Berita YLSA - Maret/April 2011

Daftar Berita
[Dari YLSA!]
[Blog YLSA!] :1. Dari Divisi NET ke Divisi ITS (Oleh: Hadi)
 : 2. Pelayanan Mobile YLSA: Memanfaatkan Kios HP (Oleh: Billy)
 : 3. YLSA Turut Menyebarkan Firman Tuhan Dalam Audio (Oleh: Anik)
 : 4. Bulan-bulan yang Berkesan di YLSA (Oleh: Dicky)
 : 5. Selamat Paskah Sahabat YLSA (Oleh: Santi)
 : 6. Katalog Proyek ITS YLSA (Oleh: Khenny)
[Berita dan Doa YLSA!] :April/Mei 2011
[Surat untuk YLSA!]
[Laporan YLSA!] :Laporan Februari/Maret 2011
[Stop Press YLSA!]

Editorial

Kami minta maaf sebesar-besarnya karena Berita YLSA kali ini adalah gabungan dari 2 edisi Maret dan April 2011. Semoga tidak mengurangi perhatian Anda untuk menyimak berita-berita yang kami sajikan.

Pada awal tahun 2011 ini, ada beberapa pengalaman yang sungguh membuat hati kami yang bekerja di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) berdebar-debar. Mengapa? Karena begitu banyak kesempatan pelayanan yang Tuhan bukakan tahun ini, sehingga YLSA bisa melayani lebih leluasa lagi. Selain kesempatan, Tuhan juga mengirimkan pelayan-pelayan-Nya di bidang yang kami butuhkan, sehingga kebutuhan akan staf baru di YLSA perlahan-lahan Tuhan jawab. Tuhan sungguh sangat baik. Tak terkira kasih karunia yang dinyatakan-Nya bagi kita semua.

Hal ini tentu tidak lepas dari kerja keras para pendoa syafaat yang tekun berdoa bagi pelayanan Tuhan di Indonesia. Biarlah hasil-hasil pelayanan yang YLSA kerjakan bersama ini, membuat banyak masyarakat Kristen pemakai media internet/komputer diperlengkapi untuk menjadi orang Kristen yang semakin berpengetahuan firman Tuhan dan semakin menjalankan kehendak Tuhan. Tapi lebih dari semuanya, kerinduan utama kami adalah untuk membuat Tuhan tersenyum dan dimuliakan.

Berdoalah terus, karena Allah Tuhan kita, Yesus Kristus, adalah Allah yang mendengar doa anak-anak-Nya. Mari kita menaruh pengharapan kita hanya pada DIA saja.

In Christ, Yulia Oeniyati Pimpinan YLSA http://blog.sabda.org >


Berita dan Pokok Doa

1. Fitur Dual Panel di Alkitab Mobi

Saat ini divisi ITS telah terpasang fitur "dual panel" di situs Alkitab Mobi , yang memungkinkan pengunjung untuk menampilkan dua panel Alkitab dalam satu layar. Dengan fitur ini diharapkan pengunjung lebih mudah mempelajari Alkitab, secara khusus untuk membandingkan versi-versi Alkitab dalam bacaan pasal, serta mengakses sumber-sumber lain tanpa menghilangkan sumber utama yang dipelajari.

Pokok doa: Doakan agar fitur dual panel di Alkitab Mobi, dapat semakin menolong pengguna untuk mengakses Alkitab dan menggali kebenaran firman Tuhan. Doakan agar Tuhan terus memimpin pembuatan proyek-proyek biblika, sehingga semakin banyak alat-alat yang tersedia untuk menggali Alkitab dengan bertanggung jawab.

2. Aplikasi Facebook

Selain memiliki sejumlah "Page Facebook" dan "Group Facebook", divisi ITS juga telah meluncurkan 4 aplikasi baru untuk Facebook, yaitu aplikasi e-Renungan Harian, e-Santapan Harian, Alkitab, dan Ayat Harian. Aplikasi-aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mengakses bahan renungan di Facebook, dan menikmati firman Tuhan di mana pun pengguna sedang berada.

Pokok doa: Bersyukur atas peluncuran 4 aplikasi Facebook: e-Renungan Harian, e-Santapan Harian, Alkitab, dan Ayat Harian. Kiranya Tuhan memakai aplikasi ini untuk mendorong anak-anak Tuhan belajar firman Tuhan, dan membagikan berkat-berkat tersebut kepada rekan-rekan lain melalui Facebook.

3. Katalog Proyek ITS

Pada bulan Maret 2011, divisi ITS telah selesai menyusun Katalog Proyek ITS yang berisi proyek-proyek dalam divisi ITS, khususnya proyek Biblical Computing yang sudah selesai dikerjakan, sedang dikerjakan, dan akan dikerjakan. Melalui katalog ini diharapkan informasi tentang alat-alat biblika yang tersedia, dapat dimanfaatkan seluas mungkin bagi mereka yang membutuhkan.

Pokok doa: Bersyukur untuk tersedianya katalog proyek ITS. Doakan agar katalog ini dapat digunakan untuk menyebarluaskan alat-alat biblika yang tersedia, dan semakin banyak orang dapat memanfaatkannya bagi penggalian firman Tuhan. Kiranya firman Tuhan ditinggikan dan diagungkan bagi kemuliaan nama Tuhan.

4. Server-server YLSA

Pada bulan Maret -- April 2011, jaringan di mana salah satu server YLSA berada sering mengalami gangguan. Hal ini mengakibatkan situs-situs YLSA tidak bisa diakses pada waktu-waktu tertentu. Saat ini YLSA juga sangat membutuhkan tambahan bandwidth server eksternal, agar pengunjung dapat mengakses situs-situs YLSA dengan lebih lancar dan cepat. Selain itu, diperlukan juga strategi untuk "maintenance" dan optimisasi server-server eksternal yang dimiliki oleh YLSA.

Pokok doa: Dukung dalam doa agar Tuhan ikut campur tangan dalam mengatasi masalah gangguan server dan jaringan di mana server YLSA berada. Kami percaya hanya melalui pertolongan-Nya saja, YLSA bisa mendapatkan akses bandwidth yang cukup dan semua server YLSA bisa beroperasi dengan baik.

5. Proyek Kidung-kidung Pujian

Salah satu proyek yang sedang dikerjakan divisi ITS saat ini adalah penyelesaian proyek kidung-kidung pujian untuk beberapa platform seperti HP/mobile, situs, maupun PDF.

Pokok doa: Doakan agar Tuhan memberi kemampuan kepada setiap staf yang terlibat dalam penyelesaian proyek kidung-kidung pujian, sehingga hasil proyek ini dapat segera digunakan oleh masyarakat Kristen di Indonesia secara luas. Biarlah pujian kepada Tuhan semakin berkumandang di Nusantara.

6. Upgrade Situs-situs YLSA

Pada Maret -- April 2011, divisi Web masih berkonsentrasi untuk melanjutkan Upgrade total untuk situs GUBUK, situs PESTA, SABDA Space Teens, dan SAI. Selain itu, sedang dikerjakan pula situs-situs mini yang berisi informasi-informasi maupun bahan-bahan dari berbagai bidang pelayanan kekristenan, dengan memakai domain .co. Selain mengerjakan situs-situs di atas, divisi WEB juga telah meluncurkan situs i-Humor versi mobile/HP.

Pokok doa: Puji Tuhan untuk peluncuran situs i-Humor versi mobile. Dukung doa untuk semua pengerjaan proyek-proyek upgrade situs-situs YLSA, kiranya Tuhan terus memberi kekuatan kepada setiap anggota tim Web agar memiliki stamina untuk menyelesaikan proyek ini hingga selesai pada waktunya.

7. Publikasi Elektronik untuk Remaja dan Pemuda

Divisi Publikasi YLSA sedang mempersiapkan publikasi baru, yang akan memperlengkapi pelayan-pelayan Tuhan yang bergerak dalam bidang pelayanan remaja/pemuda. Doakan agar Tuhan menyiapkan staf YLSA yang akan terlibat dalam publikasi ini. Biarlah Tuhan memberikan visi yang jelas, sehingga pelayanan ini bisa dikerjakan dengan sepenuh hati.

Pokok doa: Doakan agar Tuhan menyiapkan staf yang tepat untuk menangani publikasi elektronik untuk remaja dan pemuda ini. Biarlah mereka memiliki visi yang jelas yang dari Tuhan, supaya pelayanan ini sungguh memperkenankan hati Tuhan.

8. Pokok Doa Selama Bulan Ramadan

Sejak awal tahun 2011, tim Komunitas YLSA mengadakan evaluasi terhadap situs komunitas blogger SABDA Space yang cukup mendapat sorotan kritikan. Mei 2011 ini, Admin telah membuat kebijakan baru yang diharapkan dapat mengembalikan peran komunitas SS untuk menjadi terang dan garam di ladang misi dunia maya.

Pokok doa: Doakan untuk komunitas Blogger SS, agar Tuhan menolong YLSA mengembalikan visi dan misi SS kepada tujuan semula yaitu memperluas Kerajaan Allah dan memuliakan nama Tuhan.

9. Mitra Facebook YLSA

Divisi Komunitas telah membuat terobosan baru dengan menjalin mitra-mitra pelayanan lewat Facebook-Facebook YLSA. Diharapkan melalui kerja sama yang terjalin ini, semakin banyak pelayanan di dunia maya yang bersatu untuk memuliakan nama Tuhan.

Pokok doa: Doakan agar Tuhan memberi hikmat kepada tim Komunitas YLSA dalam menjalin mitra-mitra pelayanan di dunia Facebook, sehingga kerja sama pelayanan ini dimotivasi untuk membesarkan nama Tuhan.

10. Kelas Diskusi PESTA

Saat ini berlangsung Kelas Dasar Pengajaran Alkitab (DPA) yang sedang aktif berdiskusi. Bersyukur untuk peserta yang sangat antusias belajar kebenaran firman Tuhan. Pada bulan Juni mendatang, PESTA akan membuka kembali Kelas Dasar-dasar Iman Kristen (DIK). Kelas ini akan menerima pendaftaran untuk 20 peserta saja. Promosi sudah disebarkan bagi mereka yang ingin mengikutinya.

Pokok doa: Doakan agar Tuhan sendiri yang memimpin setiap hati peserta untuk semakin mengenal kebenaran firman Tuhan. Biarlah melalui diskusi ini, para peserta semakin siap dipakai Tuhan untuk memenangkan jiwa bagi Tuhan. Berdoa pula untuk promosi kelas DIK, agar anak-anak Tuhan yang rindu belajar firman Tuhan dapat tertarik untuk bergabung di kelas DIK ini.

11. Modul Baru PESTA

Ada beberapa modul baru PESTA yang sedang disiapkan oleh tim PESTA. Modul-modul ini akan dipakai menjadi bahan pelajaran bagi para peserta kelas diskusi virtual PESTA. Selain itu, modul ini yang terpasang di situs PESTA ini juga bebas didownload oleh siapa saja yang membutuhkan. Bisa dipakai untuk belajar sendiri (independent study) atau bisa juga untuk bahan PA sel group di gereja/persekutuan.

Pokok doa: Dukunglah dalam doa supaya Tuhan menolong tim PESTA dalam menyelesaikan modul ini, sehingga bisa dipakai untuk membuka kelas-kelas diskusi baru PESTA.

12. Roadshow SABDA

Pada bulan Maret -- Mei, beberapa roadshow SABDA telah terselenggara dengan baik, di antaranya adalah: di STT Gamaliel (Solo), YSKI (Semarang), SAAT (Malang), dan di Palembang. Empat pertemuan ini dapat berjalan dan terselenggara dengan baik berkat bantuan dari kerja sama dengan banyak pihak.

Pokok doa: Puji Tuhan atas terselenggaranya pertemuan SABDA di beberapa kota di Indonesia. Kami sungguh bersyukur karena pertolongan Tuhan sungguh nyata dalam setiap pertemuan tersebut. Kiranya apa yang telah dibagikan, dapat menjadi berkat bagi peserta dan semakin banyak orang rindu untuk menggali kebenaran firman Tuhan.


Suara Sahabat YLSA

1. From: Roy Wong Y. C.

=> Haleluya! Saya dari Sabah Malaysia. Saya percaya Tuhan yang menggerakkan kalian. Maka, semoga Tuhan jugalah yang menyertai dan melindungi seluruh kru SABDA net. Terima kasih atas jerih payah kalian karena usaha yang kalian laksanakan ini bersesuaian di zaman ini. Syukur puji Tuhan. Amen!

Redaksi: Terima kasih atas kunjungan Anda ke situs SABDA.NET. Selain dapat mendownload program SABDA di situs SABDA.NET, YLSA juga menyediakan situs Alkitab berisi studi Alkitab lengkap online di situs Alkitab SABDA .

Jika Anda tertarik untuk mendengarkan atau download audio Alkitab, YLSA juga telah menyediakannya melalui situs SABDA audio . Terdapat audio Alkitab dalam bahasa Indonesia berbagai versi, bahkan juga dalam beberapa bahasa asing, termasuk Alkitab audio dalam bahasa Malay. Kami mendorong Anda untuk membagikan informasi ini kepada rekan-rekan Anda di Sabah Malaysia. Semoga menjadi berkat bagi Saudara-saudara seiman di Malaysia. Tuhan Yesus memberkati.

2. Dari: Laston

=> Saya mengucapkan terima kasih atas pelayanan online Sabda.org. Saya selalu menjadikan web ini untuk mencari ayat-ayat. Tuhan memberkati!

Redaksi: Kami bersyukur atas berkat yang Anda peroleh melalui situs-situs SABDA.org. Kiranya berkat tersebut terus Anda sebarkan kepada rekan-rekan Anda yang lain. Untuk melihat secara keseluruhan situs-situs YLSA, silakan mengakses:

=> http://katalog.sabda.org >


Blog SABDA
  1. Judul Blog: Dari Divisi NET ke Divisi ITS (Oleh: Hadi)

    Dalam operasional pelayanannya, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) dibagi dalam beberapa divisi, dan masing-masing divisi diberi nama sesuai dengan bidang pelayanannya. Sejak bergabung di YLSA pada Mei 2010, saya masuk di Div. NET. Ketika pertama masuk di YLSA, sempat muncul pertanyaan di pikiran saya, "Mengapa divisi ini dinamakan NET?" Yang saya tahu, bidang teknologi informasi (IT), di organisasi/instansi lain tidak ada yang memakai nama ini. Ada dua dugaan yang muncul di pikiran saya waktu itu -- pertama, mungkin karena berkaitan dengan dunia internet; kedua, mungkin karena teknologi yang digunakan menggunakan .NET (baca dot net). Tetapi kenyataannya, teknologi yang digunakan di YLSA adalah opensource. Saya jadi bingung. ...

    Baca selengkapnya tulisan Hadi:

    ==> http://blog.sabda.org/2011/03/14/

  2. Judul Blog: Pelayanan Mobile YLSA: Memanfaatkan Kios HP (Oleh: Billy)

    ... Saya memulai presentasi dengan menyampaikan fakta bahwa saat ini hampir semua orang memiliki minimal satu HP. Selain itu, HP juga telah berkembang tidak hanya menjadi alat untuk mengirim pesan dan berkomunikasi (voice call), tapi juga untuk menjalankan berbagai aplikasi, di antaranya untuk memutar audio/video, untuk browsing internet, untuk menyimpan data, dll.. Melihat kesempatan yang sangat luas inilah, maka sejak awal 2011 YLSA mulai mengembangkan produk-produk Mobile YLSA. ...

    Baca selengkapnya tulisan Billy:

    ==> http://blog.sabda.org/2011/03/25/

  3. Judul Blog: YLSA Turut Menyebarkan Firman Tuhan Dalam Audio (Oleh: Anik)

    Selama menjadi staf YLSA, saya dapat menangkap dengan jelas kerinduan YLSA untuk selalu menyebarkan firman Tuhan dalam berbagai bentuk/media. Pada tahun 2010, YLSA mulai menyebarkan firman Tuhan dalam bentuk CD Alkitab Audio. Istimewanya, CD Alkitab audio tersebut tidak hanya tersedia dalam bahasa Indonesia, namun juga dalam berbagai bahasa suku di Indonesia dan bahasa asing. CD Alkitab audio tersebut kami sebarkan secara gratis. ...

    Baca selengkapnya tulisan Anik:

    ==> http://blog.sabda.org/2011/03/29/

  4. Judul Blog: Bulan-bulan yang Berkesan di YLSA (Oleh: Dicky)

    Sejak pertama kali masuk pada akhir Januari 2011 yang lalu hingga mendekati akhir Maret ini, ada banyak hal menarik yang saya alami dan dapatkan di YLSA. Di awal magang ini, saya harus ikut rapat kerja (raker) untuk membahas evaluasi YLSA 2010 dan rencana 2011. Awalnya saya kira acara ini akan berlangsung tegang, serius, dan monoton. Akan tetapi, setelah mengikuti dari awal sampai akhir, ternyata acaranya seru, komunikatif, dan unik. ...

    Baca selengkapnya tulisan Dicky:

    ==> http://blog.sabda.org/2011/04/06/

  5. Judul Blog: Selamat Paskah Sahabat YLSA (Oleh: Santi)

    ... Melalui Blog SABDA ini, saya, Santi (Divisi Komunitas YLSA), mewakili semua personel di balik layar YLSA mengucapkan "selamat memperingati Jumat Agung dan Paskah 2011" kepada semua pengunjung Blog SABDA. Pengurbanan-Nya memberikan anugerah keselamatan kepada setiap orang yang percaya dalam nama-Nya. Melalui kematian dan kebangkitan-Nya, kita dilayakkan dan dibenarkan untuk menjadi anak-anak Allah. Marilah juga kita turut ambil bagian dalam memberitakan kasih dan kebenaran-Nya, supaya setiap orang yang belum percaya beroleh keselamatan. ...

    Baca selengkapnya tulisan Santi:

    ==> http://blog.sabda.org/2011/04/21/

  6. Judul Blog: Katalog Proyek ITS YLSA (Oleh: Khenny)

    Tidak terasa saya sudah hampir 2 bulan bekerja di YLSA. Saya pindah dari Surabaya ke Solo pada tanggal 16 Februari 2011 dan mulai bekerja keesokan harinya. Untuk penyesuaian diri sebenarnya tidak susah-susah amat, teman-teman di mess YLSA dan juga di kantor ramah, sehingga penyesuaian diri jadi lebih gampang dari yang saya pikirkan.

    Baca selengkapnya tulisan Khenny:

    ==> http://blog.sabda.org/2011/04/30/


Laporan Keuangan

Berikut kami sampaikan laporan keuangan YLSA bulan Februari dan Maret 2011.

Laporan Februari 2011

A. Sumbangan
Lukas H. Rp. 2.500.000,0001/02/11
Bambang W. Rp. 50.000,0001/02/11
Chandra W. Rp. 1.000.000,0004/02/11
STEMI Rp.50.000.000,0004/02/11
NN Jakarta Rp. 2.000.000,0007/02/11
GRII Pusat Rp.50.000.000,0007/02/11
Dede W. Rp. 50.000,0007/02/11
Dustin C. Rp. 300.000,0007/02/11
TELAGA Rp. 500.000,0011/02/11
NN Rp. 1.000.000,0016/02/11
Johny C. Rp. 200.000,0021/02/11
Reni R. MGL. Rp. 1.000.000,0021/02/11
CV. Oneway Rp. 1.000.000,0021/02/11
Yay. Gloria Rp. 250.000,0023/02/11
Jap Aries G. Rp. 100.000,0025/02/11
Edward B S. Rp. 100.000,0028/02/11
Desi H. Rp. 100.000,0028/02/11
Sumbangan Lain Rp. 221.000,00
Bunga bank Rp. 81.353,00
   
Total Sumbangan Rp.110.452.353,00
B. Pengeluaran
Beban Admin Rp. 599.600,00
Kas Kecil Rp. 100.000,00
Telp, listrik Rp. 2.202.200,00
Beban KomputerRp. 43.000,00
Perpustakaan Rp. 2.335.000,00
CD Rp. 282.500,00
Pos, paket Rp. 163.100,00
Bank Rp. 31.768,00
Kepegawaian Rp.23.955.000,00
Road show Rp. 236.000,00
Konsumsi Staf Rp. 1.126.800,00
Bangunan Rp. 9.836.000,00
Domain mobi Rp. 455.000,00
Dana kesehatanRp. 200.000,00
   
Total Pengeluaran Rp. 41.565.968,00

Laporan Maret 2011

A. Sumbangan
Chandra W. Rp.1,000,000,0001/03/11
Lukas H. Rp.2,500,000,0001/03/11
Bambang W. Rp. 50,000,0001/03/11
TELAGA Rp. 500,000,0007/03/11
NN Jakarta Rp.2,000,000,0007/03/11
Ulbrits S. Rp. 750,000,0007/03/11
Widya K. Rp. 500,000,0009/03/11
Dustin C. Rp. 300,000,0014/03/11
Agustinus A.N.Rp. 300,000,0014/03/11
NN Rp.1,000,000,0015/03/11
NN Rp. 510,000,0015/03/11
CV. Oneway Rp.1,000,000,0016/03/11
NN Rp.6,795,000,0018/03/11
NN Rp. 500,000,0022/03/11
Soemartono P. Rp. 100,000,0022/03/11
GIAPegangsaan Rp.7,500,000,0024/03/11
Yay. Gloria Rp. 250,000,0024/03/11
Edward B. S. Rp. 100,000,0028/03/11
Budiharto S. Rp. 100,001,0028/03/11
Sumbangan LainRp. 526,123,00
Bunga bank Rp. 53,713,00
   
Total Sumbangan Rp.26,334,837,00
B. Pengeluaran
Beban Admin Rp. 1,158,100,00
Kas Kecil Rp. 50,000,00
Telp, listrik Rp. 2,470,800,00
Perpustakaan Rp. 286,000,00
CD Rp. 3,215,000,00
Pos, paket Rp. 111,800,00
Bank Rp. 19,425,00
Kepegawaian Rp.24,955,000,00
Konsumsi Staf Rp. 1,118,200,00
Bangunan Rp. 1,073,500,00
Dana kesehatanRp. 1,000,000,00
Lain-lain Rp. 249,200,00
   
Total Pengeluaran Rp. 35,707,025,00

Ucapan Terima Kasih

-------------------

Tuhan sungguh baik, Dia senantiasa memelihara pelayanan YLSA melalui tangan-tangan Sahabat dan Pendukung YLSA. Biarlah ucapan syukur ini terus mengalir dari bibir dan hati kami, supaya kemuliaan hanya kembali kepada Dia yang memiliki kami.

Bagi pembaca lain yang tergerak untuk terlibat dalam pelayanan YLSA dengan memberikan sumbangan dana, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA a.n. Yulia Oeniyati Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo No. Rekening: 0790266579

Stop Press

Anda ingin mengembangkan talenta menulis untuk memuliakan nama Tuhan? Anda kesulitan mencari bahan-bahan seputar dunia penulisan Kristen? e-Penulis hadir untuk membantu Anda melalui bahan-bahan seputar kepenulisan, seperti beragam artikel dan bahan literatur Kristen, kiat penulisan, kaidah penggunaan bahasa Indonesia, tokoh penulis, serta ulasan situs penulis. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan ini dua minggu sekali -- setiap hari Kamis minggu pertama dan ketiga secara gratis dengan cara berlangganan milis publikasi e-Penulis. Caranya sangat mudah, Anda hanya mengirimkan email kosong ke

Kunjungi juga situs PELITAKU: http://pelitaku.sabda.org/ >

Komunitas: http://fb.sabda.org/penulis >, http://twitter.com/sabdapenulis >


Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi: Yulia, Santi, dan Elly
Untuk berlangganan: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Berhenti berlangganan: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Kirim bahan/pertanyaan: beritaylsa(at)sabda.org
Arsip Berita YLSA: http://www.sabda.org/publikasi/berita_ylsa/
Blog SABDA: http://blog.sabda.org/
In-Christ.Net: http://www.in-christ.net/
Facebook YLSA: http://fb.sabda.org/ylsa

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA Didistribusikan melalui sistem network I-KAN Copyright(c) Berita YLSA 2011 YLSA -- http://www.ylsa.org/ Situs Katalog -- http://katalog.sabda.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati


Comments