Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs YLSA.org

Loading

Kamu ada diBerita YLSA Desember 2016 - Januari 2017

Berita YLSA Desember 2016 - Januari 2017


Daftar Berita: 


[Dari YLSA!]
[Blog YLSA!] : 1. #Ayo_PA! dalam Natal "ABA"
  : 2. Sastra Oh Bahasa ... Apa Kabar?
  : 3. Kreatif, Konsisten, dan Komitmen: Kunci Pelayanan di Situs Berbagi Video
  : 4. Tim #Ayo_PA! di Youth Chapter FGBMFI
  : 4. Video Nite Natal @SABDA
[Berita dan Doa YLSA!] : 1. Merayakan Natal di YLSA dengan "Video Nite Natal"
  : 2. Pemantapan Rencana Kerja YLSA Kuartal I/2017
  : 3. Pergantian Formasi Personil dan Pelayanan Tim Pembinaan YLSA Tahun 2017
  : 4. Tim Pendidikan Kristen Membuka Pendaftaran Diskusi Grup Facebook
  : 5. +TED @SABDA Bertema Penjangkauan yang Kreatif
  : 6. Tim ApTek YLSA Menerbitkan Publikasi IT-4-God
[Mengenal YLSA!] : Highlight Rencana Kerja YLSA Kuartal I Tahun 2017
[Surat Sahabat YLSA!] : Sharing Sdr. Rinto tentang Pelayanan Melalui Situs Berbagi Video
[Laporan Keuangan YLSA!] : Laporan Keuangan YLSA Bulan Desember 2016

Editorial: 

Salam sejahtera,

Selamat bertemu lagi pada tahun 2017. Kami, segenap Pengurus dan Staf Yayasan Lembaga SABDA mengucapkan, "Selamat Tahun Baru!" Tuhan yang telah memelihara kita pada tahun lalu, Tuhan yang sama akan memelihara kita pada tahun yang baru ini. Karena itu, mari kita puji Dia karena Dia sungguh baik.

Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan TUHAN, ya, aku hendak mengingat keajaiban-keajaiban-Mu dari zaman purbakala. Aku hendak menyebut-nyebut segala pekerjaan-Mu, dan merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu. Ya Allah, jalan-Mu adalah kudus! Allah manakah yang begitu besar seperti Allah kami? (Mazmur 77:11-13)

Yulia

Yulia Oeniyati
Pemimpin YLSA
yulia(at)in-christ.net
http://blog.sabda.org


Berita dan Doa YLSA: 

  1. Merayakan Natal di YLSA dengan "Video Nite Natal"

    Natal YLSA 2016

    Setiap tahun, keluarga besar YLSA selalu merayakan Natal bersama-sama dengan keluarga staf, mantan staf, dan pendukung YLSA yang tinggal di sekitar Solo. Natal YLSA yang diselenggarakan pada tanggal 21 Desember 2016 mengambil tema "Video Nite Natal". "The Nativity Story" adalah video atau film yang kami tonton. Film yang berdurasi 1,5 jam ini sangat menjadi berkat karena melalui film ini kita bisa melihat dengan lebih jelas latar belakang kondisi bangsa Israel menjelang kelahiran Yesus, khususnya tekanan sosial dan politik di bawah penjajahan pemerintah Romawi. Harapan bangsa Israel akan kedatangan Mesias sungguh sangat besar. Karena itu, sosok Mesias yang diharapkan menjadi sangat mudah dipahami dalam konteks saat itu. Pergumulan Maria dan Yusuf dalam mengemban "tugas" menjadi orangtua bagi Anak Allah yang akan lahir sangat bagus digambarkan dalam film ini. Mempersiapkan dan menyambut kedatangan Sang Anak tidaklah tanpa kesulitan dan masalah walaupun Ia adalah Tuhan. Acara ini dihadiri lebih dari lima puluh orang. Sebelum menonton video, kami mendengar firman Tuhan tentang Inti Natal yang disampaikan oleh Pdt. Edward S.. Beberapa staf dan tamu yang hadir memberikan kesaksian bahwa melalui acara Natal ini mereka merasakan makna Natal karena Kristus menjadi pusat. Cerita selengkapnya mengenai acara Natal ini dapat Anda baca di Blog SABDA.

  2. Pemantapan Rencana Kerja YLSA Kuartal I/2017

    Raker_Kuartal_I

    Pada tanggal 5 Januari 2017, pemimpin dan seluruh staf YLSA mengikuti rapat pemantapan program kerja YLSA untuk kuartal I/2017. Setiap tim di YLSA, yaitu tim Penjangkauan, tim Pembinaan, tim Pendidikan Kristen, tim PAS (Proyek Alkitab SABDA), tim ApTek (Aplikasi Teknologi), tim ITS menyampaikan highlight rencana kerjanya sepanjang bulan Januari -- Maret 2017. Doakan agar setiap rencana yang sudah disusun dapat dikerjakan dengan baik dan menghasilkan buah yang baik pula bagi kemuliaan nama Tuhan. Garis besar highlight setiap tim YLSA untuk kuartal I/2017 ini dapat Anda lihat dalam kolom Mengenal YLSA.

  3. Pergantian Formasi Personil dan Pelayanan Tim Pembinaan YLSA Tahun 2017

    Tim_Pembinaan

    Syukur kepada Tuhan yang telah memimpin pelayanan tim Pembinaan sepanjang tahun 2016. Mengawali tahun 2017, tim Pembinaan mengalami pergantian personil. Koordinator tim Pembinaan dan pemimpin redaksi e-Doa yang selama ini menjadi tanggung jawab Ayub, sekarang diserahkan kepada Okti. Mohon dukungan doa dari Sahabat YLSA agar dengan pergantian formasi ini, Tuhan menolong tim Pembinaan untuk semakin efektif dan lebih baik dalam pelayanannya ke depan. Doakan pula agar setiap anggota tim Pembinaan YLSA diberi hikmat oleh Tuhan untuk dapat melayani umat Tuhan di Indonesia melalui berbagai jalur dan platform digital. Kiranya Tuhan senantiasa memberikan hikmat, kreativitas, ketekunan, kesehatian, dan sumber daya yang memadai bagi tim Pembinaan untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik.

  4. Tim Pendidikan Kristen Membuka Pendaftaran Diskusi Grup Facebook

    image:

    Tim Pendidikan Kristen YLSA mengadakan dua diskusi melalui jalur Grup Facebook. Pertama, bidang pelayanan remaja akan mendiskusikan buku pendalaman Alkitab "Impact" grup terbuka Facebook. Kelas ini dapat diikuti oleh para pembina remaja di gereja. Doakan setiap peserta agar mengikuti diskusi secara aktif. Kedua, bidang pelayanan anak akan mengadakan diskusi yang bertema "Tujuh Hukum Mengajar". Kelas ini akan diselenggarakan pada tanggal 13 -- 27 Maret 2016 dengan target minimal dua puluh peserta. Kami mengundang Sahabat YLSA yang melayani sebagai pembina remaja dan pelayan anak untuk bergabung dalam grup Facebook Remaja Kristen dan e-BinaAnak. Harapan kami, dua grup diskusi ini dipakai Tuhan untuk menolong gereja dalam memperlengkapi para pelayannya di bidang pendidikan Kristen. Jika tertarik untuk mendaftar, silakan kontak kami.

  5. +TED @SABDA Bertema Penjangkauan yang Kreatif

    image:

    Bulan Januari 2017 ini, tepatnya tgl. 20 Januari 2017, tim Penjangkauan mengadakan acara +TED @SABDA dengan tema "Penjangkauan yang Kreatif". Di bawah naungan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA), tim Penjangkauan akan bertanggung jawab atas pelaksanaan +TED ini, mulai dari konsep acara, topik presentasi, pembicara +TED, peserta yang akan diundang, hingga tindak lanjut yang akan dilakukan setelah acara berlangsung. Terdapat enam presentator +TED yang menyampaikan enam topik presentasi mengenai penjangkauan melalui bidang penulisan, media audio, multimedia, konseling, kesaksian, dan tarian. Bagi Sahabat YLSA yang memiliki minat pada bidang-bidang tersebut, Anda bisa menghubungi redaksi Berita YLSA. Kami berharap +TED @SABDA ini bisa memberikan banyak ide baru bagi setiap peserta yang terlibat atau terbeban dalam pelayanan penjangkauan.

  6. Tim ApTek YLSA Menerbitkan Publikasi IT-4-God

    image:

    Sesuai dengan keputusan rapat kerja akhir tahun 2016 lalu, tim ApTek (Aplikasi Teknologi) akan melakukan penggabungan terhadap dua publikasi yang dikelolanya, yaitu publikasi Indonesian Christian WebWatch (ICW) dan Aplikasi Pelayanan Proyek Program -- Live (APPPS Live) menjadi publikasi IT-4-God. Kedua publikasi ini memiliki tujuan dan sasaran yang sama, yaitu untuk menyuarakan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi. Kiranya melalui peleburan ini, informasi mengenai teknologi untuk pelayanan dapat dibagikan dengan lebih akurat, meluas, dan efektif supaya masyarakat Kristen semakin menggunakan teknologi bagi kemuliaan Tuhan. Edisi perdana publikasi IT-4-God diterbitkan pada Januari 2017 dan akan terbit setiap Jumat minggu ke-2 dan ke-4. Doakan supaya tim ApTek dimampukan untuk menangkap visi dengan jelas sehingga dapat memaparkannya dalam isi publikasi dengan jelas pula. Bagi Anda yang memiliki usulan tentang teknologi atau peristiwa-peristiwa teknologi yang sesuai untuk diulas dalam publikasi IT-4-God, silakan hubungi redaksi di alamat email live@apps4god.org.

Mengenal YLSA: 
Highlight Rencana Kerja YLSA Kuartal I Tahun 2017

Dari hasil Rapat Kerja (Raker) awal Desember 2017, kami masih merasa perlu untuk melakukan pemantapan kerja. Karena itu, pada tgl. 5 Januari 2017, seluruh staf YLSA melakukan rapat setengah hari khusus untuk mempresentasikan penekanan (highlight) pelayanan YLSA kuartal I/2017 untuk masing-masing tim pelayanan. Berikut adalah highlight pelayanan YLSA Kuartal I/2017.

Divisi ITS

image:

  1. Software SABDA:

    - Menyelesaikan core.
    - Menambah modul-modul baru.
    - Melakukan testing dan training internal.
    - Rilis dan promosi situs SABDA.net.


  2. SABDA Bot:

    - Menyelesaikan perbaikan tampilan dan teknis.
    - Rilis dan promosi.

  3. Instant View (Telegram) dan Instant Articles (Facebook):

    - Melakukan testing dan formatting.
    - Rilis dan promosi.

  4. Datasets Media Alkitab:

    - Menyelesaikan datasets video untuk seluruh PL dan PB.
    - Membuat akun YouTube untuk media distribusi.

  5. image:

    Mobile:

    - Memanfaatkan fitur multiversi di SAB.
    - Update audio untuk app Alkitab PEDIA dan ROC (Renungan Oswald Chambers).
    - Update app Alkitab Karaoke.

  6. Situs:

    - Rilis dan promosi situs SABDAaudio.
    - Prototype app publikasi dari situs-situs publikasi yang menggunakan Drupal.

  7. AYT:

    - Update data untuk pengerjaan Alkitab Interlinear.

  8. Proses Teks:

    - Alkitab suku: 10.
    - Non-Alkitab: Matthew Henry Commentary (MHC), Modul PESTA, Tafsiran Utley.

  9. Infrastruktur:

    - Upgrade perangkat keras.
    - Backup data.

Tim Proyek Alkitab SABDA

image:

  1. Menerbitkan publikasi PA21.
  2. Editing AYT PB dan PL.
  3. Update konten tiga situs #Ayo_PA!
  4. Multimedia PAS: Paskah.
  5. Menerjemahkan subtitle "The Bible Project".

Tim ApTek (Aplikasi Teknologi)

image:

  1. Menerbitkan publikasi IT-4-God.
  2. Membuat materi-materi baru untuk roadshow
  3. Roadshow Apps4God (1).
  4. Rilis dan promosi situs Apps4God.

Tim Penjangkauan

  1. +TED @SABDA, 20 Januari 2017.
  2. Diskusi online via Grup Facebook (Bio-Kristi, e-Konsel, dan Klub e-Buku SABDA).
  3. Membuat slide Power Point, video, infografis, dan GIF untuk bahan-bahan e-Konsel dan Bio-Kristi.
  4. Membuat template publikasi tim Penjangkauan untuk jalur FB Articles.

Tim Pembinaan

image:

  1. Menerbitkan publikasi OpenDoors versi HTML.
  2. Melaksanakan program-program pelayanan Paskah.
  3. Diskusi online via Grup Facebook e-Doa dan e-JEMMi.
  4. Membuat template publikasi tim Pembinaan untuk jalur FB Articles.

Tim Pendidikan Kristen

image:

  1. Penggunaan Moodle untuk kelas PESTA 2017.
  2. Membuka kelas diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen, Doktrin Alkitab, Doktrin Roh Kudus, dan Paskah.
  3. Diskusi online e-BinaSiswa dan e-BinaAnak Grup Facebook.
  4. Membuat dan membagikan audio cerita Paskah.
  5. Membuat template publikasi tim Pendidikan Kristen untuk jalur FB Articles.

Mohon dukungan doa dari Sahabat/Pendukung YLSA agar setiap rencana kerja yang sudah dimantapkan ini berjalan sesuai dengan kehendak Tuhan, Sang Pemilik Ladang. Melihat banyaknya pekerjaan, doakan agar Tuhan mengirim pekerja-pekerja-Nya di ladang pelayanan digital YLSA.

Surat untuk YLSA: 
Sharing Sdr. Rinto tentang Pelayanan Melalui Situs Berbagi Video

image:

Pada tanggal 19 Desember 2016, salah satu mantan staf YLSA berkunjung ke SABDA untuk sharing mengenai pelayanan lewat situs berbagi video. Berikut ini adalah tulisan dari Sdr. Rinto mengenai hal tersebut sebagai satu masukan untuk SABDA yang juga memiliki pelayanan berbagi video. Tulisan selengkapnya dapat Anda lihat dalam blog SABDA.

.... Adalah langkah yang patut diapresiasi ketika SABDA mulai memiliki saluran di situs berbagi video. Namun, menurut saya, diperlukan langkah konkret untuk membuatnya lebih optimal. Dengan perjalanan panjang SABDA sebagai penyedia berbagai sumber berbasis Alkitab, saya yakin tidak menjadi masalah serius dalam hal menyediakan dan mengolah kontennya. Yang perlu menjadi perhatian adalah sumber daya manusianya yang perlu dipersiapkan secara lebih intens.

Dalam hal melayani di situs berbagi video, ada tiga hal yang ingin saya tekankan sebagai pilar. Yang pertama adalah kreativitas. Banyaknya sumber bahan yang dimiliki SABDA tentu menjadi modal berharga untuk melakukan pelayanan. Kreativitas berperan dalam mengolah dan menyajikan berbagai bahan tersebut agar menarik perhatian penonton. Langkah nyata pertama yang bisa dilakukan adalah memperbaiki halaman utama saluran SABDA agar tampil lebih segar. Berikutnya, penyegaran konten yang disajikan. Berbagai sumber SABDA bisa diindeks dan diberikan label kategori, lalu diunggah dalam saluran atau subsaluran yang sesuai.

Pilar berikutnya adalah konsisten. Hal ini sangat penting karena bermain di ranah situs berbagi video berarti menjanjikan kepercayaan kepada penonton. Untuk itu, saluran SABDA diharapkan dapat secara konsisten mengunggah konten baru. Tidak harus setiap hari, minimal setiap minggu diharapkan ada bahan baru sehingga penonton senantiasa mendapatkan bahan yang segar. Dalam hal konsistensi ini, pengelola saluran juga harus memiliki jadwal pasti tentang kapan SABDA akan mengunggah video baru. Apabila pelanggan dan penonton sudah tahu, tentu mereka tidak akan kebingungan tentang kapankah bahan baru akan tersedia.

Yang terakhir adalah komitmen. Membangun kepercayaan penonton tidak bisa dilakukan dalam sehari atau dua hari. Karena itu, komitmen pengelola saluran SABDA untuk mengolah dan menampilkan bahan baru sangat diharapkan.

Laporan Keuangan YLSA: 
Laporan Keuangan YLSA Bulan Desember 2016

Total Sumbangan Desember 2016: Rp 62.317.007,00

Total Pengeluaran Desember 2016: Rp 48.393.662,00

Puji Tuhan, para Sahabat YLSA telah menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menolong kebutuhan dana yang YLSA butuhkan. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan dan memuliakan nama-Nya.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

a.n. Yulia Oeniyati/ Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo

No. Rekening: 0790266579

 By admin - Posted on 31 January 2017

Komentar