00 21/05/08
    Bunga Bank Rp 16.760,00
    Sumbangan lain-lain Rp 321.000,00
       
    Total SumbanganRp 7.387.760,00

    B. PENGELUARAN
    Kantor/Admin Rp 1.748.350,00
    Kas Kecil Rp 28.800,00
    Utility/Sumber daya Rp 2.131.600,00
    Komputer Rp 1.187.500,00
    Perpustakaan Rp 3.423.900,00
    Pengiriman/Distribusi Rp 10.000,00
    Admin Bank Rp 20.462,00
    Kepegawaian Rp17.570.500,00
       
    Total PengeluaranRp26.121.112,00

Ucapan Terima Kasih

Ucapan syukur kami naikkan kepada Tuhan atas berkat yang dilimpahkan-Nya bagi kita semua. Biarlah melalui pelayanan kitabersama, nama Tuhan semakin ditinggikan. Terpujilah Dia yang memunyai alam semesta ini!

Bagi Anda yang tergerak untuk terlibat dalam pelayanan YLSA dengan memberikan sumbangan dana, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA a.n. Yulia Oeniyati Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo No. Rekening: 0790266579


Stop Press
LOWONGAN PEKERJAAN PROGRAMMER DAN WEB PROGRAMMER

Dunia teknologi terus berinovasi ....

  • Pernahkah Anda berpikir, apa peran teknologi bagi Kerajaan Allah?
  • Maukah Anda mengambil bagian dalam misi Allah di era teknologi ini?

Bergabunglah bersama kami!

Yayasan Lembaga SABDA dibangun atas kerinduan untuk mengambil bagian dalam visi misi Allah dengan memakai teknologi komputer dan internet untuk menjadi alat bagi pembangunan Kerajaan-Nya di dunia.

==> http://www.ylsa.org/

Yayasan Lembaga SABDA mengajak Anda yang memiliki kualifikasi berikut ini untuk bergabung:

  1. Lowongan Programmer/Database Designer:

    1. Tingkat pendidikan tidak dibatasi (Spesialisasi Teknik Komputer/Informatika/Matematika).
    2. Menguasai minimal satu bahasa pemprograman modern (C+, C#, Scripting, Java, PHP, Python, Perl, Ruby, dll.).
    3. Memiliki kemampuan logika dan matematika.
    4. Menguasai bahasa Inggris.
    5. Memiliki pengalaman di bidangnya.
  2. Lowongan Web Programmer/Web Designer:

    1. Tingkat pendidikan tidak dibatasi (Spesialisasi Teknik Komputer/Informatika/Matematika).
    2. Menguasai HTML, PHP, dan MYSQL (terutama untuk Web Programmer).
    3. Memiliki kemampuan desain dan menguasai minimal satu tool untuk grafis (khusus untuk web designer).
    4. Diutamakan bagi yang sudah pernah membuat website.

Kualifikasi umum:

  1. Sudah lahir baru, hidup baru dalam Kristus, dan sudah dibaptis.
  2. Pria atau wanita; diutamakan yang belum menikah.
  3. Mampu bekerja dalam tim dan memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi.
  4. Dapat bekerja dengan tenggat waktu yang ketat dan memiliki ketelitian yang tinggi.
  5. Memunyai semangat tinggi untuk terus belajar dan melayani di bidang teknologi informasi.
  6. Bersedia ditempatkan di Solo, Jawa Tengah, minimal untuk dua tahun.

Bagi yang berminat bergabung, kirimkan surat lamaran resmi dan CV lewat e-mail ke: ==> rekrutmen-ylsa(at)sabda.org

Atau kirim secepatnya lewat pos ke:

YLSA/SABDA KOTAK POS 25 SLONS 57135

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: ==> ylsa(at)sabda.org


Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi: Kristina, Yulia, Evi, Ari, Puji, Elly
Alamat berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: subscribe-i-kan-berita-ylsahub.xc.org
Untuk berhenti berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: unsubscribe-i-kan-berita-ylsahub.xc.org
Untuk kirim bahan/pertanyaan :Kirim e-mail ke staf Redaksi <beritaylsasabda.org>
Arsip Berita YLSA: http://www.sabda.org/publikasi/berita_ylsa/arsip/

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA. Didistribusikan melalui sistem network I-KAN. Copyright(c) Berita YLSA 2008 YLSA -- http://www.ylsa.org/

http://katalog.sabda.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati

Comments