Berita YLSA - Maret-April 2016

Daftar Berita

  [Dari YLSA!]    
  [Blog YLSA!]
  [Berita dan Doa YLSA!] : 1. YLSA Meluncurkan Software SABDA 5 Beta
    : 2. Divisi ITS Menambahkan Bahan Audio dalam Situs Alkitab SABDA
    : 3. Tim Penjangkauan Membuka Forum Diskusi di Facebook Grup Bio-Kristi
    : 4. PESTA Membuka Pendaftaran Kelas Doktrin Dasar bagi Orang Kristen Awam
  [Mengenal YLSA!] : SABDA dalam Kuartal I 2016
  [Surat Sahabat YLSA!] : Kesaksian dari Pengunjung Situs PEPAK
  [Laporan Keuangan YLSA!] : Laporan Keuangan YLSA Bulan Maret 2016
Editorial

Berita YLSA 116/Maret-April 2016

Salam sejahtera dalam Tuhan Yesus Kristus,

Tak terasa kuartal pertama tahun ini sudah berlalu. Melalui edisi Berita YLSA ini, para Sahabat dan Pendukung YLSA dapat melihat laporan singkat kegiatan YLSA selama kuartal I. Berbagai pengalaman baru telah mewarnai pelayanan YLSA sejak awal tahun ini, di antaranya adalah dibuatnya jalur-jalur baru untuk bahan-bahan yang dahulu hanya tersedia dalam format teks. Sekarang, dengan berkembangnya teknologi informasi, pelayanan YLSA juga dilengkapi dengan bahan-bahan dalam format audio, gambar/infografis, animasi, dan juga video. Doakan agar melalui jalur-jalur baru ini, semakin banyak orang Kristen belajar dengan cara-cara baru sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada. Sementara itu, kami juga siap menyambut kuartal kedua dengan hati yang penuh sukacita. Puji Tuhan!

Berita dan Pokok Doa
Berita dan Pokok Doa

Puji Tuhan! Pada tanggal 6 April 2016, tim ITS telah menyelesaikan core Software SABDA 5 Beta yang saat ini sedang diuji coba oleh SABDA tester. Dalam starter pack Software SABDA 5 Beta, pengguna akan mendapatkan 36 modul seperti Alkitab, Tafsiran, Referensi Silang, Kamus dan Leksikon, Peta, dan Indeks Topikal. Selain menggunakan program OLB versi terbaru, software ini juga dilengkapi dengan modul-modul bahasa Indonesia baru, seperti Perjanjian Baru AYT dan Tafsiran Matthew Henry. Kiranya, Software SABDA 5 bisa digunakan dengan maksimal oleh siapa saja yang rindu mempelajari Alkitab lebih mendalam lagi dengan memanfaatkan teknologi. Doakan pula, tim ITS yang masih mempersiapkan beberapa modul baru agar Tuhan memberikan kemampuan untuk mengerjakan proyek ini sampai selesai agar dapat segera diluncurkan untuk umum.

Selama ini, pengguna Alkitab SABDA mungkin hanya melakukan studi Alkitab dengan membaca bahan-bahan yang tersedia di dalamnya. Sebenarnya, selain bahan format teks, dalam Alkitab SABDA juga tersedia bahan-bahan Audio, yaitu Alkitab Audio dan Himne. Pada bulan Maret 2016 ini, tim ITS SABDA menambahkan lebih dari 20 Alkitab audio dalam bahasa suku di Indonesia, khusus untuk Perjanjian Baru. Tidak hanya itu, bahan-bahan audio untuk belajar Alkitab, yaitu Sekolah Alkitab Audio, juga ditambahkan di dalamnya. Diharapkan penambahan bahan audio ini akan makin menolong pengguna Alkitab SABDA memperdalam pemahaman akan ayat-ayat firman Tuhan. Doakan tim ITS SABDA yang terus mengembangkan Alkitab SABDA agar makin maksimal dan efektif digunakan oleh setiap orang percaya untuk menggumuli firman Tuhan hari lepas hari di era teknologi ini.

Puji Tuhan, pelayanan Bio-Kristi (Biografi Kristiani) bisa melebarkan sayapnya dengan membuka diskusi online di Facebook Grup. Diskusi dilakukan pada 21 Maret - 1 April 2016, dengan tokoh "Dietrich Bonhoffer", seorang Kristen yang berjuang menyuarakan kebenaran untuk menentang kekejaman NAZI di Jerman, sebagai topik perdana pada forum diskusi ini. Sebanyak 17 peserta ikut terlibat di dalamnya untuk berbagi berkat tentang pelajaran berharga yang mereka dapatkan dari diskusi ini. Mohon dukungan doanya supaya pelayanan baru ini bisa semakin efektif untuk memberkati banyak orang sehingga membawa mereka semakin mengenal Tuhan dan firman-Nya.

Pada bulan April ini, tim PESTA membuka kesempatan bagi siapa saja yang tertarik untuk belajar Alkitab, terutama mengenai doktrin dasar iman Kristen melalui Facebook Grup. Diharapkan, kelas ini dapat menolong peserta untuk lebih aktif lagi menggali dan mempelajari dasar kebenaran iman Kristen. Silakan Sahabat dan Pendukung YLSA mendaftarkan diri untuk mengikuti kelas ini. Sebelum mengikuti diskusi, Anda harus terlebih dahulu membaca modul DIK dan mengerjakan tugas tertulis. Untuk mendapatkan modul dan tugasnya, silakan menulis e-mail ke Admin PESTA dengan subjek: [DAFTAR - KELAS DIK].

  1. YLSA Meluncurkan Software SABDA 5 Beta

  2. Divisi ITS Menambahkan Bahan Audio dalam Situs Alkitab SABDA

  3. Tim Penjangkauan Membuka Forum Diskusi di Facebook Grup Bio-Kristi

  4. PESTA Membuka Pendaftaran Kelas Doktrin Dasar bagi Orang Kristen Awam

Mengenal YLSA
Mengenal YLSA: SABDA dalam Kuartal I 2016
 

Puji Tuhan! Yayasan Lembaga SABDA telah melewati Kuartal I tahun 2016 dengan penyertaan dan pemeliharaan Tuhan. Sepanjang Kuartal I, seluruh divisi di YLSA mengerjakan rencana-rencana yang telah disusun pada akhir tahun 2015 dengan baik. Berikut ini, kami ringkaskan beberapa pencapaian dari setiap divisi YLSA pada kuartal I 2016 ini.

Alkitab Yang Terbuka (AYT)

  1. Sudah ada staf khusus yang mengerjakan ITL untuk teks AYT Perjanjian Lama.
  2. Update teks dalam App AYT.
  3. Teks Alkitab versi AYT 2015 sudah dapat didownload melalui aplikasi Alkitab SABDA dan Alkitab Yuku.
  4. Bekerja sama dengan tim multimedia membuat ilustrasi-ilustrasi ayat Alkitab dengan teks AYT. Ilustrasi-ilustrasi ini telah digunakan untuk komunitas-komunitas AYT.

Information Technology Services (ITS) dan Biblika

  1. SABDA Bot untuk Telegram sudah bisa digunakan sebagai sarana belajar Alkitab dengan memanfaatkan aplikasi chatting.
  2. Menambah bahan-bahan Audio dalam situs Alkitab SABDA (Alkitab Audio dan Sekolah Alkitab Audio).
  3. Update Core Software SABDA 5 (tahap testing) untuk diluncurkan pada awal kuartal II.
  4. Menyiapkan, mengatur, dan mengolah data maupun infrastruktur untuk proyek Cloud SABDA.

Multimedia

  1. Studio SABDA sudah digunakan untuk membuat rekaman berbagai bahan-bahan audio.
  2. Membuat infografis dan video Paskah yang sudah digunakan beberapa gereja/persekutuan dalam kegiatan Paskah.
  3. Membuat ilustrasi komik mengenai Paskah di sekolah minggu yang menolong para pelayan anak, bahkan menjadi bahan diskusi untuk mengevaluasi bagaimana mereka mengajarkan arti Paskah.

Penjangkauan

  1. Penerbitan enam publikasi berjalan lancar (e-Konsel, e-Humor, Bio-Kristi, e-Leadership, KISAH, e-Penulis).
  2. Rekaman enam artikel untuk bahan audio divisi Penjangkauan.
  3. Diskusi online:
    1. Buku John Piper di grup KBS.
    2. Tokoh "Dietrich Bonhoeffer" di grup Bio-Kristi.
    3. Artikel "Kemerdekaan Kasih" di grup e-Konsel.
  4. Blog bidang penjangkauan: konseling, kesaksian, dan penulis.

Pembinaan

  1. Membuat bahan-bahan Paskah dalam format baru: ilustrasi, video, audio, dan infografis, dan power point.
  2. Membuka twitter Paskah (@sabdapaskah).
  3. Rekaman Renungan ROC.
  4. Format baru publikasi e-Doa dan e-JEMMi dalam format HTML.
 

Pendidikan Kristen

  1. Publikasi e-BinaSiswa terbit dengan format HTML.
  2. Bahan-bahan non-publikasi ditambahkan dalam situs-situs tim Pendidikan Kristen.
  3. Rekaman artikel pelayanan anak, remaja, dan wanita.
  4. Peningkatan respons dari penyuka halaman FB e-BinaAnak secara signifikan terhadap bahan-bahan yang diposting. Statistik pengguna yang berbagi bahan-bahan yang diposting cukup tinggi (menjadi viral di kalangan pelayan anak dalam sosmed).

PESTA

  1. Berlangsungnya kelas DIK dan MDD dengan lancar. Peserta semakin aktif mengikuti diskusi, bahkan dalam kelas MDD seluruh peserta lulus.
  2. Brosur PESTA sudah selesai dicetak sebagai sarana promosi program PESTA.
  3. Komunitas PESTA berjalan cukup aktif dengan penggunaan fitur hashtag sehingga makin banyak yang mengenal dan mengikuti program PESTA.
  4. Pengerjaan Modul Pengantar Injil Sinoptik.

Apps4God/ApTek

  1. Pengembangan situs Apps4God.org -- perbaikan share button, penambahan kanal Event dan Aplikasi.
  2. Menerbitkan enam edisi publikasi APPPS Live dan tiga edisi publikasi ICW.
  3. Presentasi Apps4God di YMC Semarang.
  4. Komunitas Apps4God semakin aktif dan hidup.

Puji syukur kepada Tuhan! Beberapa pencapaian di atas tidak mungkin terjadi tanpa pertolongan dan hikmat dari Tuhan, Sang Pemilik ladang pelayanan YLSA. Dukungan dari Sahabat dan Pendukung YLSA pun tidak lepas dari campur tangan Tuhan dalam kemajuan pelayanan YLSA. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan!
Suara Sahabat YLSA
Suara Sahabat YLSA: Kesaksian Dari Pengunjung Situs PEPAK
image: Situs PEPAK
Situs Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen (PEPAK) menyediakan bahan-bahan untuk memperlengkapi para pelayan anak di Indonesia. Banyak pengunjung situs ini yang sudah mendapatkan berkat melalui bahan-bahan yang disediakan. Berikut ini beberapa kesaksian dari mereka yang telah mendapatkan berkat Tuhan dengan mengunjungi situs PEPAK.

Parlin Purba: Shalom PEPAK, terima kasih. Semoga pengurus dan semua staf yang bekerja di PEPAK ini semakin diberkati Tuhan. Saya sangat diberkati dengan pengetahuan tentang bagaimana harus mengajar anak lebih baik lagi. Saya makin punya banyak referensi untuk mendapatkan bahan dalam mengajar anak di gereja tempat pelayananku. Sekali lagi, terima kasih, PEPAK.

Lisdha: Saya baru saja mulai ikut mengajar di sekolah minggu GKI Bajem Berastagi Sumut. Saya bersyukur "dipertemukan" dengan situs ini. Sangat bermanfaat di tengah keterbatasan pelayanan sekolah minggu, baik dalam hal bahan ajar maupun kualitas sumber daya manusia. Tuhan memberkati pelayanan ini. Amin.

Wendi Gunawan: Saya sangat bersyukur dapat mengunjungi situs ini karena banyak informasi yang bisa saya dapatkan tentang anak. Saya sangat terbeban agar anak-anak juga bisa mendapatkan kabar keselamatan dari Yesus Tuhan kita. Saya berharap bisa menjalin kerja sama dalam pelayanan anak, terlebih terhadap anak yang notabene berasal dari keluarga Kristen, tetapi belum memahami kabar keselamatan dan hidup kekal dalam Yesus Kristus. GBU

Herretno Kusumaningtyas: Saya sangat bersyukur dengan adanya situs PEPAK. Melalui situs ini, saya sangat terbantu dalam melaksanakan tugas saya sebagai guru. Terima kasih, semoga Tuhan memberkati pelayanan PEPAK.

Grace Fenly Waas: Shalom, saya adalah pengasuh SM Jemaat GKI Syaloom. Saya mengucap syukur dengan adanya PEPAK karena wawasan saya tentang SM bertambah. Semoga dari hari ke hari, PEPAK dapat memberikan banyak berkat kepada setiap orang yang melayani Tuhan Yesus melalui anak-anak. Amin!

Blog SABDA
Blog SABDA: Maret -- April 2016
Laporan Keuangan
Laporan Keuangan YLSA Bulan Maret 2016
Total Sumbangan Maret 2016: Rp 63.937.635,-
Total Pengeluaran Maret 2016: Rp 63.876.950,-

Puji Tuhan, para Sahabat YLSA telah menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menyalurkan dana yang YLSA butuhkan. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan. Berkat Tuhan menyertai kita semua.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

a.n. Yulia Oeniyati/ Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo

No. Rekening: 0790266579

Comments