Berita YLSA - Januari 2008

Daftar Berita
[Editorial!]
[Latest News] : 1. Peluncuran Situs Indonesian Christian Networks
 : 2. Penambahan Halaman Kesaksian di Situs SABDA.net
 : 3. Situs YLSA dalam Wajah Baru
[Gratis!]: Gratis Berlangganan Publikasi-Publikasi Elektronik YLSA
[Prayer Request!] :
[Inside YLSA!] : YLSA Berulang Tahun
[Appreciation!] : Staf Baru YLSA
[Financial Report]: Laporan Aktivitas Keuangan YLSA Desember 2007

Editorial

Para Sahabat YLSA yang terkasih dalam Kristus,

Pertama-tama, kami ingin mengucapkan "SELAMAT TAHUN BARU 2008" kepada semua Sahabat YLSA. Doa kami, biarlah tahun 2008 ini menjadi tahun di mana kita semua dapat semakin bertumbuh dalam Tuhan dan memuliakan nama-Nya. Amin!

Sajian Berita YLSA pada awal tahun 2008 ini adalah berita gembira atas peluncuran situs komunitas Kristen "In-Christ.Net", juga peningkatan situs YLSA dan penambahan halaman kesaksian di situs SABDA.net. Simak juga kolom Inside YLSA yang akan memberikan berita sekilas tentang ulang tahun YLSA 2007. Atas semua keberhasilan-keberhasilan tersebut, kami mengajak pada Sahabat YLSA untuk mengucap syukur kepada Tuhan karena Dialah yang memberikan kesempatan kepada kami untuk terus berkarya bagi nama-Nya. Silakan simak sajian lainnya, dan jangan lupa untuk terus berdoa bagi pelayanan YLSA. Selain itu, kami juga mengharapkan masukan dan saran dari para Sahabat YLSA agar pelayanan YLSA bisa semakin maju dan menjadi berkat.

Terima kasih banyak untuk partisipasi para Sahabat YLSA. Tuhan memberkati Anda semua.

In Christ, Yulia Oeniyati < yulia(at)in-christ.net > Pimpinan YLSA


Berita dan Pokok Doa
  1. Ucapan Syukur

    • Mengucap syukur atas hadirnya situs In-Christ.Net. Doakan agar melalui situs ini, para komunitas Kristen dapat bertemu untuk saling berbagi visi dan misi serta bahan-bahan yang mereka miliki, sehingga mereka bisa saling memperlengkapi.

    • Puji Tuhan untuk penambahan fasilitas kesaksian di situs SABDA.net. Semoga ini dapat menjadi berkat bagi pengunjung. Bersyukur juga untuk peningkatan situs YLSA, kiranya situs ini menjadi sarana bagi pelayanan YLSA agar lebih dikenal lagi.

    • Melewati tahun demi tahun, Tuhan telah memberkati YLSA dengan luar biasa. Ini hanya karena anugerah-Nya, karena itu biarlah kemuliaan hanya bagi Tuhan saja.

  2. Rencana Kegiatan YLSA Februari 2008

    • Di akhir bulan Februari nanti, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) bekerjasama dengan YLI (Young Leaders Indonesia), akan mengadakan seminar "Seni Memimpin Diri" di Solo. Doakan bagi panitia dan pembicara agar dapat memersiapkan acara ini dengan sebaik mungkin. Melalui acara ini, semoga lebih banyak pemimpin diperlengkapi untuk dipakai Tuhan dalam membangun jemaatnya di Solo.

  3. Untuk Para Sahabat dan Pendukung YLSA

    • Pada perjumpaan pertama awal tahun 2008 ini, kami doakan Sahabat dan Pendukung YLSA semakin bersemangat di dalam setiap pekerjaan dan pelayanan yang dilakukan. Mari kita tapaki hari-hari di sepanjang tahun 2008 ini dengan keyakinan, bahwa Tuhan senantiasa menjaga dan menyertai kita.

    • Tidak lupa kami juga terus mengucap syukur atas jalinan kerja sama yang terjalin antara YLSA dengan para Sahabat dan Pendukung YLSA. Mari kita terus bekerja selagi hari masih siang.


Mengenal YLSA
YLSA BERULANG TAHUN

Judul yang diberikan di atas sebenarnya agak mengganjal, karena tidak ada yang ingat kapan tepatnya Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) berdiri. Karena itu, ulang tahunnya pun tidak pernah diperingati. Namun, 2004 menjadi tahun yang istimewa bagi YLSA karena tepatnya 1 Oktober 2004, akhirnya YLSA memiliki sebuah kantor yang memadai untuk kegiatan pelayanan YLSA. Ini merupakan hadiah istimewa karena berdirinya kantor YLSA adalah jawaban Tuhan atas doa yang telah kami panjatkan cukup lama. Rasa syukur yang sangat dalam atas pemberian Tuhan itu mendorong kami untuk mengadakan kebaktian ucapan syukur sebagai peresmian atas penggunaan kantor YLSA. Sejak saat itulah, kami bersepakat menetapkan 1 Oktober sebagai hari perayaan ulang tahun YLSA. Nah, begitulah riwayat lahirnya hari ulang tahun YLSA. (Mudah-mudahan penjelasan ini dapat menjawab ganjalan dari judul di atas.)

Itu berarti, pada 1 Oktober 2007 yang lalu -- maaf, kami sedikit terlambat memberitakan berita ini -- YLSA genap merayakan hari ulang tahunnya yang ketiga. Selama tiga tahun ini, berturut-turut dilakukan tradisi perayaan ulang tahun YLSA, yaitu mengadakan kerja bakti bersih-bersih kantor. Kegiatan yang cukup melelahkan karena kami harus membersihkan semua peralatan kantor dari A -- Z, dari langit-langit kantor sampai ke lantai. Puji Tuhan tenaga yang terkuras habis ini diimbali dengan hidangan makan siang yang sedikit istimewa dibanding hari-hari biasa. Seluruh staf YLSA dengan gembira menyantapnya dan bersyukur untuk semua berkat Tuhan yang ada.

Selain kerja bakti dan hidangan yang istimewa, peringatan ulang tahun YLSA ini juga dirayakan dengan mengadakan persekutuan bersama di sore hari setelah selesai membersihkan kantor. Persekutuan diawali dengan doa bersama yang berisi ucapan syukur atas semua berkat Tuhan dan pemeliharaan Tuhan untuk YLSA. Kasih setia Tuhan sungguh luar biasa ketika kami mendaftarkan kembali semua berkat-berkat Tuhan sepanjang tahun 2007. Secara khusus, kami mengucap syukur untuk semua staf yang telah Tuhan kirim untuk melayani di YLSA. Mereka adalah pelayan-pelayan Tuhan yang setia melayani dari belakang layar monitor untuk melayani jemaat Tuhan di seluruh dunia. Kami juga mengucap syukur untuk fasilitas yang sedikit demi sedikit Tuhan tambahkan guna memenuhi kebutuhan operasional YLSA yang terus meningkat. Kami juga bersyukur atas semua keberhasilan yang bisa kami capai sampai September 2007, di antaranya:

  • peluncuran situs-situs baru YLSA (situs Bio-Kristi, situs KEKAL, situs SABDA Space, persiapan situs In-Christ.Net),

  • pengembangan situs-situs YLSA (situs PELITAKU, situs i-Humor, situs PESTA Online, situs e-MISI, situs GUBUK Online, situs SOTERI, situs SABDA Space),

  • penerbitan publikasi baru (publikasi KISAH -- Kesaksian Cinta Kasih Allah),

  • peluncuran kursus baru di PESTA (Kursus Pengantar Perjanjian Lama/PPL),

  • pelaksanaan kelas-kelas PESTA (delapan kelas sepanjang tahun 2007),

  • pelaksanaan proyek Online Bible (OLB) yang sudah mulai dikerjakan dan masih dalam penyelesaian hingga sekarang,

  • pendistribusian CD SABDA melalui 71 distributor SABDA di berbagai tempat di Indonesia dan luar negeri,

  • empat CD Alkitab Audio (versi TB, versi BIS, versi Bahasa Jawa, versi Bahasa Sunda) yang berhasil diproduksi dan disebarkan ke berbagai kota di Indonesia dan luar negeri.

  • tiga CD sumber bahan (CD CCL, CD Software Alkitab bahasa Cina, CD Net Bible bahasa Inggris) yang diproduksi dan telah memberi banyak berkat bagi mereka yang menerimanya,

  • penambahan mitra-mitra pelayanan (YLI, LK3, ITM, dll.), dan

  • dan undangan untuk YLSA memperkenalkan diri ke beberapa yayasan/pelayanan Kristen (Jakarta dan Bandung).

Selain keberhasilan di atas, kami mencatat satu keberhasilan istimewa yang sangat mendorong semangat kami, yaitu bertambahnya jumlah donatur YLSA dan juga pendoa YLSA di tahun 2007. Ini sungguh membesarkan hati kami. Pada kesempatan ini perkenankan kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para Sahabat YLSA (maaf, kami tidak bisa menyebutkan nama Anda satu-persatu) yang telah mendukung YLSA, baik dalam dana maupun doa. Keterlibatan Anda semua sungguh menjadi penyejuk, seperti air oase di padang gurun. Kiranya Tuhan yang membalas semua kemurahan dan kasih Anda kepada pekerjaan Tuhan di YLSA.

Semua keberhasilan ini merupakan sukacita tersendiri bagi kami yang terlibat langsung dalam pelayanan YLSA karena kami bisa melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana Tuhan memakai pelayanan ini menjadi berkat bagi masyarakat Kristen Indonesia dan kemajuan bagi pelayanan di Indonesia. Semua ini hanya karena anugerah-Nya. Tanpa campur tangan Tuhan di dalamnya, tidak mungkin kami dapat melakukan semua ini.

Acara peringatan ulang tahun YLSA 2007 ini ditutup dengan kesempatan bagi semua staf untuk memberikan kesaksian, impian, harapan untuk YLSA pada tahun yang akan datang. Tanpa terkecuali, pimpinan YLSA, Ibu Yulia Oeniyati, juga memberikan impian dan harapannya untuk pelayanan YLSA ke depan. Beberapa harapan dan impian tersebut di antaranya adalah: YLSA memiliki sebuah training center; YLSA juga bisa mendukung lebih banyak organisasi pelayanan lain; YLSA bisa meluncurkan produk-produk pelayanan yang lebih banyak untuk memberkati lebih banyak; juga YLSA bisa memiliki staf yang handal lebih banyak lagi. Semoga harapan tersebut semakin memberi semangat di dalam kami melanjutkan perjalanan pelayanan YLSA pada tahun-tahun mendatang. Biarlah kemuliaan hanya bagi Allah semata.

To God be the glory! Oleh: Kristina Dwi Lestari (Staf Redaksi)


Blog SABDA
  1. Peluncuran Situs Indonesian Christian Networks

    Situs Kolaboratif Antarkomunitas dan Antarbidang Pelayanan Kristen Indonesia

    Pada November 2007 yang lalu, Yayasan Lembaga SABDA membangun sebuah situs komunitas baru yang diberi nama "Indonesian Christian Network of Networks" atau disingkat "In-Christ.Net". Situs ini diharapkan dapat menjadi penyedia infrastruktur bagi suatu wadah kolaborasi antarkomunitas dan antarbidang pelayanan Kristen di Indonesia. Silakan berkunjung ke situs In-Christ.Net di alamat:

    http://www.in-christ.net/

    SALING MEMPERLENGKAPI

    Sesuai dengan moto situs In-Christ.Net, yaitu "Saling Memerlengkapi", situs komunitas ini diharapkan menjadi tempat di mana komunitas-komunitas Kristen saling bertemu, berbagi visi dan misi, serta berbagi bahan-bahan yang mereka miliki. Saat ini, komunitas yang bergabung belum banyak, namun kami berharap di kemudian hari akan banyak komunitas Kristen yang bergabung dalam situs In-Christ.Net ini. Itulah sebabnya, setiap komunitas Kristen (gereja, persekutuan, yayasan, lembaga, atau perkumpulan Kristen) diundang untuk bergabung dan saling memperlengkapi sesama tubuh Kristus di In- Christ.Net.

    Untuk memermudah pencarian informasi, situs ini dibagi menjadi dua macam kelompok komunitas, yaitu Komunitas Khusus dan Komunitas Umum. Komunitas Khusus merupakan komunitas dari berbagai kelompok sesuai dengan permintaan khusus. Sedangkan Komunitas Umum adalah komunitas yang disediakan untuk semua orang dan mereka bisa bergabung dalam "network-network" yang telah tersedia, yaitu:

    • Network Renungan dan Artikel
    • Network Misi
    • Network Kepemimpinan
    • Network Anak
    • Network Literatur
    • Network Konseling
    • Network Pendidikan
    • Network Yayasan dan Gereja
    • Network Teologi
    • Network Alkitab
    • Network Musik dan Audio
    • Network Teknologi Internet dan Pelayanan

    Masing-masing network diharapkan dapat menarik pengunjung yang memang memiliki keahlian dan minat di bidang tersebut. Dalam komunitas umum ini, setiap orang dapat berbagi bahan, opini, dan komentar sehingga dapat saling memerkaya wawasan, pengalaman, dan pengetahuan.

    PERKAWINAN TEKNOLOGI

    Teknologi yang dipakai dalam situs In-Christ.Net cukup unik karena mengawinkan beberapa sistem teknologi yang berbeda, di antaranya: sistem Drupal versi 5.2. untuk fasilitas artikel, blog, dan direktori situs Kristen; untuk aspek kolaboratif, situs ini menggunakan sistem Wiki versi 1.11. Sistem Moodle 1.8. dipakai untuk e-learning. Ketiga teknologi ini memang sengaja dipilih untuk membangun infrastruktur yang lengkap sehingga dapat melayani kebutuhan pengunjung secara maksimal.

    Karena masing-masing komunitas yang terbentuk di In-Christ.Net memiliki fasilitas yang cukup lengkap, maka setiap anggotanya dapat mengirim artikel, menulis blog, membuat komentar atas kiriman pengunjung lain, mengirim atau menambah tulisan-tulisan di Wiki, dan juga bisa bergabung dalam kursus-kursus jarak jauh (e-learning) yang ditawarkan di In-Christ.Net.

    SETIAP ANDA DIUNDANG UNTUK BERGABUNG

    Nah, infrastruktur komunitas yang luar biasa di In-Christ.Net ini terbuka bagi siapa saja yang ingin menggunakannya. Jika Anda memiliki kelompok/komunitas khusus, ingin berinteraksi dengan semua anggotanya, dan ingin berkarya secara fleksibel di dunia maya, Anda bisa mengajukan permohonan untuk membuka komunitas baru di In-Christ.Net. Untuk itu, silakan tuliskan permohonan Anda ke:

    < yulia(at)in-christ.net >

    Bagi Anda yang hanya secara pribadi ingin bergabung dalam komunitas umum yang beranggotakan orang-orang Indonesia dari berbagai tempat di dunia, Anda bisa langsung bergabung dengan memilih "network" yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda. Caranya mudah sekali, yaitu dengan mendaftarkan diri menjadi pengguna terlebih dahulu dengan mengisikan nama dan alamat e-mail di formulir yang tersedia. Password akan dikirim ke alamat e-mail Anda. Gunakan nama dan password Anda tersebut untuk login, kemudian mengirim artikel, menulis blog, atau mengirim komentar.

  2. Penambahan Halaman Kesaksian di Situs SABDA.net

    Pada Oktober 2007, Tim SABDA menambah satu halaman baru dalam situs SABDA.net, yaitu halaman Kesaksian. Halaman ini ditujukan bagi para pengguna CD SABDA yang ingin mengirimkan kesaksiannya tentang berkat-berkat yang diperoleh karena menggunakan CD SABDA. Diharapkan kesaksian tersebut menjadi berkat bagi para pengguna CD SABDA dan pengunjung lainnya. Seiring dengan diluncurkannya halaman Kesaksian ini, kami mengajak para Pengguna CD SABDA untuk mengirimkan kesaksiannya agar dapat menjadi berkat pula bagi sesama tubuh Kristus lainnya.

    ==> http://www.sabda.net/

  3. Situs YLSA dalam Wajah Baru

    Situs yang hadir sejak tahun 1998 ini mengalami peningkatan. Pada 11 Januari 2008 yang lalu, situs YLSA yang baru telah diluncurkan dan siap dikunjungi oleh Sahabat YLSA dan Pendukung YLSA di mana pun berada. Kini situs YLSA hadir dengan menggunakan CMS Drupal, yang menyediakan fasilitas keanggotaan. Layanan keanggotaan tersebut memungkinkan Anda untuk menulis blog, memberi komentar, atau tanggapan untuk setiap artikel dan blog yang dikirim.

    Dalam situs ini, Anda juga dapat semakin mengenal Yayasan Lembaga SABDA melalui menu Gallery YLSA yang berisi rekaman kegiatan YLSA dalam bentuk foto. Ada pula fasilitas pencarian untuk memudahkan Anda mencari artikel atau bahan lainnya. Disediakan pula fasilitas pencarian Alkitab berdasarkan kata(-kata) atau ayat. Untuk menambah keingintahuan Anda akan berbagai macam informasi, fasilitas Rice Site Summary (RSS) yang memiliki tautan ke bagian publikasi di situs SABDA.org, juga kami sediakan.

    Beberapa perubahan dan penambahan fasilitas yang telah dilakukan tentunya menjadi kelebihan dari situs YLSA yang baru ini. Harapannya situs YLSA yang baru ini bisa menjadi wadah interaksi yang lebih efektif antara YLSA dengan para Sahabat dan Pendukung YLSA.

    Karena itu, kunjungan Anda sangat kami harapkan dan silakan menjadi bagian di dalam situs YLSA yang baru ini. Jika Sahabat dan Pendukung YLSA belum mendaftar sebagai anggota, silakan mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan menggunakan fasilitas Login Pengguna. Selamat bergabung dan berinteraksi. Tuhan Yesus memberkati.

    ==> http://www.ylsa.org/


Appreciation
  • Staf Baru YLSA

    Mengucap syukur atas bergabungnya rekan kami, Billy Wagey, di dalam pelayanan YLSA. Saat ini, Billy bergabung di Divisi Software dan saat ini terlibat dalam proyek CD SABDA versi 4.0. Kami percaya panggilan Tuhan untuk Billy akan menjadi berkat bagi pekerjaan Tuhan di YLSA. Selamat bergabung dan selamat melayani, Billy!


Laporan Keuangan
Laporan Aktivitas Keuangan Ylsa -- Desember 2007
A. SUMBANGAN
Wahyudi (BCA) Rp 100.000,00 3/12/07
NN, Jakarta (BCA) Rp 4.000.000,00 3/12/07
NN, (BCA) Rp 200.000,00 5/12/07
TELAGA BCA) Rp 500.000,00 7/12/07
Luki F. H. (BCA) Rp 500.000,00 12/12/07
Mickey Felder (BCA) Rp 150.000,00 17/12/07
Dr. Novian W. (BCA) Rp 500.000,00 18/12/07
Yayasan Gloria (BCA) Rp 250.000,00 18/12/07
Sumbangan lain-lain Rp 487.600,00 19/12/07
   
Total Sumbangan Rp 6.687.600,00

B. PENGELUARAN
Peralatan Kantor Rp 952.750,00
Beban Internet Rp 734.500,00
Konsumsi Staf Rp 523.400,00
Produksi CD Rp 3.600.600,00
HRD Rp 347.500,00
Perjalanan Dinas Rp 2.006.000,00
Admin Bank Rp 5.000,00
Beban Kantor Rp 209.000,00
Kas Kecil Rp 32.100,00
Beban Utility Rp 1.140.700,00
Beban Perpustakaan Rp 3.312.260,00
Beban Kepegawaian Rp13.490.000,00
   
Total PengeluaranRp.26.353.810,00

 

Ucapan Terima Kasih

Ucapan syukur kami naikkan kepada Tuhan atas berkat yang dilimpahkan-Nya bagi kita semua. Biarlah melalui pelayanan kita bersama, nama Tuhan semakin ditinggikan. Terpujilah Dia yang memunyai alam semesta ini!!

Bagi Anda yang tergerak untuk terlibat dalam pelayanan YLSA dengan memberikan sumbangan dana, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA a.n. Yulia Oeniyati - Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo No. Rekening: 0790266579

Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi: Kristina, Yulia, Evi, Ari, Puji, Elly
Alamat berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: subscribe-i-kan-berita-ylsahub.xc.org
Untuk berhenti berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: unsubscribe-i-kan-berita-ylsahub.xc.org
Untuk kirim bahan/pertanyaan :Kirim e-mail ke staf Redaksi <beritaylsasabda.org>
Arsip Berita YLSA: http://www.sabda.org/publikasi/berita_ylsa/

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA. Didistribusikan melalui sistem network I-KAN. Copyright(c) Berita YLSA 2007 YLSA -- http://www.sabda.org/publikasi/berita_ylsa/

http://katalog.sabda.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati

Comments