Berita YLSA - Januari 2012

Daftar Berita
[Dari YLSA!]
[Blog YLSA!] :1. Raker YLSA 2012 "Melangkah dengan Iman" (Oleh: Gunung)
 : 2. Training Menulis Cepat di YLSA (Oleh: Novi)
 : 3. Nonton CSI di YLSA (Oleh: Yulia)
[MENGENAL YLSA] :MELANGKAH DENGAN IMAN
[Berita dan Doa YLSA!] :1. Raker YLSA 2012
 : 2. SABDA Library System (Perpustakaan Elektronik SABDA)
 : 3. Proyek Penyuntingan Naskah Alkitab Mudah Dibaca (AMD)
 : 4. Standarisasi Proses Kerja, Inventory Proyek, Sentralisasi Data
 : 5. Diskusi Buku Ketiga di Klub e-Buku SABDA
 : 6. Divisi Multimedia!
 : 7. Pembukaan Kelas-Kelas Diskusi PESTA 2012
 : 8. Kebutuhan Staf Baru
[Surat untuk YLSA!]
[Laporan YLSA!] :Laporan Desember 2011
[Stop Press YLSA!] PENDAFTARAN KELAS DISKUSI PESTA PASKAH 2012

Editorial

Senang bertemu kembali dengan para Sahabat dan Pendukung YLSA. Kiranya tahun baru ini memberi kesempatan baru dan semangat baru untuk melayani Tuhan.

Silakan simak berita perkembangan pelayanan YLSA sampai bulan Januari ini. Semoga pelayanan kita bersama terus menjadi berkat bagi banyak orang dan menyenangkan hati Tuhan kita, Yesus Kristus.

In Christ, Yulia Oeniyati Pimpinan YLSA http://blog.sabda.org >


Berita dan Pokok Doa
  1. Raker YLSA 2012

    Raker YLSA telah terselenggara pada 9 - 10 Januari 2012 lalu. Semua evaluasi pelayanan 2011 telah dibahas dan rencana kerja 2012 telah disusun.

    Pokok doa:

    Bersyukur kepada Tuhan atas penyertaan-Nya atas YLSA. Kiranya Tuhan terus memberikan kekuatan kepada semua staf, sehingga pelayanan tahun 2012 berjalan sesuai dengan rencana. To God be the glory!

  2. SABDA Library System (Perpustakaan Elektronik SABDA)

    Divisi ITS akan mengerjakan proyek SABDA Library System, dengan membuat prototype-nya terlebih dahulu supaya nantinya bisa dimanfaatkan oleh STT dan Gereja. Banyak hal harus dipersiapkan khususnya pengumpulan data-data yang terdiri dari berbagai format (teks, gambar, audio, video, dll.). Juga, penyediaan infrastruktur yang dibutuhkan, seperti satu set sistem komputer (nCOM), dll..

    Pokok doa:

    Berdoa untuk hikmat bijaksana dari Tuhan, sehingga semua pemikiran penting dapat tersusun dan terintegrasi dengan baik. Doakan juga agar Tuhan berkenan untuk memakai SABDA Library System ini untuk memajukan jemaat Tuhan menjadi jemaat yang berpengetahuan dan berhikmat.

  3. Proyek Penyuntingan Naskah Alkitab Mudah Dibaca (AMD)

    Sejak tahun lalu, YLSA telah terlibat dengan proyek penyuntingan naskah Alkitab Mudah Dibaca (AMD), sekarang sudah memasuki tahap kedua. Doakan untuk tim editor, agar Tuhan mengurapi mereka dengan pengetahuan Alkitab dan bahasa yang cukup, sehingga menghasilkan koreksi Alkitab yang tepat.

    Pokok doa:

    Kiranya Tuhan menyertai setiap langkah dan proses penyuntingan Alkitab Mudah Dibaca, sehingga masyarakat Indonesia bisa mendapatkan sebuah versi Alkitab yang baik dan mudah dimengerti.

  4. Standarisasi Proses Kerja, Inventory Proyek, Sentralisasi Data

    Divisi ITS sedang bergumul dengan standarisasi proses kerja, inventory proyek-proyek yang ada, dan sentralisasi data. Hal ini dilakukan untuk mengefektifkan kinerja divisi ITS, khususnya dalam mengelola banyaknya data yang dihasilkan dari proyek-proyek yang dikerjakan.

    Pokok doa:

    Doakan agar Tuhan memberikan kekuatan kepada tim ITS untuk tekun mengerjakan standarisasi proses kerja, inventory proyek-proyek yang ada, dan sentralisasi data. Biarlah hasilnya nanti dapat menolong efektivitas kinerja divisi ITS.

  5. Diskusi Buku Ketiga di Klub e-Buku SABDA

    Awal tahun 2012, Div. Komunitas kembali membuka kelas diskusi buku ketiga di Klub e-Buku SABDA. Dimulai 16 Januari 2012, dengan 28 orang peserta, diskusi buku "Melangkah dengan Iman" karya Luis Palau dimulai. Diharapkan melalui diskusi ini, setiap peserta mendapat berkat rohani yang berlimpah.

    Pokok doa:

    Doakan untuk 28 peserta yang terlibat dalam diskusi Klub e-Buku SABDA. Kiranya melalui membahas buku "Melangkah dengan Iman", setiap peserta dibimbing Tuhan untuk hidup dalam iman kepada Kristus.

  6. Divisi Multimedia!

    Bersyukur kepada Tuhan karena efektif 2012, YLSA memunyai divisi baru, yaitu Divisi Multimedia. Sebelumnya, YLSA sebenarnya sudah terlibat banyak dalam pelayanan multimedia, karena sampai 2011, telah banyak bahan-bahan dalam format audio dan video yang dihasilkan. Namun penanganannya kurang maksimal, karena itu supaya bisa lebih berkembang lagi maka sekarang ditunjuk staf khusus untuk menangani semua pelayanan yang berhubungan dengan audio, video, dan yang sejenis.

    Pokok doa:

    Bersyukur untuk Sdri. Lusia yang telah Tuhan panggil untuk melayani di Divisi Multimedia. Doakan agar divisi ini semakin berkembang dan dipakai Tuhan untuk melebarkan Kerajaan-Nya.

  7. Pembukaan Kelas-Kelas Diskusi PESTA 2012

    Tim PESTA akan membuka 12 kelas diskusi PESTA selama tahun 2012. Selain kelas dasar akan dibuka juga kelas-kelas lanjutan. Saat ini divisi PESTA membutuhkan satu tenaga tambahan agar pelayanan bisa lebih luas lagi.

    Pokok doa:

    Bersyukur untuk pelayanan divisi PESTA, yang tahun ini bisa membuka 12 kelas diskusi. Kiranya Tuhan memakai setiap kelas untuk mendewasakan peserta untuk semakin bertumbuh dalam pengenalan mereka akan firman Tuhan. Berdoa juga untuk kebutuhan staf baru di divisi PESTA.

  8. Kebutuhan Staf Baru

    Salah satu kerinduan YLSA di tahun 2012 adalah mendapat tambahan 15 staf baru yang berkompeten sebagai programmer, web developer, editor bahasa, penerjemah, humas, moderator diskusi, auditor, dan sekretaris. Penambahan staf ini diharapkan dapat menolong pelayanan YLSA agar lebih optimal lagi.

    pokok doa:

    Berdoa agar Tuhan mengirim pekerja-pekerja baru yang mengasihi Tuhan dan kompeten dalam bidangnya. Biarlah Tuhan sendiri yang menuntun mereka untuk melayani di YLSA.


Suara Sahabat YLSA
SURAT UNTUK YLSA
  1. Bartolomeus Emmanuel, OFS

    Puji Tuhan, bahwa http://www.sabda.org/ sudah banyak membantu umat, apalagi sekarang ada versi terbaru yang makin lengkap. Dan softwarenya bisa dipakai dalam pelayanan-pelayanan yang umatnya masih minim Alkitab

    Redaksi: Puji Tuhan. Sebarkan informasi tentang SABDA ke lebih banyak teman agar mereka pun mendapat berkat dari pelayanan YLSA.

  2. Fathir

    Saya mendapati website Pelitaku dari mesin pencari google setelah mencari referensi tentang tata cara menulis. Wow isinya luar biasa bermanfaat, saya beberapa hari menyelami tiap-tiap pagenya berisi artikel dan tulisan luar biasa tentang menulis. Jadi dengan ini saya mengucapkan terima kasih keberadaan website ini.

    Redaksi: Kami sangat bersyukur Anda mendapat berkat dari situs Pelitaku. Kiranya Anda semakin diperlengkapi untuk dapat menulis lebih baik dan menulis untuk Tuhan!

  3. Lydia kumolontang

    Terima kasih untuk bahan-bahan pelajaran, kesaksian, dan semua info. Semoga terus memberkati. Gbu

    Redaksi: Amin. Mari kita semakin giat belajar dan bekerja bagi Tuhan

Blog SABDA
  1. Judul Blog: Raker YLSA 2012 "Melangkah dengan Iman" (Oleh: Gunung)

    Pada tanggal 9 — 10 Januari 2012, semua staf YLSA mengikuti Rapat Kerja 2012. Sebelumnya, sepanjang bulan November dan Desember 2011, sudah ada banyak rapat, training, dan terutama doa yang dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan Raker ini. Semua koordinator divisi sibuk menyiapkan laporan dan penyusunan rencana kegiatan tahun 2012. Divisi HRD, Admin, Publikasi, ITS, Komunitas, Web, PESTA, dan divisi yang terbaru di YLSA, yaitu divisi Multimedia "berusaha keras" mempersiapkan laporan dan rencana dengan sebaik-baiknya untuk dipresentasikan di Raker. Supaya kelihatan lebih cantik, banyak laporan yang disiapkan dengan PowerPoint. ...

    Baca selengkapnya tulisan Gunung: http://blog.sabda.org/2012/01/13/raker-ylsa-2012-melangkah-dengan-iman/

  2. Judul Blog: Training Menulis Cepat di YLSA (Oleh: Novi)

    Tidak seperti training-training kepenulisan yang biasa dilaksanakan oleh Divisi Publikasi setiap hari Kamis, training kepenulisan kali ini berbeda dari biasanya. Mengapa? Begini ceritanya. ...

    Baca selengkapnya tulisan Novi: http://blog.sabda.org/2012/01/24/training-menulis-cepat-di-ylsa/

  3. Judul Blog: Nonton CSI di YLSA (Oleh: Yulia)

    Training hari ini, Jumat, 27 Januari 2012 adalah nonton film seri "Crime Scene Investigation (CSI)", Last Vegas Season 1, dengan episode yang dipilih adalah "Gentle, gentle". ...

    Baca selengkapnya tulisan Yulia: http://blog.sabda.org/2012/01/27/nonton-csi-di-ylsa/


MENGENAL YLSA: MELANGKAH DENGAN IMAN

Penulis: Santi Titik L.

Mengawali tahun 2012 ini, YLSA mengadakan Raker (rapat kerja) tahunan yang diselenggarakan pada tanggal 9 - 10 Januari 2012, bertempat di aula kantor YLSA, dengan tema "Melangkah dengan Iman". Tema ini dipilih sebagai komitmen YLSA akan keyakinan bahwa Tuhan sudah menyediakan banyak pelayanan untuk dikerjakan YLSA tahun 2012 dan tugas kami adalah percaya bahwa Tuhan akan menyertai dan menolong. Sebagaimana Tuhan telah menyertai YLSA di tahun-tahun yang lalu, tahun ini pun anugerah dan kebaikan Tuhan tidak berubah. Untuk itu, ada banyak alasan untuk YLSA bersyukur dan mengagumi kebesaran Tuhan.

Raker kali ini diikuti oleh 21 orang staf YLSA dan seorang tamu YLSA selama 2 hari berturut-turut. Kali ini, karena waktu yang sangat singkat maka seluruh waktu dipakai hanya untuk raker, tidak ada training seperti tahun-tahun yang sebelumnya. Acara diisi dengan 3 sesi penting, yang dipresentasikan oleh masing-masing Koordinator Divisi:

  1. Evaluasi pelayanan YLSA tahun 2011
  2. Rencana kerja pelayanan YLSA 2012
  3. Mimpi YLSA.

Berikut beberapa rencana masing-masing divisi, di antaranya:

  1. Divisi ITS
    1. Menata sistem manajemen proyek-proyek "biblical computing".
    2. Update dan upgrade situs Alkitab SABDA, SABDAweb dan Sejarah Alkitab.
    3. Membuat bermacam aplikasi-aplikasi Alkitab.
    4. Membuat DVD dan USB bahan-bahan pelayanan SABDA untuk bidang-bidang pelayanan khusus, misalnya konseling, misi, penulis, dll..
    5. Membuat prototype perpustakaan digital.
    6. Masih banyak proyek-proyek lain.
    Subdivisi ITS:

    • Text Processing
      Menambah/memproses bahan-bahan Alkitab (kuno dan AMD) dan non-Alkitab (catatan, tafsiran, sistem topik, publikasi, buku-buku, dll..).
    • Infrastruktur

      Pembenahan dan penambahan infrastruktur, seperti pemindahan server, perbaikan sistem backup data internal maupun eksternal, penambahan mesin komputer, dll..
  2. Divisi Publikasi
    1. Menerbitkan edisi-edisi dari 22 publikasi YLSA, termasuk menghidupkan kembali publikasi e-Reformed dan m-Biblika yang sempat tidak terbit pada tahun 2011.
    2. Menerbitkan publikasi baru (publikasi untuk pemuda-remaja).
    3. Membuat strategi baru untuk menambah jumlah pelanggan publikasi.
    4. Meningkatkan relasi dengan para mitra dan menambah mitra baru.
    5. Bekerja sama dengan tim WEB/ITS untuk mengembangkan situs-situs publikasi, melengkapi situs-situs mini (.co), dan merancang situs arsip publikasi baru.
    6. Menjajaki penerbitan publikasi format HTML.
  3. Divisi WEB
    1. Pembenahan situs-situs YLSA yang ada, baik data maupun infrastrukturnya.
    2. Pelatihan-pelatihan teknis untuk tim WEB yang baru.
    3. Memperbarui proses mirror/backup data.
    4. d. Membuat strategi pengembangan situs-situs YLSA.
  4. Divisi Komunitas
    1. Pengembangan pelayanan Facebook dan Twitter YLSA dengan fitur-fitur baru.
    2. Strategi untuk menyebarkan/promosi produk YLSA lewat Divisi Komunitas.
    3. Mengembangkan relasi dengan anggota yang telah bergabung di komunitas online YLSA.
    4. Bermitra dengan komunitas-komunitas online Kristen yang lain.
    5. Menjajaki pelayanan sosial network selain dengan Facebook dan Twitter.
  5. Divisi PESTA
    1. Pembukaan 12 kelas diskusi online (3 Kelas Dasar, 7 Kelas Lanjutan, 2 Kelas Umum).
    2. Membuat modul PESTA baru.
    3. Pengembangan staf PESTA dan moderator.
    4. Meng-update dan meng-upgrade situs PESTA dan komunitas online PESTA.
  6. Divisi Multimedia
    1. Strategi penyebaran CD Alkitab Audio, DVD sumber bahan kekristenan dan flashdisk SABDA ke wilayah yang lebih luas.
    2. Memproses bahan Audio Video baru, misalnya cerita Alkitab, cerita Paskah, Natal dan penginjilan, khotbah atau seminar-seminar Kristen.
    3. Menambah bahan-bahan Alkitab Audio dalam berbagai bahasa suku.
  7. Divisi HRD dan Keuangan
    HRD
    1. Menginformasikan lowongan dan merekrut staf baru sebanyak 15 orang.
    2. Menyusun program training internal dan eksternal kantor untuk mengembangkan kemampuan semua staf YLSA.
    3. Mengupayakan program kesejahteraan staf YLSA, baik secara jasmani maupun rohani.
    4. Melakukan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.
    Keuangan
    1. Menambah donatur dan mengembangkan relasi dengan donatur-donatur YLSA yang sudah ada.
    2. Membenahi sistem keuangan dan pelaporan yang lebih baik.
    3. Pengembangan kemampuan staf keuangan (training).
    4. Membuat sistem yang dapat memudahkan para pengguna produk pelayanan YLSA menjadi donatur.

Melalui laporan evaluasi maupun rencana kerja, YLSA sangat bersyukur karena Tuhan memberi kesempatan dan kepercayaan yang semakin besar di tahun 2012 untuk ikut memajukan pelayanan Tuhan di Indonesia.

Acara Raker diakhiri dengan membuat "mimpi YLSA". Acara membuat "mimpi YLSA" telah menjadi salah satu tradisi pada setiap Raker. Mimpi YLSA bukanlah sekadar angan-angan muluk yang kosong, tapi target konkret yang ingin kami persembahkan kepada Tuhan sebagai wujud keyakinan akan penyertaan Tuhan bagi pelayanan YLSA.

Rangkaian acara raker selama dua hari ini diakhiri dengan doa ucapan syukur dari masing-masing koordinator, terutama untuk setiap hal yang sudah Tuhan kerjakan di divisi masing-masing, sebagai bagian dari keseluruhan pelayanan YLSA. Kiranya Tuhan memberkati semangat, antusiasme, dan harapan kami bagi kemajuan pelayanan Tuhan di YLSA. Amin.


Laporan Keuangan
Berikut kami sampaikan laporan keuangan YLSA bulan Desember 2011.

1. Laporan Desember 2011

A. Sumbangan
Budiharto Sanusi Rp 100,001,00 01/12/11
Natalia Jonaswar Rp 500,000,00 01/12/11
Chandra Wdijaja Rp 1,000,000,00 01/12/11
Poedjo Soetrisno Rp 1,000,000,00 01/12/11
Lukas Haridjaja Rp 2,500,000,00 01/12/11
Bambang Rp 50,000,00 02/12/11
Sisa Seminar Yohan Candawasa Rp 2,435,000,00 02/12/11
Petra Yerithian Rp 300,000,00 02/12/11
Vonne Kirana Rp 300,000,00 02/12/11
NN (Jakarta) Rp 4,000,000,00 05/12/11
TELAGA Rp 500,000,00 06/12/11
Flashdisk Solo Cyberday (4 USB)Rp 344,000,00 06/12/11
Harjanto Rp 100,000,00 07/12/11
Flashdisk Staf (9 USB) Rp 715,000,00 08/12/11
Vena Kristiyanti Rp 100,000,00 12/12/11
Flashdisk S3 STTBH (4 USB) Rp 324,000,00 12/12/11
Junius Suhadi Rp50,000,000,00 15/12/11
NN Rp 1,000,000,00 15/12/11
Tjetjep Amrani Sabdareader Rp 300,000,00 15/12/11
Seminar Joseph TongRp 1,900,000,00 16/12/11
Yoki Wijaya Rp 500,000,00 20/12/11
Rizal Rp 100,000,00 20/12/11
Yayasan Gloria Rp 1,000,000,00 21/12/11
Song Peng Rp 3,446,070,00 22/12/11
Bunga Bank Rp 30,155,00
Sumbangan lain-lain Rp 283,100,00
 
Total Sumbangan Rp72,827,326,00
PENGELUARAN
Beban Admin Rp 327,300,00
Kas Kecil Rp 50,000,00
Telp, listrik, dll Rp 2,223,400,00
Beban Perpustakaan Rp 470,400,00
CD Rp 3,750,000,00
Kirim pos, paket, dllRp 49,000,00
Admin Bank Rp 16,031,00
Kepegawaian Rp50,657,500,00
Solo Cyberday Rp 442,000,00
Konsumsi Staf Rp 1,267,800,00
Pajak motor Rp 108,000,00
Kartu nama & stiker Rp 606,900,00
 
Total Pengeluaran Rp59,968,331,00

Ucapan Terima Kasih

Puji Tuhan atas kebaikan-Nya memelihara umat kepunyaan-Nya. Kiranya pemeliharaan Tuhan atas YLSA melalui para Sahabat dan Pendukung YLSA terus nyata, sehingga membawa kemuliaan bagi nama-Nya.

Bagi pembaca lain yang tergerak untuk terlibat dalam pelayanan YLSA dengan memberikan sumbangan dana, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA a.n. Yulia Oeniyati Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo No. Rekening: 0790266579

Stop Press

PENDAFTARAN KELAS DISKUSI PESTA PASKAH 2012

Apakah Anda ingin merayakan Paskah dengan lebih bermakna? Menjelang peringatan perayaan Paskah 2012, Yayasan Lembaga SABDA melalui PESTA (Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam) membuka kelas diskusi khusus Paskah, yang akan mempelajari pokok-pokok penting tentang karya penebusan Kristus. Kami berharap melalui kelas diskusi ini peserta semakin memahami makna Paskah yang sejati, sehingga perayaan Paskah tidak hanya sekadar tradisi saja. Kelas ini terbuka untuk orang Kristen awam yang rindu belajar. Kelas diskusi akan dimulai pada 22 Februari 2012.

Segera daftarkan diri Anda sekarang juga dalam kelas diskusi PESTA Paskah 2012 dengan mengirimkan email ke:


Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi: Yulia, Santi, dan Elly
Untuk berlangganan: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Berhenti berlangganan: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Kirim bahan/pertanyaan: beritaylsa(at)sabda.org
Arsip Berita YLSA: http://www.sabda.org/publikasi/berita_ylsa/
Blog SABDA: http://blog.sabda.org/
In-Christ.Net: http://www.in-christ.net/
Facebook YLSA: http://fb.sabda.org/ylsa

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA Didistribusikan melalui sistem network I-KAN Copyright(c) Berita YLSA 2011 YLSA -- http://www.ylsa.org/ Situs Katalog -- http://katalog.sabda.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati


Comments