Berita YLSA - Agustus 2014

Daftar Berita

  [Dari YLSA!]    
  [Blog YLSA!] : 1. Futsal Oh Futsal... (Oleh: Ryan)
    : 2. Raker Mini YLSA (Oleh: Bayu)
    : 3. Pelatihan Penggunaan Software SABDA untuk Staf YLSA (Oleh: Arkha)
    : 4. Booth SABDA dan "Yes HE Is" di GKI Coyudan (Oleh: Hilda)
    : 5. Training Staf YLSA: Managing Your Workday (Oleh: Yosua)
  [Berita dan Doa YLSA!] : 1. Seminar "Mengajar Yang Mengubah Hidup"
    : 2. Rencana Seminar "Pengaruh Media Sosial dalam Kehidupan Orang Kristen"
    : 3. Proyek Penerjemahan "Alkitab Yang Terbuka (AYT)" dan AYT.co
    : 4. Follow-up Rapat Kerja Semester I dan Rencana Kerja Semester II YLSA 2014
    : 5. Proyek Drupal Untuk Situs-Situs YLSA
  [Mengenal YLSA!] : SEMINAR "MENGAJAR YANG MENGUBAH HIDUP"
  [Surat untuk YLSA!]    
  [Laporan YLSA!] : Laporan Juli 2014

Editorial

Salam sejahtera,

Bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan. Kita diingatkan Tuhan bahwa bangsa Indonesia sungguh diberkati Tuhan karena telah merdeka dari penjajahan fisik oleh bangsa lain. Biarlah kemerdekaan fisik ini juga akan disusul dengan kemerdekaan dari penjajahan dosa oleh Setan. Mari kita terus beritakan Kabar Baik tentang kemerdekaan dari dosa kepada semua suku bangsa di Indonesia sehingga kasih Tuhan boleh berjaya di bumi ini. Merdeka, merdeka, merdeka!!

In Christ, Yulia Oeniyati Pemimpin YLSA < yulia(at)in-christ.net > < http://blog.sabda.org >


Berita dan Pokok Doa

 

  1. Seminar "Mengajar Yang Mengubah Hidup"
  2. Rencana Seminar "Pengaruh Media Sosial dalam Kehidupan Orang Kristen"
  3. Proyek Penerjemahan "Alkitab Yang Terbuka (AYT)" dan AYT.co
  4. Follow-up Rapat Kerja Semester I dan Rencana Kerja Semester II YLSA 2014
  5. Proyek Drupal untuk Situs-Situs YLSA

 

1. Seminar "Mengajar Yang Mengubah Hidup"

Puji syukur kepada Tuhan Yesus karena acara seminar pendidikan, "Mengajar yang Mengubah Hidup" oleh Pdt. Dr. Sentot Sadono, D.Th. yang diselenggarakan pada tanggal 4 Agustus yang lalu berjalan dengan lancar. Lebih dari 300 peserta dari Solo dan sekitarnya hadir dan mendapatkan materi seminar dan produk-produk SABDA.

Pokok doa: Doakan agar Tuhan menolong semua peserta seminar mendapatkan pencerahan dari firman Tuhan dan penjelasan yang diberikan oleh pembicara sehingga yang mereka ajarkan dan cara mereka mengajar dapat mengubah hidup anak-anak didik mereka.

2. Rencana Seminar "Pengaruh Media Sosial dalam Kehidupan Orang Kristen"

Pada tanggal 1 Oktober 2014 nanti, YLSA kembali akan mengadakan seminar yang bertema "Pengaruh Media Sosial dalam Kehidupan Orang Kristen", dengan pembicara Bapak Tjahjadi Rameli Lie.

Pokok doa: Doakan supaya melalui seminar ini, Tuhan menyadarkan para hamba Tuhan, aktivis gereja, dan semua orang Kristen tentang dampak media sosial dan bagaimana memakainya untuk keuntungan pelayanan Tuhan.

3. Proyek Penerjemahan "Alkitab Yang Terbuka (AYT)" dan AYT.co

Saat ini, penyuntingan teks AYT PB sudah sampai pada tahap akhir. Bahan-bahan pendukung Alkitab juga telah dipersiapkan dan sedang diproses untuk bisa dimanfaatkan seluas mungkin. Bersamaan dengan itu, wadah untuk proyek AYT, situs AYT.co juga terus dikembangkan.

Pokok doa: Berdoa untuk kelanjutan proyek AYT.co, kiranya Tuhan terus menolong sehingga hikmat-Nya menuntun pengerjaan situs ini.

4. Follow-up Rapat Kerja Semester I dan Rencana Kerja Semester II YLSA 2014

Laporan Kerja Semester I dan Rencana Kerja Semester II YLSA 2014 telah selesai dicek dan dianalisis. Upaya untuk memperbaiki sistem penyusunan laporan dan rencana kerja juga sudah dilakukan. Harapannya, sistem yang baru ini dapat semakin membuat kami cerdas dalam mengerjakan rencana-rencana berikutnya.

Pokok doa: Bersyukur untuk pencapaian setengah tahun kerja YLSA 2014. Doakan agar hasil yang sudah diperoleh menjadi berkat bagi pelayanan Kristen di Indonesia.

5. Proyek Drupal untuk Situs-Situs YLSA

Selama Agustus, tim ITS dan tim Web YLSA mengikuti rangkaian pelatihan internal tentang pengembangan Drupal. Diharapkan melalui pelatihan ini, situs-situs Drupal yang dimiliki YLSA dapat dikelola dan dikembangkan dengan lebih baik.

Pokok doa: Berdoalah kepada Tuhan Yesus agar hasil pelatihan internal tentang Drupal ini berkenan dipakai Tuhan sehingga tim ITS dan Web YLSA makin mampu mengelola situs-situs YLSA yang memakai CMS Drupal.


Mengenal YLSA

SEMINAR "MENGAJAR YANG MENGUBAH HIDUP"

Ditulis oleh: Berlin

Dunia pendidikan di Indonesia mendapat banyak sorotan akhir-akhir ini. Terkuaknya kasus asusila di salah satu sekolah bertaraf internasional di Jakarta beberapa waktu lalu, semakin menambah kecemasan para orang tua terhadap institusi yang bertanggung jawab mendidik anak-anak mereka. Tentu ini menjadi salah satu pendorong semakin menjamurnya para penggiat pendidikan untuk lebih berhati-hati demi mengembalikan kepercayaan masyarakat pada institusi pendidikan di Indonesia. Meski telah merdeka selama 69 tahun, banyak kalangan menilai kondisi pendidikan di Indonesia masih rendah. Sebenarnya, dari segi kualitas sumber daya manusia, Indonesia tidak kalah dengan bangsa lain. Hanya saja, sistem yang kurang tepat -- yang tentunya melibatkan para praktisi pendidikan -- telah menghambat pertumbuhan pendidikan di Indonesia.

Sebagai salah satu bentuk keprihatinan terhadap situasi dunia pendidikan di Indonesia, pada 4 Agustus 2014 yang lalu, YLSA menyelenggarakan sebuah acara seminar pendidikan, bertema "Mengajar yang Mengubah Hidup". Target yang ingin kami jangkau adalah para guru, orang tua, pembina pemuda dan remaja, guru sekolah minggu, pendeta, aktivis gereja, dan mereka yang berkompeten terhadap dunia pendidikan. Harapan kami, pelajaran yang diterima dari seminar ini dapat mengubah banyak kehidupan peserta didik dan lingkungannya. Sebab, tidak dimungkiri bahwa masih ada pelaku pendidikan yang tanpa sadar memberikan pendidikan yang kurang tepat, baik dari sisi konten, metode, ataupun pengenalan pendidik terhadap dirinya sendiri. Melalui seminar yang menitikberatkan pada sisi pengenalan pendidik ini diharapkan para pendidik mendapat fondasi untuk mendasari dua sisi sebelumnya.

Pdt. Dr. Sentot Sadono, D.Th, selaku pembicara seminar, menyampaikan tiga kompetensi dasar yang harus dimiliki seorang pengajar berikut ini:

1. Seorang pengajar harus sudah lebih dulu diubahkan hidupnya.
Seorang pengajar adalah seorang agen perubahan. Karena itu, seorang pengajar harus mengerti bahwa "siapa dia, jauh lebih penting daripada apa yang ia katakan atau kerjakan". Untuk dapat mengubah hidup orang-orang yang diajarnya, pengajar harus terlebih dulu mengalami perubahan itu sendiri.

2. Pengajar harus profesional, yang berbasis pada spiritualitasnya.
Seorang pengajar tidak hanya dituntut untuk profesional dalam mengajar, tetapi juga tahu pada fondasi apa ia membangun profesionalismenya, yaitu pada spiritualitasnya. Lima hal yang harus diperhatikan pengajar berkaitan dengan spiritualitasnya adalah sumber spiritualitas, landasan spiritualitas, bentuk/jenis spiritualitas, sifat spiritualitas, dan hasil spiritualitas.

3. Pengajar harus mengajar dengan hati.
Mengajar yang berdampak bukanlah dari kepala ke kepala, melainkan dari hati ke hati. Kata "hati" mencakup keseluruhan diri manusia, yaitu pikiran, perasaan, dan kehendak seseorang. Pengajar harus memahami bahwa mengajar merupakan proses mengubah keseluruhan diri manusia, bukan hanya intelektualnya saja.

Sebenarnya, kompetensi dasar yang hendak disampaikan oleh Pak Sentot ada empat, tetapi karena keterbatasan waktu, beliau hanya mengulas tiga kompetensi dasar. Namun, Pak Sentot memberikan keleluasaan kepada peserta untuk membaca materi yang sudah beliau siapkan untuk di-copy dari panitia.

Kami sungguh bersyukur karena acara seminar ini dapat berjalan dengan baik dan menjadi berkat bagi peserta. Kami juga bersyukur karena peserta yang mengikuti seminar ini melebihi target yang diharapkan. Dalam rapat panitia, kami hanya menargetkan 250 peserta, tetapi yang datang dalam seminar tersebut lebih dari 300 orang. Puji Tuhan!

Telah menjadi budaya di YLSA bahwa dalam setiap acara, seperti acara seminar ini, kami berusaha memberikan berkat lebih kepada orang lain. Karena itu, selain menyelenggarakan seminar, YLSA juga membuka "booth" instalasi Alkitab, CD Audio Alkitab, dan DVD Library SABDA Anak untuk memperlengkapi peserta dalam pelayanan mereka, dan semuanya itu diberikan secara gratis. Kiranya semua pelayanan yang diberikan YLSA dapat menolong para peserta untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan mereka. Soli Deo Gloria!

Baca tulisan Berlin di: http://blog.sabda.org/2014/09/03/seminar-mengajar-yang-mengubah-hidup/


Suara Sahabat YLSA

1. Firdu Ananta < via e-Renungan Harian PSM >

Aplikasi bagus. Sangat terberkati melalui aplikasi ini. Ada "reminder"-nya juga yang sangat membantu. Good job. GBU.

Redaksi: Puji Tuhan. Selamat melakukan renungan, kami berdoa aplikasi PSM ini menolong Anda untuk terus bertumbuh dalam firman-Nya.

2. Rhyan Heryanto Pandy < via Facebook comment >

Yayasan ini bagus dan sangat berpengaruh bagi kerohanian kita sebagai orang Kristen.

Redaksi: Amin. Teruslah dukung kami dalam doa sehingga pelayanan Yayasan Lembaga SABDA dapat semakin efektif dalam menyebarkan kebenaran firman Tuhan.

3. Hizkia Sasindua Sabanari < via Facebook comment >

Kami akan terus dukung dalam doa buat pelayanan Yayasan Lembaga SABDA untuk memberkati Indonesia.

Redaksi: Segala pujian dan hormat hanya bagi nama Tuhan!


Blog SABDA

1. Futsal Oh Futsal ... (Oleh: Ryan)

... kaum Adam di YLSA berkomitmen untuk mencegah datangnya sakit penyakit dengan berolahraga bersama satu minggu sekali. Jenis olahraga yang disepakati bersama adalah futsal. Tetapi, karena tidak semua staf cowok di YLSA mencintai permainan ini, maka kami selalu mengajak beberapa mantan staf YLSA, seperti Titus, Andre, Theopilus, Ari, Arif, Anto, dan Sigit, supaya permainan menjadi lebih ramai dan hidup. Nuansa sebagai keluarga besar YLSA semakin terasa tatkala canda tawa mewarnai selama berlangsungnya permainan futsal ....

Baca selengkapnya tulisan Ryan:
http://blog.sabda.org/2014/08/12/futsal-oh-futsal/

2. Raker Mini YLSA (Oleh: Bayu)

... Sebelumnya, raker selalu diisi dengan berbagai laporan dan rencana dari masing-masing divisi dari pagi hingga petang, tetapi raker kali ini berbeda karena memberikan pelajaran lebih banyak bagi semua peserta. Agenda Raker Mini adalah persekutuan doa, laporan kerja divisi secara keseluruhan, presentasi oleh 11 staf YLSA, waktu doa pribadi, sharing, dan doa bersama. Tentu, yang tidak ketinggalan adalah makan-makan bersama ....

Baca selengkapnya tulisan Bayu:
http://blog.sabda.org/2014/08/25/raker-mini-ylsa-2014/

3. Pelatihan Penggunaan Software SABDA untuk Staf YLSA (Oleh: Arkha)

... Saya melihat sendiri betapa lengkapnya software ini karena ada lebih dari 80 versi terjemahan Alkitab, yaitu 14 modul Alkitab versi terjemahan bahasa Indonesia modern, 7 modul Alkitab versi terjemahan bahasa Melayu kuno abad ke-17 s/d 19, 12 modul Alkitab versi terjemahan bahasa Ibrani & Yunani, 26 modul Alkitab versi terjemahan dalam bahasa suku/daerah, dan 25 modul Alkitab versi terjemahan bahasa asing lainnya. Tidak hanya itu, SABDA juga dilengkapi dengan ratusan buku, kamus leksikon (bahasa Yunani dan Ibrani) dan kamus-kamus lain, koleksi peta, tafsiran, catatan ayat, pengantar kitab, serta diperkaya dengan cerita Alkitab bergambar untuk anak. Saya melihat ini adalah sesuatu yang luar biasa ....

Baca selengkapnya tulisan Arkha:
http://blog.sabda.org/2014/08/25/pelatihan-penggunaan-software-sabda-untuk-staf-ylsa/

4. Booth SABDA dan "Yes HE Is" di GKI Coyudan (Oleh: Hilda)

... Menurut rencana, Mas Meland dan Mas Bayu akan bertugas menginstal aplikasi Alkitab ke "handphone", dan Software SABDA ke laptop, sedangkan Mbak Tika, Pak Berlin, dan saya melayani mereka yang datang ke "booth". Saat seminar berlangsung, beberapa teman masuk ke dalam gereja untuk mendengarkan presentasi "Yes HE Is", tetapi saya di luar dan mendapat kesempatan berbincang-bincang dengan salah satu rekan/konselor "Yes HE Is", yang malam itu mendapat tugas menjaga "booth merchandise"-nya ....

Baca selengkapnya tulisan Hilda:
http://blog.sabda.org/2014/09/02/booth-sabda-dan-yes-he-is-di-gki-coyudan/

5. Training Staf YLSA: Managing Your Workday (Oleh: Yosua)

... Tidak semua orang dapat mengatur dirinya sendiri, bahkan ada banyak orang yang hidup dengan filosofi "mengalir"; hidup tanpa membuat rencana apalagi memikirkan masa depan. Cara hidup seperti itu tentu tidak sesuai dengan firman Tuhan karena kurang bertanggung jawab. Sebagai orang Kristen, kita seharusnya hidup dalam rencana Tuhan. Artinya, kita harus membuat rencana yang sesuai dengan kehendak Tuhan ....

Baca selengkapnya tulisan Yosua:
http://blog.sabda.org/2014/09/02/training-staf-ylsa-managing-your-workday/


Laporan Keuangan

JULI 2014

SUMBANGAN:

 

  Daniel L. Rp 100.000,00 01/07/14
  Budiharto S. Rp 100.001,00 01/07/14
  Melissa Y. Rp 50.000,00 01/07/14
  Stanly S. Rp 50.000,00 01/07/14
  Lauw M. Rp 1.000.000,00 02/07/14
  Paul W. Rp 200.000,00 03/07/14
  Lim A. Rp 100.000,00 04/07/14
  Harjanto Rp 150.000,00 04/07/14
  Candra W. Rp 1.000.000,00 07/07/14
  Persembahan Parakeleo Rp 65.000,00 08/07/14
  36 USB (Pesat Jakarta) Rp 4.320.000,00 08/07/14
  6 USB (GBIS Solo Barat) Rp 720.000,00 08/07/14
  Persembahan dari GBIS Solo Barat Rp 400.000,00 08/07/14
  NN (Jakarta) Rp 2.000.000,00 08/07/14
  NN Rp 2.000.000,00 08/07/14
  Lukas H. Rp 5.000.000,00 10/07/14
  Lidia S. Rp 500.000,00 10/07/14
  TELAGA Rp 500.000,00 10/07/14
  Ida W. Rp 10.000.000,00 10/07/14
  Sandy H. Rp 2.000.000,00 11/07/14
  Tjahjadi Rp 10.000.000,00 11/07/14
  Mayor K. Rp 750.000,00 14/07/14
  Suryo A. S. Rp 1.305.000,00 14/07/14
  Yani M. Rp 100.000,00 14/07/14
  10 USB (GMII Surabaya) Rp 1.000.000,00 15/07/14
  Bambang W. Rp 100.000,00 16/07/14
  Danny T. Rp 1.000.000,00 16/07/14
  Saldo Kas Juni Rp 343.500,00 17/07/14
  Indah S. Rp 100.000,00 17/07/14
  Dwiana R. Rp 1.000.000,00 21/07/14
  Ana M. Rp 10.000,00 21/07/14
  Bungas T. Rp 100.000,00 21/07/14
  Stanly S. Rp 50.000,00 21/07/14
  Purdihwan Rp 500.000,00 22/07/14
  Mauliate M. Rp 600.000,00 23/07/14
  Persembahan Parakaleo Rp 50.000,00 24/07/14
  Keluarga Adit Rp 150.000,00 24/07/14
  Yani M. Rp 300.000,00 25/07/14
  Maya M. Rp 100.000,00 25/07/14
  Lain-lain Rp 185.000,00 24/07/14
  Bunga bank Rp 13.267,00 31/07/14
         
  Total Sumbangan Rp 48.011.768 ,00  
 
 
 

PENGELUARAN:

  Kepegawaian Rp 36.209.900,00
  HRD Rp 1.128.100,00
  Transportasi Rp 151.000,00
  Infrastruktur Rp 2.606.200,00
  Utilities Rp 2.404.300,00
  Perpustakaan Rp 380.000,00
  Administrasi Rp 1.558.800,00
  Produksi Rp 2.852.500,00
  Pelayanan Keluar Rp 310.500,00
  Konsumsi Rp 1.908.600,00
         
  Total Pengeluaran Rp 49.509.900 ,00  
 

Terpujilah Tuhan yang terus memelihara pelayanan YLSA melalui tangan-tangan para Sahabat dan Pendukung YLSA. Biarlah Tuhan sendiri yang akan membalas kemurahan hati Anda untuk mendukung pelayanan YLSA. Marilah bersama-sama melaksanakan panggilan Tuhan untuk melayani Dia.

Bagi pembaca lain yang tergerak untuk terlibat dalam pelayanan YLSA dengan memberikan sumbangan dana, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA a.n. Yulia Oeniyati Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo No. Rekening: 0790266579

Redaksi Berita YLSA

(c) Berita YLSA 2014 http://www.ylsa.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo; No. 0790266579 a.n. Yulia Oeniyati

Kontak: : beritaylsa(at)sabda.org
Redaksi : Adiana, Yulia, dan Elly
Berlangganan : subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Berhenti : unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Arsip : http://sabda.org/publikasi/berita_ylsa/arsip
Blog SABDA : http://blog.sabda.org/
Facebook YLSA : http://fb.sabda.org/ylsa


Comments