Berita YLSA Juli -- Agustus 2019

Editorial

Selamat bertemu lagi dalam kasih Tuhan Yesus Kristus,

Pada bulan peringatan 74 Tahun Kemerdekaan Indonesia ini, kita semua patut bersyukur karena Tuhan masih memberikan anugerah kelimpahan kepada bangsa Indonesia. Kiranya kesempatan melayani dan memberitakan firman Tuhan di negara kita tercinta ini terus kita gunakan sebaik-baiknya.

Dalam rangka menyambut ulang tahun ke-25 YLSA pada Oktober 2019, kami menyiapkan beberapa produk pelayanan sebagai "kado" ulang tahun. Ada beberapa yang sudah selesai dikerjakan, seperti situs Raja Kemuliaan, situs Khotbah.Co, dan Komik Kisah Kasih Abadi Perjanjian Baru. Silakan simak penjelasannya di kolom Berita. Doakan untuk beberapa proyek yang masih sedang dikerjakan, seperti situs "The New SABDA.org", versi cetak Komik Kisah Kasih Abadi untuk Natal, dll.. Kiranya Tuhan menolong dengan memberikan kemampuan dan kebijaksanaan sehingga semua tugas bisa dikerjakan dengan efektif dan efisien. Dukungan doa dan dana dari Sahabat dan Pendukung YLSA sangat berarti bagi kami.

Selamat melayani Tuhan, Allah kita yang Mahabaik.

Yulia

Dalam anugerah-Nya,
Ketua Badan Pembina YLSA,
Yulia Oeniyati
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

1. Tim ITS Mengerjakan Proyek The New SABDA.org

Ultah 25 Tahun SABDA

Menyambut ulang tahun ke-25 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA), tim ITS YLSA bekerja keras untuk mengerjakan "The New SABDA.org". Ini akan menjadi pintu/hub rumah digital kekinian yang akan menolong tubuh Kristus mengakses berbagai bahan kekristenan dan untuk lebih menjangkau generasi digital. Semoga "The New SABDA.org" dapat menjadi cermin perkembangan, proyek-proyek, resources, dan pelayanan YLSA yang ada sekarang. Mohon doakan agar Tuhan menolong seluruh tim YLSA untuk bersama-sama mengerjakan proyek ini dengan baik dan menyelesaikannya sesuai target yang sudah ditetapkan.

2. Proyek Raja Kemuliaan -- King of Glory

Raja Kemuliaan

Situs Raja Kemuliaan (King of Glory) sudah siap untuk Anda! Dapatkan 70 klip kisah Alkitab berbahasa Indonesia yang dikelompokkan ke dalam 15 episode dengan total durasi 222 menit. Raja Kemuliaan berisi film yang mengisahkan tentang Allah, rencana-Nya untuk menyelamatkan manusia, Isa, Injil, dan gereja mula-mula. Dengan narasi yang menggugah pikiran dan perpaduan yang serasi antara gambar bergerak, animasi diam, dan video yang memukau, film ini pasti akan disukai oleh pemirsa dari segala usia. Proyek ini merupakan kerja sama antara YLSA dengan yayasan Rock International, dan kami mencoba untuk menyelesaikannya sebelum Oktober 2019 supaya bisa menjadi kado ulang tahun ke-25 YLSA. Kami bersyukur karena beberapa tahun belakangan ini, Tuhan memberi kesempatan kepada YLSA untuk bermitra dengan lembaga-lembaga pelayanan internasional dengan mengerjakan bahan-bahan multimedia, seperti proyek Raja Kemuliaan ini. Mohon dukungan doanya agar situs ini dapat dikembangkan dan dilengkapi untuk menjadi alat studi Alkitab yang lengkap.

3. Situs Bahan Khotbah -- Khotbah.Co

Khotbah.Co

Kabar gembira bagi para pengkhotbah Indonesia! Tim Digital Learning dan tim ITS YLSA melakukan upgrade untuk situs Khotbah.Co. Situs ini menyediakan berbagai perlengkapan, referensi, dan panduan untuk para pengkhotbah, sekaligus bagaimana aplikasinya dalam pelayanan khotbah. Bahan-bahan baru pun masih akan terus ditambahkan. Doakan agar Tuhan memakai situs Khotbah.Co untuk menolong para pengkhotbah menyiapkan pelayanan firman dengan baik seturut kehendak Tuhan. Berkaitan dengan bahan-bahan khotbah, kami juga sedang mempersiapkan situs Pendeta.Co yang kami harap bisa mendampingi para pendeta untuk semakin bersemangat dalam menjalankan panggilannya.

4. Proses Cetak Komik Kisah Abadi untuk Perayaan Natal

Komik Kristus 1 & 2

Apakah Anda masih ingat berita yang kami pasang beberapa bulan yang lalu tentang Komik Kisah Kasih Abadi hasil kerja sama antara YLSA dan Kingstone International? Untuk menyiapkan perayaan Natal, yang tinggal dalam hitungan bulan ini, tim SABDA Komik tengah memproses Komik Kisah Kasih Abadi Kristus 1: Yesus Lahir dan Kristus 2: Masa Kecil untuk dicetak dan dijadikan hadiah Natal yang menyenangkan. Kedua kisah yang dipilih ini adalah narasi dari peristiwa agung kedatangan Kristus ke dunia dan masa kecil-Nya sesuai dengan yang dikisahkan dalam Alkitab. Ini adalah Alkitab dalam versi komik untuk menolong generasi digital membaca Alkitab dengan cara yang cocok bagi mereka. Buku komik Kristus Lahir dan Masa Kecil edisi cetak ini bisa Anda dapatkan secara berbayar. Untuk informasi pemesanannya, Sahabat dan Pendukung YLSA dapat menghubungi ylsa@sabda.org. Mohon dukungan doanya agar proses cetak dapat selesai sesuai jadwal yang kami tetapkan. Untuk versi digitalnya, seri Komik Kisah Kasih Abadi Perjanjian Baru (22 buku) sudah bisa Anda baca dengan berkunjung ke Komik.APP!

5. Diskusi Buku Menemukan Kehendak Allah di Klub e-Buku SABDA

Diskusi Buku Menemukan Kehendak Allah

YLSA akan kembali melangsungkan diskusi buku dengan sarana Facebook Grup Klub e-Buku SABDA (KBS). Buku yang dipilih untuk didiskusikan kali ini berjudul Menemukan Kehendak Allah karya Sinclair B. Ferguson yang diterbitkan oleh Momentum. Kami membuka pendaftaran bagi para peserta yang berminat mulai sekarang. Diskusi ini akan berlangsung pada 28 Oktober -- 29 November 2019. Sahabat dan Pendukung YLSA dapat menghubungi admin di penulis@sabda.org untuk mendaftarkan diri menjadi peserta diskusi. Mari segera mendaftar karena kelas ini dibatasi hanya untuk 30 peserta. Tingkatkan kegiatan literasi Anda untuk bertumbuh dalam Tuhan!

Mengenal YLSA

YLSA dalam Communicative Preaching Conference di Solo

Solo Preaching Conference

Seperti yang sudah kami beritakan di atas, YLSA baru saja meluncurkan tampilan baru situs Khotbah.Co yang menyediakan perlengkapan dan bahan-bahan digital bagi para pengkhotbah. Proyek ini lahir bertepatan dengan kegiatan Communicative Preaching Conference di Solo pada 12 -- 14 Agustus 2019. Kami bersyukur kepada Tuhan karena pembicara seminar ini, Pdt. Benny Solihin, dan panitia memberikan kesempatan kepada YLSA untuk menginformasikan mengenai situs Khotbah.Co kepada 150 peserta seminar, yang sebagian besar adalah pendeta/hamba Tuhan. Berikut ini adalah blog dari salah satu staf YLSA yang diutus untuk mengikuti kegiatan ini. Kiranya menjadi berkat!

Pengalaman yang Berharga -- Communicative Preaching Conference
Oleh: Romauli Br Marpaung

Senang sekali saya bisa kembali menyapa Sahabat SABDA melalui tulisan di Blog SABDA. Kali ini, saya akan berbagi pengalaman saat mengikuti Communicative Preaching Conference di Gereja Kristen Kalam Kudus Surakarta pada 12 -- 14 Agustus 2019. Selain saya, dari YLSA ada pula Ibu Yulia, Evie, dan Danang. Seminar ini terdiri dari 12 sesi yang semua materinya disampaikan oleh pembicara yang sudah berkecimpung dalam dunia preaching, yaitu Pdt Benny Solihin, M.Th., D.Min..

Pada hari pertama, Pdt. Benny Solihin menjelaskan tentang tujuan dari seminar khotbah komunikatif, standar khotbah yang baik, dasar-dasar pemahaman tentang teknik penyampaian khotbah, tujuan penyampaian khotbah, keberatan teknik penyampaian khotbah, analisis pendengar masa kini, dan khotbah yang komunikatif. Pada hari kedua, beliau menyampaikan tentang teknik pengucapan kalimat dan bahasa tubuh. Dan, pada hari yang ketiga, beliau menjelaskan tentang pembacaan Alkitab, cara bercerita, dan testimoni. Sesi demi sesi dijelaskan oleh beliau dengan jelas dan peserta bersemangat dan sangat antusias mengikutinya. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang muncul dari para peserta. Saya yakin para peserta, baik hamba-hamba Tuhan maupun pelayan-pelayan gereja, menyadari kelemahan mereka dalam menyampaikan khotbah yang komunikatif, khususnya ketika berkhotbah kepada kaum milenial.

Pembicara berkata, "Seorang pengkhotbah adalah pelayan dari isi khotbahnya tersebut." Jadi, sangat perlu disadari bahwa isi khotbah yang baik harus disampaikan dengan sarana penyampaian yang baik pula. Selain itu, perlu diingat bahwa ketika menyampaikan khotbah, berita khotbah itulah yang harus dilihat/ditangkap dengan jelas oleh jemaat, bukan pembawa beritanya. Jadi, amanat teks yang didapatkan oleh pengkhotbah, yang disimpulkan menjadi amanat khotbah, harus dapat menggugah dan mentransformasi jemaat atau orang yang mendengarkan sehingga mereka mengalami Tuhan melalui firman yang mereka dengar.

Tim SABDA dan Pdt. Benny Solihin

Selama tiga hari itu, saya mendapat banyak berkat dari setiap materi yang disampaikan. Poin-poin yang disampaikan menyadarkan saya bahwa saya harus memiliki kualitas yang baik dari sisi konten khotbah (firman Tuhan) dan dari sisi teknik penyampaian khotbah. Sebelum mengikuti seminar, saya berpikir bahwa berkhotbah itu adalah sebuah tugas yang mudah, tetapi setelah mengikutinya, saya semakin sadar bahwa dibutuhkan disiplin untuk berlatih dan harus terus bergumul dengan teks firman Tuhan. Kesadaran itu mengubah paradigma saya yang salah tentang berkhotbah. Panggilan untuk berkhotbah adalah hal yang mulia. Betapa berdosanya saya jika saya tidak memberikan khotbah yang sesuai dengan standar yang baik (alkitabiah, relevan, komunikatif, kristosentris, dan autentik). Saya juga belajar bahwa salah satu bentuk menyampaikan khotbah adalah dengan bercerita karena Tuhan Yesus sendiri banyak berkhotbah dengan bercerita. Ini menjadi teguran yang keras agar saya lebih disiplin belajar firman Tuhan dan meningkatkan kemampuan saya dalam menyampaikan firman Tuhan. Sebelum Pdt. Benny menutup seminar, beliau berkata, "Seorang pengkhotbah yang dapat mempergunakan bahasa tubuhnya (termasuk suara) dengan baik akan membuat khotbahnya jauh lebih komunikatif."

Pada akhir seminar, Pdt. Benny Solihin mempersilakan Ibu Yulia selaku Ketua Badan Pembina YLSA untuk memberikan informasi mengenai situs Khotbah.Co yang baru di-upgrade oleh tim ITS pada hari itu. Para peserta mendapatkan satu lembar cheat sheet yang berisi daftar bahan untuk mempersiapkan dan menyampaikan khotbah yang dapat diperoleh secara online. Saya bersyukur sekali untuk pertolongan Tuhan karena YLSA bisa berbagi apa yang dimiliki sehingga bahan-bahan yang ada bisa dipakai oleh setiap hamba Tuhan yang datang dalam acara tersebut. Tuhan Yesus hebat! Dia adalah pengatur segala hal yang mendatangkan kebaikan demi kemuliaan-Nya. Amin.

Suara Sahabat YLSA

Kesan dari Peserta Diskusi Online di Media Sosial YLSA

Pada 2019 ini, YLSA menambah program-program diskusi online melalui media-media sosial YLSA. Tujuannya adalah agar para pembaca dan pengguna dapat semakin engage dengan bahan-bahan yang sudah kami pasang di situs atau platform-platform lainnya. Berikut ini adalah beberapa kesaksian peserta yang mengikuti diskusi-diskusi tersebut. Kiranya menjadi berkat! Untuk mendapatkan informasi mengenai diskusi-diskusi yang akan diadakan melalui medsos YLSA, silakan hubungi kami di ylsa@sabda.org.

Melli Lo

Saya sangat bahagia menjadi bagian dalam grup ini, khususnya saat mengikuti diskusi pendidikan anak. Saya berharap e-Wanita mengadakan diskusi-diskusi lagi dengan topik berbeda, khususnya tentang bagaimana kita harus hidup layak di hadapan Tuhan dan manusia sebagai WANITA ALLAH. Dengan demikian, grup ini dapat memunculkan wanita-wanita teguh dan kokoh dalam iman, ibu-ibu yang kuat dalam mempersiapkan generasi yang takut akan Tuhan, menjadi istri yang adalah penolong bagi suami, dan menjadi pribadi yang melayani dan mengasihi Tuhan dengan segenap hati, bukan sekadar menjadi pelayan gereja. Kiranya grup ini benar-benar menjadi wadah yang bermanfaat bagi kita semua sehingga kita tidak sekadar buang waktu percuma. Salam kasih.

[Melli Lo -- Diskusi FB Wanita Kristen: Mengapa Kita Mendidik Anak-Anak Perempuan Kita]

Josep E.

Terima kasih, saya senang mengikuti diskusi yang telah diselenggarakan dan menantikan diskusi selanjutnya. Tuhan memberkati.

[Joshua Eris Hartanto -- Diskusi FB Murid21: Hadiah Terbesar yang Dapat Diberikan Seorang Ibu Kepada Anak Perempuannya]

Jannes P.

Diskusi berjalan dengan baik, komentar rekan-rekan mudah dipahami, semakin menambah wawasan bahkan menumbuhkembangkan iman percaya saya tentang karya Allah, dan berharap semakin dewasa di dalam mengiring Tuhan. Akhirnya, terima kasih yang tak terhingga kepada admin, moderator, dan rekan-rekan atas atensinya pada diskusi ini. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

[Jannes Pardede -- Diskusi di FB Paskah: Kebangkitan Kristus, Masa Depan Kita]

renoluhulima

Kesanku, komik Alkitab ini sangat menarik. Aku baru tahu, ada akun seperti ini (maklum, aku kurang update hehehe). Tapi, yang jelas dengan adanya akun seperti ini bisa membuat anak-anak ataupun orang Kristen lainnya lebih mudah dalam merefleksikan bacaan Alkitab karena cara penyampaian lebih mudah dipahami. Sekali-kali, aku boleh ya, print gambar dari @sabdakomik untuk bahan mengajar sekolah minggu. Terus berkarya ya, Kak, terus bersyukur, andalkan kuasa Tuhan selalu. Tuhan Yesus memberkati!

[@renoluhulima -- Diskusi IG SABDA Komik: Kesan tentang Komik Alkitab]

Arief K.

Melalui diskusi ini, saya mendapat berkat kembali diingatkan untuk terus mendekat kepada Tuhan karena pencobaan (yang ternyata sangat berbahaya) selalu akan kita hadapi. Hanya dengan kekuatan dari Tuhanlah, kita bisa mengatasi semua pencobaan. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah aktif berdiskusi. Tuhan memberkati kita semua.

[Arief Kristianto -- Diskusi FB KBS: Beating The Burnout Trap]

Laporan Keuangan

Juli 2019
Total Sumbangan Juli 2019 : Rp33.710.157,00
Total Pengeluaran Juli 2019 : Rp66.580.641,00

Rincian Laporan Keuangan Juli 2019

Perkembangan pelayanan YLSA tidak terlepas dari campur tangan Tuhan dan dukungan dari para Sahabat dan Pendukung YLSA, baik dalam doa maupun dana. Kami sangat bersyukur atas hal ini. Kiranya Tuhan terus menyertai pelayanan YLSA dan mencukupkan dana yang diperlukan untuk kebutuhan pelayanan. Mari tingkatkan semangat kita untuk ambil bagian dalam pelayanan dana ini. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments