Berita YLSA - Maret 2006

Daftar Berita
[Editorial]
[Latest News] : 1. Baru! Peluncuran Situs PELITAKU
 : 2. Upgrade Situs SOTeRI
 : 3. Publikasi Berita SABDA
[Gratis!]: Lirik Lagu Paskah dan Lagu Sekolah Minggu di Situs GEMA
[Prayer Request!] :
[Inside Ylsa!]: Salib Tua yang Kasar (The Old Rugged Cross)
[Appreciation] : 1. Ulang Tahun Staf YLSA
 : 2. Staf Keluar
[Financial Report]: Laporan Keuangan Pebruari 2006


Editorial

Saudara yang terkasih dalam Kristus, Pada Edisi Berita YLSA April ini, kami menyiapkan sebuah artikel pendek yang kami harap dapat menolong kita untuk mempersiapkan diri merayakan hari PASKAH. Melalui kesaksian seorang pencipta lagu ini kiranya kita diingatkan betapa berharganya karya salib Kristus bagi keselamatan jiwa kita. Tanpa penderitaan dan kematian-Nya di atas kayu salib, maka tidak ada keselamatan bagi kita. Segenap pengurus dan staf YLSA, kami ingin mengucapkan:
SELAMAT HARI PASKAH 2006!
Terima kasih Tuhan Yesus, untuk pengorbanan-Mu yang luar biasa bagi kami. Kiranya darah-Mu yang tercurah di atas kayu salib itu, terus memberi inspirasi bagi hidup kami yang baru sekarang ini. Amin.
In Christ,
Yulia Oeniyati
<yulia(at)in-christ.net>
Pimpinan YLSA


Berita dan Pokok Doa

Kami mengajak para Sahabat YLSA untuk bersatu hati dan berdoa bagi pokok-pokok doa berikut ini.
  1. Ucapan Syukur
    • Mengucap syukur untuk peluncuran Situs Pelitaku dan Situs SOTeRI. Kiranya melalui situs-situs ini pelayanan literatur Kristen Indonesia semakin maju dan menjadi berkat bagi nama Tuhan.
    • Bersyukur untuk dukungan dana yang diberikan bagi pelayanan YLSA oleh para donatur. Biarlah dana ini bisa menjadi berkat untuk melipatgandakan pelayanan di YLSA.
  2. Rencana Kegiatan Pelayanan YLSA April 2006
    • Mohon didoakan untuk kebutuhan SDM YLSA, terutama kebutuhan beberapa orang programmer untuk mengerjakan proyek-proyek YLSA.
    • Doakan juga untuk rencana mengupgrade Situs e-MISI.
    • Doakan untuk Kelas PESTA DIK (Dasar-dasar Iman Kristen) yang akan dibuka untuk periode April dan Mei 2006.
  3. Untuk Para Sahabat YLSA
    • Menjelang hari raya PASKAH, kami mengajak Sahabat YLSA bersatu hati berdoa agar PASKAH tahun ini dapat menjadi momen penyegaran rohani bagi umat Kristen di Indonesia.
    • Berdoa untuk para Sahabat YLSA yang terlibat diberbagai pelayanan, kiranya melalui pelayanan ini hati mereka semakin rindu menikmat hadirat Tuhan setiap saat.



Mengenal YLSA

SALIB TUA YANG KASAR (THE OLD RUGGED CROSS)
Pengarang-George Bennard, 1873-1958
Komponis-George Bennard, 1873-1958
Irama-Irregular dengan Chorus "Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh." (1Petrus 2:24) Jarang terjadi, ketika seorang pemimpin pujian menawarkan kepada jemaat di berbagai kongregasi untuk menyanyikan lagu favorit mereka tanpa menerima setidaknya satu permintaan untuk menyanyikan lagu "The Old Rugged Cross". Himne Kristen yang menjadi lagu sentimental favorit orang-orang Kristen maupun mereka yang belum diselamatkan ini, ditulis oleh George Bennard pada tahun 1913. Pada umumnya lagu ini diakui sebagai lagu terpopuler di antara lagu-lagu himne lain sepanjang abad dua puluh. George Bennard dilahirkan di Youngstown, Ohio. Tetapi orang tuanya kemudian pindah ke Albia, Iowa dan kemudian ke kota Lukas di negara bagian yang sama. Di sinilah George muda menerima Kristus sebagai Juruselamat pribadinya. Setelah kematian ayahnya di saat ia belum genap berusia enam belas tahun, ia masuk ke Salvation Army. Bennard dan istri pertamanya melayani selama satu periode sebagai staf di organisasi ini. Alhasil, Bennard kemudian ditahbiskan menjadi anggota Methodist Episcopal Church (Gereja Metodis Episkopal) di mana pelayanannya benar-benar disambut dengan sangat baik. Selama beberapa waktu ia sibuk dalam keterlibatannya memimpin pelayanan kebangunan rohani, khususnya di negara bagian Michigan dan New York. Suatu ketika, setelah kembali ke Michigan, ia mendapatkan suatu pengalaman yang membuatnya benar-benar merenungkan pentingnya salib dan apa yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus ketika ia berbicara tentang persekutuan dalam penderitaan Kristus. Ketika merenungkan kebenaran ini, ia semakin yakin bahwa ternyata salib lebih dari sekadar simbol keagamaan saja. Salib merupakan inti pokok dari penginjilan. George Bennard menuliskan perenungan yang melatarbelakangi himne itu sebagai berikut.
Aku mendapatkan inspirasi pada suatu hari di tahun 1913 ketika berada di Albion, Michigan. Aku mulai menulis "The Old Rugged Cross". Melodinya kususun terlebih dahulu. Kata-kata yang pertama kali kutulis tidaklah sempurna. Kata-kata dalam lagu itu aku taruh dalam hatiku untuk menjawab kebutuhan-kebutuhanku sendiri. Segera setelah itu, lagu itu diperkenalkan dalam suatu pertemuan istimewa di Pokagon, Michigan pada 7 Juni 1913. Kesempatan pertama di mana lagu itu diperdengarkan di luar gereja di Pokagon adalah di Chichago Evangelistic Institute. Di sana lagu itu diperkenalkan di hadapan banyak jemaat dan lagu itu segera menjadi lagu yang sangat populer di seluruh negeri.
Segera setelah menulis lagu ini, George Bennard mengirimkan salinannya kepada Charles Gabriel, salah satu komposer lagu-lagu penginjilan terkenal pada saat itu. Ramalan Gabriel bahwa Bennard akan segera terkenal lewat lagu ini, segera terbukti saat "The Old Rugged Cross" menjadi salah satu lagu yang paling dikenal, baik di dunia rohani maupun sekuler, di negara ini. Bennard melanjutkan pelayanan penginjilannya selama empat puluh tahun lagi setelah menulis lagu ini. Dia juga menuliskan lagu rohani Kristen favorit lainnya tetapi tidak ada yang mampu mendapatkan respon seperti lagu "The Old Rugged Cross". Pada 9 Oktober 1958, ketika berusia delapan puluh lima tahun, Bennard menukar "salib"nya dengan "mahkota". Dia menghabiskan sisa hidupnya di "sisi jalan", beberapa mil utara Reed City, Michigan. Di dekat rumah ini masih tetap terdapat sebuah salib setinggi duabelas kaki dengan tulisan, "`The Old Rugged Cross`-- Rumah George Bennard, pengarang lagu kesayangan itu". Memang perlu ditekankan bahwa kita tidak boleh menyembah salib melebihi Kristus yang berada di salib itu. Namun, seseorang tidak dapat mempertimbangkan kebenaran penebusan Kristus tanpa sungguh-sungguh memperhatikan inti dari peristiwa salib dalam rencana besar Allah untuk menyelamatkan manusia berdosa.(t/Ratri)
Sumber diterjemahkan dari:
Judul Buku : 101 Hymn Stories
Judul Artikel : The Old Rugged Cross
Penulis : Kenneth W. Osbeck
Penerbit : Kregel Publications, Grand Rapids, USA, 1982
Halaman : 254 - 256



Blog SABDA

  1. Baru! Peluncuran Situs PELITAKU
    Puji Tuhan! Dengan gembira kami mengumumkan bahwa Yayasan Lembaga SABDA kembali meluncurkan sebuah situs baru yang diberi nama Situs PELITAKU (singkatan dari: Penulis Literatur Kristen dan Umum). Situs PELITAKU khusus dirancang untuk para penulis Kristen, baik mereka yang masih menjadi pemula ataupun yang sudah berpengalaman. Di dalamnya Anda akan menemukan berbagai bahan artikel, panduan, dan kisah-kisah yang berkaitan dengan dunia penulisan. Tujuan dibangunnya situs ini adalah untuk mendukung pelayanan bagi penulis-penulis Kristen agar mereka dibekali dengan bahan-bahan yang cukup sehingga dapat berkarya bagi kemuliaan Tuhan. Nah, bagi Anda yang memiliki minat untuk mengembangkan karier dalam dunia penulisan Kristen ataupun yang masih sekadar ingin belajar menulis, segeralah berkunjung ke Situs PELITAKU di:

    ==> http://pelitaku.sabda.org/

  2. Upgrade Situs SOTeRI
    Situs baru kedua yang Yayasan Lembaga SABDA luncurkan bulan ini adalah Situs SOTeRI (singkatan dari: Situs Online Teologi Reformed Injili). Situs ini sebenarnya adalah pengembangan (upgrade) dari Situs e-Reformed yang sudah ada sejak tahun 2001. Situs SOTeRI ini bertujuan untuk menjadi sarana dalam memperkenalkan sistem teologia Reformed dan kegiatan-kegiatannya kepada masyarakat Kristen Indonesia. Selain menyajikan arsip dari semua terbitan Publikasi e-Reformed, situs ini juga memuat artikel-artikel teologia lain yang juga memiliki corak pengajaran teologi Reformed yang Injili. Informasi tentang situs-situs lain yang serupa (sealiran), baik yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris, juga dapat Anda temui di situs ini. Kami berharap dengan hadirnya Situs SOTeRI ini, dapat menjadi berkat bagi Anda. ==> http://reformed.sabda.org/

  3. Publikasi Berita SABDA
    Melalui kesempatan ini kami ingin memperkenalkan Publikasi Berita SABDA: Publikasi Berita SABDA, yang diterbitkan Yayasan Lembaga SABDA terbit sebulan sekali ini, khusus diperuntukkan bagi para pengguna SABDAc, baik mereka yang mendownloadnya dari situs SABDA.net atau yang mendapatkannya dalam bentuk CD. Selain menyajikan informasi terbaru tentang perkembangan SABDAc, Berita SABDA ini juga memuat FAQ (pertanyaan dan jawaban) seputar fitur-fitur dalam CD SABDAc, serta artikel dan kiriman kesaksian dari pengguna SABDAc. Bagi para Sahabat YLSA yang menggunakan CD SABDA tapi belum berlangganan silakan mengirimkan surat kepada kami. Kami juga mengundang Anda untuk berpartisipasi dengan mengirimkan kesaksian/masukan atau pertanyaan seputar pemakaian CD SABDAc atau seputar pelayanan Biblical Computing YLSA. Untuk berlangganan, Anda bisa mengirim e-mail ke:
    ==> < subscribe-i-kan- berita-sabda(at)hub.xc.org >
    Untuk mengirim kesaksian atau pertanyaan layangkan surat Anda ke:
    ==> < info-sabda(at)sabda.org >
    Untuk mendapatkan arsip-arsip Berita SABDA yang sudah terbit:
    ==>http://www.sabda.org/publikasi/berita_sabda/ [Arsip Berita SABDA]


Appreciation

  1. Ulang Tahun Staf YLSA
    Keluarga besar Yayasan Lembaga SABDA bersyukur karena tanggal 13 Maret 2006 yang lalu, salah satu staf PESTA, Lisbet Rohana, merayakan hari ulang tahunnya. Acara sederhana tetapi penuh keakraban kiranya bisa menambah sukacitanya. Mohon dukungan doa agar dia terus bersemangat melayani Tuhan dan kerinduannya untuk melayani di bidang misi diberkati Tuhan.
  2. Staf Keluar
    Sejak tanggal 1 Maret secara resmi 2 orang staf mengundurkan diri dari pelayanan YLSA, yaitu Kristian Novianto, S.E. (divisi WEB) dan Tanie Maria Silviasari, A.Md. (staf PESTA). Mereka bersaksi bahwa pelayanan di YLSA memberi banyak kenangan dan berkat. Kiranya bekal berkat yang mereka dapatkan di YLSA menjadi berkat di lingkungan pelayanan yang baru. Terima kasih untuk kontribusinya bagi pelayanan Tuhan di YLSA.



Laporan Keuangan

LAPORAN AKTIVITAS KEUANGAN YLSA Pebruari 2006
A. SUMBANGAN
Agus Budiyono (BCA) RP.100.000,00(1/02/2006)
NN dari Bandung (BCA) Rp.200.000,00(1/04/2006)
Hendrata Suhada (BCA) Rp.1.000.000,00(1/04/2006)
TELAGA (BCA) Rp.500.000,00(1/04/2006)
Gunawan & Kristina (Danamon) Rp.1.000.000,00(1/06/2006)
Sarah Hartono (BCA) Rp.50.000,00(1/06/2006)
Kornelius Yohanes (BCA) Rp.800.000,00(1/06/2006)
Tan Koen Louw (BCA) Rp.250.000,00(1/07/2006)
Sugiharto W. (BCA) Rp.100.000,00(1/08/2006)
Liauw Hoi Siong (BCA) Rp.100.000,00(1/08/2006)
Ibrahim Surya IR (BCA) Rp.500.000,00(1/11/2006)
Ismail Tjitra (BCA) Rp.150.000,00(1/12/2006)
Prima Tjandra (BCA) RP.200.000,00(1/12/2006)
NN Bandung (BCA) Rp.500.000,00(1/14/2006)
Grace Emilia (BCA) Rp.150.000,00(1/17/2006)
Hendri Ketaren (Lippo) Rp.250.000,00(1/19/2006)
Suwandi (Lippo) Rp.100.000,00(1/19/2006)
Bunga Bank Rp.7.470,00
Sumbangan lain-lain Rp.105.000,00
   
Total SumbanganRp.6.062.470,00

B. PENGELUARAN KANTOR
Peralatan Kantor RP.22.500,00
Beban Internet Rp.571.600,00
Produksi CD Rp.230.400,00
HRD Rp.564.600,00
Bank Rp.16.500,00
Beban Kantor Rp.103.000,00
Kas Kecil Rp.47.800,00
Beban Utility/Sumber Daya Rp.989.200,00
Beban Komputer Rp.1.845.000,00
Beban Perpustakaan Rp.83.000,00
Beban Kepegawaian Rp.10.990.000,00
   
Total PengeluaranRp.15.463.600,00

 

Ucapan Terima Kasih

Kami sungguh bersyukur kepada Allah yang melimpahkan kasih-Nya kepada kami melalui dukungan doa dan dana dari Sahabat-sahabat YLSA. Kami juga berdoa kiranya Allah memberikan berkat melimpah dalam hidup Anda.

Bagi Anda yang tergerak untuk berpartisipasi mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA
a.n. Yulia Oeniyati
- Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579
atau
- Bank Danamon Cabang Nusukan Solo
No. Rekening: 1693530


Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi: Yulia, Endah, Evi, Ary, Ari, Puji, Elly
Alamat berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Untuk berhenti berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Untuk kirim bahan/pertanyaan :Kirim e-mail ke staf Redaksi <berita-ylsa(at)sabda.org>
Arsip Berita YLSA: http://ylsa.org/berita_ylsa

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA.
Didistribusikan melalui sistem network I-KAN.
Copyright(c) Berita YLSA 2006
YLSA -- http://www.ylsa.org/

Comments