Berita YLSA - Januari - Februari 2016

Daftar Berita

  [Dari YLSA!]    
  [Blog YLSA!]
  [Berita dan Doa YLSA!] : 1. Rapat Laporan Kerja YLSA Tahun 2015
    : 2. Pelayanan YLSA dalam Youth Mission Conference di Semarang
    : 3. Tim ITS Mengerjakan Proses Upgrade Situs-Situs YLSA ke Drupal 8
    : 4. Staf YLSA Mengikuti Training Kepemimpinan "Winning With People"
    : 5. YLSA Mempersiapkan Ruangan Multimedia
    : 6. Tim Penjangkauan Membuka Diskusi Online Konseling di Facebook!
  [Mengenal YLSA!] : Serunya Rapat Laporan Kerja YLSA Tahun 2015!
  [Surat untuk YLSA!] : Traktat TYM di Tangan Anak-Anak Papua
  [Laporan YLSA!] : Laporan Keuangan YLSA Bulan Januari 2016
Editorial

Berita YLSA 114/Januari-Februari 2016

Salam sejahtera dalam Tuhan Yesus Kristus,

Kami sangat bersyukur karena Tuhan telah menolong semua tim pelayanan YLSA untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan formasi pelayanan YLSA pada tahun 2016. Semoga kami semakin pintar menemukan cara-cara terbaik untuk melayani masyarakat Kristen Indonesia sehingga nama Tuhan Yesus Kristus makin dikenal di seluruh bumi Nusantara. Tuhan kita adalah Tuhan yang hidup dan dinamis. Karena itu, sebagai orang Kristen, kita seharusnya terpacu untuk terus kreatif dalam menjalankan pelayanan-Nya. Apakah hal ini membuat kami kerepotan? Ya, tentu, tetapi kami melakukannya dengan penuh sukacita karena tahu bahwa Dia menyertai dan memimpin kami. Terpujilah Dia yang Empunya ladang pelayanan YLSA.

Berita dan Pokok Doa
Berita dan Pokok Doa
  1. Rapat Laporan Kerja YLSA Tahun 2015

    image: Laporan 2015
  2. Pada tanggal 29 Januari 2016, seluruh staf YLSA mengikuti rapat laporan pelayanan YLSA tahun 2015. Bersyukur kepada Tuhan atas campur tangan-Nya yang luar biasa sehingga pelayanan YLSA dapat berjalan baik dan penuh berkat. Doakan agar Tuhan terus memimpin pelayanan YLSA pada tahun 2016. Laporan selengkapnya bisa dilihat di kolom Mengenal YLSA.
  3. Pelayanan YLSA dalam Youth Mission Conference di Semarang

    image: Booth SABDA dalam YMC Semarang
  4. Puji syukur kepada Tuhan Yesus karena pada tanggal 25 -- 27 Januari 2016, SABDA bisa berpartisipasi dalam acara Youth Mission Conference di Semarang. Pada acara tersebut, SABDA membuka booth yang menyediakan Alkitab dan bahan-bahan studi Alkitab digital yang bisa diakses melalui gadget para peserta. Selain itu, SABDA juga menyediakan berbagai bahan yang dapat digunakan untuk memperlengkapi para peserta YMC untuk pelayanan penginjilan. Panitia juga memberi kesempatan kepada SABDA untuk membagikan materi tentang "Misi dan Teknologi". Berdoalah kepada Tuhan Yesus agar setiap bahan dan presentasi yang dibagikan dapat dipakai Tuhan untuk menggerakkan anak-anak muda melaksanakan Amanat Agung Tuhan di era teknologi ini. Laporan selengkapnya dapat dilihat dalam Blog SABDA.
  5. Tim ITS Mengerjakan Proses Upgrade Situs-Situs YLSA ke Drupal 8

    image: Drupal 8
  6. Pada November 2015, Drupal telah merilis Drupal 8. Sehubungan dengan itu, sebagian besar situs YLSA yang dibangun menggunakan teknologi Drupal harus segera di-upgrade (dimutakhirkan). Selain karena beberapa fitur dalam Drupal sebelumnya tidak akan didukung lagi, ke depannya, Drupal 8 menjawab kebutuhan perkembangan teknologi yang akan datang, khususnya teknologi mobile. Saat ini, tim ITS sedang melakukan riset dan uji coba untuk meng-upgrade semua situs YLSA yang menggunakan Drupal 6 maupun 7. Doakan agar proses ini berjalan dengan baik dengan pertolongan dari Tuhan.
  7. Staf YLSA Mengikuti Training Kepemimpinan "Winning With People"

    image: Peserta seminar
  8. Sebanyak 4 orang staf dan 4 staf magang SABDA telah mengikuti training kepemimpinan "Winning With People" dari modul John C. Maxwell, yang diselenggarakan oleh EQUIP dan TOTAL pada tanggal 30 -- 31 Januari 2016. Kedelapan staf yang mengikuti kegiatan ini sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan karena bisa menambah wawasan baru dalam bidang kepemimpinan. Diharapkan apa yang sudah dipelajari dapat diterapkan untuk mewujudkan visi Allah dalam hidup pribadi masing-masing. Laporan selengkapnya bisa dilihat dalam blog SABDA.
  9. YLSA Mempersiapkan Ruangan Multimedia

    image: Ruang Multimedia
  10. Sudah cukup lama tim Multimedia YLSA membutuhkan sebuah studio rekaman sederhana untuk menolong tim-tim pelayanan YLSA mengembangkan pelayanan dalam berbagai format media, khususnya format audio. Selain untuk membuat rekaman Alkitab Yang Terbuka (AYT), YLSA juga sedang merekam bahan-bahan renungan, artikel, dll.. Puji Tuhan, pada Februari ini, sebuah ruangan di Griya SABDA mulai disiapkan untuk kebutuhan tersebut. Mohon dukungan doa dari Sahabat YLSA agar Tuhan menolong tim Multimedia belajar menghasilkan rekaman audio yang berkualitas untuk memajukan pelayanan di dunia digital.
  11. Tim Penjangkauan Membuka Diskusi Online Konseling di Facebook!

  12. Diskusi online di Facebook Grup Konseling adalah salah satu fokus pelayanan tim Penjangkauan pada Februari ini. Dengan target peserta 20 orang, kami berharap diskusi online konseling ini mendorong para peserta untuk belajar lebih dalam tentang konseling yang alkitabiah. Diskusi akan dilakukan pada tanggal 15 -- 26 Februari 2016, dan artikel berjudul Kemerdekaan Kasih akan menjadi bahan diskusi kali ini. Dukunglah dalam doa supaya persiapan dan pelaksanaan diskusi online ini bisa dilakukan dengan lancar dan membawa berkat bagi para peserta.
Mengenal YLSA
Serunya Rapat Laporan Kerja YLSA Tahun 2015!
Ditulis oleh: Santi Titik Lestari

Tahun 2016 adalah tahun yang istimewa! Ada beberapa alasan mengapa saya mengatakan demikian. Selama saya ikut melayani di YLSA, baru kali ini saya ikut terlibat langsung dalam menggumulkan, merasakan, mendoakan, dan menyaksikan detik-detik perubahan struktur pelayanan YLSA. Jika dulu pelayanan YLSA berbasis keahlian, sekarang berbasis bidang pelayanan. Saya percaya semua staf YLSA sangat bersyukur menjadi bagian dalam sejarah perkembangan YLSA. Selain itu, baru tahun ini juga ada Raker (Rapat Kerja) khusus untuk laporan tahunan. Tahun-tahun sebelumnya, Raker YLSA selalu menyajikan dua poin penting, yaitu laporan tahunan dan rencana kerja tahun depan. Akan tetapi, tahun 2016 ini beda. Rapat kerja untuk program pelayanan tahun 2016 sudah dilakukan pada 10 -- 11 Desember 2015. Pada tanggal 29 Januari 2016, kami mengadakan rapat untuk membahas laporan pelayanan YLSA 2015 dari setiap tim pelayanan dan divisi. Apa saja sih yang kami lakukan selama Raker Laporan Tahunan? Penasaran? Seru deh pokoknya!

Lagu "Anugerah Terbesar" menjadi pujian pembuka, disusul dengan doa pembukaan yang dipimpin oleh Bara Okta, salah satu staf magang YLSA. Selanjutnya, kami belajar dari sebuah perenungan mengenai gereja. Sebagai mempelai Kristus, yang dalam konteks sekarang bisa disebut wife, apakah saat ini gereja sudah menjalankan perannya dengan benar. WIFE merupakan akronim dari Worship, Instruction, Fellowship, dan Evangelism. Nah, bagaimana kita tahu bahwa gereja sudah menjalankan perannya? Ini nih tandanya: ada WIFE juga -- Wonder, Incarnation, Faith, dan Expansion. Menarik 'kan renungannya? Sebelum lanjut ke sesi presentasi laporan tahunan per tim dan divisi, kami sarapan dulu bersama-sama. Hmmm ... enak. :)

image: Rapat Laporan

Tim Pendidikan Kristen tampil perdana dalam presentasi laporan tahunan 2015. Setelah itu, disusul Tim Pembinaan, Tim Penjangkauan, Tim AYT, Tim App-Tek, Divisi Multimedia, Div. ITS, Tim PESTA, Keuangan, dan HRD. Meski banyak sekali laporannya, saya pribadi tidak bosan mendengarnya. Saya menikmati sesi demi sesi, dan melihat betapa kaya dan kreatifnya Tuhan sampai ada bermacam-macam proyek dan pelayanan yang membuat YLSA semakin berkembang. Saya percaya bahwa tujuannya bukan supaya YLSA terkenal, tetapi supaya firman Tuhan semakin bisa diakses oleh banyak orang di mana pun mereka berada dan dengan fasilitas elektronik apa pun yang mereka punya. Kiranya tahun 2016 ini, YLSA semakin dipercaya dan diperlengkapi oleh Tuhan untuk memajukan pelayanan-Nya.

Meski terbilang rapat, rapat kerja YLSA bukan rapat bertipe monoton, tegang, datar, dan bikin ngantuk. Raker YLSA justru bikin deg-degan, memacu adrenalin, penuh konsentrasi yang "sehat" (tidak tegang), penuh kreativitas, dan antusias. Setiap sesi selalu dipimpin oleh MC yang berbeda, dan setiap staf harus bertanya ketika presentasi usai.

image: TED Rapat Laporan

Setelah acara laporan selesai, disambung dengan acara yang tidak kalah menarik yaitu SABDA TED (presentasi satu topik/tema kecil, yang singkat dan padat selama 12 menit). Selain para koordinator yang jadi presentator, beberapa staf juga menjadi presentator TED. Kami menimba banyak ilmu melalui TED-TED yang disajikan, mulai dari membuat Animasi 3D, Internet of Things (IOT), Komunikasi, dan Penginjilan Anak. Seru pokoknya!

Sesi terakhir diisi dengan kesan pesan dari Pemimpin YLSA, Ibu Yulia, yang intinya ucapan syukur kepada Tuhan Yesus atas semua hal yang boleh dipercayakan dan dikerjakan YLSA selama tahun 2015 dan atas pemeliharaan-Nya untuk kita semua. Kiranya semua hasil kerja selama tahun 2015 menjadi dupa yang harum bagi Tuhan dan memberkati masyarakat Kristen di seluruh Indonesia. Terakhir, pokok doa kita bersama adalah agar masyarakat Kristen Indonesia bisa menggunakan teknologi bagi kemuliaan nama Tuhan. Praise to the Lord!

Suara Sahabat YLSA
Traktat TYM di Tangan Anak-Anak Papua

Saya, Ev. Nicodemus Kaborang, S.Mis., melayani anak-anak, remaja, dan pemuda di Papua. Awalnya, saya mengirim pesan ke YLSA melalui Facebook untuk meminta bahan traktat untuk misi. Ternyata, YLSA memiliki dua jenis traktat,"Hatiku Rumah Kristus" dan "Tuhan Yesus Menyelamatkanmu". Setelah percakapan demi percakapan terjadi, akhirnya saya memilih dan diperbolehkan untuk mendapatkan traktat "Tuhan Yesus Menyelamatkanmu" sejumlah yang kami butuhkan. Puji Tuhan.

Saya dan rekan-rekan sepelayanan membagikan traktat ini ke anak-anak sekolah, remaja, dan pemuda supaya mereka mengerti kebenaran firman Tuhan. Inilah kerinduan saya. Selain itu, saya juga dapat memakainya sebagai referensi dalam berkhotbah dan pelayanan misi. Saya melayani sebagai Majelis perwakilan Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia Batu di Papua, yang merupakan buah pelayanan Bapak Petrus Oktavianus. Kantor pusat pelayanan ini di Batu Malang, dan di Papua merupakan kantor perwakilan dari kantor pusat.

image: TYM untuk Anak-Anak di Papua

Saya memiliki kerinduan dan doa untuk anak-anak Indonesia. Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa, terkhusus gereja, dan lingkungan keluarga. Kami sangat merindukan anak-anak bisa memengaruhi keluarga dan gereja. Oh ya, tanggal 31 Januari 2016, saya sudah menerima kiriman traktat TYM dari YLSA. Saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus dan berdoa bagi pelayanan YLSA supaya senantiasa diberkati Tuhan. Beberapa hal yang saya lakukan dengan traktat TYM yang saya terima dari YLSA:

  1. Membagikan traktat kepada anak-anak dan mereka kelihatan sangat senang sekali menerimanya.
  2. Memberikan anjuran supaya traktatnya dipakai dengan baik.
  3. Memberikan penjelasan supaya traktat dibaca ketika sampai di rumah saja supaya bisa fokus.

Anak-anak yang tidak bisa membaca juga saya beri traktat. Sebelum saya membagikannya kepada anak-anak itu, saya menjelaskan isi traktat tersebut. Saya juga berpesan supaya ketika sampai di rumah, traktat tersebut diberikan kepada ayah atau ibu supaya mereka membacakan untuk anak mereka.

Sekarang ini, pelayanan anak di Papua hanya berupa kegiatan ibadah bersama di tempat-tempat yang berbeda. Pelayanan ini kami lakukan seminggu empat kali. Dengan adanya traktat TYM, anak-anak juga bisa mengerti dan bisa memahami mengenai keselamatan, sebab banyak anak-anak masih ragu akan keselamatan mereka. Sebenarnya, yang menjadi fokus utama pelayanan di Papua adalah anak-anak, remaja, dan pemuda karena di Papua tingkat kejahatan begitu tinggi dan tingkat pelaku free sex dan narkoba juga tinggi. Itulah yang menjadi pergumulan kami bersama. Dukung dalam doa untuk pelayanan kami di Papua supaya saya bisa melakukan follow up terhadap anak-anak yang sudah menerima traktat. Saya berharap ada kesaksian iman di tengah-tengah mereka. Saya juga berdoa agar pelayanan YLSA terus maju di dalam Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

Blog SABDA
Januari -- Februari 2016

Blog SABDA adalah situs yang memuat tulisan mengenai pelayanan, peristiwa, dan informasi dari balik layar Yayasan Lembaga SABDA. Berikut ini beberapa blog yang ditulis pada Januari -- Februari 2016.

  1. Bermisi dengan Teknologi dalam YMC Semarang
  2. Serunya Rapat Laporan Kerja YLSA Tahun 2015!
  3. Berkat di Balik Layar AYT: Catatan Editor
  4. Seminar Kepemimpinan: Winning with People
  5. Traktat TYM di Tangan Anak-Anak Papua
  6. IT Ministry Membuat Hidup Saya Berarti
  7. "Masa Aktifku" di Dunia Semakin Berkurang, Euy!
Laporan Keuangan
Januari 2016
Total Sumbangan Januari 2016: Rp 38.458.133,-
Total Pengeluaran Januari 2016: Rp 62.025.035,-

Puji Tuhan, para Sahabat YLSA telah menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menyalurkan dana yang YLSA butuhkan. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan. Berkat Tuhan menyertai kita semua.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

a.n. Yulia Oeniyati/ Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo

No. Rekening: 0790266579

Comments