Berita YLSA - Mei 2007

Daftar Berita
[Editorial]
[Latest News] : 1. Undangan Presentasi di Universitas Kristen Maranatha Bandung
 : 2. Undangan Pelayanan di Bandung
 : 3. Undangan "2nd Annual Gathering IT Ministry"
 : 4. Berdiskusi Lewat Forum Diskusi di Situs Pelitaku
 : 5. Penambahan Artikel di Situs e-Artikel
[Gratis!]: Kesaksian Gratis di Situs Kekal
[Prayer Request!] :
[Appreciation!] : Berita Ulang Tahun Staf YLSA
[Inside YLSA] : Yayasan Lembaga SABDA dan Pelayanan Biblical Computing
[Financial Report]: Laporan Keuangan April 2007


Editorial
Para Sahabat YLSA yang terkasih dalam Kristus, Membagikan visi pelayanan yang Tuhan berikan kepada orang lain sangatlah penting. Sebab manusia pada dasarnya tidak dirancang untuk hidup sendiri. Dengan membagikan visi, kita dapat berbagi beban dan saling mendukung dalam doa. Tuhan tidak pernah menginginkan kita bekerja dan melayani sendiri. Pekerjaan Tuhan terlalu besar untuk dikerjakan seorang diri. Demikianlah tujuan YLSA ketika membagikan visi pelayanannya kepada mahasiswa Kristen Univ. Maranatha dan Institut Harapan Bangsa di Bandung (simak di kolom Berita). Selain mengajak mereka mengenal pelayanan YLSA dan memanfaatkannya, kami juga ingin berbagi beban agar ada mahasiswa yang nantinya mau ikut terlibat melayani bersama melalui media pelayanan komputer dan internet. Nah, pada kesempatan ini, silakan simak artikel wawancara oleh wartawan Penyuluh kepada YLSA. Kiranya visi pelayanan Biblical Computing yang kami bagikan ke banyak orang ini dapat menjadi berkat. Simak juga berita-berita kami yang lain. In Christ, Yulia Oeniyati Pimpinan YLSA
Berita dan Pokok Doa
  1. Ucapan Syukur
    • Bersyukur untuk presentasi YLSA yang bisa disampaikan kepada mahasiswa Univ. Maranatha Bandung melalui acara "Challenge 2007". Kiranya pelayanan YLSA bisa semakin dikenal dan memberi berkat bagi banyak orang.
    • Mengucap syukur untuk fasilitas forum diskusi di Situs Pelitaku. Kiranya penambahan fasilitas interaktif ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat Kristen untuk saling belajar dan mempertajam talenta menulisnya.
    • Mengucap syukur untuk penambahan artikel di situs e-Artikel. Kiranya semakin memperlengkapi bahan referensi yang dibutuhkan oleh masyarakat Kristen Indonesia.
  2. Rencana Kegiatan Pelayanan YLSA Juni 2007
    • Berdoa untuk rencana memenuhi undangan "2nd Annual IT Gathering" di Jakarta. Kiranya presentasi yang akan dibawakan dapat menggugah peserta untuk ikut terlibat dalam pelayanan IT.
  3. Untuk Para Sahabat dan Pendukung YLSA
    • Mari bersyukur atas penyertaan Allah dalam hidup kita. Bersyukur juga untuk pemeliharaan-Nya atas jalinan persahabatan kita. Melalui kebersamaan ini mari kita terus memberi dampak bagi banyak orang bagi kemuliaan nama-Nya.

Mengenal YLSA

Sahabat YLSA, berikut ini hasil wawancara Pimpinan YLSA, Ibu Yulia Oeniyati dengan Majalah Penyuluh bulan April lalu selepas acara Media Breakthrough Prayer di Jakarta. Simak wawancara selengkapnya berikut ini.

YAYASAN LEMBAGA SABDA DAN PELAYANAN BIBLICAL COMPUTING

Senyum ramah dan hangat terpancar dari wajah Ibu Yulia Oeniyati, Th.M., tatkala menyambut kedatangan Penyuluh di rumah salah seorang kenalannya di kawasan jalan Kartini Raya, Jakarta Pusat, Senin, 23 April 2007, pukul 08:10 WIB. Penyuluh tertarik untuk mewawancarai beliau dikarenakan pelayanannya bersama rekan-rekannya di Yayasan Lembaga SABDA dalam bidang Biblical Computing (Komputasi Alkitab). Berikut ini ringkasan wawancara tersebut.

"Banyak orang yang belum memahami apa itu Biblical Computing," demikian Ibu Yulia mengawali pembicaraannya. "Istilah Biblical Computing tidak sama dengan Alkitab yang bisa dibaca di komputer, atau memindahkan Alkitab ke media komputer. Biblical Computing adalah program (perangkat lunak) komputer yang bisa dipakai untuk melakukan berbagai kegiatan "biblical studies", penyelidikan, dan penggalian Alkitab yang lengkap dan bertanggung jawab."

Secara ringkas, beliau menjelaskan, ketika perangkat lunak (program) dan berbagai teks Alkitab dan bahan biblika yang dinamai SABDA (Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat) diinstal di sebuah perangkat komputer, maka Anda bisa memakai fasilitas pencarian yang ada di dalamnya untuk menemukan berbagai kata, frasa, kalimat, atau ayat tertentu dalam Alkitab (beserta definisi dan referensinya) dengan cepat dan efisien. Sebagai contoh, jika Anda ingin mencari kata "wanita" dalam seluruh Alkitab, Anda hanya perlu mengetik kata "wanita" dalam kotak pencarian, kemudian klik "tampilkan", maka Anda akan mendapatkan ayat-ayat dalam Alkitab yang mengandung kata yang Anda cari tersebut. Bahkan Anda juga dapat membandingkan ayat-ayat tersebut dalam beberapa versi dan bahasa Alkitab yang tersedia dalam program SABDA ini, termasuk mencari maknanya dalam bahasa asli Alkitab, yaitu Ibrani atau Yunani.

"SABDA, yang dikemas dalam sebuah CD ini, sangat berguna sekali untuk menolong hamba-hamba Tuhan, para pemimpin Kristen, dan juga orang-orang Kristen awam untuk menyiapkan khotbah, artikel, renungan, bahkan tulisan ilmiah," lanjut Ibu Yulia. Hal ini dimungkinkan karena di dalam CD SABDA terdapat berbagai teks Alkitab yang dilengkapi dengan banyak sekali bahan biblika lain (150 buku elektronik) yang sangat menolong dalam melakukan penyelidikan Alkitab dan tugas-tugas pelayanan lainnya; misalnya konkordansi, kamus Alkitab, leksikon, referensi silang, catatan ayat, artikel, dan masih banyak lainnya.

Program software Alkitab SABDA yang canggih ini diproduksi oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) yang didirikan oleh Ibu Yulia dengan beberapa rekan yang mengasihi Tuhan. YLSA memang memiliki visi untuk menjadi "hamba" yang melayani masyarakat Kristen Indonesia dengan menggunakan keampuhan media elektronik komputer dan internet. "Kami bekerja sama dengan pihak OLB (Online Bible) asal Kanada dan mendapat izin untuk mengembangkan program Alkitab yang sudah cukup dikenal di seluruh dunia ini dengan melengkapi isinya dengan konten-konten yang berbasis bahasa Indonesia. Karena itu, YLSA juga bekerja sama dengan banyak penerbit Kristen di Indonesia," demikian beliau memaparkan.

Sebagai informasi, pengerjaan SABDA membutuhkan waktu dan tenaga yang luar biasa besar. Sejak perintisan versi 1.0 sampai yang ke 3.0 saat ini, dibutuhkan waktu pengerjaan rata-rata lima tahun per versi. Selain menggunakan antarmuka (interface) dalam bahasa Indonesia, SABDA juga dilengkapi dengan bahan tutorial dan menu bantuan dalam bahasa Indonesia, sehingga diharapkan dapat menolong setiap pengguna yang baru pertama kali menggunakannya.

Tanggapan positif masyarakat Kristen Indonesia yang menggunakan CD SABDA sungguh sangat menggembirakan, di antara mereka adalah para hamba Tuhan, kaum awam, dan mereka dari kalangan akademisi teologia, termasuk para mahasiswa teologia asal Indonesia yang sedang menempuh studi lanjut di luar negeri. Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya CD SABDA ini.

"CD SABDA disebarkan melalui berbagai cara. Selain dibagikan lewat acara-acara khusus (seminar, konvensi, atau sidang sinode) dan dari mulut ke mulut, kami juga menyediakan sarana lewat distributor, yaitu mereka-mereka yang bersedia membantu dan terbeban untuk membagikannya. Saat ini ada 69 distributor CD SABDA, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Bagi yang menginginkan CD SABDA, silakan menghubungi para distributor tersebut, yang daftarnya dapat dilihat di situs SABDAc," jelas Ibu Yulia mengakhiri perbincangannya dengan Penyuluh.

Di akhir pembicaraan ini, Penyuluh tidak hanya menerima CD SABDA 3.0, tapi juga beberapa CD produksi YLSA lainnya, seperti CD Chinese Treasures 3.0 (Software Alkitab dalam Bahasa Cina), CD Audio Bible MP3 Perjanjian Baru dalam Bahasa Indonesia sehari-hari (BIS), Bahasa Indonesia Terjemahan Baru (TB), serta Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda.

Nah, pembaca Penyuluh. Jika Anda ingin mendapatkan info tentang beragam pelayanan YLSA dan berminat untuk mendapatkan CD SABDA 3.0 tersebut, silakan mengeklik alamat: http://www.sabda.org/ylsa atau meminta informasi ke . CD SABDA 3.0 ini dibagikan secara gratis dan dapat diperbanyak sendiri, dengan catatan tidak untuk diperjualbelikan atau untuk tujuan komersil. Tentu saja ini menjadi suatu anugerah yang luar biasa bagi masyarakat Kristen yang masih perlu banyak bertumbuh.

Bagi Anda yang tergerak untuk mendukung pelayanan YLSA dalam penyebaran CD SABDA dan pelayanan-pelayanan YLSA yang lain, baik dalam bentuk doa atau dana, silakan menghubungi . Tuhan memberkati YLSA senantiasa. Amin.

Sumber: Majalah Penyuluh
Blog SABDA
  1. Undangan Presentasi di Universitas Kristen Maranatha Bandung Universitas Kristen Maranatha Bandung mengundang Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk hadir dan mempresentasikan pelayanan YLSA di acara "Challenge 2007", yaitu ekspo pelayanan untuk mahasiswa pada tanggal 14 -- 15 Mei 2007. Salah satu tujuan ekspo ini adalah untuk membuka wawasan para mahasiswa tentang ladang-ladang pelayanan yang tersedia. Pada kesempatan ini, selain memberikan 2 kali presentasi, YLSA juga membuka stand untuk mempertunjukkan berbagai produk pelayanan dan membagikan brosur serta berbagai CD produk YLSA, di antaranya CD SABDA 3.0, CD Chinese Treasure, CD Alkitab Audio MP3 Perjanjian Baru dalam bahasa Indonesia sehari-hari (BIS), bahasa Indonesia Terjemahan Baru (TB), bahasa Jawa, dan juga bahasa Sunda. Kami sangat senang menghadiri acara seperti ini karena YLSA rindu pelayanaannya dikenal, khususnya oleh kalangan kaum muda. Biarlah visi yang telah ditaburkan dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa sehingga ketika nanti mereka terjun di masyarakat mereka dapat terus merelasikan hidup mereka dengan pelayanan yang ada di sekitar mereka. Puji Tuhan.
  2. Undangan Pelayanan di Bandung Kesempatan berada di Bandung pada tanggal 14 -- 15 Mei 2007 juga dimanfaatkan YLSA untuk bertemu dengan lebih dari 50 mahasiswa dari Institut Teknologi Harapan Bangsa dalam acara "Spiritual Leadership Training ITHB" dan juga 20 mahasiswa Sekolah Misi Bandung. Dengan membagikan apa yang dilakukan oleh YLSA, diharapkan mahasiswa lebih terbuka wawasannya untuk melayani di bidang yang sampai saat ini masih belum banyak dikerjakan, yaitu di bidang IT. Kesempatan untuk melayani di dunia IT sangat terbuka lebar, namun sering kali kurang dimengerti. Doakan supaya visi yang telah dibagikan ini bisa bertumbuh dalam pikiran dan hati mahasiswa sehingga dalam hidup ke depannya nanti, mereka tidak hanya memikirkan tentang hidup pribadi saja tapi bagaimana hidupnya bisa dipakai Tuhan untuk kemuliaan nama-Nya. Dalam kesempatan ini kami juga membagikan CD SABDA dan CD-CD Alkitab Audio MP3. Selain bertemu mahasiswa, kami juga bertemu dengan beberapa rekan pelayanan dari beberapa organisasi Kristen lain. Selain saling menguatkan dan berbagi beban, kami juga membagikan CD SABDA dan CD-CD Alkitab Audio MP3. Puji Tuhan, CD-CD tersebut sangat disambut baik dan akan menjadi salah satu alat yang membantu kemajuan pelayanan mereka, terutama CD Alkitab Audio MP3 Bahasa Sunda.
  3. Undangan "2nd Annual Gathering IT Ministry" Pada tanggal 16 Juni 2007 YLSA akan menghadiri undangan untuk mengikuti "2nd Annual Gathering IT Ministry". YLSA mendapat waktu kurang lebih satu jam untuk memberikan presentasi tentang visi dan misi pelayanan YLSA kepada semua peserta yang hadir dalam pertemuan ini. Tema yang diangkat pada "2nd Annual Gathering IT Ministry" ini adalah "What is IT roles in Christian Ministry". Doakan kiranya melalui pertemuan ini semakin banyak anak Tuhan yang terbeban untuk terlibat dalam pelayanan IT sehingga dapat memberi dampak bagi perkembangan pelayanan di Indonesia secara menyeluruh.
  4. Berdiskusi Lewat Forum Diskusi di Situs Pelitaku Untuk menghadirkan nuansa yang lebih interaktif, situs Pelitaku kini dilengkapi dengan sebuah forum diskusi. Forum diskusi ini membuka tiga topik utama diskusi yang dilengkapi dengan beberapa subtopik sesuai dengan topik utamanya. Pada topik Publikasi e-Penulis, Anda dapat berdiskusi tentang publikasi e-Penulis maupun hal-hal seputar e-Penulis. Pada topik Ayo Menulis!, Anda dapat berbincang-bincang berbagai hal tentang bagaimana menulis dan hal-hal seputar tulis-menulis; termasuk masalah EYD dan cara memublikasikan tulisan. Sedangkan di topik Umum, Anda bisa menginformasikan berbagai hal seputar lomba menulis, seminar, maupun informasi terbaru dari dunia tulis-menulis. Kehadiran forum diskusi di situs Pelitaku kami harap dapat meningkatkan intensitas para Sahabat YLSA dalam meningkatkan kemampuan dalam bidang tulis-menulis. Berikan talenta Anda untuk kemuliaan nama Tuhan.
    ==> http://pelitaku.sabda.org/
    [situs Pelitaku]
    ==> http://www.in-christ.net/penulis
    [Forum]
  5. Penambahan Artikel di Situs e-Artikel Kebutuhan untuk belajar dan menambah pengetahuan jelas adalah kebutuhan semua orang yang ingin berkembang, termasuk orang Kristen. Membaca beragam artikel lewat internet dapat menjadi salah satu alternatif. Nah, berikut ini adalah berita baik dari situs e-Artikel karena belum lama ini, e-Artikel telah menambah sejumlah artikel baru yang bisa Anda baca secara online. Artikel-artikel baru tersebut meliputi, 2 artikel Keluarga, 7 artikel Kesaksian, dan 6 artikel Konseling. Jumlah ini menambah koleksi jumlah artikel yang sudah ada sebelumnya. Saat ini, sudah ada lebih dari 450 artikel di e-Artikel yang bisa Anda nikmati. Segeralah kunjungi alamat berikut untuk mulai membaca artikel-artikel baru yang kami pasang.
    ==> http://artikel.sabda.org/

Appreciation
  1. Ulang Tahun Staf Selamat ulang tahun kami ucapkan untuk rekan kami yang terkasih, Yohanna Prita Amelia, yang berulang tahun pada 9 Mei 2007 dan Maria Lanny Kusumawati yang berulang tahun pada 16 Mei 2007 kemarin. Kami sungguh bersyukur atas bertambahnya usia mereka. Kiranya keduanya semakin giat dalam melayani Allah dan mengisi hari-hari dengan penuh keintiman bersama Allah, serta selalu memberikan yang terbaik bagi Dia dalam pelayanannya. Tuhan Yesus memberkati.

Laporan Keuangan

Laporan Keuangan YLSA April 2007

A. SUMBANGAN
NN Jakarta (BCA) Rp.1.000.000,00(02/04/07)
Budi S.(BCA) Rp.300.000,00(02/04/07)
Sefria B. (BCA) Rp.100.000,00(03/04/07)
Wahyudi (BCA) Rp.300.000,00(08/07/07)
Jemaat Grogol (BCA) Rp.50.000,00(10/04/07)
Melani (BCA) Rp.500.000,0010/04/07
Andrias (BCA) Rp.1.000.000,00(12/04/07)
Lucky H. (BCA) Rp.1.000.000,00(19/04/07)
Ang Sudarman (BCA) Rp.100.000,00(22/04/07)
Bejo (BCA) Rp.300.000,00(23/04/07)
Stefanus (BCA) Rp.1.000.000,00(24/04/07)
Gunawan & Christina (BCA) Rp.2.000.000,00( 25/04/07)
Wintar (BCA) Rp.1.000.000,00(27/04/07)
Gloria (BCA) Rp.250.000,00(27/04/07)
Sumbangan Lain-lain Rp.228.600,00(25/04/07)
Bunga Bank Rp.4.650,00
   
Total SumbanganRp.9.133.250,00

B. PENGELUARAN
Peralatan kantor Rp.107.900,00
Konsumsi Rp.525.500,00
Produksi CD Rp.160.500,00
HRD Rp.42.200,00
Perjalanan dinas Rp.262.000,00
Bank Rp.30.000,00
Beban Kantor Rp.63.000,00
Kas kecil Rp.24.400,00
Beban utility Rp.1.044.525,00
Beban komputer Rp.40.000,00
Perpustakaan Rp.372.000,00
Biaya kepegawaian Rp.10.630.000,00
   
Total PengeluaranRp.13.302.025,00

 

Ucapan Terima Kasih

Tak henti-hentinya kami mengucap syukur atas berkat yang terus dilimpahkan Tuhan bagi kita semua. Kiranya pelayanan kita bersama menjadi pelayanan yang berkenan dan semakin meninggikan nama-Nya. Terpujilah Dia, Sang Empunya alam semesta ini!

Bagi Anda yang tergerak untuk terlibat dalam pelayanan YLSA dengan memberikan sumbangan dana, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA a.n. Yulia Oeniyati - Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo No. Rekening: 0790266579

Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi: Kristina, Yulia, Evi, Ari, Raka, Elly
Alamat berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Untuk berhenti berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Untuk kirim bahan/pertanyaan :Kirim e-mail ke staf Redaksi <beritaylsa(at)sabda.org>
Arsip Berita YLSA: http://www.sabda.org/ylsa/berita-ylsa/

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA. Didistribusikan melalui sistem network I-KAN. Copyright(c) Berita YLSA 2007 YLSA -- http://www.sabda.org/ylsa/

http://katalog.sabda.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati

Comments