Berita YLSA - Desember 2014

Daftar Berita

  [Dari YLSA!]    
  [Blog YLSA!] : 1. Sharing PA Kitab Mazmur di YLSA (Oleh: Hilda)
    : 2. Metode Pengajaran untuk Pelayanan Sekolah Minggu (Oleh: Amidya)
    : 3. YLSA pun Menggemakan Misi "Finishing The Task" (Oleh: Ayub)
    : 4. Berbagi dengan Adik-Adik PPA di GKII Mojosongo, Solo (Oleh: Ade)
    : 5. Roadshow PESTA di Persekutuan Oikumene Pemuda (Oleh: Amidya)
    : 6. "Teknologi: antara Tuan atau Teman" (Oleh: Berlin)
    : 7. Melayani Eyang-Eyang di Komsel Bibis Luhur (Oleh: Okti)
    : 8. YLSA di PPA Sambeng: Remaja dan Media Sosial (Oleh: Evie)
    : 9. Ulang Tahun Santi dan Ibu Yulia
  [Berita dan Doa YLSA!] : 1. Kunjungan ke Keluarga Staf yang Lanjut Usia
    : 2. Pelayanan Instalasi dan "Booth" SABDA di STT Intheos
    : 3. Perayaan Natal YLSA 2014
    : 4. Persiapan Rapat Kerja Tahunan YLSA 2015
    : 5. Pernikahan Staf YLSA
  [Mengenal YLSA!] : NATAL YLSA 2014: "NUBUAT YANG TERBUKA"
  [Surat untuk YLSA!]    

Editorial

Berita YLSA edisi Desember diisi dengan beberapa informasi tentang aktivitas Natal YLSA. Bahkan, sejak bulan November kegiatan Natal sudah dilakukan Div. Web dan Div. Multimedia. Untuk lebih mengakrabkan persaudaraan keluarga besar YLSA, dalam rangka menyambut Natal kami juga melakukan kunjungan kepada keluarga staf yang sudah lanjut usia. Puncak kegiatan Natal YLSA dirayakan dengan kebaktian Natal bersama keluarga besar YLSA, yang mengambil tema "Nubuat yang Terbuka" dan disampaikan oleh Pdt. Andreas, salah seorang mitra YLSA dari Salatiga. Biarlah damai Allah betul-betul hadir dan mendorong semua staf YLSA untuk membawa berita keselamatan bagi semua orang yang kami layani.

In Christ, Yulia Oeniyati Pemimpin YLSA < yulia(at)in-christ.net > < http://blog.sabda.org >


Berita dan Pokok Doa

  1. Kunjungan ke Keluarga Staf yang Lanjut Usia
  2. Pelayanan Instalasi dan "Booth" SABDA di STT Intheos
  3. Perayaan Natal YLSA 2014
  4. Persiapan Rapat Kerja Tahunan YLSA 2015
  5. Pernikahan Staf YLSA

1. Kunjungan ke Keluarga Staf yang Lanjut Usia
Program bakti sosial yang telah direncanakan dalam rangka perayaan 20 tahun YLSA akhirnya terealisasi pada bulan Desember ini. Bakti sosial ini kami lakukan dengan mengadakan kunjungan ke rumah-rumah staf yang memiliki anggota keluarga yang sudah lanjut usia.
Pokok doa: Berdoa agar kunjungan Natal ke keluarga-keluarga lanjut usia menjadi berkat khusus bagi keluarga staf YLSA. Biarlah kasih Tuhan dirasakan melalui kehadiran kami.

2. Pelayanan Instalasi dan "Booth" SABDA di STT Intheos
Pada minggu pertama dan kedua bulan Desember 2014, SABDA telah melayani guru-guru Pendidikan Agama Kristen dari wilayah Indonesia Barat dan Ambon yang sedang mengikuti program sertifikasi di STT Intheos, Surakarta. Bersyukur, tim SABDA dapat melakukan pelayanan instalasi Software SABDA ke lebih dari 100 laptop peserta. Juga, mendapat kesempatan memberikan presentasi mengenai DVD Library Anak, serta membagikan produk-produk YLSA dengan membuka booth SABDA.
Pokok doa: Doakan agar setiap laptop yang sudah di-instal Software Alkitab dan 16 GB bahan-bahan kekristenan dapat menjadi berkat sehingga guru-guru di mana pun mereka berada dapat melayani Tuhan.

3. Perayaan Natal YLSA 2014
Perayaan Natal YLSA 2014 dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2014. Tema yang diangkat adalah "Nubuat yang Terbuka". Acara ini dihadiri oleh segenap staf, keluarga staf, dan sahabat-sahabat YLSA yang ada di Solo dan sekitarnya.
Pokok doa: Puji Tuhan. Doakan agar perayaan Natal dapat menjadi inspirasi bagi setiap anak-anak Tuhan yang menggumuli pelayanan di YLSA sehingga semakin mengenal misi Allah di dunia ini.

4. Persiapan Rapat Kerja Tahunan YLSA 2015
Awal kerja Januari 2015 selalu diawali dengan Rapat Kerja (Raker) YLSA untuk membicarakan laporan 2014 dan rencana tahun 2015. Mulai tahun ini akan dibuat dua macam Raker, yaitu Raker Koordinator dan Raker dengan semua staf, masing-masing satu hari.
Pokok doa: Berdoa agar melalui proses Raker ini, semua staf dapat semakin menggumuli visi dan misi YLSA sehingga secara bersama-sama dapat mencapai tujuan sesuai dengan kehendak Tuhan untuk tahun 2015.

5. Pernikahan Staf YLSA
Pada bulan Desember 2014 ini, salah satu staf YLSA, yaitu Sdri. Adiana, telah mengakhiri masa lajangnya dengan melaksanakan pernikahan pada tanggal 13 Desember 2014.
Pokok doa: Doakan agar keluarga baru Sdri. Adiana terus takut akan Tuhan dan berkomitmen untuk hidup menjalankan rencana Tuhan.


Mengenal YLSA

NATAL YLSA 2014: "NUBUAT YANG TERBUKA"

Disusun oleh: Amidya

Rangkaian perayaan Natal di Yayasan Lembaga SABDA sudah mulai sejak bulan November. Divisi Web telah sibuk dengan memasang gambar-gambar Natal di situs-situs YLSA. Tak ketinggalan, seperti tahun-tahun sebelumnya, divisi Multimedia juga meluncurkan video pendek Natal untuk merayakan kehadiran Kristus. Di kantor, kegiatan Natal dirasakan dengan hadirnya ornamen-ornamen Natal di berbagai sudut ruangan. Lalu, kami juga mengadakan kunjungan Natal ke beberapa keluarga staf SABDA. Pada bulan Desember, seluruh staf juga disiapkan untuk menyambut kelahiran Yesus dengan membahas nubuat-nubuat Kristus dalam Perjanjian Lama dan penggenapannya dalam Perjanjian Baru, dalam kelompok PA setiap hari Selasa -- Kamis. Selain itu, topik-topik mengenai nyanyian pujian atas kelahiran Yesus yang tertulis dalam Injil Lukas dan mendengarkan seri Natal dari program Sekolah Alkitab Audio juga mengisi pembicaraan PA kelompok staf selama masa Natal.

Puncak perayaan Natal YLSA diselenggarakan pada tanggal 19 Desember 2014 dengan tema "Nubuat yang Terbuka". Kelahiran Juru Selamat sudah disampaikan secara terbuka dan secara luas oleh para nabi sejak masa Perjanjian Lama, dan orang-orang masa lalu terus menanti-nantikan kelahiran Sang Mesias. Lalu, pada masa Perjanjian Baru, lahirlah Mesias itu, yaitu Yesus, di kota Daud. Inilah bukti nyata bahwa nubuatan tentang Mesias sudah digenapi dan seluruh bangsa bersukacita karena bangsa yang selama ini berjalan dalam kegelapan telah melihat terang yang besar.

Pada perayaan Natal YLSA tahun ini, divisi PESTA diberi tanggung jawab untuk menjadi panitia Natal sehingga Mei, Ayub, dan saya berbagi tugas mengatur acara kebaktian Natal ini. Saya pribadi sebenarnya ragu dengan kemampuan saya untuk menjadi ketua panitia Natal YLSA. Namun, melalui kesempatan yang YLSA berikan ini, saya mencoba menggunakannya dengan sebaik-baiknya untuk memberikan yang terbaik. Puji Tuhan, berkat bantuan seluruh staf, kebaktian Natal dapat terselenggara dengan baik. Acara dibuka dengan ramah tamah bersama para undangan di ruang makan Griya SABDA dengan diiringi pujian oleh divisi Publikasi dan Komunitas. Kemudian, dilanjutkan dengan acara kebaktian di ruang Training dengan dibuka doa oleh Ibu Yulia Oeniyati, selaku ketua Yayasan Lembaga SABDA. Setelah sambutan oleh ketua panitia Natal YLSA 2014 dan menyanyikan lagu pujian "Hai Mari Berhimpun" dan "Dari Pulau dan Benua", kami mendengarkan pemberitaan firman Tuhan yang disampaikan oleh Bapak Andreas Agus Budijanto dari STT Sangkakala, Salatiga.

Bapak Andreas bukanlah orang yang asing bagi YLSA. Beliau adalah sahabat YLSA dan pengguna Software SABDA yang sudah cukup lama. Firman Tuhan yang disampaikan oleh Bapak Andreas diambil dari Lukas 2:8-15. Sementara poin yang ditekankan adalah ayat ke-11, yaitu "Hari ini, telah lahir bagimu Juru Selamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud". Kata "Hari ini", begitu ditekankan oleh Bapak Andreas karena pada hari itu Allah berdaulat penuh untuk menentukan satu hari di mana Mesias akan lahir di kota Betlehem. Kelahiran Yesus memberikan harapan bahwa dunia akan melihat terang, dunia tidak akan tinggal dalam kegelapan, dan kelahiran-Nya harus dinyatakan kepada dunia. Melalui kelahiran-Nya, kita menjadi umat yang berpengharapan.

Usai khotbah, dilanjutkan dengan persembahan pujian dari divisi PESTA dan ITS, serta pembagian kado Natal yang dipimpin oleh Yans. Sembari acara mencari kado, Ibu Yulia memanggil beberapa tamu untuk menyampaikan pesan dan kesan Natal tahun ini. Mereka adalah Mas Gunawan dari Perkantas Solo, Mas Sri Hastjarjo mantan staf YLSA, Mas Hardono juga mantan staf YLSA, dan Bapak Trisna Pradita suami staf Adiana Yunita. Di antara kesan dan pesan Natal, tamu undangan menyampaikan harapan untuk kemajuan YLSA di tahun 2015.

Ada sesuatu yang spesial untuk perayaan Natal tahun ini. Sesudah ibadah berakhir dan staf menyanyikan lagu "We Wish You a Merry Christmas", saya berlari ke depan dan menginstruksikan kepada para pemain musik untuk menyanyikan lagu "Happy Birthday to Ibu Yulia". Para tamu yang datang rupanya kaget, juga Ibu Yulia. Akhirnya, perayaan Natal keluarga besar YLSA ditutup dengan lagu "Happy Birthday to Jesus".

Kelahiran Kristus membawa sukacita dan damai sejahtera. Kami telah menerima sukacita dan damai sejahtera dari Kristus, maka sudah selayaknya kita membagikannya pula kepada semua orang yang kita temui. Kini, tugas bagi kita adalah menyampaikan Kabar Baik Yesus Kristus kepada sesama sehingga mereka juga mendengar Kristus dan beroleh jalan masuk kepada keselamatan.

Selamat Natal 2014 dan Tahun Baru 2015. Gloria in excelsis Deo!

Baca blog -->
http://blog.sabda.org/2014/12/22/natal-ylsa-2014-nubuat-yang-terbuka/


Suara Sahabat YLSA

1. AJ Djamin < via komentar Facebook >
Jadi ingat waktu Ibu Yulia dan tim (kalau tidak salah ingat) pernah datang ke Rumah Persekutuan Perkantas Denpasar dan kami diberikan pemahaman melalui seminar IT untuk kemuliaan nama Tuhan. Banyak sekali anak-anak siswa dan juga mahasiswa yang perlu diperlengkapi dengan pemahaman dan pengetahuan tentang bagaimana berekspresi di era digital dan menggunakan teknologi informasi dengan benar. Semoga semakin ditambahkan lagi berkat supaya pelayanan tim SABDA semakin lebih lagi!
Redaksi: Amin, Pak. Kami doakan pelayanan Perkantas Bali dan generasi muda di dalamnya terus dipakai menjadi alat kemuliaan bagi nama Tuhan. Selamat melayani! Tuhan Yesus memberkati.

2. Jacob Tunya < via komentar Facebook >
Yayasan Lembaga SABDA teruslah berbagi Manna Sorgawi agar ada jiwa-jiwa yang bisa diselamatkan.
Redaksi: Kami mendorong semua anak-anak Tuhan untuk berbagi bahan-bahan bermutu bagi kemuliaan nama Tuhan.

3. Belinda < belinda98@xxxxxx >
Maju terus SABDA .... Sukses selalu.
Redaksi: Terima kasih, Sdri. Belinda. Mari terus berkarya untuk melakukan yang terbaik bagi kemuliaan Tuhan.


Blog SABDA

1. Sharing PA Kitab Mazmur di YLSA (Oleh: Hilda)

... Sementara itu, saya sendiri merasa cukup terberkati oleh kelompok PA ini meskipun saya hanya bisa mengikuti PA seminggu sekali, yaitu setiap hari Kamis, karena berbenturan dengan jadwal kuliah yang harus saya ikuti. Saya belajar bahwa setiap ayat dalam Mazmur Daud terdapat pola yang dapat dibaca dan setiap pola itu mempunyai makna. Saya juga belajar untuk tidak hanya merenungkan firman Tuhan yang tersurat, tetapi juga yang tersirat. Selain itu, saya belajar bahwa setelah merenungkan firman, saya harus mengambil langkah praktis atau aplikasi yang akan saya lakukan untuk merespons ayat tersebut ....

Baca selengkapnya tulisan Hilda:
http://blog.sabda.org/2014/12/01/sharing-pa-kitab-mazmur-di-ylsa/

2. Metode Pengajaran untuk Pelayanan Sekolah Minggu (Oleh: Amidya)

... Pada roadshow kali ini, saya tergabung dalam satu kelompok bersama dengan Mas Yudo dan Mas Bayu. Tempat yang akan kami datangi juga sudah diatur oleh Mbak Setya, yaitu untuk guru-guru sekolah minggu di JFAN (Jesus For All Nations), Sukoharjo. Materi yang akan kami sampaikan adalah Metode Pengajaran untuk Pelayanan Sekolah Minggu. Dalam mempersiapkan bahan ini, saya mengambil dari salah satu publikasi YLSA, yaitu e-BinaAnak ....

Baca selengkapnya tulisan Amidya:
http://blog.sabda.org/2014/12/03/metode-pengajaran-untuk-pelayanan-sekolah-minggu/

3. YLSA pun Menggemakan Misi "Finishing The Task" (Oleh: Ayub)

... Saya sangat bersyukur bisa melayani bersama YLSA di luar kota untuk pertama kalinya. Secara fisik memang sangat melelahkan, tetapi saya pribadi mengucapkan syukur karena banyak pelajaran hidup yang saya dapat melalui seminar, KKR, terlebih dalam pelayanan bersama tim YLSA. Belajar bekerja sama, bercerita tentang pelayanan YLSA kepada orang lain, belajar menerima kritik, serta belajar untuk mengerti keadaan gereja-gereja saat ini ....

Baca selengkapnya tulisan Ayub:
http://blog.sabda.org/2014/12/04/ylsa-pun-menggemakan-misi-finishing-the-task/

4. Berbagi dengan Adik-Adik PPA di GKII Mojosongo, Solo (Oleh: Ade)

... Kali ini, saya satu tim dengan Mbak Setya. Kami mendapat giliran untuk berbagi dengan adik-adik PPA (Pusat Pengembangan Anak) di GKII Mojosongo, Solo. Kala itu, saya diminta untuk menjadi pembicara dengan membawakan tema mengenai penginjilan kepada para peserta yang rata-rata duduk di bangku SMP dan SMA itu. Tema mengenai penginjilan mungkin dirasa cukup "berat", apalagi jika disampaikan kepada anak-anak sekolah yang pada umumnya belum memikirkan tentang bagaimana membagikan Injil ....

Baca selengkapnya tulisan Ade:
http://blog.sabda.org/2014/12/05/berbagi-dengan-adik-adik-ppa-di-gkii-mojosongo-solo/

5. Roadshow PESTA di Persekutuan Oikumene Pemuda (Oleh: Amidya)

... Acara dibuka dengan pujian dan penyembahan, lalu pemimpin pujian memberikan waktu kepada saya untuk menyampaikan firman dengan topik “Bertumbuh dalam Pengajaran Alkitab”. Kurang lebih selama dua minggu saya mempersiapkan materi, berlatih bersama staf YLSA, hingga merevisi bahan presentasi saya. Saya pribadi sungguh bersyukur dapat menyampaikan pemberitaan firman dan mengorelasikannya dengan kelas PESTA Online ....

Baca selengkapnya tulisan Amidya:
http://blog.sabda.org/2014/12/10/roadshow-pesta-di-persekutuan-oikumene-pemuda/

6. "Teknologi: antara Tuan atau Teman" (Oleh: Berlin)

... Selama sarasehan berlangsung, saya menyampaikan beberapa poin tentang perkembangan teknologi, pengaruhnya dalam masyarakat, dan sikap kita sebagai orang Kristen dalam menghadapi perkembangan teknologi. Kita bisa dengan cepat melihat adanya perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak berkembangnya teknologi dengan melakukan pengamatan kecil di lingkungan sekitar kita. Orang-orang bermain HP saat nongkrong di HIK, mendengarkan musik dari HP saat berkendara atau naik angkot, anak-anak SD atau TK yang bermain games dari tablet, tukang-tukang becak yang mendengarkan radio/musik dari HP sembari menunggu penumpang, dsb. ....

Baca selengkapnya tulisan Berlin:
http://blog.sabda.org/2014/12/11/teknologi-antara-tuan-atau-teman/

7. Melayani Eyang-Eyang di Komsel Bibis Luhur (Oleh: Okti)

... Tidak mudah memang menjelaskan sesuatu yang berbau teknologi informasi kepada mereka yang sudah sepuh dan mungkin malah tidak pernah bersinggungan sama sekali dengan dunia IT. Namun, dengan lebih menekankan kepada fungsi dan kelebihan dari produk-produk yang dimiliki YLSA, eyang-eyang serta Bapak dan Ibu yang hadir pun jadi lebih paham mengenai apa yang dimiliki dalam produk-produk pelayanan YLSA ....

Baca selengkapnya tulisan Okti:
http://blog.sabda.org/2014/12/12/melayani-eyang-eyang-di-komsel-bibis-luhur/

8. YLSA di PPA Sambeng: Remaja dan Media Sosial (Oleh: Evie)

... Tim dari YLSA yang berangkat ke PPA Sambeng adalah saya, Yans, dan Ade. Saya bertugas untuk menyampaikan materi seminar, Ade sebagai pemandu "ice breaker", dan Yans meng-instal Alkitab dan bahan-bahan lain ke HP para siswa yang hadir. Ada hampir 40 siswa SMP yang hadir sore itu. Beberapa siswa bahkan masih menggunakan seragam sekolah ketika acara dimulai pada pkl. 16.00 ....

Baca selengkapnya tulisan Evie:
http://blog.sabda.org/2014/12/15/ylsa-di-ppa-sambeng-remaja-dan-media-sosial/

9. Ulang Tahun Santi dan Ibu Yulia

Bersyukur pada bulan Desember ini, Santi (koordinator divisi Komunitas YLSA) dan Ibu Yulia (pemimpin YLSA), merayakan ulang tahunnya. Kiranya Tuhan menolong mereka untuk terus melangkah di dalam iman dan senantiasa menjadi alat kemuliaan bagi nama Tuhan melalui setiap bagian yang telah dipercayakan.

Baca selengkapnya:
Santi --> http://blog.sabda.org/2014/12/04/s-a-n-t-i/


Stop Press

Ingin tahu lebih jauh orang-orang yang ada di balik pelayanan Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org >? Apa saja yang dikerjakan dan bagaimana kesan-kesan pribadi mereka tentang pelayanan yang selama ini dikerjakan? Jawabannya ada di Blog SABDA < http://blog.sabda.org >!

Situs Blog SABDA lahir dari kerinduan YLSA untuk berbagi visi sebagaimana yang Tuhan berikan untuk YLSA. Blog SABDA menjadi wadah bagi semua staf YLSA serta para mitra YLSA untuk saling berbagi cerita, pengalaman, pelajaran, dan pelayanan yang telah dikerjakan bersama-sama selama ini.

Penasaran? Segera kunjungi Blog SABDA. Mari berbagi dan mari melayani. Tuhan Yesus memberkati pelayanan kita bersama. Amin!

 


Redaksi Berita YLSA

Kontak: beritaylsa(at)sabda.org Redaksi: Adiana, Yulia, dan Elly Berlangganan: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org Berhenti: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org Arsip: http://sabda.org/publikasi/berita_ylsa/arsip BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati (c) 2014 -- Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org >

Comments