Berita YLSA - Desember 2010

Daftar Berita
[Dari YLSA!]
[Renungan Natal] :Misteri Kelahiran Yesus
[Blog YLSA!] :1. Lukas, Server YLSA yang Baru (Oleh: Lani Mulati)
 : 2. Akhirnya YLSA masuki pelayanan Mobile! (Oleh: Billy)
 : 3. YLSA Punya Septictank Baru (Oleh: Novi)
 : 4. Roadshow SABDA yang Unik di Mata Saya (Oleh: Titus)
 : 5. Natal YLSA 2010: Ada yang Berbeda (Oleh: Tatik)
[Rencana dan Pokok Doa!]:Januari 2011
[Surat untuk YLSA!]
[Laporan YLSA!] :Laporan November 2010
[Stop Press YLSA!]

Editorial

Salam sejahtera,

YLSA menutup tahun 2010 dengan ucapan syukur, karena Tuhan telah berkenan memakai apa yang kami punya untuk melayani-Nya dan pekerjaan-Nya. YLSA juga menyambut tahun 2011 dengan ucapan syukur karena Tuhan masih berkenan mempercayai kami dengan pelayanan ini. Tapi kami tahu ini semua tidak lepas dari dukungan doa dan dana yang para Sahabat dan Pendukung YLSA berikan. Karena itu kami sungguh bersyukur untuk kerja sama yang terbentuk selama ini. Mari terus melayani-Nya sesuai dengan karunia yang Dia berikan kepada kita masing-masing.

Segenap pengurus dan staf YLSA ingin mengucapkan:

Selamat Tahun Baru 2011!

Berkat dan belas kasihan Tuhan menyertai kita semua.

In Christ, Yulia Oeniyati Pimpinan YLSA http://blog.sabda.org > http://fb.sabda.org/ylsa >


Renungan Natal:

Misteri Kelahiran Yesus

Membaca kisah Natal tidaklah semudah yang kita duga. Kalau kita membacanya mulai dari Matius 1:18, maka baru satu ayat saja yang kita baca, sudah timbul tanda tanya. Di situ ditulis, "Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami istri".

Lho, apa itu "mengandung dari Roh Kudus?" Sekarang ini dunia kedokteran mengenal bank sperma, inseminasi buatan homolog, inseminasi buatan heterolog, bayi tabung, dan sebagainya. Tetapi "mengandung dari Roh Kudus", apa itu?

Barangsiapa yang mau mencari tahu lebih banyak tentang hal ini dari Alkitab, akan kecewa. Sebab, di seluruh Alkitab hal ini hanya ditulis di Matius 1 dan Lukas 1. Apa yang ditulis di situ pun bukan penjelasan. Alkitab tidak memberi uraian biologis tentang bagaimana caranya Maria menjadi hamil. Alkitab pun tidak menyampaikan cerita sensasi sebagaimana biasanya kita baca tentang hamilnya para dewi dalam cerita-cerita rakyat. Yang terdapat dalam Matius 1 dan Lukas 1 adalah pemberitaan bahwa Allah menjelma menjadi manusia, dan untuk maksud itu, Allah memakai seorang wanita biasa di Nazaret sebagai saluran proses penjelmaan-Nya.

Bagaimana hal itu terlaksana, tidaklah dijelaskan kepada kita. Peristiwa penjelmaan Allah adalah suatu misteri. Mungkin itulah sebabnya Markus dan Yohanes sama sekali tidak menulis tentang kisah Natal dalam Injil mereka.

Kalau begitu, apa yang kita lakukan terhadap misteri ini? Suatu misteri yang tidak terpecahkan biasanya dipetieskan atau ditutup-tutupi. Itukah yang kita perbuat terhadap misteri kelahiran Yesus? Bukan. Misteri itu telah dibakukan gereja dalam Pengakuan Iman Rasuli. Tiap hari Minggu Gereja mengikrarkan percayanya kepada Yesus: "... yang dikandung daripada Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria ...."

Ucapan tersebut terdiri dari dua bagian. Pertama, "yang dikandung daripada Roh Kudus". Kalimat itu diambil dari Matius 1:18. Dengan kalimat itu, kita mengaku - walaupun dengan rasa heran - bahwa Yesus adalah Allah. Ia betul-betul Allah. Dalam diri bayi yang lahir di Betlehem itu, Allah sendiri yang datang. Kedua, "lahir dari anak dara Maria". Kalimat itu diambil dari Matius 1:23. Dengan kalimat itu, kita mengaku - walaupun dengan rasa takjub - bahwa Yesus adalah manusia. Ia betul-betul manusia. Dalam bahasa Ibrani, ungkapan "lahir dari seorang perempuan" (Ayub 14:1) berarti manusia biasa. Dalam arti itu Galatia 4:4 menyebut Yesus "lahir dari seorang perempuan". Jadi, dengan kedua bagian kalimat tadi hendak dikatakan Yesus adalah benar-benar Allah dan juga benar-benar manusia.

Apa manfaat pengakuan itu? Karena Yesus adalah Allah dan manusia, maka Ia dapat menjadi Penghubung dan Penyelamat kita. Untunglah bahwa Yesus adalah Allah, sehingga dengan demikian Ia dapat mengampuni dosa kita. Untunglah bahwa Yesus pun adalah manusia, sehingga dengan demikian Ia dapat menggantikan kita di kayu salib dalam menerima hukuman dosa.

Memang kisah ini adalah suatu misteri, namun misteri yang menggembirakan. Memang misteri ini tidak dapat kita pahami dan mengerti, tetapi syukurlah misteri ini dapat kita percayai dan kagumi.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul buku: Selamat Natal
Judul artikel: Misteri Kelahiran Yesus
Penulis: Dr. Andar Ismail
Penerbit: BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2002
Halaman: 56 -- 58

Berita dan Pokok Doa

Melalui kesempatan ini, kami, seluruh pengurus dan staf YLSA ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua dukungan doa yang para Sahabat dan Pendukung YLSA berikan selama tahun 2010. Doa-doa yang Anda naikkan kepada Tuhan, yang mendengar dan mengabulkan doa, sungguh kami rasakan. Kami telah dikuatkan dan dipelihara dengan luar biasa oleh Tuhan. Kami berharap dukungan doa Anda juga akan terus kami rasakan di tahun 2011 nanti.

Berikut adalah sebagian dari rencana pelayanan YLSA di bulan Januari 2011. Mohon dukungan doa Anda agar rencana ini bisa terlaksana dengan baik dan masyarakat Kristen mendapat berkat seluas-luasnya.

1. Bersyukur atas upgrade dan pemisahan situs PEPAK, C3I (Christian Counseling Center Indonesia) dan Indo Lead ke Drupal 6. Selain itu, Tim Web berencana meluncurkan situs new TELAGA, new SABDA Katalog, dan situs e-Misi versi mobile bulan Januari 2011. Giliran selanjutnya adalah mengupgrade situs PESTA.

Pokok doa: Mohon dukungan doa agar Tuhan memberikan hikmat untuk Tim Web dapat bekerja sebaik-baiknya sehingga dapat menyelesaikan tugas yang sudah direncanakan.

2. Sudah menjadi impian Tim PESTA untuk menambah modul baru di Situs PESTA, karena sudah cukup lama tidak ada penambahan modul baru. Puji Tuhan, akhirnya terwujud. Modul yang ditambahkan adalah Pembentukan Rohani Kristen (PRK), yang mempelajari tentang disiplin rohani untuk menghasilkan buah dan kedewasaan rohani. Untuk mendapatkan modul PRK, Anda dapat mengaksesnya di:

==> http://pesta.org/prk_sil

Sudah ada beberapa modul baru yang saat ini sedang dikerjakan oleh Tim PESTA. Dukungan doa Anda sangat kami harapkan.

Pokok doa: Doakan untuk beberapa modul pelajaran PESTA yang sedang dikerjakan Tim PESTA. Biarlah Tuhan memimpin setiap langkah penyelesaian modul-modul baru ini sehingga dapat dipakai untuk menjadi sarana pendewasaan iman masyarakat Kristen Indonesia.

3. Seiring dengan perkembangan teknologi yang saat ini cenderung mengarah ke versi mobile, maka pada tahun 2011 YLSA melihat kepentingan untuk mengubah format publikasi YLSA di tahun 2011. Harapannya, para pelanggan dapat mengakses semua publikasi YLSA lewat ponsel dengan nyaman.

Pokok doa: Mohon dukungan doa agar perubahan format publikasi YLSA ke versi mobile ini dapat menambah lebih banyak pelanggan dan menjadi berkat ke lebih banyak orang.

4. Komunitas di dunia maya semakin berkembang, terutama lewat media Facebook. Karena itu YLSA memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka 4 grup di Facebook, yaitu SABDA, PESTA TMR, e-Santapan Harian, Wanita Kristen, dan e-Renungan Harian. Facebook grup yang YLSA buka ini bertujuan untuk menjadi sarana bersekutu, terutama untuk belajar firman Tuhan bersama-sama agar saling menguatkan satu sama lain.

Anda semua diundang untuk ikut bergabung dan belajar firman Tuhan bersama-sama.

==> http://fb.sabda.org/group/markus ==> http://fb.sabda.org/group/sh ==> http://fb.sabda.org/group/wanita ==> http://fb.sabda.org/group/rh

Pokok doa: Doakan agar setiap Facebook group yang dibuka YLSA ini dapat memberkati para anggota, khususnya agar Firman Tuhan semakin digumulkan dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Awal tahun 2011 YLSA masih terus bergumul untuk pengembangan proyek Alkitab mobile. Tim SABDA sedang mempersiapkan Alkitab Mobile yang bisa ditambah dengan data-data pribadi, seperti catatan pribadi. Namun masih ada kendala sehubungan dengan kompatibilitas device-device yang berbeda.

Bagi Anda yang membutuhkan Alkitab mobile, silakan berkunjung ke:

==> http://alkitab.mobi/ ==> http://labs.sabda.org/Alkitab_untuk_HP/Download

Pokok doa: Berdoa agar Tuhan senantiasa memberikan kreativitas kepada Tim SABDA agar mereka dimampukan untuk mengembangkan proyek-proyek mobile yang ada. Kiranya Tuhan memberikan mereka ketekunan supaya semua kendala dapat diatasi dengan baik.

6. Lowongan YLSA masih terus dibuka karena kami masih membutuhkan programer-programer untuk bekerja di YLSA. Semoga Tuhan menuntun mereka untuk bergabung di YLSA dan bersama-sama berkarya bagi kemuliaan-Nya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan berkunjung ke:

==> http://www.ylsa.org/lowongan

Pokok doa: Doakan agar Tuhan mengirimkan programer-programer baru yang mengasihi Tuhan dan cinta Alkitab. Biarlah melalui YLSA talenta mereka dapat dipakai untuk membangun kerajaan-Nya.

7. Sudah beberapa waktu YLSA merindukan penambahan kantor karena tempat yang ada sekarang perlu diperluas lagi. Di masa mendatang YLSA ingin semakin berperan dalam menolong jemaat-jemaat Tuhan memiliki visi memenangkan Indonesia melalui dunia IT.

Pokok doa: Doakan usaha YLSA untuk memperluas kantor supaya lebih banyak staf bisa bergabung bekerja di ladang misi dunia maya YLSA. Kiranya Tuhan menggerakkan anak-anak Tuhan untuk membantu pendanaan sehingga perluasan kantor bisa terwujud.


Suara Sahabat YLSA

1. Dari: agus susilo

>Saya mengucapkan terima kasih atas jerih lelah team YLSA
>menyediakan waktu, pikiran, tenaga, untuk menjadi alat Kristus
>di dunia internet... saya yakin bahwa YLSA sudah menjadi berkat
>bagi banyak org dan banyak orang bertobat. Oya saya juga mau
>nanya.... saya kan uda download SABDA study biblikal tapi koq gak
>bisa muncul. Gimana cara meoperasionalkannya, makasi. Apakah SABDA
>punya comentary2, ada di situs apa supaya saya bisa membukanya.
>Terima kasih. JLU.
>
>SELAMAT NATAL 2009 & SELAMAT TAHUN BARU 2010

Redaksi: Dear Pak Agus, terima kasih banyak untuk surat Anda yang sangat memberi semangat. Doakan agar visi dan misi yang Tuhan berikan kepada semua staf YLSA dapat kami jalankan dengan setia.

Tentang program SABDA, sebelum dapat menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami menanyakan beberapa hal:

  1. Operating System apakah yang Anda gunakan? SABDA 4 hanya dapat digunakan pada Windows XP dan versi-versi selanjutnya. Jika Anda menggunakan Windows 98, mohon gunakan SABDA 3 Final 2009.
  2. Apakah yang Anda download dan instal adalah "starterpack" terbaru yang kami sediakan di situs sabda.net? Sebelum dapat menggunakan modul-modul Software SABDA, Anda harus menginstal starterpack (atau starterpack versi mini) yang memuat program inti SABDA. Setelah program inti dalam starterpack ini sudah terinstal, Anda dapat menambahkan modul-modul (atau modul packs) lain.
  3. Jika Anda mengalami kegagalan saat melakukan instalasi starterpack, mohon matikan antivirus yang Anda gunakan, dan coba untuk melakukan instalasi kembali. Atau coba lakukan instalasi dalam "safe mode". Metode kompresi yang digunakan untuk instalasi Software SABDA banyak ditiru oleh pembuat virus, sehingga beberapa antivirus salah mendeteksi instalasi Software SABDA sebagai virus. Sebagai informasi, Software SABDA bukanlah virus, dan tidak mengandung virus.
  4. Jika dalam safe mode instalasi masih gagal dilakukan, mohon informasikan kepada kami pesan error apa yang muncul pada layar monitor Anda pada saat instalasi berlangsung, sehingga kami dapat lebih mengerti permasalahan yang terjadi pada sistem Anda.

Setelah instalasi starterpack selesai, Software SABDA akan langsung dijalankan. Jika Anda ingin menambahkan modul-modul lain, tutup Software SABDA jika sedang dalam posisi terbuka, dan instal modul-modul tambahan yang Anda inginkan.

Untuk petunjuk instalasi Software SABDA dapat Anda peroleh di:

http://download.sabda.org/sabdanet/docs/petunjuk_install_4.pdf

dan petunjuk penggunaan dapat Anda download di:

http://download.sabda.org/sabdanet/docs/user_manual.pdf

Software SABDA memiliki commentary/catatan/tafsiran yang dapat Anda lihat pada bagian catatan/tafsiran. Semoga informasi ini dapat membantu. Selamat bereksplorasi.


Blog SABDA
  1. Judul Blog: Lukas, Server YLSA yang Baru (Oleh: Lani Mulati)

    ... Lukas? Aneh, bukankah 3 server YLSA sebelumnya selalu memakai nama tempat — Zion, Aslan, dan Valinor. Kenapa sekarang memakai nama orang? Pertanyaan yang mengganjal, tapi cuma kusimpan dalam hati. Aku pikir, suatu ketika nanti akan kutanyakan ke Yochan — kenapa diberi nama Lukas? Server Lukas datang pertama kali di kantor YLSA tanggal 01 Oktober 2010 dan secara resmi menjadi server internal YLSA mulai 01 November 2010. Walaupun server Lukas sementara ini belum ‘on line’ 24 jam, karena masih dipakai untuk mem-backup data, tapi kami, semua staf YLSA, sepertinya sangat senang. ...

    Baca selengkapnya tulisan Lani:

    ==> http://blog.sabda.org/2010/12/01/

  2. Judul Blog: Judul Blog: Akhirnya YLSA masuki pelayanan Mobile! (Oleh: Billy)

    Setelah digumulkan dan didoakan beberapa waktu lamanya, YLSA akhirnya memasuki pelayanan mobile. Melihat dunia yang saat ini hampir bisa dikatakan mobile sentrik (segala sesuatu inginnya bisa diakses lewat HP/mobile), maka menjadi satu langkah yang strategis untuk YLSA memulai pelayanan mobile ini. ...

    Baca selengkapnya tulisan Billy:

    ==> http://blog.sabda.org/2010/12/03/

  3. Judul Blog: YLSA Punya Septictank Baru (Oleh: Novi)

    WC.., siapa yang tidak tahu tempat untuk apa itu, dan setiap kita pasti sangat membutuhkan “keberadaan” WC — tanpa terkecuali di kantor YLSA. Beberapa waktu yang lalu, kami — staf YLSA cukup kalang kabut ketika mau ke WC, karena WC di kantor sedikit bermasalah. Akibatnya, ketika ada “keperluan” untuk ke WC, kami terpaksa meminjam WC dari anak kost “Eplekenyes” (untung gratis. Oya, untuk sekedar informasi saja, di kantor YLSA ada tiga WC, tapi entah kenapa, ketiganya mengalami masalah pada saat yang sama T_T. ...

    Baca selengkapnya tulisan Novi:

    ==> http://blog.sabda.org/2010/12/06/

  4. Judul Blog: Roadshow SABDA yang Unik di Mata Saya (Oleh: Titus)

    WC.., Roadshow kali ini menjadi unik di mata saya karena saya mendapatkan kesempatan untuk menjadi pengamat. Saya pun sangat bersyukur bisa melihat Billy dan Yochan mempresentasi Software SABDA dan Alkitab SABDA dengan sangat baik. Apalagi pada saat Alkitab SABDA yang biasanya saya presentasikan dapat dipresentasikan oleh Billy dengan menggunakan pendekatan yang berbeda. Menurut saya, hasilnya benar-benar sangat baik. Sekalipun sampai waktu menunjukkan hampir pukul 22.00, saya melihat mereka cukup memberi perhatian hingga selesai. Kami juga sempat membagikan CD Alkitab Audio kepada setiap peserta yang hadir. ...

    Baca selengkapnya tulisan Titus:

    ==> http://blog.sabda.org/2010/12/15/

  5. Judul Blog: Natal YLSA 2010: Ada yang Berbeda (Oleh: Tatik)

    Sukacita kami bertambah karena Mas Titus menyampaikan firman sesuai tema Natal kami tahun ini, “Besar Kasih-Nya”, berdasarkan Ulangan 30:11-20. Berkat Tuhan tidak hanya berasal dari materi saja, jadi jangan hanya mengukur berkat dari materi yang kita miliki. Sukacita, damai sejahtera, dan kekuatan untuk menghadapi tantangan hidup adalah berkat Tuhan yang tidak ternilai harganya. Satu berkat yang paling berharga yang kita miliki sekarang adalah keselamatan. Oleh karena inisiatif Allah untuk datang ke dunia ini, menjadi teladan bagi manusia sampai pada kematian-Nya adalah berkat yang luar biasa. Dari firman ini kami membawa pulang 2 poin penting, yaitu Kita harus memilih untuk menaati (Ulangan 30:15, 19) dan kita harus mengasihi Tuhan (Ulangan 30:16). ...

    Baca selengkapnya tulisan Tatik:

    ==> http://blog.sabda.org/2010/12/24/


Laporan Keuangan

Berikut kami sampaikan laporan keuangan YLSA bulan November 2010.

LAPORAN NOVEMBER 2010

A. Sumbangan
Lukas Haridjaja Rp. 500.000,0001/11/10
Bambang Widjaja Rp. 50.000,0001/11/10
Samuel Franklyn Rp. 300.000,0001/11/10
Budiharto Sanusi Rp. 100.000,0002/11/10
Fenny Rp. 100.000,0002/11/10
NN Rp. 500.000,0003/11/10
Grace Emilia Rp. 200.000,0006/11/10
NN Rp. 2.000.000,0006/11/10
NN Rp. 210.112,0006/11/10
Dustin Christian Rp. 100.000,0007/11/10
Chandra Widjaja Rp. 2.000.000,0007/11/10
Sri Rejeki Swanday Rp. 1.570.000,0007/11/10
TELAGA Rp. 500.000,0014/11/10
NN Rp. 6.880.000,0014/11/10
NN Rp. 211.113,0014/11/10
Johny (GKIm Anugerah) Rp. 1.000.000,0016/11/10
GKIm Anugerah Rp. 150.000,0020/11/10
Lukas Haridjaja Rp. 1.000.000,0021/11/10
Yayasan Gloria Rp. 250.000,0023/11/10
Jap Aries Gunawan Rp. 100.000,0024/11/10
Edward B Sinuhaji Rp. 100.000,0027/11/10
Grace Emilia Rp. 200.001,0027/11/10
CV Rp. 1.000.000,0027/11/10
Adi Wibawa Rp. 1.000.000,0028/11/10
Sumbangan Lain-lain Rp. 2.156.000,0029/11/10
Bunga bank Rp. 66.562,00
   
Total Sumbangan Rp.22.243.788,00
B. Pengeluaran
Beban admin Rp. 2.629.100,00
Kas kecil Rp. 150.000,00
Telp, listrik, dll. Rp. 2.062.100,00
Beban komputer Rp.10.644.250,00
Beban perpustakaan Rp. 1.298.400,00
CD Rp. 399.000,00
Pos, paket, dll. Rp. 212.300,00
Admin Bank Rp. 21.862,00
Kepegawaian Rp.22.785.000,00
Konsumsi staf Rp. 1.767.400,00
Pembuatan septic tank Rp. 4.194.000,00
Renovasi Rumah Depan Rp. 5.958.500,00
   
Total Pengeluaran Rp. 52.121.912,00

Ucapan Terima Kasih

-------------------

Puji Tuhan untuk tangan para Sahabat dan Pendukung YLSA yang digerakkan Tuhan untuk memberikan bantuan bagi pelayanan YLSA. Partisipasi Anda sungguh telah diberkati Tuhan sehingga YLSA bisa terus melangsungkan pelayanannya. Biarlah Tuhan sendiri yang akan membalaskan kemurahan hati Anda.

Bagi para Sahabat dan Pendukung YLSA yang tergerak untuk terlibat dalam pelayanan YLSA dengan memberikan sumbangan dana, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA a.n. Yulia Oeniyati Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo No. Rekening: 0790266579

Stop Press
e-Artikel

Anda haus akan pengetahuan rohani? Atau membutuhkan referensi seputar bahan-bahan artikel Kekristenan? Melalui e-Artikel -- situs yang dirilis oleh Yayasan Lembaga SABDA, kerinduan Anda akan dipuaskan. Situs ini hadir untuk memperkaya pengetahuan rohani Anda dengan beragam artikel yang sangat menarik untuk dibaca dan di update setiap saat. Terbagi ke dalam 12 kategori menarik diantaranya artikel seputar anak, kepemimpinan, renungan, dan masih banyak lagi. Pembagian kategori ini akan memudahkan Anda dalam mencari artikel-artikel yang akan terus bertambah jumlahnya.

Anda juga bisa melihat semua artikel yang tersedia dengan klik menu Daftar Artikel. Artikel-artikel terbaru langsung ditampilkan di halaman depan situs ini. Selain itu disediakan juga mesin pencari untuk memudahkan Anda mencari artikel yang dibutuhkan. Ingin mengirim artikel supaya dibaca oleh pengunjung? Silakan mengirimnya dengan masuk ke menu Submit Artikel. Artikel yang lolos seleksi akan ditampilkan di Situs e-Artikel. Segera arahkan browser Anda di:

==> http://www.sabda.org/artikel/

Tersedia juga situs e-Artikel dalam versi mobile, kunjungi:

==> http://m.artikel.sabda.org/


Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi: Yulia, Santi, dan Elly
Untuk berlangganan: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Berhenti berlangganan: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Kirim bahan/pertanyaan: beritaylsa(at)sabda.org
Arsip Berita YLSA: http://www.sabda.org/publikasi/berita_ylsa/
Blog SABDA: http://blog.sabda.org/
In-Christ.Net: http://www.in-christ.net/
Facebook YLSA: http://fb.sabda.org/ylsa

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA Didistribusikan melalui sistem network I-KAN Copyright(c) Berita YLSA 2010 YLSA -- http://www.ylsa.org/ Situs Katalog -- http://katalog.sabda.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati


Comments