Berita YLSA Juni -- Juli 2017

Daftar Berita: 


[Dari YLSA!]
[Blog YLSA!] : 1. Asyik, TED Staf YLSA Lagi!
  : 2. Pengalaman Mengikuti Raker Mini YLSA 2017
  : 3. Pelajaran dari Artikel: Carilah Hobi dan Sunyi
[Berita dan Doa YLSA!] : 1. Tim ITS Mengembangkan Aplikasi Berbasis iOS
  : 2. Ulang Tahun SABDA Space ke-10
  : 3. Aplikasi Android dari Tim Pembinaan YLSA
  : 4. Tim Pendidikan Kristen YLSA Menyelenggarakan +TED @SABDA
[Mengenal YLSA!] : Highlight Pelayanan SABDA dalam Semester II/2017
[Surat Sahabat YLSA!] : Kesaksian Peserta Diskusi Facebook Group Bio-Kristi
[Laporan Keuangan YLSA!] : Laporan Keuangan YLSA Bulan Juni 2017

Editorial: 

Salam sejahtera para Sahabat dan Pendukung YLSA,

Puji Tuhan, setengah tahun (semester I) dari 2017 sudah kami lalui. Ada banyak berkat yang telah Tuhan curahkan bagi pelayanan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Kami percaya berkat Tuhan juga sudah dicurahkan untuk para Sahabat dan Pendukung YLSA.

Memasuki semester II 2017, kami bersyukur karena Tuhan memberi semangat untuk kami terus mengembangkan pelayanan masing-masing tim di YLSA. Dalam edisi Berita YLSA ini, Anda akan melihat highlight rencana-rencana semester II. Doakan supaya rencana-rencana ini Tuhan sendiri yang memilih dan mengatur sehingga dapat kami laksanakan sebaik mungkin. Untuk itu, kami juga rindu mendoakan rencana-rencana para Sahabat dan Pendukung YLSA agar hidup kita semua dipimpin oleh Tuhan.

Yulia

Yulia Oeniyati
Pemimpin YLSA
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org


Blog YLSA: 
Juni -- Juli 2017

Berikut blog-blog pelayanan, peristiwa, dan informasi dari balik layar Yayasan Lembaga SABDA yang ditulis pada Juni -- Juli 2017.

  1. Asyik, TED Staf YLSA Lagi!
  2. Pengalaman Mengikuti Raker Mini YLSA 2017
  3. Pelajaran dari Artikel: Carilah Hobi dan Sunyi
Berita dan Doa YLSA: 

1. Tim ITS Mengembangkan Aplikasi Berbasis iOS

Logo iOS

Setelah melakukan banyak pengembangan aplikasi berbasis Android, pada akhir semester I/2017 ini, tim ITS mulai mengembangkan aplikasi berbasis iOS. Sebagian aplikasi Android SABDA dikembangkan dengan menggunakan Scripture App Builder (SAB). Versi SAB terbaru saat ini sudah dibuat untuk pengembangan aplikasi berbasis iOS. Aplikasi pertama yang dikembangkan untuk purwarupa aplikasi iOS adalah bahan Renungan Oswald Chambers (ROC). Mohon dukungan doa agar proyek ini dapat segera menyusul proyek-proyek yang lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kristen Indonesia pengguna iOS.

2. Ulang Tahun SABDA Space ke-10

Bulan Juli menjadi awal pelayanan semester II tim Penjangkauan dan menjadi bulan sibuk, khususnya untuk tim pengelola komunitas blogger Kristen SABDA Space (SS). Pasalnya, SABDA Space akan merayakan ulang tahun ke-10 pada 31 Juli mendatang. Pada ulang tahun sebelumnya, kami pernah mengadakan acara kopi darat (kopdar), lomba menulis puisi, lomba blog, situs SS berpenampilan baru, dsb.. Sesuai dengan perkembangan tren-tren teknologi, maka pada ulang tahun kali ini, panitia menetapkan untuk mengadakan lomba vlog bagi para blogger SS. Kami berharap pada usia yang semakin banyak ini, semakin banyak pula blogger Kristen yang rindu menjangkau jiwa-jiwa bagi Tuhan melalui karya mereka. Karena itu, ikutilah kabar selengkapnya di situs SABDA Space dan bergabunglah untuk mendukung acara ulang tahun SS ini. Melalui doa, panjatkanlah permohonan agar komunitas SS semakin efektif bagi kepentingan Injil-Nya.

3. Aplikasi Android dari Tim Pembinaan YLSA

Aplikasi Android Tim Pembinaan

Tim Pembinaan YLSA memiliki beberapa aplikasi kristiani yang akan memperlengkapi kehidupan rohani masyarakat Kristen Indonesia, yaitu Aplikasi Renungan PSM (Pagi, Siang, Malam), Renungan Oswald Chambers, Pokok Doa Operation World, dan Cerita Injil Audio. Keterangan lengkap mengenai keempat aplikasi ini dan bagaimana mendapatkannya dapat dilihat dalam situs android.sabda.org. Empat aplikasi yang berisi bahan-bahan alkitabiah dan bermutu ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu-waktu teduh kita. Mari, dukung dalam doa untuk pemanfaatan keempat aplikasi ini bagi kehidupan rohani masyarakat Kristen Indonesia supaya dapat menjadi sarana pembinaan bagi perkembangan Kerajaan Allah. Silakan bagikan informasi tentang keempat aplikasi ini kepada rekan-rekan dan kenalan Anda sehingga semakin banyak orang percaya bersekutu dengan firman Tuhan dengan memakai gawai mereka.

4. Tim Pendidikan Kristen YLSA Menyelenggarakan +TED @SABDA

TED Pemuridan Abad 21

Acara +TED @SABDA telah menjadi acara rutin YLSA setiap 3 bulan sekali sejak Januari 2017. Pada 4 Agustus 2017, YLSA akan kembali menyelenggarakan +TED @SABDA dengan tema "Pemuridan Abad 21". Melalui tema ini, kami berharap peserta yang hadir akan semakin memahami pentingnya pelayanan pemuridan yang alkitabiah, khususnya pada abad ke-21 ini. Topik-topik seputar tema ini akan disampaikan oleh tujuh presentator yang menggeluti pelayanan pemuridan. Bagi sahabat dan pendukung YLSA yang tertarik untuk hadir dan berpartisipasi, silakan menghubungi kami melalui WA/Telegram di 08812979100. Silakan ajak juga teman-teman Anda yang tinggal di Solo untuk hadir. Kami tunggu kehadiran Anda.

Mengenal YLSA: 


Highlight Pelayanan SABDA dalam Semester II/2017

Dari hasil Rapat Kerja (Raker) tengah tahun YLSA pada Juni 2017, setiap tim telah menyusun rencana kerja untuk semester berikutnya. Berikut ini adalah highlight pelayanan YLSA semester II/2017. Kiranya menjadi informasi yang bermanfaat bagi Sahabat dan Pendukung YLSA.

Divisi ITS

Logo Alkitab Pintar

  1. Proyek Alkitab Pintar (Alkitab SABDA Next Generation)
    • Pembangunan infrastruktur.
    • Pemrosesan data (indexing, data topikal, dsb.).
    • Pengembangan intelligent search (parsing) Alkitab.
    • Pengembangan situs AYT.
  2. Proyek Media Alkitab.
    1. Media Alkitab dalam DVD.
    2. Halaman Media dalam situs Alkitab SABDA.
  3. Pengembangan aplikasi-aplikasi SABDA berbasis iOS dengan SAB.

Tim Proyek Alkitab SABDA (PAS)

Proyek Alkitab SABDA (PAS)

  1. Editing AYT PL Tahap 5 dan PB Tahap 9.
  2. Penyusunan dan pencetakan kartu Program Anda Punya Waktu Perjanjian Lama.
  3. Penyelenggaraan +TED @SABDA untuk Biblika.
  4. Roadshow #Ayo_PA! dan Pelatihan Software SABDA di Indonesia dan luar negeri.

Tim Penjangkauan

  1. Program ulang tahun SABDA Space ke-10.
  2. Video klip e-Leadership.
  3. Swipeable carousel (Instagram) bahan-bahan konseling.
  4. Bahan multimedia: PowerPoint bahan Biografi Tokoh Kristen/Wanita.

Tim Pembinaan

  1. Edisi Khusus e-Reformed (Oktober) memperingati 500 tahun reformasi gereja.
  2. Diskusi FB Grup e-Reformed (Oktober/November).
  3. Membuat bahan-bahan Natal untuk jalur multimedia: quotes gambar, Infografis, Audio artikel Natal, GIF, dan Video.

Tim Pendidikan Kristen

e-Learning PESTA

  1. Penyelenggaraan +TED @SABDA Pemuridan Abad 21.
  2. Kelas-kelas PESTA dengan situs Moodle (kelas DIK).
  3. Roadshow mini tim PK "Digital Learning dengan DVD SABDA" di gereja/STT di Solo.

Tim Aplikasi Teknologi (ApTek)

  1. Penerbitan Publikasi IT-4-GOD secara rutin dan tepat waktu.
  2. Pengembangan komunitas Apps4God melalui diskusi-diskusi dalam media sosial.
  3. Bahan-bahan multimedia seputar IT-4-GOD: PPT, Video, dan Infografis.

Tim Multimedia

Format dan Jalur Baru Multimedia

  1. Pemetaan bahan-bahan media untuk sentralisasi data.
  2. Video-video dokumentasi seminar dan roadshow YLSA.
  3. Format dan jalur baru bahan-bahan multimedia (swipeable carousel (Instagram), quote gif, Pinterest).
  4. Pengembangan komunitas SABDA Multimedia.

Mohon dukungan dari Sahabat dan Pendukung YLSA semuanya agar rencana-rencana di atas dapat dikerjakan dengan baik. Kiranya Tuhan memimpin kami untuk bekerja sesuai dengan rencana dan kehendak-Nya. Melihat banyaknya pekerjaan, doakan agar Tuhan mengirim pekerja-pekerja-Nya yang baru ke ladang pelayanan digital YLSA. Terima kasih.

Surat untuk YLSA: 

Kesaksian Peserta Diskusi Facebook Group Bio-Kristi

Pada Maret 2017, tim Penjangkauan melangsungkan beberapa diskusi daring melalui Facebook Group. Salah satu diskusi yang dilangsungkan adalah mengenai tokoh Yefta dalam Facebook Group Bio-Kristi. Berikut ini adalah kesaksian dari salah satu peserta FB Group Bio-Kristi, Teti Zebua, mengenai berkat yang didapatkannya.

Gambar: Yefta

"Dear Ibu Teti, terima kasih untuk partisipasi aktifnya dalam diskusi Yefta di FB Grup Bio-Kristi ...," demikianlah pesan dari Mbak Okti sesaat setelah diskusi mengenai tokoh Yefta tersebut selesai. Meski saya tidak terlalu suka dipanggil ibu, tetapi saya sangat menyukai keramahtamahan yang beliau berikan kepada semua peserta diskusi.

Mengupas tentang Yefta sebagai salah seorang hakim di antara bangsa Israel, ingatan saya melayang pada kisah seorang teman yang baru saja kehilangan semua hal berharga dalam hidupnya, sanak saudara, istri, dan pekerjaannya, dikarenakan ia memutuskan untuk memercayai Yesus dan meninggalkan kepercayaan lamanya. Betapa menyakitkan dibuang oleh keluarga sendiri. Diusir dari rumah dan kehilangan segalanya. Bertolak dari kisah teman saya itu, saya membayangkan Yefta yang diusir dari rumah ayahnya oleh saudara-saudaranya. Ia pasti sangat sakit hati dan mungkin berjanji tidak akan kembali lagi ke rumahnya ataupun tanah kelahirannya. Namun, sesuatu yang lain terjadi dan itu sungguh mengubahkan hidupnya.

Saya membuka Alkitab saya berdasarkan ayat mula-mula yang dipaparkan oleh Mbak Okti, yakni di Hakim-Hakim 11:29-31. Dari sana, saya mengetahui bahwa kisah tentang Yefta ada dalam kitab Hakim-Hakim. Meski awalnya, saya sempat kebingungan dan bertanya-tanya bagaimana dan seperti apa jalannya diskusi tersebut karena poin materi yang diberikan langsung merujuk pada inti kehidupan Yefta. Sebagai orang awam yang belum mengetahui tentang detail keseluruhan kisah di Alkitab, saya merasa kebingungan awalnya, tetapi ketika menggunakan clue ayat yang ada, saya akhirnya dapat memahami kisah perjalanan kehidupan seorang tokoh pahlawan iman Yefta ini ....

.... Pada intinya, setiap kesempatan yang diberikan Tuhan kepada kita untuk memulai segala sesuatu yang baru dalam hidup akan memimpin pada kehormatan dan kemuliaan yang Tuhan sendiri sediakan bagi kita. Hanya jika kita terus berpegang kepada-Nya, memercayai-Nya, dan terus mengarahkan pandangan kita hanya kepada-Nya. Taat dan setia pada pimpinan-Nya.

Meski diskusi ini berakhir, saya bersyukur menjadi bagian dari pengalaman iman Yefta dan juga sharing pengalaman dari teman-teman peserta lainnya. Alangkah lebih baik jika di bagian akhir sesi diskusi, moderator memberi kesimpulan dari semua rangkuman pendapat dalam diskusi tersebut.

[Selengkapnya dalam Blog SABDA: Yang Terbuang Namun Pahlawan]

Laporan Keuangan YLSA: 

Laporan Keuangan YLSA Bulan Juni 2017

Total Sumbangan Juni 2017: Rp153.814.276,00

Total Pengeluaran Juni 2017: Rp151.988.509,00

Puji Tuhan, para Sahabat dan Pendukung YLSA telah dipakai Tuhan untuk menjadi saluran berkat sehingga kebutuhan dana YLSA dapat dipenuhi. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan dan memuliakan nama-Nya.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

a.n. Yulia Oeniyati/ Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

atau

Yayasan Lembaga SABDA/ Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355