Berita YLSA - Desember 2015 - Januari 2016

Editorial
Berita YLSA 113/Desember 2015-Januari 2016

Salam sejahtera dalam Tuhan Yesus Kristus,

Senang sekali bisa bertemu lagi dengan para Sahabat dan Pendukung YLSA di awal tahun 2016. Semoga kita semua memiliki semangat baru dan harapan baru untuk melanjutkan pekerjaan di ladang Tuhan.

Salah satu kerinduan Yayasan Lembaga SABDA pada tahun 2016 adalah menolong sebanyak mungkin orang Kristen untuk belajar mengintegrasikan iman Kristennya dengan perkembangan teknologi informasi sehingga mereka tidak terhilang di dunia digital, tetapi sebaliknya, memakai gawai-gawai (gadget) barunya untuk memajukan pekerjaan Tuhan. Seiring dengan hal itu, YLSA juga terus mengembangkan pemakaian teknologi, bukan hanya untuk menyebarkan Alkitab, melainkan juga mempelajarinya dengan cara-cara baru sehingga lebih relevan dengan kebutuhan zaman ini. Karena itu, mohon dukungan doa para Sahabat dan Pendukung YLSA supaya kami terus dipimpin oleh Tuhan dalam menjalankan visi dan misi pelayanan kami pada tahun 2016. Biarlah meninggikan kemuliaan Tuhan terus menjadi kerinduan kami.

Berita dan Pokok Doa
Berita dan Pokok Doa
  1. Tim ITS Memulai Proyek Update Core Software SABDA 5.0

  2. Mengawali tahun 2016, tim ITS fokus untuk melakukan update core Software SABDA dari versi 4 ke 5. Beberapa fitur dan modul baru akan menolong pengguna untuk belajar firman Tuhan dengan lebih mudah, lengkap, mendalam, dan menyenangkan. Software SABDA versi 5 ini akan dipasang di situs SABDA.net dan diharapkan dapat segera diselesaikan pada Kuartal I tahun 2016 ini. Mohon dukungan doa dari Sahabat YLSA agar Tuhan menolong tim ITS untuk dapat mengerjakan proses update core dan proses teks modul-modul baru dengan teliti.

     

  3. Prototype Proyek 1001 Jawaban Sudah Dapat Diakses

    image: 1001 Jawaban
  4. Puji Tuhan! Persis pada hari tutup tahun 2015 yang lalu, telah diluncurkanlah MVP (Minimum Viable Product) situs "1001 Jawaban" yang dikerjakan oleh mitra SABDA, yaitu tim dari event Code for The Kingdom di Jakarta, Oktober 2015. Tim ini terdiri dari Karen, Richard, Charisma, Darwin, Marcel, dan Mario. Situs 1001 Jawaban memuat kumpulan jawaban untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering timbul di antara jemaat Kristus, yang berkaitan dengan pencarian maksud dari firman Tuhan atau pertanyaan dalam kehidupan orang Kristen sehari-hari. Melalui situs 1001 Jawaban, kami berusaha merangkum pertanyaan yang berhubungan dengan pendalaman Alkitab, teologi, agama, dan hidup. Situs ini masih akan terus dikembangkan oleh Karen dan kawan-kawan. Oleh karena itu, mohon dukungan Sahabat YLSA semua untuk mengunjungi situs ini dan memberikan kritik dan saran agar situs ini menjadi lebih baik ke depannya. Berdoalah kepada Tuhan Yesus agar Karen, Richard, Charisma, Darwin, Marcel, dan Mario terus diberikan gairah oleh Tuhan untuk mengerjakan proyek ini sampai selesai.

     

  5. Tim Biblika Membuka Grup Facebook Anda Punya Waktu

    image: fb Anda Punya Waktu
  6. Membaca dan mendengarkan Alkitab sangat penting bagi kehidupan orang percaya. Dengan membaca dan mendengarkan Alkitab, kita akan semakin mengenal Allah dan kehendak-Nya. Oleh karena itu, salah satu proyek awal tahun tim Biblika adalah membuka FB Grup Anda Punya Waktu (APW). Dalam FB Grup APW ini, para peserta akan dituntun setiap hari untuk mendengarkan Alkitab Perjanjian Baru dalam kurun waktu 90 hari, selama kurang lebih 20 menit per hari. Peserta akan mengakses bahan Alkitab Audio berdasarkan kitab-kitab dan ayat-ayat yang telah disediakan untuk didengarkan setiap hari, sampai selesai seluruh Perjanjian Baru secara berurutan. Berdoalah kepada Tuhan Yesus agar seluruh peserta yang mengikuti FB Grup APW mendapat pertolongan dari Roh Kudus untuk disiplin mendengarkan Alkitab setiap hari dan mereka dapat membagikan berkat firman Tuhan yang diperoleh dari pembacaan tersebut.

     

  7. Staf Magang dari UNS dan PETRA Mengerjakan Proyek SABDA Cloud

    image: Staf Magang 2016
  8. Pada bulan Januari -- Februari 2016, SABDA mengerjakan proyek SABDA Cloud yang akan dilakukan oleh empat orang staf magang jurusan Teknologi Informasi, yaitu Cleming, Alex, Steven (Universitas Kristen PETRA, Surabaya), dan Bara (Universitas Sebelas Maret, Surakarta). Mari kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar mereka berempat (yang menamakan diri "Tim Exodus") dipakai Tuhan untuk mengerjakan proyek SABDA Cloud ini dengan baik. Kiranya masa magang ini dapat menjadi kesempatan bagi mereka untuk memberikan kontribusi yang bernilai kekal bagi masyarakat Kristen Indonesia. Kiranya Tuhan menolong tim Exodus! Penjelasan mengenai proyek SABDA Cloud dapat dilihat dalam kolom Mengenal YLSA.
  9. Tim Pembinaan Mempersiapkan Bahan-Bahan Paskah

    image: Situs Paskah
  10. Pada awal tahun 2016, tim Pembinaan mulai menyiapkan bahan-bahan Paskah yang akan dipasang dalam situs Paskah dan jalur-jalur yang lain. Jika tahun lalu bahan-bahan yang disiapkan lebih banyak dalam format teks, tahun ini tim Pembinaan akan menampilkan bahan Paskah dalam empat format yang berbeda, yaitu ilustrasi humor, infografis, video klip, dan audio bahan-bahan Paskah. Mohon dukungan doa dari Sahabat YLSA agar Tuhan menolong tim Pembinaan sehingga dapat menyiapkan dan memproses semua bahan Paskah dengan baik untuk membawa pembaca/pengguna mengalami makna Paskah yang sejati.
  11. Tim Penjangkauan Melebur Publikasi e-Penulis dan e-Buku

  12. Mulai Januari 2016, publikasi e-Penulis dan e-Buku dilebur menjadi publikasi e-Penulis. Tim Penjangkauan yang menangani bidang pelayanan penulisan melakukan hal ini agar pelanggan e-Penulis dan e-Buku mendapatkan lebih banyak informasi seputar buku dan penulisan Kristen yang berkualitas. Doakan supaya publikasi e-Penulis semakin membekali para penulis dan pecinta buku Kristen sehingga mereka dapat menjadi berkat bagi sesama dan dapat memuliakan Tuhan melalui karya dan kegiatan mereka.
  13. Divisi PESTA Melangsungkan Kelas Diskusi DIK dan MDD

  14. Kelas perdana yang dibuka oleh PESTA pada tahun 2016 ini adalah kelas Dasar-Dasar Iman Kristen (DIK) dan kelas Manusia dan Dosa (MDD). Kami sungguh bersyukur kepada Tuhan untuk peserta yang sudah digerakkan oleh Tuhan untuk mengikuti kelas ini. Kelas DIK diikuti oleh 15 peserta, sedangkan kelas MDD ada 13 peserta. Kedua kelas ini akan berlangsung sampai 10 Februari 2016. Kiranya Tuhan menolong jalannya kelas ini sampai selesai dan seluruh peserta mendapatkan berkat melimpah dari firman Tuhan.
Mengenal YLSA
Mengenal YLSA: SABDA Cloud (Portal SABDA)
Ditulis oleh: Bara Okta

Bahan-bahan SABDA sudah dinikmati oleh masyarakat Kristen di Indonesia dalam 21 tahun terakhir ini, baik melalui software, situs, media sosial, DVD, CD Audio, USB, SD Card, dsb.. Dalam perkembangannya, penggunaan media penyimpanan fisik (DVD/VCD/USB/SD Card) untuk menyimpan dan menyebarluaskan bahan-bahan dari SABDA dan mitra mulai dirasa tidak efisien lagi. Banyaknya data dan ukuran data yang cukup besar, keterbatasan ruang penyimpanan fisik, dan kesulitan dalam melakukan proses share bahan melalui media penyimpanan fisik adalah beberapa masalah yang dihadapi oleh SABDA saat ini. Pengguna bahan-bahan SABDA juga mengalami kendala untuk mengakses bahan yang mereka butuhkan secara cepat dan tepat sesuai dengan kebutuhan mereka, mengingat saat ini banyak bahan disimpan/dikategorikan dalam penyimpanan tertentu.

image: Lean Magang

Proyek SABDA Cloud, yang juga akan disebut proyek Portal SABDA, adalah proyek yang memungkinkan bahan-bahan SABDA dan mitra diakses dengan lebih mudah dan lebih cepat oleh masyarakat Kristen Indonesia. Diharapkan, SABDA Cloud dapat menjadi solusi dari masalah yang dihadapi SABDA maupun pengguna saat ini. Proyek ini dibuat berdasarkan konsep "Lean" yang disusun dengan menggunakan bahan-bahan yang dikelola oleh SABDA dan mitra. Diharapkan, Portal SABDA ini akan menjadi suatu produk yang "easy to get and easy to share" sehingga masyarakat Kristen Indonesia dapat makin mengalami pertumbuhan dan pengenalan akan firman Tuhan karena bisa mendapatkan berbagai bahan kekristenan yang bermutu melalui SABDA Cloud (Portal SABDA). Kiranya Tuhan menolong tim Exodus yang akan mengerjakan proyek ini sepanjang bulan Januari dan Februari 2016 ini.

Suara Sahabat YLSA
Suara Sahabat YLSA: Respons untuk Pelayanan PESTA

PESTA (Pendidikan Elektronik Studi Teologi Awam) adalah salah satu divisi dalam Yayasan Lembaga SABDA yang memungkinkan orang awam (non-Teologi) untuk belajar Alkitab tanpa dibatasi waktu dan tempat. Silakan dapatkan informasi lebih lengkap mengenai pelayanan PESTA dalam situs PESTA.org. Berikut ini adalah respons dari alumni PESTA yang masuk melalui Whatsapp dan Telegram Admin PESTA.

image: Netty Siagian

- Netty Siagian: Puji Tuhan! Saya mengikuti kelas PESTA dan banyak berkat yang saya terima. Saya jadi sering membaca firman Tuhan, jadi banyak teman yang menjadi saudara seiman, saling mendoakan kala suka dan duka. Kebetulan, hari ini saya berulang tahun, banyak doa diberikan untuk saya. Terima kasih PESTA, terima kasih Ibu Yulia Oeniyati, semua pengurus dan pelayan PESTA, tim moderator yang selalu memotivasi untuk kami tetap aktif dan bersemangat belajar firman Tuhan, yang selalu kreatif dengan hal-hal dan cara-cara baru belajar firman Tuhan. Terima kasih semua alumni PESTA. God bless PESTA dan God bless us all. Amin.

image: Fransisca

- Fransisca Paquita Sukadana: PESTA merupakan jawaban dari Tuhan ketika saya sangat ingin mengenal Allah melalui firman-Nya. Cara belajar di PESTA dan pengaturan jadwalnya sangat pas dengan kesibukan saya padat. Meskipun materinya tidak berat, tetapi dalam kelas diskusi, saya diperkaya oleh pendapat beberapa teman yang mempunyai perenungan mendalam dan pengalaman membaca yang luas, juga diperkaya oleh artikel-artikel dari moderator maupun teman-teman diskusi. Sekarang, setiap membaca firman Tuhan semakin terasa betapa dalam maknanya. Puji Tuhan!

image: Maria Marpaung

- Maria Marpaung: PESTA melengkapi ketika saya butuh lebih banyak keterangan tentang Kabar Baik yang belum bisa saya dapatkan. Saya sungguh terberkati mengikuti PESTA dengan tim moddie dan teman-teman yang banyak mendukung saya.

image: Sherly

- Sherly: PESTA membuat saya lebih mengenal Alkitab dan lebih rajin membacanya. Bisa ada diskusi dan lebih banyak berpikir mengenai materi-materi diskusi yang diberikan, membuat kita lebih termotivasi untuk belajar firman Tuhan lagi.

Blog SABDA
Blog SABDA: Desember 2015 -- Januari 2016

Blog SABDA adalah situs yang memuat tulisan mengenai pelayanan, peristiwa, dan informasi dari balik layar Yayasan Lembaga SABDA. Berikut ini beberapa blog yang ditulis pada Desember 2015 -- Januari 2016.

  1. Natal YLSA 2015: "Natal Adalah Kristus"
  2. Kliping Koran di YLSA
  3. SABDA dalam YMC Wonogiri: Menyulut Semangat Bermisi
  4. Tim Pembinaan: Membina Jemaat Menuju ke Kedewasaan
  5. Tim Penjangkauan YLSA: Memberitakan Kristus Melalui Bidang Pelayanan Umum
Laporan Keuangan
Laporan Keuangan YLSA Bulan Desember 2015
Total Sumbangan Desember 2015: Rp 115,426,633,-
Total Pengeluaran Desember 2015: Rp 97,998,548,-

Puji Tuhan, para Sahabat YLSA telah menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menyalurkan dana yang YLSA butuhkan. Melayani bersama Tuhan sungguh memberikan sukacita. Biarlah pelayanan kita bersama mengharumkan nama Tuhan. Berkat Tuhan menyertai kita semua.

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

a.n. Yulia Oeniyati/ Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo

No. Rekening: 0790266579

Comments