Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs YLSA.org

Loading

Kamu ada diBerita YLSA / Berita YLSA Tahun 2016 / Berita YLSA - Juli-Agustus 2016

Berita YLSA - Juli-Agustus 2016


Daftar Berita: 


[Dari YLSA!]
[Blog YLSA!] : 1. Berbagi Kerinduan untuk Mencintai Firman Tuhan kepada Digital Natives GKI Mojosongo
  : 2. Bereksplorasi dengan Metode S.A.B.D.A.
  : 3. Roadshow #Ayo_PA! di Wisma Pojok, Yogyakarta
  : 4. Pelayanan ke Kalimantan
  : 5. Presentasi #Ayo_PA! YLSA Bareng Tim GRII Karawaci
  : 5. Roadshow #Ayo_PA! dalam Acara Bible Fellowship di Yayasan Berita Hidup
[Berita dan Doa YLSA!] : 1. Tim ITS Meluncurkan Aplikasi Tafsiran Matthew Henry
  : 2. Tim Penjangkauan Mewarnai Bulan Agustus dengan Kegiatan Online dan Offline
  : 3. Tim Pembinaan Melangsungkan Diskusi di Facebook Group Misi
  : 4. Staf YLSA Bergotong Royong Membuat Tiga Draft Video Tutorial Baru
  : 5. Roadshow #Ayo_PA! Bulan Juli -- Agustus 2016
  : 6. YLSA Berpartisipasi dalam Younger Leaders Gathering 2016 - Lausanne Movement
[Mengenal YLSA!] : @SABDA: Pelatihan Digital Ministry
[Surat Sahabat YLSA!] : Kesaksian dari Peserta Digital Ministry @SABDA
[Laporan Keuangan YLSA!] : Laporan Keuangan YLSA Bulan Juli 2016

Editorial: 

Salam sejahtera dalam Tuhan Yesus Kristus,

Terpujilah Tuhan yang memiliki pelayanan Yayasan Lembaga SABDA dan yang menuntun pemimpin dan semua staf untuk terus setia menjalankan rencana-rencana-Nya. Biarlah kami selalu menghargai anugerah Tuhan sehingga dipercaya untuk menjalankan apa yang Tuhan kehendaki.

Roadshow #Ayo_PA! banyak sekali mewarnai pelayanan YLSA pada bulan Juli dan Agustus 2016. Dari pengalaman pelayanan roadshow dan bertemu dengan banyak peserta yang mengikuti roadshow, kami semakin diyakinkan bahwa mendorong jemaat Tuhan untuk belajar dan memahami isi Alkitab adalah hal yang "mendesak". Puji Tuhan karena Alkitab tidak hanya bisa dibaca dan dipahami, tetapi anak-anak Tuhan secara antusias bisa mempelajarinya dengan alat-alat digital yang bisa dipertanggungjawabkan. Terus doakan supaya firman Tuhan terus diproklamasikan dan dipelajari agar hidup kita diubahkan dan berkenan kepada-Nya. Selamat melayani.

Berita dan Doa YLSA: 

  1. Tim ITS Meluncurkan Aplikasi Tafsiran Matthew Henry

    image: Icon App MHC

    Berita gembira karena tim ITS YLSA telah meluncurkan aplikasi Tafsiran Matthew Henry (MHC) di play store. Aplikasi ini adalah hasil kerja sama dengan mitra SABDA, Vrienden van de Matthew Henry. Tafsiran Matthew Henry sendiri merupakan salah satu tafsiran Alkitab terbaik yang telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa di dunia. Selama lebih dari 300 tahun, Tafsiran Matthew Henry terbukti menjadi bahan studi Alkitab yang sangat menolong pembacanya untuk memperdalam pengertian dan pengenalan akan firman Allah. Selama ini, Tafsiran Matthew Henry sudah ada dalam situs Alkitab SABDA, Aplikasi Tafsiran, modul Software SABDA, dan SABDA Bot. Saat ini, proses memasukkan bahan MHC bahasa Indonesia masih terus berlanjut. Namun, Anda sudah dapat menggunakan tafsiran kitab Kejadian, Mazmur, Amsal, Injil serta Kisah Para Rasul melalui aplikasi ini. Tunggu update selanjutnya untuk memperoleh bahan tafsiran MHC dari kitab-kitab yang lain. Mohon dukung dalam doa agar setiap proses dapat berjalan dengan baik sehingga menjadi berkat dan nama Tuhan dimuliakan.

  2. Tim Penjangkauan Mewarnai Bulan Agustus dengan Kegiatan Online dan Offline

    Bulan Agustus menjadi salah satu bulan yang meriah bagi pelayanan tim Penjangkauan YLSA. Berbagai kegiatan mewarnai bulan ini; mulai dari dibukanya dua kelas diskusi online di Facebook Grup sampai temu darat para blogger Kristen SABDA Space. Diskusi online bulan ini akan mendiskusikan sebuah artikel bertema tanggung jawab pemimpin Kristen di Grup Kepemimpinan Kristen dan sebuah buku berjudul "The End of Me" karya Kyle Idleman di Grup Klub e-Buku SABDA. Selain itu, dalam rangka memeriahkan ulang tahun SS ke-9, akan diadakan pula acara temu darat dengan para blogger SS pada akhir bulan Agustus. Kami berharap beberapa kegiatan online dan offline ini bisa berlangsung dengan lancar dan membawa dampak baik, khususnya bagi para peserta dan blogger yang terlibat dalam kegiatan ini. Segala hormat dan kemuliaan hanya bagi Tuhan.

  3. Tim Pembinaan Melangsungkan Diskusi di Facebook Group Misi

    image: Grup FB Misi

    Pada 22 Agustus -- 2 September 2016, Tim Pembinaan YLSA mulai melangsungkan diskusi di Facebook Grup Misi. Saat ini, sudah ada 20 peserta yang siap untuk mengikuti diskusi. Dalam grup diskusi ini, peserta akan membaca artikel seputar pengertian dasar pelayanan misi. Doakan agar diskusi berjalan dengan baik sehingga melalui jalur diskusi Facebook grup ini, misi Tuhan boleh semakin dibangkitkan. Harapan kami, setiap peserta yang mengikuti dapat menggumulkan lebih sungguh-sungguh. Biarlah semangat bermisi ditularkan kepada gereja dan teman-teman mereka.

  4. Staf YLSA Bergotong Royong Membuat Tiga Draft Video Tutorial Baru

    Karena semakin mendesaknya kebutuhan adanya tutorial untuk #Ayo_PA, maka pada akhir Juli 2016, staf YLSA ramai-ramai membuat tiga video, yaitu Tutorial Metode PA S.A.B.D.A., Tutorial Studi Alkitab SABDA Android, dan Tutorial SABDA.Bot. Ketiga tutorial ini dikerjakan oleh tiga kelompok kerja sesuai dengan minatnya. Meski belum sempurna, tetapi ketiga tutorial ini sudah bisa digunakan untuk menolong mereka yang ingin melakukan Pendalaman Alkitab metode S.A.B.D.A. dengan gadget. Silakan para Sahabat dan Pendukung SABDA mengunduh dan mencoba mempraktikkannya. Berikan masukan supaya ketiga video ini bisa semakin baik dan menolong masyarakat Kristen untuk melakukan PA secara pribadi! Dukunglah kami terus dalam doa agar semakin giat mendorong anak-anak Tuhan untuk mencintai firman Tuhan.

  5. Roadshow #Ayo_PA! Bulan Juli -- Agustus 2016

    image: Roadshow Ayo_PA

    Puji Tuhan! Sepanjang bulan Juli -- Agustus 2016, Tuhan memberikan berbagai kesempatan untuk memperkenalkan dan menggalakkan gerakan Pemahaman Alkitab di Era Digital (#Ayo_PA!). Kami bersyukur, peserta Pelatihan Digital Ministry dari GRII Karawaci telah mengadakan pelayanan #Ayo_PA! kepada 30 rekan pelayanan di GRII Karawaci, pada tanggal 24 Juli 2016. Tim SABDA juga memberikan pelatihan #Ayo_PA! kepada siswa SMA Sekolah Kristen Kalam Kudus (19 Juli 2016) untuk acara MOS, Persekutuan Siswa Kristen Surakarta SMA Negeri 5 (5 Agustus 2016), dan persekutuan remaja GKI Nusukan Cabang Mojosongo (13 Agustus 2016). Pada tanggal 13 Agustus, kami juga memberikan pelatihan PA dengan gadget kepada guru-guru SMP Kristen Kalam Kudus, Surakarta. Tidak hanya, di Solo, gerakan #Ayo_PA! juga akan diperkenalkan di Jakarta, pada tanggal 20 Agustus, tepatnya di GKI Layur. Kiranya setiap peserta yang mengikuti roadshow gerakan #Ayo_PA! ini, semakin mencintai firman Tuhan dan mendalaminya siang dan malam.

  6. YLSA Berpartisipasi dalam Younger Leaders Gathering 2016 - Lausanne Movement

    image: YLG 2016

    Pada tanggal 1 -- 10 Agustus 2016, YLSA mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara Lausanne Younger Leaders Gathering 2016 (YLG 2016). Dalam acara ini, YLSA mengirimkan utusan untuk menjadi relawan teknis, dan bersama 10 relawan lain menolong sekitar 1200 peserta untuk menginstal aplikasi yang digunakan peserta dalam acara tersebut. Acara ini sangat hidup sekali karena dihadiri oleh perwakilan dari 160 negara di dunia yang bertujuan memperlengkapi para pemimpin-pemimpin muda untuk menjalankan misi Amanat Agung Allah di dunia. Kami bersyukur karena bisa bertemu dengan banyak anak Tuhan dari seluruh dunia dan bisa membagikan DVD SABDA dan CD Alkitab Audio kepada sebagian peserta dan relawan dari Indonesia. Doakan beberapa tindak lanjut yang akan dilakukan dari pertemuan-pertemuan YLG 2016 ini.

Mengenal YLSA: 

@SABDA: Pelatihan Digital Ministry
Oleh: Bara Pratista

Hari Rabu -- Minggu, tanggal 13 -- 17 Juli 2016 yang lalu, rekan-rekan dari GRII Karawaci datang ke kantor Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk mengikuti Pelatihan Digital Ministry. Selama lima hari, dari pagi hingga malam, sekitar 12 orang dari GRII Karawaci bergulat dengan ide, konsep, dan aplikasi dari Digital Ministry. Acara dimulai dengan memberikan tiga pertanyaan kepada peserta: "Menurut Anda, apa itu Digital Ministry? Ekspektasi apa yang Anda miliki ketika memutuskan untuk datang ke pelatihan ini? Hal apa yang ingin Anda pelajari selama pelatihan lima hari di YLSA?" Pertanyaan-pertanyaan ini digunakan untuk membuat suatu common ground di antara semua peserta pelatihan dan staf. Presentasi pertama yang diberikan adalah tentang #Ayo_PA! oleh Ibu Yulia dan Mbak Evie. Presentasi #ayo_PA! dilakukan di awal acara supaya peserta memahami latar belakang, visi dan misi Gerakan #Ayo_PA! sehingga mereka bisa siap berbagi #ayo_PA! ke beberapa tempat di Solo sebelum pulang ke Jakarta.

image: Peserta DM

Sementara itu, peserta juga diberikan pelatihan mengenai pola kerja dan manajemen proyek yang dilakukan di YLSA. Saya terkesan dengan istilah yang digunakan oleh Ibu Yulia untuk menyebut pelatihan lima hari ini dengan istilah "mini magang". Saya sangat bersyukur karena sebagai staf part time yang baru mulai melayani pada bulan Juli ini, saya diberi kesempatan untuk mengikuti dan melayani para peserta, bahkan saya sempat berkali-kali go wow karena seluruh pengetahuan yang dulu saya terima selama dua bulan magang di YLSA (Januari -– Februari 2016) dipadatkan dan disampaikan dalam lima hari. Pelatihan Digital Ministry ini membahas mengenai lima hal, yaitu: Digital Ministry, Digital World, Digital Bible, Digital Generation, serta melakukan training for trainers untuk gerakan #ayo_PA!

image: Presentasi

Teman-teman Karawaci terlihat cukup kagum dengan banyaknya pelayanan yang sudah dan sedang dilakukan oleh YLSA, khususnya di dunia digital. Beberapa presentasi yang dilakukan teman-teman YLSA di antaranya: Mas Aji tentang proyek ITL (interlinear), Mas Benny tentang Evolusi SABDA Revolusi YLSA serta SABDA Bot, Mbak Santi tentang Komunitas YLSA, serta Mas Hadi tentang proyek baru Media Alkitab. Ada banyak momen diskusi dan hal-hal menarik yang saya pelajari, bukan hanya dari materi yang disampaikan oleh Ibu Yulia, tetapi juga dari teman-teman peserta dan dari presentasi rekan-rekan staf YLSA. Sangat bersyukur dengan adanya pelatihan ini, bukan hanya peserta yang diberkati tetapi kami, staf YLSA, juga diberkati.

Hal lain yang sama menariknya dengan penyampaian materi dan diskusi, peserta pelatihan Digital Ministry diberikan kesempatan untuk melakukan presentasi gerakan #ayo_PA! melalui roadshow di beberapa tempat. Hari Jumat, roadshow pertama dilakukan di lokasi STT Berita Hidup untuk melayani acara pembekalan untuk anak-anak dan remaja yang diasuh oleh Yayasan Berita Hidup. Karena akan ada kira-kira 100 anak, maka mereka dibagi dalam tiga kelompok: siswa SD, SMP, dan SMA. Teman-teman GRII juga dibagi dalam 3 kelompok beranggotakan 3 -- 4 orang di mana masing-masing akan mempresentasikan #ayo_PA! Pada Sabtu sore, roadshow dilakukan di GUP Kwarasan, tiga peserta pelatihan melakukan presentasi didampingi oleh Ibu Yulia dan staf YLSA. Hari Minggu, seluruh peserta dan staf YLSA mengikuti ibadah Minggu di GKA Abdi SABDA, untuk kemudian melayani jemaat ini setelah ibadah selesai. Kami bersyukur semua presentasi berjalan dengan baik. Harapan kami, dari evaluasi yang dilakukan, teman-teman Karawaci bisa semakin baik lagi memahami visi pelayanan #ayo_PA!

Surat untuk YLSA: 

Berikut ini adalah sharing Pak Rally, salah satu peserta pelatihan Digital Ministry @SABDA, ketika bertemu dengan salah satu pengguna dan penggemar SABDA.

image: Apps SABDA

Hari ini, saya ketemu dengan seorang mentor di kantor. Beliau berusia lebih dari 60 tahun. Sebagai seorang pensiunan, beliau cukup banyak kegiatan, baik di kantor, gereja (sebagai prodiakon di gereja Katholik), dan sebagai komisaris sebuah yayasan Kristen. Dia juga senang mendengarkan khotbah Pak Tong, khususnya yang Mandarin. Tadinya, saya mau share tentang pelayanan [SABDA, Red.]. Eh baru separuh cerita, dia keluarin tab, dan dia tunjukkan aplikasi standar untuk studi Alkitab dari SABDA. Dia mengatakan bahwa ia sangat terberkati, khususnya dengan Alkitab PEDIA dan Kamus Alkitab. Malah dia mengajarkannya ke saya. Bersyukur untuk pelayanan SABDA bisa reach out sampai ke 'kakek-kakek' (and many generations) untuk boleh belajar firman.

Laporan Keuangan YLSA: 

Total Sumbangan Juli 2016: Rp 79.086.228,-
Total Pengeluaran Juli 2016: Rp 82.809.118,-

Puji Tuhan, para Sahabat YLSA telah menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menyalurkan dana yang YLSA butuhkan. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan. Berkat Tuhan menyertai kita semua.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

a.n. Yulia Oeniyati/ Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo

No. Rekening: 0790266579

 By admin - Posted on 24 August 2016

Komentar

Kalender YLSA

Follow Us On :

 

 

Selamat Merayakan Kenaikan Tuhan Yesus dan Pentakosta 2017

'Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus' Matius 28:19

Kunjungi situs Doa SABDA
Kunjungi situs TOP Berdoa

FB YLSA


Indonesia English