Berita YLSA - April 2005

Daftar Berita
[Editorial]
[Latest News] : 1. Peluncuran Situs Komunitas YLSA
2. Penerbitan Milis Publikasi Baru
   Publikasi "e-Leadership"
[Gratis] :Download Alkitab Gratis
[Prayer Request] :
[Inside YLSA] :Server SABDA.org dan Mail Server SABDA
[Appreciation] : Ucapan Terima Kasih untuk Aldo dan Kalpin
[Financial Report]: Laporan Keuangan Maret 2005

Editorial
Salam sejahtera bagi Sahabat-sahabat YLSA, Pertama-tama, terima kasih untuk beberapa Sahabat YLSA yang telah melayangkan surat kepada kami sebagai respon atas diterbitkannya publikasi BERITA YLSA ini. Kami sangat bersyukur karena pada umumnya surat-surat tersebut bernada sangat positif dan mendukung. Dengan diterbitkannya publikasi ini, maka para pendukung, donatur, mitra dan staf lama YLSA menjadi lebih tahu tentang perkembangan yang terjadi di YLSA. Dengan demikian mereka bisa ikut bersyukur dengan kemajuan yang telah dicapai YLSA hingga saat ini. Namun demikian, kemajuan pelayanan YLSA tidaklah tanpa pergumulan. Beberapa kejadian terakhir membuat kami semakin menyadari bahwa "Perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi ... melawan roh-roh jahat di udara." (Efesus 6:6) Ada dua kejadian besar yang terjadi bulan ini yang membuat kami sungguh merasa bergantung hanya kepada Tuhan saja. PERTAMA, server SABDA.org yang DOWN sehingga menyebabkan macetnya pelayanan online YLSA untuk beberapa waktu. Puji Tuhan, saat ini SABDA.org sudah kembali normal! KEDUA, mail server XC.org yang juga DOWN sehingga membuat semua email ke SABDA(at)xc.org menjadi tidak dapat diterima. Hingga saat ini XC.org masih belum stabil (sempat hidup beberapa waktu, lalu mati lagi (untuk lebih detailnya, silakan simak Kolom Inside YLSA). Dua kejadian yang kami sebutkan di atas sungguh di luar kontrol kami dan belum pernah terjadi sebelumnya. Kami cukup terpukul karena sebagian besar pelayanan kami bergantung pada kelancaran kedua server tersebut. Namun demikian, kejadian ini tidak mematahkan semangat kami, sebaliknya justru semakin membuktikan bahwa YLSA telah mengambil pelayanan yang strategis sehingga setan tertarik untuk menyerangnya. Puji Tuhan, Allah tidak pernah membiarkan kami berjalan tanpa tujuan. Jika iman kami sedang diuji, maka kami tahu kami akan keluar sebagai pemenang karena Tuhan ada di pihak kita. Terima kasih untuk Anda yang telah setia mendukung pelayanan YLSA, khususnya bagi para pendoa YLSA. Sudah terbukti bahwa doa Anda tidak sia-sia. Oleh karena itu, teruslah berdoa bagi pelayanan kami. Kiranya, Tuhan terus memakai YLSA untuk menjadi berkat bagi masyarakat Kristen Indonesia di mana pun mereka berada. Soli Deo gloria! In Christ, Yulia Oeniyati Pimpinan YLSA
Berita dan Pokok Doa

Kami mengajak para Sahabat YLSA untuk bersatu berdoa bagi pokok- pokok doa berikut ini:

  1. Bersyukur karena Server SABDA.org telah kembali normal setelah beberapa waktu yang lalu sempat down dan berdoa untuk Mail Server SABDA(at)xc.org agar dapat berjalan normal kembali.

  2. Doakan untuk peluncuran Situs Komunitas YLSA agar dapat menjadi wadah interaksi yang efektif bagi para Mitra dan Sahabat YLSA.

  3. Berdoa untuk penerbitan perdana Publikasi "e-Leadersip" agar Allah memberikan hikmat kepada pimpinan dan staf redaksi untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk kelancaran penerbitannya. Doakan agar publikasi ini menjadi berkat bagi banyak orang.

  4. Doakan mitra YLSA, yaitu Aldo Febro dan Kalpin Erlangga Silaen yang setia membantu dan mendukung pelayanan YLSA dalam hal-hal teknis agar Tuhan senantiasa memberkati kehidupan mereka dan agar melalui hidup mereka nama Tuhan semakin dimuliakan.


Mengenal YLSA

Seperti telah kami sebutkan dalam Editorial bahwa ada dua kejadian pada bulan ini yang menyebabkan pelayanan YLSA sangat terganggu. Berikut ini penjelasan yang lebih detail tentang dua kejadian tersebut.

  1. Mail Router dan Server SABDA(at)xc.org DOWN

    Setelah kami dihantam keras dengan masalah server SABDA.org, dan berhasil keluar dari masalah tersebut (baca point yang berikut), menyusul mail server SABDA dan XC.org yang mengalami masalah. Sejak 12 April 2005 hingga saat ini, mail server SABDA di XC.org mengalami mati/hidup sehingga mail center YLSA tidak dapat menerima surat dengan lancar. Hingga saat ini pun mail server SABDA(at)xc.org masih belum stabil (sempat hidup beberapa waktu, kemudian mati lagi).

    Gangguan ini di luar kontrol kami karena yang mengalami masalah adalah server/routing dari alamat domain SABDA(at)xc.org. Pengaruh yang paling kentara adalah dua 1) Banyak mail yang terkirim ke SABDA(at)xc.org hilang total, dan 2) beberapa publikasi I-KAN tidak dapat terkirim, di antaranya Publikasi e-JEMMi Edisi 15/2005; e-BinaAnak Edisi 224/2005; e-Penulis 006/2005; dan e-Konsel Edisi 85/2005, yang seharusnya terbit antara tanggal 12 - 15 April 2005 (termasuk edisi BERITA YLSA ini).

    Tapi masalah yang sangat parah adalah surat-surat dari luar yang dikirim ke YLSA tidak dapat kami terima -- banyak mail hilang/bounce dalam dua minggu ini -- dan kemungkinan besar tidak akan dapat kami lacak lagi . Oleh karena itu, jika ada anggota Sahabat YLSA yang mengirim surat ke YLSA, mulai 12 April 2005 sampai saat ini, mohon berkenan mengirimkannya sekali lagi kepada kami karena kemungkinan besar surat Anda tidak sampai kepada kami.

    Kami bersyukur karena minggu lalu (antara 18 - 21 April 2005) kami masih dapat mengirimkan publikasi yang tidak dapat terkirim antara tanggal 12 - 15 April 2005 (e-JEMMi Edisi 15/2005; e-BinaAnak Edisi 224/2005; dan e-Konsel Edisi 85/2005). Sedangkan publikasi untuk minggu ini masih menunggu untuk dikirim sampai mail server normal kembali.

    Kami berharap dan berdoa kepada Tuhan Yesus agar masalah XC.org dan mail server SABDA ini segera dapat diatasi dan kami dapat kembali mengirim dan menerima surat seperti biasa. Untuk semua dukungan dan bantuan doa yang telah Anda berikan kami mengucapkan terima kasih. Kami percaya peperangan ini akan kita menangkan bersama. Biarlah kita terus siap siaga, karena kita tahu Tuhan ada di pihak kita. PTL! (Praise The Lord).

  2. Server SABDA.ORG Down: Domain/Hosting dan Situs Dipindah

    Sejak 25 Maret 2005 yang lalu hingga 5 April 2005 server SABDA.org DOWN, sehingga menyebabkan sebagian aktivitas besar online YLSA menjadi macet (situs-situs YLSA tidak dapat diakses). Kami sangat menyesalkan kejadian ini. Tapi, puji Tuhan! mulai 5 April 2005 y.l. server SABDA.org telah HIDUP KEMBALI dan situs-situs YLSA dapat diakses lagi. Apa yang terjadi? Mungkin Anda bertanya.

    Beberapa waktu yang lalu hosting dimana server SABDA.org (dan domain) biasanya berada mengalami masalah, yaitu lokasi itu dijual ke pihak lain/baru. Sebagai akibatnya SABDA.org pun harus ikut berpindah, namun pihak lain tersebut ternyata tidak melakukan tugas perpindahan dengan baik dan profesional sehingga menyebabkan kekacauan sistem dan account YLSA. Sdr. Aldo adalah saudara seiman, rekan, dan mitra lama kami yang telah banyak membantu "baby sitting" server-server YLSA. Melihat situasi yang kurang baik ini, maka Sdr. Aldo dengan cepat mengambil keputusan untuk segera memindahkan server SABDA.org ke tempat lain lagi yang baru dan yang lebih profesional. Maka mulailah dilakukan rencana perpindahan ke hosting yang baru. Kami bersyukur karena Sdr. Aldo bersedia mengambil keputusan yang berkonsekuensi kerja berat ini, karena perpindahan ini berarti memindahkan semua situs-situs YLSA yang rata-rata berukuran sangat besar [1Gig+]. Namun, hal yang lebih memukul kami, khususnya Sdr. Aldo, adalah hal ini terjadi persis saat libur Hari Kematian Kristus dan PASKAH. Oleh karena itu, kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat Kristen Indonesia karena menjelang dan sesudah PASKAH kemarin semua situs-situs YLSA tidak akan dapat diakses! Situs-situs milik YLSA yang ada di server SABDA.org adalah:

    1. Situs SABDA.org
    2. Situs SABDAweb
    3. Situs YLSA
    4. Situs e-MISI
    5. Situs PEPAK
    6. Situs Christian Counseling Center Indonesia (C3I)
    7. Situs e-Reformed
    8. Situs Sejarah Alkitab Indonesia (SAI)
    9. Situs LINKS
    10. Situs i-Humor
    11. Situs SABDA(C)
    12. Situs W2000
    13. Situs Buku Tamu YLSA
    14. In-Christ.net
    15. dan beberapa yang lain.

    [Sedangkan situs YLSA yang lain hanya mengalami masalah sedikit (Situs SABDA.net, Situs TELAGA, Situs PESTA Online, dan Situs Christian Writers\' Club, Gudang) karena sebagian besar dari keempatnya di-hosting di server lain, yaitu YLSA.org dan SABDA.net, bukan di domain/lokasi SABDA.org.]

    Perpindahan ke tempat hosting baru ini memakan waktu yang sangat banyak karena server SABDA.org bukan hanya mengalami perubahan lokasi tempat secara fisik, melainkan juga mengalami perubahan sistem, setting, dan management. Puji Tuhan, dalam masa sulit ini Sdr. Kalpin Erlangga (mantan staf YLSA) bersedia campur tangan membantu, sehingga bersama Sdr. Daniel (Staf YLSA internal yang bertanggung jawab menangani server-server YLSA) dan Sdr. Aldo, mereka bertiga dengan tidak kenal lelah mengusahakan agar seluruh perpindahan ke hosting yang baru ini bisa ditangani dengan baik dan semua situs YLSA bisa diakses kembali. (Ucapan terima kasih kami sampaikan dalam Kolom Appreciation).

    Selama server SABDA.org DOWN (mulai 25 Maret sampai 4 April 2005 2005), bukan hanya situs-situs YLSA yang tidak dapat diakses, tapi berpengaruh juga pada mail-mail YLSA yang menggunakan domain/alamat email (at)SABDA.org dan (at)In-Christ.net. Karenanya, pengiriman surat ke YLSA juga mengalami gangguan -- tidak bisa terima surat apa pun. Oleh karena itu, bagi Sahabat YLSA yang pada tanggal-tanggal di atas mengirimkan surat ke alamat SABDA.org, kami mohon agar Anda mengirimkannya kembali kepada kami, karena kemungkinan besar surat-surat Anda tersebut tidak sampai ke mailbox kami. :(

    Akibat yang lain adalah kelambatan pengiriman publikasi YLSA kepada para pelanggan, atau bahkan mungkin pengiriman kami tersebut tidak sampai sama sekali. Jika ada Sahabat YLSA yang merasa ada edisi- edisi publikasi I-KAN yang tidak terkirim kepada Anda pada tanggal- tanggal di atas, silakan Anda berkunjung ke situs arsip kami untuk mendapatkan edisi yang Anda inginkan, di alamat: ==> http://www.sabda.org/publikasi/

    Beberapa saat setelah server SABDA.org hidup kembali, kami menerima beberapa surat yang sangat mendorong kami untuk terus terjaga dan melayani Tuhan dengan lebih setia. "Thanks for caring and praying!" Dua contoh surat tersebut adalah sebagai berikut:

    From: Jonathan K. Tunggal

    >Saya baru saja membaca apa yang terjadi dengan server
    >Sabda. Saya hanya ingin terus memberi semangat
    >kepada tim Sabda yang telah bekerja keras untuk Dia
    >dan juga, umat Kristiani di Indonesia. Tuhan Yesus
    >sendiri yang memberkati dan membalas setiap jerih
    >payah yang telah Anda lakukan. Itu pasti!
    >Saya juga secara pribadi mengucapkan terima kasih atas
    >pelayanan tim Sabda. Adalah suatu berkat yang sangat
    >berharga bagi situs Kasih Kekal dan sekali lagi,
    >terima kasih.
    >Tuhan menyertai dan memberkati
    >Jonathan K Tunggal
    >a/n Kasih Kekal
    >www.kasihkekal.org

    From: Januar

    >Shalom,Puji Tuhan Yesus situs ini bisa diakses lagi. Sebab saya
    >banyak bergantung dengan materi dari www.sabda dalam menerbitkan
    >buletin bulanan di gereja kami maupun persiapan renungan
    >singkat. Sekali lagi, Puji Tuhan.
    >Januar

    Kepada Sahabat-sahabat YLSA yang telah menulis kepada kami, terima kasih untuk suratnya dan dorongan semangatnya. PTL! Selamat melayani.


Blog SABDA
  1. Peluncuran Situs Komunitas YLSA Untuk menjalin dan mempererat relasi antara Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) dengan para mitra, donatur, dan Sahabat YLSA serta pengguna produk pelayanan YLSA, maka YLSA merencanakan meluncurkan sebuah situs yang kami beri nama "Situs Komunitas Yayasan Lembaga SABDA" ==> http://www.in-christ.net/forum/ Situs yang merupakan wadah komunitas YLSA ini akan dikemas dalam bentuk Forum Diskusi ini. Para pengunjung, yang diharapkan adalah para pendukung YLSA, dapat bertanya jawab dengan pengurus dan staf YLSA dan mereka pun bisa memberikan saran dan masukan untuk kemajuan pelayanan YLSA. Selain itu, melalui situs ini, para anggota juga dapat menjalin relasi dengan sesama anggota Komunitas YLSA lainnya. Untuk memberikan batasan yang lebih rapi, maka Situs Komunitas YLSA ini menyediakan dua kategori diskusi utama:
    1. Forum YLSA (Yayasan Lembaga SABDA) Forum ini disediakan khusus bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai pelayanan YLSA atau ingin memberikan saran dan komentar untuk kemajuan pelayanan YLSA.
    2. Forum SABDA (Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat) Forum ini disediakan bagi para pengguna SABDA (Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat) yang ingin berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai Program atau Modul SABDA ©.
    Untuk dapat ikut berdiskusi, Anda harus terlebih dahulu terdaftar sebagai anggota. Untuk menjadi anggota, silakan klik link "Register", kemudian isi kolom yang ada dan ikuti petunjuk yang disediakan atau klik alamat berikut ini: ==> http://www.in-christ.net/forum/index.php?action=login Melalui kesempatan ini, kami mengundang Anda para anggota "Berita YLSA" untuk menjadi anggota Situs Komunitas YLSA dan ikut bergabung berdiskusi tentang pelayanan YLSA. Kami tunggu partisipasi Anda di Situs Komunitas YLSA di: ==> http://www.in-christ.net/forum/
  2. Penerbitan Milis Publikasi Baru "e-Leadership" Seperti yang kami beritakan pada BERITA YLSA Pebruari 2005 y.l. bahwa YLSA dan YLI merencanakan kerjasama untuk menggarap project Leadership. Sebagai langkah pertama untuk mewujudkan rencana tersebut, YLSA melalui sistem jaringan I-KAN (Internet--Komputer Alkitab Networks) akan menerbitkan publikasi baru yang diberi nama "e-LEADERSHIP". Publikasi elektronik ini akan diterbitkan secara berkala sebulan sekali dengan tema-tema khusus yang dipilih. Peluncuran Publikasi e-LEADERSHIP ini merupakan sarana pendukung untuk Situs "Indonesia Christian Leadership Trainer Network and Resource Center" yang sekarang juga sedang dalam tahap pengerjaan. Kami berharap, kehadiran Publikasi e-LEADERSHIP nantinya dapat menyiapkan jalan yang lebih mulus untuk pengembangan pelayanan pelatihan kepemimpinan Kristen, khususnya bagi masyarakat Kristen secara luas. Melalui Publikasi e-LEADERSHIP ini akan disajikan berbagai bahan (artikel, renungan, tips, dll.) dan informasi-informasi lain yang berguna bagi para leader dan trainer, hamba-hamba Tuhan, khususnya mereka yang memiliki beban dalam pengembangan kepemimpinan. Diharapkan dengan membaca bahan-bahan ini semakin banyak orang bisa dibekali dengan pengetahuan kepemimpinan yang benar-benar Alkitabiah untuk menunjang pelayanan dan pekerjaan Tuhan.

Appreciation
Ucapan Terima Kasih untuk Aldo Febro dan Kalpin E.S.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, perpindahan server SABDA.org ke hosting yang baru tidak mungkin dapat berjalan lancar tanpa bantuan orang-orang luar yang setia mendukung pelayanan YLSA. Pada kesempatan ini, dari hati yang paling dalam disertai dengan rasa syukur yang besar, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Sdr. ALDO FEBRO dan Sdr. KALPIN ERLANGGA SILAEN.

Mereka berdua meskipun secara fisik tidak berada di kantor YLSA, tapi hati mereka ada bersama-sama kami. Dengan tidak kenal lelah mereka telah membantu perpindahan hosting server SABDA.org hingga sekarang bisa hidup normal lagi. Sdr. Aldo Febro saat ini berdomisili di Amerika, sedangkan Sdr. Kalpin Erlangga Silaen berdomisili di Jakarta. Jauhnya jarak ternyata tidak menjadi penghalang untuk mereka terus mendukung pelayanan YLSA. Kami sungguh mengucap syukur, dan kami percaya Tuhan akan memberkati jerih payah mereka berdua. "Nama Tuhan kiranya semakin dimuliakan melalui hidup dan karya Anda berdua".


Laporan Keuangan
LAPORAN AKTIVITAS KEUANGAN YLSA - MARET 2005
A. Pemasukan
Sumbangan Gunawan + Kristina RP.1.000.000,00 (05/04/`05)
Sumbangan Kornelius Rp. 900.000,00 (03/03/`05)
Sumbangan TELAGA Rp. 500.000,00 (16/03/`05)
Sumbangan Lain-lain Rp. 60.000,00
Bunga Bank Rp. 2.448,00
Rp.
TOTAL PEMASUKAN Rp.2.462.448,00
B. Pengeluaran
1. Biaya Operasional            Rp.3.087.501,00
2. Biaya Kepegawaian Rp.8.975.000,00
    
TOTAL PENGELUARAN Rp.12.062.501,00

 

Ucapan Terima Kasih

Sekali lagi, kami sangat bersyukur untuk Sahabat-sahabat YLSA yang telah mendukung kami dalam dana. Kami berdoa kiranya kasih Allah selalu melimpah dalam hidup Anda.

Bagi Sahabat-sahabat YLSA yang tergerak untuk berpartisipasi mendukung dana bagi pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA
a.n. Yulia Oeniyati
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi : Yulia, Tesa, Dhono, Kris, Endah, Evi, dan Elly
Berlangganan : Kirim e-mail kosong ke: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)xc.org
Berhenti: Kirim e-mail kosong ke: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)xc.org
Kirim bahan : Kirim e-mail ke staf Redaksi <berita-ylsa(at)sabda.org>
Arsip Berita YLSA : http://ylsa.org/berita_ylsa

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA.
Didistribusikan melalui sistem network I-KAN.
Copyright(c) Berita YLSA 2005
YLSA -- http://www.ylsa.org/

Comments