Berita YLSA Mei -- Juni 2017

Daftar Berita: 


[Dari YLSA!]
[Blog YLSA!] : 1. Kunjungan SABDA ke Kota Pelajar (GKI Ngupasan)
  : 2. Bertumbuh dan Berkembang di SABDA
  : 3. Pengalaman Mengikuti Seminar "Gereja Misi Dunia"
  : 4. Pelayanan SABDA di Pontianak
[Berita dan Doa YLSA!] : 1. YLSA Mengadakan Raker Tengah Tahun 2017
  : 2. Roadshow SABDA di GKI Ngupasan, Yogyakarta
  : 3. Tim ITS YLSA Mengerjakan The Bible Projects (TBP)
  : 4. Tim Penjangkauan Mempersiapkan Pelayanan Semester II 2017
  : 5. Staf Magang dari Universitas Petra, Surabaya
[Mengenal YLSA!] : YLSA dan Pelayanan Misi
[Surat Sahabat YLSA!] : Vlog Kesaksian Pengguna Traktat Tuhan Yesus Menyelamatkanmu
[Laporan Keuangan YLSA!] : Laporan Keuangan YLSA Bulan Mei 2017

Editorial: 

Salam sejahtera para Sahabat dan Pendukung YLSA,

Tak terasa setengah tahun dari 2017 sudah kita lalui. Saatnya seluruh tim pelayanan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) memanen hasil dan membuat evaluasi sudah tiba. Secara keseluruhan, hasil memuaskan dan kami bersyukur untuk semua pertolongan Tuhan. Namun, kami juga mencatat ada beberapa kegagalan, atau hasil yang kurang memuaskan. Salah satu sebab adalah berkurangnya jumlah staf pada akhir semester I ini. Karena itu, tak henti-hentinya kami memohon dukungan doa dari para Sahabat dan Pendukung YLSA agar Tuhan mengirim pekerja-pekerja-Nya sehingga kami bisa melakukan pelayanan yang lebih banyak lagi. Sementara pekerja belum dikirim Tuhan, kami akan tetap setia menjalankan panggilan-Nya karena kami tahu masih banyak jiwa yang perlu dijangkau dan dibina. Melalui berita-berita dan kesaksian yang kami tuliskan dalam edisi Mei -- Juni ini, kami mengajak para Sahabat dan Pendukung YLSA untuk terus bersyukur dan berdoa bagi pelayanan YLSA. Tuhanlah yang empunya ladang ini. Karena itu, mari kita terus bekerja selama hari masih siang. Soli Deo gloria!

Yulia

Yulia Oeniyati
Pemimpin YLSA
yulia(at)in-christ.net
http://blog.sabda.org


Blog YLSA: 
Mei -- Juni 2017

Berikut blog-blog pelayanan, peristiwa, dan informasi dari balik layar Yayasan Lembaga SABDA yang ditulis pada Mei -- Juni 2017.

  1. Kunjungan SABDA ke Kota Pelajar (GKI Ngupasan)
  2. Bertumbuh dan Berkembang di SABDA
  3. Pengalaman Mengikuti Seminar "Gereja Misi Dunia"
  4. Pelayanan SABDA di Pontianak
Berita dan Doa YLSA: 

  1. YLSA Mengadakan Raker Tengah Tahun 2017

    Raker Mini 2017

    Pada 7 dan 8 Juni 2017, seluruh staf Yayasan Lembaga SABDA mengikuti rapat kerja (Raker) tengah tahun untuk membahas laporan pelayanan semester I dan rencana pelayanan semester II. Beberapa highlight keberhasilan di antaranya diluncurkannya aplikasi Publikasi SABDA, Software SABDA 5, publikasi PA21, situs moodle untuk PESTA, penerjemahan subtitle video The Bible Project, berbagai diskusi online melalui Facebook Group dari tim pelayanan, dan roadshow-roadshow SABDA di luar Pulau Jawa. Harapan kami, laporan dan evaluasi kerja yang disampaikan dapat mendorong masing-masing tim pelayanan untuk merencanakan dan mengatur strategi pelayanan yang lebih optimal pada semester berikutnya. Kiranya segala keberhasilan semester ini diberkati oleh Tuhan dan menjadi keharuman bagi nama Tuhan.

  2. Roadshow SABDA di GKI Ngupasan, Yogyakarta

    Roadshow GKI Ngupasan

    Kesempatan pelayanan di luar kota terus Tuhan berikan kepada SABDA. Ketua YLSA, Yulia Oeniyati, diundang untuk 4 kali menyampaikan firman Tuhan dalam ibadah Sabtu dan Minggu di Gereja Kristen Indonesia Ngupasan (GKIN) pada 13 -- 14 Mei 2017. Pada kesempatan yang sama, pada Minggu siang, tim #Ayo_PA! YLSA juga diundang untuk menyampaikan pelatihan PA dengan menggunakan gadget kepada 50 peserta remaja GKI Ngupasan, Yogyakarta. Kiranya seluruh pelayanan yang diberikan membawa jemaat GKI Ngupasan semakin memaknai arti mengikut Tuhan dan giat belajar firman Tuhan, khususnya dengan gadget (gawai). Kami memohon kepada Tuhan agar semakin banyak anak muda yang rindu memanfaatkan gawainya untuk memuliakan Tuhan.

    Cerita selengkapnya mengenai pelayanan di GKI Ngupasan dapat Anda baca dalam situs Blog SABDA, Kunjungan SABDA ke Kota Pelajar (GKI Ngupasan).

  3. Tim ITS YLSA Mengerjakan The Bible Projects (TBP)

    The Bible Project

    Salah satu proyek baru yang menarik yang dikerjakan tim ITS pada semester I 2017 ini adalah proyek The Bible Project (TBP). TBP adalah tim desainer nirlaba yang berbasis di Portland, AS, yang memproduksi video-video animasi yang menarasikan ke-66 kitab dan tema-tema khusus dalam Alkitab. Video-video ini dibuat untuk menjelaskan Alkitab berdasarkan konteks sejarah dan mengomunikasikannya sesuai kebutuhan masyarakat modern agar Alkitab lebih mudah dipahami. Yang dikerjakan tim ITS adalah mengalihbahasakan subtitle video-video TBP dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan menyiapkan infrastruktur agar video-video yang ada dapat diakses oleh masyarakat Kristen Indonesia dan terintegrasi dengan situs Alkitab SABDA. Mohon dukungan doanya agar Tuhan menolong tim ini mengerjakan terjemahan dengan baik sampai selesai sehingga lebih banyak orang dapat menggunakannya semaksimal mungkin untuk mempelajari firman Tuhan pada era digital ini.

  4. Tim Penjangkauan Mempersiapkan Pelayanan Semester II 2017

    Memasuki bulan keenam tahun 2017, tim Penjangkauan melakukan pemantapan rencana kerja untuk semester II. Melalui bidang-bidang pelayanan umum, seperti penulis, humor, kesaksian, biokristi, kepemimpinan, konseling, dan wanita, kami ingin lebih maksimal untuk memperlengkapi dan menjangkau orang-orang bagi Kristus. Secara garis besar, fokus rencana semester 2 kami adalah penerbitan publikasi, diskusi online: Konseling, Kepemimpinan, Klub e-Buku, Bio-Kristi, Wanita, dan Penulis, penyediaan berbagai bahan multimedia (video, GIF, PPT, quote, audio, infografis), kemitraan (online maupun offline), dan kegiatan offline (training/roadshow/kopdar). Mohon dukungan doa supaya tim Penjangkauan bisa mengerjakan panggilan ini dengan maksimal dan bisa menjangkau lebih banyak orang lagi untuk mengenal Kristus.

  5. Staf Magang dari Universitas Petra, Surabaya

    Pada 28 Juni -- 24 Agustus 2017, enam mahasiswa jurusan Teknologi Informatika dari Universitas Kristen Petra, Surabaya, akan melakukan magang di YLSA. Selama di YLSA, mereka akan belajar tentang biblical computing dan mengerjakan beberapa proyek yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berdampak bagi masyarakat Kristen Indonesia. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA agar keenam mahasiswa ini dipakai Tuhan untuk memuliakan Dia melalui kesempatan magang selama 2 bulan ini. Informasi mengenai kerja magang di YLSA dapat diakses pada halaman ini.

Mengenal YLSA: 

Salah satu semangat pelayanan YLSA adalah pelayanan misi. Kami percaya bahwa pelayanan misi adalah hati Allah. Pelayanan YLSA juga ada karena kerinduan yang besar akan pelayanan misi pada era digital ini. Namun, dalam pelaksanaan pelayanan misi, YLSA juga tidak bergerak sendiri. Kami membuka kesempatan yang selebar-lebarnya untuk bekerja sama dengan yayasan lain asalkan punya semangat dan visi yang sejalan dengan kebenaran firman Tuhan. Dalam tulisan berikut ini, kita akan melihat bagaimana pengalaman YLSA dan staf yang terlibat dalam pelayanan misi dengan organisasi lain dalam bentuk penerjemahan buku misi dan seminar-seminar.

Pengalaman Mengikuti Seminar Gereja Misi Dunia
Oleh: Odysius

Yulia sedang cari you. Saya pikir, dia punya sesuatu yang pasti you akan suka.

Buku Gereja Misi Dunia

Mendengar pernyataan tersebut, saya langsung bergegas menemui Ibu Yulia untuk menanyakannya. Ternyata, benar saja, beliau menawarkan sebuah kesempatan yang bagi saya tidak ternilai harganya: menjadi salah satu penerjemah dalam acara seminar misi di Yogyakarta. Itu sama sekali di luar dugaan saya; tentu saja ini kesempatan yang tidak akan saya lewatkan! Tanpa berpikir panjang, saya pun langsung menerima tawaran tersebut. Dan, sebagai persiapan untuk itu, beliau memberikan saya softcopy dari buku World Mission Church (Gereja Misi Dunia) yang pengarangnya akan menjadi salah satu pembicara utama dalam seminar misi tersebut.

Demikianlah secuplik adegan yang menjadi prolog dari seluruh rangkaian episode yang akan saya tulis kali ini, yaitu tentang pengalaman saya mengikuti seminar misi di Yogyakarta pada 9 — 10 Maret 2017 silam. Seminar misi ini sebenarnya bukanlah acara tersendiri, melainkan bagian dari acara rapat tahunan sinode Gereja Kristen Alkitab Indonesia (GKAI), yang diselenggarakan pada tanggal 8 — 10 Maret 2017 di Villa Taman Eden 2 Kaliurang, Yogyakarta. Tim SABDA yang berangkat ke sana hanya Bu Yulia dan saya.

Singkat cerita, hari yang ditunggu pun tiba. Kami berangkat dari Solo sekitar pukul 08.30 dengan bus dan mampir ke Klaten untuk mengambil cetakan buku terjemahan Gereja Misi Dunia untuk dibagikan kepada peserta. Kami tiba di tempat acara, di Villa Taman Eden 2, sekitar hampir pukul 12.00. Setibanya di sana, kami disambut oleh empat orang yang tampaknya sudah menantikan kedatangan kami. Mereka adalah Pak Paul Jenks dan istrinya, Ibu Lois Jenks, dari AMG International, dan Ps. David Anderson, pengarang buku World Missions Church yang sudah saya singgung sebelumnya, dan rekannya, Pak Wick Jackson, dari Envoy International. Dua orang yang disebutkan terakhir adalah para pembicara yang akan menyampaikan materi dalam seminar misi nanti.

Setelah berkenalan dan berbincang sejenak dengan keempat orang ini, Bu Yulia dan saya lantas menyiapkan booth dan menata berbagai bahan untuk para peserta — seperti berbagai CD audio Alkitab, DVD Library Anak, traktat pelayanan anak, dll.. Namun, sebelum saya lanjutkan, ada kejadian menarik yang ingin saya ceritakan terlebih dahulu.

Sekitar satu jam sebelum berangkat ke Yogyakarta pagi itu, Pak Paul Jenks menghubungi Ibu Yulia, menginformasikan bahwa ada workbook untuk peserta seminar yang masih perlu diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Akibatnya, pagi itu kami mencoba menerjemahkan sebanyak mungkin isi workbook tersebut sebelum berangkat. Bahkan, dalam perjalanan bus ke Yogyakarta, Ibu Yulia sibuk mengetik dengan laptopnya dan saya dengan ponsel saya, untuk mengerjakan sebanyak yang kami bisa. Namun, karena workbook itu cukup banyak halamannya, maka tidak bisa cepat diselesaikan, bahkan sampai malam kami masih harus bekerja keras sambil menjaga booth dan menjelaskan tentang produk-produk SABDA saat ada yang berkunjung ke booth. Ada juga yang minta diinstalkan aplikasi-aplikasi Android ke ponsel mereka. Sementara itu, Ibu Yulia lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruang pertemuan, mengikuti seminar, dan menerjemahkan beberapa sesi untuk para pembicara. Itulah hari pertama ....

[Selengkapnya: Pengalaman Mengikuti Seminar "Gereja Misi Dunia"]

*) Sahabat dan Pendukung YLSA dapat mengakses bahan-bahan pelayanan misi dari YLSA melalui situs e-MISI.

Surat untuk YLSA: 
Vlog Kesaksian Pengguna Traktat Tuhan Yesus Menyelamatkanmu

Jaringan Pelayanan Anak (JPA) dan Yayasan Setya Bakti adalah pendukung pelayanan YLSA dan mitra e-BinaAnak yang aktif menggunakan traktat Tuhan Yesus Menyelamatkanmu dalam pelayanan mereka. Silakan simak vlog Yeni Krismawati (Pengurus JPA) dan Lita Rihidara (Pelayan Yayasan Setya Bakti):

Vlog Yeni Krismawati:

Ringkasan vlog:
Saya secara pribadi dan juga mitra Jaringan Pelayanan Anak (JPA) telah menggunakan traktat ini untuk memperkenalkan anak kepada Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya .... Keunggulannya, disampaikan dalam kalimat yang pendek, tetapi sangat jelas, ada ayat-ayat Alkitab yang disertakan, dinyatakan dalam bentuk animasi yang lucu, menarik, dan warnanya digemari anak. Traktat ini sangat ringan kalau dibawa ke luar pulau Jawa atau pedalaman. Sangat memudahkan dalam pendistribusiannya. Sangat bersyukur atas kehadiran traktat ini. Kiranya melalui sarana yang sudah ada dan menarik ini, makin banyak anak yang kenal Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Terima kasih, SABDA.

Vlog Lita Rihidara:

Ringkasan vlog:
Dengan traktat "Tuhan Yesus Menyelamatkanmu", saya bisa sampaikan firman Tuhan kepada anak, khususnya untuk usia balita. Dengan gambar yang cukup menarik, adik-adik usia taman kanak-kanak bisa diperkenalkan siapa Penciptanya. Kita bisa bercerita tentang dosa, bagaimana mereka kenal Tuhan Yesus sebagai Tuhan. Traktat ini sangat membantu. Kepada SABDA, saya ucapkan terima kasih karena bahan sesederhana ini saya bisa berikan dengan gratis. Harapannya, alat peraga ini bisa dipakai penggiat anak dalam memperkenalkan kasih Kristus."

Laporan Keuangan YLSA: 
Mei 2017

Total Sumbangan Mei 2017: Rp55.923.098,00

Total Pengeluaran Mei 2017: Rp106.772.124,00

Puji Tuhan, para Sahabat dan Pendukung YLSA telah dipakai Tuhan untuk menjadi saluran berkat sehingga kebutuhan dana YLSA dapat dipenuhi. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan dan memuliakan nama-Nya.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

a.n. Yulia Oeniyati/ Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

atau

Yayasan Lembaga SABDA/ Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355