Berita YLSA - Agustus 2005

Daftar Berita
[Editorial]
[Latest News] : 1. Pembukaan Kelas Virtual PESTA
 : 2. Penerbitan Berita SABDA
 : 3. Peluncuran Situs e-Buku
[Gratis] :e-Buku
[Prayer Request] :
[What's Next]: Situs Indo-Lead, Situs e-Learning, Peserta Kelas Virtual PESTA
[Inside YLSA] :Artikel YLSA dalam Majalah GetLife!
  [Pelayanan SPIRITUAL secara Virtual]
[Appreciation] : 1. Selamat Ulang Tahun PPA
 : 2. Ucapan Terima Kasih untuk Anggota CWC
 : 3. Ulang Tahun Staf YLSA
[Financial Report]: Laporan Keuangan Juli 2005


Editorial

Ke Atas

Para Sahabat YLSA yang terkasih, Seperti pernah kami beritakan bulan lalu, Majalah GetLife bulan Juli 2005, Kolom LifeCalling!, memuat artikel tentang pelayanan YLSA. Bagi para Sahabat YLSA yang tidak sempat membeli majalah Kristen GetLife! edisi tersebut, tidak perlu berkecil hati karena pada kesempatan ini kami akan kutipkan sajian artikel tersebut di Kolom Inside YLSA! Selamat menyimak. Berita terbaru yang kami sajikan dalam BERITA YLSA edisi Agustus ini adalah kegiatan-kegiatan yang telah dikerjakan di bulan Juli 2005, diantaranya adalah persiapan dibukanya kembali Kursus Kelas Virtual PESTA. Kami yakin banyak sahabat YLSA yang tertarik untuk mengetahui berita ini. Selain itu kami sajikan juga berita tentang peluncuran publikasi baru, yaitu BERITA SABDA dan Situs e-Buku. Mohon dukungan doanya agar publikasi ini bisa menjadi sarana komunikasi yang bermanfaat. Namun, kami minta maaf, karena berita tentang peluncuran Situs Indo- Lead dan e-Learning yang sedianya diberitakan pada edisi ini terpaksa kami tunda karena ternyata target untuk menyelesaikan situs- situs tersebut meleset dari perkiraan semula. Mohon dukungan doanya agar situs-situs ini bisa diselesaikan bulan Agustus, sehingga bisa kami beritakan di BERITA YLSA edisi September. Demikian berita yang bisa kami sampai bagi para Sahabat YLSA. Doa dan dukungan Anda selalu kami harapkan. Keberhasilan pelayanan YLSA sungguh ditopang oleh kesetiaan Anda berdoa bagi kami. Terima kasih untuk kerjasamanya, kiranya, kemuliaan hanya bagi DIA saja. In Christ, Yulia Oeniyati <yulia(at)in-christ.net> Pimpinan YLSA

Berita dan Pokok Doa
Kami mengajak para Sahabat YLSA untuk bersatu berdoa bagi pokok- pokok doa berikut ini:
  1. Doakan untuk Kursus Kelas Virtual PESTA yang akan dimulai bulan Agustus 2005 ini. Kiranya, Tuhan memakainya untuk menjadi berkat bagi pertumbuhan iman para peserta PESTA.
  2. Bersyukur untuk penerbitan milis publikasi baru, Berita SABDA. Doakan supaya dapat dipakai menjadi sarana menyebarkan informasi aktual perkembangan SABDA© bagi para pengguna dan pendukung SABDA©.
  3. Bersyukur untuk kemurahan Tuhan yang telah berkenan memakai YLSA untuk terus melayani masyarakat Kristen Indonesia melalui media komputer dan internet.
  4. Doakan untuk yayasan Persekutuan Pembaca Alkitab yang dipimpin oleh Pak Paul Hidayat, yang telah menjadi mitra YLSA sejak tahun 1998. Kiranya, ulang tahun PPA yang ke-36 ini membawa kesegaran baru bagi pelayanan mereka untuk terus melengkapi masyarakat Kristen Indonesia dengan ketrampilan mempelajari Firman Tuhan.
  5. Doakan anggota Situs CWC agar Tuhan senantiasa memakai talenta mereka untuk memberkati banyak orang melalui tulisan yang disebarkan.


Mengenal YLSA
Kepak sayap YLSA di Internet sungguh bukan main-main. Totalitas dan konsistensi visi terbukti menjadikan SABDA.org situs Kristen terbesar dan terlengkap di Indonesia. Berikut ini adalah wawancara LIFE!crew dengan pemimpinnya, Yulia Oeniyati.
YLSA [Pelayanan SPIRITUAL secara Virtual]
Disadari ataupun tidak, Internet adalah sebuah gebrakan teknologi terbesar di penghujung abad kedua puluh. Tak bisa disangkal lagi, gebrakan ini telah mengubah gaya hidup manusia secara besar-besaran. Apa yang tadinya begitu sulit dilakukan orang, sebagian besar telah mendapatkan solusinya dengan bantuan Internet. Begitu pula halnya dengan pelayanan Kristen. Berkat Internet, pekabaran Injil di mana-mana semakin maju. Bahkan, jauh sebelum Internet dikenal, gejala ini nampaknya sudah diantisipasi oleh sekelompok orang yang rindu menyebarkan Firman Tuhan sesuai dengan keahlian mereka, yaitu di bidang teknologi informasi. Disatukan oleh visi yang sama, yaitu "Menjadi hamba elektronik bagi Tubuh Kristus," di kota Solo (Jawa Tengah) tahun 1993, orang-orang ini mulai merintis pelayanan dengan komputer sebagai media primernya. Karena itu lahirlah organisasi yang dinamai Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).
MELAYANI DI LAHAN BARU
"Kami terpanggil untuk melayani di bidang yang masih sedikit sekali digarap oleh yayasan lain," ujar Yulia Oeniyati, Th.M., yang sejak awal menjadi pimpinan YLSA. Yulia mengatakan bahwa YLSA ingin mengklaim teritori yang selama ini dianggap didominasi penuh oleh kekuatan dunia, yakni teknologi informasi, untuk Tuhan. Keputusan YLSA untuk mengembangkan pelayanan di Internet didasarkan atas pertimbangan matang. "Secara alamiah, Internet adalah media informasi baru yang relatif mudah, murah, dan cepat. Dengan bahan- bahan bermutu yang kami sediakan, kami rindu melihat semakin banyak orang Kristen diperlengkapi untuk belajar dan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan." Awalnya, Yulia tertarik melayani di bidang literatur karena kesukaannya membaca dan menulis. Melalui pelayanan YLSA, ibu berusia 44 tahun ini menyadari, visi pelayanannya dapat "dikloning" ke orang lain. "Dengan lebih banyak orang yang bersama-sama bekerja, tentu akan menghasilkan hasil yang jauh lebih besar buat Tuhan." Namun, memimpin 16 orang (15 di antaranya fulltime), dan puluhan relawan setia yang melayani di bawah bendera YLSA tentunya bukan hal yang mudah. "Membagikan visi, memberikan motivasi pelayanan yang benar, dan mendorong untuk mau hidup membayar harga bagi Tuhan, seringkali membuat saya pusing," ujar ibu rumah tangga yang mengasuh seorang putri ini. Ia melihat hal ini sebagai konsekuensi pemimpin Kristen. "Tapi," sambungnya segera, "sukacita yang saya dapatkan jauh lebih banyak daripada pusingnya."
YANG KURANG DAN YANG LEBIH
Semenjak awal pelayanannya, YLSA berkomitmen untuk membagikan semua bahan/publikasi dan membuka semua fasilitas pelayanan dan situsnya untuk digunakan oleh semua orang secara gratis. Bahkan, "produk" utama mereka, CD SABDA yang berisi software Alkitab, teks berbagai versi Alkitab dan "rak buku elektronik," dalam bahasa Indonesia, dibagikan cuma-cuma, tidak untuk dijual. "Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. (Matius 10:8b)" Itulah yang menjadi salah satu falsafah pelayanan YLSA. Padahal seluruh pendanaan YLSA hanya didukung oleh sumbangan para donatur. Pelayanan iman semacam ini tentu saja tidak selalu berjalan mulus. "Seringkali kami mengalami masa paceklik. Karena dana yang kami miliki pas-pasan, staf harus belajar hidup sederhana. Kami memang terlalu larut dalam pelayanan sampai-sampai tidak ada waktu untuk belajar bagaimana mencari dana. Tapi syukurlah, bantuan dari Tuhan lewat uluran tangan para donatur, relawan, dan orang-orang yang terbeban dalam pelayanan elektronik selalu datang tepat saat dibutuhkan," aku Yulia. "Kami punya empat masalah besar. Selain kurang dana, kami pun kekurangan SDM di bidang IT yang bisa diandalkan, dan selalu kekurangan waktu," keluh Yulia. Tapi menariknya, kendala yang keempat justru sangat berlawanan dengan tiga kendala sebelumnya (yang serba kekurangan). Kendala yang keempat ini, aku Yulia, justru muncul karena terlalu banyak kesempatan atau proyek yang belum ada tapi ingin dikerjakan oleh YLSA. "Mungkin karena terlalu kreatif," tegasnya. Karena itu YLSA sadar, hal utama yang harus mereka lakukan adalah berdoa, berdoa, dan berdoa. Selain itu, YLSA juga ingin membagikan visi dan bekerjasama dengan lebih banyak orang/organisasi lain. Yulia juga mengatakan bahwa dengan keterbatasan yang ada sekarang, maka YLSA hanya dapat mengerjakan apa yang paling perlu dikerjakan dengan sebaik mungkin.
MEMPERLENGKAPI PULUHAN RIBU JIWA
Jerih payah YLSA dari 1993 hingga sekarang ternyata menghasilkan buah yang manis. Puluhan ribu jiwa dari berbagai lapisan profesi: pendeta, hamba Tuhan, mahasiswa teologia, kaum profesional dan awam, telah mendapatkan manfaat dari CD SABDA. Sementara itu, situs-situs YLSA setiap bulannya rata-rata dikunjungi lebih dari 90 ribu kali. Publikasi-publikasi YLSA, seperti senarai I-KAN (Internet - Komputer Alkitab Network), dengan 12 milis publikasinya, total memiliki lebih dari 20 ribu anggota. Dengan hanya mengandalkan metode promosi secara online dan dari mulut ke mulut, prestasi ini jelas bukan main-main. Bayangkan jika YLSA memiliki cukup waktu, tenaga, dan dana untuk melakukan promosi yang lebih gencar. "Semoga jejak kami yang masih single fighter ini diikuti oleh lebih banyak lagi orang yang mau bersama-sama, bukan sendiri-sendiri, memenangkan mereka yang belum terjangkau melalui dunia virtual. Kami rindu nama Tuhan dimuliakan," harap Yulia. Sebagai pionir, YLSA telah sukses memberi teladan. Adalah tugas kita sekarang untuk menanggapinya.
4 GEBRAKAN YLSA
Sepanjang kiprahnya di dunia cyber, YLSA telah melakukan setidaknya empat gebrakan besar: TAHUN 1994. Program Alkitab yang disebut SABDA (Software Alkitab, Biblika dan Alat-alat) selesai dibuat meskipun baru disebarluaskan di tahun 2000. Saat itu, bahkan hingga saat ini, belum ada piranti lunak Alkitab dalam bahasa Indonesia yang secanggih dan selengkap SABDA versi 2.0. TAHUN 1997. Tanggap atas fenomena masuknya Internet ke masyarakat Indonesia, YLSA segera melebarkan sayap pelayanannya ke dunia cyber. YLSA menjadi yayasan Kristen pertama yang membangun situs dan membuka milis diskusi Kristen, menerbitkan publikasi elektronik, dan bahkan membuka pendidikan elektronik jarak jauh PESTA. Di tahun 2000, situs SABDA.org dan SABDAweb dengan puluhan ribu halamannya, juga dirilis untuk umum. TAHUN 2000-2004. YLSA membangun dan mengembangkan situs-situs besar yang menjadi pusat bahan (resource center) kekristenan online (lihat Daftar Situs-situs YLSA). Berbagai milis publikasi baru turut dibentuk seiring dengan pertumbuhan situs-situs Kristen ini. TAHUN 2005. SABDA versi 3.0 diluncurkan tahun ini dengan dimulai lewat SABDA.net. YLSA juga sedang merancang proyek super kamus Alkitab, proyek ITL (Interlinear), dan situs e-Library dan e-Learning untuk mendukung dua bidang pelayanan YLSA yakni Biblical Computing dan Digital Learning.
4 BIDANG PELAYANAN YLSA
Masyarakat Kristen Indonesia setidaknya punya empat kebutuhan besar untuk bisa berkembang dengan sehat tersedianya Alkitab bahasa Indonesia dalam berbagai versi, tersedianya alat-alat biblika untuk membantu penafsiran Alkitab yang bertanggung jawab, kemudahan akses ke sumber-sumber kekristenan, serta komunitas untuk bersama-sama membangun mental manusia Kristen yang suka belajar. Maka 4 langkah strategis YLSA untuk membantu pemenuhan kebutuhan-kebutuhan itu adalah:
  1. Biblical Computing (BC). Menyediakan berbagai versi Alkitab dan sumber bahan biblika untuk membantu menggali Alkitab.
  2. Digital Publishing (DP). Menyebarluaskan sumber bahan kekristenan dari semua bidang secara elektronik.
  3. Christian Community (DL). Membangun komunitas Kristen online sebagai wadah interaksi.
  4. Digital Learning (DL). Menyediakan fasilitas online bagi masyarakat Kristen untuk dapat belajar Alkitab bersama yang terarah.
DAFTAR SITUS-SITUS YLSA Daftar 12 Publikasi YLSA, dapat dilihat di ==> http://www.sabda.org/publikasi Anda yang tergerak untuk membantu pelayanan YLSA, silakan kontak: YLSA, Kotak Pos 25/SLONS 57135, Telp (0271) 719198, http://www.ylsa.org/ Email: Kontak-YLSA(at)sabda.org Sumber:
Judul Majalah: GetLife! Edisi Juli 2005
Penulis : Chriswan Sungkono
Halaman : 14 - 16


Blog SABDA
  1. Pembukaan Kursus Kelas Virtual PESTA Dengan sangat gembira kami ingin mengumumkan bahwa YLSA akan kembali membuka KURSUS KELAS VIRTUAL PESTA. Kami sangat berharap melalui kursus ini banyak orang Kristen yang boleh dibangunkan imannya dan juga pengetahuannya akan Firman Tuhan. Beberapa waktu yang lalu, kami telah mengumumkan tentang diluncurkannya Situs PESTA Online, yaitu situs yang menyediakan bahan-bahan kursus teologia untuk orang awam. Melalui situs ini peserta bisa men-download bahan-bahan tersebut gratis untuk dipelajari serta dikerjakan sendiri (self independent study). Dengan dibukanya Kursus Kelas Virtual PESTA, maka sekarang peserta juga bisa belajar bersama-sama dengan rekan-rekan lain dalam satu kelas dengan didampingi oleh seorang Moderator (hanya sebagai fasilitator) melalui sistem Milis (Mailing List - email). Kursus perdana yang akan dibuka adalah: KEHIDUPAN RASUL PAULUS (KRP). Kursus KRP ini terdiri dari 6 pelajaran, dan berlangsung 2 bulan, untuk mempelajari tentang latar belakang dan kehidupan Rasul Paulus. Pendaftaran peserta dimulai tgl. 1 Agustus dan akan ditutup 15 Agustus 2005 (atau kalau jumlah peserta 30 orang sudah terpenuhi). Biaya: Gratis. Berikut ini adalah syarat menjadi peserta Kelas Virtual PESTA:
    1. Mengisi Formulir Pendaftaran Kelas Virtual PESTA yang tersedia di: Situs PESTA Online: ==> http://www.pesta.org/
    2. Memiliki akses ke internet (minimal seminggu 3 kali).
    3. Belum pernah mengikuti pendidikan teologia formal (STT).
    4. Mengerjakan tugas menjawab semua pertanyaan dalam pelajaran yang diberikan.
    5. Berpartisipasi dalam diskusi secara aktif dan positif (taat pada peraturan diskusi).
    6. Memiliki sikap sportif dan keterbukaan untuk belajar.
    7. Mempunyai ketekunan untuk mengikutinya sampai akhir pelajaran.
    Jika ada di antara Sahabat YLSA yang tertarik untuk ikut belajar teologia, kami dengan senang hati akan menyambut Anda. Silakan mengisi Formulir di: ==> http://www.pesta.org/formulir.php-->
    atau menulis ke:
    ==> < staf-PESTA(at)sabda.org >.
  2. Penerbitan Berita SABDA Pada awal Agustus 2005 ini, YLSA juga meluncurkan milis publikasi baru, yang diberi nama: Berita SABDA, -- regenerasi dari buletin SABDA-Net-Info (SNOB) yang dulu pernah diterbitkan pada tahun 2000 saat CD SABDA© versi 2.0 diluncurkan. Kehadiran Berita SABDA ini diharapkan dapat menjadi sarana informasi untuk menyebarkan berita aktual tentang perkembangan SABDA©, terutama bagi para pengguna dan pendukung SABDA© (yaitu mereka yang telah memakai CD SABDA©, mengakses SABDAweb, ataupun men-download program/modul dari situs SABDA.net) serta proyek Biblical Computing yang dikerjakan dan dikelola oleh Yayasan Lembaga SABDA. Nah, bagi para Sahabat YLSA yang tertarik untuk menerima informasi tentang perkembangan SABDA©, silakan mendaftarkan diri ke: ==> <daftar-berita-sabda(at)hub.xc.org>
  3. Peluncuran Situs e-Buku Situs e-Buku adalah sebuah situs sederhana satu halaman yang berisi informasi tentang keberadaan buku-buku Kristen online yang disediakan YLSA untuk diakses oleh siapa saja yang membutuhkan. Buku-buku online tersebut bisa Anda baca atau Anda download. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silakan simak BERITA YLSA edisi ini di Kolom Gratis.


Appreciation
  1. Selamat Ulang Tahun untuk PPA Salah satu mitra pelayanan YLSA, Persekutuan Pembaca Alkitab (PPA), bersukacita karena pada 16 Juli 2005 telah genap berusia 36 tahun. Puji Tuhan! Perjalanan panjang yang sudah ditempuh tahun demi tahun membuktikan bahwa Tuhan selalu turut bekerja dalam pelayanan PPA. Keluarga besar YLSA mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN kepada PPA. Harapan kami, pelayanan PPA yang sudah, sedang, ataupun yang akan dijalankan dapat menjadi berkat kepada lebih banyak lagi orang, dan nama Tuhan semakin dimuliakan.
  2. Ucapan Terima Kasih untuk Anggota CWC Sejak pertama kali diluncurkan pada Oktober 2004 sampai sekarang, Situs CWC (Christian Writers\' Club) telah memiliki cukup banyak anggota dan menerima berbagai tulisan karya anggota. Oleh karena itu, Keluarga besar Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mengucapkan terima kasih kepada semua anggota CWC yang telah berpartisipasi untuk memajukan Situs CWC melalui artikel-artikel yang dikirimkan. Kami percaya artikel yang Anda kirimkan tersebut dapat memberi berkat bagi orang-orang yang membacanya. Teruslah berkarya bagi Tuhan!
  3. Ulang Tahun Staf YLSA Bulan Juli merupakan bulan yang istimewa bagi salah satu staf YLSA. Christiana Ratri Yuliani, Pemimpin Redaksi Milis Publikasi e-Konsel, pada 3 Juli 2005 tepat berusia 24 tahun. Kami turut bersukacita atas kebahagiaan yang dirasakan. SELAMAT ULANG TAHUN Ratri ... cepat selesaikan skripsinya ya :) Kiranya, kasih karunia Tuhan melingkupi hidupmu hari demi hari.


Laporan Keuangan
LAPORAN AKTIVITAS KEUANGAN YLSA Juli 2005
A. SUMBANGAN
Gunawan & Kristina RP.1.000.000,00(06/07/'05)
Putut Indrayana (Purwakarta - BCA) Rp. 50.000,00(02/07/'05)
Tantono Subagyo (Tangerang - BCA) Rp. 100.000,00(09/07/'05)
TELAGA (Malang - BCA) Rp. 500.000,00(14/07/'05)
Sugeng Wiharja (BCA) Rp. 200.000,00(20/07/'05)
Siani Hataci (Bandung - BCA) Rp. 1.000.000,00(21/07/'05)
Yusak Tamtama, ST (Batu - BCA) Rp. 100.000,00(22/07/'05)
Rudy Samuel (Solo - Danamon) Rp. 100.000,00(07/07/'05)
Bunga Bank Rp.1.922,00
Pendapatan Lain-lain Rp. 90.000,00
   
TOTAL PEMASUKANRp.3.141.922,00
B.Pengeluaran
1. Biaya Operasional        Rp.2.139.226,00
2. Biaya Kepegawaian Rp.8.935.000,00
   
TOTAL PENGELUARANRp.11.074.226,00
  Ucapan Terima Kasih
Kami mengucap syukur untuk Sahabat-sahabat YLSA yang setia mendukung pelayanan YLSA lewat dana dan doa. Kiranya, kasih Allah selalu melimpah dalam hidup dan pelayanan Anda. Bagi Sahabat-sahabat YLSA yang tergerak untuk berpartisipasi mendukung dana bagi pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:
YAYASAN LEMBAGA SABDA
a.n. Yulia Oeniyati
- Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579
atau
- Bank Danamon Cabang Nusukan Solo
No. Rekening: 1693530



Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi: Yulia, Tesa, Dhono, Kris, Endah, Evi, Ary, dan Elly
Alamat berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Untuk berhenti berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Untuk kirim bahan/pertanyaan :Kirim e-mail ke staf Redaksi <berita-ylsa(at)sabda.org>
Arsip Berita YLSA: http://ylsa.org/berita_ylsa

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA.
Didistribusikan melalui sistem network I-KAN.
Copyright(c) Berita YLSA 2005
YLSA -- http://www.ylsa.org/

Comments